Profile
Hamil

selaput dara sobek atau tidak?

selaput dara sobek atau tidak?
Bali

Saya baru menikah bulan lalu, saat berhubungan saya tidak mengalami pendarahan bahkan rasa sobek seperti teman saya bilang. Tapi saat penetrasi saya ngerasakan sakit. Apakah selaput dara sudah sobek apa belum dok? Suami saya tdk mempermasalahkan keperawanan saya, tapi saya merasa heran saja padahal sebelumnya saya belum pernah melakukan hubungan sex, dan tdk pernah mengalami kecelakaan. Mohon penjelasannya dok Terima kasih.

Answers

2 answers

  • Selamat sore Ibu

    Selaput dara juga memiliki sifat elastis seperti vagina. Selain itu, bentuk dan ukurannya berbeda-beda pada tiap orang. Sehingga pada beberapa orang yang memiliki selaput dara tipis, kadang hubungan seksual tidak menyebabkan hilangnya selaput dara, malah bentuk selaput dara dapat kembali seperti semula setelah berhubungan. Selain itu, hilangnya selaput dara juga dapat terjadi bukan karena hubungan seksual. Aktifitas fisik seperti olahraga, cedera, pemeriksaan vagina dan masturbasi juga dapat nenyebabkan robekan selaput dara yang kadang tidak disadari oleh seseorang karena tidak menyebabkan nyeri.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Hallo selamat siang..

    Selaput dara dikatakan masih utuh hanya dapat dipastikan pemeriksaan fisik oleh dokter. Darah tidak dapat menjadi penentu. robeknya selaput dara dapat disebabkan segala macam benda yang dimasukkan ke dalam vagina.Darah yang keluar kita tidak dapat pastikan keluar dari mana, apahan dari dinding vagina atau yang lain.

    Jadi untuk memastikan selaput dara masih utuh atau tidak, dapat memeriksakan diri ke dokter atau dokter kandungan untuk melihat kondisi selaput dara.

    Demikian jawabannya, semoga dapat membantu ya..
    Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Kanker payudara merupakan penyakit yang menakutkan. Namun, ada harapan untuk pencegahan kanker ini. 7 Hal Baru Tentang Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu Pengobatan ISPA dengan gejala ringan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perawatan yang Tepat untuk ISPA