Profile
Kontrasepsi

Senggama terputus

Senggama terputus

Dok apakah melakukan metode senggama terputus pada pasangan yang sedang dalam masa subur dapat mencegah kehamilan? Presentasinya berapa persen untuk terjadinya kehamilan dok? Mksh

Answers

3 answers

  • dr. Dian Azizah dr. Dian Azizah Dokter Umum

    Selamat malam,
    Metode seksual dengan cara melakukan ejakulasi di luar vagina disebut metode senggama terputus atau coitus interuptus. Senggama terputus merupakan salah satu metode kontrasepsi yang sering digunakan oleh pasangan yang tidak ingin menggunakan alat kontrasepsi. Senggama terputus dilakukan dengan segera mengeluarkan penis pada saat ejakulasi akan datang, sehingga ejakulasi atau pengeluaran cairan semen yang mengandung sperma dikeluarkan diluar vagina pasangan. Dengan mengeluarkan semen (cairan yang mengandung sprema) di luar alat genital wanita, maka diharapkan tidak akan terjadi kehamilan.
    Namun demikian, metode tersebut tidak 100% effektif dalam mencegah kehamilan, tingkat kefektifannya untuk mencegah kehamilan sebesar 81-96%, nyatanya beberapa data menyebutkan bahwa angka kegagalannya mencapai 15-28%, atau dapat dikatakan dari 100 paasangan yang menggunakan cara ini, 15-28 pasangan hamil. Ketidakefektifan terjadi karena beberapa hal, yaitu :
    - Pria terlambat mengeluarkan penis, sehingga ejakulasi terjadi saat masih di dalam vagina, sehingga cairan semen masuk ke dalam vagina.
    Pria tidak dapat mengendalikan diri untuk segera mengeluarkan penis pada saat akan mencapai ejakulasi
    - Pada beberapa pria, mengeluarkan cairan pre-ejakulasi yang mengandung sperma, sehingga meskipun ejakulasi dilakukan diluar, namun sperma masuk ke vagina saat proses coitus (hubungan).

    Meskipun ini merupakan metode kontrasepsi yang cenderung murah (tidak perlu biaya maupun alat) dan dapat dilakukan kapan saja, namun metode ini memiliki kerugian berupa kemungkinan kehamilan cukup tinggi, dan tidak mencegah terjadinya penularan penyakit menular seksual.

    Terima kasih sudah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor

  • Terima kasih dok

  • Posti onor 2 adalah kontrasepsi darurat yang diminum setelah berhubungan intim.

    Posti-nor adalah kontrasepsi darurat yang diminum secara oral, untuk wanita yang baru saja berhubungan seksual tanpa pengaman. Cara kerjanya adalah dengan menghambat telur di endometrium, merangsang pergerakan tuba, dan meningkatkan viskositas lapisan rahim.



    Cara pakai :

    Diminum dalam rentang waktu 12-72 jam setelah berhubungan intim.



    **PEMBELIAN HARI INI, SAMPAI DI TANGAN ANDA HARI INI JUGA BY GOJEK (konfirmasi dan transfer sebelum jam 16:00)



    Kenapa Harus Beli Di Kami ?

    - Original (Langsung Dari Exportir atau PT di Indonesia)

    - Super Cepat Area Jakarta By GOJEK (Sekita Jakarta, Tangerang & Bekasi Only)

    - Paket Asuransi + Segel Rapih



    Whatsapp / Telp / SMS

    Konsultasi Sebelum membeli ONLINE 24 JAM 7 HARI, Siap Membantu!

    Butuh info lebih : 0812-18666-949

    Search di tokopedia : Minie Store



    Visit website : www . jualpostinor . com

Anda punya pertanyaan seputar Kontrasepsi ?
Ask Doctor
Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi? Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?