Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Soal telinga

Soal telinga

Dok, adik saya mengeluh kesakitan dibagian telinga. Saya pikir adik saya kemasukan air lalu saya masukan air kedalam telinga adik saya maksud saya biar airnya keluar. Tapi setelah air keluar tetap adik saya mengeluh kesakitan, kadang kadang sakit kalo dipegang telingannya padahal yg sebelah tidak terasa sakit. Lalu saya lihat menggunakan senter dan terlihat ada benda putih kalo saya searching itu sepertinya gendang telinga dan terlihat mengkerut. Itu kenapa ya dok? Terus cara mengobatinya gimana? Apakah tidak apa apa?

Answers

1 answers

  • selamat siang

    Gejala yang adikAnda alami menunjukkan adanya proses peradangan pada liang telinga luar (biasanya juga akan terasa nyeri jika telinga ditarik ke belakang atas atau bagian daurn telinga yang berada tepat di depan liang telinga ditekan ke arah liang telinga). Penyebab kondisi ini umumnya adalah infeksi, baik bakteri (paling sering), virus (misalnya herpes zoster oticus / sindroma ramsay hunt), dan jamur / otomikosis. Penanganan kondisi tersebut berbeda-beda, umumnya dnegan pemberian antibiotika, anti virus, atau anti jamur sesuai dengan penyebabnya. Penyebabnya umumnya harus dipastikan dengan pemeriksaan otoskopi terlebih dahulu (menggunakan alat dengan ujung seperti kerucut untuk melihat kondisi liang dan gendang telinga. Jadi sebaiknya kunjungi dokter terlebih dahulu untuk memastikan penyebabnya, sehingga dapat diberikan pengobatan yang tepat.

    Beberapa hal penting :

    Hindari masuknya air ke dalam liang telinga
    Untuk mengurangi nyeri, obat seperti ibuprofen atau asam mefenamat dapat digunakan untuk meredakan nyeri

    sekian semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan