Profile
Kesehatan A-Z

Sudut Bibir -Bibir kering mengelupas terus menerus

Sudut Bibir -Bibir kering mengelupas terus menerus

saya wanita 28thn,Dlm kasus sy ini kekeringan n pengelupasan yg terjadi pd bibir sy berbeda dgn kondisi kekeringan bibir pd umumnya, kekeringan yg sy alami mulai dr susut bibir bagian atas kiri n kanan. ada kalanya sampai sulut membuka mulut, lalu kering gersang hingga mengelupas. dalam proses sampai mengelupas bisa saja terjadi iritasi yang mengakibatkan keluarnya cairan seperi getah bgtu / krusta dan perih. apabila kulit bibir suatu waktu sudah terkelupas, dan kembali agak normal (kondisinya bukan atau belum sembuh ya dok) kulit pada bibir akan mulai mengering kembali. begtu seterusnya. saya ga tw ini di sebut Angular Cheilitis atau bukan, klo pun iya ini Angular Cheilitis, saya sudah ikuti saran penyembuhannya tapi tetap tidak sembuh. sy udah ke dok tetap tidak sembuh. ada saran dan Dok spesialist apa yang harus sy kunjungi?

Answers

1 answers

  • Selamat siang

    Angular cheilitis atau angular stomatitis adalah suatu kondisi di mana sudut bibir mengalami peradangan sehingga timbul patch kemerahan. Tanda dan gejalanya bisa luka pada sudut bibir, gatal, pecah-pecah, kadang berisi cairan jika mengering jadi krusta. Apabila gejala yang dialami berat, maka sulit membuka mulut, terasa perih atau panas di sudut bibir, susah makan, hingga berat badan menurun.

    Penyebabnya sebagian besar karena jamur, bakteri ada juga yang tidak jelas penyebabnya atau idiopatik.

    Sebaiknya anda kontrol kembali ke dokter, bisa ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Karena beberapa penyakit bisa menyerupai gejala angular cheilitis juga, misalnya karena herpes simpleks labialis, impetigo krustosa, dll. Dokter kulit akan mengevaluasi lebih lanjut dengan pemeriksaan secara langsung.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa? Cegah ISPA dengan menghentikan penyebaranny, pemberian vaksin, dan berhenti merokok. 4 Cara Cegah ISPA