Profile
Menstruasi

suhu tubuh yang berbeda

suhu tubuh yang berbeda

Dokter sya mau tanya biasanya tiap bulan menjelang haid tubuh saya hangat dan selalu 37.3 kalau diukur pakai termometer telinga. dan biasanya dua duanya suhu nya sama. nah tp bulan ini mmg telinga kiri saya sempat sakit bulan ini, nyut gitu hilang timbul gtw kenapa cmn skrg sudah sembuh tanpa ke dokter dan g prnh sakit lg dan saya cb ukur tadi pagi kok telinga sya yg pernah sakit lebih tinggi ya dok? 37.5-37.7 sedangkan yang di kanan 37.3 saya ud cb ukur ulang tp sama hasilnya dok mana yg bener ya dok suhu nya? yang kiri atau kanan dok

Answers

3 answers

  • Selamat pagi

    Pengukuran suhu badan dapat dilakukan secara bervariasi, bagain tubuh yang dilakukan pemeriksaan pun dapat berbeda-beda. Alat pengukuran suhu tubuh atau termometer dapat berupa termometer manual yang berupa air raksa atau termometer digital. Bagian tubuh yang diperiksa pun berbeda-beda dapat di bawah lidah, ketiak, telinga ataupun melalui anus. Masing-masing bagian tubuh memiliki suhu yang berbeda-beda. Yang paling mendekati dengan suhu tubuh bagian dalam adalah anus. Namun, masing-masing bagian tubuh dapat dilakukan pemeriksaan dan memiliki batasan nilai tertentu sehingga dapat disimpulkna terjadi demam atau tidak. Selain itu, adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan suhu tubuh adalah sebagai berikut:

    -Letak dari termometer. Indikatornya dapat mengenai persis di kulit atau selaput lendir atau terjadi pergeseran.
    -Kelembaban kulit atau adanya keringat atau tidak
    -Suhu ruangan sekitar
    -Termometer digital perlu dilakukan pengecekan dari baterai ataupun kondisi lainnya. Masih layak pakai atau tidak
    -Berapa lama dilakukan pemeriksaan.

    Perbedaan hasil pemeriksaan pada suhu tubuh kerap terjadi, namun biasanya perbedaan tersebut tidak cukup signifikan. Jika pada kasus Anda terjadi perbedaan hasil pengukuran yang cukup siginfikan, perhatikan beberapa faktor di atas.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • dok sepertinya jawabannya tdk membantu

  • Selamat pagi.

    Apakah termometer yang anda gunakan memang dapat digunakan untuk mengukur suhu di telinga?

    Karena seperti yang telah dijelaskan, bahwa suhu dapat diukur pada beberapa bagian di tubuh akan tetapi juga harus menggunakan jenis termometer yang sesuai. Apabila anda ragu dengan hasil termometer pada telinga, dapat dilakukan pengukuran suhu pada rektal atau ketiak yang lazim digunakan.

    Terima kasih.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Sakit tenggorokan bisa sangat mengganggu aktifitasmu jika tidak segera ditangani. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar cepat sembuh. Obat Sakit Tenggorokan Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif