Profile
Sunat (Khitan)

Sunat

Sunat

Dok anak saya baru sunat 3 hari yang lalu. Kok di dekat jahitannya kyk agak bengkak dan lembab ya dok? Itu bagaimana kelanjutannya dok?

Answers

1 answers

  • Selamat malam,

    Sunat atau sirkumsisi adalah suatu tindakan operasi untuk menghilangkan kulit pada penis dengan tujuan medis tertentu atau karena faktor budaya atau keagamaan.

    Proses penyembuhan luka setelah sunat diipengaruhi oleh beberapa faktor seperti :
    • Usia
    • Ukuran penis
    • Kebersihan luka
    • Ada/ tidak infeksi pada luka
    • Metode operasi

    Proses penyembuhan luka umumnya memerlukan waktu selama beberapa hari, tergantung dari luka tersebut. Pada luka setelah sunat, penyembuhan luka biasanya memerlukan waktu seminggu sampai dua minggu. Selama pengobatan dan perawatan luka dijalani dengan baik, asupan nutrisi baik serta tidak adanya infeksi atau komplikasi lainnya maka penyembuhan akan berjalan lancar. Jika luka masih tampak basah, hal itu menandakan luka belum sembuh secara total.

    Saya sarankan untuk lakukan pemeriksaan ke dokter jika luka tidak kunjung membaik. Hal ini dikarenakan untuk mencegah komplikasi atau infeksi yang akan semakin menghambat proses penyembuhan. Sementara itu, pada luka yang maskh basah, jagalah kebersihan luka, hindari luka dari terkena air dan gantilah verban setidaknya sekali dalam satu hari pada keadaan luka yang basah dan hindari penggunaan salep tanpa adanya instruksi dari dokter.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Sunat (Khitan) ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur