Profile
Hamil

tanda tanda kepala bayi sudah masuk panggul?

tanda tanda kepala bayi sudah masuk panggul?
Jakarta, Special Capital Region Of Jakarta, Indonesia

Selamat malam dok... saya mau bertanya ciri2 atau tanda2 kepala bayi sudah masuk panggul ya dok? Pemeriksaan 2minggu lalu kpla bayi sudah bagus dibawah dok,dan gerakan bayi saya masih mancung kanan kiri n atas,tapi bagian vagina terasa ngilu dok? apa itu sudah masuk panggul dok? mohon pencerahannya dok,terima kasih...

Answers

3 answers

  • Selamat malam

    Berikut ini adalah beberapa ciri ciri janin sudah masuk panggul sehingga ibu bisa siap melahirkan bayi sehat.

    - Ibu bisa bernafas lebih mudah
    Proses ini akan terjadi ketika janin sudah masuk ke panggul. Saat ibu diperiksa maka tekanan pada bagian diafragma akan terasa lebih longgar sehingga ibu juga bisa bernafas tanpa hambatan.

    - Ibu lebih sering buang air kecil
    Ketika janin sudah masuk ke panggul maka ibu akan lebih sering kencing. Volume air kencing bisa lebih sedikit atau lebih banyak tapi sangat sering. Bahkan karena sering kencing maka ibu juga bisa sulit tidur nyaman pada malam hari. Tekanan pada kandung kemih menjadi lebih besar saat janin sudah masuk panggul.

    - Gangguan pencernaan
    Kemudian ketika ciri ciri janin sudah masuk panggul maka ibu bisa mengalami gangguan pencernaan yang tidak nyaman. Kondisi ini bisa menyebabkan ibu hamil sering mengalami perut kembung, perut melilit saat hamil, gas berlebihan dalam perut tapi bukan seperti penyakit maag pada ibu hamil, mulas atau bisa disebabkan karena kontraksi palsu, dan terkadang beberapa ibu juga akan diare. Bagian perut ibu juga akan terlihat sangat ringan karena janin sudah masuk ke panggul.

    - Perubahan bentuk tubuh ibu
    Ibu hamil dengan janin yang sudah masuk ke panggul bisa mengalami perubahan bentuk tubuh. Memang perubahan bentuk tubuh ini sudah terjadi sejak kehamilan trimester pertama. Namun saat sudah masuk ke trimester ketiga atau saat janin sudah masuk panggul maka bagian bawah perut ibu tampak lebih besar. Pergeseran janin dari atas ke bawah terutama area panggul ibu bisa menyebabkan posisi janin terlihat pada bagian pinggang.

    - Sakit pada area rektum, perineum dan vagina
    Posisi janin yang sudah masuk ke panggul bisa membuat ibu merasa tidak nyaman terutama pada area rektum, perineum dan vagina. Kondisi ini terjadi ketika bayi banyak bergerak atau menendang ke berbagai arah sehingga menyebabkan tekanan yang semakin besar. Beberapa ibu bisa merasa janin terlalu masuk ke bawah sehingga seolah-olah seperti akan keluar.

    - Sensasi dibagian bawah
    Ketika janin sudah masuk ke panggul maka bisa menyebabkan sensasi pada bagian bawah, meliputi area perineum dan vagina. Kondisi ini bisa membuat ibu seperti terdorong untuk melahirkan atau terkena kontraksi palsu.

    - Sakit pinggang yang berat
    Tidak bisa tidur ketika janin sudah masuk panggul memang sangat sering dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini bisa berhubungan dengan masalah nyeri pinggang saat hamil.Ketika ibu hamil masuk ke trimester kedua maka beberapa bagian tulang rusuk akan terasa sakit akibat perkembangan janin. Namun saat janin sudah masuk panggul maka bagian pinggang ibu seperti mendapatkan beban yang berat.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Terima kasih dok,
    dok mau bertanya lagi jika getakan bayi masih mancung kekanan kiri dan atas?apakah itu posisi kpla bayi atau bokong bayi dok?

  • Selamat malam Ibu

    Gerakan bayi bisa dirasakan di sisi kanan ataupun kiri perut ibu dan tidak bisa dipakai sebagai patokan untuk menentukan apakah kepala janin sudah masuk ke rongga panggul atau belum.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan