Profile
Menstruasi

Telat 2 bulan, single belum pernah berhubungan sex

Telat 2 bulan, single belum pernah berhubungan sex
Yogyakarta

Saya sudah telat 2 bulan dok, tapi saya belum menikah, dan belum pernah berhubungan sex, teman bilang saya stres karena baru saja putus. Tapi kenapa telatnya sampai 2 bulan dan dlm 2 bulan itu kadang keputihan seperti air dan bening dalam jumlah sedikit, mau tes tapi takut, mau periksa juga takut. Apa ada kemungkinan saya sakit parah?

Answers

2 answers

  • Selamat malam.

    Penyebab telat datang bulan yang dialami tiap perempuan berbeda-beda. Ada yang terjadi karena hal normal, namun ada pula yang mengalami keterlambatan akibat efek samping kontrasepsi dan juga karena kondisi kesehatan.

    Berikut beberapa penyebab telat haid dan cara mengatasinya:

    1. Stres
    Kondisi ini bisa memengaruhi hormon Anda, mengubah rutinitas harian tubuh, serta berdampak pada bagian otak yang bertugas mengatur siklus menstruasi. Selain itu, stres juga bisa memicu penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba yang dapat berdampak pada siklus menstruasi Anda.

    2. Berat badan tidak normal
    Kemungkinan Anda akan mengalami telat datang bulan jika memiliki berat badan yang terlalu rendah. Kondisi ini bisa mengubah cara kerja tubuh sehingga menghambat ovulasi.

    Biasanya, hal ini dialami oleh kalangan yang mengalami gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia. Hal sama terjadi jika Anda mengalami obesitas.

    Bobot tubuh berlebihan juga bisa menyebabkan perubahan hormon yang berdampak pada siklus menstruasi Anda.

    Jika keterlambatan menstruasi disebabkan oleh hal-hal tersebut, Anda tidak perlu mengonsumsi obat telat datang bulan. Cukup ubah pola hidup Anda menjadi lebih baik seperti menjauhi hal-hal yang membuat Anda stres dan mengonsumsi makanan dengan kadar gizi seimbang.

    3. Penyakit tiroid
    Kelenjar yang ditemukan di leher ini menghasilkan hormon tiroid yang mengontrol pertumbuhan dan metabolisme tubuh. Hormon tiroid juga memengaruhi kerja estrogen, salah satu hormon seksual sehingga siklus menstruasi pun ikut dipengaruhi.

    4. Sindrom ovarium polikistik
    Sindrom ini bisa menyebabkan tingginya tingkat hormon. Pengobatan yang sering direkomendasikan untuk mengatasi sindrom ovarium polikistik yaitu melakukan terapi hormon dengan mengonsumsi pil KB atau pil yang mengandung hormon progesteron.

    5. Tumor hipofisis
    Ini adalah kondisi ketika tumor jinak berkembang di kelenjar hipofisis atau pituitari (kelenjar di bawah otak). Adanya tumor tersebut dapat mengganggu keseimbangan hormon yang berperan dalam siklus menstruasi.

    Mengatasi hal tersebut diperlukan pemeriksaan secara lengkap seperti wawancara medis, pemeriksaan fisik, serta penunjang untuk dapat memastikan diagnosa tersebut.

    Anda juga perlu mengetahui penyebab yang pasti dengan mengevaluasi diri apakah ada perubahan pola hidup dalam sebulan terakhir ini. Aktivitas yang padaat, serta kurangnya istirahat juga dapat berpengaruh terhadap keterlambatan haid. Tidak ada ukuran dan batasan waktu yang pasti jika mengenai siklus haid ini

    Untuk informasi lebih lanjut, dapat anda buka link berikut ini:
    http://meetdoctor.com/article/8-penyebab-siklus-menstruasi-tak-teratur
    http://meetdoctor.com/article/mempercepat-datangnya-haid-dengan-alami

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

  • Selamat malam.

    Setiap wanita pasti mengalami keluarnya lendir dari vagina karena berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari iritasi dan infeksi. Lendir yang normal biasanya berwarna bening hingga keputih-putihan dan tidak berbau, tidak terasa gatal ataupun perih pada alat kelamin.

    Keputihan yang tidak normal (ada perubahan pada warna dan kekentalan lendir, jumlah lendir yang berlebihan, bau lendir yang tajam, pendarahan di luar jadwal haid, serta rasa gatal di sekitar vagina dan nyeri pada perut) bisa mengindikasikan adanya penyakit tertentu.

    Beberapa penyebabnya adalah:
    - Infeksi jamur pada vagina: keputihan dengan lendir kental, tanpa bau, berwarna putih seperti susu kental, dan disertai rasa gatal dan perih di sekitar vagina
    - Vaginosis bakterialis (infeksi bakteri pada vagina): keputihan dengan lendir encer berwarna putih atau abu-abu dan berbau amis, tidak disertai rasa gatal atau iritasi
    - Trikomoniasis (infeksi parasit trikomonas vaginalis): keputihan dengan lendir berwarna hijau, kuning, atau berbuih, lendir jumlah banyak, bau amis, dan perih saat BAK, disertai pembengkakan dan gatal-gatal di sekitar vagina, serta nyeri saat buang air kecil dan berhubungan intim
    - Gonore atau klamidia: keputihan disertai rasa nyeri pada tulang panggul atau saat BAK serta pendarahan di luar menstruasi atau setelah berhubungan seks
    - Herpes genital: keputihan disertai luka melepuh di sekitar genital
    - Kanker serviks atau kanker rahim: keputihan dengan lendir berwarna cokelat atau mengandung darah

    Untuk mengetahui penyebab dari keputihannya maka harus diperiksakan ke dokter karena jenis pengobatan keputihan bergantung dari penyebabnya.

    Sementara yang dapat dilakukan adalah:
    - Membersihkan vagina secara teratur dengan air hangat dan sabun tanpa kandungan bahan kimia
    - Membersihkan vagina dari arah depan ke belakang untuk mencegah bakteri masuk ke dalam vagina
    - Menggunakan pakaian dalam dari bahan katun yang lembut
    - Hindari pemakaian panty liner karena dapat membuat daerah vagina menjadi lembab
    - Gantilah pakaian dalam anda bila dirasa lembab atau berkeringat
    - Berhubungan seksual yang aman dengan cara setia pada 1 orang dan tidak berganti-ganti pasangan seksual
    - Konsumsi makanan yang bergizi seimbang
    - Segera konsultasi langsung ke dokter

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
ISPA adalah infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus ISPA, Penyakit Apa? osteoporosis rentan terjadi pada perempuan yang kekurangan kalsium Osteoporosis dan Kesehatan Tulang