Profile
Menstruasi

Telat datang bulan pada remaja

Telat datang bulan pada remaja
Cilegon, Cilegon City, Banten, Indonesia

Halo dok, saya ingin bertanya, saya memiliki teman yang datang bulan pertamakalinya ia dapatkan ketika duduk di bangku smp kelas 9, apakah faktor hormon yang memengaruhi hal tersebut, atau karena faktor lain?. Terimakasih

Answers

2 answers

  • dr. Fadma Yuliani dr. Fadma Yuliani Dokter Umum

    Halo dear,
    Usia seorang perempuan pertama kali menstruasi/menarche antara usia 9-15 tahun, dengan rata-rata usia 12 tahun. Usia yang dianggap tidak normal untuk haid pertama adalah kurang dari 8 tahun, dan lebih dari 16 tahun.Hal ini tergantung dari banyak faktor dear yaitu faktor geografis, genetik, kesehatan, hormonal,aktifitas fisik, dan status gizi.
    Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor.

  • Salam sehat,

    Mestruasi pertama (menarche) biasanya terjadi pada umur 11-14 tahun. Berdasarkan penelitian, rata-rata anak perempuan telah mendapatkan menstruasi sebelum usia 16 tahun. Bila teman Anda mendapatkan haid pertamanya sebelum usia 16 tahun, hal itu masih tergolong normal.

    Keterlambatan menarche ini dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan, etnis, status gizi, dan gaya hidup. Remaja yang belum mendapatkan menstruasi sampai usia 16 tahun, disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan penanganan yang tepat.

    Tips yang dapat diberikan adalah konsumsi gizi seimbang dan olahraga yang rutin. Bila berat badan kurang dari normal, naikkan berat badan dengan konsumsi makanan bergizi dan tambahkan jumlah kalori dalam makanan Anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Sperma atau air mani adalah sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis.Lalu bagaimana cara memperbanyak sperma yang benar menurut dokter. 6 Cara Memperbanyak Sperma Posisi seks konon dapat meningkatkan peluang hamil, padahal ada cara lebih efektif yang bisa Anda lakukan Benarkah Posisi Seks Tingkatkan Peluang Hamil?