Profile
Hamil

telat haid 5 hari apakah hamil

telat haid 5 hari apakah hamil

Dok ... Saya mau tanya ... Saya telad haid 5 hari sudah ... Saya kira saya hamil ... Kemarin di testpack hasilnya negatif ... Tapi beberapa hari ini saya mual2 tapi gak sampai muntah ... Sering pusing di pagi hari ... Mudah lelah dan mengantuk .. Males melalukan aktivitas ... Sering BAK juga dok ... Apa itu tanda2 kehamilan ?

Answers

6 answers

  • Selamat siang

    Siklus menstruasi normal pada wanita rata-rata setiap 28 hari, meskipun ini dapat bervariasi. Di mana siklus yang terjadi setiap 24 hingga 35 hari masih dianggap sebagai siklus yang normal. Lamanya setiap periode menstruasi normalnya dua sampai tujuh hari.

    Berikut ini adalah beberapa penyebab keterlambatan haid:

    Kehamilan
    Ini adalah hal pertama yang kita curigai ketika wanita telat haid, cara mengetahui apakah ada kemungkinan hamil atau tidak sangatlah mudah, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan tes kehamilan berupa tes pack yang banyak tersedia di pasaran.

    Stres
    Pada wanita yang stress atau memiliki beban pikiran yang berat, itu dapat mempengaruhi siklus menstruasi termasuk telat haid.

    Masalah Berat Badan
    Jika tiba-tiba Anda kehilangan banyak berat badan baik melalui diet ketat ataupun masalah lainnya seperti anoreksia nervosa, maka ini dapat membuat menstruasi tak teratur bisa telat haid, bisa juga menjadi lebih sering.

    Masalah Hormon Tiroid
    Gangguan pada kelenjar tiroid akan mempengaruhi siklus menstruasi. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon dan triiodothyronine. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon ini dalam jumlah yang tepat untuk fungsi tubuh yang tepat. Kurangnya hormon menyebabkan banyak masalah lain termasuk terlambat haid. Gejala seperti keterlambatan menstruasi, perubahan frekuensi dan aliran menstruasi dan tidak adanya menstruasi semua bisa karena masalah tiroid.

    Polycystic Ovarian Syndrome
    Hormon reproduksi yang tidak seimbang dapat menunda menstruasi salah satu penyebabnya adalah sindrom ovarium polikistik. Wanita dengan sindrom ovarium polikistik tidak melepaskan telur matang dari ovarium. Telur ini membentuk kista kecil di ovarium. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kemandulan, tapi kabar baiknya penyakit ini dapat diobati.

    Kontrasepsi Hormonal
    Kontrasepsi hormonal seperti KB suntik, pil KB, dan susuk dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh. Penyebab telat haid tersering adalah KB Suntik 3 bulan atau yang mengandung Depo-Provera.

    Mengingat hasil test pack negatif, sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut misalnya USG sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • dok saya mau tanya saya baru menikah pada 7 april 2018 saya baru melakukan kb setelah 2 hari pernikahan pertanyaannya dok kenapa sampe sekarang mau ahkir bulan belum juga haid?
    tapi kemarin pas bulan maret saya haidnya 2 kali dok dalam sebulan?

  • Selamat pagi Ibu

    Kontrasepsi apakah yang anda gunakan saat ini? Apakah anda sudah pernah memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan terkait keluhan menstruasi anda yang tidak teratur?

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Dok saya mau tanya ,saya telat haid 8bhari apa itu tanda hamil,tp kemarin waktu telat 1 atau 2 hari saya cek hasilnya negatif, tapi kalo malam saya sering mual tapi gk muntah,, tapi rasanya kalo pagi hari ngantukk,banwannya pingin tidur, kadang napsu makn saya tinggi,, hawanya males dok,pa itu itu hamil atau tidak dok

  • Selamat pagi..
    Gejala-gejala yang Anda alami dapat saja timbul pada masa kehamilan, namun gejala tersebut bukan merupakan suatu tanda pasti kehamilan. Artinya kondisi tersebut dapat saja diakibatkan oleh berbagai penyebab yang lain di luar kehamilan.

    Untuk memastikan ada atau tidaknya kehamilan hanya dapat dilakukan melalui tes kehamilan, baik melalui pemeriksaan urine, darah, maupun USG. Deteksi kehamilan dapat dilakukan secara sederhana melalui pemeriksaan urine dengan testpack.

    Pemeriksaan testpack dapat dilakukan sejak hari pertama terlambat haid. Bila hasil testpack Anda negatif, Anda dapat mengulang pemeriksaan 1-2 minggu kemudian. Jika belum yakin dengan hasilnya, dapat pula dilakukan pemeriksaan urine atau darah yang dianalisis secara lebih akurat di laboratorium.

    Selain kehamilan, kondisi yang Anda alami dapat pula disebabkan oleh penyebab yang lain seperti kelelahan fisik, gangguan pencernaan, sindrom pra-menstruasi/PMS, infeksi saluran kemih dan sebagainya.

    Jika keluhan terus berlanjut sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menelusuri penyebabnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan seperti tes urine, tes darah, USG dan sebagainya. Dengan demikian penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Berikut anjuran yang dapat dilakukan:
    Beristirahat cukup dan tidur yang cukup 7-8 jam sehari
    Batasi aktivitas fisik yang berat
    Mengonsumsi makanan bergizi agar daya tahan tubuh terjaga
    Makan secara teratur, jangan terlambat makan
    Perbanyak minum air putih 8-10 gelas sehari
    Mengelola stres dengan bijak

    Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di:
    https://meetdoctor.com/mobile/article/kenali-tanda-ibu-hamil
    Terimakasih telah menggunakan layanan meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

  • Makasihh dok atas,sarannyaaa

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu