Profile
Kehamilan Ektopik

Telat menstruasi 19 hari lalu keluar flek kecoklat

Telat menstruasi 19 hari lalu keluar flek kecoklat

Dok saya sudah telat haid 19hari tapi setelah itu sore nya keluar flek kecoklatan sedikit lalu tidak keluar lagi dok.sebelum keluar flek sudah pernah TP 2x tp hasil nya negativ.pertanyaan nya flek itu darah haid atau tanfa kehamilan ya dok? Lalu kapan baik nya saya coba TP lagi??

Answers

1 answers

  • Terima kasih atas pertanyaannya.

    Haid atau menstruasi adalah kondisi dimana terjadi peluruhan dinding dalam rahim. Siklus normalnya adalah sekitar 21-35 hari. Dengan durasi selama 3-7 hari.

    Terlambat menstruasi mungkin saja disebabkan oleh kehamilan, namun dapat pula diakibatkan oleh kondisi yang lain. Beberapa kemungkinan penyebab terjadinya menstruasi yang terlambat di antaranya adalah:
    -Ketidakseimbangan hormonal
    -Aktivitas berat yang ekstrim
    -Stres psikis
    -Penurunan berat badan yang terlalu drastis/cepat
    -Pola gizi yang buruk/malnutrisi
    -PCOS (sindrom polikistik ovarii)
    -Gangguan tiroid dan sebagainya

    Tanda-tanda kehamilan terbagi menjadi 3 yaitu :
    - tanda tidak pasti (presumtif) : mual dengan atau tanpa muntah, rasa mudah lelah, telat menstruasi, perubahan pada payudara, kulit kehitaman atau timbul selulit di perut.
    - tanda kemungkinan hamil : pembesaran perut, hasil testpack positif, dll
    - tanda positif hamil : terdeteksi janin melalui USG atau ditemukannya denyut jantung janin pada pemeriksaan.

    Anda bisa melalukan pemeriksaan ulang testpack 1 minggu lagi, jika hasilnya negatif maka kemungkinan anda tidak hamil. Namun saya menyarankan anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk melakukan pemeriksaan USG untuk mencari tanda positif kehamilan. Jika memang tidak hamil, anda bisa berkonsultasi mengenai menstruasi anda.

    Terima kasih telah menggunakan jasa meetdoctor. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Kehamilan Ektopik ?
Ask Doctor
Gejala serangan jantung bisa dikenali, seperti rasa nyeri di dada dan punggung belakang Gejala Serangan Jantung yang Tidak Boleh Diabaikan Katarak tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga bayi dan anak-anak Bisakah Katarak Terjadi Pada Anak dan Bayi?