Profile
Hamil

telat menstruasi

telat menstruasi
Central Jakarta, Central Jakarta City, Special Capital Region Of Jakarta, Indonesia

dok sekitar 15 hari setelah hari pertama saya haid , saya mengalami flek darah berwarna cokelat kehitaman dan berlangsung sekitar 5-6 hari. di hari ke 3 saya haid saya sempat liburan selama seminggu yang cukup membuat saya lelah. selama periode tersebut saya sempat beberapa kali bercumbu dan melakukan fingering satu sama lain , namun saya tidak melakukan penetrasi sama sekali bahkan menggesekan alat kelamin pun tidak sama sekali. Sekarang sudah hari ke 35semenjak hari pertama saya haid namun saya tak kunjung mendapatkan haid, padahal tanda haid sudah ada seperti kram perut beberapa hari yang lalu , badan terasa pegal dan timbul jerawat. Kira2 apa yang saya alami dok? apakah ada kemungkinan terjadi nya kehamilan? atau ini hanya faktor hormon? apakah siklus haid saya akan datang normal ?

Answers

3 answers

  • Selamat siang,

    Flek coklat yang lebih dari 2 hari serta keterlambatan haid bisa disebabkan oleh beberapa hal ;

    • Pola hidup sehari-hari

    Jika Anda melakukan olahraga yang berlebihan dan berat Anda turun drastis, hal itu bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar atau tidak teratur. Begitu pula dengan berat badan yang berlebih atau obesitas. Tidak hanya perubahan berat badan, stres juga bisa memengaruhi siklus menstruasi Anda.

    • Sindrom ovarium polikistik

    Adalah kumpulan gejala yang disebabkan oleh kista kecil di dalam indung telur. Keberadaan kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang, seperti testosteron yang meningkat melebihi batas normal yang mana seharusnya wanita hanya memiliki sedikit hormon testosteron. Ketidaknormalan juga terjadi kepada proses pelepasan sel telur. Ini menyebabkan Anda tidak mengalami menstruasi, atau mengalami menstruasi, atau mengalami menstruasi, tapi darah yang keluar hanya sedikit.

    • Tiroid

    Pada bagian leher Anda terdapat kelenjar tiroid yang memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Jika tiroid Anda bermasalah atau mengalami gangguan, kadang-kadang, dapat memengaruhi menstruasi Anda. Konsultasikan hal ini kepada dokter karena biasanya dokter akan melakukan tes darah untuk melihat bagaimana level hormon tiroid dalam darah Anda.

    Untuk mengatasi menstruasi yang tidak lancar perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur:
    - Mengubah gaya hidup
    - Melakukan pengobatan tiroid
    - Lakukan pengobatan sindrom ovarium polikistik, seperti pengobatan diabetes atau pengembalian tingkatan hormon.
    - Selain itu, turunkan berat badan dengan cara sehat jika Anda menderita sindrom ovarium polikistik dengan berat badan berlebih.
    - Melakukan konseling jika Anda mengalami stres yang menyebabkan berat badan turun drastis.

    Jika hal ini berlanjut sampai melebihi 3 siklus menstruasi, konsultasikan keluhan anda dengan spesialis ginekologi.

    Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.

  • apakah ada kemungkinan hamil dok?

  • Selamat sore

    Kehamilan hanya bisa terjadi bila sperma dan sel telur bertemu. Berdasarkan cerita anda diatas kemungkinan hamil hampir tidak mungkin terjadi karena tidak ada hubungan seksual atau petting yang terjadi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Kepala terasa berputar menjadi pertanda vertigo, lakukan langkah ini untuk mengatasinya Kepala Terasa Berputar? Waspada Penyakit Serius Depresi bisa dialami pria dan wanita, namun keluhan utamanya seringkali berbeda di antara keduanya. 12 Tanda Depresi pada Pria