Profile
Menstruasi

Telat menstruasi dan hanya mens 2 hari.

Telat menstruasi dan hanya mens 2 hari.
Bandung

Dok saya mau konsultasi. Bulan ini saya terlambat mens 1 minggu, namun setelah 1 minggu itu saya mens dan mengeluarkan darah yang banyak, tapi mens saya hanya berlangsung 2 hari saja. Jadi apa yang terjadi Dok? karena baru kali ini saya mengalami hal tersebut. Tolong jawabannya ya Dok. Terima kasih..

Answers

6 answers

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Dear Ilmi,

    Hal itu masih dalam batas normal.

    Lama waktu haid pada wanita bisa bervariasi antara 2-7 hari. Jadi bila hanya mendapatkan haid selama 2 hari, masih dianggap normal secara medis.

    Siklus haid pada wanita juga bisa bervariasi antara 21-35 hari. Jadi bila terlambat 1 minggu, namun jarak dengan hari pertama haid yang sebelumnya tidak melebihi 35 hari, maka hal itu masih dianggap normal.

    Terima kasih

  • Terima kasih atas jawabannya Dok.
    Tapi yang masih saya bingungkan, kenapa terjadi keterlambatan/kemunduran tanggal haid, padahal biasanya tanggal haid saya maju, tapi ini malah mundur 1 minggu. Apa yang kiranya terjadi Dok dengan hal tersebut?
    Kemudian obat apa yang harus saya konsumsi untuk memperlancar datangnya haid?
    Trima kasih

  • Dr. Janfrional Dr. Janfrional Dokter Umum

    Selama siklusnya tidak melebihi 35 hari, maka masih dianggap normal bila mundur 1 minggu. Hal itu disebabkan karena masa pematangan sel telur yang bisa memakan waktu lebih lama pada kondisi-kondisi tertentu.

    Saat ini pada kondisi anda, belum dianjurkan untuk diobati, karena masih dalam batas normal.

  • Terima kasih banyak dok atas jawaban dan sarannya.

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat malam,

    Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh wanita yang terjadi sebagai bentuk persiapan tubuh terhadap kehamilan. Sekitar sebulan sekali, tumbuh lapisan baru (endometrium) pada rahim untuk dibuahi sel telur.

    Ketika tidak ada sel telur yang dibuahi, lapisan rahim tersebut akan luruh. Inilah yang disebut dengan menstruasi. Umumnya, siklus menstruasi terjadi dalam rentang waktu 28 hari, tapi ada juga orang yang mengalami rentang siklus menstruasi selama 21 hari.

    Penyebab Siklus Menstruasi tidak teratur biasanya karena:

    Stres
    Saat stres, tubuh akan menurunkan jumlah hormon gonadotropin-releasing hormone agonist (GnRH) yang bisa menyebabkan terlambat haid. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan solusi mengatasi stres agar menstruasi kembali teratur.

    Sakit
    Penyakit adalah penyebab terlambat haid. Anda tidak perlu khawatir karena hal ini biasanya bersifat sementara saja dan siklus menstruasi akan kembali normal saat Anda sembuh. Namun, jika menstruasi tetap tidak teratur padahal Anda sehat, segera hubungi dokter.

    berikut artikel yang berhubungan dengan keluhan anda.
    http://meetdoctor.com/article/alasan-absen-haid

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda,

  • Selmat sore dok saya mau bertanya dok..bulan lalu saya berhubungn intim dan haid saya telat 10 hari dok dari tanggal biasanya...setelah 10 hari dari tanggal haid saya baru haid keluar selama 7 hari dok... apakah saya hamil dok

Anda punya pertanyaan seputar Menstruasi ?
Ask Doctor
Khasiat bawang bagi kesehatan dari kaya akan antioksidan sampai melindungi dari kanker. Khasiat Bawang yang Mengesankan Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat