Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Telinga bagian dalam yang serasa penuh air

Telinga bagian dalam yang serasa penuh air
Makassar

Sy flu sdh 2 minggu dan minum obat tp blum sembuh malah telinga sy yg terasa penuh dengan air dan membuat saya kurang mendengar dengan jelas akibat telinga sy serasa penuh dgn air.

Answers

1 answers

  • selamat siang

    Gejala rasa penuh di telinga sering terjadi pada seseorang yang sedang terkena flu, akibat tertutupnya saluran eustasius yang menghubungkan telinga tengah dengan tenggorokan. Ketika saluran ini tersumbat oleh cairan akibat sedang flu, akan muncul gejala telinga terasa penuh. Kemungkinan lain penyebab telinga terasa penuh adalah:

    serumen prop, yaitu adanya penumpukan kotoran telinga yang menyebabkan pendengaran berkurang dan terasa penuh di telinga
    gangguan fungsi tuba eustasius, gejalanya penuh di telinga, telinga berdenging, nyeri pada satu atau kedua telinga
    infeksi telinga tengah (otitis media) yang kronis maupun sedang berlangsung
    perubahan tekanan udara, seperti menyelam, naik pesawat, naik lift,dll

    Jika Anda sedang mengalami flu, kemudian flu sudah membaik tetapi gejala telinga terasa penuh masih ada, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter THT. Dokter akan melihat bagian dalam telinga dengan menggunakan otoskop, melihat bagian dalam tenggorokan dan menentukan penyebab gejala Anda. Penanganan yang diberikan disesuaikan dengan penyebabnya:
    tidak merokok, menjaga berat badan ideal
    pemberian antihistamin, semprotan hidung dekongestan
    mengatasi flu
    tetes telinga antibiotik jika ada infeksi telinga
    spooling telinga, untuk membersihkan kotoran telinga

    sekian semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Kematian mendadak pada usia produktif disebabkan oleh serangan jantung Penyebab Kematian Mendadak pada Usia Produktif Tekanan darah rendah bisa terjadi pada siapa saja. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab darah rendah. Darah Rendah, Kenali Penyebabnya