Profile
Kesehatan Bayi

Telinga bayi tak kunjung mengering

Telinga bayi tak kunjung mengering

Selamat pagi dok...dok sy ibu dari bayi berusia 8 bulan...pada tanggal 17 bulan April malam telinga anak sy mengeluarkan cairan ...setelah anak sy pilek tak kunjung sembuh...sy sudah ke dokter THT dan dokter anak...bayi sy diberikan antibiotik dan obat2an flu yg lain...tapi sampai saat ini telinga anak sy masi saja mengeluarkan lendir...tetapi memang sudah lebih sedikit dari sebelumnya...kira2 sy harus bagaimana lagi dok sebaiknya?? Apakah yg harus sy lakukan agar telinga anak saya bisa sembuh...dan apakah akn sembuh total dok??? Terimakasih

Answers

1 answers

  • Selamat siang bunda

    Infeksi saluran nafas atas berupa batuk dan pilek memang dapat memicu juga terjadinya masalah pada telinga karena ada saluran kecil yang menghubungkan yakni tuba eustachius yang memungkinkan penyebaran infeksi ke telinga.

    Masalah pada telinga dapat berupa peradangan pada liang telinga (otitis eksterna) hingga peradangan pada telinga tengah (otitis media). Otitis media yaitu peradangan sebagian atau seluruh mukosa telinga tengah, tuba eustachius, antrum mastoid dan sel-sel mastoid. Otitis media biasanya dibagi menjadi otitis media akut (oma) dan otitis media supuratif kronis (omsk).

    Otitis media akut yaitu peradangan telinga tengah akut. Biasanya dibagi menjadi fase oklusi tuba eustachius, hiperemis, supuratif, perforasi, resolusi. Jika mengalami oma stadium perforasi maka selaput gendang telinga robek dan bisa ada ada pengeluaran cairan dari telinga. Bila diobati maka oma ini akan sembuh dan masuk ke stadium resolusi (penyembuhan).

    Akan tetapi OMA bila terjadi menerus selama 2 bulan bisa berubah menjadi OMSK yakni bila perforasi atau lubang selaput gendang telinga menetap dengan sekret yang keluar terus-menerus atau hilang timbul dan kemungkinan akan ada gangguan pendengaran pada telinga seperti telinga mendengung, "krebek-krebek", telinga terasa penuh, dll.

    Biasanya bila hanya terjadi oma maka penyembuhan bervariasi bisa 2 minggu hingga 2 bulan. Jika lubang pada gendang telinga kecil dan segera diberikan terapi, maka lebih besar kemungkinan proses penyembuhan ke fase resolusi lebih cepat. Akan tetapi, bila sudah mengalami omsk maka penyembuhan bisa berlangsung lebih lama yaitu bulanan hingga tahunan.

    Untuk itu memang membutuhkan waktu untuk penyembuhan. Anda sebaiknya bersabar dan tetap rutin memberikan obat yang telah diresepkan oleh dokter. Apabila keluhan tidak kunjung membaik lebih dari 2 minggu pasca diberikan terapi, maka disarankan agar membawa anak anda untuk diperiksa kembali secara langsung ke dokter spesialis tht. Kami menyarankan pula, agar saat memandikan anak harus berhati-hati agar telinga anak anda tidak kemasukan air.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Bayi ?
Ask Doctor
Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat Begini Cara Mudah Mendapatkan #HidupEnak tapi Tetap Sehat