Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Telinga berair yg berbau dan akhirnya jdi berkerak

Telinga berair yg berbau dan akhirnya jdi berkerak

Mohon maaf dok, kalau boleh tau, telinga saya awalnya sempat sering berair dan berbau. Dan akhirnya setelah terasa air tidak keluar lagi lama kelamaan telinga saya jadi berkerak, dan jika kerak tsb terkelupas menjadi terasa sperti lecet dan berair kembali. Untuk kondisi tsb, sebaiknya obat apa yang harus saya gunakan? Kondisi tsb sudah lumayan lama saya alami, walaupun sudah tidak berair tetapi masih sering menimbulkan kerak dibagian ujung atau pinggir telinga. Mohon bantuannya dok. Terimakasih

Answers

1 answers

  • Selamat pagi

    Keluhan keluarnya cairan, lecet, dan berbau di telinga kemungkinan disebabkan karena otitis eksterna. Otitis eksterna adalah peradangan di telinga bagian luar. Otitis eksterna akan menimbulkan gejala seperti bengkak, kemerahan, nyeri, terasa ada tekanan dari dalam liang telinga, berair, gatal, bersisik, mengelupas, kulit telinga kering, atau ada benjolan mirip jerawat di saluran telinga.

    Penyebab otitis eksterna diantaranya yaitu benda asing, terkena pasir, kemasukan air, terlalu sering dikorek, efek samping alat bantu dengar, komplikasi eksim telinga, dan karena ukuran saluran telinga lebih kecil. Penanganan otitis eksterna akan disesuaikan dnegan penyebab mislanya dengan obat antijamur, antibiotik, antinyeri, steroid, dan pembersihan liang telinga oleh dokter.

    Namun selain karena otitis eksterna, keluhan Anda juga bisa disebabakn karena hal lain seperti dermatitis, alergi, impetigo, psoriasis, dan infeksi jamur atau bakteri lainnya. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung agar bisa dilakukan pemeriksaan lanjutan kemudian Anda bisa diberikan penanganan yang lebih tepat.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Darah tinggi adalah penyakit yang ditakuti banyak orang karena membahayakan tapi sering kali tidak menimbulkan gejala. Ini beberapa obat anjuran Dokter. Obat Darah Tinggi yang Perlu Anda Tahu Memiliki asam urat tinggi membuat orang akan langsung minum obat tertentu untuk menurunkannya. Padahal ada cara alami yang bisa dilakukan. 6 Obat Asam Urat yang Alami