Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Telinga berdenging

Telinga berdenging
Palembang

Dok, suami saya telinganya selalu berdenging, jika sedang benar-benar capek atau stress denginganya semakin kuat. Apakah telinga berdeging itu indikasi dari sebuah penyakit dok? Apakah bisa disembuhkan dan dihilangkan?

Answers

2 answers

  • dr. Andre Sugiyono dr. Andre Sugiyono Dokter Umum

    Selamat pagi,

    Terlinga berdenging atau tinitus dapat disebabkan banyak hal mmulai dari yang sederhana seperti kotoran telinga atau kondisi patologis lainnya. Namun kebanyakan tinitus tidak diketahui penyebabnya. Jika ada penyebab yang dapat diperbaiki, tinitus dapat dihilangkan. Namun pada tinitus yang tidak diketahui penyebabnya, mungkn gejala hanya bisa dikurangi dan tinitus tetap dirasakan sebagian. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis THT.

    Terima kasih.

  • Selamat siang,

    Gejala telinga berdengung dalam istilah medis disebut sebagai tinnitus. Penyebab tinnitus dapat berasal dari tiga area telinga, bisa di area luar (daun telinga, liang telinga), telinga bagian tengah, maupun telinga dalam (rumah siput atau koklea, saraf pendengaran) hingga ke otak.

    Beberapa penyebab Tinnitus antara lain:
    - Adanya kotoran di telinga luar (serumen), bengkak di liang telinga.
    - Sementara dalam area telinga tengah, tinnitus dapat terjadi akibat infeksi maupun cairan yang ada di telinga telinga tengah.
    - Penyebab paling umum dari tinnitus terletak pada bagian telinga dalam (rumah siput) di mana terdapat sel-sel rambut luar yang merupakan ujung dari saraf pendengaran mengalami kerusakan, hal ini bisa karena suara bising, obat-obatan atau penyakit metabolik.
    - Usia lanjut juga berisiko menderita kerusakan telinga dalam yang berujung pada munculnya tinnitus.
    - Letak anatomi pembuluh darah yang dekat dengan telinga, sehingga tinnitus terdengar seperti denyut nadi.

    Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kedokter spesialis tht untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, untuk mengurangi risiko munculnya tinnitus, langkah awal sebaiknya dimulai dari menghindari telinga dari objek tumpul, salah satunya pembersih telinga (cotton bud). Dalam kegiatan sehari-hari, telinga pun perlu mendapatkan perlindungan dari suara-suara yang keras atau bising untuk mencegah kerusakan ujung-ujung saraf pendengaran di rumah siput, misalnya menggunakan ear plugs atau ear muffs.

    Tips lainnya, sebagai berikut:
    - Jangan terlalu memusatkan pikiran terhadap bunyi-bunyian yang mengganggu tersebut, beradaptasilah terhadap bunyi tersebut.
    - Hindari kondisi terlalu lelah dan istirahatlah dengan cukup.
    - Lakukan olahraga yang cukup secara rutin juga.
    - Coba untuk menyamarkan bunyi dengan menghindari suasana yang terlalu sepi atau gunakan bantuan bunyi-bunyian lain jika dirasa perlu.
    -Hindari konsumsi obat-obatan yang dapat merusak saraf pendengaran (ototoksik).

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdoctor.
    Semoga jawaban yang di berikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Sakit maag datang dengan gejala yang berbeda pada setiap orang. Kenali gejalamu agar kamu dapat menangani dan mengobatinya segera. Sakit Maag, Ini Gejalanya Diet sering dipilih untuk menurunkan berat badan, namun banyak juga yang masih membahayakan diri demi tubuh ideal. Ini cara diet sehat yang benar. Inilah Cara Diet Sehat