Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Telinga luka dan bengkak

Telinga luka dan bengkak

Selamat siang. Telinga aku baru baru ini ditindik kira kira udah lama gitu aku tukar dengan anting baru iaitu anting emas . Kemudian daun telinga aku depan dan belakang luka bengkak malah dilubang tindik keluar cecair jernih kadang nanah . Kadang juga telinga aku rasa berdenyut sakit kemudian aku cabut anting yag aku pakai biarkan lubangnya enggak beranting. Aku sudah ngobatin dengan povidone iodine . Persoalannya adakah lubang tindik aku akan tertutup dan masih ada ngak cara lain untuk telinga aku cepat sembuh? Atau aku perlu ketemu dokter . Mohon pencerahan. Terima kasih

Answers

5 answers

  • selamat siang

    Pada saat dilakukan penindikan memang dilakukan pembolongan jaringan ditelinga namun dengan ukuran yang sangat kecil, mungkin hanya sepersekian milimeter. Jika jaringan tersebut dibiarkan tanpa adanya benda yang menghalanginya (anting) tentu jaringan telinga tersebut dapat menyatu kembali. Karena secara normalnya tubuh dapat melakukan regenerasi jaringan atau penyambungan kembali jaringan yang terputus. Sehingga seperti kasus yang anda alami lobang tindikan dapat menyatu kembali.

    Agar anda dapat menggunakan anting kembali, tandanya perlu dilakukan proses penindikan ulang pada telinga anda. Dan untuk mencegah agar lobang tindikan tidak menutup kembali, lobang tersebut harus diisi atau dihalangi dengan benda seperti anting kembali dan jangan dibiarkan terbuka bebas.

    sekian semoga bermanfaat

  • Selain mngunakan povidone iodine ada ngak Inisiatif lain sembuhkan daun telinga yang luka dan bengkak

  • selamat siang

    Segala sesuatu tindakan perlukaan yang terjadi pada tubun, contohnya tindikan, memiliki resiko terjadinya efek samping berupa infeksi. Efek samping infeksi tersebut tidak selalu terjadi pada setiap orang. Telinga yang bernanah dan berair merupakan terjadinya proses infeksi. Infeksi tersebut dapat terjadi karena :

    Infeksi karena kurang steril proses pengerjaan dan alat yang digunakan. Seharusnya sebelum melakukan tindik tubuh harus dibersihkan atau desinfektan untuk membunuh kuman yang ada dan disekitar luka selain itu alatnya juga harus steril, tidak boleh dicampur antara satu dan yang lainnya.
    Iritasi bisa terjadi alergi karena penggunaan anting tersebut. Alergi ini bisa terjadi setelah beberapa hari alat tersebut dipakai. Selain itu biasnaya juga dapat menimbulkan keluhan gatal dan bengkak

    Apabila terjadi infeksi maka bisa dilakukan pengobatan dengan antibiotik. Kejadina ini tidak berbahaya asalkan pengobatannya tepat dan sesuai. Sebaiknya tetap periksakan diri ke dokter untuk pengobatannya. Sementara mungkin Anda bisa melepas sementara anting anting untuk menghindari infeksi lebih lanjut.

    sekian semoga bermanfaat

  • Gimana hilangkan bengkak pada daun telinga dan bengkak pada urat bawah telinga pas dekat leher

  • Selamat malam.

    Anda dapat melakukan kompres hangat pada bagian daun telinga anda yang membengkak. Apabila disertai nyeri yang tak tertahankan, anda dapat mengonsumsi paracetamol. Akan tetapi, apabila bengkak tidak mereda, sebaiknya diperiksakan ke dokter agar tidak semakin infeksi.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Siklus menstruasi yang tidak teratur akan membuat aktifitas terganggu, tentu hal ini tidak terjadi begitu saja. Berikut adalah penyebab telat haid. 8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur