Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Telinga sakit

Telinga sakit
Cirebon, Cirebon City, West Java, Indonesia

sore dok, mau nanya kalau telinga sakit sampai pusing ke kepala dan menyebakan demam bisa jadi karena apa ya dok. sudah dikasih obat oleh dokter, namun tetap saja ketika obat nya sudah habis telinga saya sakit kembali . mohon info nya

Answers

2 answers

  • Selamat sore

    Sakit telinga umumnya disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada salah satu bagian telinga, misalnya :

    - Infeksi telinga luar (otitis eksterna) ditandai dengan telinga bengkak, kemerahan, nyeri, gatal, dan seperti ada tekanan dari dalam telinga
    - Infeksi telinga tengah (otitis media) biasanya diawali oleh infeksi saluran pernafasan atas (seperti batuk, pilek, sinus, radang tenggorokan, alergi) yang menyebabkan penyumbatan pada saluran Eustachius sehingga terjadi penumpukan cairan pada telinga bagian tengah

    Sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga diketahui penyebab keluhan anda dan pengobatan lebih lanjut.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Selamat siang,
    Berikut ini merupakan beberapa penyebab sakit telinga secara umum, antara lain:
    - Glue Ear. Merupakan penumpukan cairan dalam telinga (disisi dalam gendang telinga). Sering terjadi pada anak-anak dibanding dewasa.
    - Infeksi atau peradangan pada saluran telinga bagian luar (otitis externa).
    - Bisul atau folikel rambut yang terinfeksi, pada liang telinga.
    - Cedera atau iritasi liang telinga yang disebabkan oleh benda-benda yang masuk ke telinga, seperti cotton buds atau benda tajam.
    - Sumbatan pada liang telinga akibat penumpukan kotoran telinga atau benda asing yang terjebak.
    - Infeksi tenggorokan (termasuk tonsilitis) dan pilek yang dapat mempengaruhi telinga
    - Abses gusi atau sakit gigi geraham paling belakang yang terletak di dekat telinga, contohnya masalah pada gigi bungsu.
    - Trigeminal neuralgia atau nyeri saraf wajah.


    Dengan banyaknya kemungkinan penyebab nyeri telinga, diperlukan pemeriksaan langsng terhadap kondisi telinga Anda. Sebaiknya melakukan pemeriksaan kembali kedokter bila keluhan masih ada atau bertambah parah.

    Untuk meringankan rasa sakit sementara, Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri (analgetik) yang dijual bebas di pasaran seperti parasetamol atau ibuprofen sesuai dosis anjuran dan tidak ada riwayat alergi obat tersebut. Hindari kebiasaan meng orek – orek telinga dengan apapun termasuk cotton bud ketika telinga Anda sakit karena dapat mempeparah infeksi/peradangan.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan