Profile
Kesehatan A-Z

tentang menstruasi Dan keputihan

tentang menstruasi Dan keputihan

Dok Bulan lalu saya menstruasi normal setelah saya suci kembali eh 2hr setelah saya mens lagi dok tp ini beda yang saya alami dg menstruasi sebelumnya menggumpal seperti hati ayam dan itu saya alami kira kira selama 8hr berturut turut dalam sehari itu saya hampir 5x ganti pembalut karna begitu banyak gumpalan darah yang keluar kemudian di bulan berikutnya seperti itu lagi dok menggumpal seperti hati ayam jadi 2bulan itu seperti itu dok.saya sih gak periksa ke dokter kandungan karna saya pikir mungkin itu darah yg menempel di dinding rahim yg gak sempat keluar jd darahnya sampai menggumpal.. Tp disisi lain saya juga mikir apa saya hamil trus keguguran tp saya gak pernah masukin ke dalam. Sebelumnya juga sempat saya mengalami keputihan yg begitu menyiksa saya setiap kali rambut vagina saya bersihkan saya mengalami keputihab yg gk wajar seperti gumpalan dan bau tidak sedap..itu disebabkan karna apa yah?

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Darah menstruasi dapat memiliki banyak bentuk seperti cair, bergumpal, maupun berwarna merah, coklat, hingga kehitaman. Pada saat menstruasi sebenarnya tubuh melepaskan zat antikoagulan yang berfungsi untuk mengencerkan darah haid yang dikeluarkan. Namun pada kondisi tertentu di mana darah haid keluar dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang cepat, maka zat antikoagulan ini tidak sempat bekerja, akibatnya darah haid keluar dalam bentuk gumpalan -- bisa saja mengeluarkan darah banyak akibat obat hormonal yang Anda konsumsi (microginon).  Selama darah haid yang bergumpal jumlahnya tidak melebihi seperempat dari jumlah darah menstruasi, kondisi ini masih merupakan hal yang normal, jika kondisi ini dirasa semakin memburuk terlebih disertai dengan adanya rasa ngilu pada bagian pinggan sebaiknya Anda menemui dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut, karena ditakutkan terdapat kondisi / penyakit lain yang menyebabkan kondisi tersebut (keguguran, endometriosis, miom, radang panggul, dsb)

    Mengenai keputihan yang banyak, bergumpal-gumpal, dan disertai bau tidak sedap paling sering disebabkan oleh infeksi jamur.  Tidak jarang, keputihan seperti ini akan disertai dengan rasa gatal yang sangat mengganggu. Dan, jika gatal ini digaruk secara berlebihan, maka bisa menimbulkan rasa perih dan luka pada kulit kelamin.

    Selain karena jamur, keputihan abnormal sebagaimana yang Anda alami mungkin juga disebabkan oleh:
    -Infeksi bakteri, virus, atau protozoaIritasi, misalnya karena pelumas seksual, sabun pewangi vagina, kondom, pembalut, tisu pembersih, atau bahan pakaian tertentu
    -Kemasukan benda asing, misalnya debu, manik-manik
    -Tumor pada organ reproduksi, termasuk kanker serviks (tumor ganas leher rahim)
    -Fistula anovaginalis (terowongan yang menghubungkan antara anus dengan vagina)
    -Efek samping terapi radiasi, dan sebagainya

    Mengingat sulit bagi kami untuk memastikan penyebab kondisi tersebut bila hanya melihat dari keterangan Anda, tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung sebaiknya Anda konsulkan ke dokter spesialis untuk melihat kondisi anda dan dokter akan melakukan pemeriksaan yang diperlukan.

    Sekian dan terimakasih.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan A-Z ?
Ask Doctor
 p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma  p>For most of you who do not know what it is multiple myeloma, it is one type of cancer that… Anticipating Multiple Myeloma