Profile
Hepatitis

Terinfeksi hepatitis

Terinfeksi hepatitis
Pontianak, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia

Sore dok, sya mau brtnya suatu hak, saudara saya terinfeksi hepatitis A. Apakah itu bisa sembuh dok? Yang pernah saya dengar hepatitis itu berbahaya y dok?

Answers

3 answers

  • dr. Mulya Suwanda dr. Mulya Suwanda Dokter Umum

    Selamat sore.
    Hepatitis A merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis tipe A dan menyerang sel-sel hati manusia. Setiap tahunnya di Asia Tenggara, kasus hepatitis A menyerang sekitar 400.000 orang per tahunnya dengan angka kematian hingga 800 jiwa. Sebagian besar penderita hepatitis A adalah anak-anak.
    Tetapi tidak semua pengidap mengalami gejala hepatitis A. Karena itu, penyakit ini kadang sulit untuk disadari.

    Gejala awal yang dapat muncul pada penyakit hepatitis A adalah pusing, mual-mual, muntah, sakit tenggorokan, diare, kehilangan nafsu makan, kelelahan dan nyeri pada otot serta sendi. Ketika organ hati Anda mulai terserang, ada beberapa gejala yang akan muncul, yaitu urin berwarna gelap, tinja berwarna kuning pucat, sakit kuning serta pembengkakan hati yang terasa sakit jika perut kanan atas ditekan.

    Berbeda dengan hepatitis B dan C, infeksi hepatitis A umumnya tidak menyebabkan penyakit hati jangka panjang (kronis) dan jarang yang berakibat fatal. Tapi beberapa kelompok seperti manula, orang dengan penyakit kronis seperti diabetes, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun seperti penderita HIV, dan orang yang telah menderita penyakit hati sebelum terinfeksi hepatitis A lebih rentan untuk mengalami komplikasi. Berikut adalah komplikasi yang bisa terjadi:

    Risiko Mengalami Gagal Hati
    Komplikasi ini terjadi ketika fungsi hati menurun drastis. Gagal hati dapat menyebabkan pengidapnya mengalami muntah-muntah parah, rentan pendarahan, mudah mengantuk, penurunan konsentrasi dan daya ingat, serta gangguan konsentrasi. Jika tidak segera diobati, gagal hati bisa menyebabkan kematian.

    Terimakasih , semoga bermanfaat bagi amda.

  • Apakah hepeti5is a ini ada pncegahannya dok. Trmksh

  • dr. Mulya Suwanda dr. Mulya Suwanda Dokter Umum

    Selamat sore.
    Pencegahan hepatitis A yang utama adalah dengan menjaga kebersihan. Hal ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah mudah seperti:

    Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, contohnya sebelum makan, sebelum mengolah makanan, dan setelah ke toilet.
    Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti sikat gigi atau handuk.
    Jangan saling meminjamkan peralatan makan.
    Selalu memasak makanan sampai matang dan merebus air sampai mendidih.
    Hindari jajan di pedagang kaki lima yang kebersihannya kurang terjaga.
    Hindari konsumsi makanan mentah yang berasal dari perairan yang terkontaminasi, misalnya tiram.

    Terimakasih, semoga bermanfaat

Anda punya pertanyaan seputar Hepatitis ?
Ask Doctor
Protein adalah pilihan terbaik untuk menurunkan berat badan karena bikin kenyang lebih lama 7 Protein Terbaik untuk Turunkan Berat Badan Kanker payudara merupakan penyakit yang mematikan, kurangi risikonya dengan pola hidup sederhana Cara Sederhana Mengurangi Risiko Kanker Payudara