Profile
Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)

Tes pendengaran

Tes pendengaran

Malam dok, saya baru melahirkan anak saya. saat ini berusia 14 hari dan telah melakukan tes pendengaran yang hasilnya REFER. Iti artinya apa ya dok?

Answers

1 answers

  • Selamat malam,

    Dengan menemukan secara dini gangguan pendengaran pada bayi, kesempatan untuk memperoleh perkembangan komunikasi dapat lebih optimal. Pemeriksaan dini (skrining) pendengaran bayi sudah harus dimulai pada usia 2 hari dan sebaiknya harus dilakukan selambat-lambatnya pada usia 1 bulan.

    Menurut ketentuan American Joint Committee on Infant Hearing, baku emas (gold standard) untuk skrining pendengaran bayi adalah pemeriksaan OAE (Oto Accoustis Emission). Pemeriksaan OAE dapat dilakukan di ruang biasa yang cukup tenang dan untuk pasien tidak perlu diberikan obat penenang. Prinsip pemeriksaan OAE adalah memberI stimulus bunyi tertentu melalui loudspeaker mini yang terletak di dalam sumbat telinga (probe) dengan bagian luarnya dilapisi karet lunak. Probe dipasang di liang telinga sehingga stimulus bunyi dapat masuk tanpa hambatan menggetarkan gendang telinga, selanjutnya melalui telinga tengah akan mencapai koklea.

    Pada saat stimulus bunyi mencapai sel-sel rambut koklea yang sehat, sebagai respon maka sel rambut dalam tersebut akan memancarkan emisi akustik yang selanjutnya dipantulkan keluar ke arah liang telinga. Emisi akustik yang tiba di liang telinga akan direkam oleh mikrofon mini yang juga berada di dalam probe dan selanjutnya akan diproses oleh mesin OAE melalui program komputer.

    Hasil pemeriksaan disajikan berdasarkan ketentuan Kriteria PASS – REFER, maksudnya PASS bila terdapat gelombang OAE dan REFER bila tidak ditemukan gelombang OAE. Apabila hasil tes REFER, masih perlu dilakukan re-evaluasi sampai pada usia 3 bulan dan kalau masih REFER perlu dilakukan tes lanjutan yang disebut Auditory Brainstem Response (ABR) guna kepastian ambang dengarnya.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

Anda punya pertanyaan seputar Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ?
Ask Doctor
Leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Saat ini belum diketahiui penyebabnya, namun kamu bisa tau gejalanya Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan Banyak orang hanya menandai telat haid sebagai sebuah tanda atau ciri ciri hamil, padahal bukan hanya itu. Berikut 8 tanda untuk memastikannya. 8 Ciri-Ciri Orang Hamil