Profile
Hamil

ukuran normal janin 10 minggu

ukuran normal janin 10 minggu

Pagi dok, saya sedang hamil 10 minggu, baru saja USG kata dokternya ukuran janin baru 2 cm, wajarkah ini dok? Soalnya dari artikel yg saya baca di alodokter ukuran normal janin 10 minggu itu 3-4 cm, jadi waswas nih dok, kuatir perkembangan janin saya tidak normal, terima kasih sebelumnya

Answers

6 answers

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat pagi,
    Pertumbuhan janin pada minggu ke 10 biasanya pada minggu ini janin berukuran kira – kira sekitar 3,1 cm dengan berat sekitar 4 gram.

    Pada janin anda masih 2 cm. Hal tersebut masih dalam batas normal juga. Namun bobot janin Anda akan bertambah dengan cepat seiring dengan pola hidup sehat yang anda lakukan.

    Kehamilan 10 minggu ini perubahan akan terjadi terus menerus pada tubuh anda hingga saat masa persalinan natinya. Olahraga dan asupan gizi merupakan faktor yang paling penting untuk mendukung perkembangan pertumbuhan janin dan kesehatan ibu serta janinnya. Anda juga tidak boleh absen dalam melakukan pemeriksaan rutin terkait tumbuh kembang janin dalam kandungan anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

  • Ooh berarti masih normal ya dok? Saya kontrol ke SpOG nya sebulan sekali dok, apa itu sudah cukup untuk saya dengan kondisi kehamilan seperti ini? Terima kasih banyak jawabannya dokter...

  • dr. Ulil Huda dr. Ulil Huda Dokter Umum

    Selamat siang,
    Boleh, untuk tiga bulan awal ini kontrol ke dokter spesialis kandungan sebulan sekali dan selanjutnya dapat juga kontrol ke Puskesmas tiap bulan.
    Tetaplah jaga pola hidup sehat Anda.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor.

  • Itu pun periksanya sesuai yg SpOg saya sarankan dok, awalnya setiap 2 minggu, & terakhir periksa 3 hari yg lalu dikasih jadwal periksa lagi 1 bln kemudian dok, dan selanjutnya nanti sebulan sekali saja. apa jadwal yang dikurangi menandakan bahwa kandungan saya tidak ada masalah dok? O iya, Selama hamil ini nafsu makan saya menurun drastis dok, Apa mungkin itu yg jadi penyebab janin saya kecil? Padahal saya ingin mulai menerapkan pola makan sehat tapi susah dok karena mual yg tak henti-hentinya

  • Selamat sore,

    Saya rasa memang belum ada masalah yang berarti mengingat dokter menganjurkan kontrol sebulan sekali, sebaiknya tetap ikuti saran dokter SpoG anda.

    Mual pada awal kehamilan adalah hal yang wajar dan otomatis akan mempengaruhi pola makan anda. Untuk mensiasatinya, ubah pola makan menjadi sedikit-sedikit tapi sering agar nutrisi janin ikut terpenuhi. Namun bila mual muntah berlebihan sampai menyebabkan dehidrasi pada anda segera kunjungi dokter terdekat untuk ditatalaksana seperti pemasangan infus atau hanya sekedar obat-obatan anti mual untuk ibu hamil. Usahakan cairan tetap terpenuhi.

    Sekian semoga membantu. Terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi Meetdocotor.

  • Terima kasih banyak dokter jawabannya, sangat membantu...

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Kepala terasa berputar menjadi pertanda vertigo, lakukan langkah ini untuk mengatasinya Kepala Terasa Berputar? Waspada Penyakit Serius Kejang demam biasa terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 5 tahun Cara Mencegah Kejang Demam Pada Anak