Profile
Kesehatan Pria

Varikokel?

Varikokel?
Medan City, North Sumatra, Republic Of Indonesia

Saya pria. 24 tahun. Apa penyebab varikokel ? Sering onani apa bisa membuat varikokel membesar atau menurun?

Answers

5 answers

  • Selamat pagi

    Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah balik (vena) testis sehingga menjadi menonjol dan berkelok-kelok. Kondisi ini serupa dengan varises pada pembuluh pada kaki dan juga wasir pada anus. Varikokel umumnya tidak bergejala apapun dan tidak sengaja ditemukan pada saat medical check up misal saat melamar kerja. Namun pada beberapa orang terutama pada varikokel yang cukup besar dapat menimbulkan gejala seperti:

    Sakit.
    Tidak nyaman.
    Teraba benjolan pada kantong zakar.

    Varikokel paling sering terjadi pada saat usia pubertas, yaitu antara usia 15-25 tahun dan seringkali terkena pada testis sisi kiri. Pembuluh vena testis memiliki katupnya yang dapat mencegah aliran balik ke belakang, kelemahan katup inilah yang menyebabkan terjadinya aliran balik darah sehingga terjadi pelebaran pembuluh vena. Pemicu pasti dari varikokel tidak diketahui, namun diduga kegemukan merupakan salah satu pemicu yang paling sering. Onani tidak ada hubungannya dengan varikokel.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor. Semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat.

  • Ia dok, testis disebelah kiri terkena punya saya.
    Jadi apakah diusia 26 tahun. Varikokel ini bisa hilang dengan bertambahnya usia?

  • Selamat pagi

    Sebagian besar kasus varikokel tidak menimbulkan keluhan. Jika terdapat keluhan maka hal ini tidak akan berkepanjangan. Oleh karena itu pengobatan biasanya tidak diperlukan. Namun jika varikokel menyebabkan ketidaknyamanan, rasa sakit, penyusutan testis, atau gangguan kesuburan, maka tindakan penanganan harus dilakukan. Tindakan penanganan ini bisa berupa mengonsumsi anti nyeri atau menjalani prosedur operasi. Saat ini untuk menghilangkan varikokel adalah dengan tindakan operasi.

    Semoga membantu

  • Saya mengalami varikokel yang tidak menimbulkan keluhan.
    Saya terkena varikokel. Apakah suatu saat setelah saya menikah istri saya dapat hamil?

  • dr. Adnan Yusuf dr. Adnan Yusuf Dokter Umum

    selamat siang,

    Pria dewasa yang memiliki varikokel disertai analisis semen (kualitas dan kuantitas sperma) yang abnormal dan berniat untuk memiliki anak, maka disarankan untuk melakukan terapi pada varikokelnya, yaitu operasi. Repair atau perbaikan dari varikokel telah dibuktikan berdasarkan penelitian dapat memperbaiki kualitas dan kuantitas sperma atau dalam kata lain dapat memperbaiki kesuburan.

    terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi meetdoctor, semoga jawaban yang diberikan dapat bermanfaat untuk anda.

Anda punya pertanyaan seputar Kesehatan Pria ?
Ask Doctor
Jerawat batu sejatinya seperti jerawat biasa yang dapat mengganggu penampilan, untuk menghilangkannya pun harus dengan cara benar. Jerawat Batu, Apakah Itu? osteoporosis rentan terjadi pada perempuan yang kekurangan kalsium Osteoporosis dan Kesehatan Tulang