Profile
Hamil

vitamin minyak ikan saat hamil

vitamin minyak ikan saat hamil

Selamat Siang, Saat ini saya sedang mengadung usia 17 minggu, apakah mengkonsumsi vitamin minyak ikan diperbolehkan? Lalu apa saja yang perlu dilakukan pemeriksaan memasuki trisemester kedua ini? Terima kasih

Answers

1 answers

  • Halo selamat siang

    Minyak ikan adalah salah satu makanan yang mengandung lemak. Lemak bisa dibagi menjadi beberapa macam yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Contoh lemak jenuh adalah lemak pada makanan yang berasal dari hewan, seperti daging merah, daging unggas, ikan, keju, susu, lemak kakao, minyak sawit dan minyak kelapa.

    Lemak tak jenuh misal kanola, minyak sayur, minyak kacang, alpukat, zaitun, minyak jagung, minyak kedelai, minyak wijen, dan minyak biji bunga matahari.

    Disarankan agar konsumsi minyak jenuh dikurangi, dan lebih disarankan untuk konsumsi lemak tak jenuh. Lemak jenuh bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kolesterol terutama kolesterol jahat (LDL) yang berisiko untuk menginduksi terjadinya gangguan jantung dan pembuluh darah di otak. Namun tidak semua minyak dari ikan mengandung lemak jenuh, ada beberapa jenis ikan yang disarankan dikonsumsi karena mengandung banyak omega 3 dan 6 misal ikan salmon. Dalam kondisi hamil, omega 3 dan 6 ini pun baik bagi kesehatan anda dan janin, jadi dapat dikonsumsi.

    Mengenai pemeriksaan yang dilakukan saat memasuki trimester kedua yakni:
    - pemeriksaan kehamilan rutin tiap bulan (Ante natal care)
    - pemeriksaan laboratorium (misal untuk mengetahui apa ada anemia, golongan darah, infeksi, dll)
    - pemberian imunisasi TT
    - dll
    Untuk mengetahuinya, sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter kandungan anda.

    Terimakasih

Anda punya pertanyaan seputar Hamil ?
Ask Doctor
Demensia adalah suatu kondisi yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak Ini Gejala Awal Demensia yang Sering Diabaikan pneumonia adalah istilah umum untuk infeksi paru-paru dengan gejala batuk dan demam. Gejala Pneumonia Pada Bayi yang Perlu Anda Waspadai