Profile
Penyakit Jantung

Vsd perimembranous

Vsd perimembranous

Dok anak saya berumur 2 bulan dan di diagnosa vsd perimembranous 3,6mm. Apakah vsd dengan diameter tersebut dapat menutup sendiri? Apakah berbahaya ?Dan bagaimana pengobatannya?

Answers

1 answers

  • Selamat malam

    Defek septum ventrikel atau ventricular septal defect (VSD) adalah kelainan jantung bawaan berupa lubang di dinding pemisah (septum) antara bilik kanan dan bilik kiri jantung. Pada kebanyakan kasus, defek septum ventrikel muncul di bagian bawah katup aorta. Katup ini berfungsi mengontrol aliran darah dari bilik kiri ke pembuluh darah arteri utama dalam tubuh, yaitu aorta.

    Operasi adalah pilihan penanganan yang utama, khususnya bila lubang defek berukuran besar dan menimbulkan gejala yang signifikan. Obat-obatan dapat diberikan untuk mengatasi gejala sebelum operasi dapat dilakukan, atau sampai kondisi pasien memungkinkan untuk menjalani operasi. Pada defek septum ventrikel yang berukuran kecil, seringkali lubang dapat menutup dengan sendirinya. Pada kasus seperti ini, obat-obatan juga dapat diberikan untuk mengatasi gejala yang mungkin timbul, sambil memantau perkembangan pasien.

    Beberapa prosedur operasi yang umumnya dilakukan adalah:

    Penutupan dengan kateter. Penutupan lubang pada septum dilakukan dengan proses kateterisasi jantung, tanpa melakukan pembedahan.
    Pembedahan jantung. Dilakukan dengan membuka rongga dada dan melakukan penjahitan lubang pada septum jantung. Selama pembedahan berlangsung, kerja jantung dan paru-paru sementara digantikan oleh mesin yang disebut heart-lung machine.
    Prosedur gabungan (hybrid procedure). Pada prosedur gabungan, sayatan yang dibuat hanya berukuran kecil untuk memasukkan kateter ke jantung, tanpa membuka rongga dada dan tanpa perlu menghentikan kerja jantung sementara. Penutupan lubang pada septum kemudian dilakukan melalui kateter. Dengan luka yang lebih minimal, masa pemulihan dengan prosedur ini tentu saja lebih cepat dibandingkan dengan prosedur pembedahan.

    Untuk lebih jelasnya mengenai kondisi anak Ibu, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah toraks yang menangani anak anda.

    Semoga membantu

Anda punya pertanyaan seputar Penyakit Jantung ?
Ask Doctor
Sperma atau air mani adalah sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis.Lalu bagaimana cara memperbanyak sperma yang benar menurut dokter. 6 Cara Memperbanyak Sperma Aturan Konsumsi Gula Saat Hamil Aturan Konsumsi Gula Saat Hamil