MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Minuman Saat Sahur Kunci Lancarkan Puasa Si Kecil https://meetdoctor.com/article/minuman-saat-sahur-kunci-lancarkan-puasa-si-kecil https://meetdoctor.com/article/minuman-saat-sahur-kunci-lancarkan-puasa-si-kecil Puasa di bulan Ramadhan adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim yang sudah akil baligh atau cukup usia. Namun ada baiknya bila orang tua mulai mengajarkan anaknya berpuasa sejak dini agar saat besar nanti ia sudah terbiasa untuk menjalankannya.

Memang tidak ada patokan usia berapa yang tepat untuk mengajarkan anak berpuasa, karena perkembangan setiap anak berbeda. Mengajarkan anak untuk berpuasa, sebaiknya dilakukan secara bertahap dan menyenangkan, sehingga anak tidak merasakan itu sebagai beban.

Bila anak sering rewel atau mengeluh lemas, lesu dan pusing saat puasa, tanpa kita sadari hal ini terjadi karena ia mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Apabila hal ini dibiarkan, tentu akan menghambat kemampuan belajarnya di sekolah.

70% dari berat badan anak-anak merupakan cairan yang tidak hanya terdiri dari air namun juga ION. Selain itu anak-anak juga lebih mudah kehilangan cairan tubuh sehingga tubuhnya lebih rentan dehidrasi atau kekurangan cairan.  Namun sayangnya banyak orang tua yang belum menyadari akan pentingnya asupan minuman saat sahur, kebanyakan hanya memperhatikan asupan makanannya saja.

Sahur adalah waktu dimana tubuh dapat menyimpan asupan nutrisi dan juga hidrasi yang dibutuhkan selama puasa, karena selama kurang lebih 12 jam, tidak ada makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Lalu apa saja hal yang perlu diperhatikan saat sahur?

Hindari minuman ini saat sahur

Bila anak senang minum teh dan soda, sebaiknya hindari minuman tersebut saat sahur karena minuman ini  bersifat diuretik. Diuretik adalah sebuah sifat dari zat makanan yang dapat memacu kinerja ginjal sehingga mempercepat pengeluaran cairan dan membuat jadi lebih sering buang air kecil. Urin yang dikeluarkan dengan berlebih akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan dan rentan dehidrasi. Ini yang membuat anak jadi cepat merasa haus dan lemas saat puasa.

Penuhi kebutuhan cairan tubuhnya

Berdasarkan peraturan Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan cairan anak berbeda-beda bergantung dengan usianya. Anak usia 4- 6 tahun membutuhkan cairan sebanyak  1500ml, sedangkan anak berusia 7-9 tahun membutuhkan cairan yang lebih banyak sekitar 1900 ml per hari. Tingkat aktivitas anak-anak lebih aktif dibandingkan orang dewasa, sehingga cairan tubuh yang hilang akan lebih banyak. Cairan tubuh yang hilang ini bukan hanya terdiri dari air namun juga ION.

Karena itu lengkapi menu sahurnya dengan minuman yang komposisinya mirip dengan cairan tubuh seperti Pocari Sweat. ION dalam Pocari Sweat juga dapat mengikat cairan bertahan lebih lama, sehingga dapat mencegah dehidrasi dan tidak mudah merasa haus.

Jadi pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairannya dengan minuman yang tepat saat sahur agar anak bisa berpuasa dengan lancar dan terhindar dari dehidrasi. 


]]>
Thu, 15 Jun 2017 09:29:29 +0700Kesehatan A-Z
Produktivitas Tetap Terjaga Saat Puasa https://meetdoctor.com/article/produktivitas-tetap-terjaga-saat-puasa https://meetdoctor.com/article/produktivitas-tetap-terjaga-saat-puasa Puasa bukan alasan untuk menjadi lemas dan tidak bersemangat. Umumnya faktor yang berpengaruh menurunkan efektivitas kerja seseorang adalah tidak adanya asupan makanan dan minuman sepanjang hari. Bila di hari lain Anda bisa ngemil, makan siang, dan ngopi, selama puasa, ritme ini berubah. Anda baru bisa makan setelah matahari tenggelam. Inilah yang kemudian membuat kita menjadi lemas tak bertenaga. Tak hanya itu, serangan kantuk dan sulit konsentrasi juga kerap menghinggapi Anda yang berpuasa di kantor.

Apa yang Anda alami, sebenarnya pertanda Anda mengalami dehidrasi.  Saat puasatubuh lebih banyak kehilangan cairan dibandingkan saat tidak berpuasa. Cairan bisa keluar melalui keringat, buang air kecil, BAB, dan kehilangan cairan yang tidak terasa misalnya saat bermain gadget, menonton televisi dan tidur. Karena sedang menjalankan puasa, Anda harus menunggu hingga waktu berbuka untuk menggantikan cairan yang hilang tersebut.

Agar tetap bertenaga dan produktif di kantor, lakukan langkah ini:

Jangan lewatkan sahur 

Jagalah keseimbangan asupan gizi selama puasa, terutama saat sahur. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur untuk mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat. Vitamin dan mineral berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Serat membantu menjaga kenyang lebih lama, dan membantu kontrol gula darah.  Konsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, oatmeal, jagung, dan sejenisnya juga diperlukan. Pasalnya, karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah menjadi gula darah sehingga dapat menjaga fluktuasi kadar gula darah yang akhirnya dapat membantu menjaga metabolisme energi tubuh. Hindari terlalu banyak minum teh dan kopi saat sahur, karena kafein memiliki efek diuretik, sehingga bisa mengakibatkan dehidrasi. Anda bisa menggati kopi dan teh dengan minuman kesehatan yang mengandung ION karena bisa menahan cairan lebih lama di dalam tubuh, sehingga Anda tidak mudah dehidrasi.

Bekerja lebih pagi

Cobalah menyiasatinya dengan memulai bekerja lebih pagi, ketika energi dalam tubuh belum berkurang dan masih bersemangat. Lebih awal memulai bekerja, akan lebih cepat menyelesaikannya. Siapa tahu sebagian besar pekerjaan sudah bisa diselesaikan menjelang siang hari. Sehingga, ketika rasa kantuk datang, pekerjaan tak terganggu dan Anda bisa mengistirahatkan otak dengan tidur siang selama beberapa mnit.

Jangan melakukan aktivitas berat

Selama berpuasa, hemat energi Anda dengan tidak melakukan aktivitas berat yang membutuhkan banyak tenaga. Kurangi juga aktivitas di luar ruangan karena tubuh Anda bisa kelelahan, dehidrasi, sehingga produktivitas Anda jadi terganggu.

Istirahat

Manfaatkan waktu makan siang untuk mengistirahatkan pikiran dan mata dari layar komputer. Pikiran yang lelah dan jenuh tentu akan membuat Anda semakin sulit menyelesaikan pekerjaan. Bila memungkinkan, Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang secukupnya untuk memulihkan energi Anda.

 

Ditulis Oleh: dr. Monique Carolina Widjaja M.Gizi, SpGK


]]>
Thu, 15 Jun 2017 10:49:47 +0700Kesehatan A-Z
Tetap Fit Saat Puasa dengan Olahraga https://meetdoctor.com/article/tetap-fit-saat-puasa-dengan-olahraga https://meetdoctor.com/article/tetap-fit-saat-puasa-dengan-olahraga Puasa tinggal hitungan hari lagi. Masih semangat berpuasa atau semangat sudah mengendur karena kondisi tubuh tidak fit? Ayo, masih ada kesempatan untuk memperbaiki dengan pola hidup yang sehat. 

Selama berpuasa, terjadi perubahan kebiasaan yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan dan peforma seperti perubahan kebiasaan waktu makan, jam istirahat, porsi makan yang tidak teratur, kurang olahraga sampai dengan pemilihan sumber makanan yang kurang tepat. 

“Biasakan untuk berolahraga 3-5 kali seminggu,  dengan durasi 20- 30 menit pada sore hari atau malam hari untuk menjaga atau meningkatkan kebugaran tubuh,” kata Dr. Rachmad Wishnu Hidayat, Sp.KO, dokter spesialis kedokteran, pada acara temu media dengan Greenfields, Rabu (14/6) lalu. 

Menurut Dr. Rachmad, syarat olahraga di bulan puasa adalah tidak melelahkan atau menguras energi, keringat yang keluar minimal dan kenali kondisi diri sendiri. Lebih lanjut Dr. Rachmad mengatakan pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan di antaranya gerakan peregangan yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun, latihan aerobik (jalan cepat di tempat yang datar, sepeda dan senam aerobik tanpa gerakan melompat). Serta latihan kekuatan otot. 

Selain olahraga, konsumsi juga susu untuk menjaga kebugaran. Anda diharuskan minum 8 gelas sehari dengan 1-2 gelas di antaranya berasal dari susu. Susu menyumbang asupan cairan tubuh, kalsium dan sejumlah vitamin yang diperlukan tubuh, serta memperkuat daya tahan tubuh slama berpuasa. “Saat berbuka puasa, susu dapat membantu mengembalikan energi tubuh dan jika diminum di malam hari akan membantu tidur lebih cepat,” jelas Dr. Rachmad. 

Kualitas susu juga sebaiknya menjadi pertimbangan. Country Head Sales & Marketing PT. AustAsia Food, Syahbanta Sembiring, mengatakan susu segar Greenfields adalah susu dengan kualitas dan kesegaran yang terjamin dengan 100 nutrisi dan kandungan alami tanpa fortifikasi maupun pengawet, dapat membantu memenuhi asupan gizi sehingga badan tetap fit selama Anda berpuasa. 

 


]]>
Fri, 16 Jun 2017 10:51:17 +0700Kesehatan A-Z
Jakarta Great Online Sale 2017 Tawarkan Diskon Hingga 95% https://meetdoctor.com/article/jakarta-great-online-sale-2017-tawarkan-diskon-hingga-95 https://meetdoctor.com/article/jakarta-great-online-sale-2017-tawarkan-diskon-hingga-95 Penikmat belanja, jangan sampai melewatkan momen satu ini. Jakarta Great Online Sale (JGOS) 2017, berlangsung dari tanggal 15-22 Juni 2017. Diikuti oleh 150 e-commerce dan marketplace,  JGOS menawarkan diskon hingga 95%. 

Gelaran JGOS hadir untuk memeriahkan HUT DKI Jakarta ke-490. Diadakan pertama kali pada tahun 2013, dengan inisiasi dari Berrybenka dan Orami, JGOS diselenggarakan untuk memajukan industri digital yang merupakan salah satu pendorong perubahan ekonomi Indonesia. 

“Melalui JGOS, diharapkan terbangun kepercayaan masyarakat terhadap belanja online. Kami juga ingin mempromosikan UKM-UMKN agar produknya dapat dipasarkan melalui situs online sehingga dapat lebih dikeal oleh masyarakat luas,” ujar Jason Lamuda, CEO PT. Berrybenka dalam acara pembukaan dan peresmian JGOS 2017 di Balai Agung, Gedung Balai Kota DKI Jakarta. 

Acara ini juga turut dihadiri dan didukung oleh Kementerian Perdagangan RI, SMESCO dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dalam sambutannya, Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi mengatakan para pelaku usaha harus dapat memanfaakan peluang ini dengan baik dan mengambil langkah strategis agar dapat menghadapi persaingan dengan negara ASEAN. 
Bertepatan dengan Ultah Jakarta 2017, JGOS menawarkan promo spesial bertemakan 22 dan 490. Promo pada tanggal 22 Juni 2017 ini adalah promo puncak yang sayang kalau dilewatkan. 

Untuk detail promo, klik www.jakartagreatonlinesale.com atau ikuti tagar #JGOS2017 #JGOS #jakartagreatonlinesale #promohutjakarta di media sosial. 

 


]]>
Fri, 16 Jun 2017 09:10:58 +0700Kesehatan A-Z
Ini Alasan Tubuh Harus Terhidrasi Saat Mudik https://meetdoctor.com/article/ini-alasan-tubuh-harus-terhidrasi-saat-mudik https://meetdoctor.com/article/ini-alasan-tubuh-harus-terhidrasi-saat-mudik Lebaran sebentar lagi. Bagaimana persiapan mudik Anda? Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang tinggal di perantauan. Bisa dibilang, lebaran tidak lengkap tanpa mudik ke kampung halaman. Mudik biasanya dilakukan satu minggu sebelum lebaran. Dibandingkan dengan transportasi umum, orang Indonesia lebih suka mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Selain lebih hemat, mudik dengan transportasi pribadi juga lebih fleksibel dalam soal waktu keberangkatan. Kendaraan pribadi juga bisa dimanfaatkan sebagai transportasi di  kampung halaman.

Namun, mudik dengan kendaraan pribadi tak sepenuhnya aman. Kecelakaan yang terjadi saat mudik masih cukup tinggi. Menurut data dari Global Road Safety Partnership (GRPS) Indonesia, tahun 2016, angka kecelakaan mencapai 2.719 kasus.

Penyebab umum kecelakaan yang terjadi saat mudik adalah kondisi pengendara yang tidak konsentrasi, kelelahan, dan mengantuk. Satu hal yang seringkali tidak disadari para pengendara adalah turunnya konsentrasi, bisa meningkatkan risiko kecelakaan hingga 5x lipat!

Faktor yang menyebabkan penurunan konsentrasi dan kewaspadaan adalah dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Pasalnya, saat menyetir, orang seringkali lupa untuk minum. Ada juga yang takut minum karena jadi sering buang air kecil sehingga dapat menghambat perjalanan.  

Padahal, walaupun hanya menyetir mobil, cairan tubuh Anda akan terus hilang. Cairan tubuh ini bukan hanya terdiri dari air, namun juga ION. Untuk mencegah dehidrasi selama di perjalanan, hindari minuman yang bersoda, teh dan kopi karena bersifat diuretik. Anda akan jadi lebih sering buang air kecil sehingga rentan mengalami dehidrasi.

Maka itu, pastikan Anda minum minuman yang mengandung ION seperti POCARI SWEAT. ION dalam POCARI SWEAT bantu cairan diserap lebih cepat oleh tubuh, sehingga cepat kembalikan cairan tubuh yang hilang, Anda tidak mudah dehidrasi dan konsentrasi terjaga. ION juga membantu cairan bertahan lebih lama di dalam tubuh sehingga Anda tidak sering buang air kecil selama perjalanan. Sediakan selalu POCARI SWEAT, untuk perjalanan mudik yang nyaman dan menyenangkan. Selamat mudik



]]>
Thu, 22 Jun 2017 13:04:55 +0700Kesehatan A-Z
Langkah-Langkah Penanganan Infertilitas https://meetdoctor.com/article/langkah-langkah-penanganan-infertilitas https://meetdoctor.com/article/langkah-langkah-penanganan-infertilitas Infertilitas adalah kegagalan sepasang suami istri untuk mendapatkan kehamilan setelah melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa kontrasepsi selama 1-2 tahun (WHO). Dikatakan infertilitas primer, bila pasangan tersebut belum pernah mengalami kehamilan sama sekali.

Infertilitas merupakan permasalahan yang sangat kompleks di bidang kesehatan reproduksi. Angka kejadian infertilitas di dunia setiap tahun adalah 1 dari 7 pasangan. Di Indonesia sendiri tahun 2009 terdapat 50 juta pasangan infertil. Menurut penelitian, sekitar 40-50% infertilitas disebabkan oleh faktor istri, 25-40% dari faktor suami, 10% keduanya dan 10% tidak diketahui sebabnya.

Penanganan infertilitas yang tepat harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Gangguan ovulasi (pelepasan telur), endometriosis (tumbuhnya lapisan dalam rahim di luar rahim) dan oklusi tuba fallopii (penyumbatan saluran telur) merupakan penyebab utama faktor perempuan. Sedangkan faktor pria antara lain berkurangnya jumlah produksi sperma, sumbatan pada sistem pengeluaran sperma, terbentuknya antibodi terhadap sperma, kerusakan pada testis (buah zakar), dan gangguan hormonal.

Langkah Pemeriksaan Pasangan Infertil
Pemeriksaan yang diperlukan pada pasangan dengan infertilitas antara lain:

1. Anamnesis

Pengumpulan data dengan anamnesis untuk mengetahui sebab infertilitas. Usia saat pertama kali haid, apakah haid teratur, berapa lama terjadi haid, apakah ada rasa nyeri, keputihan yang tidak wajar, perdarahan setelah senggama, riwayat operasi, kontrasepsi, keguguran, infeksi pada organ reproduksi. Serta umur istri, lama perkawinan, dan keharmonisan hubungan keluarga. 

Gangguan pada siklus haid menunjukkan adanya gangguan hormon dan tidak terjadinya ovulasi. Umur istri merupakan faktor penting terkait seiring bertambahnya umur perempuan maka akan terjadi penurunan jumlah dan kualitas dari sel telur. Wanita dengan usia 35 tahun  ke atas akan lebih sulit hamil. Risiko melahirkan bayi dengan sindrom Down juga meningkat dibandingkan dengan wanita yang lebih muda. 

Berdasarkan penelitian Collins dkk kemungkinan kehamilan pada pasangan infertilitas < 3 tahun 1,49 kali  lebih besar. Sedangkan pasangan dengan keluhan infertilitas sekunder (pernah melahirkan sebelumnya) memiliki kemungkitan 1,38 kali lebih besar dibanding dengan pasangan dengan infertilitas primer. 
Konsumsi kafein yang berlebihan, merokok dan alkohol diperkirakan berhubungan dengan kejadian infertilitas. Paparan zat- zat beracun di lingkungan sekitar seperti cadmium dan mercury dilaporkan dapat menurunkan fertilitas pada wanita. Sedangkan paparan pestisida etilen glycol ether, insektisida, dan bahan kimia lainnya mempengaruhi fertilitas pada laki-laki.

2. Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan pada pasangan dengan infertilitas meliputi tinggi badan, berat badan, pemeriksaan jantung, paru, perut dan organ reproduksi. Pada istri, kelainan kandungan/indung telur harus disingkirkan melalui pemeriksaan dalam dan USG. Pada suami harus dilakukan pemeriksaan saluran pengeluaran sperma dan buah zakar untuk menyingkirkan kemungkinan varikokel (pembengkakan pembuluh vena di kantung zakar) terutama bila analisis sperma tidak normal.

3. Pemeriksaan Laboratorium

Pemeriksaan Pada Istri
Pada istri akan dilakukan pemeriksaan antara lain:

a. Deteksi ovulasi(pelepasan telur)
Pada perempuan dengan siklus haid normal 95% mengalami pelepasan telur, hal tersebut dapat dikonfirmasi dengan pemeriksaan kadar hormon progesteron. Dapat juga dilakukan pemeriksaan lendir serviks, LH urin dan suhu basal namun kemampuan deteksinya rendah. Pada perempuan dengan keluhan haid yang tidak teratur perlu dilakukan pemeriksaan hormon prolaktin.

b. Pemeriksaan Tuba Fallopii (saluran telur)
Pemeriksaan pada saluran telur yang menghubungkan indung telur dengan rahim. Dilakukan pemeriksaan dengan histerosalpingografi (HSG) merupakan pemeriksaan radiografi untuk melihat ukuran, bentuk rahim dan ada tidaknya sumbatan pada saluran telur memiliki tingkat keakuratan yang tinggi (sensitifitas 83% dan spesifitas 65%).

c. Pemeriksaan uterus/rahim
Pada wanita dengan perdarahan abnormal, rongga rahim abnormal pada HSG atau riwayat keguguran berulang maka perlu dilakukan evaluasi pada rahim.
Mioma uteri merupakan kelainan rahim yang paling sering pada wanita di atas 35 tahun sekitar 15-20%. Pada kebanyakan kasus mioma ini tidak bergejala. Mioma dapat berlokasi di subserosa(di bagian luar dinding rahim ke rongga panggul), intramural(di antara otot rahim) dan submukosa(di lapisan otot bagian dalam dari dinding rahim). Mioma pada submukosa yang dapat mempengaruhi kesuburan.

Bila dicurigai adanya abnormalitas pada rongga rahim maka akan dilakukan histeroskopi atau sonohisterogram (SHG). Histeroskopi merupakan tindakan medis dengan cara memasukkan suatu tabung yang terdapat kamera di ujungnya ke dalam rongga rahim, bagian dalam rahim divisualisasikan melalui monitor. Histeroskopi dapat digunakan untuk melihat rongga dalam rahim, saluran telur, rongga vagina dan seviks(leher rahim)

Pemeriksaan Pada Suami
Sedangkan pada suami akan dilakukan beberapa pemeriksaan antara lain:

a. Analisa semen
Parameter normal analisa semen menurut WHO: volume 2-5 cc, jumlah sperma > 15 juta/cc, motilitas > 32% gerak aktif dan maju, bentuk >5% bentuk normal. Bila analisa semen abnormal maka akan dilakukan pengambilan sampel ulang 3-4 minggu kemudian. Karena stress seperti demam dapat menyebabkan semen abnormal. Dalam kondisi ini perlu waktu 2-3 bulan untuk berkembang menjadi sperma yang matur. 

b. Pemeriksaan urologi
Bila didapatkan kelainan pada analisis semen, suami akan dilakukan pemeriksaan oleh dokter ahli urologi. Kelainan yang sering ditemukan adalah varikokel. Varikokel adalah pelebaran pembulih darah vena pada skrotum(kantung testis) yang akan meningkatkan suhu testis, sehingga dapat mempengaruhi produksi sperma.Varikokel menyebabkan infertilitas pada ±25% pria. 

Penanganan Infertilitas
Pengobatan optimal infertilitas adalah pengobatan dengan angka keberhasilan tinggi dengan resiko minimal.

1. Induksi ovulasi
Induksi ovulasi dilakukan pada wanita dengan gangguan perkembangan dan pelepasan telur. Pemberian obat klomifen sitrat merupakan lini pertama pengobatan gangguan pelepasan telur.Obat gonadotropin diberikan jika klomifen sitrat gagal mengoreksi kegagalan ovarium. Penggunaan klomifen sitrat dan gonadotropin memerlukan monitoring dengan pemeriksaan USG untuk mengukur ukuran dan jumlah folikel. Pemberian obat- obatan ini juga berisiko terjadinya kehamilan multipel (kembar dan triplet).

2. Inseminasi Intra-uterin (IIU)
IIU dipertimbangkan untuk infertilitas karena faktor serviks, masalah pada pria ringan dan infertilitas yang tidak dapat dijelaskan. IIU cara kerjanya dengan mengambil sperma suami saat istri berovulasi. Sperma yang terkumpul akan dilakukanpencucian (washing) dengan teknik tertentu, sehingga akan meningkatkan kualitasnya. Sperma yang terbaik dimasukkan ke rahim istri melalui kateter khusus melalui serviks(leher rahim) ke dalam rahim.

3. Program Bayi Tabung (Fertilisasi in vitro)
Tindakan fertilisasi in vitro terutama dilakukan atas indikasi:
1.    Faktor sperma yang berat dan tidak dapat dikoreksi
2.    Oklusi tuba bilateral
3.    Endometriosis derajat sedang-¬‐berat
4.    Infertilitas idiopatik yang telah menjalani IIU 4-¬‐6 x dan belum berhasil hamil 
5.    Gangguan ovulasi yang tidak berhasil dengan induksi ovulasi lini pertama dan lini kedua

Pemilihan teknik fertilisasi in vitro disesuaikan berdasarkan penyebab yang melatar belakangi infertilitas.Intra-cytoplasmic sperm injection (ICSI) merupakan teknik penyuntikan 1 sperma langsung ke dalam sel telur sehingga terjadi pembuahan. Teknik ini dilakukan pada sperma yang sangat sedikit atau sangat jelek kualitasnya.Keberhasilan FIV sekitar 22-40%, keberhasilan sangat tergantung dengan usia istri. Semakin usia bertambah, keberhasilan akan semakin menurun karena jumlah dan kualitas telur yang menurun. 

Menurut data asosiasi fertilisasi in vitro Indonesia (Perfitri) 2010 menunjukkan terdapat 2000 kasus FIV. Dari data 510 pasien yang  menjalani FIV, sebanyak  405 pasien di klinik Yasmin dan 105 pasien di klinik Kedoya antara Oktober 2014 sampai September 2015 didapatkan kemungkinan hamil di klinik Yasmin sebesar 64,8% dan di klinik Kedoya sebesar 45,7%.

Berdasarkan data, persentase program bayi tabung yang menghasilkan kelahiran hidup adalah sekitar:
•    41 persen pada wanita berusia dibawah 35 tahun.
•    31 persen untuk wanita berusia antara 35-37 tahun.
•    22 persen untuk wanita berusia antara 38-40 tahun.
•    12 persen untuk wanita berusia antara 41-42.

TINGKAT PELAYANAN INFERTILITAS
Tenaga pemberi pelayanan:
1. Tingkat 1: dokter umum
2. Tingkat 2:
a. Spesialis obstetri dan ginekologi
b. Spesialis andrologi
c. Spesialis urologi
3. Tingkat 3: subspesialis endokrinologi reproduksi dan infertilitas

 

Dr. Gita Pratama, SpOG(K), MRepSc
Klinik Yasmin, RSCM Kencana
Jakarta

• Dr. Gita Pratama, SpOG(K), MrepSc adalah narasumber dokter rekanan Makmal Diagnostik. 


]]>
Wed, 21 Jun 2017 16:17:47 +0700Hamil