MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2018 10 Penyebab Sakit Kepala https://meetdoctor.com/article/10-penyebab-sakit-kepala https://meetdoctor.com/article/10-penyebab-sakit-kepala Penyebab Sakit Kepala ternyata bukan hanya tekanan darah yang tinggi, stress atau gangguan pada otak yang dapat memicu sakit kepala, tapi hal sederhana seperti parfum atau makananpun dapat menyebabkan sakit kepala yang menggangu.

10 hal sederhana yang dapat menyebabkan sakit kepala adalah :

1. Udara panas.

2. Aroma yang menyengat.
Seperti aroma cat, minyak wangi dan beberapa jenis bunga.

3. Ikatan rambut, kepangan atau penggunaan headband yang terlalu kencang.
Karena menyebabkan penghubung jaringan dikulit kepala menegang.

4. Aktivitas seks dan latihan fisik yang berlebihan, terutama bagi penderita migrain.

5. Gerakan atau postur tubuh yang salah.
Misalnya menjepit telepon diantara telinga dan pundak, duduk dengan kursi tanpa penyangga punggung, jarak pandang yang terlalu dekat atau terlalu jauh (misalnya pada monitor atau tv) .

6. Zat tiramin
Atau zat yang terkandung didalam makanan yang proses pembuatannya memakan waktu lama, misalnya keju (termasuk blue cheese, keju cheddar, keju parmesan dan keju Swiss). Semakin lama proses pembuatan makanan tersebut, semakin banyak kandungan tiramin didalamnya. Tiramin juga banyak terdapat pada minuman beralkohol, dan kandungan alkohol tersebut juga dapat meningkatkan tekanan darah ke otak sehingga membuat Anda semakin pusing.

7. Melewatkan makan.
Hal ini menyebabkan kadar gula dalam darah menurun. Saat perut kosong, hindari mengkonsumsi makanan manis, terutama permen, karena akan memperparah kadar gula darah. Belum lagi pada penderita gastritis, terlambat makan dapat memicu naiknya asam lambung dan dapat memberikan efek sakit kepala.

8. Dehidrasi. Kurangnya cairan juga dapat berdampak pada keseimbangan sel dalam tubuh kita, yang dapat memberikan manifestasi berupa sakit kepala.

9. Asap rokok.
Nikotin yang terkandung didalamnya menyebabkan pembuluh darah pada otak menyempit. Terutama bagi penderita migrain, asap rokok akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat, bahkan akan berpengaruh juga pada mata dan hidung.

10. Konsumsi kafein berlebih.

Usahakan untuk menghindari 10 Penyebab Sakit Kepala di atas dalam kehidupan Anda sehari-hari. Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit kepala itu timbul lagi, adalah :

- Kelola stress dengan baik, misalnya dengan melakukan meditasi atau pemijatan.

- Olahraga. Berjalan kaki adalah pilihan yang pas, karena dengan berjalan kaki, gerakan tangan yang mengayun akan membuat otot leher dan pundak menjadi lebih rileks.

- Makan dengan teratur akan menjaga kadar gula dalam darah tetap normal.

- Terapi fisik.

 

Review oleh: dr. Adhiatma Gunawan


]]>
Wed, 11 Apr 2018 11:54:49 +0700Otak dan Sistem Saraf
10 Pengobatan Flu ala Rumahan https://meetdoctor.com/article/10-pengobatan-flu-ala-rumahanMore https://meetdoctor.com/article/10-pengobatan-flu-ala-rumahanMore Sadarkah Anda jika gejala flu dapat berasal dari demam, batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, nyeri, dan menggigil? Segalanya memang dapat diatasi dengan obat antivirus, namun bagaimanapun juga pengobatan sederhana buatan sendiri akan terasa lebih nikmat. Tak hanya itu pengobatan ‘pribadi’ ini pun telah terbukti dapat menghilangkan gejala flu yang Anda alami.    

 Menurut para ahli, berikut adalah 10 pengobatan flu yang dapat Anda praktekkan di rumah :

- Minum
Influenza dapat membuat Anda terserang dehidrasi, terutama jika Anda menderita demam disertai mual dan diare. Hal tersebut memastikan bahwa Anda membutuhkan asupan cairan yang lebih. Air putih, jus buah, soda dan makanan berelektrolit sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi. Hindari minuman berkafein, karena kafein adalah diuretik, sedangkan teh herbal dan madu baik untuk penyembuhan sakit tenggorokan. Jangan pernah menyentuh alkohol sebagai jalan terakhir, karena alkohol akan membuat Anda mengantuk, dan flu tetap saja menetap.
 

- Nikmatilah sup ayam
Sejak dulu kala, dari generasi ke generasi, sup ayam telah dipercaya untuk menyembuhkan flu. Suatu penelitian yang dituangkan dalam jurnal Chest (2000) menjabarkan bahwa sup ayam dapat membantu meredakan gejala infeksi saluran pernapasan atas.
 

- Dengarkan tubuh Anda ‘bicara’
Jangan abaikan isyarat yang berasal dari tubuh Anda. Jangan mendesak tubuh untuk melakukan aktifitas yang sebenarnya tidak diinginkannya. Misalnya berolahraga disaat Anda memang perlu untuk menghabiskan waktu sepanjang hari di tempat tidur, dan sebaliknya. Isitrahat adalah cara terampuh untuk melawan infeksi. Perhatikan siklus tidur malam Anda, dan jangan memotongnya hingga membuat tubuh Anda tersiksa.

Selain hal-hal sederhana di atas, tahukah Anda bahwa minuman sederhana seperti Lemon dan Madu hangat dapat membantu pengobatan flu di rumah?

1. Melembabkan

Menghirup udara lembab membantu meringankan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Salah satu strategi yang efektif adalah dengan menikmati mandi uap beberapa kali sehari, atau sekedar menyalakan shower dan duduk di kamar mandi selama beberapa menit hanya untuk menghirup uap.

2. Mendirikan tenda

Butuh cara cepat untuk membuka saluran udara tersumbat? Bawalah panci air mendidih, gantungkan handuk di atas kepala Anda, tutup mata Anda, sambil duduk di bawah tenda. Kemudian bernapaslah dalam-dalam melalui hidung Anda selama 30 detik. Menambahkan satu atau dua tetes minyak peppermint atau eucalyptus ke air untuk ekstra dahak juga dapat Anda coba. Ulangi sesering yang diperlukan untuk mengurangi penyumbatan.

3. Cobalah kompres hangat

Letakkan kain hangat pada dahi dan hidung, karena kain hangat merupakan alat yang ampuh untuk meredakan sakit kepala atau sinus.

4. Lemon dan Madu

Kombinasi Lemon hangat dan Madu merupakan salah satu pengobatan ala rumahan yang mujarab. Kandungan vitamin dari lemon dan madu serta kehangatannya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita, sekaligus memberi kelegaan pada daerah tenggorokan dan sinus kita.

5. Mengisap Permen

Obat batuk tetes, permen tenggorokan, dan permen mint dapat sangat efektif mengurangi batuk atau sakit tenggorokan. 

6. Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam membantu menyingkirkan lendir tebal yang dapat mengumpulkan di bagian belakang tenggorokan, terutama setelah Anda berbaring. Hal ini juga dapat membantu meringankan telinga tersumbat yakni membuka tabung eustachius. 

7. Cobalah pengairan hidung

Untuk mengurangi penyumbatan dan suara sengau, serta mengurangi risiko berkembangnya infeksi sinus, beberapa dokter menyarankan untuk melakukan pengairan hidung. Anda dapat menuangkan air garam ke dalam satu lubang hidung dan biarkan membersihkan hidung Anda. Anda dapat membuat larutan garam dengan menyampurkan garam dan air hangat.

8. Pergunakan jasa ‘pengasuh’

Pengasuh atau seorang teman memang tidak dapat menurunkan suhu tubuh Anda dan mengobati sakit tenggorokan Anda, namun kehadiran mereka dapat menghibur dan membantu Anda di saat-saat tertentu. Terima tawaran jika ada orang-orang yang menawarkan untuk merawat Anda.

 

Direview oleh: dr. Adhiatma Gunawan (@adhiatma)


]]>
Wed, 18 Apr 2018 11:30:26 +0700Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT)
6 Cara Memperbanyak Sperma https://meetdoctor.com/article/6-cara-memperbanyak-sperma https://meetdoctor.com/article/6-cara-memperbanyak-sperma Sperma adalah sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis. Nama lain sperma adalah spermatozoa atau air mani. Sperma mulai diproduksi saat pubertas hingga pria meninggal. Sperma adalah hal penting bagi pria supaya bisa menghasilkan keturunan. 

Sperma yang sehat tergantung pada berbagai faktor seperti: 

1. Kuantitas: Sperma yang sehat memiliki 15 juta sperma per milimeter.

2. Kualitas: Sperma yang normal memiliki kepala oval dan ekor yang panjang dan bekerja sama untuk mendorong satu sama lain untuk maju atau bergerak cepat. 

3. Gerakan: Sperma yang bagus harus bisa bergerak cepat, menggeliat, dan berenang menembus sel telur melalui leher rahim. Bila jumlah sperma yang bergerak cepat lebih dari 40 persen, maka Anda termasuk subur

Nah, semakin banyak sperma yang sehat, maka kemungkinan terjadinya kehamilan akan semakin besar. Bagaimana bila ternyata jumlah sperma Anda sedikit? Selain memperbanyak jumlah sperma dengan makanan tertentu, Anda juga bisa mencoba cara memperbanyak sperma ini: Klik di sini untuk mendapatkan konsultasi dengan dokter.

Suplemen alami

Mengonsumsi suplemen alami yang mengandung asam folat, L-karnitin, atau L-arginine adalah salah satu cara memperbanyak sperma.


L-karnitin bisa didapatkan dari daging merah dan susu yang juga mengandung asam amino alami sehingga dapat memperbanyak sperma dan membuat gerakan sperma lebih gesit. Asam folat alami bisa didapat dari biji-bijian yang dikombinasikan dengan zinc.

Sedangkan L-arginin ada dalam kacang-kacangan, biji wijen, telur, dan daging. Konsumsi antioksidan, vitamin E, serta selenium juga meningkatkan kecepatan laju dan konsentrasi sperma. 

Latihan Kegel

Melakukan olahraga otot di area intim seperti Kegel akan membuat pria lebih tahan lama saat berhubungan badan dan mendapatkan orgasme yang lebih memuaskan.

Ketahui letak otot pubococcygeus (PC) ini dengan menghentikan buang air kecil selama beberapa detik. Otot yang berkontraksi tersebut adalah otot PC. Nah setelah itu, biasakan melakukan latihan Kegel dengan mengontraksikan otot PC lalu rilekskan kembali. Lakukan secara rutin, ya! 

Berhenti minum alkohol dan merokok

Alkohol mempunyai efek yang dapat mengganggu fungsi liver dan meningkatkan estrogen sehingga bisa mengganggu produksi sperma. Selain itu, berhentilah merokok. Pasalnya, merokok juga memengaruhi jumlah sperma yang diproduksi. Pria yang merokok mempunyai jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan pria yang tidak merokok. 

Kurangi masturbasi

Cara memperbanyak sperma sebenarnya sederhana. Anda hanya perlu lebih sering berhubungan badan. Pasalnya, semakin sering Anda ejakulasi, maka sperma akan semakin kental dan banyak. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda lebih banyak masturbasi.

Pola makan sehat

Memulai hidup sehat adalah cara memperbanyak sperma yang bisa dibilang gampang tapi sulit. Percaya atau tidak, mengatur pola makan yang sehat akan memperbanyak sperma sekaligus memperbaiki kualitasnya. 

Jika Anda mengalami masalah kelebihan berat badan, segera turunkan dengan pola makan sehat dan berolahraga. Pasalnya obesitas berhubungan dengan penurunan kuantitas dan kualitas sperma pria.

Pakaian dalam

Memakai pakaian dalam saat tidur dapat memperlancar aliran udara ke testis sehingga testis tidak “kepanasan”. Suhu panas dan celana dalam, terutama yang ketat, akan meningkatkan rasa panas sehingga membuat jumlah sperma berkurang. 

Selain itu, cara memperbanyak sperma adalah menghindari kebiasaan memakai celana ketat, ubah posisi setelah duduk terlalu lama (karena menyetir atau bekerja, misalnya), dan hindari berendam dalam air panas terlalu lama maupun sauna. (DV)

Klik di sini untuk mendapatkan konsultasi dengan dokter.

 

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita


]]>
Wed, 18 Apr 2018 12:01:18 +0700Kemandulan Pria
Pengertian Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif https://meetdoctor.com/article/pengertian-narkotika-psikotropika-dan-zat-adiktif https://meetdoctor.com/article/pengertian-narkotika-psikotropika-dan-zat-adiktif Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif, atau lebih sering disingkat Napza, mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Napza dikenal juga dengan istilah narkoba. Menurut pakar kesehatan, napza sebenarnya adalah senyawa-senyawa yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya.

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 35 tahun 2009). Cara kerjanya mempengaruhi susunan syaraf yang dapat membuat kita tidak merasakan apa-apa, bahkan bila bagian tubuh kita disakiti sekalipun. Narkotika digolongkan menjadi tiga golongan sebagaimana tertuang dalam lampiran 1 undang-undang tersebut. Yang termasuk jenis narkotika adalah:

- Tanaman papaver, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), opium obat, morfina, kokaina, ekgonina, tanaman ganja, dan damar ganja.
- Garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina, serta campuran-campuran dan sediaan-sediaan yang mengandung bahan tersebut di atas.

 

Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku (Undang-Undang No. 5/1997). Terdapat empat golongan psikotropika menurut undang-undang tersebut, namun setelah diundangkannya UU No. 35 tahun 2009 tentang narkotika, maka psikotropika golongan I dan II dimasukkan ke dalam golongan narkotika. Dengan demikian saat ini apabila bicara masalah psikotropika hanya menyangkut psikotropika golongan III dan IV sesuai Undang-Undang No. 5/1997. Psikotropika disebut juga sebagai bahan lain yang tidak mengandung narkotika, merupakan zat buatan atau hasil rekayasa yang dibuat dengan mengatur struktur kimia. Dapat mempengaruhi atau mengubah keadaan mental dan tingkah laku pemakainya. Zat yang termasuk psikotropika antara lain:

- Sedatin (Pil BK), Rohypnol, Magadon, Valium, Mandrax, Amfetamine, Fensiklidin, Metakualon, Metifenidat, Fenobarbital, Flunitrazepam, Ekstasi, Shabu-shabu, LSD (Lycergic Syntetic Diethylamide) dan sebagainya.
- Jenis Psikotropika sering dikaitkan dengan istilah Amfetamin, di mana Amfetamin ada 2 jenis yaitu MDMA (metil dioksi metamfetamin) dikenal dengan nama ekstasi. Nama lain fantacy pils, inex. Kemudian jenis lain adalah Metamfetamin yang bekerja lebih lama dibanding MDMA (dapat mencapai 12 jam) dan efek halusinasinya lebih kuat. Disebut juga shabu, SS, ice.

 

Zat adiktif adalah zat-zat yang bisa membuat ketagihan jika dikonsumsi secara rutin. Bahan adiktif berbahaya termasuk bahan-bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis yang dapat dipakai sebagai pengganti morfina atau kokaina yang dapat mengganggu sistem syaraf pusat, seperti:

- Alkohol yang mengandung ethyl etanol, inhalen/sniffing (bahan pelarut) berupa zat organik (karbon) yang menghasilkan efek yang sama dengan yang dihasilkan oleh minuman yang beralkohol atau obat anaestetik jika aromanya dihisap. Contoh: lem/perekat, aceton, ether dan sebagainya.
- Nikotin
- Kafein
- Zat Desainer

 

Ditulis oleh: dr. Setiyo Junianto


]]>
Thu, 12 Apr 2018 15:54:15 +0700Kesehatan A-Z
Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Keringat Dingin https://meetdoctor.com/article/inilah-penyebab-dan-cara-mengatasi-keringat-dingin https://meetdoctor.com/article/inilah-penyebab-dan-cara-mengatasi-keringat-dingin Keringat dingin, tubuh terasa dingin tapi mengeluarkan keringat. Anda pernah merasakannya? Keringat dingin dapat terjadi karena beberapa hal. Salah satunya karena stres atau cemas. Faktor lainnya adalah karena ada masalah kesehatan tertentu. Keringat dingin merupakan kondisi berkeringat mendadak yang tidak dipicu oleh adanya kegiatan fisik atau udara panas. 

Keringat dingin bisa muncul dengan disertai pusing, menggigil, kulitpucat, lemas, mual dan muntah. Keringat dingin bukanlah kondisi darurat yang harus segera ditangani, kecuali jika disertai gejala-gejala seperti:

- Halusinasi
- Kesadaran yang berkurang
- Sesak napas dan batuk
- Rasa sakitdi area dada, bahu, lengan atau punggung bagian belakang
- Demam tinggi
- Kejang
- Jantung berdebar
- Warna bibir kuku dan kulit menjadi pucat
- Tenggorokan sakit 
- Pmbengkakan pada wajah, mulut, dan lidah
- Pendarahan pada feses atau muntah berdarah. 

Selain karena cemas, keringat dingin juga bisa muncul karena kondis-kondisi kesehatan berikut ini: 

1. Adanya rasa sakit karena tulang retak, amputasi atau migrain.

2. Tubuh kekurangan oksigen sehingga terjadi sesak napas. Akibatnya, tubuh mengirim sinyal ke otak untuk mencari oksigen, membuat tubuh stress dan menimbulkan keringat dingin.

3. Hipoglikemik atau gula darah rendah, suatu kondisi  yang dapat dialami oleh pasien diabetes dengan nutrisi buruk. Keringat dingin akan terjadi bersamaan dengan munculnya rasa pusing, gemetar, dan pandangan yang mengabur.

4. Tekanan darah rendah di bawah 120/80 mm Hg. 

5. Syok akibat adanya cidera parah atau penyakit akut dan terminal. 

6. Menopause pada wanita memasuki usia paruh baya.

7. Reaksi yang timbul akibat migrain.

8. Konsumsi obat-obatan seperti antibiotic atau obat-obatan tekanan darah.

9. Serangan jantung.

10. Gangguan sirkulasi, influenza, infeksi virus, dan penyakit imun. 

Atasi kondisi keringat dingin dan redakan gejalanya, dengan melakukan: 

1. Rileks. Yoga dan latihan pernapasan dapat membantu Anda untuk lebih santai.  Kemudian, mandilah dengan air hangat.
2. Ubah lingkungan tempat Anda tidur jika keringat dingin sering terjadi saat Anda tidur. Ganti alas tidur Anda, gunakan pakaian tidur yang nyaman dan matikan seluruh sumber cahaya. 
3. Lakukanlah penyesuaian pada pola makan. Jangan pernah melewati jam makan, terutama  jam makan reguler. Ngemil camilan sehat (rendah gula dan indeks glikemik) dianjurkan untuk penderita diabetes. 
4. Terlibatlah dalam aktivitas yang produktif agar Anda dapat mengalihkan pikiran dari rasa cemas. 
5. Laksanakan terapi dan konsumsi obat sesuai saran dokter. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari

 


]]>
Wed, 18 Apr 2018 11:47:15 +0700Kesehatan A-Z
Jerawat Batu, Apakah Itu? https://meetdoctor.com/article/jerawat-batu-apakah-itu https://meetdoctor.com/article/jerawat-batu-apakah-itu Jerawat adalah masalah kulit yang tidak diinginkan siapa pun karena akan merusak penampilan sehingga membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. 

Penyebab jerawat beragam. Mulai dari produksi minyak yang berlebih, sel kulit mati yang berlebihan sehingga menimbulkan iritasi pada pori-pori, hingga berkembangnya bakteri pada kulit yang menyebabkan daerah menjadi merah dan bengkak.

Ada beberapa jenis jerawat yang dialami oleh seseorang. Di satu sisi, satu atau dua buah jerawat kecil mungkin masih bisa ditoleransi. Lain halnya bila jerawat yang muncul terbilang besar dan tumbuh subur di wajah Anda alias jerawat batu. Ini adalah mimpi buruk yang tidak ingin dialami siapa pun. 

Jerawat batu menyebabkan wajah menjadi kemerahan disertai dengan benjolan lembut tapi penuh nanah. Jerawat batu juga bisa menyebabkan sakit atau gatal. Jerawat batu terjadi ketika minyak dan sel kulit mati yang berada di dalam rambut halus di wajah mengalami infeksi. Hal ini disebabkan minyak dan sel kulit mati pecah di dalam kulit.

Jerawat batu tidak hanya timbul di daerah sekitar muka, tetapi juga dapat menyebar di dada, punggung, lengan atas, dan bahu. Jerawat batu juga biasanya timbul di usia remaja atau sekitar usia 20 tahun. Tetapi, seseorang yang berusia lebih muda atau lebih tua bisa mengalami jerawat batu.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab jerawat batu. Namun, seperti kebanyakan jerawat, jerawat batu disebabkan peningkatan jumlah hormon androgen. Hal ini menyebabkan perubahan pada kulit yang mengakibatkan pori-pori tersumbat.

Tak hanya itu, jerawat batu juga bisa timbul karena siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause. Jerawat batu juga bisa disebabkan faktor genetik. Jadi, bila orangtua Anda mengalami jerawat batu, besar kemungkinan Anda akan memiliki jerawat batu. 

Tetapi, Anda tak perlu khawatir karena jerawat batu dapat diobati. Oleh karena itu, segeralah berkonsultasilah ke dokter spesialis kulit dan kelamin jika muncul jerawat batu. Jerawat batu akan bertambah banyak bila dibiarkan begitu saja. Hal terburuk adalah jerawat batu didiamkan dalam kurun waktu yang cukup lama akan meninggalkan bekas yang permanen. (PR)


Ditinjau oleh dr. Rahajeng A.P.


]]>
Wed, 18 Apr 2018 11:07:28 +0700Jerawat
Kenali Penyebab Dan Cara Mencegah Gusi Bengkak https://meetdoctor.com/article/kenali-penyebab-dan-cara-mencegah-gusi-bengkak https://meetdoctor.com/article/kenali-penyebab-dan-cara-mencegah-gusi-bengkak Gusi bengkak dapat terjadi karena berbagai penyebab. Gusi bengkak bisa disertai bau mulut atau perdarahan, tapi bisa juga tidak. Gusi bengkak adalah salah satu gejala dari gingivitis kronis atau peradangan gusi kronis. Pembengkakan yang terjadi pada tubuh, termasuk pada gusi, adalah sinyal untuk mengingatkan Anda bahwa ada sesuatu yang terjadi dan perlu ditangani. Deteksi dan pengobatan gusi bengkak sedini mungkin dapat mencegah kondisi lain yang parah misalnya periodontitis. Periondotitis adalah infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan menghancurkan gigi Anda.

Penyebab Gusi Bengkak

1. Plak dan Tartar

Kebanyakan pembengkakan gusi terjadi karena satu sebab yaitu plak. Plak adalah lapisan tak terlihat pada gigi dan gusi yang terbentuk oleh bakteri di mulut. Plak akan terlihat jika gigi tidak dibersihkan secara rutin sehingga menimbulkan zat berwarna keputihan atau kekuningan pada permukaan gigi. Plak dapat dihilangkan dengan menyikat gigi karena konsistensinya yang lunak. Plak tidak hanya menyebabkan gigi berlubang tapi juga menyebabkan infeksi. Plak yang menumpuk dapat masuk ke dalam gusi dan menyebabkan peradangan dari dalam ke luar. 

Tartar terbentuk dari plak yang mengeras dan juga dikenal dengan sebutan dental kalkulus atau karang gigi. Plak akan berubah menjadi tartar dalam kurun waktu tertentu atau biasanya lebih dari 10 hari. Biasanya tartar terbentuk di antara celah gigi dan gusi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, sehingga pembentukannya cenderung tidak terkontrol dan hanya bisa dibersihkan oleh dokter gigi. 

2. Iritasi

Reaksi alergi terhadap bahan yang terkandung oleh pasta gigi, makanan, obat-obatan, atau bahkan perbaikan kawat gigi dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, atau pembengkakan pada jaringan gusi. Banyak orang baru menyadari bahwa mereka mengalami gusi bengkak setelah mengganti pasta gigi.

3. Sisa Makanan

Makanan yang masuk  ke bawah gusi atau melekat di sela-sela gigi seringkali sulit untuk dibersihkan, terutama jika hal tersebut sering terjadi sepanjang hari. Salah satu contoh makanan yang sering terjebak di bawah gusi adalah popcorn.  Satu atau dua hari sesudahnya,terjadilah  pembengkakan yang baru akan mereda setelah sisa-sisa popcorn dibersihkan atau keluar dengan sendirinya.

4. Perbaikan gigi  dengan cara yang salah

Gigi yang merenggang karena usia dan diperbaiki dengan cara yang salah, dapat memudahkan sisa-sisa makanan terjebak di sela-sela gigi. Seringkali, sisa-sisa makanan yang sudah terjebak itu sulit dibersihkan sehingga lama-kelamaan dapat menyebabkan infeksi. Gigi palsu yang tidak pas juga dapat mengiritasi jaringan gusi, menyebabkannya luka atau bengkak.

5. Hormon

Beberapa wanita menemukan bahwa perubahan kadar hormon dapat menyebabkan gusi bengkak. Hal ini biasanya bersifat sementara, dengan kasus terpanjang biasanya dikaitkan dengan kehamilan.

6. Obat

Jika Anda sudah sangat baik dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi tapi masih mengalami gusi bengkak, maka saatnya untuk memeriksa obat apa yang Anda konsumsi. Beberapa obat seperti obat untuk tekanan darah tinggi dapat membuat pertumbuhan berlebih dari jaringan gusi yang terlihat seperti bengkak.

Mencegah Gusi Bengkak

Yang paling ideal, pencegahan gusi bengkak dilakukan mulai dari rumah dengan cara:

1. Mengatur pola makan seimbang,  mencakup buah-buahan dan sayuran

2. Hindari makanan dan minuman manis.

3. Hindari hal-hal yang dapat mengiritasi gusi seperti obat kumur yang terlalu tajam, alkohol, dan tembakau. 

4. Ubah merek pasta gigi dan obat kumur jika Anda menemukan ketidaknyamanan pada area oral Anda.

5. Sikat dan dan gunakan benang gigi secara teratur.

6. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setidaknya setiap enam bulan.

7. Jika gusi bengkak yang Anda alami disebabkan oleh reaksi terhadap obat, berkonsultasilah dengan dokter agar dokter bisa meresepkan jenis obat yang lain. 

8. Hubungi dokter Anda jika ketidaknyamanan yang Anda rasakan pada area oral bertahan lebih lama dari 2 minggu.

 

Ditinjau oleh: dr. Deffy Laksani Anggar Sari


]]>
Wed, 18 Apr 2018 12:54:52 +0700Gigi & Kesehatan Mulut
Perlukah Tes Darah Darah Saat Kehamilan ? https://meetdoctor.com/article/perlukah-tes-darah-darah-saat-kehamilan https://meetdoctor.com/article/perlukah-tes-darah-darah-saat-kehamilan “Dok, saat ini saya sedang hamil, usia kehamilan saya baru dua minggu. Saya ingin menanyakan, sebenarnya perlu tidak tes darah dilakukan saat hamil? Kapan itu bisa dilakukan? Membutuhkan waktu berapa lama?  Adakah syarat yang harus dilakukan ketika ingin tes darah, dan manfaatnya apa saja?” 

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini kerap dilontarkan ibu hamil kepada dokter kandungannya. Bila ditanya perlu atau tidak pemeriksaan tes darah dilakukan, jawabannya jelas, perlu dilakukan sebagai uji penapisan (skrining). 

Tes   darah dilakukan untuk mencari tahu ada atau tidaknya penyakit-penyakit yang sering ditemukan pada ibu hamil dan membuat kehamilannya menjadi berisiko. Dokter akan menyuntik pada bagian pembuluh darah balik ibu hamil, lalu  pemeriksaan tes darah /sampel darah nantinya akan dilakukan di laboratorium.

Awal Kehamilan
Pemeriksaan tes darah dapat dilakukan pada awal pemeriksaan kehamilannya, yaitu pada usia kehamilan 10 hingga 12 minggu. Pemeriksaan tes darah tersebut nantinya meliputi: 

-Pemeriksaan darah perifer lengkap (pemeriksaan hematologi) 
Tes ini dilakukan antara lain untuk mengetahui: Hemoglobin (untuk mendeteksi anemia, dan mengetahui penyebab anemia apakah karena kekurangan zat besi, kekurangan zat asam folat, atau bahkan masalah yang lebih serius seperti thalassemia), hematokrit, leukosit (mendeteksi adanya infeksi dan kemungkinan penyebabnya yang disebabkan oleh bakteri atau virus), dan trombosit (mendeteksi kelainan pembekuan darah misalnya kadar trombosit rendah pada penyakit Trombositopenia dalam kehamilan atau Idiopathic Trombositopenic Purpura).

-Kadar gula darah
Pada saat pemeriksaan gula darah biasanya BuMil diminta untuk berpuasa terlebih dahulu selama 10 jam sebelum diambil darahnya. Tujuannya untuk mengetahui apakah menderita penyakit kencing manis atau Diabetes Mellitus baik yang tipe 2 atau Diabetes Mellitus Gestasional(DMG).

Pemeriksaan darah juga berfungsi untuk mengetahui penyakit yang rawan ditularkan ke janin baik dalam kandungan maupun saat persalinan kelak, seperti: hepatitis B, penyakit menular seksual, maupun HIV.

-Golongan dan Rhesus Darah
Tes darah pada saat hamil juga bertujuan untuk mengetahui golongan darah BuMil apakah A,B, AB atau O. Jika pada saat persalinan ternyata BuMil memerlukan transfusi darah, BuMil ataupun keluarganya sudah mengetahui golongan darah yang dibutuhkan oleh BuMil, sehingga dapat memberitahukan golongan darahnya pada dokter yang menangani persalinannya. Sementara pemeriksaan rhesus darah bertujuan untuk mengetahui rhesus darah (positif / negatif) pada BuMil dan janinnya. Jika ternyata diketahui bahwa rhesus darah BuMil negatif maka suami harus diperiksa juga jenis rhesusnya, karena jika rhesus suami positif maka ada risiko terjadi kerusakan sel darah merah pada janinnya, yang berakibat pada masalah perkembangan janin didalam kandungan atau bahkan mengalami keguguran (inkompatibilitas rhesus). Jika itu terjadi maka BuMil perlu diberi suntikan antigen-D, untuk meminimalisir kemungkinan risiko yang akan terjadi.

-Tes Darah yang Dilakukan Atas Indikasi
Ada beberapa pemeriksaan yang mungkin diminta oleh dokter kandungan untuk dilakukan, namun tidak masuk dalam pemeriksaan penapisan rutin. Pemeriksaan-pemeriksaan tersebut dilakukan sesuai indikasi, misalnya seperti : pemeriksaan infeksi Toksoplasma, Rubella, CMV, Herpes (TORCH), pemeriksaan Anticardiolipin Antibody (ACA)

Konsultasikan dengan Dokter
Jangan lupa ketika ingin melakukan serangkaian tes darah, diskusikanlah dengan dokter kandungan BuMil mengenai pemeriksaan-pemeriksaan yang mungkin perlu dilakukan.

Biaya dan Waktu
Pemeriksaan-pemeriksaan laboratorium tersebut umumnya tidak membutuhkan waktu pemeriksaan yang lama dan juga tidak membutuhkan biaya yang besar. Untuk hasil tes darahnya pun dapat diketahui dalam hari itu juga. 

Wajib Diperhatikan!
Pemeriksaan darah perifer lengkap dan gula darah kembali diulang memasuki awal trimester 3 atau pada usia kehamilan 26-28 minggu.

 

Ditulis oleh: dr. Dian Indah Purnama, SpOG, dokter rekanan Makmal Diagnostik

 


]]>
Mon, 09 Apr 2018 16:06:28 +0700Hamil
NIVEA MEN, Solusi Pria Tampil Lebih Percaya Diri https://meetdoctor.com/article/nivea-men-solusi-pria-tampil-lebih-percaya-diri https://meetdoctor.com/article/nivea-men-solusi-pria-tampil-lebih-percaya-diri Urusan memerhatikan penampilan tidak mengenal gender. Salah besar bila menganggap bahwa hanya wanita yang perlu peduli pada penampilan. Pria ‘zaman now’ pun dituntut untuk  memerhatikan penampilan, terlebih yang berhubungan dengan wajah dan tubuh. Selain bisa memengaruhi penilaian orang lain terhadap diri Anda, penampilan yang baik juga menandakan bahwa Anda adalah pria yang dapat menghargai diri sendiri dan tentunya meningkatkan rasa percaya diri, yang pada ujungnya akan berpengaruh terhadap prestasi Anda.

Menariknya, sekarang ini kebanyakan pria sudah memiliki kepedulian terhadap penampilan. Survei yang dilakukan Statista, lembaga penelitian independen menemukan dari  250 pria Indonesia, 95% berpendapat bahwa mereka peduli dengan penampilan karena dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam aktivitas sehari-hari.

Karena tubuh dan wajah adalah aset yang berharga, maka perawatan yang tepat pun perlu Anda lakukan. Beberapa hal ini perlu Anda perhatikan dalam persiapan untuk tampil maksimal:

Mandi

Masalah utama yang akan merusak penampilan adalah bau badan. Semakin usia bertambah, otomatis jumlah keringat pun makin banyak, terutama di bagian ketiak, selangkangan, telapak tangan dan kaki. Dan bila keringat bercampur dengan bakteri di kulit Anda, maka bau tak sedap pun akan menguar sehingga mengganggu penciuman. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah mandi dan keringkan badan dengan seksama setelahnya.

Gunakan deodorant antiperspirant

Penggunaan deodorant antiperspirant akan membantu mengatasi bau badan dan/ atau mengurangi jumlah keringat. Ada banyak jenis deodorant tersedia di pasar, ada deodorant biasa dan ada deodorant dengan antiperspirant? Apa beda keduanya?

Deodorant biasa hanya mengandung parfum yang dapat membantu menutupi bau keringat atau bau tubuh Anda. Sedangkan deodorant dengan antiperspirant mengandung bahan kimia yang membantu mengeringkan keringat atau mencegah keringat berlebih.

Tak perlu bingung dengan banyak pilihan, pilih saja NIVEA MEN Deodorant. NIVEA MEN Deodorant memiliki empat varian yang telah terbukti sesuai dengan kebutuhan dan kondisi para pria bergaya hidup aktif.

NIVEA Deodorant Cool Kick memberikan kesegaran maskulin sepanjang hari dan perlindungan antiperspirant selama 48 jam. 

NIVEA Men Invisible Black &White Roll-on memiliki teknologi Pencegah Noda (Anti-Staining Technology) sehingga deodorant tanpa pewarna ini tidak akan meninggalkan noda putih pada baju hitam atau pun noda kuning pada baju putih Anda, karena akan langsung kering dan wangi seketika saat Anda gunakan.

NIVEA Men Silver Protect dengan formula unik antibakteri silver ions yang mampu mengurangi bau badan yang disebabkan oleh bakteri hingga 99.9%, dan memberi perlindungan dari bau badan hingga 48 jam.

NIVEA Men Deodorant Dry Impact Plus dengan system DryPlus dan mineralnya membantu mengatur produksi keringat agar ketiak tetap kering, sehingga Anda bebas beraktivitas. Memberi perlindungan ekstra dari keringat dan bau badan hingga 48 jam, NIVEA Men Deodorant Dry Impact Plus tidak mengandung ethyl alchohol dan pewarna.

Semua produk deodorant  NIVEA telah teruji secara klinis aman untuk kulit dan tidak menyebabkan iritasi.

Bersihkan wajah

Membersihkan wajah minimal dua kali sehari adalah langkah penting untuk menghilangkan kotoran dan minyak atau sebum berlebih. Pilih produk pembersih wajah yang tidak meningglakan rasa terlalu kering di kulit karena hal ini bisa melenyapkan seluruh minyak alami kulit sehingga kulit malah menjadi kering dan terkelupas, atau malah merangsang kelenjar sebasea memroduksi lebih banyak sebum sebagai bentuk antisipasi agar kulit wajah tidak menjadi kering.

Coba deh, NIVEA MEN Liquid Facial Foam Max Bright, sabun muka cair untuk pria yang bisa dengan mudah masuk sampai ke lapisan pori terdalam untuk membersihkan minyak dan mencerahkan wajah dari dalam, cocok untuk pria dengan masalah wajah kusam dan berminyak.

Untuk wajah berminyak dan berjerawat, pilihannya NIVEA MEN Liquid Facial Foam Acne Protect. Sabun muka cair ini bisa dengan mudah masuk sampai ke lapisan pori terdalam untuk membersihkan minyak dan bakteri.

Bila wajah Anda terlalu mengilap, Anda bisa coba NIVEA MEN Liquid Facial Foam Oil Attack + Bright, sabun muka cair yang bisa dengan mudah masuk sampai ke lapisan pori terdalam untuk mengangkat minyak berlebih dan kotoran.

NIVEA MEN, karena pria percaya diri selalu punya cara dan solusi.


]]>
Mon, 16 Apr 2018 17:34:39 +0700Keringat Berlebih (Hyperhidrosis)
Safi, ‘Skin Care’ Halal Malaysia Hadir di Indonesia https://meetdoctor.com/article/safi-skin-care-halal-malaysia-hadir-di-indonesia https://meetdoctor.com/article/safi-skin-care-halal-malaysia-hadir-di-indonesia Setiap wanita menginginkan kulit yang cantik dan berseri.  Namun, tidak semua produk perawatan, cocok untuk kulit wanita Indonesia. Selain itu, bagi sebagian wanita, kandungan yang terdapat dalam produk juga menjadi pertimbangan tersendiri, terlebih untuk wanita berhijab. 

Meningkatnya jumlah wanita berhijab di Indonesia memang menjadi salah satu alasan Safi melucurkan produknya di Indonesia. Brand Manager Safi Indonesia, Diana Susiany menjelaskan bahwa peningkatan persentase populasi wanita berhijab di Indonesia, menjadi acuan bahwa  kebutuhan khusus untuk wanita berhijab, sangat besar. 

Pada peluncuran rangkaian produknya di Jakarta, beberapa waktu lalu, Kumar Chandler, Wipro Unza Regional Managing Director mengatakan bahwa Safi merupakan produk perawatan kulit Halal nomor satu di Malaysia. Menurutnya butuh waktu dua tahun bagi Safi untuk melakukan penelitian pada konsumen Indonesia, sebelum akhirnya hadir dengan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan wanita Indonesia. 

Kumar Chander menambahkan, rangkaian produk Safi dibuat oleh Safi Research Institute, yang merupakan lembaga penelitian perawatan kulit Halal pertama dan terbesar. Fasilitas penelitian yang berlokasi di Subang, Malaysia ini, berisi lebih dari 100 ilmuwan dan peneliti yang berdedikasi untuk menciptakakan produk yang halal, alami, teruji dan efektif. 
Selain itu, dalam proses penciptaan suatu produk, Safi tidak melakukan pengujian produk pada hewan, mengurangi penggunaan plastik dan air, serta menghilangkan penggunaan PVC (polyvinyl chloride) di pabrik karena dianggap sebagan bahan berbahaya. 

Produk Safi memadukan kekayaan warisan alam dengan teknologi modern, seperti  memadukan kekuatan Habbatus Sauda dengan teknologi modern Oxywhite untuk menghasilkan kulit yang cerah alami. Atau rangkaian produk Age Defy, yang menggunakan bahan dasar emas dengan teknologi yang efektif menyalurkan partikel emas ukuran nono, menyatu dengan protein sutra alami untuk meningkatkan produksi kolagen untuk mengatasi penuaan dini. 

Mahsuri Sulaiman, Safi Global Brand Custodian menambahkan bahwa Safi menawarkan perawatan kulit berkualitas yang efektif bagi wanita Indonesia. Ia berharap Safi bisa diterima masyarakat Indonesia dan menjadi produk perawatan kulit nomor satu seperti di Malaysia. Selain di Indonesia, Safi juga diluncurkan di beberapa negara di Timur Tengah. 

 


]]>
Mon, 09 Apr 2018 11:25:48 +0700Kecantikan & Perawatan Kulit
Camilan Sehat Selama Kehamilan https://meetdoctor.com/article/camilan-sehat-selama-kehamilan https://meetdoctor.com/article/camilan-sehat-selama-kehamilan Status gizi ibu saat hamil berperan sangat penting terhadap kesehatan dan perkembangan janin. Selain untuk bayi, cadangan nutrisi juga dibutuhkan sebagai sumber energi ibu hamil dan masa menyusui setelah bayi dilahirkan. Ibu hamil yang kurang gizi mempengaruhi aliran darah ke plasenta yang akan berkurang. Jika ibu hamil kekurangan zat gizi, janin yang dikandung pun berpotensi kekurangan asupan zat gizi, sehingga pertumbuhan dan perkembangannya terganggu. Gangguan yang dapat menyebabkan ibu hamil kekurangan zat gizi antara lain mual-muntah (morning sickness) dan masalah pemilihan bahan makanan (‘pica’).

Kebutuhan nutrisi ibu hamil meliputi peningkatan jumlah asupan energi meliputi zat gizi karbohidrat, lemak dan protein serta peningkatan kebutuhan vitamin, mineral, dan cairan. Peningkatan kebutuhan energi pada trimester 1 sebesar 180 kkal. Seiring bertambahnya kebutuhan untuk tumbuh kembang janin, kebutuhan energi di trimester 2 dan 3 meningkat sebesar 300 kkal dari kebutuhan normal. Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi sebaiknya ibu hamil makan teratur, yaitu 3 kali makan utama dalam sehari: makan pagi, siang dan malam disertai dengan 2-3 kali selingan diantara makan tersebut berupa camilan yang sehat.

Camilan yang dikonsumsi ibu hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mengantisipasi keadaan atau kesulitan ibu dalam mengonsumsi makanan. Contoh camilan adalah kue kecil seperti kue sus, kue pisang, kue mangkok, setup buah, puding, agar-agar, makaroni panggang, aneka bubur seperti bubur candil, bubur kacang hijau, selada buah, dan berbagai camilan sehat lainnya dengan aneka resep. Berikut beberapa contoh camilan bergizi yang dapat berguna bagi ibu hamil:  

  1. Buah-buahan segar: mengandung fruktosa (gula buah) yang tidak berlebihan dan berguna sebagai sumber energi, sumber serat untuk membantu kerja saluran cerna dan pengeluaran kolesterol. Selain itu, buah mengandung aneka vitamin (A, B1, B2, B6, C) dan mineral (kalsium, fosfor, besi, zink, kalium, magnesium)
  2. Makaroni panggang:  mengandung karbohidrat, protein dan lemak yang merupakan zat gizi penting untuk tumbuh kembang dan sumber energi,  ditambah kandungan penting lainnya, yaitu vitamin (B dan C) dan mineral (kalsium, fosfor dan besi). Jika makaroni panggang dikreasikan dengan aneka sayuran, menu tersebut dapat menambah asupan mineral, vitamin, dan serat.
  3. Agar-agar : mengandung karbohidrat sebagai sumber energi, disertai serat yang tinggi dan kadar air yang tinggi untuk hidrasi tubuh.
  4. Bubur kacang hijau: mengandung berbagai zat gizi, yaitu karbohidrat, lemak, protein , vitamin (B dan C) dan mineral (kalsium, fosfor, dan besi). Kacang hijau juga mengandung zat isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah osteoporosis , dan juga serat.

Sebaiknya pilihlah camilan sehat yang mengandung  zat gizi lengkap, segar dan mudah dipersiapkan serta tidak berlebihan jumlah yang dikonsumsi.  Selain itu perbanyak camilan yang tinggi serat untuk membantu keluhan konstipasi yang seringkali dialami ibu hamil. Variasikan camilan setiap hari karena masing-masing camilan mengandung zat gizi berbeda sehingga saling melengkapi.

 

 Tabel 1. Resep camilan bergizi untuk ibu hamil

Nama makanan

 

Bahan

Cara Membuat

Kandungan zat gizi per 100 gram sajian

Kue sus

A. Kulit

100 g Margarine

200 ml Air

1/4 sdt Garam

100 g Terigu Serbaguna

3 btr Telur

 

B. Vla

500 ml Susu UHT

1/2 sdt Vanilla

100 g Gula Pasir

50 ml Susu UHT ekstra

70 g Maizena

2 btr Kuning Telur

 

  1. A. Kulit :
  2. Campur margarine + air + garam, masak hingga mendidih. Angkat dari api
  3. Tambahkan terigu, aduk rata. Panaskan sambil diaduk hingga kalis. Biarkan dingin suhu ruang
  4. Tambahkan telur, mixer hingga rata
  5. Cetak pada loyang bersemir margarin
  6. Oven 2000C 30 menit hingga matang. Dinginkan
  7. B. Vla :
  8. Campur susu UHT ekstra + maizena, aduk rata. Sisihkan
  9. Campur susu UHT + vanilla + gula pasir, masak dengan api kecil hingga hampir mendidih. Sisihkan
  10. Campur kuning telur + 5 sdm larutan susu, aduk rata. Campurkan kembali pada seluruh larutan susu
  11. Tambahkan larutan maizena, aduk rata
  12. Masak sambil campur kuning telur + 5 sdm larutan susu, aduk rata
  13. Campurkan kembali pada seluruh larutan susu diaduk hingga meletup-letup. Biarkan dingin
  14. Isikan vla dalam kulit sus
  1. Energi: 242,4 kkal
  2. KH: 28,7 gr
  3. Protein: 5,5 gr
  4. Lemak: 12,3 gr
  5. Omega-3: 36,7 mg
  6. Vit A: 124,5 mg
  7. Vit B6: 0,04 mg
  8. Kalsium: 15,8 mg
  9. Fosfor: 54,4 mg
  10. Zat besi: 0,6 mg
  11. Zink: 0,3 mg
  12. Kalium: 45,9 mg
  13. Magnesium: 6,6 mg
  14. Serat: 0,3 gr
  15.  

Kue pisang

2 buah pisang tanduk kukus dipotong 2,5 cm dibelah dua

150 gr tepung beras

2 lembar daun pandan

120 gr gula pasir

400 ml santan dari 1/2 butir kelapa

1/4 sdt garam

30 gr sagu dlarutkan bersama 200 ml santan dari 1/2 butir klapa

Secukupnya Daun pisang utk membungkus

 

Campur tepung beras, pandan, santan, gula, garam aduk merata

Masak sambil diaduk hingga kalis. Angkat tambahkan larutan tepung sagu. Aduk hingga licin. Masak sambil diaduk hingga mengkilat.

Ambil daun pisang, letakan adonan beri sepotong pisang tutup lg dgn adonan. Lipat kdua ujung daun, tekan sedikit bagian tengahnya

Kukus diatas api sedang 15 menit hingga matang

  1. Energi: 190 kkal
  2. KH: 33 gr
  3. Protein: 1,9 gr
  4. Lemak: 6,2 gr
  5. Vit A: 32,4 mg
  6. Vit B6: 0,07 mg
  7. Kalsium: 18,7 mg
  8. Fosfor: 42,8 mg
  9. Zat besi: 1,5 mg
  10. Zink: 0,4 mg
  11. Kalium: 161,2 mg
  12. Magnesium: 17,1 mg
  13. Serat: 2,1 gr

Kue mangkok

Bahan adonan A:

100 g tepung terigu

200 ml air

5 sdt ragi instan

 

Bahan adonan B:

1 kg ubi ungu, kukus, lalu haluskan

500 g gula pasir

1 sdm garam

5 btr telur

750 g tepung terigu

550 ml santan

  1. Campurkan semua bahan adonan A. Diamkan selama 30 menit
  2. Campurkan ubi, gula pasir, dan garam. Aduk rata. Tambahkan telur, aduk rata.
  3. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan santan.
  4. Masukkan adonan A, diamkan selama 45 menit (tutup dengan kain berpori.
  5. Masukkan adonan ke dalam cetakan kue mangkuk.
  6. Kukus dengan api besar selama 20 menit. Angkat dan hidangkan

Energi: 224,3 kkal

KH: 43,6 gr

Protein: 4,08 gr

Lemak: 4,3 gr

Omega-3: 21,3 mg

Vit A: 26,1 mg

Vit B6: 0,17 mg

Kalsium: 15 mg

Fosfor: 67 mg

Zat besi: 1,09 mg

Zink: 0,6 mg

Kalium: 246,6 mg

Magnesium: 22,6 mg

Serat: 1,7 gr

Setup buah

1 buah jambu biji merah, buang biji

150 ml air

2 sdm gula pasir

3 buah cengkeh

2 cm kayu manis

 

Pelengkap: (potong-potong)

-Jambu biji merah

-Apel

-Nanas

-Buah naga

-Strawberry

Cuci bersih jambu, potong, buang biji. Blender dengan air 150 ml dan gula.

Sisihkan dan saring.

Masak jus jambu yang sudah di saring dengan cengkeh dan kayu manis sampai mendidih. (Tambahkan gula jika kurang manis). Koreksi rasa. Angkat, sisihkan.

Potong-potong bahan pelengkap sesuai keinginan, masukkan ke dalam gelas, siram potongan buah dengan jus jambu.

Didinginkan terlebih dahulu lebih enak.

  1. Energi: 181,3 kkal
  2. KH: 44,8 gr
  3. Protein: 1,4 gr
  4. Lemak: 1,1 gr
  5. Vit A: 103 mg
  6. Vit B6: 0,2 mg
  7. Kalsium: 67 mg
  8. Fosfor: 42,6 mg
  9. Zat besi: 1,6 mg
  10. Zink: 0,5 mg
  11. Kalium: 458,6 mg
  12. Magnesium: 23,6 mg
  13. Serat: 9,3 gr

Puding susu buah

Bahan puding susu:

1 Bks agar-agar plain

500 ml susu UHT

1 butir telur

150 ml air

150 gr gula

 

Bahan puding buah:

1/4 buah semangka merah

2 buah kiwi hijau

10 buah strawberry

1 buah mangga harum manis

1 buah naga

1 buah nanas ukuran kecil

20 buah anggur merah/hijau

20 buah lengkeng

1 bungkus jeli bubuk

4 gelas kecil air

sesuai selera Gula pasir

secukupnya chiaseed (biji selasih)

 

Blender susu, agar-agar, air, gula dan telur agar rata

Masak campuran agar2 yang sudah di blender

Dinginkan puding susu agar mengeras

Seduh chiaseeds dengan air, diamkan sampai mengembang.

Bersihkan semua buah, ambil daging buahnya, potong dadu

Masak jeli bubuk, air dan gula pasir sampai mendidih. Setelah mendidih matikan kompor lalu segera masukkan chiaseed yang sudah mengembang, aduk sebentar.

Tata buah di atas puding susu yang sudah mengeras, kemudian siram dengan jeli.

Dinginkan dan potong2, puding siap dihidangkan.

  1. Energi: 174 kkal
  2. KH: 37,7 gr
  3. Protein: 2,9 gr
  4. Lemak: 2,4 gr
  5. Omega-3: 8,5 mg
  6. Vit A: 30,2 mg
  7. Vit B6: 0,09 mg
  8. Kalsium: 24,2 mg
  9. Fosfor: 27,4 mg
  10. Zat besi: 0,5 mg
  11. Zink: 0,2 mg
  12. Kalium: 191,8 mg
  13. Magnesium: 14,3 mg
  14. Serat: 2,1 gr

 

 

Makaroni panggang

1 ikat Bayam

1 buah wortel ukuran sedang

2 jagung manis pipil

2 ons daging sapi iris tipis/daging sapi giling

1 bungkul sedang brokoli

1 siung  bawang Bombay ukuran sedang

3 siung bawang putih

250 ml susu UHT

3 butir telur

70 gram keju parut

secukupnya mentega, garam, gula pasir, lada bubuk

100 gram makaroni

Bersihkan semua sayur, potong-potong

Rebus macaroni, jagung, brokoli, dan wortel sampai empuk. Lalu angkat dan tiriskan.

Iris bawang bombay dan bawang putih. Panaskan mentega. Lalu masukkan bawang putih dan bawang bombay, masak hingga harum.

Masukkan daging sapi iris/daging sapi giling dan bayam. Masak hingga bayam layu dan daging berubah warna.

Masukkan susu, macaroni, jagung, brokoli dan wortel. Tambahkan garam, gula dan lada bubuk. Masak sampai kental atau susu menyerap. Jangan lupa untuk mengoreksi rasa.

Setelah itu matikan kompor. Masukkan kocokan telur. Aduk hingga rata.

Panaskan oven di suhu 1800c selama 10 menit.

Tuang macaroni tadi ke wadah tahan panas. Taburi keju parut. Lalu panggang selama 25 menit.

Macaroni panggang siap disantap selagi hangat.

  1. Energi: 335,4 kkal
  2. KH: 24,6 gr
  3. Protein: 22 gr
  4. Lemak: 17,2 gr
  5. Omega-3: 165,8 mg
  6. Vit A: 294,4 mg
  7. Vit B6: 0,2 mg
  8. Kalsium: 131,2 mg
  9. Fosfor: 194 mg
  10. Zat besi: 2,06 mg
  11. Zink: 2,4 mg
  12. Kalium: 347,4 mg
  13. Magnesium: 36 mg
  14. Serat: 2,02 gr
  15.  

 

Bubur candil

100 gram tepung ketan

2 sdm tepung tapioka

1/4 sdt garam

1 sdt gula pasir

50 gr ubi cilembu (ubi kuning)

100 ml air panas

 

Bahan kuah untuk merebus :

2 potong gula merah secukupnya di sisir

1 sdm gula pasir (bisa ditambah jika kurang manis)

500 ml - 600 ml air

 

Kuah Santan:

200 ml santan dari 1/4 butir kelapa (1 sachet kara kecil+air)

1/2 sdt garam

2 lbr daun pandan ikat simpul

Campur tepung ketan dan tepung tapioka tuangi air panas secukupnya (air 100 ml tidak harus dihabiskan semua, disesuaikan dengan tekstur adonan).

Masukkan ubi cilembu yg sdh dihaluskan, aduk sampai rata

Pulung adonan menjadi bola-bola ubi (tangan ditabur tepung dulu agar tidak lengket)

Masak kuah gula merah hingga mendidih lalu saring, masukkan bola-bola ubi. Masak hingga bola-bola mengapung dan matang.

Masukkan larutan 1-2 sdm tepung tapioka dan aduk terus sampai kental dan meletup2. Koreksi rasa.

Rebus kuah santan bersama garam dan daun pandan, terus aduk2 sampai mendidih agar santan tidak pecah.

Siap disajikan dengan kuah santan.

  1. Energi: 210,4 kkal
  2. KH: 38,5 gr
  3. Protein: 2,7 gr
  4. Lemak: 5,25 gr
  5. Vit A: 53 mg
  6. Vit B6: 0,05 mg
  7. Kalsium: 35,4 mg
  8. Fosfor: 55 mg
  9. Zat besi: 2,02 mg
  10. Zink: 0,7 mg
  11. Kalium: 162,1 mg
  12. Magnesium: 22,1 mg
  13. Serat: 1,9 gr
  14.  

 

Bubur kacang hijau

1 gelas kacang hijau

1/2 butir kelapa,parut

150 gr gula merah (aren)

  1. gelas air

Secubit garam

Cuci bersih kacang hijau

Masak kacang hijau dengan 4 gelas air hingga empuk, diaduk sekali-sekali.

Parut kelapa, peras santannya dengan menggunakan 1 gelas air, saring dan sisihkan.

 

Sisir gula merah, sisihkan.

 

Setelah kacang hijau empuk, masukan gula, aduk rata lalu masukan santan, aduk terus. Tambahkan garam, koreksi rasa.

 

Setelah mendidih, matikan api dan bubur kacang hijau siap dsajikan.

 

  1. Energi: 189,5 kkal

KH: 41,4 gr

Protein: 2,3 gr

Lemak: 2,2 gr

Vit A: 0,5 mg

Vit B6: 0,05 mg

Kalsium: 158,4 mg

Fosfor: 87,3 mg

Zat besi: 1,4 mg

Zink: 0,7 mg

Kalium: 217,4 mg

Magnesium: 25,5 mg

Serat: 2,2 gr

Selada buah

4 butir Telur ayam kampung

1 buah Kiwi

1 buah Apel

250 gram Edamame

5 lembar Selada

6 butir Anggur

 

Saus:

Secukupnya Mayonaise

Secukupnya Saus Tomat

 

  1. Rebus telur ayam, kupas

Rebus Edamame, kupas

Kupas apel, potong-potong kotak

Cuci selada selembar demi selembar di air yang mengalir, keringkan

Kupas kiwi, potong-potong melintang.

  1. Saus: campurkan mayonaise dan saus tomat.

Sajikan sayur, buah dan sausnya

 

Energi: 289,2 kkal

KH: 34,6 gr

Protein: 15,2 gr

Lemak: 10 gr

Omega-3: 93 mg

Vit A: 235 mg

Vit B6: 0,4 mg

Kalsium: 90,9 mg

Fosfor: 275,8 mg

Zat besi: 3,2 mg

Zink: 2,4 mg

Kalium: 662,4 mg

Magnesium: 71,5 mg

Serat: 10,5 gr

 

Referensi:

  1. The Lancet. Maternal and child nutrition: Executive summary of the Lancet maternal and child nutrition series. 2013. www.thelancet.com
  2. Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2013 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan bagi Bangsa Indonesia. 2013.
  3. Crawley H, Basu A, Bayne F, Clarke J, Derbyshire E, Dutton C, et al. Eating well for a healthy pregnancy A practical guide. First Step Nutrition Trust .2014.

Reviewed and Written by dr. Stella Bela


]]>
Mon, 09 Apr 2018 16:14:34 +0700Nutricoach
Makanan untuk Meningkatkan Produksi ASI https://meetdoctor.com/article/makanan-untuk-meningkatkan-produksi-asi https://meetdoctor.com/article/makanan-untuk-meningkatkan-produksi-asi Bagi ibu menyusui seringkali timbul kekhawatiran apakah ASI yang dihasilkannya cukup untuk kebutuhan bayinya atau tidak. Untuk itu ibu seringkali mengonsumsi berbagai makanan tertentu dengan harapan dapat meningkatkan produksi ASI-nya. Agar dapat memahami bagaimana payudara ibu menghasilkan ASI, mari kita bahas singkat mengenai produksi ASI tersebut.

Payudara ibu akan memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayinya. Semakin sering dan semakin efektif bayi menyusu, maka ASI akan semakin banyak diproduksi karena produksi ASI sangat dipengaruhi oleh frekuensi hisapan bayi, selain juga oleh status hidrasi (kecukupan cairan) ibu. Oleh sebab itu susuilah bayi sesering mungkin dan pastikan perlekatan yang baik dengan payudara ibu.

Banyak ibu bertanya-tanya apakah ada jenis makanan tertentu yang dapat membantu untuk meningkatkan produksi ASInya? Jawabannya hingga saat ini tidak ada satu jenis makanan yang secara spesifik dapat meningkatkan produksi ASI. Tetaplah konsumsi makanan dengan gizi seimbang yang mencakup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat yang cukup.

Demi produksi ASI yang cukup untuk bayi, maka diperlukan tambahan energi sebanyak 330 kkal pada 6 bulan pertama dan 400 kkal pada 6 bulan kedua. Mengapa kebutuhan ini lebih besar pada 6 bulan kedua? Hal ini karena pada 6 bulan pertama pasca melahirkan, tubuh ibu masih menyimpan cadangan lemak yang disimpan selama periode kehamilan untuk menunjang proses menyusui. Pada periode enam bulan kedua menyusui, simpanan lemak tersebut telah menipis sehingga ibu membutuhkan tambahan kalori lebih banyak daripada saat periode 6 bulan pertama.

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh, sehingga bahan makanan sumber karbohidrat harus dikonsumsi dalam jumlah cukup. Contohnya adalah nasi, jagung, umbi-umbian, dan gandum. Kecukupan protein juga menjadi hal yang sangat penting karena ibu menyusui membutuhkan tambahan protein sebesar 20 g dari kebutuhan normalnya. Protein dapat diperoleh dari ikan, ayam, daging, telur, susu, ataupun dari sumber nabati seperti tahu, tempe, susu kedelai, maupun kacang hijau. Agar yakin bahwa kebutuhan protein dapat tercukupi, ibu menyusui disarankan mengonsumsi dua lauk hewani dan satu lauk nabati pada setiap porsi makan. Selain sebagai sumber protein, bahan makanan sumber protein hewani juga dapat mencukupi asupan besi, asam folat, fosfor, kalsium serta beberapa vitamin.

Kandungan asam lemak di dalam ASI mencerminkan asupan ibu menyusui sehari-hari. Untuk itu pilihlah sumber asam lemak baik atau lemak tak jenuh yang terdapat pada alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan hindari sumber lemak jahat seperti pada makanan yang digoreng dan daging yang sangat berlemak. Penuhi juga kebutuhan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang beraneka warna sehingga mengandung zat gizi yang bervariasi.

Selain zat gizi, kecukupan cairan juga harus diperhatikan karena pada masa ASI eksklusif ibu membutuhkan tambahan cairan sebanyak 800 mL per hari dan pada 6 bulan berikutnya sebanyak 650 mL yang kira-kira setara dengan minimal 11 gelas air putih. Ibu sebaiknya mengonsumsi segelas air putih ketika akan menyusui, namun hindarilah minuman yang mengandung gula tambahan seperti soft drink dan juga jus buah kemasan yang mengandung gula tinggi.

(by : dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK)

Referensi:

  1. Erick M. Nutrition during pregnancy and lactation. Dalam: Krause’s Food and Nutrition Therapy, edisi 12. Saunders Elsevier, 2008
  2. Marangoni F, Cetin I, Verduci E. Maternal diet and nutrient requirements in pregnancy and breastfeeding. An Italian Consensus Document. Nutrients. 2016
  3. Segura SA, Ansotegui JA, Diaz-Gomez NM. The importance of maternal nutrition during breastfeeding: Do breastfeeding mothers need nutritional supplements?. An Pediatr (Barc) 2016.
  4. AKG 2013.

]]>
Tue, 10 Apr 2018 10:13:49 +0700Nutricoach
Gula Tersembunyi pada Makanan Anak https://meetdoctor.com/article/gula-tersembunyi-pada-makanan-anak https://meetdoctor.com/article/gula-tersembunyi-pada-makanan-anak Masyarakat Indonesia pada umumnya sudah sadar akan bahayanya asupan gula berlebih dari makanan. Awareness ini sudah cukup meluas dan para Bunda sekarang tidak lagi mudah memberikan gula-gula, permen, atau manisan untuk membujuk si kecil. 
 
Berdasarkan Survey KonsumsiMakanan Individu (SKMI) Indonesia tahun 2014, sebanyak 29,7% masyarakat Indonesia mengonsumsi gula harian melebihi batas rekomendasi World Health Organization / WHO (<50 gram/hari). Asupan gula disarankan tidak melebihi 10% total kalori sehari, sehingga bila kebutuhan energi anak sebesar 1200 kkal, maka maksimal asupan gulanya per hari adalah 30 gram atau enam sendok teh.
 
Gula sebagai salah satu jenis karbohidrat sederhana yang sangat mudah diserap tubuh dapat cepat meningkatkan kadar gula darah yang akhirnya akan memicu peningkatan insulin untuk memasukkan gula dari darah ke dalam sel untuk digunakan atau disimpan bila tidak digunakan. Dampak asupan gula berlebih bervariasi mulai dari sakit gigi, kenaikan berat badan hingga penyakit kronis antara lain obesitas, diabetes, penyakit kardiovaskular dan sindrom metabolik. 
 
Tidak hanya gula yang terlihat jelas yang perlu kita hindari,tetapi juga gula yang tersembunyi atau “hidden sugars”. Apakah yang dimaksud dengan gula tersembunyi? 
Gula tersembunyi adalah gula yang tidak langsung terlihat tetapi terlarut atau terkandung dalam makanan atau minuman, baik gula tambahan dalam makanan olahan, maupun gula yang memang terkandung dalam bahan makanan secara alami. Jangan langsung yakin bahwa suatu makanan tidak mengandung gula tersembunyi hanya karena rasanya pahit, asam, atau gurih. Bacalah label komposisi bahan makanan dalam makanan kemasan, juga lihat resep masakan. Jangan kaget menemukan bahwa ternyata makanan pedas atau minuman asam sekalipun mengandung gula dalam jumlah yang  tidak sedikit. Inilah yang disebut dengan gula tersembunyi.
 
Beberapa jenis makanan yang diklaim sebagai makanan sehat ternyata mengandung gula tersembunyi, terutama makanan olahan yang diklaim berserat tinggi. Contohnya: sereal, biscuit atau roti gandum, granola, minuman oat, jus, rujak, es, sup buah, puding, jeli, dan agar-agar. Beberapa jenis minuman yang juga mengandung gula antara lain minuman isotonik, minuman diet, susu kacang, susu beras, susu almond, berbagai produk susu antara lain eskrim, smoothies, yogurt, minuman bersoda, teh dan kopi. Klaim “no added sugar” atau “unsweetened” pada kemasan minuman atau makanan artinya tidak ada gula yang ditambahkan. Namun demikian, makanan atau minuman tersebut masih mengandung gula tersembunyi karena gula terdapat secara alami dalam bahan makanan seperti madu,tebu,buah dan umbi-umbian manis.
 
Asupan gula tersembunyi ini merupakan asupan kalori tambahan tanpa manfaat nutrisi lainnya, kadang disebut “empty calories” atau kalori kosong, dan orang yang mengonsumsinya biasanya tidak mengompensasinya dengan mengurangi konsumsi total makanan per harinya.Kandungan gula yang tersembunyi dalam beberapa jenis makanan dan minuman kemasan dapat dilihat pada table berikut.
Tabel 1. Kandungan gula tersembunyi dalam makanan dan minuman kemasan
 
                               Kandungan Gula Per Saji
Minuman bersoda kemasan 34–47 gram
Saus 3-16   gram 
Minuman jus dan minuman rasa buah 12–65 gram
Air dengan rasa 10–25 gram
Sup sayur 8–24 gram
Makanan penutup dan berbagai produk susu 6–16 gram
Makanan sarapan olahan dan smoothies 16–48 gram
Minuman teh dan kopi 12–60 gram
Sayur kalengan 8–25 gram
Roti tawar 8–12 gram
Bumbu salad 3 – 16 gram
Mi instan 8 – 16 gram

 

 
Tips menghindari gula tersembunyi yang ada pada makanan anak:
1. Biasakan membaca label komposisi makanan atau minuman kemasan. 
2. Kenali nama lain dari gula antara lain: sucrose, fructose, juice, maltose, dextrose, glucose, honey, syrup.
3. Batasi konsumsi makanan dan minuman kemasan, antara lain: roti, saus, sambal, bumbu salad, sup, jus buah, dan semua minuman manis, bersoda,beralkohol.
4. Pilih minum air putih daripada minuman bergula
5. Konsumsi buah segar sebagai camilan, bukan jus buah dengan tambahan gula pasir atau camilan manis.  
 
(dr. Dian Novita Chandra, M.Gizi)
 
 
Referensi:
WHO. Guideline: sugars intake for adults and children.WHO Library Cataloguing-in-Publication Data. 2015.
Atmarita, Jahari AB, Sudikno, Soekatri M. Asupangula, garam, danlemak di Indonesia: analisis survey konsumsimakananindividu (SKMI) 2014. GiziIndon 2016;39:1–14.
Boulton J,Hashem KM, Jenner KH, Lloyd-Williams F, Bromley H, Capewell S. How much sugar ishidden in drinks marketed tochildren? A survey of fruitjuices, juice drinks andsmoothies. BMJ Open2016;6:e010330.
Mari JAT. Hidden sugar in food: a risk for health. IJCND 2017;3:5–7. 
Journal of Clinical Nutrition & Dietetics
ISSN 2472-1921

]]>
Wed, 11 Apr 2018 10:44:31 +0700Nutricoach
Apakah Kafein Dapat Menyebabkan Wanita Sulit Hamil? https://meetdoctor.com/article/apakah-kafein-dapat-menyebabkan-wanita-sulit-hamil https://meetdoctor.com/article/apakah-kafein-dapat-menyebabkan-wanita-sulit-hamil Kafein merupakan ekstrak alami yang terkandung dalam biji kopi, biji coklat dan teh. Biasanya kita mengkonsumsi kafein dari makanan atau minuman yang mengandung ketiga jenis bahan tersebut. Dari ketiga bahan tersebut yang kandungan kafeinnya paling tinggi adalah kopi.

Kalau kita berbicara kopi yang terbayang adalah minuman nikmat. Kopi memang sungguh nikmat jika diminum baik pagi, sore atau saat malam hari ketika pekerjaan menumpuk. Kopi merupakan salah satu minuman yang paling dinikmati banyak orang, yang tidak sekadar diteguk saja, namun juga dinikmati.

Bukan hanya nikmat, kopi juga memiliki efek baik untuk tubuh. Kopi  mengandung sejumlah antioksidan, substansi yang diperlukan tubuh untuk menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap sel tubuh yang normal.

Kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat menstimulasi dan membantu kita untuk menangkap dan fokus terhadap informasi yang diterima untuk jangka pendek. Selain itu, kafein juga dapat membantu meredakan sakit kepala, dapat membantu meningkatkan efek obat-obatan penghilang rasa sakit. Itu sebabnya, produsen obat-obatan sakit kepala dan migrain menambahkan kafein (dalam skala kecil) kedalam obat-obatan tersebut .

Selain efek baik, sebagaimana disebut di atas, kafein juga mempunyai efek kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Para penikmat kopi perlu memperhatikan bahwa  mengonsumsi  terlalu banyak kafein dapat menimbulkan gejala kecemasan, insomnia, jantung berdebar-debar,  gangguan pencernaan dan tremor.

Sering kali ada pertanyaan, bagaimana dengan wanita yang sedang  merencanakan kehamilan;  apakah boleh mengonsumsi kopi? Apakah boleh mengkonsumsi minuman dan makanan yang menggandung kafein? Apakah betul kafein menyebabkan wanita sulit hamil?

Hingga sejauh ini belum ada penelitian yang mengabarkan bahwa kafein menyebabkan wanita sulit hamil. Namun, bagi perempuan yang sedang hamil, para ahli menyarankan sebaiknya mengurangi konsumsi kopi. Selain itu, mereka yang sedang  hamil juga sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Rekomendari para ahli,  untuk para ibu hamil hanya boleh mengkonsumsi kafein dalam batas tertentu. Yakni,kurang dari 200mg per hari atau setara 1-2 gelas kopi, 4-6 gelas teh, atau 6 gelas minuman soda.

(dr. Mimi)

Daftar Pustaka

  1.  Erick M. (2008).  Krause’s Food & Nutrition Therapy, Chapter 5
  2. Nutritional  Facts on caffeine-containing Products. (2008).  Krause’s Food & Nutrition Therapy, hal 1277

]]>
Wed, 11 Apr 2018 08:53:42 +0700Nutricoach
Menelusuri Potensi Penyelamatan Sel Punca Hematopoietik Darah Tali Pusat https://meetdoctor.com/article/menelusuri-potensi-penyelamatan-sel-punca-hematopoietik-darah-tali-pusat https://meetdoctor.com/article/menelusuri-potensi-penyelamatan-sel-punca-hematopoietik-darah-tali-pusat Sel punca atau sel induk merupakan sel yang belum berdiferensiasi dan berpotensi berkembang menjadi banyak sel di dalam tubuh. Dikutip dari jurnal yang dimuat pada iMedpub Journals  pada 2016 lalu, sel punca hematopoietik (HSC) bertanggung jawab dalam pemeliharaan dan produksi sel darah yang fungsional.

Untuk penggunaan klinis, HSC dapat diperoleh dari darah perifer, sumsum tulang, dan darah tali pusat (UCB). Darah tali pusat adalah sumber HSC yang berharga dan menjadi alternatif efektif untuk transplantasi sumsum tulang. Transplantasi sel punca hematopoietik dari darah tali pusat pertama kali dilakukan pada tahun 1988 dan sampai saat ini telah dilakukan 35.000 transplantasi.

Beberapa uji klinis telah dimulai untuk meneliti aplikasi sel punca darah tali pusat secara autologus atau alogenik untuk pengobatan beberapa kelainan saraf, imun, dan jantung.

Beberapa uji klinis yang menggunakan sel-sel ini antara lain:

  • Cidera otak yang mengakibatkan turun atau terbatasnya asupan darah dan oksigen ke otak dan menyebabkan kematian jaringan otak.
  • Serebral palsi mempengaruhi 1 dari 323 anak disebabkan oleh cidera otak atau kekurangan oksigen di otak sebelum kelahiran atau selama beberapa tahun pertama kehidupannya, dapat mengganggu gerakan, proses belajar, kemampauan pendengaran, penglihatan dan keahlian.  Peneliti dari Korea telah menyelesaikan penelitiannya dan melaporkan bahwa pengobatan UCB memperbaiki disfungsi motorik dan kognitif pada anak dengan serebral palsi yang menjalani rehabilitasi aktif.
  • Penyakit sel sabit (sickle cell anemia) adalah bentuk anemia yang disebabkan oleh kelainan genetik pada gen produksi hemoglobin, dan biasanya diturunkan. Telah diketahui bahwa transplantasi HSC dari darah tali pusat dapat digunakan untuk mengobati penyakit sel sabit.
  • Infark Myokard biasanya disebabkan oleh bekuan darah yang menghambat aliran ke sebagian otot jantung. Kurangnya oksigen akan menyebabkan kematian sel, yang berakhir menjadi pembentukan jaringan parut yang melemahkan dan menurunkan fungsionalitas jantung. Sampai saat ini terdapat 13 penelitian menggunakan sel punca untuk mengobati pasien dengan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada otot jantung. 
  • Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun yang menyebabkan sel-sel beta pada pankreas mengalami kerusakan. Hal ini menyebabkan insulin tidak diproduksi dengan cukup sehingga berakhir pada kadar gula darah yang tidak terkontrol. Saat ini, data penelitian klinis mencatat 47 penelitian yang meneliti pengobatan diabetes tipe 1 menggunakan sel punca darah tali pusat.
  • Reaksi penolakan transplantasi (Graft versus host disease (GVHD)) terjadi saat transplantasi jaringan manusia, seperti darah atau organ dari donor kepada penerima, diserang oleh sistem imun penerima. Saat ini penelitian fase II di Karolinska Institute telah dilanjutkan dalam sebuah penelitian yang lebih besar di Eropa
  • Terdapat 2 penyebab utama stroke, perdarahan pada otak atau sumbatan pada arteri yang membawa darah ke otak. Keduanya menyebakan kurangnya asupan oksigen ke jaringan otak. Penelitian menunjukkan bahwa injeksi sel punca mesenkimal (MSC) yang berasal dari tali pusat langsung pada lesi dapat efektif.

Sejak pertama kali dilaporkan oleh tim Perancis Prof. Gluckman, darah tali pusat telah menjadi alternatif yang sah untuk transplantasi sel punca bagi beberapa indikasi termasuk keganasan dan penyakit non-keganasan.

Di masa depan, meningkatkan jumlah HSC dalam unit UCB penting dalam mendukung kesuksesan transplantasi bagi orang dewasa yang membutuhkan jumlah sel punca yang lebih besar untuk keberhasilan transplantasi.

Beberapa peneliti saat ini sedang mencari bagaimana  cara yang benar dan aplikatif untuk meningkatkan jumlah sel punca dalam unit darah tali pusat dan bagaimana menjaga sifat asli mereka.

Penelitian klinis yang lebih besar terus dilakukan untuk memahami lebih baik dan mengkonfirmasi potensi dari sel-sel yang berharga ini dan untuk mengkonfirmasi penggunaannya untuk pengobatan bagi berbagai indikasi. 

Untuk mendapatkan edukasi lebih lanjut mengenai Sel Punca dan alasan penting mengapa Anda harus menyimpannya, sekaligus mendapatkan Voucher Diskon Penyimpanan Darah Tali Pusat, klik di sini.

 

Diterjemahkan dari : Tiwari A, Moeneclaey G, Jenkin G, Kirkland M A. Exploring Life Saving Potential of Umbilical Cord Blood Derived Hematopoietic Stem Cells. Imedpub Journal. 2016:2(1):10


]]>
Thu, 12 Apr 2018 16:42:05 +0700Kesehatan A-Z
Makanan yang Harus Dihindari Saat Menyusui https://meetdoctor.com/article/makanan-yang-harus-dihindari-saat-menyusui https://meetdoctor.com/article/makanan-yang-harus-dihindari-saat-menyusui Pada saat periode menyusui, selain memperhatikan kecukupan gizi, ibu juga harus mewaspadai konsumsi makanan dan minuman tertentu yang dapat memberikan dampak kurang baik bagi bayi. Dampak yang mudah terlihat pada bayi misalnya gangguan pola tidur serta perilaku bayi yang lebih rewel dan gelisah dari biasanya. 

Kafein yang terdapat dalam kopi, teh, dan beberapa minuman energi dalam kemasan dapat masuk ke dalam ASI. Meskipun dikatakan bahwa kafein masih aman dikonsumsi hingga 200 mg per hari atau setara dengan 2 cangkir kopi, namun sebaiknya tetap batasi konsumsi kopi, teh, maupun minuman kemasan yang mengandung kafein. Setidaknya ibu dapat mengonsumsi kafein setelah menyusui atau 4 jam sebelum menyusui untuk meminimalkan efeknya terhadap si kecil.

Adanya zat teobromin pada coklat juga dapat menyebabkan iritabilitas (bayi tampak gelisah) serta peningkatan motilitas usus bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan oleh ibu (lebih dari 500 mL minuman coklat per hari). Ibu menyusui juga sebaiknya menghindari konsumsi alkohol atau setidaknya minuman beralkohol dikonsumsi setelah menyusui atau 4 jam sebelum menyusui untuk meminimalkan efek terhadap bayi. Mengonsumsi alkohol lebih dari 2 sajian per hari secara teratur dapat memberikan efek buruk pada bayi dan dapat menyebabkan drowsiness, kelemahan, dan peningkatan berat badan yang tidak normal pada bayi.

Secara umum tidak ada pantangan bagi ibu menyusui, namun ada baiknya ibu selalu membuat catatan mengenai makanan dan minuman apa saja yang kira-kira memberikan dampak pada bayinya. Buatlah suatu food journal yang mencakup makanan dan minuman yang dikonsumsi termasuk saat mengonsumsinya dan gejala yang diperlihatkan oleh bayi misalnya bayi menjadi gelisah dan rewel, sering terbangun dari tidur, diare, dan bahkan buang air besar berdarah. Bawalah food journal ini ke dokter Anda untuk mendiskusikannya lebih lanjut apakah memang makanan atau minuman dalam daftar tersebut dapat berdampak terhadap bayi Anda.

(dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK)

Referensi:

  1. Your guide to breastfeeding. US Department of Health and Human Services, Office on Women’s Health, 2011.
  2. Santos IS, Matijasevich A, Domingues MR. Maternal caffeine consumption and infant nighttime waking: Prospective Cohort Study. Pediatrics, 2012.
  3. Scientific Opinion on the safety of caffeine. European Food Safety Authority. 2015

]]>
Thu, 12 Apr 2018 10:26:08 +0700Nutricoach
Perencanaan makan untuk ibu hamil https://meetdoctor.com/article/perencanaan-makan-untuk-ibu-hamil https://meetdoctor.com/article/perencanaan-makan-untuk-ibu-hamil Perencanaan makan untuk Ibu hamil, idealnya, dimulai sejak seawal mungkin.  Perencanaan makan yang baik meliputi jumlah kalori yang dikonsumsi, jenis makanan yang dipilih, dan jadwal makan sehari-hari.

Jumlah energi yang dibutuhkan Ibu hamil, tergantung pada trimester kehamilan, berat dan tinggi badan.  Pada kehamilan trimester satu, Ibu memerlukan tambahan kalori relatif tidak banyak, kecuali bagi Ibu hamil dengan berat badan kurang.  Jika sebelum hamil mempunyai berat badan kurang, Ibu hamil dianjurkan meningkatkan berat badannya hingga mencapai berat badan ideal.  Sebaliknya, Ibu hamil dengan berat badan lebih, dianjurkan membatasi asupan makannya, peningkatan berat badan 0,5-1,5 kg saja pada 3 bulan pertama sudah cukup bagi Ibu hamil dengan berat badan lebih.  Jika sebelum hamil mempunyai berat badan normal, Ibu hamil dianjurkan mengosumsi makan seperti biasa dengan tambahan 180 kkal/hari dan 300 mL air/hari.  Pada trimester selanjutnya, kebutuhan kalori akan meningkat seiring dengan perkembengan janin di rahim Ibu.  Tambahan makanan yang dianjurkan pada trimester 2 dan 3 adalah 300 kalori dan 300 mL air/hari. Contoh makanan yang mengandung 180 kalori 1 gelas susu + 1 keping biskuit, atau 1 potong lauk + 1 keping biskuit, atau 1 potong lauk + 1 porsi buah.  Contoh makanan yang mengandung 300 kalori yaitu 1 gelas susu + 1 potong lauk, atau 2 gelas susu, atau 1 potong lauk + 1 keping biskuit + 1 porsi buah.

Jenis makanan yang dianjurkan dikonsumsi bagi Ibu hamil adalah makanan yang mengandung semua zat gizi yang diperlukan, singkat kata adalah bervariasi.  Karena tidak ada satu jenis makanan yang mengandung semua zat gizi yang diperlukan tubuh, oleh karena itu parlu mengonsumsi bermacam bahan makanan agar dapat saling melengkapi.  Variasi makanan berdasarkan kelompok bahan makanan sumber adalah: bahan makanan sumber karbohidrat misalnya nasi, roti, mi, pasta, jagung, ubi; bahan makanan sumber protein misalnya telur, susu, daging, unggas, udang, kacang-kacangan, tahu, tempe;  bahan makanan sumber lemak misalnya minyak dan gajih, bahan makanan sumber vitamin, mineral dan serat yaitu sayur dan buah.

Jadwal makan bagi Ibu hamil idealnya adalah 3 kali makan utama dan 2-3 kali selingan.  Saat Ibu hamil trimester satu sering mengalami rasa mual-muntah, makan teratur sesuai jadwal yang disarankan akan mengurangi rasa tidak nyaman dibandingkan jika makan sekaligus banyak.  Makan dengan porsi kecil dan sering bermanfaat mengurangi rasa penuh dan memberikan asupan yang cukup.  Di saat lain, pada Ibu hamil besar, rasa cepat kenyang juga dapat terjadi karena desakan janin yang makin membesar.  Asupan makan yang tidak memenuhi kebutuhan saat hamil berdampak mengganggu pertumbuhan janin.  Jadwal makan yang teratur selain bermanfaat memenuhi kebutuhan gizi Ibu dan janin, juga bermanfaat menjaga keberlangsungan suplai zat gizi bagi janin.  Janin memerlukan aliran zat gizi terus menerus dari  makanan yang dikonsumsi Ibu hamil yang dialirkan melalui tali pusat janin.  Suplai zat gizi yang  sering terhenti menyebabkan janin tumbuh tidak maksimal.

 

Tabel: Penambahan kalori dan air pada Ibu hamil.

 

USIA KEHAMILAN

PENAMBAHAN (kkal)

AIR

(mL)

TRIMESTER I

180

300

TRIMESTER II

300

300

TRIMESTER III

300

300

(dr. Luciana Sutanto, M.Gizi, SpGK)

Referensi:

Angka Kecukupan Gizi 2013.

Devakumar D, Fall CHD, Sachdev HS, Margetts BM, Osmond C, Wells JCK, et al.

Maternal antenatal multiple micronutrient supplementation for long-term health benefits in children: a systematic review and meta-analysis. 2016. BMC Med. 14(1):90. doi: 10.1186/s12916-016-0633-3.

Muktabhant B, Lawrie TA, Lumbiganon P, Laopaiboon M. Diet or exercise, or both, for preventing excessive gestational weight gain in pregnancy. Cochrane Database of Systematic Reviews 2015. Issue 6. CD007145.

Nutrition and pregnancy. WHO recommendations on antenatal care for a positive pregnancy experience 3 November 2016; www.who.int/nutrition/publications/pregnant/en/

Rungsiprakarn P, Laopaiboon M, Sangkomkamhang US, Lumbiganon P, Pratt JJ.

Interventions for treating constipation in pregnancy. Cochrane Database of Systematic Reviews 2015, Issue 9: CD011448.

The American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG).  Your Pregnancy and Childbirth, Month to Month, Revised Sixth Edition. 2016.
 


]]>
Fri, 13 Apr 2018 11:24:46 +0700Nutricoach
9 Hal Yang Harus Diketahui Laki-Laki Agar Jerawat Tidak Mudah Muncul https://meetdoctor.com/article/9-hal-yang-harus-diketahui-laki-laki-agar-jerawat-tidak-mudah-muncul https://meetdoctor.com/article/9-hal-yang-harus-diketahui-laki-laki-agar-jerawat-tidak-mudah-muncul

Jerawat termasuk masalah kulit yang bisa dialami oleh perempuan dan laki-laki. Banyak faktor yang bisa jadi penyebab munculnya jerawat, seperti faktor kebersihan, genetik, hormonal dan bakteri. Berbeda dengan perempuan yang kemunculan jerawat dipengaruhi oleh siklus menstruasi, pada laki-laki jerawat akan terus ada selama belum mendapatkan pengobatan. Hal ini dikarenakan kadar androgen pada laki-laki yang cenderung konstan. Selain itu, jaringan kulit pada laki-laki yang cenderung lebih tebal, membuat kerusakan atau jaringan parut, yang ditimbulkan bisa lebih berat dibandingkan pada perempuan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, ada cara untuk mencegah munculnya jerawat. Apa saja?

1. Keep your skin clean

Membersihkan wajah secara teratur adalah suatu keharusan agar kulit tetap sehat dan terhindar dari jerawat. Pasalnya sisa minyak, kotoran, dan produk yang tidak dibilas dapat menyebabkan sumbatan pada saluran kelenjar penghasil minyak dan memicu jerawat.

2. Hati-hati memilih produk untuk perawatan kulit wajah

Ada suatu kondisi yang disebut acne cosmetica, yaitu timbulnya jerawat yang diakibatkan oleh pemakaian produk kosmetik. Hindari produk yang terlalu iritatif dan mengandung alkohol, karena dapat memicu jerawat. Pilihlah produk pembersih wajah yang mampu membersihkan kotoran yang menempel di wajah sampai dengan pori terdalam, seperti pembersih yang mengandung Carnitine dan Ekstrak super fruit2 yang efektif membersihkan wajah secara menyeluruh.

3. Hindari terlalu sering mengonsumsi dairy food.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Academy of Dermatology menjelaskan bahwa konsumsi produk yang mengandung susu dan dairy, dapat meningkatkan produksi sebum yang secara tidak langsung berisiko lebih tinggi dalam memicu sumbatan di kelenjar minyak yang menyebabkan jerawat.

4. Kendalikan stres.

Kondisi psikologis sangat mempengaruhi timbulnya jerawat. Sebuah penelitian pada tahun 2007 menjelaskan bahwa semakin tinggi tingkat stress psikologis akan semakin meningkatkan keparahan dari jerawat.

5. Jangan merokok

Merokok akan memicu produksi senyawa kimiawi dalam tubuh yang disebut radikal bebas. Radikal bebas akan memicu tubuh kita untuk memproduksi protein yang menyebabkan inflamasi (peradangan), yang disebut sitokin. Molekul ini diketahui berperan pada fase-fase awal timbulnya jerawat. Suatu penelitian menunjukkan bahwa pada pori- pori kulit yang mengalami sumbatan, ditemukan kadar sitokin yang tinggi yang akhirnya akan memicu jerawat. Jadi, stop merokok bila ingin kulit bebas dari jerawat. Lalu bagaimana denga n e-cigarettes atau vape? Studi di tahun 2016 menjelaskan pula bahwa

baik merokok atau e-cigarettes sama-sama dapat meningkatkan sitokin peradangan yang dapat menyebabkan jerawat.

6. Perhatikan alat cukur yang digunakan sehari-hari

Upayakan untuk selalu menggunakan pisau cukur sekali pakai dan selalu perhatikan kebersihan alat cukur yang digunakan, termasuk juga produk aftershave. Karena hal-hal ini dapat memicu timbulnya keadaan seperti jerawat yang disebut folikulitis barbae.

7. Ponsel yang penuh bakteri bisa menjadi salah satu penyebab

Ponsel adalah salah satu alat yang paling banyak kumannya. Karena itu, terlalu lama menempelkan ponsel ke wajah saat menelepon bisa menimbulkan jerawat. Solusinya? Gunakan earphone dan rajin membersihkan ponsel sebelum digunakan.

8. It’s in your genes

Tak bisa dipungkiri, factor genetik memegang peranan pula pada seseorang yang mudah mengalami jerawat. Ada beberapa individu yang apabila berjerawat, maka jerawat yang timbul akan cukup hebat dengan masa penyembuhan yang lama, biasanya keturunannya pun akan mengalami kondisi yang sama saat mengalami jerawat. Apabila telah mengetahui bahwa orang tua memiliki riwayat seperti itu maka bukan berarti tidak bisa dicegah. Lakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam merawat kulit agar tidak harus mengalami kondisi serupa.

9. Jerawat yang sudah timbul jangan dibiarkan

Jerawat yang sudah timbul harus secepatnya diobati agar inflamasi/ peradangan dapat secepatnya diatasi sehingga tidak muncul komplikasi berupa scar (jaringan parut). Scar jerawat dapat berupa bercak gelap/ merah yang sulit hilang, tekstur kulit menjadi tidak rata atau bahkan menimbul. Bila sudah sampai seperti ini, pengobatannya akan menjadi lebih sulit lagi. Tidak mau kan? Maka itu, ketika wajah Anda berjerawat, pilihlah produk pembersih wajah yang mampu membersihkan kotoran sampai lapisan pori terdalam, seperti mengandung ekstrak magnolia bark yang efektif membersihkan wajah dari kotoran, debu dan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Ketika kulit  wajah Anda bersih, maka jerawat pun akan lebih mudah diatasi.

 

Ditulis Oleh: dr. Ruri D. Pamela, SpKK


]]>
Mon, 16 Apr 2018 14:27:06 +0700Jerawat
Memilih Cemilan Untuk Anak https://meetdoctor.com/article/memilih-cemilan-untuk-anak https://meetdoctor.com/article/memilih-cemilan-untuk-anak Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan dan perkembangan. Pada masa ini anak membutuhkan nutrisi yang baik untuk mendukung tumbuh kembangnya. Namun tidak jarang pada fase ini justru anak mengalami masalah dalam hal makan, baik sulit makan maupun anak yang memilih makanan tertentu saja. Tidak semua anak menyukai pola makan yang semestinya seperti sarapan, makan siang atau makan malam. Ada kalanya anak lebih menyukai makanan ringan atau camilan dibandingkan makan berat. Disinilah peran orang tua dalam memilihkan camilan yang sehat bagi putera-puterinya, meskipun termasuk makanan ringan namun padat gizi.

Sebelum memilihkan camilan ada baiknya kita mengetahui berbagai jenis makanan. Berdasarkan tumpeng gizi seimbang, makanan dibagi menjadi 4 kelompok yaitu 1) Kelompok makanan pokok berpati seperti nasi, roti, kentang, pasta, sereal dan lain-lain yang berfungsi sebagai sumber energi. Kelompok inilah yang dikonsumsi dalam jumlah banyak setiap harinya; 2) Kelompok buah dan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral dan merupakan sumber serat. Fungsinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam sehari dianjurkan untuk memakannya sebanyak 5 porsi; 3) Sumber protein yang berasal dari hewani seperti daging, ayam, ikan, telur, susu dan keju, serta protein nabati yang berasal dari tumbuhan seperti kacang—kacangan, tahu, tempe, oncom, dan susu kedelai. Protein berguna untuk membantu pertumbuhan tubuh. Kelompok ini sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang; 4) Makanan yang mengandung minyak, gula (manis) ataupun garam (asin/gurih). Kelompok makanan tersebut hanya boleh dikonsumsi seperlunya.

Dalam rangka mendapatkan nutrisi yang lengkap dan seimbang sesuai porsinya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah anak harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan dalam jumlah yang tepat. Hindari memberikan makanan cepat saji pada anak, gantilah makanan yang kurang bergizi dengan makanan yang menyehatkan. Contohnya sediakanlah puding buah daripada menyediakan sosis atau cireng, gantilah camilan keripik dengan buah potong, berikan jus buah dengan sedikit gula atau tambahan susu dibandingkan minuman softdrink .

Perbanyak konsumsi makanan berserat agar pencernaan lancar dan membiasakan anak untuk memakan sayur dan buah. Jika anak kesulitan atau belum terbiasa dengan makanan sehat atau berserat ada baiknya kita mengenalkannya perlahan dan tidak memaksa, cari waktu yang tepat saat mood anak sedang baik dan kombinasikan dengan makanan kesukaannya. Ada baiknya ibu berkreasi dalam menata atau membuat bentuk makanan/camilan yang lucu agar anak tertarik memakannya. Jangan membiasakan memberi camilan yang terlalu manis ataupun terlalu asin/gurih, karena akan membentuk selera rasa anak hingga dewasa nanti.

Bagi anak yang sudah agak besar dan terbiasa jajan / membeli camilan di sekolah atau diluar, sebaiknya mulai kini kita ajarkan bagaimana memilih camilan/jajanan yang baik dan menyehatkan. Beberapa hal berikut penting untuk diperhatikan agar anak  cerdas dalam memilih jajanan :

1. Ajarkan anak untuk memilih makanan yang dijual di tempat yang bersih

- Tempat makanan tertutup

- Terhindar dari debu, asap kendaraan dan sinar matahari langsung

- Lokasi tidak dekat dengan tempat sampah atau yang tempat yang banyak dihinggapi lalat

2. Ajarkan anak untuk membeli makanan dari penjual yang bersih

- Dapat dilihat dari pakaiannya, tangan dan kuku serta rambutnya

- Saat menjamah makanan menggunakan alat atau alas tangan (tangan penjual tidak memegang/bersentuhan langsung dengan makanan)

- Tidak melayani sambil merokok atau menggaruk anggota badan (telinga, hidung, mulut atau bagian tubuh lain)

- Tidak batuk atau bersin di depan makanan yang disajikan tanpa menutup mulut atau hidung

3. Ajarkan anak untuk memperhatikan kemasan makanan

- Makanan yang dijual harus dalam keadaan terbungkus atau tertutup

- Pembungkus/penutup makanan harus dalam keadaan bersih atau tidak mencemari makanan (hindari makanan yang terbungkus dengan koran atau kertas bekas), makanan yang panas tidak boleh dibungkus dengan plastic

4. Ajarkan anak untuk memilih jajanan yang aman

- Tidak mengandung pewarna buatan (warnanya cerah)

- Tidak mengandung pengawet atau pemanis buatan karena dapat membahayakan kesehatan

- Makanan masih dalam keadaan baik (belum melewati tanggal kadaluarsa, terlihat segar dan tidak menimbulkan bau tak sedap)

- Minuman yang dibeli harus berasal dari air/es batu yang bersih dan matang

5. Ajarkan anak untuk memilih jajanan yang mengandung gizi lengkap, tidak memilih makanan yang mengandung tinggi lemak dan terlalu manis ataupun gurih

Dengan memberikan camilan yang sehat dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi anak dan alangkah baiknya bila ibu menyiapkan sendiri bekal atau camilan untuk anak agar terjamin kebersihan serta kandungan gizinya.

(Review by dr. Yolin)

 Daftar Pustaka

  1. Almatsier S. 2004. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
  2. Knighton K. 2009. Mengenal Junk Food. Angeli (ed). Jakarta: Penerbit Erlangga.
  3. Permenkes No.942/Menkes/SK/VII/2003 Pedoman Persyaratan Hygiene Sanitasi Makanan Jajanan

]]>
Mon, 16 Apr 2018 14:17:45 +0700Nutricoach
Nutrisi untuk Bayi Usia 0 – 6 bulan https://meetdoctor.com/article/nutrisi-untuk-bayi-usia-0-6-bulan https://meetdoctor.com/article/nutrisi-untuk-bayi-usia-0-6-bulan Kebutuhan nutrisi pada bayi meliputi kebutuhannya untuk pertumbuhan, energi yang dikeluarkan selama aktivitas, kebutuhan metabolisme basal, serta interaksi antar nutrien yang dikonsumsi. Nutrisi yang cukup selama periode bayi dan masa anak-anak penting untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak dapat mencapai potensi optimalnya. Sedangkan nutrisi yang buruk dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Rekomendasi global yang dikeluarkan oleh WHO dan UNICEF untuk nutrisi yang optimal adalah pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan (130 hari) dan pemberian makanan padat yang cukup gizi dan aman dimulai dari usia 6 bulan sambil melanjutkan ASI hingga usia 2 tahun. Selama 6 bulan pertama ASI menyediakan seluruh makanan dan cairan yang dibutuhkan oleh bayi. Pemberian ASI eksklusif berarti bayi hanya mendapatkan ASI saja atau ASI perah, dan tidak diberikan cairan ataupun makanan padat lainnya, bahkan air putih. Pengecualian adalah untuk cairan rehidrasi oral, obat-obatan sirup atau drop yang mengandung suplemen vitamin da mineral. Oleh sebab itu jangan berikan apapun selain ASI, bahkan air putih, kepada bayi selama 6 bulan pertama. Berikan ASI sesuai permintaan bayi, siang dan malam. Semakin sering bayi menghisap payudara ibu dan disertai dengan perlekatan yang baik maka produksi ASI akan semakin banyak.

Apabila teknik menyusuinya benar, maka pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama usia bayi akan dapat memenuhi kebutuhan energi dan nutrien pada sebagian besar bayi. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa bayi sehat tidak membutuhkan tambahan air selama enam bulan pertama usianya apabila diberikan ASI eksklusif. ASI sendiri mengandung 88% air yang cukup untuk memenuhi rasa haus bayi. Pemberian cairan tambahan dikhawatirkan akan menggeser konsumsi ASI sehingga menurunkan jumlah asupan energi pada bayi.  

Indikator yang paling umum untuk menilai apakah bayi mengonsumsi cukup kalori adalah pertumbuhan fisik yang dilihat dari pertambahan panjang badan, berat badan, dan lingkar kepala. Pertumbuhan fisik adalah suatu proses kompleks yang dapat dipengaruhi oleh berat badan saat lahir serta usia kandungan saat dilahirkan, faktor lingkungan dan genetik, serta kondisi medis, selain dari asupan makannya. Secara umum, bayi sehat akan mencapai dua kali berat badan lahir pada usia 6 bulan dan mencapai tiga kali berat badan lahir pada usia 12 bulan. 

(dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK)

Referensi:

1 Trahms CM, McKean KN. Nutrition during infancy. Dalam: Krause’s Food and Nutrition Therapy, edisi 12. Saunders Elsevier, 2008

2 WHO Fact Sheet. Infant and child feeding. July 2017

3 Your Guide to breastfeeding. US Department of Health and Human Services, Office on Women's Health, 2011

 


]]>
Wed, 18 Apr 2018 11:31:28 +0700Nutricoach