MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 12 Tanda Depresi pada Pria https://meetdoctor.com/article/12-tanda-depresi-pada-pria https://meetdoctor.com/article/12-tanda-depresi-pada-pria Depresi pada wanita atau pria dapat menyebabkan kesedihan dan kehilangan minat pada aktivitas yang menyenangkan.  “Meski gejalanya sama, tidak memandang jenis kelamin, namun seringkali keluhan utamanya dapat berbeda di antara pria dan wanita,”  kata Ian A. Cook, MD, profesor psikiatri Miller Family di Universitas California, Los Angeles. 

Berikut tanda-tanda depresi pada pria yang perlu Anda ketahui

Kelelahan 
Orang yang mengalami depresi biasanya mengalami serangkaian perubahan fisik dan emosional. Mereka dapat mengalami kelelahan, serta keterbelakangan psikomotor, atau memperlambant gerakan fisik, ucapan dan proses berpikir. 

Menurut Josh Klapow, PhD, seorang psikolog klinis di Universitas Alabama, pria lebih mungkin dibandingkan wanita untuk melaporkan kelelahan dan gejala lainnya sebagai keluhan utama mereka. 

Terlalu banyak tidur atau terlalu sedikit
Gangguan tidur seperti insomnia, bangun pagi-pagi sekali atau terlalu banyak tidur adalah gejala depresi yang umum. “Beberapa orang tidur 12 jam sehari dan masih merasa lelah, kemudian tidur lagi dan terbangun setiap dua jam,” kata Dr. Cook.  Seperti kelelahan, masalah tidur adalah salah satu gejala utama yang dapat didiskusikan pria depresi dengan dokter mereka. 

Sakit perut atau sakit punggug
Masalah kesehatan seperti sembelit atau diare, serta sakit kepala dan sakit punggung, biasa terjadi pada orang yang mengalami depresi. Tapi pria seringkali tidak menyadari bahwa sakit kronis dan gangguan pencernaan berjalan seiring dengan depresi. Menurut Norman Sussman, MD, seorang profesor psikiatri di NYU Langone Medical Center, orang yang mengalami depresi benar-benar merasa buruk secara fisik, dan ini adalah gangguan medis. 

Mudah tersinggung
Tanda lain yang ditunjukkan oleh pria yang mengalami depresi adalah tidak mampu mengendalikan marah dan mudah tersinggung. Selain itu, pikiran negatif juga selalu menyertai pria depresi. Mereka mudah tersinggung karena mereka selalu memiliki pikiran negatif. 

Sulit konsentrasi
Ketika depresi, kemampuan seseorang untuk memproses informasi  menjadi melambat, sehingga mengganggu konsetrasi pada pekerjaan atau tugas lainnya. Hal ini karena di kepalanya berseliweran pikiran negatif, sehingga Anda tidak fokus pada apapun. Seperti komputer, otak adalah CPU-nya. Ketika depresi otak Anda atau CPU tidak bekerja dengan baik. 

Marah dan  bersikap bermusuhan
Beberapa pria menunjukkan gejala depresi dengan sikap bermusuhan, marah atau berperilaku agresif. “Seorang pria menujukkan yang manyadari ada sesuatu yang salah mungkin perlu mengimbanginya dengan menunjukkan bahwa dia masih kuat atau mampu,” kata Dr. Sussman. 

Sussman mengatakan bahwa dia juga melihat pria menjadi bermusuhan saat mereka menarik diri sebagai akibat depresi yang mereka alami, dan merasa mendapat tekanan dari teman atau keluarga untuk bergabung kembali dengan masyarakat.

Stres
Pria cenderung melaporkan gejala depresi sebagai stres, bukan karena mereka memiliki lebih banyak tekanan, tapi ini lebih mudah diterima oleh masyarakat, begitu menurut Klapow. 
"Pria mungkin lebih cenderung melaporkan gejala depresi sebagai stres, bukan karena mereka memiliki lebih banyak tekanan; ini lebih mudah diterima oleh masyarakat untuk melaporkannya," kata Klapow. 

Menurut Dr. Cook, stres dan depresi juga bisa menempuh jalan dua arah. “Ini akurat untuk mengatkan bahwa stres dapat menjadi indikator depresi klinis tapi juga menjadi bagian dari penyebabnya,” katanya. Penelitian telah menunjukkan bahwa stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan perubahan, baik di tubuh dan otak, yang pada gilirannya dapat memicu depresi. 

Gangguan kecemasan
Penelitian telah menunjukkan hubungan yang kuat antara gangguan kecemasan dan depresi. Sebenarnya gangguan kecemasan, lebih umum dialami wnita, tapi seringkali pria lebih mudarh berbicara tentang perasaan cemas mereka, bukan sedih, kata Dr. Cook. 
Pria mungkin mendiskusikan kekhawatiran tentang pekerjaan dan apakah kehilangan pekerjaan akan menghalangi kemampuan mereka untuk membahagiakan diri dan keluarga mereka. 

Menyalahgunakan zat terlarang
Penelitian menunjukkan bahwa pecando alkohol hampir dua kali lebih mungkin mengalami depresi berat dibandingkan dengan orang-orang yang tanpa masalah minum. “Meski terjadi pada pria maupun wanita, namun menggunakan narkoba atau alkohol untuk menutupi perasaan tidak nyaman adalah strategi yang akan dilakukan banyak pria daripada mencari perawatan kesehatan,” kata Dr. Cook. Mereka merasa harus bisa memperbaiki ini sendiri dan akan menggunakan bahan kimia untuk melakukan itu. 

Disfungsi seksual 
Depresi adalah alasan umum untuk kehilangan keinginan dan disfungsi ereksi (DE), dan ini adalah satu gejala bahwa pria cenderung tidak melaporkannya. “Masalah kinerja yang menurun bisa datang dari depresi dan membuat depresi menjadi lebih buruk,”  kata Dr. Cook. Namun, ejakulasi dini bisa merupakan efek dari kondisi medis atau obat lain, termasuk antidepresan, dan ED dengan sendirinya tidak memberi sinyal depresi. 

Bersikap ragu
Beberapa orang secara alami mengalami kesulitan membuat keputusan, sehingga ketidakmampuan untuk membuat pilihan biasanya hanya mengkhawatirkan jika itu adalah perilaku baru. Menurut Klapow ini adalah masalah pemrosesan informasi," dan depresi memperlambat kemampuan Anda untuk memutuskan. 

Pikiran bunuh diri
Wanita lebih cenderung mencoba untuk bunuh diri saat depresi, tapi pria empat kali lebih mungkin meninggal jika mereka melakukan bunuh diri. Salah satu alasannya karena pria cenderung memilih metode yang lebih mematikan. “"Mereka lebih sering menggunakan senjata api dan bunuh diri saat pertama kali mencobanya," kata Dr. Cook.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 


]]>
Fri, 11 Aug 2017 16:13:30 +0700Depresi
Ini Akibatnya Jika Anda Mandi Setiap Hari https://meetdoctor.com/article/ini-akibatnya-jika-anda-mandi-setiap-hari https://meetdoctor.com/article/ini-akibatnya-jika-anda-mandi-setiap-hari Berapa kali Anda mandi setiap hari? Minimal 1-2 kali. Hidup di negara tropis seperti di Indonesia memang membuat kita merasa kotor oleh keringat dan debu. Tapi, tahukah Anda bahwa mandi setiap hari tidak baik bagi kesehatan. 
Berikut ini alasan mengapa mandi setiap hari lebih buruk daripada tidak mandi sama sekali: 

Memicu munculnya jerawat dan penyakit lain
Manusia memiliki sesuatu yang disebut microbiome, yaitu kumpulan bakteri, virus dan mikroba yang hidup di tubuh kita. Mikrobiome ini pada dasarnya seperti ekosistem kulit Anda, dan gangguan terhadapnya (seperti mandi setiap hari) dapat menyebabkan jerawat. Tak hanya itu, ketidakseimbangan ekosistem mikroba itu dapat menyebabkan penyakit, sistem kekebalan tubuh, pencernaan, bahkan jantung. 

Kulit menjadi kering
Jika Anda mandi setiap hari, Anda menggunakan sabun dan exfoliant yang bisa membuat kulit Anda terasa dan terlihat kering. Itu karena ketika air menguap dari tubuh Anda, itu menghilangkan banyak kelembapan kulit. Dermatologists mengatakan semakin banyak Anda mandi, terutama dengan air panas, akan membuat kulit Anda semakin kering, karena Anda benar-benar membersihkan kulit dari minyak alami yang dibutuhkan untuk melembapkan kulit. Kulit yang kering bisa menjadi retak, selalin akan membuat kulit tampak buruk, kulit juga menjadi terbuka sehingga memudahkan kuman dan penyakit untuk masuk. 

Merusak rambut
Setiap hal yang ada di tubuh kita, terkait satu sama lain. Jadi, jika Anda merusak kulit Anda, maka Anda akan merusak rambut dan kuku Anda. 
Sekali lagi, saat Anda mandi setiap hari, Anda membersihkan kulit dari minyak alami yang dibutuhkan tubuh. Rambut Anda juga kemungkinan menjadi lebih berminyak karena Anda mandi setiap hari. Bila Anda sering mencuci rambut, kulit kepala Anda akan mengalami kelabihan produksi minyak, menghasilkan lebih banyak lagi minyak untuk menebus kekurangan minyak yang Anda cuci setiap hari. Cobalah latih rambut Anda untuk memproduksi minyak secukupnya. Caranya, tidak keramas selama beberapa minggul, rambut Anda memang akan berminyak, tapi tubuh akan menyamakan kedudukan dengan tidak memproduksi minyak secara berlebihan. 

Dengan semua di atas, maka Anda mungkin perlu mengurangi waktu mandi Anda menjadi tiga kali dalam seminggu. Lagipula dengan tidak mandi setiap hari, Anda sudah menghemat air dan ikut menyelamatkan dunia dari kekurangan air. 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Thu, 10 Aug 2017 15:55:02 +0700Kesehatan A-Z
Tindakan Tidak Biasa untuk Leukemia https://meetdoctor.com/article/tindakan-tidak-biasa-untuk-leukemia https://meetdoctor.com/article/tindakan-tidak-biasa-untuk-leukemia Leukemia adalah penyakit kanker darah yang menyerang sumsum tulang belakang yang memproduksi sel-sel darah putih. Sel darah putih sendiri adalah sel yang melindungi tubuh dari benda asing atau penyakit. Dalam keadaan normal, sumsum tulang belakang menghasilkan sel-sel darah putih yang berkembang baik sehingga mampu mengatasi infeksi yang muncul.Sedangkan pada kondisi leukemia, sumsum tulang belakang memproduksi sel-sel darah yang abnormal sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Banyaknya jumlah sel darah putih yang dihasilkan mengakibatkan terjadi penumpukan pada sumsum tulang belakang yang berakibat berkurangnya sel-sel darah sehat. 

Leukemia menjadi penyakit yang menakutkan. Namun, kini ada kabar baik, leukemia bisa disembuhkan dengan transplantasi sel punca, seperti yang dilakukan oleh seorang wanita di Shanghai. Yang Yingjie, nama wanita berusia 26 tahun ini mengidap leukemia akut. Ia menerima transplantasi sel punca dari ayahnya di Rumah Sakit Umum Shanghai dalam sebuah operasi yang tidak biasa. 

Yang Yingjie menerima transplantasi, yang hanya cocok sebagian dengan dirinya, bersama unit darah tali pusat dengan kecocokan sempurna untuk menurunkan penolakan. Yang adalah pasien ke-2500 yang menerima transfusi darah tali pusat yang berasal dari Bank Darah Tali Pusat Shanghai di bawah China Stem Cell Group, satu-satunya bank darah tali pusat berijin di kota tersebut. 

Yang diketahui mengalami leukemia akut pada bulan Desember lalu. Ia menerima pengobatan di Rumah Sakit Umum Shanghai untuk menstabilkan kondisinya sebelum transplantasi. Namun, ia tidak dapat menemukan donor yang cocok di bank sel punca dan harus menggunakan sel ayahnya yang hanya cocok sebagian. “Kami menggunakan terapi transplantasi sel punca gabungan pada kasus ini. Hal ini merupakan terobosan baru dalam pengobatan leukemia dalam beberapa tahun terakhir,” ujar dr. Wang Chun dari Rumah Sakit Umum Shanghai . 

“Masing-masing unit darah tali pusat hanya 50 mililiter, dan itu tidak cukup untuk pasien dewasa,” ujar Wang. “Sementara transplantasi gabungan antara sel punca dengan kecocokan sebagian dari orang dewasa dan unit darah tali pusat yang cocok sempurna dapat menurunkan penolakan dan membantu keberhasilan transplantasi dari sel punca yang cocok sebagian.” 

Sel punca dari darah tali pusat lebih muda daripada sumsum tulang orang dewasa, sehingga mereka tidak terlalu ditolak oleh penerima. Wang mengatakan timnya telah menggunakan terapi ini untuk mengobati beberapa leukemia rumit, dengan hasil yang baik.

Untuk mendapatkan edukasi lebih lanjut mengenai bagaimana Sel Punca dari Darah Tali Pusat dapat berperan dalam terapi Leukemia, serta mendapatkan Voucher Diskon Penyimpanan Darah Tali Pusat, klik disini

 

Referensi: 

http://www.shanghaidaily.com/metro/health-and-science/Highly-unusual-leukemia-operation/shdaily.shtml


]]>
Tue, 15 Aug 2017 10:21:34 +0700Leukemia
Trik Mengelabui Pikiran Agar Makan Lebih Sedikit https://meetdoctor.com/article/trik-mengelabui-pikiran-agar-makan-lebih-sedikit https://meetdoctor.com/article/trik-mengelabui-pikiran-agar-makan-lebih-sedikit Seberapa puas perasaan Anda saat mengonsumsi makanan seringkali bukan karena apa yang ada di dalam mulut, melainkan di dalam pikiran Anda. 

Pengalaman makan dan minum dipengaruhi oleh sejumlah faktor mengejutkan, dari beratnya garpu, musik yang diputar hingga warna piring Anda.  Profesor psikologi Oxford Charles Spence, PhD,  menyebut ini gastrofisika. Menurutnya gastrofisika  berperan penting dalam apa  dan berapa banyak yang kita makan. Bagaimana mengelabui pikiran Anda agar bisa makan lebih sedikit? 

Kurangi gula dengan piring putih 
“Pertimbangan warna piring saat makan, karena bisa mendorong salah satu dari kita ke dalam perilaku makan yang sedikit tidak sehat,” kata Spence. Penelitian menunjukkan bahwa piring putih membuat makanan kita terasa lebih manis. Dalam sebuah penelitian, stroberi memiliki rasa 10% lebih manis saat disajikan di atas piring putih daripada saat disajikan di atas piring hitam. Jadi jika Anda ingin menambahkan rasa manis pada makanan, jangan menambahkan pemanis tapi gunakan saja piring putih saat menyantapnya. 

Kecanduan camilan? Makan dari piring merah
Jika Anda mencoba mengurangi camilan asin dan renyah, warna merah adalah warna ideal untuk sendok garpu Anda. Merah adalah warna tanda berhenti, dan piring merah sepertinya mengirim pesan untuk berhenti makan. Satu studi yang dikutip Spence menemukan bahwa orang makan kira-kira separuh pretzel atau keripik kentang dari piring merah daripada yang mereka lakukan dari yang putih.

Pegang mangkuk dengan tangan Anda
Bagaimana cara agar otak Anda mendapatkan pesan bahwa Anda benar-benar sudah cukup makan dan bahkan telah makan lebih banyak dari yang seharusnya? Angkatlah piring atau mangkuk dari meja. "Otak kita sepertinya tidak memisahkan makanan apa dan makanan penutupnya," katanya. Berat piring atau mangkuk di tangan Anda memberi isyarat ke otak Anda bahwa makanan Anda penting dan memuaskan, katanya, jadi Anda merasa kenyang lebih cepat.

Fokus pada makanan Anda
"Semakin banyak sensasi yang bisa Anda dapatkan dari makanan Anda, membuat Anda makin bahagia sehingga makan lebih sedikit," kata Spence. Itu berarti menyingkirkan semua gangguan dari meja, dan sepenuhnya membenamkan diri Anda dalam waktu makan: Matikan TV sehingga Anda bisa melihat apa yang Anda makan. Dekatkan mangkuk Anda ke hidung dan hirup dalam-dalam. "Singkirkan sedotan Anda, yang memungkinkan Anda untuk mengonsumsi begitu banyak tanpa menyadarinya," kata Spence. Semakin penuh perhatian Anda bisa makan Anda, semakin baik. "Otak menggunakan sensasi tersebut untuk mengatakan, 'Sudah waktunya berhenti sekarang.'"

Visualisasikan makanan
Jika Anda memiliki kelemahan untuk, katakanlah, keripik kentang, bayangkan diri Anda makan keripik satu toples besar sebelum merobek kantongnya. Penelitian yang dipublikasikan pada 2010 mengemukakan bahwa hanya membayangkan makan makanan tertentu bisa mengurangi nafsu makan Anda. Para periset percaya bahwa berulang kali memvisualisasikan diri Anda makan makanan tertentu akan mengurangi keinginan Anda untuk itu seiring berjalannya waktu.

Putar musik yang tepat untuk menikmati cita rasa
Musik yang lebih lamban lebih baik daripada cepat, karena tempo yang menyenangkan bisa mendorong Anda untuk menikmati makanan. Sebaliknya, bila nadanya terlalu keras, bisa mendorong Anda untuk menambahkan perasa yang tidak sehat, seperti garam atau gula.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 


]]>
Fri, 18 Aug 2017 15:03:46 +0700Asupan Makanan dan Diet
6 Hal yang Pelan-Pelan Bisa Menghancurkan Pernikahan Anda https://meetdoctor.com/article/6-hal-yang-pelan-pelan-bisa-menghancurkan-pernikahan-anda https://meetdoctor.com/article/6-hal-yang-pelan-pelan-bisa-menghancurkan-pernikahan-anda Jika selama ini Anda menganggap bahwa selingkuh atau berbohong saja yang bisa menghancurkan pernikahan, Anda tidak sepenuhnya benar. Hal-hal sepele pun bisa menghancurkan rumah tangga Anda dan memunculkan perasaan bersalah.

Terapis pernikahan menggarisbawahi enam perilaku yang secara perlahan bisa membuat pernikahan Anda berantakan.

-Anda meninggalkan teman-teman

Menghabiskan waktu bersama pasangan memang baik, tapi jangan mengorbankan pertemanan Anda. Meski sudah menikah, Anda tetap perlu mempunyai hubungan sosial yang baik dengan teman-teman. Sesekali hangout bersama teman-teman, sangat baik untuk pernikahan Anda. Begitu kata Ryan Howes, psikolog di Pasadena, California, Amerika Serikat.

"Sangat penting bagi Anda berdua untuk membangun dan mempertahankan persahabatan dengan orang lain," katanya. "Melalui teman, Anda bisa mendapatkan pengalaman, perspektif dan dukungan lain yang benar-benar dapat meningkatkan hubungan Anda. Dengan kata lain, Anda harus memiliki orang kepercayaan di luar hubungan,” katanya.

Anda Meremehkan Kebutuhkan seksual Anda

Jika Anda jarang berhubungan intim atau  saling menyentuh, atau Anda telah mencapai titik di mana Anda hanya memiliki acara istimewa seks pada momen-momen tertentu saja, itu sudah berarti lampu kuning.

Anda memang tidak harus berhubungan intim setiap hari, tapi beberapa jenis pengakuan seksual atau erotis sehari-hari penting dalam hubungan, kata Debra Campbell, seorang psikolog dan terapis pasangan di Melbourne, Australia. Sekadar sentuhan atau candaan seksi bisa membangkitkan gairah Anda dan pasangan. Dalam hubungan jangka panjang, kata Campbell, Anda dan pasangan perlu saling mengingatkan bahwa Anda berdua masih saling menginginkan, tidak ada orang lain dalam kehidupan Anda berdua.

Teman yang membawa pengaruh buruk

Boleh saja memiliki teman, tapi pastikan teman Anda tidak membawa pengaruh buruk terhadap pernikahan. Begitu kata Laura Heck, terapis pernikahan di Amerika Serikat. Disadari atau tidak, apa yang teman Anda lakukan, memberikan pengaruh pada kehidupan pernikahan Anda.

“Secara pribadi, apakah teman Anda sering mengeluh atau merasa frustrasi dengan pasangan mereka? Apakah teman Anda mempunyai selingkuhan di belakang pasangannya? Hubungan yang buruk dan perilaku teman yang negatif adalah racun yang tanpa Anda sadari bisa mengubah kebiasaan Anda. Kelilingi diri Anda dengan teman-teman yang memiliki kehidupan pernikahan yang sehat, dan teman-teman yang positif agar mindset Anda tentang pernikahan juga menjadi sehat.

Anda tidak membantu pekerjaan rumah tangga

Pekerjaan rumah tangga perlu dilakukan secara bersama-sama. Sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa pasangan yang tidak membagi pekerjaan rumah tangga memiliki kepuasan hubungan seks yang lebih rendah dibandingkan dengan pasangan yang  membuat pembagian pekerjaan rumah tangga.

Menurut Howes, pertanyaan tentang siapa yang merapikan rumah bukan masalah besar pada awal hubungan namun ini cenderung menjadi pokok pertengkaran di kemudian hari. Anda merasa lelah karena pasangan tidak mau tahu urusan pekerjaan rumah tangga.

Anda tidak ‘berkomunikasi’ pada pasangan

Komunikasi pada pasangan tidak sekadar menanyakan kabar, apakah dia sudah makan atau belum, kapan pulang, dan sebagainya. Anda perlu memberikan pertanyaan yang lebih dalam dan lebih terbuka, seperti “Apa yang bisa kita lakukan sebagai pasangan hari ini?” “Apa yang bisa saya lakukan untuk kamu? “ “Apa yang bisa membuat kamu makin cinta dan merasa terkoneksi dengan saya?” Pada awalnya, Anda mungkin akan terasa canggung, tapi seiring waktu Anda akan melihat hasilnya, kata Liz Higgins, terapis hubungan dari Dallas, Amerika Serikat.

Anda merasa seperti teman sekamar

Sindrom teman sekamar adalah pembunuh diam-diam dalam sebuah hubungan pernikahan. Ketika Anda merasa status Anda hanya sebagai teman sekamar, Anda merasa kehidupan Anda paralel, terkoneksi hanya pada urusan berbagi ruangan di rumah, rekening dan anak-anak.

Ketika Anda jatuh pada kehidupan pernikahan seperti ini, Anda harus berusaha memutus kegiatan-kegiatan rutin dan mengembalikan gairah pada hubungan Anda. Heck merekomendasikan pasangan menghabiskan waktu bersama dengan membuat project sebagai sebuah tim.

“Dibutuhkan sesuatu yang bisa membuat Anda dan pasanga berenergi dan menikmati kebersamaan,” kataya. Carilah project bersama seperti mendadani rumah, backpacker berdua ke tempat-tempat yang Anda dan pasangan sukai dan dan sebagainya.


 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Tue, 22 Aug 2017 13:37:36 +0700Kesehatan A-Z
Ini Sebab Perokok Aktif dan Pasif Sama Bahayanya https://meetdoctor.com/article/ini-sebab-perokok-aktif-dan-pasif-sama-bahayanya https://meetdoctor.com/article/ini-sebab-perokok-aktif-dan-pasif-sama-bahayanya Informasi akan bahaya rokok sudah bertebaran di mana-mana. Meski begitu, para perokok cenderung tidak peduli bahaya rokok bagi kesehatan. Hasil penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Institut Kanker Nasional AS menunjukkan, merokok telah membebani biaya ekonomi global lebih dari 1 triliun Dollar AS. 
 
Rokok juga diperkirakan akan membunuh lebih banyak orang pada 2030. Penelitian itu menyebutkan bahwa jumlah kematian yang terkait dengan tembakau diproyeksikan meningkat dari 6 juta orang/tahun menjadi 8 juta orang/tahun pada 2030 dengan 80% terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Menurut pakar kesehatan, penggunaan tembakau merupakan satu-satunya penyebab kematian yang bisa dicegah. 
 
Berikut ini beberapa risiko kesehatan perokok aktif dan pasif, di antaranya adalah:
- Gangguan kehamilan
Sekitar 12% wanita hamil menjadi perokok aktif di Australia. Wanita hamil baik itu sebagai perokok aktif maupun perokok pasif memiliki resiko yang serius terhadap perkembangan janin di dalam rahim. Risiko kesehatan bagi ibu yang menjadi perokok aktif maupun pasif selama kehamilan meliputi meingkatkan risiko keguguran dan kelahiran mati. Meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir yang rendah, kematian bayi secara tiba-tiba yang meliputi sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan dan kelahiran.
 
- Meningkatkan risiko penyakit gangguan pernapasan
Seperti kanker paru-paru, infeksi saluran pernafasan seperti bronkhitis dan pneumonia serta meningkatkan keparahan asma pada anak-anak
 
- Meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke
 
- Penyempitan pembuluh darah (Aterosklerosis)
 
- Infeksi telinga bagian tengah
 
- Meningkatkan risiko meningokokus. Meningokokus adalah suatu penyakit yang timbul akibat infeksi yang disebabkan oleh kuman bakteri yang dikenal sebagai meningokokus. Penyakit ini kadang-kadang dapat menyebabkan meningitis, keracunan darah, kematian atau cacat.
 
- Dapat mengurangi kadar vitamin dan antioksidan dalam darah
 
- Meningkatkan risiko kanker
 
- Merokok bisa menyebabkan seseorang mengalami kebutaan
 
- Merokok bisa menyebabkan kerusakan tulang dan gigi
 
- Wanita perokok cenderung susah memiliki keturunan, sedangkan pria perokok dapat menjadi impotensi sehingga mempengaruhi produksi sperma yang akan mempengaruhi tingkat kesuburan
 
Menurut dr Andri SpKJ, orang yang sudah kecanduan rokok akan sulit melihat bahaya rokok. "Ada istilahnya kita tahu secara kognitif, tetapi perilaku kita tidak tahu. Rokok bekerja di sistem saraf pusat, berkaitan dengan dopamin dan pusat rasa kesenangan (pleasure). Daerah di otak itu biasanya sudah terpengaruh jika seseorang sudah kecanduan, jadi sulit lepas."  
 
Lebih lanjut dr Andri mengatakan, kebanyakan perokok sudah lama ingin menghentikan kebiasaan buruknya, tetapi kesulitan, biasanya karena kelompoknya kebanyakan perokok atau saat ingin berhenti timbul efek samping seperti gemuk atau gejala putus nikotin. Gejala putus nikotin yang akan dirasakan perokok saat berusaha berhenti merokok antara lain merasa tidak nyaman, tidak bisa berkonsentrasi, tidak bergairah, atau nafsu makan bertambah. Pada orang yang tidak bisa melewati fase tersebut, mereka umumnya akan menyerah dan mulai merokok lagi. 
 
"Berhenti merokok bisa berhasil kalau ada niat dan motivasi yang besar.” Perokok yang ingin berhenti merokok sebenarnya bisa meminta pertolongan pada klinik henti rokok. 
 
Cara Berhenti Merokok: 
 
- Niat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok.
- Belajar membenci rokok
- Bergaulah dengan orang yang tidak merokok
- Sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC
- Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok.
- Jika ingin merokok, tundalah 10 menit lagi.
- Beritahu teman dan orang terdekat kalau kita ingin berhenti merokok.
- Kurangi merokok sedikit demi sedikit.
- Hilangkan kebiasaan Bengong atau menunggu.
- Sering-seringlah pergi ke rumah sakit, agar tau pentingnya kesehatan.
- Cari pengganti rokok, misalnya permen dan lain – lain
- Coba dan coba lagi jika masih gagal.
 
Tip Mengurangi Risiko Menjadi Perokok Pasif
- Mengusahakan lingkungan rumah yang bebas dari asap rokok
- Memastikan bahwa pengunjung rumah (tamu) tidak merokok di dalam rumah
- Menyediakan ruangan khusus untuk merokok
- Menjaga jarak dengan perokok aktif
-Memastikan seseorang untuk tidak merokok di dalam mobil Anda. (dr. GloryTangke Salu Lobo)
 
 
 

]]>
Wed, 23 Aug 2017 10:07:13 +0700Merokok
Perlukah Mengonsumsi Multivitamin? https://meetdoctor.com/article/perlukah-mengonsunsumi-multivitamin https://meetdoctor.com/article/perlukah-mengonsunsumi-multivitamin Banyak ahli merekomendasikan multivitamin sebagai suplemen kesehatan umum. Namun, multivitamin terdiri dari banyak senyawa yang berbeda, dan tidak ada baiknya menambahkan berbagai suplemen, tanpa alasan yang baik dan diteliti dengan baik.

Yang perlu digarisbawahi adalah tidak semua orang perlu suplemen dengan multivitamin. Orang dengan kekurangan gizi yang tidak dapat diatasi melalui perubahan pola makan, mungkin mendapatkan manfaat dari suplemen dengan multivitamin. Namun, itu juga tergantung pada jenis  formulasi multivitamin yang mereka beli.

Multivitamin standar
Formula multivitamin yang paling sering digunakan dan diteliti mengandung 100 persen asupan nutrisi harian yang direkomendasikan (RDI) nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Beberapa senyawa, seperti magnesium dan kalsium, secara fisik terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam kapsul ini. Zat besi juga biasanya dihilangkan.

Multivitamin standar adalah suplemen yang efektif, dan direkomendasikan untuk orang-orang yang tidak mendapatkan cukup nutrisi melalui makanan mereka. Namun, suplemen ini lebih sering digunakan oleh orang-orang yang sebenarnya cukup nutrisi dan memiliki kemampuan untuk makan makanan yang bervariasi. 

Meski penelitian menunjukkan tidak ada efek samping dari suplemen multivitamin standar, namun penelitian ini tidak memberikan manfaat apapun bila dikonsumsi oleh orang-orang yang sudah sehat.

Multivitamin eksperimental
Beberapa formula multivitamin mengandung 100 persen RDI untuk vitamin esensial, namun juga mengandung tambahan "dukungan antioksidan" dan fitonutrien lainnya. Ini adalah formula multivitamin yang cenderung dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker dalam studi klinis, karena sebagian besar klaim antioksidan didasarkan pada kandungan vitamin E, yang dapat berbahaya pada dosis di atas 400 IU (18 kali lebih tinggi dari RDI).

Beberapa tambahan bersifat inert dan tidak berpengaruh, seperti peningkatan kandungan vitamin C, yang belum dikaitkan dengan manfaat apa pun. Bahan lain, seperti lycopene, disertakan berdasarkan bukti awal yang menjanjikan, namun kemungkinan tidak berpengaruh saat ditambahkan oleh orang melalui multivitamin.

Formula multivitamin ini dipasarkan sebagai perbaikan dari formula multivitamin standar, namun tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi. Efek paling buruk, multivitamin ini dapat membahayakan kesehatan Anda dan biasanya lebih mahal.  

Apakah saya memerlukan multivitamin?
Multivitamin, seperti semua suplemen, tidak boleh digunakan tanpa alasan yang bagus. Sebelum membeli suplemen baru, baca labelnya dan tanyakan pada diri Anda:
1. Apa bahan dalam suplemen ini berguna untuk tujuan kesehatan saya?
2. Apa bahan dalam suplemen ini yang tidak berguna untuk tujuan kesehatan saya?
3. Apakah ramuannya menyakiti saya atau menjadi kontraproduktif?

Jika multivitamin tidak berbahaya, mungkin perlu dipertimbangkan untuk dikonsumsi.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Fri, 11 Aug 2017 16:40:15 +0700Kesehatan A-Z