MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Sensitif Digital Untuk Mendukung Kehamilan yang Sehat dan Bahagia https://meetdoctor.com/article/sensitif-digital-untuk-mendukung-kehamilan-yang-sehat-dan-bahagia https://meetdoctor.com/article/sensitif-digital-untuk-mendukung-kehamilan-yang-sehat-dan-bahagia Kehamilan merupakan momen bahagia dalam hidup seorang perempuan. Saat-saat menanti kehamilan, hingga kemudian melahirkan, adalah masa yang mendebarkan, terutama ketika melakukan tes kehamilan. 
Dalam hal ini, alat uji kehamilan yang andal sangat diperlukan untuk bisa memastikan apakah Anda hamil atau tidak. Pasalnya, seringkali perempuan dilanda galau ketika mendapati hasil tes kehamilan yang samar atau tidak pasti.

Untuk menjawab kebutuhan akan kepastian, PT. Danpac Pharma meluncurkan Sensitif Digital, pada Kamis (28/9) di Jakarta. Dengan diluncurkannya alat uji  kehamilan digital pertama di Indonesia ini, diharapkan dapat memberi kejelasan dan kepastian sejak awal bagi perempuan yang ingin memulai perjalanan kehamilan yang tak terlupakan mereka dengan hasil yang akurat dan tepercaya. Karena Sensitif Digital 99,9% akurat, dan mudah dibaca hasilnya, cukup Yes dan No.  

Sensitif telah 20 tahun menjadi teman perempuan Indonesia dan mendukung kehamilan yang sehat dan bahagia. “Selama bertahun-tahun kami mendapat banyak pertanyaan seputar kehamilan melalui media sosial kami. Lalu kami sadar ternyata masih banyak yang belum menemukan pusat informasi yang baik yang bisa dipelajari mengenai proses dan perjalanan kehamilan, serta tata cara menjadi ibu yang sehat,” kata Yoevan Wiraatmaja, CEO PT. Danpac Pharma. 

Sebagai wujud komitmennya, Sensitif juga meluncurkan kampanye sosial #FromThisMoment untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kehamilan yang sehat dan bahagia bagi calon ibu. Kegiatan ini meliputi event dan workshop dan kampanye online dengan mengunggah foto dan video melalui website www.sensitif.co.id/fromthismoment. 

Sensitif peduli dengan pentingnya memiliki kehamilan yang sehat, karena ternyata informasi yang tersedia saat itu masih minim. Sensitif berharap menjadi bagian dari perjalanan keluarga di Indonesia. Sebagai brand ternama di Indonesia, Sensitif juga ingin menjadi solusi bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, selama, dan pasca kehamilan. 

Sensitif ingin membantu meningkatan kualitas generasi ke depan melalui informasi dan edukasi pada perencanaan kehamilan ataupun di awal kehamilan dengan memberikan pelayanan tanpa batas dan syarat kepada para calon ayah/bunda melalui Sensitif Careline dengan nomor telepon 0800-1801-800 (bebas pulsa) dan beroperasi dari jam 08.30 – 17.00 wib Senin - Jumat. Selain melalui telepon, Sensitif Careline juga bisa dihubungi melalui WA/SMS: 081316022222, BBM: sensitif atau email: cs@sensitif.co.id


]]>
Thu, 12 Oct 2017 13:22:05 +0700Hamil
Berciuman Tingkatkan Daya Tahan Tubuh https://meetdoctor.com/article/berciuman-tingkatkan-daya-tahan-tubuh https://meetdoctor.com/article/berciuman-tingkatkan-daya-tahan-tubuh Sudahkah Anda berciuman dengan kesayangan? Selain lebih merekatkan ikatan emosional dengan pasangan, berciuman juga bagus bagi kesehatan, bisa menangkal serangan penyakit. 

Menurut sebuah studi dari Netherlands Organization for Applied Scientific Research, sebuah ciuman 10 detik mentransfer sebanyak 80 juta bakteri antara Anda dan pasangan. Wow! Pasti Anda merasa jijik dan ingin cepat-cepat menyikat gigi. Tapi tunggu dulu, jangan buru-buru disikat. 

Ternyata, paparan kuman bisa memberi dorongan sehat bagi sistem kekebalan tubuh Anda. Menurut dr. Yael Varnado, pendiri Get Checked 4 Life (sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan akses terhadap layanan kesehatan untuk komunitas berisiko), ketika berciuman terjadi pertukaran kuman, dan itu adalah bentuk alami dari vaksinasi. 

“Ketika tubuh Anda terekspos dengan kuman orang lain, secara alami tubuh akan membuat antibodi terhadap kuman tersebut, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kekebalan tubuh meningkat dan mencegah penyakit,” ungkapnya. Meski begitu, pastikan sebelum berciuman pasangan Anda dalam kondisi sehat. 

Selain manfaat meningkatkan imunitas tubuh, berciuman juga bisa membakar kalori. Meski kalori yang terbakar tidak sebanyak bila Anda lari satu kilometer, tapi bisa memompa metabolisme Anda kira-kira dua kali lipat dari tingkat biasa. Kebanyakan orang membakar sekitar satu kalori per menit saat istirahat, namun menurut dr. Sharon Stills, dokter naturopati, dengan berciuman dapat membakar sekitar 2 sampai 3 kalori per menit. Lumayan bukan? 

Berciuman juga bisa mengurangi rasa sakit. Ketika terjadi pertemuan antara bibir dengan bibir, tubuh Anda melepaskan adrenalin yang dapat mengurangi rasa sakit, sama seperti endorfin yang bisa melawan sakit kepala yang mengganggu. 

Manfaat lain dari berciuman adalah bisa mengurangi stres. Merasa lelah dan letih belakangan ini? Bersantailah di sofa dengan pasangan, dan berciumanlah. Dr. Stills menunjukkan bahwa ciuman dapat menurunkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon stres dan memiliki efek negatif pada sistem kekebalan tubuh kita, sistem endokrin dan kesehatan otak, khususnya hippocampus. Jadi jika merasa stres, berciumanlah sesering mungkin dengan pasangan. 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Wed, 18 Oct 2017 11:38:55 +0700Kesehatan A-Z
ISPA, Penyakit Apa? https://meetdoctor.com/article/ispa-penyakit-apa https://meetdoctor.com/article/ispa-penyakit-apa Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah infeksi saluran pernapasan akut yang menyerang tenggorokan, hidung, paru-paru yang berlangsung lebih dari 14 hari. ISPA mengenai struktur saluran di atas laring, tetapi kebanyakan penyakit ini mengenai bagian saluran atas dan bawah secara simultan atau berurutan (Muttaqin, 2008). 

Menurut Kemenkes RI, ISPA adalah infeksi akut yang menyerang salah satu  bagian/lebih dari saluran napas mulai hidung sampai alveoli termasuk adneksanya (sinus, rongga telinga tengah, pleura), (Kemenkes RI, 2010).

ISPA terbagi dua jenis, yaitu yang pneumonia dan non pneumonia. Untuk jenis pneumonia, jika sudah memasuki tahap yang sangat buruk dan ditangani oleh buruk bisa menyebabkan kematian. Gejala ISPA jenis pneumonia ini ditandai dengan demam tinggi dan sesak napas. Sedangkan untuk jenis non pneumonia dibedakan lagi menjadi common cold dan influenza. 
Pemicu common cold adalah virus rhinovirus, respiratory syncytial virus, adenovirus, dll. Sedangkan influenza dipicu oleh virus influenza dan pneumonia. Penyakit ini sering muncul pada musim pancaroba. 

Menularkah
ISPA menyebar dari satu orang ke orang lain melalui bersin yang virusnya menyebar di udara dan kontak langsung dari tangan ke tangan. Risiko Anda tertular meningkat, bila: 

-Seseorang yang sudah flu, bersin atau batuk tanpa menutupi hidung dan mulutnya
-Berada di dalam area tertutup atau kondisi ramai. Orang-orang yang berada di rumah sakit, kantor, sekolah dan tempat penitipan anak, berisiko tinggi tertular karena terjadi kontak. 
-Anda menyentuh hidung atau mata Anda. Infeksi terjadi ketika sekresi yang terinfeksi bersentuhan dengan hidung atau mata Anda. 
-Selama musim hujan karena sirkulasi udara yang kurang baik sehingga mudah terpapar virus. 
-Anda memiliki imunitas tubuh yang rendah. 

Gejala ISPA 
Gejalanya bervariasi, mulai dari hidung meler, hidung tersumbat, bersin, batuk kering dan gatal, batuk berdahak. Gejalanya disebabkan oleh pembengkakan selaput lendir pada saluran pernapasan bagian atas. Gejala lainnya meliputi demam, kelelahan, sakit kepala, sakit saat menelan dan mengi (suara napas yang berbunyi akibat penyempitan saluran napas). 

ISPA yang disebabkan oleh virus sebagian besar akan sembuh dengan sendirinya, dengan dilawan oleh daya tahan tubuh. Sebagian besar pengobatan ISPA adalah menghilangkan gejalanya. Misalnya, bila batuk, maka yang dihilangkan adalah batuknya. 

Bila gejalanya tidak kunjung berkurang, segera ke rumah sakit. Di sini, dokter akan memeriksa lebih spesifik dengan melakukan serangkaian tes, mulai dari tenggorokan, pemeriksaan rontgen dada,  pemeriksaan darah, sampai CT scan. 

Pengobatan ISPA menggunakan obat-obatan supresan (penekan batuk), ekspektoran (pengencer dahak), vitamin C, dan zinc untuk mengurangi gejala atau memperpendek durasinya dan meningkatkan daya tahan tubuh. Perawatan lainnya, meliputi: 

-Dekongestan melegakan hidung tersumbat. 
-Menghirup uap dan berkumur dengan air asin merupakan cara aman untuk meredakan peradangan di tenggorokan dan saluran pernapasan. 
-Analgesik seperti parasetamol dan NSAID dapat membantu mengurangi demam dan nyeri. 

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 


]]>
Wed, 18 Oct 2017 15:49:19 +0700Influenza
Apakah Saya Depresi? Kenali Gejalanya https://meetdoctor.com/article/apakah-saya-depresi-kenali-gejalanya https://meetdoctor.com/article/apakah-saya-depresi-kenali-gejalanya Depresi bisa dialami oleh semua orang, tidak pandang jenis kelamin, dan status sosial. Terkadang depresi tidak muncul keluar dan tersimpan di tempat yang dalam di hati. Anda tentu ingat komedian Robin Williams. Film-film yang ia perankan selalu mengundang tawa. Siapa sangka, pria yang berpembawaan ceria ini mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri karena merasa depresi. Sebelumnya, penyanyi Whitney Houston pun bunuh diri karena depresi. 

Gangguan depresi menyebabkan Anda mengalami perasaan sedih, kesepian atau kehilangan minat pada hal-hal yang pernah Anda nikmati. Bila perasaan ini terjadi lebih dari dua minggu, dokter mungkin mendiagnosisnya sebagai gangguan depresi mayor. 

Gejala Depresi 
Gejala depresi bisa bermacam-macam. Bila Anda mengalami hal-hal ini, bisa jadi Anda memang mengalami depresi. 

Kesedihan yang berlarut
Gejala depresi yang paling umum adalah perasaan sedih atau kekosongan yang berlangsung lebih dari dua minggu. Penderitanya merasa putus asa, seolah-olah hidup mereka tidak akan menjadi lebih baik dan kesedihan ini akan berlangsung selamanya. Jika perasaan ini berlangsung lebih lama dari dua tahun, ini dikenal sebagai dysthymia. Ini adalah jenis depresi kronis di mana suasana hati seseorang rendah secara konsisten.

Perasaan tidak berharga
Perasaan tidak berharga, rasa bersalah atau tidak berdaya, sering menyertai kondisinya. Cenderung berfokus pada kekurangan pribadi atau kegagalan masa lalu. Mereka sering menyalahkan dirinya sendiri saat hidup mereka tidak sesuai dengan keinginan mereka. 

Cepat marah
Perempuan sering merasa marah, namun kemudian menangis pada hari berikutnya. Pada pria ditunjukkan dengan prilaku yang tidak stabil atau agresif karena depresi mereka. 

Lelah setiap saat
Orang dengan depresi sering mengalami kekurangan energi atau merasa lelah setiap saat. Tugas kecil, seperti mandi atau bangun dari tempat tidur, mungkin tampak membutuhkan usaha lebih dari yang bisa dikerahkan. 

Menyalahkan diri sendiri
Depresi seringkali merupakan hasil dari bahan kimia yang tidak seimbang di otak. Namun, orang yang mengalami depresi mungkin menyalahkan dirinya sendiri karena gejalanya. Pernyataan seperti "Saya tidak bisa melakukan apapun dengan benar" atau "semuanya salah saya," menjadi normal bagi Anda.

Sering menangis tanpa sebab
Orang yang mengalami depresi sering menangis tanpa alasan yang jelas. Sering menangis bisa menjadi gejala depresi pascamelahirkan. 

Apatis
Orang dengan depresi biasanya kehilangan minat atau berhenti menemukan kesenangan dalam aktivitas yang pernah mereka nikmati, termasuk seks.

Cemas berlebihan 
Depresi dapat menyebabkan seseorang merasa cemas setiap saat. Padahal tidak ada ancaman langsung atau sumber yang dapat dikenalai untuk ketegangan ini. 

Gelisah 
Agitasi dan kegelisahan, termasuk mondar-mandir, ketidakmampuan untuk duduk diam, atau meremas tangan, dapat terjadi bila Anda mengalami depresi.

Kurang konsenterasi
Orang dengan depresi mungkin memiliki waktu sulit mengingat, mempertahankan fokus, atau membuat keputusan. Kelelahan, perasaan tidak berharga, atau merasa "kebas" bisa mengubah pengambilan keputusan menjadi pembicaraan yang sulit dilakukan. 

Menarik diri 
Banyak orang dengan depresi menutup diri dari dunia. Mereka mungkin mengisolasi diri mereka sendiri, tidak menjawab telepon, atau menolak berteman dengan teman. Anda merasa seolah-olah Anda "mati rasa," dan tidak ada yang akan membuat Anda gembira.

Masalah tidur
Kebiasaan tidur orang cenderung berubah akibat depresi. Mereka mungkin tidak bisa tertidur atau tertidur. Mereka mungkin terbangun di tengah malam dan tidak kembali tidur sama sekali. Anda mungkin tidur dalam waktu lama dan merasa tidak ingin bangun dari tempat tidur. Gejala ini menyebabkan kelelahan yang bisa memperparah gejala depresi tambahan, seperti kurang konsentrasi.

Makan berlebihan atau kehilangan nafsu makan

Depresi seringkali dapat menyebabkan kurangnya minat pada makanan dan penurunan berat badan. Pada orang lain, depresi menyebabkan makan berlebih dan penambahan berat badan. Hal ini karena seseorang mungkin merasa sangat frustrasi atau sengsara sehingga mereka beralih ke makanan sebagai alat untuk menghindari masalah mereka. Namun, makan berlebih dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan menyebabkan Anda menunjukkan tingkat energi rendah. Tidak cukup makanan juga bisa menyebabkan Anda juga memiliki tingkat energi rendah dan merasa lemas.

Pikiran untuk bunuh diri
Berpikir atau berkhayal tentang kematian adalah pertanda serius yang perlu ditangani segera. Menurut Mayo Clinic, pikiran untuk bunuh diri adalah gejala yang umum terjadi pada pria yang lebih tua. Orang yang dicintai mungkin awalnya tidak memperhatikan pemikiran ini dan melewatkan gejala depresi seseorang sebagai perubahan kesehatan mental terkait usia. Namun, depresi dan terutama pikiran untuk bunuh diri, tidak pernah normal.

Jika Anda atau orang yang dicintai berpikir untuk menyakiti diri mereka sendiri, segera dapatkan bantuan medis. Di ruang gawat darurat, dokter dapat membantu Anda mendapatkan perawatan kesehatan mental sampai perasaan ini mereda.

Cari Bantuan
Kesalahan yang sering dilakukan adalah mengabaikan gejala-gejala tersebut. Anda merasa bisa mengatasinya sendiri dan tidak membutuhkan bantuan orang lain. Padahal mengobati gejala yang Anda rassakan bukanlah sesuatu yang dapat Anda atasi dengan mudah. Anda tidak bisa menghindarinya, dan memutuskan untuk merasa lebih baik suatu saat nanti. Anda membutuhkan terapi klinis atau minum obat. Perawatan ini dapat membantu Anda merasa lebih baik. Jika Anda mengalami depresi, bicaralah pada dokter atau psikiater Anda.

 


]]>
Tue, 10 Oct 2017 15:18:51 +0700Kesehatan Mental
Berat Badan Sulit Turun? Perbaiki Tidur Anda https://meetdoctor.com/article/berat-badan-sulit-turun-perbaiki-tidur-anda https://meetdoctor.com/article/berat-badan-sulit-turun-perbaiki-tidur-anda Anda mungkin merasa telah menjalankan program diet dengan benar, tapi nafsu makan Anda tidak berkurang, sehingga berat badan tak kunjung turun. Apa yang salah? Tentunya tidur Anda. Jika Anda tidur kurang dari tujuh jam setiap malam, usaha penurunan berat Anda akan terhambat secara signifikan. Kurang tidur telah terbukti dapat membuat Anda makan lebih banyak dan mengonsumsi karbohidrat yang berkontribusi pada peningkatan berat badan. 

Gaya hidup modern memang memengaruhi kebiasaan tidur setiap orang. Sebuah survey besar tahun 1960 meemukan bahwa saat itu orang rata-rata tidur antara 8-9 jam semalam. Bagaimana dengan sekarang? Dari pendapat National Sleep Foundation ditemukan bahwa orang sekarang rata-rata hanya tidur sekitar 7 jam. 

Penurunan kuantitas tidur yang signifikan ini sejalan dengan peningkatan jumlah obesitas selama 50 tahun terakhir. Selain masalah kesehatan medis atau mental tertentu (termasuk sakit dan depresi) , berikut adalah empat faktor yang dapat mencegah Anda tidur nyenyak, dan sebaiknya Anda segera perbaiki: 

-Lingkungan bising 
Tinggal di lingkungan perkotaan, atau bahkan di daerah pinggiran kota yang bising tentu akan mengganggu tidur Anda. Bagaimana bisa tidur dengan nyenyak bila Anda selalu dikagetkan oleh suara kendaraan, dan lainnya. Karena itu, bila Anda tinggal di lingkungan yang bising, mungkin Anda perlu menggunakan peredam suara untuk mengurangi kebisingan. 

-Stres
Banyak orang stres kronis karena mereka merasa tidak mampu menangani semua tanggung jawab mereka dalam waktu luang mereka yang terbatas. Masalah finansial, kesehatan, dan keluarga juga menjadi sumber stres. Sebuah studi tahun 2014 di jurnal Sleep menemukan bahwa ketidakmampuan untuk mengatasi kejadian stres berhubungan dengan insomnia yang lebih tinggi pada sekelompok orang dewasa sehat. Untuk mengatasinya, mungkin Anda perlu berlatih yoga atau meditasi untuk membuat tubuh Anda relaks. 

-Kurang gerak
Penelitian menunjukkan bahwa duduk seharian bisa mengganggu naluri alami tubuh untuk mengisi bahan bakar di malam hari. Karena kita telah beralih dari masyarakat industri ke masyarakat data, yang membuat orang berlama-lama duduk dalam mengerjakan tugas mereka. Ini membaut tubuh jadi kurang prima untuk beristirahat menjelang tidur. Sebuah survey yang dilakukan National Sleep Foundarion menunjukkan bahwa hanya 10 menit latihan sehari dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur Anda. 

-Perangkat elektronik 
Menurut National Sleep Foundation, lebih dari 90 persen orang Amerika menggunakan perangkat elektronik mereka sejam sebelum mereka tidur. Anda mungkin melakukan hal yang sama, tidak bisa lepas dari gadget. Padahal inilah yang membuat jam tidur Anda berkurang atau terganggu. Lampu biru yang dipancarkan dari perangkat ini sangat bermasalah. 

Satu studi yang dipublikasikan di jurnal Applied Erognomics menemukan bahwa mahasiswa yang menggunakan tablet selama dua jam semalam, ternyata telah mengurangi kadar hormon melatonin sekitar 23 persen. Untuk mengatasinya, lepaskan diri dari perangkat elektronik dan gadget, dua jam sebelum Anda naik ke tempat tidur. 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 


]]>
Tue, 17 Oct 2017 17:24:44 +0700Kesehatan A-Z
Perawatan yang Tepat untuk ISPA https://meetdoctor.com/article/perawatan-yang-tepat-untuk-ispa https://meetdoctor.com/article/perawatan-yang-tepat-untuk-ispa ISPA merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat. Infeksi ini bisa berbahaya bagi anak-anak, orang dewasa yang lebih tua, dan orang-orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh. 

Sebagian besar dari infeksi saluran pernapasan hanya bersifat ringan, seperti batuk pilek, disebabkan oleh virus, dan tidak memerlukan pengobatan antibiotik. Infeksi saluran pernapasan bagian atas terutama yang disebabkan oleh virus, sering terjadi pada bulan-bulan musim dingin atau pergantian cuaca dari kemarau ke musim hujan. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pengeluaran lendir atau gejala pilek terjadi pada penyakit flu ringan, disebabkan karena infeksi kelompok virus jenis rhinovirus dan/atau coronavirus. Penyakit ini dapat disertai demam pada anak selama beberapa jam sampai tiga hari. Sedangkan pencemaran udara diduga menjadi pencetus infeksi virus pada saluran napas bagian atas. 

ISPA dapat ditularkan melalui air ludah,bersin, udara pernapasan yang mengandung kuman yang terhirup oleh orang sehat ke saluran pernapasannya. 
Gejala ISPA bisa meliputi: 

-Penyumbatan, baik pada hidung atau paru-paru
-Pilek atau hidung tersumbat
-Batuk
-Sakit tenggorokan
-Pegal-pegal
-Kelelahan
-Demam lebih dari 39°C (103°F) dan menggigil
-Sulit bernapas
-Pusing

Keluhan-keluhan dan gejala ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena bila tidak ditangani, gejala-gejala ini akan menjadi lebih berat, bahkan bisa mengakibatkan kegagalan pernapasan. 

Pengobatan ISPA diawali dengan pemeriksaan  pernapasan. Biasanya dokter akan memusatkan perhatian pada pernapasan Anda. Mereka akan memeriksa bunyi pernapasasan Anda dengan mendengarkan suara abnormal pada paru-paru saat Anda bernapas. Dokter mungkin akan memeriksa hidung, telinga dan tenggorokan Anda. Jika dokter yakin adanya infeksi di saluran pernapasan bagian bawah, diperlukan pemeriksaan sinar X atau CT Scan untuk memeriksa kondisi paru-paru. 

Perawatan dan pengobatan ISPA dengan gejala ringan, bisa dilakukan di rumah dengan meringankan gejala atau keluhannya. 

-Panas atau demam
Untuk orang dewasa diberikan obat penurun panas yaitu parasetamol. Sedangkan untuk anak usia 2 bulan sampai 5 tahun, atasi demamnya dengan memberikan parasetamol dan mengompres. 

-Batuk
Untuk gejala batuk ringan Anda bisa minum obat batuk yang aman, seperti untuk batuk produktif (berdahak) minum obat batuk yang mengandung bromhexin. Sedangkan untuk batuk non-produktif, pilihannya obat yang mengandung dekstromethorphan dan pseudoefedrin. Bila hidung Anda tersumbat, pilihlah obat yang mengandung dekongestan dan antihistamin. 

Selain itu, berikan makanan yang sehat, sedikit tapi berulang, terlebih jika penderita mengalami muntah. Pada bayi yang menyusu, pemberian ASI tetap diteruskan. Karena kekurangan cairan akan memperparah gejala ISPA, maka usahakan tubuh tetap terhidrasi dengan pemberian cairan lebih banyak dari biasanya untuk mengencerkan dahak.

Untuk mempercepat penyembuhan istrahat sejenak dari rutinitas Anda. Jika pilek, segera bersihkan hidung untuk menghindari komplikasi. Perhatikan juga lingkungan tempat tinggal, usahakan rumah berventilasi cukup dan tidak berasap. Bila mendapatkan antibiotik dari dokter, usahakan agar setelah dua hari kembali ke dokter untuk pemeriksaan ulang. 

 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Wed, 18 Oct 2017 16:29:24 +0700Influenza
Penyimpanan Darah Tali Pusat: Perlukah Menyimpan Sel Punca Bayi Anda? https://meetdoctor.com/article/penyimpanan-darah-tali-pusat-perlukah-menyimpan-sel-punca-bayi-anda https://meetdoctor.com/article/penyimpanan-darah-tali-pusat-perlukah-menyimpan-sel-punca-bayi-anda Penyimpanan darah tali pusat belakangan ini menjadi perbincangan. Atau mungkin Anda pernah mendapatkan tawaran untuk penyimpanan darah tali pusat bayi Anda.

Apa sih sebenarnya darah tali pusat, bagaimana prosedur yang digunakan, dan mengapa Anda sebagai orangtua, sebaiknya menyimpan darah tali pusat si Kecil?

Calon ibu dan reporter Herald Focus, Laura McGoldrick, bertemu dengan salah satu pendiri Cord Bank, Jenni Raynish, untuk mencari tahu lebih jauh.

APA ITU DARAH TALI PUSAT?

Darah tali pusat adalah sumber yang kaya akan sel punca, dan ia dapat digunakan dalam terapi lusinan penyakit, termasuk di antaranya leukemia, limfoma dan anemia.

Menurut Raynish, proses yang dilakukan lebih sederhana daripada yang dapat dipikirkan oleh orang tua: “Penyimpanan darah tali pusat adalah pengumpulan sel punca darah tali pusat yang ada di dalam tali pusat bayi baru lahir saat mereka dilahirkan. Hal yang membuat sel punca darah tali pusat itu special adalah karena mereka seperti mesin turbo dan sangat berharga karena satu-satunya waktu di mana kita dapat mengumpulkannya adalah saat bayi dilahirkan.”

Raynish mengatakan selama 15 tahun pengalamannya di bisnis ini, ia telah melihat orang-orang menggunakan darah tali pusat yang mereka simpan untuk berbagai kondisi.

Putri pasangan Jillian dan Daniel Friedlander, Maia, adalah orang New Zealand pertama yang merasakan hasil positif dari infus darah tali pusatnya sendiri. Maia mengalami cidera otak saat lahir, dan Raynish mengatakan bahwa memanfaatkan darah tali pusat Maia menjadi sesuatu “yang membuat perbedaan dalam proses penyembuhannya”.

Jillian mengatakan ia tidak pernah berpikirakan menggunakan sel punca yang disimpan sedini ini, namun ia bersyukur dapat memanfaatkannya.

“Syukurlah kami memilikinya. Ia adalah seorang anak dengan gangguan berat. Saat Anda melihatnya di video yang ditampilkan di hadapan Anda seperti cermin, Anda baru dapat memahami realitas yang terjadi.”

“Saya kembali dengan gadis yang berbeda. Mereka seperti dua anak yang berbeda setelah Maia menerima infus darah tali pusatnya sendiri.”

Ia mengatakan sebelum prosedur tersebut mata Maia terlihat “sedikit keruh”. Namun setelah infus, matanya berubah menjadi “sejernih kristal”, fokus serta ia dapat merangkai kata-kata dan akhirnya memanggil Jillian “Mama”.

Raynish juga bercerita mengenai seorang anak yang didiagnosis mengalami kanker stadium 4 yang menggunakan sel puncanya sendiri untuk regenerasi system imun dan akhirnya sembuh secara menyeluruh.

“Ia masih hidup dan sehat hari ini,” ujar Raynish, menggambarkan pengalaman ini sebagai “sangat fantastis”.

BIAYA YANG DIBUTUHKAN

Menurut Raynish, biaya yang dibutuhkan untuk penyimpanan darah tali pusat relatif murah jika dibandingkan dengan hal-hal material yang dibeli sebagian besar orangtua untuk anak mereka yang pada akhirnya tidak terpakai lagi.

“Berbeda dengan darah tali pusat, Anda tahu bahwa jika Anda berinvestasi dengan menyimpannya saat mereka lahir, Anda dapat menyimpannya sepanjang hidup mereka.”

Untuk mendapatkan edukasi lebih lanjut mengenai bagaimana Sel Punca dari Darah Tali Pusat dapat berperan dalam terapi Leukemia, serta mendapatkan Voucher Diskon Penyimpanan Darah Tali Pusat, klik disini

Sumber: www.nzherald.co.nz


]]>
Mon, 16 Oct 2017 17:50:08 +0700Leukimia, kanker darah
4 Cara Cegah ISPA https://meetdoctor.com/article/4-cara-cegah-ispa https://meetdoctor.com/article/4-cara-cegah-ispa Memasuki musim penghujan, bersiaplah menghadapi penyakit langganan. Selain demam berdarah dengue (DBD), waspadai juga ISPA, terutama bagi anak-anak, yang sangat rentan terhadap penyakit ini.  

Infeksi Saluran Penapasan Akut (ISPA) merupakan penyakit yang umum. Pasalnya, saluran pernapasan jauh lebih rentan terhadap infeksi dibandingkan bagian tubuh lainnya. Ini membuat bakteri atau virus sangat mudah masuk ke saluran napas saat seseorang bernapas. Penyakit ISPA dipengaruhi perubahan cuaca dan apabila kondisi tubuh tidak fit, akan sangat mudah tertular. Polusi udara juga sangat berpengaruh terhadap penularan ISPA. 

ISPA banyak terjadi pada anak karena sistem pertahanan tubuhnya yang masih rendah, mereka belum membangun kekebalan terhadap banyak virus yang bisa menyebabkan pilek. Di Indonesia, kejadian  batuk dan pilek pada balita diperkirakan 3 sampai 6 kali per tahun, yang berarti rata-rata seorang balita mendapat serangan batuk pilek sebanyak 3 sampai 6 kali setahun. ISPA yang berlanjut menjadi pneumonia (radang paru-paru) sering terjadi pada anak, terutama yang kekurangan gizi dan tinggal di lingkungan yang tidak sehat. 

Untuk mencegah ISPA,  ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan, yaitu penghentian penyebaran infeksi dan vaksinasi. 

1. Menghentikan penyebaran infeksi
Jika Anda mengembangkan infeksi saluran pernapasan, penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah penyebaran infeksi ke orang lain. Berikut langkah-langkah untuk menghentikan penyebaran virus: 

-Cuci tangan Anda secara teratur dan menyeluruh, terutama setelah menyentuh hidung atau mulut Anda, dan sebelum mengambil makanan.

-Tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu saat bersin dan batuk. Ini akan membantu mencegah tetesan yang mengandung virus dari hidung dan mulut Anda memasuki udara di mana mereka bisa menginfeksi orang lain. Buang dulu tisu bekas, lalu cuci tangan.

-Jangan berbagi cangkir atau peralatan dapur dengan orang lain. Gunakan cangkir, piring dan alat makan Anda sendiri pada waktu makan. Gunakan lagi, setelah dicuci dengan bersih. 

-Saat keluar rumah, pakailah masker untuk melindungi diri. 

2. Vaksinasi
Saat ini ada tiga vaksin yang tersedia - dua untuk pneumonia dan satu lagi untuk flu - yang dapat memberikan perlindungan terhadap kedua infeksi saluran pernapasan ini. 
-Vaksin konjugasi pneumokokus (PCV)
PCV aman, walaupun sekitar satu dari 10 anak akan mengalami kemerahan dan bengkak di tempat suntikan dan demam ringan. Namun, gejala ini akan berlalu dengan cepat.

-Vaksin polisakarida pneumokokus (PPV)
Mereka yang memiliki kondisi berikut harus divaksinasi dengan PPV23.
-Berusia 65 tahun ke atas
-Juga mereka yang berusia di atas 2 tahun dengan;
     -Diabetes mellitus
     -Penyakit jantung, pernapasan atau hati yang kronis
     -Penyakit ginjal kronis, sindrom nefrotik, transplantasi ginjal
     -Mereka dengan limpa yang tidak berfungsi
     -Gangguan sistem kekebalan tubuh termasuk kanker
     -Orang yang menerima kemoterapi atau perawatan lainnya yang menekan sistem kekebalan tubuh
     -Orang dengan infeksi HIV atau AIDS
     -Mereka yang telah menerima atau akan menerima transplantasi koklea

Vaksinasi PPV23 tidak direkomendasikan untuk anak-anak dan orang dewasa yang sehat karena mereka berisiko rendah terkena penyakit pneumokokus

-Vaksinasi Flu 

Vaksin terhadap flu sangat dianjurkan untuk:
-Orang yang  berusia 65 dan lebih,
-Mereka yang memiliki kondisi medis jangka panjang seperti diabetes, penyakit jantung atau paru-paru,
-Orang yang sistem kekebalannya terganggu akibat penyakit atau perawatan
-Wanita hamil (dapat diberikan pada setiap tahap kehamilan),
- Petugas kesehatan
-Mereka yang kontak langsung dengan unggas, unggas air atau babi.

Sebelum melakukan vaksinasi, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu mengenai kondisi tubuh Anda. 

3. Berhenti merokok
Merokok merusak paru-paru Anda sehingga dapat membuat Anda terinfeksi lebih mudah. Jika Anda merokok, berhenti adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah infeksi saluran pernapasan.

4.Tingkatkan kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh adalah sistem pertahanan tubuh, yang membantu melindunginya dari penyakit, bakteri dan virus. Anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, olahraga teratur, dan jauhi stres. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Wed, 18 Oct 2017 16:26:10 +0700Influenza
Menjaga Mata Tetap Sehat dan Terhindar dari Kebutaan https://meetdoctor.com/article/menjaga-mata-tetap-sehat-dan-terhindar-dari-kebutaan https://meetdoctor.com/article/menjaga-mata-tetap-sehat-dan-terhindar-dari-kebutaan Mata adalah salah satu indera yang harus senantiasa dijaga kesehatannya. Pentingnya kesehatan mata, menjadikan setiap tahun pada hari Kamis minggu kedua Bulan Oktober diperingati sebagai Hari Pengelihatan Sedunia (World Sight Day). 

Peringatan Hari Pengelihatan Sedunia dimulai sejak tahun 1998 oleh  Lions Club International yang kemudian diintegrasi menjadi VISION 2020 di bawah koordinasi World Health Organization (WHO) dan  International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB). Peringatan Hari Pengelihatan Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebutaan dan gangguan penglihatan sebagai masalah kesehatan masyarakat global.

Tahun ini peringatan Hari Pengelihatan Sedunia jatuh pada tanggal 12 Oktober 2017. Pada peringatan tahun ini, IAPB mengambil tema “ Make Vision Count” dan tema nasional “Mata Sehat, Investasi Bangsa” untuk menyebarluaskan informasi kepada seluruh masyarkat di dunia agar memberikan perhatian dan mendukung penanggulangan masalah gangguan pengelihatan dan kebutaan demi terwujudnya Visi 2020, yakni hak setiap orang untuk dapat melihat.

Menurut data WHO tahun 2012 menunjukkan bahwa 4,25 persen (285 juta jiwa) dari seluruh penduduk dunia mengalami gangguan pengelihatan dengan rincian 14 persen (39 juta jiwa) mengalami kebutaan, dan 86 persen (246 juta) mengalami low vision dan Indonesia menempati urutan ketiga dalam daftar negara dengan tingkat kebutaan tertinggi di dunia, mencapai 1,5 persen lebih tinggi dibandingkan negara-negara lain di Asia Tenggara.  

Di Indonesia, terdapat sekitar 3,5 juta orang mengalami kebutaan pada kedua belah mata dimana 50- 60 persennya atau sekitar 1,5 juta mengalami kebutaan akibat katarak. Penyebab lainnya adalah glukoma dan kelainan refraksi (minus,plus,silinder,dll)

Kebanyakan dari mereka yang mengalami katarak di Indonesia berusia minimal 45 tahun, sementara di luar negeri pada usia 60 tahun. Hal ini dikarenakan negara Indonesia, yang notabene negara tropis, mendapatkan pancaran sinar ultraviolet (UV) lebih banyak sehingga memengaruhi daya tangkap mata.

Selain itu, terkait global warming, lapisan ozon bumi pun menjadi tipis dan semakin memudahkan masuknya sinar UV secara langsung ke manusia. Adanya tren demografi saat ini yang menunjukkan adanya peningkatan 2 kali lipat jumlah penduduk berusia lanjut, karena meningkatnya angka harapan hidup dari 68 tahun menjadi 78 tahun, turut memberi pengaruh pada kesehatan mata katarak yang diperkirakan jumlahnya juga akan meningkat. 

Penyakit-penyakit pada mata tidak hanya disebabkan oleh kurangnya kita menjaga kesehatan mata, melainkan dapat juga disebabkan oleh faktor keturunan misalnya glaukoma. Oleh sebab itu, penting untuk diketahui sejarah penyakit mata dalam keluarga, sehingga dapat kita cegah. 

Pada anak-anak penggunaan kacamata juga perlu menjadi perhatian, karena data WHO menyebutkan bahwa tahun 2006, 13 juta dari 153 penderita refraksi adalah anak-anak berusia 5-15 tahun dan sebagai orangtua sebaiknya memperhatikan kebutuhan anak dimana nilai yang jelek bukan berarti anak tidak pintar, tapi bisa saja karena ada gangguan penglihatan. 
Gangguan penglihatan atau gangguan kesehatan mata sekecil apa pun sebaiknya jangan diabaikan, segera periksakan mata apabila dirasakan ada gangguan penglihatan atau gangguan kesehatan mata ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. (dr. Christine Yuliana, SpM-Royal Family Eye Centre, RS. Royal Progres)


]]>
Thu, 12 Oct 2017 13:23:50 +0700Kesehatan Mata dan Pengelihatan
Kenali Kebutuhan Anda Sebelum Memilih Multivitamin https://meetdoctor.com/article/kenali-kebutuhan-anda-sebelum-memilih-multivitamin https://meetdoctor.com/article/kenali-kebutuhan-anda-sebelum-memilih-multivitamin Multivitamin atau suplemen sepertinya sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Mengonsumsi multivitamin telah menjadi kebutuhan bagi Anda yang tidak mendapatkan cukup nutrisi penting dari makanan yang dikonsumsi. 

Ada banyak jenis suplemen yang tersedia, dan sebagai konsumen, mungkin sulit bagi Anda untuk memilih mana yang benar-benar sesuai. 

Pertama yang perlu Anda ketahui dalam memilih multivitamin adalah mengidentifikasi kebutuhan Anda. Untuk mengetahuinya, gunakan alat uji s yang bisa mengidentifikasi kekurangan apa pun pada tubuh Anda, misalnya apakah Anda kekurangan vitamin E, D, atau lainnya. Jika Anda memiliki kekurangan nutrisi tertentu, disarankan agar Anda berkonsultasi pada profesional kesehatan untuk membantu Anda dalam menentukan suplemen yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda ini. 

Lalu, cermati labelnya. Bacalah label produk secara cermat. Perhatikan bahan aktif dan nutrisi yang terkandung di dalamnya, apakah telah sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk menghindari Anda mengonsumsi berbagai jenis suplemen, pilihlah suplemen yang menggabungkan beberapa vitamin dan mineral, sehingga memiliki beberapa manfaat sekaligus. 
Multivitamin modern tersedia dalam berbagai formula yang bertujuan untuk membantu orang-orang dengan kebutuhan gizi tertentu atau kondisi, misalnya untuk kencatikan kulit, rambut dan kuku. Saran untuk Anda, sebaiknya memilih vitamin yang dirancang untuk usia dan jenis kelamin Anda sehingga nutrisinya tepat untuk Anda. Hindari juga multivitamin yang melebihi 100 persen dari nilai harian yang direkomendasikan karena bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Perhatikan juga juga apakah multivitamin tersebut telah melalui berbagai penelitian, seperti Vitabiotics. Perusahaan yang berbasis di London, Inggris ini, telah memproduksi produk perawatan kesehatan yang inovatif selama lebih dari 40 tahun. Menurut Vice Presiden Vitabiotics, Rohit Shelatkar B. Pharmacy, MSc, setiap produknya dikembangkan dengan menggunakan penelitian terbaru yang tersedia, dan diproduksi dengan standar farmasi tertinggi. “Inovasi adalah kunci kesuksesan Vitabiotics. Ini berarti, terus memimpin dalam penelitian internasional di satu sisi, sambil tetap peka terhadap kebutuhan konsumen tertentu di sisi lain,” kata Rohit saat temu media, pada Kamis (12/10) kemarin, di Jakarta. 

 


]]>
Fri, 13 Oct 2017 16:25:23 +0700Kesehatan A-Z
Begini Cara Benar Cuci Tangan https://meetdoctor.com/article/begini-cara-benar-cuci-tangan https://meetdoctor.com/article/begini-cara-benar-cuci-tangan Sudahkah Anda mencuci tangan? Mencuci tangan sangat penting untuk menjaga kesehatan. Bahkan setiap setiap tanggal 15 Oktober, diperingati sebagai Hari Mencuci Tangan Sedunia. Di Indonesia, brand sabun kesehatan keluarga, Lifebuoy, turut merayakan Hari Cuci Tangan Sedunia di SDN 03 Menteng, Jakarta dengan mengedukasi masyarakat pentingnya cuci tangan pakai sabun agar terlindungi dari kuman. Komitmen yang dijalankan sejak tahun 2004 ini telah berhasil menjangkau lebih dari 89 juga tangan sehat di Indonesia. 

Meski sederhana, mencuci tangan adalah cara yang mudah untuk melindungi diri dari infeksi dan penyakit. Cuci tangan secara teratur, terutama sebelum dan sesudah kegiatan tertentu, merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kuman, menghindari sakit, dan mencegah penyebaran kuman ke orang lain. 

Saat Anda menyentuh orang, permukaan dan benda sepanjang hari, secara tidak sengaja Anda telah mengumpulkan kuman di tangan Anda. Pada gilirannya, Anda dapat menginfeksi diri dengan kuman ini dengan menyentuh mata, hidung atau mulut Anda. Meski tidak mungkin untuk menjaga tangan dari bebas kuman, namun sering mencuci tangan membatasi transfer bakteri, virus dan mikroba lainnya. 

Pastikan untuk selalu cuci tangan sebelum: 
-Mempersiapkan makanan atau makan
-Mengobati luka, memberi obat, atau merawat orang sakit atau terluka
-Memasukkan atau menghapus lensa kontak
Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan setelah: 
-Menyiapkan makanan atau memasak, terutama saat mengolah daging merah dan unggas. 
-Menggunakan toilet atau mengganti popok.
-Menyentuh binatang, tempat makan dan kotorannya. 
-Meniup hidung, batuk atau bersin ke tangan Anda.
-Mengobati luka atau merawat orang yang sakit atau terluka. 
-Memegang sampah, bahan kimia rumah tangga atau kebun, atau apa pun yang dapat terkontaminasi seperti kain pembersih atau sepatu kotor. 
Selain Itu, cuci tangan  setiap kali terlihat kotor. 

Cara mencuci tangan
Paling baik mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air. Ikuti langkah-langkah sederhana ini:
-Basahi tangan Anda dengan air mengalir, boleh hangat atau dingin.
-Oleskan sabun cair atau bar
-Gosokkan tangan dengan sedikit kencang selama 20 detik. Ingatlah untuk menggosok semua permukaan, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela di antara jari-jari dan di bawah kuku jari Anda. 
-Bilas sampai bersih. 
-Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisue atau pengering udara.
-Jika memungkinkan gunakan handung atau siku untuk mematikan kran. 

Sabun antibakteri, seperti yang mengandung triclosan, tidak lebih efektif dalam membunuh kuman daripada sabun biasa. Menggunakan sabun antibakteri bahkan bisa menyebabkan perkembangan bakteri yang kebal terhadap terhadap produk yang mengandung antimikroba, sehingga akan mempersulit membunuh kuman tersebut di masa depan. 

Pada tahun 2016,  badan pengawas obat dan makanan Amerika mengelurkan peraturan yang melarang bahan aktif antibakteri termasuk triclosan dan triclocarban, untuk dipasarkan lagi ke konsumen. Produk ini meliputi sabun cair, busa dan gel, sabun bar dan body wash. 
 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 


]]>
Fri, 13 Oct 2017 13:05:11 +0700Kesehatan A-Z
7 Hal Baru Tentang Kanker Payudara yang Perlu Anda Tahu https://meetdoctor.com/article/7-hal-baru-tentang-kanker-payudara-yang-perlu-anda-tahu https://meetdoctor.com/article/7-hal-baru-tentang-kanker-payudara-yang-perlu-anda-tahu Kanker payudara merupakan penyakit yang menakutkan bagi perempuan. Namun, ada secercah harapan untuk mencegah penyakit ini. Tahukah Anda bahwa tingkat kematian akibat kanker payudara menurun sebesar 38% sejak 1989? 

“Berkat kemajuan dalam deteksi dan pengobatan, perempuan tidak hanya hidup lebih lama, mereka juga memerlukan operasi dan terapi yang kurang invasif,” kata Theresa Bevers, MD, direktur medis dari Pusat Pencegahan Kanker di MD Anderson Cancer Center di Houston, Amerika Serikat. Dilansir dari laman Health, beberapa hal ini yang perlu Anda ketahui tentang kabar terbaru dari kanker payudara. 

Diet berperan dalam pencegahan kanker payudara
Kesadaran perempuan untuk hidup lebih sehat, sepertinya menjadi faktor penting dalam pencegahan kanker payudara. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Maret tahun ini, perempuan postmenopause yang pola makannya mendekati diet  Mediterania, 40% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker payudara reseptor estrogen negatif. 

Tak hanya itu, perempuan yang paling mengikuti pola makan nabati, memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker payudara, dibandingkan dengan perempuan yang paling sedikit mengikutinya, demikian kata sebuah studi pada tahun 2013 di The American Journal of Clinical Nutrition. 

“Ini mungkin sebagian disebabkan oleh fakta bahwa pola makan nabati kaya akan fitonutrien dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kanker,” kata Dr. Bevers. 
Jadi tidak ada alasan lagi untuk mengabaikan sayuran segar, buah-buahan, kacang polong, dan biji-bijian. 

Tidak semua orang memerlukan operasi
Setiap tahun, lebih dari 50.000 perempuan Amerika didiagnosis dengan karsinoma duktal in situ (DCIS) di mana sel abnormal ditemukan di dalam saluran susu di payudara. Bisa dibilang DCIS adalah jenis yang paling umum dari kanker payudara non-invasif (belum menyebar). Biasanya mereka yang didiagnosis DCIS, ditangani dengan melakukan mastektomi atau lumpektomi (seringkali, tapi tidak selau, terapi ini dipasangkan dengan radiasi). 

Namun, sebuah studi tahun 2015 di JAMA Surgery menemukan bahwa perempuan dengan DCIS kelas rendah yang tidak menjalani operasi, memiliki tingkat ketahanan hidup yang sebanding dengan mereka yang melakukannya. Dan percobaan baru di beberapa pusat kanker di AS, akan membandingkan hasil pada perempuan dengan DCIS yang menjalani operasi, dengan mereka yang akan diawasi dengan cermat, dengan kunjungan dokter reguler dan mammogram. 

“Perempuan perlu tahu bahwa DCIS memiliki tingkatan, dari yang rendah ke potensi yang lebih tinggi untuk maju ke penyakit kanker invasif,” jelas Grace Smith, MD, seorang ahli onkologi radiasi di MD Anderson Cancer Center.  Sementara ini kebanyakan ahli bedah masih merekomendasikan mastektomi atau lumpektomi untuk DCIS kelas menengah atau tinggi, beberapa praktisi mungkin mengizinkan pengawasan aktif untuk DCIS kelas rendah.

Jadi intinya, “Mastektomi atau lumpektomi masih dianggap sebagai standar perawatan,” kata Dr. Smith. Tapi bila pasien khawatir, mereka dapat mempertimbangkan untuk berbicara lebih jauh pada dokter tentang opsi pengawasan aktif nonsurgical yang sedang diselidiki.

Diagnosa lebih dini
Seiring semakin dikenalnya mammografi, DCIS lebih sering ditemukan dibandingkan di masa lalu. Semakin jarang perempuan yang didiagnosis DCIS setelah mereka menemukan benjolan atau pun perubahan lain pada payudara, seperti keluarnya cairan dari puting. 

DCIS sering terlihat sebagai satu pola kalsifikasi (penumpukan kalsium) mikro dalam hasil mammogram. Meski bentuk dan ukuran kalsifikasi yang ada diduga sebagai DCIS oleh ahli radiologi, pemeriksaan lebih lanjut masih diperlukan. Biasanya dokter akan menyarankan pasien melakukan core needle biopsy, dengan mengambil sedikit jaringan dengan jarum, dibawah pengaruh bius lokal. Contoh jaringan tersebut kemudian dikirim ke ahli patologi. Diagnosis juga dapat dilakukan dengan biopsy operasi terbuka.

Mamogram masih penting
Mammograms telah ada selama hampir setengah abad, namun tetap ada kontroversi, walaupun secara konsisten telah terbukti dapat mengurangi kematian akibat kanker payudara. Sementara kelompok seperti American Cancer Society, US Preventive Services Task Force, dan American College of Obstetricians and Gynecologists sepakat bahwa perempuan harus menjalani sinar-X payudara yang menyelamatkan nyawa ini. Mereka terbagi dalam kapan perempuan harus mulai melakukan mamogram, dan seberapa sering mereka harus melakukannya. 

Jadi intinya tidak ada pedoman yang pasti selain rekomendasi dari dokter Anda. Untuk mengetahui kapan melakukan mamogram dan perlukah melakukannya setiap tahun, bicarakan pada dokter- setidaknya ketika usia Anda 40 tahun, atau lebih awal, jika Anda memiliki riwayat kanker keluarga. 

Penelitian tentang kanker mengalami kemajuan
Penelitian kanker terbaru adalah imunoterapi, sejenis pengobatan yang memanfaatkan respons kekebalan tubuh sendiri untuk meledakkan sel kanker. Ini sangat menjanjikan untuk mengobati kanker payudara triple-negative, tipe yang sangat agresif.

Tapi terobosan lainnya sudah membantu memangkas angka kematian, termasuk terapi tertarget untuk kanker payudara positif HER2 (sekitar 20 persen perempuan dengan kanker payudara memiliki tipe agresif ini) dan kelas obat yang disebut penghambat CDK4 / 6, yang membantu menghilangkan satu jenis kanker payudara pada stadium lanjut dengan cara memblokir protein sel yang memungkinkan tumor tumbuh.Kemajuan ini kemungkinan akan meningkatkan tingkat ketahanan hidup untuk tahun-tahun mendatang.

Tes genetik 
Hampir 10% dari semua kanker payudara disebabkan oleh mutasi pada dua gen, BRCA1 dan BRCA2, yang juga dikaitkan dengan kanker ovarium, pankreas, dan prostat. Tes genetik juga bisa mencari mutasi gen lain yang meningkatkan risiko kanker payudara, seperti PALB2. Dokter tidak merekomendasikan untuk skrining pada semua perempuan, tapi menurut Mary Freivogel, presiden Society of Genetic Counselor, bila Anda memiliki kondisi di bawah ini, sebaiknya melakukan tes genetik:

1. Anda didiagnosis menderita kanker payudara sebelum usia 45, atau dengan kanker payudara triple-negatif sebelum usia 60, atau dengan kanker ovarium pada usia berapapun.
2. Anda memiliki anggota keluarga dengan mutasi BRCA1 / 2.
3. Anda memiliki riwayat keluarga berikut ini: dua atau lebih saudara dengan payudara atau pankreas, satu kerabat dengan kanker ovarium, yang didiagnosis relatif lebih muda dari usia 50 tahun, atau kasus kanker payudara laki-laki. 

Hal-hal yang tidak akan memicu risiko kanker payudara 
Anda tidak perlu khawatir, hal ini tidak akan membuat risiko kanker payudara Anda.

- IVF. Sebuah penelitian tahun 2016 terhadap lebih dari 25.000 perempuan tidak menemukan peningkatan risiko pada mereka yang telah menjalani fertilisasi in vitro atau bayi tabung.
- Minum kopi. Jika ada, hal itu bisa menurunkan risiko pascamenopause Anda, kata sebuah studi tahun 2015.
- Stres. Peneltiain pada tahun 2016 di Inggris mengungkap bahwa perempuan yang terus menerus stres selama lima tahun sebelumnya, tidak memiliki risiko lebih tinggi daripada mereka yang tidak pernah atau kadang-kadang mengalami stres. 
- Bra. Tidak masalah ukuran, jenis, atau seberapa sering Anda memakainya: Studi tahun 2014 meneliti 1.044 wanita pascamenopause yang telah didiagnosis menderita kanker payudara dan menyimpulkan bahwa kebiasaan mengenakan bra tidak berpengaruh.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Mon, 16 Oct 2017 13:58:14 +0700Kanker Payudara
Mengatasi Stres di Tempat Kerja https://meetdoctor.com/article/mengatasi-stres-di-tempat-kerja https://meetdoctor.com/article/mengatasi-stres-di-tempat-kerja Setiap orang yang bekerja, pasti pernah mengalami tekanan kerja, termasuk ketika Anda menekuni pekerjaan yang menyenangkan sekalipun. Sebagai contoh: tekanan kerja karena dikejar-kejar deadline atau melakukan tugas yang sangat sulit dengan risiko tinggi. 
 
Ketika stres kerja menjadi kronis, kondisi kesehatan fisik maupun mental kita dapat terganggu. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu dilakukan upaya-upaya agar stres kerja dapat dikenali dan dikelola dengan baik sehingga tidak menimbulkan dampak yang merugikan, sehingga Anda dapat tetap bekerja secara produktif dan sejahtera. 
 
Sumber Stres Kerja 
Berikut ini adalah beberapa stresor yang banyak dijumpai di dunia kerja:
• Gaji rendah
• Beban kerja berlebihan
• Kurang peluang untuk pengembangan diri atau peningkatan karir
• Pekerjaan kurang menantang
• Kurang tersedian dukungan sosial
• Kurang memiliki kontrol terhadap pengambilan keputusan dalam tugas-tugas di pekerjaan
• Tuntutan yang saling berkonflik atau ekspektasi performa yang kurang jelas
 
Dampak Stres yang Tidak Terkendali
Stres yang tidak ditangani dengan baik, tidak akan hilang dengan sendirinya. Stres ini akan tetap dirasakan sepanjang hari dan mempengaruhi kehidupan Anda. Stres yang berlangsung terus-menerus dapat mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental Anda.
 
Beberapa masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stres misalnya adalah sakit kepala, gangguan pencernaan, gangguan tidur, sulit berkonsentrasi, mudah marah. Masalah kecemasan, tekanan darah tinggi, depresi, obesitas, serangan jantung, juga masalah-masalah yang dapat ditimbulkan oleh stres. 
 
Tidak hanya itu, kondisi stress yang berlebihan juga sering mendorong orang untuk melakukan hal-hal yang tidak tepat sebagai upaya untuk meredakan emosi yang tidak nyaman, seperti: makan berlebihan, merokok, mengonsumsi alkohol, dsb..
 
Kelola Stres 
Saat mengalami stres, cobalah lakukan langkah-langkah ini:
 
• Mengidentifikasi sumber stres. Buatlah catatan harian untuk mengidentifikasi situasi seperti apa yang sering menimbulkan stres dan pikirkan bagaimana cara mengatasinya. Catatlah pikiran, perasaan, dan peristiwa-peristiwa yang terjadi (termasuk dengan siapa Anda berinteraksi, situasi kerja seperti apa). Serta bagaimana reaksi Anda pada umumnya (seperti: apakah Anda menjadi gelisah atau menarik diri, makan berlebihan, berjalan-jalan, dsb). Catatan ini akan membantu Anda untuk menemukan pola yang biasa terjadi antara stresor dan reaksi Anda.
 
• Belajarlah berespons secara sehat. Daripada berusaha mengatasi stres dengan makan berlebihan atau minum kopi terus-menerus, cobalah melakukan hal-hal yang sehat, seperti berolahraga, meditasi, bermain musik, atau aktivitas hobi lain yang menimbulkan efek relaksasi dan menyenangkan.
 
• Buatlah batasan yang jelas. Anda perlu membuat batasan-batasan yang jelas terhadap hal-hal di luar diri yang dapat menimbulkan stres. Contohnya: membatasi kapan untuk tidak menerima telepon, membaca email, atau menerima tamu, Carilah waktu dimana Anda dapat sendiri sementara waktu tanpa diganggu. 
 
• Carilah waktu untuk istirahat dan menguatkan diri kembali. Hindari kondisi dimana Anda terus-menerus dihadapkan pada tekanan kerja tanpa henti. Tubuh dan mental kita dapat letih dan perlu istirahat. Dibutuhkan waktu untuk mencapai kondisi seimbang kembali. Jangan mengabaikan jam istirahat di kantor atau liburan di akhir pekan. Luangkan sekali-kali untuk berlibur ke tempat yang tenang, memberikan perasaan relaks, dan menyenangkan. Setelah pulih, kembali lah bekerja dengan baik.
 
• Bicaralah pada supervisor Anda. Karyawan yang produktif umumnya adalah karyawan yang sehat. Oleh karena itu, atasan perlu memberikan lingkungan kerja yang baik yang dapat mendukung kesejahteraan karyawan. Bicaralah secara terbuka dengan atasan mengenai kondiri Anda. Tujuannya bukan untuk mengeluh tanpa tujuan, namun untuk membicarakan langkah-langkah yang dapat dilakukan agar dapat mengatasi stresor di lingkungan kerja, sehingga Anda dapat bekerja lebih produktif. 
 
• Carilah dukungan dari orang lain. Anda perlu terbuka terhadap bantuan yang diberikan oleh kawan yang dapat dipercaya ataupun anggota keluarga. Jika diperlukan, Anda juga dapat meminta bantuan profesional dari ahli di bidang kesehatan mental, seperti: psikolog atau psikiater. ( Benedictine Widyasinta, M.Si.,Psikolog, RS. Royal Progress)
 

]]>
Tue, 10 Oct 2017 14:16:58 +0700depresi, mental, mental health, stres
Osteoporosis dan Kesehatan Tulang https://meetdoctor.com/article/osteoporosis-dan-kesehatan-tulang https://meetdoctor.com/article/osteoporosis-dan-kesehatan-tulang Hari ini, tanggal 20 Oktober diperingati sebagai hari osteoporosis sedunia. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1996 oleh United Kingdom’s National Osteoporosis Society dan selanjutnya diselenggarakan oleh International Osteoporosis Foundation. Peringatan Hari Osteoporis Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global tentang pencegahan, diagnosis dan pengobatan osteoporosis. 

Osteoporosis menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh-sehingga saat terjatuh atau bahkan tekanan ringan seperti membungkuk atau batuh bisa menyebabkan patah tulang. Fraktur atau patah tulang terkait osteoporosis paling sering terjadi pada pinggul, pergelangan tangan atau tulang belakang. 

Tulang adalah jaringan hidup yang terus-menerus dipecah dan diganti. Osteoporosis terjadi saat pembentukan tulang baru tidak sesuai dengan pengangkatan tulang tua. 
Apakah hanya perempuan yang mengalami osteoporosis? Pastinya tidak. Osteoporosis memengaruhi laki-laki dan perempuan dari semua ras. Namun, perempuan yang mengalami menopause berisiko tinggi mengalami osteoporosis. 

Pengobatan, diet sehat dan latihan menahan beban dapat membantu mencegah keropos tulang atau memperkuat tulang yang sudah lemah.

Pada tahap awal, osteoporosis biasanya tidak menunjukkan gejala. Tapi begitu tulang Anda dilemahkan oleh osteoporosis, kemungkinan memiliki tanda atau gejala yang meliputi: 
-Nyeri punggung, disebabkan oleh retak atau robek tulang belakang
-Kehilangan tinggi badan dari waktu ke waktu
-Postur bungkuk
-Fraktur tulang yang terjadi jauh lebih mudah dari yang diperkirakan

Kapan harus ke dokter?
Anda mungkin perlu berbicara pada dokter tentang osteoporosis jika Anda mengalami menopause dini atau mengonsumsi kortikosteroid selama beberapa bulan pada satu waktu. Atau jika salah satu dari orang tua Anda mengalami patah tulang pinggul. 

Beberapa kebiasaan buruk dapat meningkatkan risiko osteoporosis, di antaranya: 
-Kurang bergerak. Orang yang menghabiskan banyak waktu duduk memiliki risiko osteoporosis lebih tinggi daripada mereka yang lebih aktif. Latihan dan aktivitas berat badan yang meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh yang baik, bermanfaat bagi tulang Anda. Namun berjalan, berlari, melompat, menari dan angkat beban sangat membantu menurunkan risiko osteoporosis.

-Konsumsi alkohol berlebih. Konsumsi rutin lebih dari dua minuman beralkohol sehari meningkatkan risiko osteoporosis Anda.

-Merokok. Sebenarnya belum ada kejelasan keterkaitan langsung antara tembakau dengan osteoporosis. Namun telah ditunjukkan bahwa penggunaan tembakau berkontribusi pada tulang yang lemah.

Cegah sebelum terlambat

Nutrisi yang baik dan olahraga teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Ini yang dibutuhkan untuk menjaga tulang Anda: 

Protein
Protein adalah salah satu blok bangunan tulang. Protein bisa didapat dari ikan, daging, kedelai, kacang-kacangan, kacang polong,  susu dan telur. 

Menjaga berat badan
Kelebihan berat badan meningkatkan kemungkinan keropos tulang dan patah tulang. Kelebihan berat badan sekarang diketahui bisa meningkatkan risiko patah tulang di lengan dan pergelangan tangan Anda. Dengan demikian, menjaga berat badan sesuai baik untuk tulang sama seperti kesehatan pada umumnya.

Kalsium
Laki-laki dan dan perempuan berusia antara 18 dan 50 membutuhkan 1.000 miligram kalsium sehari. Jumlah harian ini meningkat menjadi 1.200 miligram saat perempuan berusia 50 tahun dan laki-laki berusia 70 tahun. Sumber kalsium yang baik meliputi:
-Produk susu rendah lemak
-Sayuran berdaun hijau gelap
-Kalengan salmon atau sarden dengan tulang
-Produk kedelai, seperti tahu
-Sereal dan jus jeruk yang diperkaya kalsium

Jika Anda merasa sulit mendapatkan cukup kalsium dari makanan Anda, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen kalsium. Namun, terlalu banyak kalsium telah dikaitkan dengan batu ginjal. Meski belum jelas, beberapa ahli menyarankan bahwa terlalu banyak kalsium terutama pada suplemen dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Institute of Medicine merekomendasikan bahwa asupan kalsium total, dari suplemen dan kombinasi diet, sebaiknya tidak lebih dari 2.000 miligram setiap hari untuk orang-orang yang berusia lebih dari 50 tahun.

Vitamin D

Vitamin D meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dan meningkatkan kesehatan tulang dengan cara lain. Orang bisa mendapatkan cukup vitamin D dari sinar matahari. Beruntungnya kita hidup di negara tropis sehingga berlimpah sinar matahari. 

Para ilmuwan belum mengetahui dosis optimal vitamin D setiap orang. Titik awal yang baik untuk orang dewasa adalah 600 sampai 800 unit internasional (IU) sehari, melalui makanan atau suplemen. Bagi orang-orang tanpa sumber vitamin D lain dan terutama dengan paparan sinar matahari terbatas, suplemen mungkin diperlukan. Sebagian besar produk multivitamin mengandung antara 600 dan 800 IU vitamin D. Sampai 4.000 IU vitamin D sehari aman bagi kebanyakan orang.

Olahraga
Olahraga dapat membantu Anda membangun tulang yang kuat dan memperlambat kehilangan tulang. Berolahragalah secara teratur saat Anda masih muda dan terus berolahraga sepanjang hidup Anda. 

Kombinasikan latihan kekuatan dengan latihan beban dan keseimbangan. Latihan kekuatan membantu memperkuat otot dan tulang di lengan dan tulang belakang bagian atas, dan latihan menahan beban - seperti berjalan, joging, berlari, memanjat tangga, melewatkan tali, bermain ski dan olahraga yang menghasilkan dampak - terutama mempengaruhi tulang di kaki Anda, pinggul dan tulang belakang yang lebih rendah. Latihan keseimbangan seperti tai chi dapat mengurangi risiko terjatuh terutama saat Anda bertambah tua.

Berenang, bersepeda dan berolahraga pada mesin seperti pelatih elips dapat memberikan latihan kardiovaskular yang baik, tapi tidak membantu peningkatan kesehatan tulang.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 


]]>
Fri, 20 Oct 2017 15:06:13 +0700Osteoporosis
Fakta BAB https://meetdoctor.com/article/fakta-bab https://meetdoctor.com/article/fakta-bab Berapa kali sehari Anda BAB (Buang Air Besar)? Benarkah BAB harus setidaknya 1-2 kali sehari?  Berikut ini fakta BAB yang perlu Anda ketahui. 

Tidak ada aturan Anda harus BAB sekali dalam sehari
“Rata-rata orang BAB satu atau dua kali sehari,” kata Felice Schnoll-Sussman, M.D., direktur Pusat Kesehatan Gastrointestinal Jay Monahan di New York-Presbyterian dan Weill Cornell Medicine. “Tapi banyak orang yang melakukannya lebih sering. Tidak buang air besar dalam sehari, dua hari atau bahkan tiga hari juga bisa baik-baik saja. Singkatnya, jika Anda merasa baik-baik saja, tidak sakit perut, tidak ada masalah lainnya, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” kata Felice. 

Menurut Felice aturan buang air besar adalah tidak ada yang namanya normal. Hanya normal dari perpektif orang saja. Jadi, bagaimana jika jadwal Anda berubah, dari yang sehari sekali menjadi tiga atau empat kali sehari? Ada dua kemungkinan, diet atau diare. Bisa saja itu perubahan yang baik, misalnya Anda sudah lebih banyak makan serat sehingga buang air besarnya lebih lancar. Yang penting, pergilah ke dokter jika jadwal BAB baru Anda membuat Anda sakit perut yang konstan. 

Mempunyai jadwal rutin itu baik
Jika Anda memiliki jadwal yang teratur itu berarti Anda memiliki sistem pencernaan yang sehat. Tapi jangan khawatir jika yang terjadi sebaliknya.  BAB di pagi hari memang jadi kebiasaan banyak orang. Alasannya karena kebanyakan orang makan makanan berart di malam hari, jadi saat bangun, sudah berjam-jam makanan tersebut dicerna dan sudah berada di posisi siap keluar di usus Anda. Makanya begitu Anda bangun dari tidur, semuanya meluncur ke bawah yang membuat Anda ingin ke kamar mandi. 

Ingin BAB setelah makan tidak selalu pertanda ada masalah pada pencernaan
Jika setelah makan Anda ke kamar mandi, itu bukan karena Anda memiliki sistem pencernaan yang super efisien, tapi karena saluran pencernaan Anda yang tidak pernah tumbuh. "BAB tepat setelah Anda makan adalah refleks pada bayi,” katanya. Bagi sebagian orang, reflek itu tidak pernah hilang.

Meski mungkin tidak ideal, harus ke kamar mandi setelah makan adalah normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Kotoran yang Anda buang setelah makan, bukanlah kotoran dari makanan yang baru saja Anda makan, jadi tubuh Anda memiliki banyak waktu untuk menyerap nutrisi. Satu-satunya masalah, kata Felice, adalah jika kotoran Anda berair, mengapung, dan berbau menyengat- itu mungkin berarti Anda tidak menyerap lemak dengan baik. Dalam hal ini, Anda harus membuat janji dengan dokter.  

Kopi merangsang BAB
Kafein pada kopi merangsang perut Anda untuk ke kamar mandi. Zat itu membuat kontraksi pada usus Anda, yang pada gilirannya mendorong tinja ke arah dubur.  Itu sebabnya banyak orang minum kopi di pagi hari untuk merangsang BAB. 

Menstruasi membuat Anda lebih sering BAB
Ketika menstruasi, perut Anda sering terasa kram dan kembung, dan lebih banyak waktu di toilet. Hal itu berkaitan dengan hormon. Para ilmuwan percaya itu karena hormon yang Anda lepaskan selama siklus Anda, yang disebut prostaglandin, memicu rahim Anda untuk berkontraksi, dan kadang masuk ke dalam perut Anda, dan menyebabkan mereka berkontraksi juga. Dan ketika perut berkontraksi berarti Anda akan lebih banyak buang air besar. 

Posisi duduk sangat berpengaruh 
Jika Anda merasa ingin BAB tapi ketika sudah duduk di kloset, kotoran sulit keluar, menurut Felice itu bisa jadi karena posisi duduk yang tidak benar.  Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa posisi paling efektif untuk mengeluarkan tinja, bukan pada posisi duduk tapi berjogkok. Posisi jongkok mengubah posisi rektum Anda sehingga berada pada sudut  yang memungkinkan kotorankeluar dengan sedikit usaha. 

Sulit BAB saat liburan itu normal
Anda mungkin sering mengalami hal ini. Anda menikmati liburan, tapi Anda belum BAB berhari-hari. Satu studi memperkirakan bahwa 40 persen orang mengalami konstipasi liburan. Jadi apa masalahnya? "Hanya duduk di pesawat selama beberapa jam sudah cukup untuk mengeringkan usus besar Anda," kata Felice.  

Tekanan atmosfer di dalam pesawat berbeda dengan tekanan di luar, sehingga perlahan menyedot air dari tubuh dan usus Anda. Dehidrasi yang memburuk saat Anda menghabiskan waktu di pantai atau jalan-jalan, dan lupa minum air sebanyak yang Anda lakukan di rumah, juga bisa membuat Anda sulit BAB. Sementara itu, Anda mungkin makan banyak makanan (mungkin goreng dan lemak) yang biasanya tidak Anda makan. Dan harus BAB  di tempat yang tidak biasa-mungkin di zona waktu yang berbeda-juga bisa membuat kotoran Anda jadi enggan keluar. 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Mon, 23 Oct 2017 10:01:28 +0700Kesehatan A-Z
Cedera Kepala: Bahaya, Gejala dan Pertolongan Pertama https://meetdoctor.com/article/cedera-kepala-bahaya-gejala-dan-pertolongan-pertama https://meetdoctor.com/article/cedera-kepala-bahaya-gejala-dan-pertolongan-pertama Kematian kiper Persela Lamongan, Chairul Huda pada Minggu (15/10/2017), setelah berbenturan dengan sesama pemain Persela, Ramon Rodregues De Mesquita, meninggalkan duka yang mendalam. Penyebab kematian Huda diduga karena ada trauma pada bagian dada, kepala dan leher. Sebelum dinyatakan meninggal, Huda mengalami masa kritis saat dibawa ke IGD RSUD dr Soegiri Lamongan. 

Sepakbola identik dengan olahraga keras. Atlet sangat riskan mengalami cedera akibat kontak dengan bola, pemain lain, tiang gawang, atau dengan tanah selama pertandingan berlangsung. Cedera yang diderita oleh seorang individu dapat menyebabkan gegar otak, terutama di kepala.  Setiap cedera kepala yang diderita oleh para pemain harus diberikan bantuan pertolongan pertama yang tepat sesegera mungkin. Bila tidak dapat berakibat fatal, seperti yang terjadi pada Huda. 

Karena sepakbola tidak menggunakan pelindung kepala seperti halnya hoki dan tinju, ini cedera kepala yang rentan dialami atlet sepakbola: 

Gegar Otak (concussions)
Gegar otak adalah cedera pada otak yang terjadi jika seseorang mengalami benturan pada kepala dan leher, atau pukulan keras di kepala. Benturan akan menyebabkan otak menghantam bagian dalam tengkorak, sehingga menimbulkan kerusakan ringan maupun berat, tergantung pada bagian otak mana yang terkena dan kerasnya benturan. Kasus gegar otak merupakan kasus serius dan membutuhkan perawatan darurat secepatnya. 

Cedera pada mata
Karena kurangnya perlindungan terhadap wajah, mata juga bersiko tinggi mengalami cedera. Pukulan langsung ke arah mata dapat menyebabkan rusaknya kornea atau cedera pada saraf okular. Tanda dan gejala adanya cedera pada mata meliputi hilangnya pengelihatan, pengelihatan buram dan pembengkakan pada kelopak mata.

Cedera pada hidung dan mulut
Penting untuk dicatat bahwa tulang rawan lunak di hidung dapat dengan mudah rusak karena kontak, sehingga menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh lainnya. Apabila ada benturan di area hidung saat bermain, maka dapat berisiko patah tulang hidung atau deviasi septum hidung. Area mulut juga berisiko mengalami cedera. Kontak keras dengan pemain atau bola dapat melukai bibir, lidah dan gigi. Cedera dapat dicegah jika pemain menggunakan pelindung mulut.

Tanda dan gejala cedera kepala serius
Seseorang yang mengalami cedera kepala serius akan menimbulkan gejala tertentu seperti sakit kepala, disorientasi, berbicara tidak jelas, mual dan bahkan amnesia jangka pendek. Beberapa gejala ini mungkin tidak bertahan hingga berjam-jam atau berhari-hari setelah cedera, tetapi tentunya dibutuhkan observasi khusus mengenai gejala ini meskipun benturan ke arah kepala tidak kuat.

Perawatan medis harus segera diberikan apabila terjadi cedera pada kepala, mata, hidung, dan mulut saat permainan sepak bola. Jika ada pendarahan, sebaiknya pendarahan dihentikan terlebih dahulu dengan metode balut tekan, kemudian tutup dengan perban untuk menjaga luka agar tetap bersih. Kompres es digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada area yang terkena benturan atau kontak. 

Bila pemain dalam kondisi tidak sadarkan diri, periksalah pernapasan dan denyut nadi. Apabila tidak ada tanda-tanda pernapasan dan denyut nadi, mintalah pertolongan untuk memanggil ambulans, mulai lakukan RJP (resusitasi jantung paru) untuk memacu detak jantung dan pastikan jalan napas terbuka tidak ada sumbatan. RJP terus dilakukan hingga teraba denyut nadi atau pemain sadarkan diri atau ambulans datang untuk kemudian dibawa ke IGD rumah sakit terdekat. 

Ditinjau oleh: dr. Grace Joselini Corlesa, MMRS (sport medicine resident) 


]]>
Thu, 19 Oct 2017 11:38:12 +0700Cedera, Luka, Trauma
Bisakah Diet Ketogenik Mengatasi Gangguan Bipolar? https://meetdoctor.com/article/bisakah-diet-ketogenik-mengatasi-gangguan-bipolar https://meetdoctor.com/article/bisakah-diet-ketogenik-mengatasi-gangguan-bipolar Diet ketogenik adalah diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Biasanya, karbohidrat- yaitu glukosa menyuplai tubuh dan otak Anda dengan energi. Glukosa adalah sumber bahan bakar yang disukai otak. Saat Anda mengurangi karbohidrat dari makanan, lemak mengambil alih sebagai sumber energi tubuh Anda. Hati memecah lemak menjadi zat yang disebut keton, yang secara alami lebih tinggi energi daripada karbohidrat. Ketones melakukan perjalanan melalui aliran darah Anda untuk memberi bahan bakar pada otak Anda. 

Penelitian selama bertahun-tahun telah menemukan bahwa diet ketogenik sangat membantu untuk kondisi otak tertentu. Sebuah studi tahun 2015 semakin menegaskan bahwa diet ketogenik secara dramatis dapat mengurangi jumlah kejang pada anak-anak dengan epilepsi, termasuk pada anak-anak yang tidak menanggapi pengobatan. Penelitian juga menunjukkan bahwa hal itu mungkin mengurangi gejala penyakit neuro degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Beberapa bukti yang sangat awal menunjukkan bahwa hal itu mungkin bisa membantu dengan gangguan bipolar juga.

Obat anti-kejang, obat yang sama yang digunakan untuk mengobati orang dengan epilepsi, biasa dipakai untuk pengobatan gangguan bipolar. Hal ini membuat peneliti bertanya-tanya apakah diet yang membantu gejala epilepsi juga bisa membantu orang dengan gangguan bipolar.

Ada alasan untuk percaya bisa. Selama episode depresi, produksi energi melambat di otak. Sehingga mengonsumsi makanan ketogenik bisa meningkatkan energi di otak.
Orang dengan gangguan bipolar memiliki jumlah natrium yang lebih tinggi dari normal di dalam sel mereka. Lithium dan obat penstabil mood lainnya digunakan untuk mengobati gangguan bipolar, sebagian dengan menurunkan kadar natrium dalam sel. Diet ketogenik memiliki jenis efek yang sama.

Secara teori, diet ketogenik bisa membantu mengatasi gangguan bipolar. Namun sulit untuk mengetahui apakah diet ini benar-benar dapat meringankan gejala bipolar karena penelitian yang sangat sedikit telah dilakukan pada subjek.

Sebuah studi tahun 2013 diikuti dua perempuan dengan gangguan bipolar tipe II, yang mencakup pola episode depresi yang diikuti episode mania yang relatif ringan. Salah satu wanita menjalani diet ketogenik selama dua tahun, sementara yang lainnya menjalani diet selama tiga tahun. Kedua perempuan mengalami peningkatan mood yang lebih besar saat menjalani diet ketogenik dibandingkan dengan pengobatan dan tidak mengalami efek samping.

Meski hasilnya cukup menjanjikan, penelitian ini sangat kecil. Banyak penelitian yang lebih besar perlu dilakukan untuk memastikan apakah diet ketogenik bermanfaat bagi populasi gangguan bipolar yang lebih besar.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 


]]>
Mon, 16 Oct 2017 16:17:02 +0700Bipolar Disorder
Anak 2 Tahun dengan Serebral Palsi Dapat Berjalan setelah Menerima Infus Sel Punca https://meetdoctor.com/article/anak-2-tahun-dengan-serebral-palsi-dapat-berjalan-setelah-menerima-infus-sel-punca https://meetdoctor.com/article/anak-2-tahun-dengan-serebral-palsi-dapat-berjalan-setelah-menerima-infus-sel-punca Anak perempuan ini menunjukkan perbaikan setelah menerima infus darah tali pusatnya sendiri.

Secercah harapan baru datang bagi orang tua dengan anak yang mengalami cedera otak, setelah sebuah berita mengabarkan bahwa seorang anak perempuan berusia 2 tahun dari San Diego mengalami perkembangan positif setelah menerima infus sel punca yang berasal dari darah tali pusatnya sendiri, yang disimpan saat ia lahir.

Anak perempuan ini terlahir dengan serebral palsi. Ia memiliki keterbatasan dalam menggunakan seluruh sisi kiri tubuhnya. Ia tidak dapat menggunakan tangan kirinya dan tidak dapat berjalan saat usia 18 bulan, sampai sebuah terapi eksperimental mengubah segalanya, seperti yang disampaikan oleh kedua orang tuanya.

“Putri kami saat ini dapat berjalan, padahal awalnya dokter berkata ia tidak dapat berjalan,” ujar sang ibu.

Hal ini tidak akan mungkin terjadi seandainya kedua orang tua anak tersebut tidak menuruti nasihat dokter dan menyimpan darah tali pusat bayi mereka di sebuah bank darah tali pusat swasta terbesar di Amerika Serikat.
 
Sebuah penelusuran yang dilakukan oleh NBC menunjukkan bahwa kurang lebih 100 keluarga dari setengah juta sampel yang ada di bank darah tali pusat mendapatkan manfaat dari sel punca mereka sendiri.

Pada kasus yang dialami oleh anak ini, dokter spesialis fetomaternal sangat menyarankan mereka untuk menyimpan darah tali pusat bayinya karena, pada pemeriksaan, dokter mendapatkan adanya kelainan yang berpotensi menyebabkan serebral palsi. Ditambah lagi setelah mendengar mengenai penelitian klinis yang dilakukan di Duke University.

 “Saya mengetahui bahwa penelitian tersebut sedang berjalan dan mereka telah mempublikasikan beberapa hasil yang positif. Saya pikir infus darah tali pusat dapat memberikan manfaat bagi bayi ini,” ujar dr. Holly Casele.

“Kami berdoa dan akan merasa bersalah jika kami tidak melakukan segala hal semampu kami untuk memberikan anak kami setiap peluang yang ada,” kata sang ayah.

Keluarga mengatakan kira-kira butuh waktu tiga minggu setelah prosedur pertama bagi anak ini untuk mulai berjalan. 

“Banyak anak yang menjalani terapi ini memiliki cerita medis serupa,” ujar dr.Joanne Kurtzberg, yang memimpin penelitian. “Secara garis besar, saya mengatakan kami bersemangat karena melihat adanya efek yang positif dari darah tali pusat dalam situasi ini. Dan kami mencoba untuk mempelajari bagaimana cara kerjanya di laboratorium.”

Dokter telah menggunakan darah tali pusat selama beberapa dekade untuk terapi kelainan darah dan penyakit lainnya. Namun saat ini penelitian terbaru menunjukkan bahwa sel yang sama dapat bergerak ke otak bayi dan menyembuhkan area yang cedera. 

Hasil yang ditimbulkannya dapat berdampak ke berbagai penyakit seperti serebral palsi.

Untuk mendapatkan edukasi mengenai Sel Punca dari darah tali pusat dan voucher diskon penyimpanan darah tali pusat, klik di sini

 

Diterjemahkan dari http://www.nbcsandiego.com/news/local/3-Year-Old-With-Cerebral-Palsy-Walking-After-Stem-Cell-Infusions-351260061.html

Berita ini dipublikasikan pada tanggal 17 November 2015 | Diperbarui pada tanggal 18 November 2015 
 


]]>
Fri, 20 Oct 2017 14:50:50 +0700Cerebral Palsy
Bukan Belanja, Ini yang Bikin Orang Bahagia https://meetdoctor.com/article/bukan-belanja-ini-yang-bikin-orang-bahagia https://meetdoctor.com/article/bukan-belanja-ini-yang-bikin-orang-bahagia Anda mungkin sering mendengar ungkapan bahwa kebahagiaan tidak bisa dibeli dengan uang.  Suatu penelitian menujukkan sebaliknya, bahwa uang bisa membelikan Anda kebahagiaan. Atau paling tidak, uang bisa membeli Anda ekstra waktu luang dan itu bisa membuat Anda lebih bahagia. 

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa, alih-alih belanja untuk membuat perasaan Anda menjadi lebih baik, sebaiknya Anda membayar orang lain untuk melalukukan pekerjaan rumah tangga, seperti membersihkan, mengasuh anak, memasak, memotong rumput, perawatan rumah tangga atau bahkan berbelanja. 

Salah satu peneliti, profesor Elizabeth Dunn, mengatakan bahwa meski ‘membeli waktu’ dapat membuat Anda keluar dari tekanan kehidupan sehari-hari. Sayangnya hanya sedikit orang yang melakukannya, bahkan ketika mereka mampu membelinya. 

"Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa orang bisa mendapatkan manfaat dari jalan-jalan atau liburan karena bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Namun penelitian menunjukkan bahwa seseorang juga harus mempertimbangkan untuk membeli jalan keluar dari pengalaman yang tidak menyenangkan”. 

Dan dia menambahkan bahwa manfaat dari waktu ekstra itu "tidak hanya untuk orang kaya".

"Kami pikir efeknya mungkin hanya bertahan untuk orang-orang dengan pendapatan tinggi, tapi yang mengejutkan, kami menemukan efek yang sama di seluruh spektrum pendapatan," kata Profesor Dunn, dari British Columbia University di Kanada.

Para periset tersebut mensurvei lebih dari 6.200 orang di AS, Kanada, Denmark dan Belanda, menanyakan bagaimana perasaan mereka dan berapa banyak yang mereka habiskan untuk ‘membeli waktu.’ 

"Di antara sampel, ada interaksi yang signifikan antara pembelian  waktu dan stres ," tulis mereka dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences. Mereka yang tidak mempunyai  waktu ternyata memiliki tingkat kepuasan hidup yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang bisa ‘membeli’ waktu. “Bagi responden yang menghabiskan uang untuk mendapatkan waktu luang, efek negatif dari tekanan waktu terhadap kepuasan hidup tidak signifikan,” katanya. 

Sebagai bagian dari penelitian ini, para periset juga memberi  sejumlah yang kepada 60 orang di Vancouver untuk membeli barang pada akhir pekan dan layanan menghemat waktu pada waktu yang lain. Mereka menemukan orang lebih bahagia dalam kasus yang terakhir ini. Namun survei tersebut menemukan bahwa banyak orang sepertinya enggan membayar orang untuk mendapatkan waktu luang, bahkan ketika mereka mampu melakukannya. 

Bagaimana dengan Anda? 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 


]]>
Mon, 23 Oct 2017 13:51:49 +0700Kesehatan Mental
Laktasi, Problema dan Solusi https://meetdoctor.com/article/laktasi-problema-dan-solusi https://meetdoctor.com/article/laktasi-problema-dan-solusi Laktasi merupakan keseluruhan proses menyusui, mulai dari ASI diproduksi sampai dengan mengisap dan menelan Air Susu Ibu (ASI). Proses menyusui telah dimulai sejak ibu hamil karena produksi ASI itu sudah dimulai sejak masa kehamilan, bukan saat setelah bayi lahir.  Laktasi sangat penting karena berkaitan dengan ASI. Seperti kita ketahui, ASI merupakan nutrisi terbaik dan terlengkap untuk bayi. 

Nilai nutrisi ASI lebih besar dibandingkan susu formula karena mengandung lemak, karbohidrat, protein da air dalam jumlah yang tepat untuk pencernaan, perkembangan otak dan pertumbuhan bayi. Yang paling penting adalah colostrum yaitu ASI awal yang kaya sekali akan antibody yang diperlukan untuk daya tahan tubuh bayi. 

Namun, menyusui merupakan proses yang cukup komplek. Ada sebagian perempuan yang mengalami kesulitan dalam menyusui, bisa karena produksi ASI yang sedikit atau puting payudara yang tidak menonjol keluar. 

Persoalan laktasi dan solusinya ini dibahas oleh dr. Mira Febriani, SpA, dalam acara Talkshow dan Baby Bazaar yang diselenggarakan oleh Orami, dengan tema Laktasi, Problematika dan Solusinya di RS. Medistra, Jakarta, pada Sabtu (21/10/2007) lalu. 

Menurut dr. Mira, salah satu manfaat penting dari menyusui adalah  terjadinya bonding atau ikatan antara ibu dan bayi.  Lebih lanjut dr. Mira mengatakan bahwa untuk memaksimalkan manfaat menyusui, bayi sebaiknya disusui selama 6 bulan pertama, dan maksimal usia bayi disusui adalah 2 tahun. 

Ada dua hormon yang berperan penting dalam laktasi, yaitu hormon prolaktin dan oksitosin. Setiap kali bayi mengisap payudara akan merangsang ujung saraf sensoris di sekitar payudara sehingga merangsang kelenjar hipofisis bagian depan payudara untuk menghasilkan prolaktin. Prolaktin akan  masuk ke peredaran darah kemudian ke payudara menyebabkan sel sekretori di alveolus (pabrik ASI) menghasilkan ASI. 

Hormon oksitosin dihasilkan bila ujung saraf di sekitar payudara dirangsang oleh isapan. Beberapa hal yang dianggap dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin adalah perasaan bahagia dan kasih sayang pada bayi, celotehan atau tangisan bayi, dukungan ayah dalam pengasuhan dan pijat. “Sedangkan yang dapat mengurangi produksi hormon oksitosin adalah rasa cemas, sedih, marah, kesal atau bingung, dan rasa sakit saat menyusui,” kata dr. Mira. 

Agar proses menyusui berjalan lancar, perhatikan posisi saat menyusui dan perlekatan bayi pada payudara yang tepat. “Posisi yang kurang tepat akan menghasilkan perlekatan yang tidak baik,” katanya. 

Posisi tubuh yang baik saat menyusui adalah posisi muka bayi menghadap ke payudara, perut/dada bayi menempel pada perut/dada ibu. Seluruh badan bayi menghadap ke badan ibu hingga telinga bayi membentuk garis lurus dengan lengan bayi dan leher bayi. Ada kontak mata antara ibu dengan bayi. Pegang belakang bahu, jangan kepala bayi. Kepala terletak di lengan, bukan di daerah siku. 

Selain itu, perlekatan yang benar adalah kunci keberhasilan menyusui. Untuk mendapatkan perlekatan yang baik, beberapa hal yang perlu dipehatikan adalah bayi datang arah bawah payuara, hidung bayi berhadapan dengan puting susu, dagu bayi merupakan bagian pertama yang melekat pada payudara, puting diarahkan ke atas langit-langit bayi, dan telusuri langit-langit bayi dengan puting sampai di daerah yang tidak ada tulangnya. 

Untuk menilai kecukupan ASI, biasanya bayi akan relaks dan puas setelah menyusu dan melepas sendiri payudara ibu. Berat badannya juga bertambah lebih dari 500 gram dalam sebulan telah melebihi berat lahir pada usia dua minggu. 

Terpenting dalam menyusui, jangan mudah menyerah, lakukan dengan nyaman dan perasaan bahagia. 

 


]]>
Mon, 23 Oct 2017 12:16:06 +0700Menyusui dengan ASI