MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2018 Lancarkan Sirkulasi Darah agar Sehat dan Aktif https://meetdoctor.com/article/lancarkan-sirkulasi-darah-agar-sehat-dan-aktif https://meetdoctor.com/article/lancarkan-sirkulasi-darah-agar-sehat-dan-aktif Lelah berkepanjangan dan memiliki ingatan yang buruk? Waspada, itu adalah dua dari sekian tanda sirkulasi darah yang buruk.

Semua orang tahu bahwa peredaran darah adalah fungsi mendasar dari tubuh manusia. Darah memiliki fungsi vital, di antaraya menyalurkan oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh, membuang zat sisa dari jaringan tubuh dan mengangkut antibody ke daerah infeksi.

Bisa dibayangkan, jika peredaran darah tidak lancar, maka fungsi darah akan terhambat. Sudah pasti, oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh akan berkurang. Hal ini akan berdampak pada melemahnya daya tahan tubuh. Bila ini terjadi, maka berbagai keluhan kesehatan akan muncul, dari yang hanya keluhan ringan seperti lelah dan pusing hingga sejumlah penyakit serius seperti jantung, stroke, kanker, anemia, dan lainnya.

 Sayangnya, tidak semua orang menyadari betapa banyak manfaat kesehatan yang mereka peroleh dari sirkulasi darah yang lancar. Selain menangkis penyakit jantung, memperbaiki sirkulasi darah juga dapat meningkatkan kinerja mental, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan metabolism, dan bahkan dapat membuat kulit bercahaya.

Lantas bagaimana Anda mengetahui apakah sirkulasi darah Anda terbilang baik atau buruk? Mudah saja. Berikut ini beberapa keluhan yang disebabkan peredaran darah tersendat:

- Mudah lupa

- Vertigo (pusing)

- Penglihatan yang buruk

- Telinga berdenging

- Napas pendek

- Kelelahan

- Hasrat seksual menurun

- Tangan dan kaki terasa dingin

- Jari tangan dan kaki mati rasa

Jika Anda merasakan satu atau beberapa keluhan di atas, berarti ada masalah pada peredaran darah Anda.

Cara terbaik untuk mendapatkan sirkulasi darah yang baik tentu saja diet sehat dan olahraga teratur. Namun, itu bukanlah satu-satunya cara.

Thomson Activated Ginkgo dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Tiap tabletnya mengandung 40mg Activated ekstrac ginkgo biloba dari Jepang yang setara dengan 2000mg daun muda ginkgo Jepang.

Thomson Activated Ginkgo menggunakan teknologi aktivasi dari Jepang untuk membantu penyerapan bahan aktif dalam tubuh. Thomson Activated Ginkgo juga kaya akan glinkolide B, komponen terpenting di antara lakton terpene. Memiliki  asam ginkgolic (senyawa beracun) yang sangat rendah, bahkan 5 kali lebih rendah dari yang ditetapkan untuk ekstrak ginkgo biloba di E Monograf Komisi Jerman. Tak kalah penting, Thomson Activated Ginkgo juga tanpa bahan pengawet, bebas pestisida, fungisida, ragi, gula dan pewarna. Serta diproduksi di bawah pengawasan lab quality control yang ketat.

Jadi, mau coba Thomson Activated Ginkgo hari ini? 


]]>
Tue, 16 Oct 2018 10:42:05 +0700Kesehatan A-Z
Ini Alasan Musik Bisa Bikin Olahraga Anda Efektif https://meetdoctor.com/article/ini-alasan-musik-bisa-bikin-olahraga-anda-efektif https://meetdoctor.com/article/ini-alasan-musik-bisa-bikin-olahraga-anda-efektif Mendengarkan musik saat berolahraga tidak hanya bisa meningkatkan mood, tapi juga mengaktifkan bagian otak yang mencegah Anda merasa kelelahan.

Sebuah penelitian membuktikan, bahwa mendengar Marvin Gaye 'I Heard It Through The Grapevine' saat sedang melakukan aktivitas fisik, dapat menstimulasi area otak yang mengurangi kelelahan. Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Psychophysiology ini menyoroti bagaimana musik dapat mencegah kelelahan saat berolahraga.

Para partisipan dalam penelitian mengklaim, mereka hanya mendengarkan lagu selama 11 menit, dan membuat mereka merasa latihan fisik mereka sudah diselesaikan dalam 60 detik. Mereka juga merasakan, rutinitas mereka jauh lebih sedikit monoton dan bahkan lebih mudah dilakukan ketika lagu dimainkan.

Penulis studi Marcelo Bigliassi, menemukan bahwa musik memainkan peran penting dalam memberikan lebih banyak kegembiraan saat bekerja dan mengalihkan pikiran ke hal-hal yang tidak terkait dengan tugas-tugas yang diberikan; serta membantu menghindari kebosanan. Temuan ini diamati setelah mengamati perubahan di area tertentu di otak. “Musik adalah stimulus pendengaran yang sangat kuat dan dapat digunakan untuk meredakan sensasi tubuh negatif yang biasanya timbul selama situasi yang berhubungan dengan latihan. Respon psikofisik ini dipicu oleh mekanisme perhatian yang pada akhirnya akan menghasilkan kontrol yang lebih manjur terhadap otot-otot, ”kata Bigliassi kepada PsyPost.

“Apa yang telah kami identifikasi dalam penelitian ini adalah bahwa gyrus frontal kiri inferior aktif ketika individu berolahraga bersamaan dengan musik. Wilayah otak ini tampaknya menjadi pusat integrasi sensorik, memproses informasi dari sumber eksternal dan internal,” kata Bilassi.

Efek positif mendengarkan musik ketika jogging juga memiliki implikasi lain, yakni bagi mereka yang berjuang dengan obesitas atau diabetes. Sebelumnya, sebuah penelitian menemukan bagaimana mendengarkan musik saat Anda berjalan dapat tingkatkan energi Anda dan meningkatkan fokus mental, serta rasa santai. Mendengarkan podcast menyebabkan peningkatan kinerja. Efeknya disebabkan oleh efek musik pada daerah frontal dan sentral otak, untuk menghindari cidera di masa depan.

 

 


]]>
Tue, 09 Oct 2018 09:50:35 +0700Fitness & Exercise
Benarkah Berenang Bisa Sembuhkan Depresi? https://meetdoctor.com/article/benarkah-berenang-bisa-sembuhkan-depresi https://meetdoctor.com/article/benarkah-berenang-bisa-sembuhkan-depresi Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang cukup serius. Menurut data WHO tahun 2017, penderita  depresi di seluruh dunia, mencapai lebih dari 300 juta orang.

Penelitian tentang pengobatan depresi terus dilakukan. Salah satu temuan menarik yang diterbitkan oleh British Medical Journal Case Reports, menyebutkan bahwa berenang di air yang dingin kemungkinan  efektif untuk mengobati depresi. Penelitian tersebut dipimpin oleh dokter Chris Van Tulleken dari University College, London, dan ditulis bersama dua ilmuwan dari University of Portsmouth.

Para peneliti berhasil meneliti kasus seorang wanita yang mengalami kecemasan dan depresi yang parah, kemudian ia berenang dan merasakan  lebih baik. Dengan terus berenang, gejala depresi dan kecemasannya mulai menurun.

Berikut adalah pemaparan mengenai bagaimana berenang di air dingin dapat membantu depresi Anda.

Mengaktifkan Respons Stres Dalam Tubuh

Berenang di air dingin dapat membangkitkan respons stres yang  merupakan serangkaian reaksi fisiologis dan hormonal yang membantu mengelola berbagai jenis ancaman potensial. Ketika Anda berenang di air dingin, ada peningkatan tekanan darah, laju pernapasan dan hormon stres mulai saling melepaskan.

 

Mampu Mengaktifkan Otak

Sensasi dinginnya air sangat mirip dengan terapi kejut listrik. Sejumlah besar impuls listrik bergerak dari ujung saraf kulit untuk mencapai otak. Mereka menyentak sistem untuk meningkatkan energi, tingkat fokus, dan kewaspadaan. Reaksi ini dapat memiliki efek yang menguntungkan bagi penderita depresi.

 

 Membantu Menurunkan Tingkat Kecemasan

Peneliti dari Universitas Osaka menemukan bahwa mandi air dingin memiliki efek positif dalam menurunkan hormon kortisol yang merupakan hormon stres yang memicu ketegangan. Air  dingin menyebabkan pembuluh darah mengencang, meningkatkan sirkulasi darah dari permukaan tubuh ke inti untuk menghemat panas. Ketika darah mengalir ke otak dan ke beberapa organ vital dalam tubuh, ada sirkulasi oksigen yang membantu dalam detoksifikasi, membuat Anda merasa rileks dan lebih berenergi.


]]>
Tue, 09 Oct 2018 13:40:39 +0700Depresi
Fakta Sehat Ginkgo Biloba yang Perlu Anda Tahu https://meetdoctor.com/article/fakta-sehat-ginkgo-biloba-yang-perlu-anda-tahu https://meetdoctor.com/article/fakta-sehat-ginkgo-biloba-yang-perlu-anda-tahu Ginkgo biloba atau maidenhair, telah lama disebut-sebut memiliki khasiat yang menakjubkan bagi kesehatan. Bahkan, masyarakat China telah memanfaatkan daun dan buahnya sejak ribuan tahun lalu, terutama untuk mengobati penyakit jantung dan penyakit yang berkaitan dengan paru-paru seperti asma dan bronchitis. Saat ini ginkgo tersedia dalam bentukkapsul, seperti tablet, ekstrak cair, dan daun kering untuk teh.

Banyak fakta tentang ginkgo biloba yang perlu Anda ketahui karena manfaatnya yang besar bagi kesehatan tubuh dan otak. Berikut ini fakta tentang ginkgo biloba:

Tinggi antioksidan

Komponen ginkgo yang paling tinggi manfaatnya  adalah flavonoid, yang memiliki kualitas antioksidan kuat, dan terpenoid, yang membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah dan mengurangi "kelengketan" dari trombosit. Antioksidan bertugas memerangi atau menetralisir efek merusak dari radikal bebas.

Mengurangi peradangan

Bertahun-tahun penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ginkgo dapat mengurangi penanda peradangan baik pada sel manusia maupun hewan dalam berbagai keadaan penyakit. Beberapa kondisi tertentu dimana ekstrak ginkgo telah terbukti mengurangi peradangan, meliputi radang sendi, penyakit usus yang teriritasi (IBD), kanker dan penyakit jantung.

Meningkatkan sirkulasi dan kesehatan jantung

Salah satu manfaat penting dari ginkgo biloba adalah meningkatkan aliran darah ke berbagai bagian tubuh, termasuk ke ginjal, hati, dan jantung. Satu studi pada orang dengan penyakit jantung menyebutkan adanya peningkatan aliran darah ke beberapa bagian tubuh setelah mengonsumsi ginkgo biloba. Penelitian tambahan juga menunjukkan efek perlindungan ginkgo pada kesehatan jantung, kesehatan otak, dan pencegahan stroke.

Mengurangi gejala gangguan psikiatri dan demensia

Ginkgo telah berulang kali dievaluasi kemampuannya untuk mengurangi kecemasan, stres dan gejala lain yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan. Memang, tidak dapat disimpulkan bahwa ginkgo mengobati Alzheimer dan bentuk lain demensia, tetapi kemungkinan dapat membantu ketika dibarengi dengan pengobatan konvensional.

Meningkatkan fungsi otak

Ada beberapa spekulasi bahwa ginkgo dapat meningkatkan fungsi otak pada individu yang sehat.Sejumlah kecil penelitian mendukung gagasan bahwa suplementasi dengan ginkgo dapat meningkatkan kinerja mental dan kesejahteraan yang dirasakan.Para peneliti percaya bahwa ginkgo meningkatkan fungsi kognitif karena meningkatkan sirkulasi darah yang baik ke otak dan melindungi otak dan bagian lain dari kerusakansaraf. Meski demikian, penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk menguatkan temuan tersebut.

Meringankan gejala kecemasan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatric Research7, menemukan bahwa orang-orang dengan gangguan kecemasan umum yang mengambil ginkgo mengalamibantuankecemasan yang lebih baik daripada mereka yang mengambil plasebo.Namun, orang yang menggunakan alprazolam untuk kegelisahan sebaiknya tidak menggunakan ginkgo, karena ginkgo dapat mengurangi efektivitas obat.

Memperbaiki glaucoma

Satu penelitian kecil mengamati perbaikan dalam penglihatan orang-orang dengan glaukoma yang mengambil 120 miligram sehari gingko selama 8 minggu. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa gingko dapat membantu orang dengan degenerasi makula untuk menjaga pandangan mereka lebih lama.

Efek samping

Kemungkinan efek samping dari ginkgo biloba meliputi mual, diare, pusing, sakit kepala, sakit perut, gelisah dan muntah.

Seperti suplemen lainnya, Anda perlu berkonsultasi terlebih dengan dokter sebelum mengonsumsi ginkgo biloba.

 

Ditinjau oleh: dr. Zicky Yombana, Sp.S

 


]]>
Tue, 16 Oct 2018 16:52:18 +0700Kesehatan A-Z