MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2017 Makanan yang Berbahaya bagi Ginjal https://meetdoctor.com/article/makanan-yang-berbahaya-bagi-ginjal https://meetdoctor.com/article/makanan-yang-berbahaya-bagi-ginjal Setiap manusia normal terlahir dengan memiliki ginjal. Ginjal adalah organ tubuh yang berbentuk seperti kacang, berjumlah 2 buah, dan terletak di bagian punggung bawah dari rongga perut. Ginjal berfungsi menyaring bahan limbah dari darah dan mengeluarkannya bersama urine. Sayangnya, ada banyak makanan yang tanpa disadari dapat membahayakan ginjal sehingga bisa mengakibatkan gagal ginjal kronis dan gagal ginjal akut. Banyak orang yang tidak mengetahui akan bahaya dari makanan-makanan ini dan terus mengkonsumsinya hingga ginjal mengalami kerusakan. Ini contohnya:

Hemat pengeluaranmu dengan mengkonsultasikan masalah kesehatanmu di sini.

Daging

Mengonsumsi terlalu banyak daging dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Bahkan, diet tinggi protein dapat menyebabkan atau memperburuk masalah ginjal karena metabolisme protein hewani di dalam daging dapat memberatkan fungsi ginjal, sehingga ginjal kesulitan menyaring limbah tubuh.

Studi yang dilakukan European Journal of Nutrition tahun 2003 mengatakan bahwa makanan yang kaya protein hewani dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan asam urat. Sedangkan, diet vegetarian dapat menurunkan asam urat dan mencegah pembentukan batu ginjal. Sebagai informasi, asam urat adalah salah satu penyebab umum dari batu ginjal.

Garam

Garam bisa membahayakan ginjal bila ditambahkan terlalu banyak pada makanan. Alhasil, ginjal akan merespons dengan menahan air yang mengencerkan elektrolit di aliran darah. Hal tersebut dapat mengganggu fungsi jantung dalam memompa darah ke tubuh.

Pemanis buatan

Pemanis buatan bisa membahayakan ginjal. Hal ini berdasarkan penelitian Julie Lin MD, MPH, FASN dan Gary Curhan, MD, ScD, FASN dari Brigham and Women's Hospital yang dilakukan pada 3 ribu wanita. Kesimpulannnya, konsumsi pemanis buatan yang terkandung dalam soda, misalnya, bisa menurunkan fungsi ginjal hingga 2 kali lipat.

Minuman bersoda

Minuman bersoda (dengan atau tanpa pemanis buatan) dan minuman energi lainnya dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Sebuah studi menunjukkan minum dua atau lebih minuman bersoda setiap hari dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis. Maka, Anda disarankan lebih banyak mengonsumsi air putih dibandingkan minuman berwarna lainnya.

Kafein

Kafein dalam teh, kopi, soda, dan makanan yang mengandung kafein juga dapat membebani fungsi ginjal. Pasalnya, kafein bisa merangsang aliran darah yang dapat meningkatkan tekanan darah dan stres pada ginjal. Mengonsumsi kafein dalam jangka panjang juga meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal kronis, obesitas, diabetes, dan pembentukan batu ginjal.

Meski demikian, hal terpenting adalah menyeimbangkan pola makan dengan tidak berlebihan mengonsumsi makanan yang berbahaya bagi ginjal serta perbanyak konsumsi banyak air putih. (DV)

Ditinjau oleh dr. Rahajeng A.P


]]>
Mon, 13 Mar 2017 10:48:14 +0700Batu Ginjal
Seks Baik Untuk Kesehatan https://meetdoctor.com/article/seks-baik-untuk-kesehatan https://meetdoctor.com/article/seks-baik-untuk-kesehatan Apakah ada kegunaan melakukan hubungan seks dengan kesehatan ? berhubungan intim dengan pasangan, selain menyenangkan juga mempunyai pengaruh positif bagi kesehatan. Tidak hanya merupakan salah satu bentuk olahraga, seks juga dapat memberikan manfaat lain bagi tubuh.

Manfaat hubungan seks terhadap kesehatan antara lain adalah :

1. Membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Penelitian yang dilakukan di Amerika menunjukkan adanya daya tahan tubuh yang lebih tinggi pada pasangan yang melakukan hubungan badan sekali hingga dua kali seminggu. 

2. Meningkatkan libido. Libido atau hasrat untuk berhubungan intim akan semakin tinggi dengan melakukan hubungan badan. Manfaat bagi wanita antara lain membantu lubrikasi, melancarkan aliran darah, dan menambah elastisitas bagian pribadi wanita.

3. Menambah ketahanan kandung kemih wanita. Kerangka panggul yang kuat perlu dimiliki, terutama untuk menghindari keinginan buang air kecil sebentar-sebentar yang dapat dialami. Adanya orgasme yang dialami wanita membantu memberikan kontraksi pada otot-otot panggul dan memperkuatnya.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu mengontrol sistolik pada darah. 

5. Membakar kalori sekitar lima kalori per menitnya dan membantu jantung berdetak secara sehat dan mengaktifkan berbagai otot dalam tubuh.

6. Menurunkan risiko terkena serangan jantung. Hubungan seks baik bagi kesehatan jantung karena melatih detak jantung dengan meningkatnya laju degupan jantung. Selain itu, hormon testosteron dan estrogen masing-masing akan berada dalam kondisi seimbang, menghindarkan Anda dan pasangan dari osteoporosis dan sakit jantung.

7. Orgasme dipercaya mengurangi rasa sakit. Orgasme membantu melepaskan hormon yang meningkatkan daya tahan tubuh terhadap rasa sakit. Bahkan, stimulasi pada vagina saja dapat membantu melawan rasa sakit pada punggung dan kaki, rasa sakit akibat menstruasi, rematik, dan sakit kepala.

8. Menghindarkan pria dari kanker prostat . Menurut penelitian, pria yang berejakulasi secara teratur (21 kali dalam sebulan) dapat menurunkan risikonya terkena kanker prostat. 

9. Lebih mudah tertidur setelah berhubungan badan karena adanya hormon prolaktin yang dilepaskan dalam tubuh, membuat tubuh rileks dan mengantuk.

10. Mengurangi stres saat menghabiskan waktu yang intim dengan pasangan Anda karena adanya hormon yang dilepaskan otak yang berkaitan dengan perasaan bahagia saat bersentuhan dan berpelukan.

Hubungan intim dengan pasangan juga sanggup membantu meningkatkan kepercayaan diri dan kebahagiaan, dan juga bagi emosi dan jiwa yang sehat.

By meetdoctor.com


]]>
Mon, 13 Mar 2017 11:03:14 +0700Kesehatan Seksual
Rawat Wajah dengan Skin Care yang Tepat https://meetdoctor.com/article/rawat-wajah-dengan-skin-care-yang-tepat https://meetdoctor.com/article/rawat-wajah-dengan-skin-care-yang-tepat Padatnya kegiatan Anda sepanjang hari membuat kulit Anda pun ikut beraktivitas. Berbagai hal bisa mempengaruhi kondisi kulit Anda, dari mulai polusi, cuaca, pola makan yang buruk, bahkan stres, dapat membuat kulit tidak terawat.

Karena itu, untuk mencegah dan merawat kulit Anda dari segala penyebab yang membuat kulit Anda terlihat kusam dan tidak terawat, Anda membutuhkan satu rangkaian perawatan wajah.

Sebelum Anda fokus pada perawatan untuk menghilangkan jerawat, kulit kering, dan masalah kulit lainnnya, Anda harus memastikan bahwa Anda telah melakukan rangkaian perawatan dengan benar setiap harinya.

Berikut adalah rangkaian perawatan rutin yang dapat Anda lakukan.

Perawatan Harian

  • •    Membersihkan Kulit Wajah

Membersihkan kulit wajah secara teratur penting dilakukan untuk mencegah pori-pori Anda tersumbat karena pemakaian make up yang tidak dibersihkan. Setiap harinya, bakteri, kelebihan sebum, sel-sel kulit mati, polusi, dan bahan-bahan kimia menumpuk pada wajah. Anda perlu membersihkan wajah dua kali sehari, yaitu pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah menggunakan make up. Bersihkan wajah Anda dengan menggunakan cleanser dan facial foam yang lembut untuk mengangkat kotoran yang menumpuk pada wajah Anda.

  • •    Pakai Penyegar Wajah

Penyegar wajah (toner) berguna untuk melengkapi step membersihkan kulit wajah Anda dan membantu meringkaskan pori-pori kulit Anda. Toner berguna untuk mengangkat sisa-sisa debu, polusi, dan kotoran yang masih tertinggal di wajah Anda setelah membersihkan wajah dengan cleanser dan facial foam.

  • •    Gunakan serum

Serum adalah produk perawatan wajah yang dapat Anda gunakan setelah membersihkan kulit dan sebelum memakai krim-krim wajah dan make up. Serum berguna untuk memberikan nutrisi pada kulit Anda, karena serum dilengkapi dengan liposom dan partikel-partikel kecil yang dapat membantu proses penetrasi pada kulit lebih maksimal, sehingga kulit terasa lebih lembut dan kenyal.

  • •    Menggunakan Day Cream

Day cream diformulasikan untuk digunakan sebelum Anda memakai kosmetik. Day cream biasanya sudah dilengkapi dengan SPF untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV. SPF diperlukan untuk mencegah timbulnya spot hitam/hiperpigmentasi pada wajah Anda akibat terlalu sering terpapar sinar matahari.

  • •    Gunakan Krim Malam

Saat malam, tubuh melakukan regenerasi sel, termasuk juga pada kulit wajah. Penggunaan krim malam sangat bermanfaat dalam proses regenerasi kulit setelah seharian melakukan  berbagai aktivitas yang dapat merusak kulit.

Perawatan Mingguan

  • •    Melakukan Masker Wajah
    • Masker wajah merupakan treatment mingguan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil perawatan yang lebih maksimal. Masker wajah berfungsi melembapkan kulit, mengurangi minyak berlebih, serta mengatasi jerawat dan komedo pada wajah.
  • •    Melakukan Scrub Wajah
    • Scrub dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan komedo yang menyebabkan kulit terlihat kering dan kusam. Scrub juga dapat mempercepat proses regenerasi sel kulit.

Satu rangkaian perawatan wajah dapat Anda temukan pada BIOKOS. BIOKOS merupakan skin care expert yang menyediakan produk perawatan kulit dari bahan alami, terbukti efektif dan aman, serta mempunyai produk yang disesuaikan dengan tahapan usia dan kondisi kulit.

BIOKOS juga telah memiliki uji efektifitas, keamanan produk anti iritasi dan alergi, serta telah memiliki sertifikat yang tidak perlu Anda ragukan. BIOKOS juga direkomendasikan oleh dermatologist dan diproses secara higenis dengan menggunakan advanced technology.


]]>
Wed, 15 Mar 2017 11:32:58 +0700Beauty & Skin Care
Makanan yang Dapat Mencegah Kulit Keriput https://meetdoctor.com/article/makanan-yang-dapat-mencegah-kulit-keriput https://meetdoctor.com/article/makanan-yang-dapat-mencegah-kulit-keriput Nutrisi yang baik sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda, termasuk kesehatan kulit Anda. Jadi jangan biarkan kulit Anda “kelaparan”, cobalah beberapa makanan yang dapat mencegah kulit keriput, untuk memberikan kulit Anda nutrisi yang akan membuat kulit Anda halus dan kencang.

Protein Tanpa Lemak
Ayam tanpa kulit, ikan, kacang-kacangan dan makanan protein tanpa lemak lainnya, dapat membantu memperbaiki sel-sel yang telah mengalami kerusakan. Karena jika Anda mengkonsumsi makanan berprotein tanpa lemak akan sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. Ketika protein dicerna, akan terurai menjadi asam amino, atau bangunan sel. Jika tubuh memiliki banyak asam amino yang tersedia, akan membantu mempercepat perbaikan dan regenerasi sel-sel kulit dan kolagen.

Minyak Zaitun
Minyak Zaitun mengandung banyak asam oleat, salah satu asam lemak yang menjaga membran sel cairan dan membuat kulit kenyal. Minyak Zaitun juga memiliki sejumlah kecil asam lemak esensial yang dapat melawan peradangan. 

Buah Berry
Untuk buah-buahan kecil, berry lebih banyak mengandung antioksidan dibandingkan buah lain atau sayuran lain. Makan banyak blueberry, stroberi dan raspberry, karena dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang menyebabkan keriput. Buah jeruk dan apel merah dengan kulit juga kaya antioksidan.

Teh Hijau
Teh hijau penuh dengan segudang polifenol, teh hijau termasuk pada daftar minuman yang baik untuk kulit. Konsumsi empat cangkir sepanjang hari. Jika Anda sensitif terhadap kafein, minum secangkir terakhir sebelum tiga sore.

Ikan
Salmon, makarel dan ikan berlemak lainnya kaya akan asam lemak omega-3 dan sangat bermanfaat bagi kulit Anda. Omega-3 memberikan perlindungan dengan menjaga membran sel cairan.

Minum air
Sel-sel kulit membutuhkan cairan untuk menjaga membran mereka agar kenyal dan menerima nutrisi agar tetap sehat. Anda mungkin harus minum enam sampai delapan gelas (1,5 sampai 2 liter) sehari untuk menjaga kulit Anda halus dan terhidrasi. Jika Anda berkeringat karena aktivitas fisik atau jika Anda berada di luar dalam cuaca panas, Anda harus minum lebih banyak.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Mon, 13 Mar 2017 16:05:30 +0700Beauty & Skin Care
Tips dari Ahli Kecantikan Agar Kulit Wajah Bersinar https://meetdoctor.com/article/tips-dari-ahli-kecantikan-agar-kulit-wajah-bersinar https://meetdoctor.com/article/tips-dari-ahli-kecantikan-agar-kulit-wajah-bersinar Merawat kulit wajah sebenarnya tidak sulit dan bisa dilakukan di mana saja. Beberapa ahli kecantikan memberikan tips sederhana untuk membuat kulit wajah Anda sehat, bersinar dan memesona. Apa saja?

1. Manfaatkan waktu senggang

Terjebak di kemacetan? Daripada berkeluh kesah, lebih baik manfaatkan waktu untuk perawatan wajah, misalnya memakai masker mata, mengoleskan serum dan sebagainya. Inilah yang dilakukan Francesca Fuso ahli kecantikan di New York City.  Maka itu, siapkan barang-barang perawatan wajah Anda di dalam tas kecil agar bisa dibawa ke mana pun Anda pergi. Barang-barang tersebut bisa hydrogen spray/hydrocortisone, masker wajah, atau sekedar kertas minyak, dan sebagainya.

2. Memijat wajah sendiri

Malas untuk berkaca karena melihat banyak kerutan di wajah? Tak perlu pergi ke tempat perawatan wajah jika Anda bisa melakukannya sendiri. Cara sederhananya adalah dengan memijat-mijat beberapa titik di wajah Anda yang meliputi bagian dalam alis, samping lubang hidung, dan ujung bawah tulang pipi. Selain itu, menurut salah satu dokter kulit di Los Angeles, Jessica Wu, jika Anda melakukan pijatan tersebut ke arah atas sambil menekannya selama 10 detik bisa membuat wajah Anda menjadi rileks dan kencang, lho!

3. Hindari air panas

Hindari mencuci wajah dengan menggunakan air panas karena bisa membuat kulit kering, begitu saran dari Elizabeth Tanzi, profesor bidang kecantikan di George Washington Medical Center.

4. Pastikan kulit tetap lembap

Tantangan bagi Anda yang sering bekerja terpapar sinar matahari dan terus menerus terkena AC adalah harus menghadapi kulit kering. Kulit yang kering membuat pori-pori Anda terus terbuka dan bisa terus membesar. Hal tersebutlah yang membuat kulit menjadi mudah alergi, iritasi, dan memicu peradangan jerawat dan flek pada wajah. Untuk mengecilkan pori-pori wajah, Anda bisa mengoleskan jeruk nipis atau campuran madu dengan putih telur pada wajah.

Untuk melembapkan, Anda dapat menggunakan masker alpukat, tomat, madu, ataupun lotion. Jaga kelembaban kulit wajah dengan memilih pembersih wajah yang cocok bagi kulit. Hindari pula mandi ataupun membasuh wajah dengan air panas/hangat karena akan sangat memicu keringnya kulit Anda.

5. Waspada bibir kering

Menurut Ellen Marmur, seorang dokter kulit asal New York, bibir kering merupakan penanda bahwa kelembapan tubuh Anda sedang menurun. Artinya, sudah waktunya Anda untuk lebih merawat kulit Anda secara rutin. Perawatan yang Anda lakukan bisa sesederhana menggunakan krim, lulur, ataupun masker.

6. Jangan lupa menggunakan tabir surya

Tabir surya adalah hal yang mutlak untuk digunakan, sebisa mungkin setiap hari. Utamanya gunakan tabir surya pada area leher, pundak, dan tangan terlebih dahulu karena area tersebut yang paling sering dan mudah terkena paparan sinar matahari. Untuk area wajah, cari tabir surya khusus wajah agar tidak merusak kulit. Pastikan pula tabir surya yang Anda gunakan memiliki vitamin atau SPF yang tinggi.

7. Hindari menggosok area mata

Seringkali tanpa sadar ketika kita sedih atau lelah, jari tangan bergerak menggosok area mata. Menggosok area mata berbahaya karena dapat mengganggu penglihatan akibat adanya benda asing/kotor yang seketika masuk ke mata. Menggosok mata juga bisa membuat mata Anda terlihat hitam. Karena itu, ketika Anda membersihkan maskara, jangan menggosoknya dengan keras, Anda cukup menyekanya dengan lembut, kata Jeanine Downie, dokter kulit dari New Jersey.

8. Selalu minum air putih

Air putih memang banyak sekali manfaatnya. Bagi kulit, meminum air putih secara rutin akan membersihkan, mencerahkan dan menjaga kelembabannya. Jadi, jangan lupa  ataupun malas untuk meminum air putih, ya!

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Mon, 13 Mar 2017 16:14:03 +0700Beauty & Skin Care
Tips Memilih Produk Kosmetik yang Baik Bagi Kulit https://meetdoctor.com/article/tips-memilih-produk-kosmetik-yang-baik-bagi-kulit https://meetdoctor.com/article/tips-memilih-produk-kosmetik-yang-baik-bagi-kulit Wanita dan kosmetik memang seperti dua sahabat yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Kosmetik mampu ‘mengubah’ seorang wanita menjadi lebih cantik dan menarik. Biasanya wanita juga rela mengeluarkan kocek lebih demi kosmetik. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk kosmetik. Karena tidak semua kosmetik aman bagi kulit.

Banyak produk kosmetik yang menawarkan manfaat membuat kulit putih, halus dan mulus, serta menawarkan hasil yang instan. Masalahnya, Anda tidak  mengetahui kandungan yang terdapat di dalam produk tersebut. Karena itu, penting untuk lebih bijak dalam memilih kosmetik yang sesuai jenis kulit dan tidak membahayakan kesehatan kulit.

Berikut tips untuk memilih kosmetik yang baik bagi kulit,

  • Memberikan perlinduangan ekstra

Pastikan produk yang Anda gunakan memberikan perlindungan ekstra, misalnya melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B, dengan kandungan SPF dan PA+++ yang mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara maksimal. 

  • Tanggal Kadaluwarsa

Saat membeli kosmetik, perhatikan juga tanggal kadaluwarsanya. Bukan hanya makanan, produk kosmetik juga mempunyai masa kadaluwarsa. Pemakaian kosmetik yang telah lewat masa kadaluwarsanya, bisa membuat kulit mengalami iritasi atau masalah kulit lainnya. 

  • Gunakan Kosmetik Sesuai Kebutuhan

Hindari menggunakan kosmetik secara berlebihan. Berikan waktu pada kulit untuk bernapas, misalnya di akhir pekan, bebaskan wajah dari beragam produk kosmetik.

  • Kosmetik Bahan Alami

Gunakan produk kosmetik dengan kandungan yang alami dan natural, terutama pada produk kosmetik yang bersentuhan langsung dengan membran atau kulit tubuh dan dipakai dalam jangka lama.

Kosmetik dengan bahan yang alami sangat bagus bagi kulit Anda, apalagi jika di dalamnya sudah mengandung bahan yang memberikan manfaat nutrisi, perlindungan dan hidrasi pada kulit. Seperti produk dari CARING by BIOKOS.

Dengan kandungan alami yang ada di dalam produk CARING by BIOKOS Dual Action Cake, seperti Omega 3, 6, 7 dan 9, serta berbagai ekstrak tumbuhan yang mampu melembapkan serta membantu menghambat munculnya kerutan pada kulit wajah. Selain itu, pentingnya SPF dan PA+++ yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA & UVB.

Kulit di sekitar mata juga harus dirawat dengan CARING by BIOKOS Automatic Eyeliner, dengan kandungan jojoba oil yang dapat mencegah kulit kering, soya lecithin yang dapat melembapkan kulit dan vitamin E yang dapat menangkal radikal bebas. Kandungan dalam skin care makeup ini, selain mempercantik juga dapat merawat kulit Anda.

Maka sebaiknya Anda menggunakan kosmetik yang sudah mengandung skin care, karena memilih kosmetik juga harus sesuai dengan kondisi kulit Anda. Serta, pilihlah kosmetik yang tidak membahayakan kesehatan kulit Anda.


]]>
Thu, 16 Mar 2017 09:37:05 +0700Beauty & Skin Care
Ternyata Jerawat Bisa Bikin Anda Awet Muda. Kok Bisa? https://meetdoctor.com/article/ternyata-jerawat-bisa-bikin-anda-awet-muda-kok-bisa https://meetdoctor.com/article/ternyata-jerawat-bisa-bikin-anda-awet-muda-kok-bisa Untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat, berbahagialah karena ternyata jerawat yang terdapat pada kulit Anda tidak selalu berdampak negatif. Sebuah studi dalam Journal of Investigative Dermatology mengatakan bahwa orang yang memiliki jerawat akan merasakan penuaan kulit lebih lama daripada mereka yang tidak memiliki jerawat pada kulitnya.

"Selama bertahun-tahun, dokter ahli kulit telah mengidentifikasi bahwa kulit penderita jerawat akan merasakan penuaan kulit lebih lambat daripada mereka yang tidak mengalami jerawat apapun dalam hidup mereka. Namun, hal ini masih belum diketahui penyebab pastinya," kata pemimpin peneliti, Dr. Simone Ribero. Dia adalah seorang dokter kulit di Departemen Penelitian Orang Kembar dan Epidemiologi Genetik di King College London.

"Temuan kami menunjukkan bahwa penyebabnya itu bisa dikaitkan dengan panjang telomere yang berbeda pada penderita jerawat dan itulah yang membuat sel-sel mereka terlindungi dari penuaan," lanjut Ribero.

 “Kemudian di usia selnya, telomere secara bertahap memecah yang mengakibatkan kematian pada sel. Itu merupakan bagian normal dari pertumbuhan dan penuaan”, tambah Roberto.

Telomere merupakan bagian paling ujung dari kromosom manusia. Jika rangkaian kromosom diibaratkan tali sepatu, maka telomere adalah plastik pembungkus di ujung tali sepatu yang melindungi kromosom agar tidak rusak atau hancur. Setiap kali terjadi pembelahan sel, telomere ini pun akan semakin pendek. Akibatnya yaitu terjadi penuaan pada kulit. Oleh karena itu, orang berjerawat memiliki telomere yang lebih panjang sehingga proses penuaan pada kulitnya lebih lambat daripada mereka yang tidak mempunyai jerawat pada kulitnya.

Dr. Veronique Bataille, penulis senior dan juga dokter ahli kulit mengatakan: "telomere yang lebih panjang cenderung menjadi salah satu faktor yang membuat perlindungan terhadap penuaan kulit dini pada individu yang sebelumnya menderita jerawat."

Sebuah studi mengatakan bahwa orang kembar yang memiliki riwayat jerawat mempunyai telomere lebih panjang pada sel darah putih mereka. Panjang telomer pada sel darah putih itu dapat memprediksi penuaan biologis yang terjadi.

Oleh karena itu, untuk Anda yang mempunyai kulit berjerawat, jangan berkecil hati karena jerawat pada kulit Anda ternyata bisa berdampak pada lambatnya proses penuaan kulit Anda. Namun, bukan berarti Anda tidak dianjurkan untuk menghilangkan jerawat Anda dan melakukan perawatan kulit. Hal itu tentu perlu dilakukan agar Anda tetap terlihat cantik dan bersih.

 

Source: webmd.com


]]>
Mon, 13 Mar 2017 15:38:25 +0700Beauty & Skin Care
5 Langkah untuk Kulit Sehat Awet Muda https://meetdoctor.com/article/5-langkah-untuk-kulit-sehat-awet-muda https://meetdoctor.com/article/5-langkah-untuk-kulit-sehat-awet-muda Penuaan tidak bisa dihindari. Tapi, siapa yang mengatakan bahwa Anda harus terlihat persis seperti usia Anda? Ada sejumlah cara untuk memutar kembali waktu, untuk membuat kulit Anda terlihat lebih muda dan kenyal daripada usia Anda yang sebenarnya

Minum Air Putih

Menurut University of Wisconsin, tanpa air yang cukup, sel-sel kulit Anda tidak dapat berfungsi dengan baik dan bisa menjadi kering dan terkelupas. Kulit kering lebih rentan terhadap keriput. Minum air tidak hanya membuat kita lebih terhidrasi, tapi juga dapat mencegah keriput. Air mampu mencapai bagian-bagian lain dari tubuh kita dan merevitalisasi serta memurnikannya. Jadi penting untuk selalu minum cukup air putih untuk memastikan tubuh Anda memiliki kesempatan untuk memerbaiki diri. Tidak ada jumlah ideal air yang harus Anda minum setiap hari. Para ahli hanya menyarankan Anda mendengarkan kebutuhan tubuh Anda sendiri dan minum ketika Anda merasa haus untuk menghindari kulit kering.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok adalah salah satu perilaku terbaik yang dapat membuat kesehatan Anda menjadi jauh lebih baik, begitu juga untuk kesehatan kulit Anda. Menurut Health.com, perokok empat kali lebih mungkin mengalami masalah tidur dibanding bukan perokok. Berhenti mengisap tembakau dapat membantu Anda mendapatkan istirahat yang lebih baik, sehingga bisa mencegah munculnya mata panda yang menjengkelkan.

Selain itu, merokok juga mempercepat penuaan dan dapat membuat kulit Anda keriput lebih cepat. Bahkan, dermatologis setuju bahwa kulit perokok terlihat rata-rata 1,4 kali lebih tua daripada non-perokok.

Batasi Paparan Sinar Matahari

Sinar ultraviolet matahari telah lama dikaitkan dengan kemunculan keriput dini, selain dapat menyebabkan kanker kulit.  Menurut The Daily Mail, sinar ultraviolet dapat menjadi penyebab hingga 80 persen keriput kulit Anda. Dan dapat menyebabkan karakteristik kulit yang tidak menyenangkan seperti kulit kendur, degradasi tekstur kulit dan warna kulit tidak rata.

Pastikan Anda memakai sunscreen di manapun, tak terkecuali di dalam rumah, di seluruh wajah dan tubuh Anda.

Lembapkan Setiap Hari

Sama halnya dengan konsumsi air, pelembap adalah bagian penting dari perawatan kulit karena menjaga kulit tetap kencang. Pelembap dirancang untuk menahan air dan membantu mengisi ruang antara sel-sel kulit, menghaluskan penampilan kulit yang kasar.

Operasi

Tentu saja, selalu ada solusi bedah untuk membuat kulit Anda terlihat lebih muda. Ada sejumlah perawatan dermatologis yang dapat membantu memulihkan kemudaan kulit Anda. Menurut majalah Allure, ada prosedur filler untuk membantu menghilangkan kerutan kecil dan garis dangkal di wajah Anda, peremajaan Photodynamic dan chemical peeling untuk meratakan warna kulit.

 

 

Ditinjau oleh: dr. Jezzy Reisya


]]>
Mon, 13 Mar 2017 15:26:12 +0700Beauty & Skin Care
Kulit Sehat Pada Berbagai Usia https://meetdoctor.com/article/kulit-sehat-pada-berbagai-usia https://meetdoctor.com/article/kulit-sehat-pada-berbagai-usia Ketika berbicara masalah perawatan kulit, kita memang sering kali mengalami kesulitan untuk memilih perawatan kulit apa yang cocok untuk usia dan jenis kulit. Meskipun  begitu banyak produk perawatan kulit untuk membantu menyembunyikan tanda-tanda penuaan, namun Anda harus bisa memilih produk perawatan kulit yang tepat sesuai usia Anda. Berikut ini tipikal kulit dari berbagai usia dan cara perawatannya.

Usia 20-an

Memasuki usia 20-an kulit Anda mungkin cenderung rentan dengan produksi minyak berlebih dan pori-pori kulit wajah yang besar. Pada usia produktif ini dibutuhkan produk perawatan utama berupa pembersih dan pelembap yang dapat mengurangi kelebihan minyak di wajah. Gunakan pelembap bebas minyak dan  menjalani gaya hidup sehat, di antaranya  istirahat yang cukup, olahraga teratur, mengonsumsi banyak buah dan sayur, serta air putih.

Usia 30-an

Usia 30-an, kulit Anda masih  terlihat muda, sehat, dan menarik, tanpa garis atau kerutan di wajah. Tapi hal ini tergantung pada seberapa baik Anda telah merawat kulit Anda. Gunakan pelembap dengan kandungan nutrisi yang tepat untuk mempertahankan elastisitas kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan, serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan untuk membantu kulit dari serangan radikal bebas.

Usian 40-an

Pada usia ini, kulit cenderung mengalami banyak perubahan. Hal ini disebabkan menurunnya kadar hormon esterogen dan progesterone yang mengakibatkan kurangnya elastin dan kolagen. Selain itu, produksi sebum pun menurun. Akibatnya, kulit akan tampak kering dan tipis. Maka itu, gunakan rangkaian perawatan wajah yang dapat melembapkan wajah dengan maksimal dan menjaga kekencangan kulit.

HIPERPIGMENTASI

Hiperpigmentasi adalah perubahan warna pada kulit sehingga kulit tampak lebih gelap. Banyak faktor yang dapat memicu hiperpigmentasi, antara lain proses penuaan, paparan sinar matahari, faktor hormonal dan stres. Untuk mengatasi hiperpigmentasi, gunakan pelembap dengan kandungan bahan alami yang dapat mencerahkan dan mengurangi spot hitam, serta mengandung SPF untuk pencegahan dari sinar UV.

EXPRESSION LINES

Kerutan dapat disebabkan oleh garis ekspresi yang terus menerus terbentuk ketika berekspresi seperti tersenyum, tertawa ataupun sedih. Cegah munculnya kerutan dengan selalu menggunakan pelembap dan serum yang mampu menyamarkan kerut wajah sejak usia dini, serta konsumsi buah-buahan secara rutin.

Jadi, sebaiknya lakukan perawatan kulit sesuai dengan jenis kulit Anda, karena seperti yang dijelaskan di atas bahwa setiap kulit mempunyai perawatan yang berbeda pada setiap jenis kulit dan usia. Lalu bagaimana menemukan produk perawatan kulit sesuai usia Anda?

Produk yang menyediakan perawatan kulit seperti BIOKOS dapat menjadi pilihan Anda, karena BIOKOS menyediakan produk perawatan kulit sesuai dengan jenis kulit Anda. BIOKOS terbuat dari bahan alami, terbukti efektif dan aman serta disesuaikan dengan kondisi dan permasalahan kulit. BIOKOS juga telah melalui uji klinis dan direkomendasikan oleh para dermatologist.


]]>
Thu, 16 Mar 2017 10:02:53 +0700Beauty & Skin Care
6 Makanan Ini Paling Bernutrisi https://meetdoctor.com/article/6-makanan-ini-paling-bernutrisi https://meetdoctor.com/article/6-makanan-ini-paling-bernutrisi Selain memberikan energi yang Anda butuhkan, makanan yang Anda konsumsi setiap hari juga bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda, dari mencegah kanker atau melindungi Anda dari penyakit jantung. Berikut adalah beberapa makanan yang paling bergizi di dunia yang harus dikonsumsi: 

1.    Alpukat 
Meskipun mengandung lemak, namun alpukat dapat menurunkan kolesterol. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi alpukat bisa memangkas risiko serangan jantung lebih dari sepertiga. Alpukat juga tinggi beta-sitosterol. Sterol adalah tanaman yang menghalangi penyerapan kolesterol dari makanan, dan glutathione senyawa antikanker, serta antioksidan yang kuat.

2.    Blueberry
Pigmen tanaman antioksidan yang membuat blueberry biru. Selain itu, blueberry mengandung flavonoid dan antosianin, yang dapat mencegah penyakit jantung, kanker dan kebutaan yang berkaitan dengan usia dan kehilangan memori. Ditambah lagi, serat yang ada di dalam blueberry adalah penangkal yang ampuh untuk sembelit.

3.    Brokoli

Brokoli dapat melawan kanker, berkat senyawa sulfur, seperti sulforaphane. Makan lebih banyak brokoli, dan Anda bisa memangkas risiko Anda dari kanker payudara, paru-paru dan kanker usus besar. Sulforaphane juga telah ditemukan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bisul. Selain itu, brokoli baik untuk tulang dan tekanan darah Anda.

4.    Bawang Putih
Bawang putih memiliki antibakteri, antijamur, dan antivirus. Sebagian besar potensi melawan penyakit yang berasal dari senyawa belerang, yang bertindak sebagai antioksidan, memberikan banyak manfaat kardiovaskular (penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah.) 

5.    Ikan Salmon
Konsumsi dua porsi salmon dalam seminggu dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular sebesar 17 persen dan risiko Anda terkena serangan jantung sebesar 27 persen. Sebuah studi di Swedia yang diikuti lebih dari 6.000 pria selama 30 tahun menemukan bahwa mereka yang makan ikan salmon dapat memangkas risiko kanker prostat hingga sepertiganya.

6.    Bayam
Selain untuk melindungi mata Anda dari degenerasi makula terkait usia, bayam juga memiliki vitamin K yang tinggi, yang dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah patah tulang. Selain itu, bayam juga dapat menjaga tekanan darah rendah, mengurangi risiko stroke. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 

By meetdoctor.com


]]>
Mon, 13 Mar 2017 10:58:58 +0700Asupan Makanan dan Diet
Rahasia Kulit Sehat Ala Bintang Hollywood https://meetdoctor.com/article/rahasia-kulit-sehat-ala-bintang-hollywood https://meetdoctor.com/article/rahasia-kulit-sehat-ala-bintang-hollywood Apa rahasia kulit sehat bersinar para bintang Hollywood? Joanna Vargas, facialist langganan banyak pesohor Hollywood mengungkapkan rahasia mereka. 
"Kulit adalah jendela untuk mengintip kebiasaan dan gaya hidup seseorang," kata Joanna Vargas yang menangani kulit Sofia Coppola, Maggie Gyllenhaal, dan Debra Messing. 

Untuk mendapat kulit sehat bercahaya, mulai dengan rutin membersihkan kulit wajah dengan menggunakan sabun pembersih muka atau susu pembersih  khusus. Mereka adalah pilihan terbaik untuk menyingkirkan kotoran, makeup dan residu. Kemudian, tindaklanjuti dengan langkah-langkah ini setiap minggu.  Anda akan melihat perbedaan nyata pada kulit Anda dalam waktu dua minggu.

1. Eksfoliasi dengan cara yang benar
Setelah kulit dibersihkan, langkah selanjutnya adalah pengelupasan kulit. "Ada banyak manfaat dari eksfoliasi," kata Vargas. "Peningkatan tekstur kulit dan penyerapan produk kecantikan menjadi lebih baik. Pastikan Anda memilih produk eksfoliasi yang lembut."

Dalam memilih scrub, Vargas menganjurkan Anda mencari formula yang mengandung laktat atau buah asam. Atau, Anda bisa membuat scrub sendiri di rumah. Siapkan 1/2 cangkir yogurt polos, 1/2 cangkir tepung jagung, dan 1/4 cangkir jus jeruk. Campur semua bahan bersama-sama dan biarkan dingin di kulkas sebelum mengaplikasikannya ke wajah Anda.

"Paduan tepung jagung dan yogurt dapat mengupas sel kulit mati sekaligus melembapkan. Jus jeruk mengandung vitamin C sebagai antioksidan," jelas Vargas. "Jus jeruk Bali juga sangat bagus untuk membersihkan pori-pori secara mendalam, serta sebagai anti-aging." Bilas wajah setelah dua menit pengaplikasian scrub.

2. Pilih masker terbaik untuk kulit Anda
Setelah sel kulit mati Anda terkelupas, lakukan analisis cepat pada kulit Anda untuk menentukan jenis masker yang tepat. Sebagai contoh, jika kulit terasa panas dan tidak nyaman, pilih masker antibakteri yang menenangkan. Kulit terasa kering? Pilih jenis yang melembabkan seperti masker alpukat. 

3. Oleskan serum yang kaya nutrisi
Setelah Anda menerapkan masker selama sekitar 10 menit, ikuti dengan produk perawatan kulit biasa, seperti penerapan serum, krim mata, dan pelembap. Untuk serum, Vargas merekomendasikan Anda memilih produk yang kaya akan klorofil, asam lemak, dan vitamin A, C, dan E. 

4. Jangan lupa sayuran hijau Anda
"Jangan lupa, apa yang Anda makan memengaruhi kulit Anda," kata Vargas. Makan sayur, buah atau jus murni tanpa gula akan membantu kulit sehat berseri. "Saya menyukai bayam, kangkung, sawi, dan banyak lagi. Aku mengolahnya menjadi jus dan meminumnya setiap pagi," kata Vargas lagi.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 


]]>
Mon, 13 Mar 2017 11:34:21 +0700Beauty & Skin Care
Gaya Hidup Dapat Memicu Kanker Usus Besar (Kolorektal) https://meetdoctor.com/article/gaya-hidup-dapat-memicu-kanker-usus-besar-kolorektal https://meetdoctor.com/article/gaya-hidup-dapat-memicu-kanker-usus-besar-kolorektal Kesadaran masyarakat Indonesia tentang bahaya kanker masih kurang, hal ini terlihat dari masih sedikitnya yang melakukan check up  untuk mendeteksi kanker sejak dini. 

Dari berbagai jenis kanker, salah satu kanker yang mesti diwaspadai adalalah kanker kolorektal (kanker yang tumbuh pada usus besar). Kanker ini termasuk peringkat ke 4 dalam kanker yang paling banyak diderita di dunia pada tahun 2012. 

Penderita penyakit kanker kolorektal terus meningkat seiring dengan perubahan lingkungan dan gaya hidup, termasuk di Indonesia. Berdasarkan data Globocan 2012, insiden kanker kolorektal di Indonesia adalah 12,8 per 100.000 penduduk usia dewasa, dengan tingkat kematian 9,5% dari seluruh kasus kanker.

Pada seminar Bulan Kesadaran Kanker Kolorektal yang diadakan oleh Yayasan Kanker Indonesia, pada Rabu (15/3), Prof. Dr. dr. Aru Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP menyampaikan pentingnya mewaspadai tanda dan gejala awal, mengingat kanker kolorektal erat kaitannya dengan faktor keturunan dan lingkungan. 

“Gaya hidup sangat mempengaruhi munculnya kanker kolorektal, apalagi di Indonesia banyak pasien yang menderita kanker ini dan masih berusia di bawah 40 tahun, biasanya mereka datang ke rumah sakit saat kondisi kanker sudah stadium 4,” jelasnya.

Selain mengatur gaya hidup, konsumsilah makanan yang berserat dan hindari makanan berlemak. Karena, hal itu dapat memicu kanker usus. Lakukan pencegahan sejak dini dengan cara berikut,

•    Jaga berat badan
•    Kontrol gaya hidup
•    Perhatikan apa yang Anda makan
•    Olahraga
•    Makan makanan berserat
•    Menjauhi alkohol 
•    Kurangi makan daging merah

Selain itu untuk mendeteksi kanker Anda bisa melakukan beberapa pemeriksaan, seperti pemeriksaan rectal dengan jari, pemeriksaan darah dalam tinja, endoskopi/kolonoskopi, CT scan, dan pemeriksaan DNA tinja. Hal tersebut dapat dilakukan untuk mendeteksi adanya kanker sejak dini, sebelum semakin parah. 

 


]]>
Wed, 15 Mar 2017 16:15:12 +0700Kanker Usus Besar
Jerawat Batu, Begini Cara Membasmi dan Menangkalnya https://meetdoctor.com/article/jerawat-batu-begini-cara-membasmi-dan-menangkalnya https://meetdoctor.com/article/jerawat-batu-begini-cara-membasmi-dan-menangkalnya erawat selalu jadi masalah klasik bagi sebagian orang. Jerawat biasa muncul saat remaja, ada yang kemudian menghilang seiring bertambahnya usia, ada juga yang menetap hingga dewasa. Jerawat yang membandel sering disebut dengan jerawat batu. Tanda-tanda jerawat batu di antaranya berukuran  besar, kemerahan dan dipenuhi nanah. 

Jerawat timbul akibat dari tersumbatnya pori pori kulit oleh sel sel kulit mati, terkadang bakteri pun ikut, sehingga menimbulkan reaksi peradangan. Sedangkan jerawat batu, menginfeksi ke lapisan kulit yang lebih dalam, tidak hanya di area wajah, jerawat jenis ini juga bisa muncul di punggung, dada, dan pundak.

Penyebab Jerawat Batu
Ada lima faktor penyebab jerawat batu, yaitu:  

1. Jenis kulit berminyak. Tipe kulit ini  sangat rentan ‘dihinggapi’  jerawat batu. Maka itu,  perhatikan jenis pembersih kulit Anda. Pastikan produk yang Anda gunakan, sesuai untuk jenis kulit berminyak untuk mencegah minyak berlebih.

2. Faktor hormonal. Ketika Anda berada pada masa pubertas , produksi androgen-hormon yang memproduksi sebum (zat minyak pada permukaan kulit) akan meningkat. Hormon ini juga akan meningkat pada masa menstruasi/ haid, seiring dengan hormon esterogen pada wanita.

3. Gaya hidup tidak sehat. Merokok  akan menyempitkan pembuluh darah dan merusak sel sel kulit sehingga terjadi penumpukan sel sel kulit mati yang menyebabkan sumbatan pada pori pori kulit. Sumbatan pada pori pori kulit ini akan menjadi cikal bakal terjadi jerawat batu di kemudian hari.

4.Kurangnya waktu istirahat. Beberapa penelitian menyebutkan, tidur di atas pukul 10 malam memperburuk kondisi kulit karena di waktu tersebut sel kulit seharusnya beregenerasi. Oleh sebab itu, biasakan untuk istirahat yang teratur dan cukup setiap harinya.

5.Faktor kosmetik. Pemakaian kosmetik yang berlebihan dan tidak sesuai dengan jenis kulit dapat  menimbulkan masalah pada kulit termasuk jerawat batu. Pasalnya bekas riasan akan menyumbat pori pori kulit, sehingga bisa memperparah kondisi jerawat batu.  

Penanganan Jerawat Batu

1.Antibiotik. Digunakan untuk mengontrol bakteri dan meredakan peradangan 
2. isotretinoin. Digunakan untuk menghambat produksi minyak berlebih pada lapisan kulit serta meredakan peradangan.
3.Spironolacton. Digunakan untuk menghambat produksi hormone androgen,hormon ini nantinya akan memproduksi sebum (zat minyak pada lapisan kulit)
4. Obat oles yang mengandung retinoid. Terdiri dari krim, gel, maupun salep yang memiliki unsur retinoid ( vitamin A).Kandungan retinoid ini membantu kodidi pori pori kulit yang tersumbat.

Secara keseluruhan ketika Anda memutuskan untuk mengobati jerawat pada kulit anda, pastikan dalam pengawasan dokter kulit anda, terutama bagi anda yang memiliki jenis jerawat batu.

Mengatasi Jerawat dan Bekasnya Secara Alami
Bagi anda yang ingin mengatasi jerawat dan bekasnya dengan biaya murah, cobalah menggunakan bahan bahan alami yang telah terbukti mampu mengatasi masalah jerawat, meskipun efeknya tidak secepat produk anti jerawat yang dijual dipasaran.

1.    Madu
Madu mengandung senyawa antibakteri dan berfungsi menetralisir zat zat pada kulit sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit yang berjerawat. Cukup mengoleskan madu langsung ke daerah bekas jerawat 3x dalam sehari dan digunakan secara rutin. Gunakan madu alami bukan madu olahan dalam kemasan.

2.    Putih telur
Putih telur kaya akan protein dan asam amino yang berfungsi mengurangi minyak berlebih dan mengecilkan pori pori. Enzim lysozim pada putih telur juga membantu memperbaiki lapisan kulit yang telanjur rusak akibat jerawat. Oleskan putih telur pada daerah bekas jerawat menggunakan kuas, diamkan sebentar hingga mengering lalu bilas dengan air hangat. Lakukan rutin 3x dalam seminggu.

3.    Pepaya
Enzim papain pada pepaya mampu mengikis sel kulit mati. Efek antioksidan serta  kandungan vitaminnya mampu mencerahkan kulit wajah serta mengurangi peradangan pada kulit berjerawat. Cukup haluskan pepaya hingga berbentuk krim tambahkan satu sendok madu asli/perasan lemon lalu oleskan pada wajah,diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan rutin 3x seminggu sebelum tidur.

4.    Bawang putih
Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang mengandung senyawa thiacremonon sulfur senyawa yang daapt mengeringkan jerawat serta senyawa allicin yang bersifat antibakteri yang mampu membasmi bakteri penyebab jerawat. Haluskan bawang putih, tambahkan dengan cuka apel, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

5.    Alpukat dan madu
Alpukat merupakan buah yang kaya akan vitamin E yang berfungsi dalam peremajaan kulit, yang dapat menembus pori pori kulit dan mengurangi peradangan pada kulit. Sementara madu berfungsi sebagai antibakteri dan mengandung bahan pelembab alami untuk kesehatan kulit sehingga perpaduannya dengan buah alpukat sangatlah pas. Cukup oleskan daging buah alpukat lalu tambahkan 1 sendok madu, aplikasikan pada wajah yang berjerawat selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Untuk menghilangkan noda hitam, bekas jerawat maupun bopeng memang sulit. Anda bisa mengembalikan pori-pori yang membesar dengan teknologi Laser. Teknologi ini akan memicu produksi kolagen yang bermanfaat dalam menghaluskan kulit, tanpa merusak jaringan kulit di atasnya. Sedangkan daya vakum dari laser ini berfungsi mengangkat sel kulit mati, bakteri dan kotoran pemicu jerawat, mengatasi kerutan pada wajah serta mengecilkan pori pori. 

Tips Menghindari Jerawat :
Lakukan hal ini untuk menghidari munculnya jerawat. Lakukan hal ini: 

1.    Jaga kebersihan wajah
Selain membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati, rutin membersihkan wajah juga dapat mengurangi minyak berlebih di permukaan kulit. Pilih sabun pembersih antibakteri yang berbahan ringan. Cuculah wajah 2 kali sehari. Jika Anda menggunakan make up, pastikan Anda  membersihkan wajah sebelum tidur. Gunakan air hangat untuk membilas.

2.    Hindari kontak langsung pada wajah
Pastikan tangan Anda tidak menyentuh daerah wajah yang berjerawat,  apalagi jika Anda tidak yakin akan kebersihan tangan Anda. Tangan yang kurang bersih akan menyebabkan akumulasi bakteri dan menimbulkan iritasi pada kulit yang berjerawat. Hindari memencet jerawat dibagian tubuh manapun karena hal itu akan semakin meradang dan memperlebar bekasnya. 

3.    Pastikan kebersihan benda-benda yang sering kontak dengan Anda, seperti handphone, kerudung, sarung bantal,handuk dan lain lain. 

4.    Hindari terpapar sinar matahari langsung
Gunakan tabir surya ketika keluar rumah. Sinar ultraviolet matahari berperan pada peradangan kulit termasuk daerah wajah. Gunakan pelindung wajah, msker dan sejenisnya jika berada diluar ruangan.

5.    Hindari stres
Berusaha semaksimal mungkin menghindari stress merupakan salah satu usaha yang diyakini beberapa ahli dapat memengaruhi kesehatan, termasuk kondisi kesehatan kulit.

6.    Perbaiki pola tidur
Tidur di bawah pukul 10 malam. Pasalnya di atas pukul 10 malam adalah waku dimana sel sel kulit beregenerasi. Maka biarkan kulit melakukan tugasnya. (dr. Nunung Angreani R) 

 


]]>
Mon, 20 Mar 2017 18:07:25 +0700Jerawat
Bercak Implantasi Sebagai Tanda Awal Kehamilan https://meetdoctor.com/article/bercak-implantasi-sebagai-tanda-awal-kehamilan https://meetdoctor.com/article/bercak-implantasi-sebagai-tanda-awal-kehamilan Jika Anda seorang istri dan melihat perdarahan samar – baik bercak merah muda ataupun kecoklatan – pada pakaian dalam Anda, apalagi jika tidak sesuai dengan periode menstruasI Anda, dan Anda mulai berpikir Anda hamil, maka mungkin Anda benar. 

Bercak tersebut kemungkinan besar adalah bercak implantasi yang merupakan tanda awal kehamilan. Koplik Spot biasanya muncul pada hari ke – 6 hingga 12 setelah pembuahan. Terkadang tanda ini sering disalahartikan sebagai menstruasi biasa.

Mengapa bisa terjadi?
Setelah sel sperma membuahi sel telur, maka jadilah embrio. Embrio ini akhirnya berlabuh di rahim dan menempel pada dindingnya. Saat embrio ini menempel, pembentukan plasenta (ari-ari) juga dimulai. Saat plasenta terbentuk, vili – saluran makanan seperti jari–pun berkembang. Vili inilah yang menembus rahim untuk bersatu dengan pembuluh darah ibu. 

Proses ini normal terjadi. Lewat vili inilah nutrisi dari sirkulasi ibu mengalir ke bayi.  Saat vili menembus rahim, pembuluh darah kecil di rahim pecah dan terjadilah sedikit perdarahan. Darah yang keluar akan berhenti dan menyembuhkan diri dengan sendirinya. Hal ini tidak akan menimbulkan dampak apapun pada perkembangan bayi.

Apa saja gejalanya?
Keluarnya darah yang warnanya lebih terang (terkadang bisa kecoklatan) dan jauh lebih sedikit dibandingkan saat menstruasi. Terkadang Anda dapat merasakan keram di perut, namun tidak berlebihan. Perdarahan ini berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari saja (terkadang 2 – 3 hari).
Bercak darah cenderung lebih cepat muncul dibandingkan gejala mual-muntah (morning sickness)

Bagaimana pengobatannya?

Darah ini akan berhenti mengalir dengan sendirinya. Namun, jika Anda khawatir bahwa Anda berdarah cukup banyak, segera konsultasikan ke dokter. Dokter mungkin akan bertanya mengenai berapa banyak darah yang keluar dan bagaimana warnanya.
Adakah perdarahan lain yang dapat terjadi pada saat kehamilan?

Wanita hamil dapat mengalami perdarahan akibat berbagai macam sebab selain implantasi. Jika perdarahan berlangsung hebat dengan atau tanpa nyeri, atau nyeri perut / keram terus menerus, segera hubungi dokter. (dr. Faradhillah A. Suryadi) 

 


]]>
Wed, 22 Mar 2017 17:04:27 +0700Hamil
Kenali Bahan-Bahan yang Terkandung Dalam Kosmetik https://meetdoctor.com/article/kenali-bahan-bahan-yang-terkandung-dalam-kosmetik https://meetdoctor.com/article/kenali-bahan-bahan-yang-terkandung-dalam-kosmetik Kosmetik merupakan bagian yang tak terlepas dari kehidupan sehari-hari wanita. Banyak yang merasa lebih percaya diri dengan menggunakan kosmetik. Wanita rata-rata menggunakan 12 produk perawatan pribadi dalam sehari, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The Environment Working Group (EWG), sebuah organisasi non-profit yang didedikasikan untuk mendidik konsumen mengenai kandungan dalam produk kosmetik.

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, memiliki beberapa wewenang hukum atas kosmetik. Di Indonesia, seluruh kosmetik harus melalui uji tes di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Namun, kembali lagi banyak produk dipasaran yang menambahkan logo BPOM padahal mungkin saja produk tersebut tidak lulus uji BPOM.

Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai konsumen untuk lebih tahu mengenai informasi produk dan kandungan di dalam produk yang Anda pilih. Kandungan kosmetik terdiri dari bahan aktif dan bahan tambahan. Mari pelajari apa yang terkandung dalam kosmetik dan bagaimana dampaknya untuk Anda dan lingkungan.

Surfaktan

Surfaktan merupakan molekul yang  dapat menyatukan campuran minyak dan air. Surfaktan banyak ditemui pada deterjen, kosmetik, farmasi, dan teksil. Busa yang Anda temukan pada sabun cuci muka Anda adalah salah satunya. Contoh surfaktan antara lain adalah SLS (sodium lauryl sufate) dan SLES (sodium lauryl ether sulfate). Bahan surfaktran yang terlalu keras dapat merusak faktor kelembapan alami kulit, protein dan lemak kulit sehingga kulit menjadi kering dan mudah iritasi

Polimer

Gliserin adalah komponen alami dari minyak nabati dan lemak hewan, diproduksi secara sintetis dalam industri kosmetik. Polimer berguna sebagai pengemulsi sehingga meningkatkan kestabilan produk. Polimer yang digunakan dalam produk perawatan rambut berguna untuk melembutkan rambut. Polimer juga terdapat pada krim cukur untuk membuatnya terasa halus dan licin agar tidak menempel pada tangan.

Pengawet

Pengawet digunakan untuk memperlambat pertumbuhan bakteri dan memperpanjang umur simpan produk. Bahan ini dapat melindungi dari infeksi pada kulit atau mata. Walaupun begitu, tetap perhatikan bila terdapat iritasi kulit atau reaksi alergi. Contoh pengawet adalah paraben dan formaldehyde

Pewangi

Parfum atau pewangi pada kosmetik bisa menjadi bagian paling berbahaya dari produk kecantikan. Bau yang harum sering mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Perlu Anda pertimbangkan bila terdapat istilah “fragrance” dalam ingredients produk kosmetik.

Zat pewarna

Zat warna dapat digunakan untuk mewarnai kosmetik agar tampilannya menjadi lebih indah ataupun digunakan sebagai bahan aktif untuk melapisis bagian tubuh, misalnya untuk produk lipstik, pewarna rambut, dan alas bedak

 

Bahan-Bahan yang Dilarang untuk Digunakan

Menurut FDA, bahan berikut secara hukum dilarang dalam pembuatan kosmetik:

  • bithionol
  • chlorofluorocarbon propellants
  • chloroform
  • halogenated salicylanilides, di-, tri-, metabromsalan and tetrachlorosalicylanilide
  • methylene chloride
  • vinyl chloride
  • zirconium-containing complexes
  • prohibited cattle materials

Bahan-Bahan yang Dibatasi Penggunaannya

FDA juga membuat daftar bahan-bahan yang dapat digunakan namun harus dibatasi:

  • hexachlorophene
  • mercury compounds
  • sunscreens used in cosmetics

Bahan Lain yang Perlu Dibatasi

EWG menjabarkan bahan-bahan yang perlu dihindari, termasuk di dalamnya:

  • benzalkonium chloride
  • BHA (butylated hydroxyanisole)
  • coal tar hair dyes and other coal tar ingredients, such as aminophenol, diaminobenzene, and phenylenediamine
  • DMDM hydantoin and bronopol
  • formaldehyde
  • ingredients listed as “fragrance”
  • hydroquinone
  • methylisothiazolinone and methylchloroisothiazolinone
  • oxybenzone
  • parabens, propyl, isopropyl, butyl, and isobutylparabens
  • PEG/ceteareth/polyethylene compounds
  • petroleum distillates
  • phthalates
  • resorcinol
  • retinyl palmitate and retinol (vitamin A)
  • toluene
  • triclosan and triclocarban

Bahan kosmetik yang sering menyebabkan reaksi alergi menurut North American Contact Dermatitis Group (NACDG):

  • Paraphenylenediamine (PPD)
  • Lanolin
  • Glyceril thioglycolate
  • Propylene glycol
  • Toluene sulfonamide/formaldehyde resin
  • Methacrylates

Jadi, sebelum memilih kosmetik, teliti terlebih dulu kandungan yang terdapat di dalamnya ya. Sebaiknya pilih kosmetik berbahan alami.

Sumber: healthline.com

 

Ditinjau oleh: dr. Conny Melly Rosdiana SpKK


]]>
Thu, 23 Mar 2017 10:51:48 +0700Beauty & Skin Care
Kenali Gejala dan Pengobatan Diare Pada Anak https://meetdoctor.com/article/kenali-gejala-dan-pengobatan-diare-pada-anak https://meetdoctor.com/article/kenali-gejala-dan-pengobatan-diare-pada-anak Pada anak – anak atau bahkan pada bayi, diare bukanlah kasus yang jarang terjadi. Kasus diare masih dianggap sepele oleh orang tua karena dianggap biasa terjadi dan dapat sembuh dengan sendirinya. Pada kenyataannya, menurut WHO pada tahun 2015, sembilan persen kasus kematian pada anak – anak dibawah 5 tahun di dunia terjadi akibat diare. 

Pengertian Diare
Diare akut adalah buang air besar dengan konsistensi lebih encer/cair dari biasanya, tiga kali atau lebih dalam satu hari, dapat/tidak disertai dengan lendir/darah yang timbul secara mendadak dan berlangsung kurang dari 2 minggu (14 hari). Jika diare berlangsung 2 minggu atau lebih disebut dengan diare kronik.
Penyebab diare bisa diakibatkan oleh infeksi (virus, bakteri, dan  parasit), alergi (susu), malabsorpsi (karbohidrat, lemak, dan protein), dan keracunan makanan.

Berdasarkan penyebabnya diare terbagi  menjadi 3 jenis meliputi :

1.    Diare sekretorik
Diare sekretorik ini sering disebabkan oleh toksin yang dihasilkan oleh mikroorganisme Vibrio, ETEC, Shigella, Clostridium, Salmonella, Campylobacter. Racun yang dihasilkannya tersebut akan merangsang enzim adenil siklase, selanjutnya enzim tersebut akan mengubah ATP menjadi cAMP. Akumulasi cAMP intrasel akan menyebabkan sekresi aktif ion klorida, yang akan diikuti secara pasif oleh air, natrium, kalium dan bikarbonat ke dalam lumen usus sehingga terjadi diare dan muntah-muntah. Diare sekretorik pada anak paling sering disebabkan oleh kolera. Gejala dari diare sekretorik ini adalah diare yang cair dan bila disebabkan oleh vibrio biasanya hebat dan berbau amis,  muntah-muntah, tidak disertai dengan panas badan, dan penderita biasanya cepat jatuh ke dalam keadaan dehidrasi.

2.    Diare Invasif
Diare invasif adalah diare yang terjadi akibat invasi mikroorganisme dalam mukosa usus sehingga menimbulkan kerusakan pada mukosa usus. Diare invasif ini disebabkan oleh Rotavirus, bakteri (Shigella, Salmonella, Campylobacter, EIEC, Yersinia), parasit (amoeba). Diare invasif yang disebabkan oleh bakteri dan amoeba menyebabkan tinja berlendir dan sering disebut sebgai dysentriform diarrhea. Gejala dysentriform diarrhea adalah tinja berlendir dan berdarah biasanya b.a.b sering tapi sedikit-sedikit dengan peningkatan panas badan, tenesmus ani, nyeri abdomen, dan kadang-kadang prolapsus ani, bila disebabkan oleh amoeba, seringkali menjadi kronis dan meninggalkan jaringan parut pada kolon/rektum, disebut amoeboma. Gejala diare yang disebabkan oleh rotavirus adalah paling sering pada anak usia dibawah 2 tahun dengan tinja cair (tidak berdarah), seringkali disertai dengan peningkatan panas badan dan batuk pilek,  muntah.

3.    Diare Osmotik
   Diare osmotik adalah diare yang disebabkan karena tingginya tekanan osmotik pada lumen usus sehingga akan menarik cairan dari intra sel ke dalam lumen usus, sehingga terjadi diare berupa watery diarrhea. Gejala dari diare osmotik adalah tinja cair akan tetapi biasanya tidak seprogresif diare sekretorik,  tidak disertai panas,  pantat anak sering terlihat merah karena tinja yang asam, dan perut kembung. Bentuk yang paling sering dari diare osmotik ini adalah intoleransi laktosa akibat kurangnya enzim laktase yang dapat terjadi karena adanya kerusakan mukosa usus. Dilaporkan kurang lebih sekitar 25-30% dari diare oleh rotavirus terjadi intoleransi laktosa.


Kenali Tanda Dehidrasi
Gejala yang paling penting untuk dikenali adalah terjadinya dehidrasi. 


Penilaian                                  Diare tanpa dehidrasi          Dehidrasi ringan- sedang        Dehidrasi berat
1. Lihat : 
    Keadaan umum                   Baik/sadar                            *Gelisah rewel                        *Lesu/lunglai/tdk sadar
     Mata                                    Normal                                  Cekung                                   Sangat cekung/kering

     Air Mata                               Ada                                       Tidak ada                                 Tidak ada

    Mulut dan Lidah                    Basah                                   Kering                                       Sangat kering

    Rasa Haus                           Minum biasa, tidak haus        *Haus ingin minum banyak        *Malas minum/tdk bisa minum

2. Periksa Turgor (Kelenturan kulit)
*dilakukan oleh dokter*              Kembali cepat                      *Kembali lambat                       *Kembali sangat lambat

PENGOBATAN
a) Mencegah terjanya dehidrasi
Mencegah terjadi nya dehidasi dapat dilakukan mulai dari rumah dengan memberikan minum lebih banyak dengan cairan rumah tangga yang dianjurkan seperti air tajin , kuah sayur, air sup.

Macam Cairan yang dapat digunakan akan tergantung pada :
- Kebiasaan setempat dalam mengobati diare
- Tersedianya cairan sari makanan yang cocok
- Jangkauan pelayanan Kesehatan
- Tersedianya oralit

Bila tidak mungkin memberikan cairan rumah tangga yang diajukan , berikan air matang.
b. Mengobati dehidrasi
Bila terjadi dehidrasi (terutama pada anak), penderita harus segera dibawa ke petugas atau sarana kesehatan untuk mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat, yaitu dengan oralit. Bila terjadi dehidrasi berat, penderita harus segera diberikan cairan intravena dengan ringer laktat sebelum dilanjutkan terapioral.

c. Memberi makanan
Berikan makanan selama diare untuk memberikan gizi pada penderita terutama pada anak tetap kuat dan tumbuh serta mencegah berkurangnya berat badan. Berikan cairan termasuk oralit dan makanan sesuai yang dianjurkan.
- Anak yang masih mimun ASI harus lebih sering diberi ASI.
- Anak yang minum susu formula diberikan lebih sering dari biasanya.
- Anak Usia 6 bulan atau lebih termasuk bayi yang telah mendapat makanan padat harus  
   diberikan makanan yang mudah dicerna sedikit sedikit tetapi sering.
Setelah diare berhenti pemberian makanan ekstra diteruskan selama 2 minggu untuk membantu pemulihan berat badan anak.

d. Pemberian zink
Zink diberikan selama 10 – 14 hari berturut – turut meskipun anak sudah sembuh dari diare dengan dosis pada bayi < 6 bln diberikan 10 mg/hari dan usia ≥ 6 bulan diberikan 20 mg/hari.

e. Antibiotik selektif
Penggunaan antibiotik hanya boleh diberikan jika ada resep dari dokter. (dr. Dewi Ratnasari, MD) 


]]>
Wed, 22 Mar 2017 15:40:19 +0700Diare
4 Cara Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terawat https://meetdoctor.com/article/4-cara-menjaga-kulit-tetap-sehat-dan-terawat https://meetdoctor.com/article/4-cara-menjaga-kulit-tetap-sehat-dan-terawat Kulit cantik adalah kulit yang sehat. Untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat, diperlukan perawatan yang tepat. Bila Anda menganggap perawatan kulit itu sulit dan makan waktu, Anda keliru. Banyak cara yang mudah untuk menjaga kulit sehat Anda.

Kurangi paparan sinar matahari langsung

Anda mungkin sudah berulang kali mendengar saran untuk menjauhkan kulit dari paparan sinar matahari langsung. Saran itu ada baiknya Anda dengar, karena terpapar sinar matahari secara berlebihan dapat mengakibatkan banyak jenis kerusakan kulit, seperti:

  • Kanker kulit
  • Perubahan tekstur kulit (kerutan, kulit teraba kasar, kulit kendur)
  • Perubahan warna kulit ( bintik-bintik/flek, warna kulit tidak rata)
  • Pertumbuhan tumor jinak

Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Cara tersebut dapat menjaga kulit Anda terlihat segar dan awet muda. Selain itu gunakan tabir surya setiap hari secara teratur 15-30 menit sebelum anda beraktivitas di luar ruangan dan ulangi pemakaian tabir surya setiap 2-4 jam. Pilihlah tabir surya yang memiliki spektrum luas dengan SPF minimal 30. Serta usahakan tetap di dalam ruangan ketika matahari berada pada titik paling intens, biasanya pada pukul 10:00-15:00.

Tetap terhidrasi

Menjaga kelembapan kulit, penting untuk perlindungan kulit. Kulit yang terhidrasi dapat mencegah kulit bersisik atau pecah-pecah dan kulit terkelupas. Ini cara agar kulit tetap terhidrasi:

  • Minum banyak air minimal 8 gelas perhari. Ini adalah kunci agar kulit tetap terhidrasi.
  • Gunakan krim pelembap yang tepat sesuai jenis kulit Anda setelah mandi, gunakan segera dalam 5 menit pertama setelah mengeringkan tubuh. Hindari produk yang mengandung sodium lauryl sulfate, karena bahan ini menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan oleh kulit Anda.
  • Mandi dengan air dingin atau  hangat (bukan panas), dan batasi waktu mandi selama 5-10 menit.

Gunakan Produk Perawatan Kulit

Mencuci wajah Anda penting untuk menghilangkan kotoran, minyak, kuman, dan sel-sel mati. Namun, menggosok wajah terlau kencang dapat menyebabkan iritasi yang dapat menyebabkan kulit pecah-pecah. Ikuti cara ini untuk hasil terbaik,

  • Cuci wajah Anda dua kali sehari dengan air dan pembersih ringan.
  • Pijat wajah Anda dengan kain lap, menggunakan gerakan melingkar.
  • Bilas wajah Anda sampai bersih.
  • Keringkan kulit menggunakan handuk lembut dengan cara menepuk kulit, usahakan untuk tidak menggosok wajah Anda. Kemudian aplikasikan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda

Ambil tindakan kesehatan

Cold sores (lepuhan-lepuhan kecil dan menyakitkan, dapat timbul di sekitar mulut, muka atau hidung) yang disebabkan oleh infeksi virus pada kulit yang berbatasan dengan bibir, sementara bakteri dapat menimbulkan jerawat dan kondisi kulit lainnya. Cara ini dapat menghindari Anda dari hal tersebut,

  • Jangan berbagi barang pribadi, seperti lip balm atau sikat gigi.
  • Jangan berbagi minuman dengan orang lain.
  • Jangan memegang atau memencet jerawat

 

Ditinjau oleh: dr. Conny Melly Rosdiana SpKK


]]>
Thu, 23 Mar 2017 10:45:44 +0700Beauty & Skin Care
Perawatan Payudara untuk Ibu Hamil https://meetdoctor.com/article/perawatan-payudara-untuk-ibu-hamil https://meetdoctor.com/article/perawatan-payudara-untuk-ibu-hamil Sebagai calon ibu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum buah hati lahir. Salah satunya adalah kesiapan ibu dalam mengoptimalkan pemberian ASI. Tidak jarang kendala muncul saat waktunya menyusui tiba, terutama pada masa awal setelah bersalin. Ternyata, perawatan payudara tidak hanya dilakukan pada ibu menyusui saja, namun sudah perlu dilakukan sejak buah hati berada di dalam kandungan. Lalu, apa saja yang harus dilakukan?

Pada prinsipnya, perawatan payudara pada ibu hamil harus memperhatikan beberapa aspek. Pertama, perawatan payudara harus dilakukan secara sistematis dan regular. Kedua, jaga kebersihan payudara. Ketiga, nutrisi bagi ibu hamil harus optimal bahkan sejak sebelum kehamilan. Keempat, ibu hamil harus menggunakan bra yang menopang payudara dengan optimal. Tidak kebesaran, apalagi kekecilan. Kelima, lakukan perawatan sejak usia kehamilan lebih dari 6 bulan.

Langkah-langkah perawatan payudara sangat praktis dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebelum memijat, tuangkan baby oil atau minyak kelapa ke kedua telapak tangan lalu usap-usapkan hingga merata di kedua telapak tangan.

1.    Pijatan pertama
Posisikan kedua tangan di antara payudara lalu pijat dengan arah memutar ke atas, samping, ke bawah, dan ke samping.

2.    Pijatan kedua
Telapak tangan kanan menyangga payudara kanan. Arahkan jemari tangan kiri untuk memijat payudara ke arah puting. Lakukan secara memutar supaya tidak ada bagian yang terlewat. Begitu pula sebaliknya.

3.    Pijatan ketiga
Telapak tangan kanan menyangga payudara kanan. Kepalkan jemari tangan kiri lalu pijat payudara dengan buku-buku jari kea rah puting. Lakukan secara memutar supaya tidak ada bagian yang terlewat. Begitu pula sebaliknya.

Lakukan setiap langkah pijatan sebanyak 30 kali selama 5 menit. Ibu pun dapat menstimulasi payudara menggunakan air hangat dan air dingin dengan cara dikompres bergantian selama 5 menit. Jangan lupa untuk membersihkan puting dengan minyak atau baby oil supaya kotoran tidak terakumulasi dan terhisap oleh calon buah hati. Minyak juga berkhasiat untuk relaksasi puting supaya tidak mudah pecah-pecah.

Bagaimana bila ibu memiliki puting datar atau melesak ke dalam? Jangan khawatir. Ibu masih bisa memberikan ASI terbaik untuk buah hati. Cara perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan teknik Hoffman. Pertama, oleskan minyak ke sekitar puting. Letakkan ibu jari dan telunjuk tangan di antara puting dengan posisi saling berhadapan (atas dan bawah). Tekan ke arah luar sebanyak 20 kali. Selanjutnya, letakkan ibu jari dan telunjuk di samping kiri dan kanan puting. Tekan ke arah luar sebanyak 20 kali.

Ada beberapa keadaan yang perlu diperhatikan dalam pengaplikasian teknik ini. Pada ibu dengan puting menonjol dan tanpa riwayat keguguran, perawatan payudara dapat dilakukan sejak usia kehamilan menginjak 6 bulan atau lebih. Pada ibu dengan puting menonjol namun memiliki riwayat keguguran, perawatan payudara sebaiknya dilakukan saat usia kehamilan menginjak 8 bulan atau lebih. Pada ibu dengan puting rata atau melesak ke dalam, perawatan dilakukan lebih awal, yaitu sejak usia kehamilan 3 bulan. Namun jika terdapat riwayat keguguran, perawatan payudara dapat dilakukan sejak usia kehamilan 6 bulan.

Selamat mempersiapkan momen istimewa untuk sang buah hati. (dr. Hadiyatussalamah Pusfa Kencanasari) 

 

 


]]>
Thu, 23 Mar 2017 11:46:23 +0700Hamil
Penderita Bipolar Rentan Melakukan Bunuh Diri https://meetdoctor.com/article/penderita-bipolar-rentan-melakukan-bunuh-diri https://meetdoctor.com/article/penderita-bipolar-rentan-melakukan-bunuh-diri Beberapa hari ke belakang, dunia maya digegerkan dengan aksi bunuh diri yang dilakukan seorang pria secara live di facebook. Aksi bunuh diri itu mengundang puluhan netizen yang ingin melihat video tersebut. 

Angka bunuh diri terjadi hampir dua kali lipat lebih sering daripada pembunuhan. Setiap tahun, sekitar 36.000 orang di Amerika Serikat meninggal karena bunuh diri. Berdasarkan data dari organisasi kesehatan dunia (WHO), di Indonesia pada 2010 angka bunuh diri mencapai sekitar 5.000 orang per tahun dan pada tahun 2012 meningkat menjadi 10.000 per tahun.

Orang-orang yang melakukan bunuh diri biasanya telah membuat rencana untuk bunuh diri. Kemungkinan dari bunuh diri yang paling serius ketika seseorang telah memiliki rencana untuk bunuh diri. Kebanyakan orang yang serius mempertimbangkan bunuh diri sebenarnya tidak ingin mati. Sebaliknya, mereka melihat bunuh diri sebagai solusi untuk masalah dan cara untuk mengakhiri penderitaan mereka. 

Kebanyakan orang yang serius mempertimbangkan atau berusaha untuk bunuh diri biasanya memiliki satu atau lebih dari risiko berikut:
•    Riwayat keluarga pernah berupaya untuk bunuh diri
•    Riwayat keluarga ada yang berhasil bunuh diri
•    Memiliki kecemasan yang parah, depresi, atau masalah kesehatan mental lainnya, seperti gangguan bipolar atau skizofernia
•    Pecandu alkohol atau bermasalah dengan narkoba

Orang dengan gangguan bipolar rentan melakukan tindakan bunuh diri. Dokter spesialis kedokteran jiwa Nurmiati Amir mengungkapkan, 25-60 persen orang dengan gangguan bipolar pernah melakukan tindakan percobaan bunuh diri satu kali dalam hidupnya.

Menurut WHO, setiap 40 detik, seseorang melakukan bunuh diri di suatu tempat di dunia. Sementara itu, sebagian besar negara dengan angka bunuh diri yang tinggi adalah negara miskin. Beberapa negara maju dan kaya pun memiliki angka bunuh diri yang cukup tinggi. Ratio perbandingan angka bunuh diri antara laki-laki dan wanita adalah 3:1 dengan metode meminum racun, gantung diri, dan senjata api. Berikut adalah 5 negara dengan angka bunuh diri tertinggi:

1.    Guyana 44.2% (70.8% pria – 22.1% wanita)
2.    Korea Utara 38.5% (45.4% pria – 35.1% wanita)
3.    Korea Selatan 28.9% (41.7% pria – 18% wanita)
4.    Sri Lanka 28.8% (46.4% pria – 12.8% wanita)
5.    Lituania 28.2% (51% pria – 8.4% wanita)

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Thu, 23 Mar 2017 12:06:55 +0700Bipolar Disorder