MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2018 4 Kesalahan Saat Memasak Bikin Berat Badan Anda Sulit Turun https://meetdoctor.com/article/4-kesalahan-saat-memasak-bikin-berat-badan-anda-sulit-turun https://meetdoctor.com/article/4-kesalahan-saat-memasak-bikin-berat-badan-anda-sulit-turun Membiasakan memasak makanan sendiri di rumah merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh kita lebih sehat. Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Publik Health Nutrition pada 2015 menemukan bahwa memasak di rumah dapat membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit lemak, karbohidrat, dan gula dibandingkan Anda makan di restoran. 

Namun, itu tidak berarti Anda boleh makan apa saja setiap hari. “Makanan rumahan sama tidak sehatnya dengan di restoran bila Anda menggunakan bahan-bahan yang tidak sehat, metode memasak yang salah dan tidak memerhatikan porsi,” kata Jackie Topol, MS, RD, ahli gizi di New York City. 
Berikut ini kesalahan memasak yang akan membuat berat badan Anda melambung: 

Terlalu banyak minyak
Menurut Topol, banyak orang tidak menyadari berapa kalori yang mereka konsumsi  ketika menambahkan terlalu banyak minyak ke dalam masakan mereka. Makanan dapat menyerap minyak dan itu akan menambah kalori pada tubuh Anda. Gunakan selalu lemak sehat seperti minyak zaitun saat memasak. Takarannya tidak boleh terlalu bayak, cukup 2 sendok teh yang mengandung sektiar 80 kalori.  

Patuh pada resep 
Senang menonton acara memasak di televisi? Resep yang Anda lihat di TV  mungkin terlihat lezat, tapi mungkin tidak begitu bagus untuk ukuran pinggang Anda. Karena itu, jangan ragu untuk beradaptasi dari setiap resep yang Anda dapat. Jika sebuah resep menggunakan pasta biasa, tukarlah dengan gandum utuh sehingga Anda mendapat sentuhan ekstra sehat. Atau, jangan ragu untuk membagi dua setiap takaran dari bahan-bahan yang digunakan.  

Mengabaikan rempah-rempah 
Rempah-rempah seperti kunyit,  jahe, lengkuas, dan sebagainya,  bisa menambahkan rasa sekaligus mengurangi jumlah kalori.  Selain itu, rempah-rempah juga mengandung antioksidan, yang bisa membantu menangkis penyakit tertentu. Mulailah bereksperimen dengan bumbu dan rempah-rempah dalam masakan Anda. Misalya, taburi kunyit saat memasak nasi goreng, dan lainnya. 

Rajin mencicipi masakan
Sering mencicipi masakan yang sudah matang? Itu salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Selama ini Anda mungkin menganggap, mengigit satu atau dua potong makanan tidak akan membuat kalori Anda melonjak.  Padahal, jika tidak hati-hati, niat hanya menggigit satu potong bisa bertambah menjadi dua, tiga, dan seterusnya.  Itulah yang membuat kalori bertambah dan Anda sulit langsing meski Anda sudah makan makanan rumah. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Tue, 09 Jan 2018 10:07:37 +0700Asupan Makanan dan Diet
Zink Saat Hamil https://meetdoctor.com/article/zink-saat-hamil https://meetdoctor.com/article/zink-saat-hamil Melahirkan bayi yang sehat merupakan dambaan setiap Ibu. Masa kehamilan merupakan fase penting yang menentukan proses pertumbuhan dan perkembangan anak sebelum dan setelah lahir. Pengaruh kurangnya gizi Ibu saat hamil akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan janin, dan dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak selanjutnya. Oleh karena itu kebutuhan zat gizi saat hamil sangat penting untuk dipenuhi.
 
Di samping kebutuhan akan makronutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak, terdapat beberapa mikronutrien yang penting untuk dicukupi kadarnya semasa hamil, salah satunya adalah zink atau zat seng. Zink memiliki peranan penting dalam banyak fungsi tubuh, sebagai bagian dari enzim yang mengatur proses metabolism utama dalam tubuh, dan berperan dalam fungsi kekebalan tubuh. Kekurangan zink selama masa hamil dapat mempengaruhi perkembangan janin dan berisiko terhadap berat bayi lahir rendah ataupun bayi lahir prematur. Angka kecukupan gizi untuk zink pada ibu hamil yang dianjurkan menurut AKG 2013 adalah 15 mg.
 

Kandungan zink (mg) dalam setiap 100 mg bahan makanan sumber

Tiram

78.6 mg

Gandum

16.7 mg

Daging sapi

12.3 mg

Hati sapi

11.9 mg

Biji labu kuning/labu squash

10.3 mg

Daging domba

8.7 mg

Kepiting / lobster

6.5 mg

 
Kekurangan zink sering ditemukan pada masyarakat yang jarang mengkonsumsi sumber bahan makanan hewani yang kaya akan zink seperti daging, hati, telur dan kerang.  Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan memperbanyak konsumsi proteinyang berasal dari hewan dan kaya akan zink. WHO merekomendasikan suplementasi zink bagi ibu hamil dan dewasa ini UNICEF juga mendukung pemberian suplemen yang mengandung zink, zat besi dan asam folat kepada ibu hamil terutama bagi masyarakat di negara-negara berkembang yang diperkirakan kekurangan asupan zink dari makanannya.
 
Peningkatan asupan makanan yang kaya akan zink maupun pemberian suplemen zink kepada ibu hamil diharapkan dapat mengurangi dampak buruk bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Berkurangnya angka prematuritas dan berat bayi lahir rendah akan menurunkan risiko morbiditas dan mortalitas pada ibu hamil dan bayi yang dilahirkan.
(dr. Yolin Marlisa, M.Gizi)

]]>
Tue, 09 Jan 2018 14:13:44 +0700Nutricoach
Sering Sendawa, Normalkah? https://meetdoctor.com/article/sering-sendawa-normalkah https://meetdoctor.com/article/sering-sendawa-normalkah Semua orang bersendawa, tapi jika Anda sering bersendawa atau aroma yang keluar dari sendawa itu super bau, itu menandakan ada masalah pada pencernaan. 

Menurut Rebecca Tsang, MD, MPH, seorang ahli gastroenterologi di NorthShore University Healthy System di Evanston, Illionis, sendawa adalah hal yang wajar. Meski kadang mengganggu kenyamanan dan cukup memalukan, tapi Dr. Tsang memastikan bahwa bersendawa bukanlah pertanda adanya penyakit serius, kecuali jika disertai gejala lainnya. 

Anda beberapa penyebab yang membuat Anda bersendawa, di antaranya: 

Makan berlebihan
Makanan enak berpotensi mengganggu pencernaan, dalam arti Anda bisa makan melebihi kapasitas pencernaan Anda.  Orang dewasa normal dapat dengan nyaman mengonsumsi 1 sampai 1,5 liter makanan dan cairan dalam makanan. Jika Anda makan lebih banyak, perut Anda akan mengembang untuk mengakomodasinya. Bagi kebanyakan orang, kapasitas maksimalnya maksimal 3 atau 4 liter. Itu sekitar satu galon makanan!

"Saat Anda makan lebih banyak, Anda meningkatkan tekanan di perut Anda," jelas Dr. Tsang. "Gas di perut Anda tidak memiliki tempat untuk keluar, sehingga dia naik ke kerongkongan dan kemudian keluar dari mulut Anda."

Makan terlalu cepat
Saat makan kita akan menelan udara. Tapi jika Anda makan terlalu cepat-atau makan dan mengobrol pada saat bersamaan-Anda bisa menelan lebih banyak udara daripada biasanya. Dan itu bisa membuat Anda banyak bersendawa, jelas Michelle Honda, PhD, seorang dokter holistik dalam praktik swasta di Ontario dan penulis buku Reverse Gut Diseases Naturally. Makanlah lebih lambat untuk mengurangi gangguan tersebut, katanya.

Menghirup udara 
Saat Anda makan dengan perlahan sekalipun, Anda bisa menelan banyak udara. Istilah medis utuk jenis kembung dan bersendawa adalah aerophagia. Banyak hal yang bisa jadi penyebabnya, seperti mengisap permen keras, mengunyah permen karet, merokok, atau malah mengalami hiperventilasi karena kecemasan. Penderita sleep apnea yang memakai CPAP juga  dapat mengalami aerophagia sebagai efek samping.

Makan sayuran tertentu
Makanan-bahkan yang sehat sekalipun-menghasilkan gas selama berada di dalam pencernaan. Gula, tepung, dan makanan berserat bisa membuat Anda banyak bersendawa. Sendawa Anda akan berbau sangat busuk jika Anda mengonsumsi makanan dengan senyawa yang mengandung belerang, seperti bawang merah, brokoli. Termasuk telur, daging, ikan dan bawang putih.

Menurut Honda, bau busuk yang keluar dari mulut saat bersendawa itu tidak berbahaya. Meski begitu, bersendawa berlebihan bisa menandakan adanya masalah pencernaan. Misalnya, orang yang intoleran laktosa mengalami kesulitan mencerna laktosa, sejenis gula dalam susu dan produk susu lainnya. Laktosa yang tidak tercerna bergerak langsung ke usus besar pada orang-orang ini, di mana bakteri bisa keluar dan menghasilkan gas yang menyebabkan bersendawa, kentut, dan kembung.

Minum soda
Jika Anda memiliki kebiasaan minuman bersoda atau yang mengeluarkan gelembung, seperti bir, Anda mungkin akan bersendawa. 

Iritasi Usus Besar 
Jika Anda bersendawa bersama gejala lainnya seperti kembung, sakit perut, dan konstipasi atau diare (atau keduanya), bisa jadi Anda mengalami sindrom iritasi usus besar (IBS).
Gangguan kronis ini ini menyerang  lebih banyak wanita daripada pria. Umumnya ini terkait dengan seringnya Anda menahan buang gas atau kentut. Sebuah studi kecil yang dipublikasikan secara online di Journal of Neurogastroenterology and Motility menemukan bahwa sendawa berulang juga merupakan gejala yang sering terjadi. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki gejala yang sedang berlangsung. 

Gangguan refluks asam lambung
Saat bersendawa dibarengi dengan mual, refluks asam lambung mungkin bisa disalahkan. Refluks terjadi saat isi perut kembali masuk ke kerongkongan. (refluks asam lambung dikenal sebagai GERD.) Gejala umum lainnya termasuk nyeri menelan, nyeri di bagian atas perut atau dada, suara serak, dan merasa seperti ada sumbatan di tenggorokan.

Honda mengatakan bahwa dia melihat pasien dengan rasa panas dalam perut yang menelan kopi dalam jumlah berlebihan, kadang-kadang 10 atau 12 cangkir sehari. Kebiasaan seperti itu bisa memperburuk refluks dan bersendawa, dia menjelaskan, karena keasaman pada kopi mengiritasi cincin otot yang seharusnya mengencangkan untuk mencegah cairan perut memasuki kerongkongan.

Cobalah membatasi kafein, alkohol, dan makanan pedas dan berlemak, serta makan beberapa makanan lebih kecil daripada sarapan besar, makan siang, dan makan malam untuk melihat apakah gejala Anda membaik.

Gejala gastritis
Sendawa juga bisa menjadi gejala dari jenis masalah perut yang disebut gastritis-radang lapisan lambung - terutama jika Anda juga mengalami sakit perut bagian atas, mual atau muntah, gangguan pencernaan, atau kehilangan nafsu makan.

Banyak hal yang bisa mengiritasi lapisan perut Anda, termasuk infeksi, terlalu banyak alkohol, makanan pedas, merokok, dan penggunaan obat penghilang rasa sakit antiinflamasi nonsteroid jangka panjang. Bicaralah dengan dokter tentang gejala Anda untuk mengidentifikasi pengobatan terbaik.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

 


]]>
Thu, 11 Jan 2018 15:11:02 +0700Kesehatan Saluran Pencernaan
Ini Gejala Awal Demensia yang Sering Diabaikan https://meetdoctor.com/article/ini-gejala-awal-demensia-yang-sering-diabaikan https://meetdoctor.com/article/ini-gejala-awal-demensia-yang-sering-diabaikan Demensia bukanlah penyakit tapi merupakan suatu kondisi yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak, seperti berkurangnya daya ingat, kemampuan berpikir, memahami sesuatu hingga menurunkan kecerdasan mental. Kondisi umumnya menyerang lansia di atas usia 65 tahun. 

Penelitian menunjukkan bahwa kondisi rumit ini ditandai oleh sejumlah gejala, terutama saat permulaan. Namun, seringkali gejala-gejala tersebut tidak mudah dikenali. Bagaia Anda bisa tahu apakah Anda atau orang-orang Anda cintai menunjukkan tanda-tanda Alzheimer atau bentuk demensia lainnya? Menurut ahli neuropsikologis, Katherine Rankin, Ph.D, setiap perubahan yang berbeda dari perilaku atau kemampuan biasa seseorang bisa menjadi perhatian. 

Beberapa gejala awal ini bisa menjadi perhatian Anda: 

Tidak mengenali kebohongan
Menurut Rankin, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang lagi bisa mengenali sarkasme atau kebohongan orang lain, diduga menjadi salah satu gejala demensia. Penderita dementia frontotemporal tidak mampu mengenali kebohongan atau sikap sarkastik, sementara penderita demensia lain dan Alzheimer, mampu melakukannya. 

Sering jatuh
Terus menerus tersandung kaki Anda sendir? Semua orang memang bisa mengalami jatuh, tapi sering jatuh bisa menjadi sinyal awal penyakit Alzheimer. Sebuah studi pada 2011 yang dipresentasikan di Alzheimer’s Association International Conference di Paris mengamati scan otak dari 125 orang tua dan meminta mereka menghitung seberapa sering mereka tergelincir dan tersandung selama rentang waktu delapan bulan. Hasilnya? Peserta yang menunjukkan tanda-tanda awal Alzheimer mengalami jatuh lebih sering dibandingkan yang tidak. 

Mengabaikan hukum
Beberapa orang muda pada tahap awal demensia awal kehilangan pengertian norma sosial mereka. Mencuri, berperilaku yang tidak pantas seperti melakukan ujaran kebencian, pelecehan seksual, merupakan tanda-tanda demensia. Demensia awal bisa menyerang orang sejak usia tiga puluhan dan empat puluhan, jauh sebelum ada orang di sekitar mereka yang menganggap perilaku out-of-character dan melanggar hukum mereka sebagai tanda kepikunan.

Kehilangan empati
Jika seseorang yang biasanya manis, perhatian, dan sopan mulai mengatakan hal yang menghina atau tidak pantas - dan tidak menunjukkan kesadaran akan ketidaktetapan atau perhatian mereka atau penyesalan tentang apa yang telah mereka katakan –bisa jadi itu menunjukkan tanda awal demensia. 

Mengabaikan rasa malu
Karena tidak dapat mengenali perasaan orang lain tentang sebuah situasi bukanlah satu-satunya gejala demensia, mereka juga kemungkinan kehilangan kemampuan untuk memahami rasa malu. Ini adalah tanda demensia multi-faceted: Mereka sendiri tidak merasa malu dengan situasi yang mereka hadapi dan mereka juga tidak mengerti situasi orang lain. 

Kesulitan mengelola uang
Salah satu tanda awal klasik penyakit Alzheimer adalah meningkatnya kesulitan pengelolaan uang. Ini mungkin bisa dimulai dari kesulitan menyeimbangkan pengeluaran, mengelola biaya dan tagihan. Seiring dengan perkembangan penyakit ini, kesulitan-kesulitan seperti ini akan semakin parah. Banyak yang menganggap ini sebagai hal yang normal, bagian dari penuaan. Menurut Rankin, ini bukanlah penuaan yang sehat tapi penyakit. 


Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Mon, 08 Jan 2018 11:25:41 +0700Alzheimer
Dampak Negatif Orangtua Bertengkar di Depan Anak https://meetdoctor.com/article/dampak-negatif-orangtua-bertengkar-di-depan-anak https://meetdoctor.com/article/dampak-negatif-orangtua-bertengkar-di-depan-anak Sebagai orangtua, tentu Anda sudah sering mendapat saran untuk tidak bertengkar di depan anak karena dikhawatirkan dapat mengganggu mental mereka. Berdasarkan studi yang dimuat di Journal of Family Psychology, terlalu banyak perselisihan di dalam keluar dapat mengubah otak anak-anak dan membuat mereka memproses emosi secara berbeda. 

Pada penelitian ini, peneliti mengklasifikasikan keluarga yang berpartisipasi menjadi menjadi keluarga dengan konflik tinggi atau rendah, berdasarkan survei yang diisi oleh ibu-ibu tersebut. Kemudian, peneliti menunjukkan pada anak-anak mereka foto pasangan yang tampak marah, bahagia, dan netral karena peneliti mengukur aktivitas otak mereka melalui EEG.

Hasilya, otak anak-anak di kelompok konflik tinggi, bereaksi lebih kuat terhadap pasangan yang tampak marah daripada kelompok yang berasal dari keluarga yang berkonflik rendah. Menurut peneliti, apa yang mereka saksikan tertanam dalam ingatan sehingga terbawa hingga ke pergaulan sosial. Anak-anak yang tinggal bersama orangtua yang selalu bertengkar cenderung bersikap selalu waspada terhadap lingkungan sekitar, sehingga sulit bersosialisasi. 

Studi dari Universitas Cardiff juga mengatakan bahwa berdebat di depan anak-anak dapat menyebabkan mereka mengalami kerusakan serius. Studi dilakukan selama tiga tahun terhadap lebih dari 300 keluarga. Para periset menunjukkan kepada anak-anak film tentang orang dewasa yang berdebat dengan cara yang berbeda, dan berbicara kepada anak-anak tentang perkelahian orang tua mereka. Studi ini menemukan bahwa meskipun argumen Anda mungkin tidak ada hubungannya dengan anak-anak, jika Anda berdebat dengan cara yang salah, itu mengancam stabilitas emosional mereka.

Dr Gordon Harold, seorang peneliti di Cardiff University di Cardiff, Wales mengatakan bahwa orang tua dapat berdebat di depan anak-anak, namun harus melakukannya dengan hati-hati.
"Tidak realistis untuk mengatakan bahwa orang tua seharusnya tidak pernah berdebat atau tidak boleh tidak setuju di depan anak-anak mereka," kata Harold. "Argumen dan ketidaksepakatan adalah bagian alami dari semua hubungan. Namun, lakukan dengan cara yang tepat,” katanya. 

Kesimpulannya, anak yang menyaksikan orang tua mereka bertengkar di rumah mungkin ia akan berjuang dalam situasi sosial, sulit berteman dan tidak memiliki kestabilan emosi. Mereka jadi gampang marah, cemas, depresi dan lainnya. Dengan sejumlah dampak negatif ini, tidak ada alasan lagi bagi orangtua untuk membawa konflik ke ruangan lain, atau menyimpan perdebatan sengit setelah anak-anak tidur. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

 


]]>
Wed, 10 Jan 2018 15:14:39 +0700Kesehatan Mental
Manfaat Sarapan Pagi untuk Anak https://meetdoctor.com/article/manfaat-sarapan-pagi-untuk-anak https://meetdoctor.com/article/manfaat-sarapan-pagi-untuk-anak Nutrisi yang lengkap amat dibutuhkan bagi anak dalam masa tumbuh kembangnya. Agar dapat memenuhi kebutuhannya akan zat gizi, orang tua harus memperhatikan 3 J dalam pemberian makananya itu jumlah-jenis-jadwal. Jumlah yang cukup sesuai kebutuhan anak menurut usianya, jenis asupan yang beragam dalam porsi yang seimbang, dan jadwal yang tepat dalam pemberiannya sehingga tidak membuat anak terlalu kenyang atau lapar.

Dalam hal jadwal pemberian makan, waktu makan dibagi menjadi 5 kali yang terdiri dari 3 kali makan utama (sarapan pagi, makan siang, makan malam) ditambah 2 kali selingan (selingan pagi dan selingan sore). Alangkah baiknya sejak dini anak dibiasakan makan secara teratur, terutama pembiasaan makan saat pagi (sarapan). Mengapa sarapan pagi itu penting? Berikut beberapa alas an manfaat sarapan pagi bagi anak terutama setelah memasuki usia sekolah.

Manusia selalu mengeluarkan energi bahkan saat tidur, meskipun energi yang dikeluarkan saat tidur tidak sebesar pada saat bangun dan beraktifitas. Setelah semalaman kita tidur tanpa makan dan minum, saat pagi energy kita berkurang, seperti halnya orang yang habis berpuasa kita membutuhkan pengisian energi kembali. Sarapan pagi sangat diperlukan sebagai persiapan tubuh dalam mengisi hari dengan aktifitas fisik yang beragam (bermain, belajar, olahraga, dan lain-lain).

Bagi anak yang telah bersekolah sarapan pagi mutlak perlu untuk meningkatkan konsentrasinya dalam menerima pelajaran, hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menyantap sarapan lebih berprestasi di sekolah. Anak yang sudah mendapatkan sarapan akan merasa cukup kenyang sehingga ia tidak akan merasa pusing, lemah, lesu ataupun sakit perut karena lambung yang belum terisi. Sarapa juga dapat mengurangi resiko terjadinya obesitas, karena anak yang belum sarapan cenderung membeli jajanan yang kebanyakan instan dan tidak menyehatkan.

Sarapan yang baik menyediakan hingga seperempat energy dan zat gizi yang dibutuhkan dalam sehari, sehingga dapat memenuhi sebagian kebutuhan nutrisi pada anak. Sarapan sebaiknya diberikan dengan jenis makanan lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, lemak serta vitamin dan mineral. Agar anak tertarik untuk sarapan ibu dapat membuat kreasi yang menarik dalam mengolah dan menyajikan makanan, ataupun mengkombinasikan jenis makanan yang kurang disukai dengan makanan favoritnya supaya anak mau memakannya.

Dengan membiasakan anak makan secara teratur diharapkan pola makan yang baik akan terbawa hingga dewasa nanti, sehingga tubuh menjadi sehat dan mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang disebabkan oleh makanan seperti obesitas, penyakit jantung, hipertensi, diabetes dan sebagainya. (dr. Yolin Marlisa, M.Gizi)

 


]]>
Tue, 09 Jan 2018 13:26:53 +0700Nutricoach
Waspada Flu Australia https://meetdoctor.com/article/waspada-flu-australia https://meetdoctor.com/article/waspada-flu-australia Lonjakan kasus flu Australia menjadi kekhawatiran di beberapa negara. Persebaran virus H3N2 ini telah telah merambah Inggris dan Amerika. Dikutip dari Sun, Departeman Kesehatan Masyarakat Inggris mengungkapkan 1.649 orang terkena flu Australia selama Natal dan setelahnya. Setidaknya 73 orang telah dirawat di rumah sakit. Kondisi ini membuat pemerintah mendesak setiap orang untuk mendapatkan vaksinasi. 

Wabah seperti ini pernah terjadi pada tahun 1968 yang dimulai di Hong Kong dan membunuh satu juta orang di seluruh dunia.

Melihat situasi di beberapa negara, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan mulai mengaktifkan alert system di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) baik di bandara maupun pelabuhan. 

Apa sih Flu Australia dan bedanya dengan flu yang lain? 

Flu Australia atau H3N2 merupakan jenis virus flu yang bermutasi. Virus ini berpotensi mematikan pada orangtua, dan juga kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya. 
Gejala flu Australia mirip dengan gejala flu biasa namun lebih parah. Berikut ini beberapa gejala flu Australia yang perlu mendapat perhatian: 

-Demam mendadak dengan temperatur 38°C atau lebih tinggi
-Sakit tenggorokan dan batuk
-Sakit kepala
-Nyeri otot
-Kelelahan
-Hidung meler dan bersin 
-Kesulitan tidur
-Kehilangan selera makan
-Diare
-Mual

Bila flu biasa bisa pulih dalam seminggu, flu Australia bisa lebih lama penyembuhannya. Jadi jika Anda telah sakit selama tujuh hari dan belum juga sembuh, mungkin Anda perlu waspada akan sesuatu yang lebih serius. Pasalnya, flu Australia dapat menyebabkan pneumonia dan komplikasi fatal lainnya. 

Pencegahan

-Vaksinasi flu

Meskipun tidak bisa mencegah flu secara spesifik, namun akan melindungi Anda dari jenis virus flu lainnya. Selain itu, vaksinasi juga bisa mengurangi tingkat keparahan flu. 

-Cuci tangan Anda
Terutama sebelum makan, dan hindari kontak dengan orang yang Anda kenal terinfeksi. 

-Gunakan tisu bila Anda bersin .

Siapa yang berisiko? 
Sayangnya, semua orang bisa terkena flu dan Anda lebih cenderung menyebarkan flu dalam lima hari pertama. Namun, kelompok berisiko tinggi termasuk wanita hamil, lansia, anak kecil, dan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Anak-anak sangat rentan terhadap flu dan lebih mudah menyebarkan karena kebersihan yang tidak terjaga. 

Segera kunjungi dokter Anda :
-Jika Anda mulai mengalami kesulitan bernapas, nyeri dada tiba-tiba, atau mulai batuk darah.
-Jika gejala tidak membaik setelah tujuh hari
-Jika Anda berusia di atas 65, hamil, atau berada dalam kelompok berisiko tinggi.

 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

 


]]>
Thu, 18 Jan 2018 10:41:33 +0700Influenza
Sarkoma Ewing, Kanker Tulang yang Bisa Merenggut Anak-Anak https://meetdoctor.com/article/sarkoma-ewing-kanker-tulang-yang-bisa-merenggut-anak-anak https://meetdoctor.com/article/sarkoma-ewing-kanker-tulang-yang-bisa-merenggut-anak-anak Sarkoma Ewing, mungkin masih terdengar asing di telinga. Penyakit ini beberapa waktu lalu hangat diperbincangkan di linimasa ketika Lolyta Agustina menutup usia setelah setahun berjuang melawan penyakitnya itu. Seberapa menakutkan sih penyakit ini? 

Sarkoma Ewing adalah jenis kanker yang sangat langka yang tumbuh di tulang atau jaringan lunak di sekitar tulang, seperti tulang rawan atau saraf. Biasanya Ewing Sarkoma menyerang orang-orang dari usia 10 sampai 20 tahun. Istilah sarkoma Ewing diambil dari nama James R. Ewing, seorang ahli patologi dan onkologi yang menjabarkan kasus pertama sarkoma Ewing pada 1921. 

Kanker ini merupakan jenis kanker mematikan kedua dari jenis kanker tulang yang menyerang anak-anak, setelah kanker sarkoma Osteogenik. Pengidapnya kebanyakan adalah anak usia di bawah 20 tahun dan didominasi oleh laki-laki dan keturunan kaukasoid (kulit putih). 

Ada beberapa jenis sarkoma Ewing. Untuk mengetahui jenisnya, biasanya dilihat dimana tumor itu pertama kali terbentuk. Biasanya tumor pertama kali muncul di pelvis, diikuti oleh tulang paha (atau tulang paha). Sarkoma Ewing bisa menyebar ke tulang, sumsum tulang belakang, dan bahkan organ vital lainnya seperti paru-paru, jantung, dan ginjal. 

Jenis sarkoma Ewing adalah sebagai berikut: 
-Tumor tulang: 87% sarkoma Ewing terjadi di tulang, sering muncul di tulang paha, panggul, tulang rusuk, atau tulang belikat. Tapi tumor bisa muncul di tulang manapun.
-Tumor jaringan lunak (ekstra-osseus): Tumor jenis ini mempengaruhi jaringan lunak di sekitar tulang, seperti tulang rawan atau otot. Ini jarang ditemukan di jaringan lunak lengan, kaki, kepala, leher, dada, dan perut.
-Tumor neuroectodermal primitif perifer (pPNET): Tumor jenis ini ditemukan di saraf dan dapat dideteksi di banyak bagian tubuh.
-Tumor askin: Ini adalah jenis tumor pPNET yang ditemukan di dada.

Penyebab
Tidak jelas apa yang menyebabkan sarkoma Ewing, termasuk apakah penyakit ini turunan atau bukan. Sejauh ini, penelitian menunjukkan bahwa ini tidak terkait dengan paparan radiasi, bahan kimia, atau hal-hal luar lainnya di lingkungan. Kemungkinan ini terjadi karena DNA sel berubah setelah lahir. Mengapa hal itu bisa terjadi pun, masih belum diketahui hingga kini. Salah satu kemungkinannya adalah bahwa itu bisa menjadi kanker kedua pada orang-orang yang telah diobati dengan radiasi untuk jenis kanker lain. 

Gejala
Gejala umum yang terlihat pada penderita sarkoma Ewing di antaranya merasa sakit, bengkak, atau kaku di area tumor (lengan, kaki, dada, punggung, atau panggul) selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Gejala ini mirip dengan benjolan atau memar. 

Beberapa gejala lain yang perlu Anda waspadai, di antaranya: 
● Benjolan di dekat kulit yang terasa hangat dan lembut saat disentuh
● Demam rendah yang konstan
● Limping karena kaki Anda sakit
● Nyeri tulang yang memburuk saat Anda berolahraga atau pada malam hari
● Tulang patah tanpa penyebab yang jelas
● Penurunan berat badan
● Selalu lelah
● Kelumpuhan atau kehilangan kontrol kandung kemih jika tumor berada di dekat tulang belakang Anda

Bila Anda melihat gejala ini, segera kunjungi dokter agar bisa melakukan diagnosis. Seperti banyak jenis kanker, jika lebih awal terdeteksi dan diobati, peluang kesembuhannya semakin besar. 

Diagnosa dan Tes
Dokter akan melakukan sejumlah tes untuk melihat apakah Anda memiliki sarkoma Ewing, dan apakah tumor itu telah menyebar dan sampai sejauh mana. Pemeriksaan dimulai dari pemeriksaan fisik, lalu memeriksa area yang sakit untuk tanda-tanda seperti benjolan, kemerahan dan pembengkakan. 

Lalu untuk memastikan, dilakukan sinar X untuk mengambil gambar area tertentu di tubuh Anda dimana tumor dicurigai. Jika sinar X menunjukkan ada masalah, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan, yaitu scan tulang. 

Scan tulang dilakukan untuk mengetahui apakah sel kanker ada di tulang Anda. Sejumlah kecil pewarna radioaktif disuntikkan ke salah satu pembuluh darah. Pewarna akan berkumpul di tulang yang memiliki tumor. Saat berbaring di bawah pemindai tulang, dokter  dapat mendeteksi di mana zat warna radioaktif telah berkumpul.

Lalu ada juga pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan pemindaian tomografi terkomputerisasi (CAT/CT Scan), scan tomogrfi emoisi Positron (PET scan), tes darah dan biopsi untuk memasikan apakah seseorang memiliki sarkoma Ewing. 

Perawatan
Perawatan macam apa yang Anda dapatkan tergantung pada beberapa hal. Beberapa hal yang jadi pertimbangan adalah sebagai berikut: 

-Ukuran tumor Anda
-Dimana telah menyebar
-Kesehatan Anda secara keseluruhan
-Preferensi Anda, yang harus Anda bicarakan dengan dokter Anda
Terapi yang diberikan meliputi kemoterapi untuk membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhannya, pembedahan untuk mengeluarkan tumor dan menghentikan penyebarannya.

Dalam beberapa kasus, dokter kemungkinan akan mengamputasi lengan atau tungkai jika tumornya telah menyebar. Ada juga terapi dengan radiasi untuk membunuh sel kanker. 
Jika perawatannya berhasil, Anda masih perlu menindaklanjuti dengan dokter Anda selama bertahun-tahun. Sarkoma Ewing dapat kembali bahkan satu dekade setelah diagnosis.
Anak-anak dengan sarkoma Ewing yang belum menyebar, memiliki tingkat penyembuhan setinggi  80%. Ini jauh lebih rendah jika tumor menyebar. Karena itu penting untuk segera menemui dokter jika Anda melihat gejala pada anak Anda.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

 


]]>
Thu, 18 Jan 2018 13:54:21 +0700Kanker