MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors https://meetdoctor.com/logo.png MeetDoctor https://meetdoctor.com/ Connecting You and Doctors in business@meetdoctor.com Copyright 2018 Orgasme Pada Wanita, Ini Triknya https://meetdoctor.com/article/orgasme-pada-wanita-ini-triknya https://meetdoctor.com/article/orgasme-pada-wanita-ini-triknya Berbeda dengan pria yang mudah mencapai orgasme, orgasme pada wanita biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapainya. Namun, banyak perempuan yang mengukur keberhasilan hubungan intim dengan terjadinya klimaks. Sehingga, tak jarang, ketika klimaks belum tercapai, wanita akan melakukan fake orgasm. Padahal, faktanya hampir semua wanita memang tak mengalami orgasme seudah pria.

Pada dasarnya, tercapainya orgasme pada wanita bergantung pada kerja sama dengan pasangannya. Para pria perlu berperan untuk membantu wanita mencapai orgasme. Sentuhan dan pengertian pasangan, bahwa wanita membutuhkan waktu untuk membangun mood seks dan rileks saat berhubungan intim merupakan kunci untuk membantu wanita mencapai orgasme. 

Pasalnya, pada wanita, perasaan dicintai dan dihargai sangat penting, karena akan membuat wanita merasa nyaman dan rileks. Inilah yang nantinya akan mengantarkan wanita pada kenikmatan orgasme. Penelitian menunjukkan, bahwa wanita yang berusia 30 tahun ke atas sudah lebih memahami bagaimana cara mencapai orgasme, daripada para wanita berusia 20 tahunan. 

Kenali Titik Sensitif

Bagi Anda wanita yang berusia 20-an, agar mudah mencapai orgasme diperlukan beberapa teknik dan pembiasaan. Salah satunya adalah, dengan cara bermasturbasi sendiri. Masturbasi dapat dijadikan sarana pembelajaran untuk mengetahui, bagaimana Anda dapat mencapai orgasme. Cara-cara Anda mencapai klimaks ini, lalu dapat dibagi pada pasangan Anda, mengajarkannya beberapa trik untuk memuaskan Anda. Kuncinya adalah, rasa menghargai diri sendiri dan berkomunikasi dengan pasangan.

Setelah memasuki usia kepala tiga, meski wanita sudah lebih mengenali titik sensitif tubuhnya untuk mencapai klimaks, saat terjadi perubahan pada hormon, kondisi ini pun dapat memengaruhi kemampuan orgasme pada wanita. Sebagian wanita di usia 30-an justru merasakan paling mudah mencapai klimaks saat menjelang menstruasi. 

Kunci lain yang membantu berhasilnya orgasme adalah stimulasi pada klitoris, sebagai pusat kenikmatan wanita. Selain klitoris yang dapat dimainkan, terjadinya orgasme juga bergantung pada ditemukannya G-spot, yang umumnya tepat berada di bagian depan dinding vagina. Dua jenis orgasme yang umumnya bisa terjadi pada para wanita adalah, orgasme simultan yang terjadi susul-menyusul dan multiple orgasm yang terjadi lagi dan lagi.

Faktanya, wanita dapat mengalami orgasme bahkan hingga usia 60 tahunan. Namun tentu saja, saat mulai memasuki masa menopause akan ada perubahan dari segi hormonal, sehingga libido wanita tak lagi setinggi ketika berusia lebih muda. Vagina akan menjadi lebih kering dan dapat terasa sakit saat menerima gesekan. Tindakan yang paling tepat adalah, dengan menggunakan bantuan pelumas. Berapapun usia wanita, orgasme dapat terjadi dengan kerjasama dari pasangan.

Berikut 8 hal yang dapat dilakukan oleh para pria untuk membuat wanita orgasme:

1. Buat suasana romantis dengan belaian lembut

Selalu awali dengan belaian lembut sebagai bentuk kasih sayang. Selain itu, suasana romantis akan membuat wanita lebih rileks dan lebih mudah membangun mood untuk berhubungan intim. Sehingga, kemungkinan untuk mencapai orgasme akan lebih besar.

2. Lakukan secara perlahan

Lakukan perlahan, jangan terburu-buru. Nikmati setiap momen bersama pasangan saat berhubungan intim. Hal tersebut sangat penting karena dapat membuatnya lebih rileks lagi.

3. Sentuh payudara pasangan

Menyentuh payudara. Bagi sebagian wanita, sentuhan pada payudara dapat membantu mempercepat terjadinya orgasme.

4. Berikan seks oral

Para pria biasanya senang dengan seks oral. Lakukan hal yang sama pada wanita Anda. Tekstur lembut pada lidah dapat membantunya lebih terangsang.

5. Komunikasi

Ajak pasangan berkomunikasi, cara atau perlakuan apa yang ia inginkan, agar bisa mencapai orgasme.

6. Membiarkan dia dominan

Beri pasangan kesempatan untuk berinisiatif melakukan hubungan intim lebih dahulu. Memiliki posisi yang lebih dominan, dapat membuat wanita lebih terangsang dan mencapai orgasme.

7. Tetap lakukan sentuhan walaupun sudah ejakulasi

Jika pria akhirnya ejakulasi lebih dulu, jangan meninggalkan pasangan Anda begitu saja. Tetap lakukan stimuli, seperti ciuman dan sentuhan untuk membantunya mencapai orgasme.

8. Berikan dia pujian

Wanita selalu senang dengan pujian. Jangan segan memberikan pujian pada pasangan Anda. Ini akan membuatnya percaya diri dan nyaman dengan tubuhnya. Sehingga, ia akan merasa rileks. (PA)

 

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P

 


]]>
Fri, 03 Aug 2018 15:50:40 +0700Kesehatan Seksual
Inilah 7 Makanan yang Dapat Memperbanyak Sperma https://meetdoctor.com/article/inilah-cara-memperbanyak-sperma https://meetdoctor.com/article/inilah-cara-memperbanyak-sperma Cara memperbanyak sperma dapat dilakukan dengan mudah. Penelitian mengatakan bahwa 90 persen masalah infertilitas pria disebabkan oleh jumlah sperma yang dihasilkan sangat sedikit. Faktor yang mempengaruhi kesuburan pria selain jumlah sperma adalah kualitas dari sperma itu sendiri.

Hingga akhir hayatnya, pria rata-rata memproduksi sebanyak 525 miliar sperma atau sejuta sperma dalam sebulan. Hal ini berbeda dengan wanita yang memproduksi sebanyak 2 juta sel telur seumur hidupnya, di mana hanya terdapat 450 sel telur yang matang. 

Konsentrasi sperma pada pria normal berkisar antara 40 juta – 300 juta per mililiter. Bila konsentrasi sperma berada di bawah 10 juta, maka pria dikategorikan tidak subur. Kriteria lain yang menentukan kesuburan adalah pria mengeluarkan minimal 2,5 mL sperma atau 40 juta – 1,2 miliar sperma saat ejakulasi. 

Memang hanya dibutuhkan 1 sperma untuk membuahi sel telur supaya wanita bisa hamil. Akan tetapi, selain morfologi, semua kriteria sperma tadi dibutuhkan supaya kehamilan bisa terjadi.

Berikut adalah 7 Makanan yang bisa memperbanyak sperma:

1. Kerang atau tiram

Sebuah studi yang dilakukan di Barry University, Miami, menemukan bahwa kerang mengandung asam amino yang ampuh untuk membantu produksi testosteron pada laki-laki dan progesteron pada wanita. Jadi, memakan olahan kerang atau tiram adalah cara memperbanyak sperma yang bisa dicoba oleh para pria. 

2. Cokelat

Dark chocolate adalah cokelat yang mengandung 100 persen cocoa atau lebih banyak mengandung cocoa dibandingkan bahan lain seperti susu, misalnya. Dark chocolate mengandung mengandung L-Arginine HCL dan asam amino yang sangat kuat dan telah terbukti secara klinis dapat memperbanyak sperma. Selain itu, L-Arginine HCl dapat memberikan orgasme yang lebih kuat dan intens saat berhubungan badan. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi dark chocolate jika tidak ingin berat badan bertambah. Pasalnya, kelebihan berat badan dapat membuat ketidakseimbangan hormon testosteron dan estrogen. 

3. Pisang

Selain apel, memakan pisang setiap hari juga disarankan para ahli kesehatan. Buah pisang dipercaya dapat meningkatkan libido para pria dan meningkatkan gairah seksual, karena kandungan enzim bromelain di dalamnya. Selain itu, pisang juga merupakan sumber vitamin B yang sangat baik yang membantu meningkatkan stamina tubuh. 

4. Asparagus

Salah satu cara memperbanyak sperma adalah mengurangi jumlah radikal bebas di dalam tubuh Anda. Di sinilah asparagus berperan penting. Pasalnya, asparagus memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta kaya akan vitamin C yang tinggi. Alhasil, memakan asparagus dapat melindungi sperma dari kerusakan oksidatif dan bisa memperbanyak sperma. Akan tetapi, bersiap-siaplah menerima "efek samping asparagus" yaitu air seni yang berbau kurang sedap.

5. Buah kenari

Anda disarankan untuk mengonsumsi buah kenari. Pasalnya, buah kenari diperkaya asam lemak omega-3 yang dapat memperbanyak jumlah sperma. Buah kenari juga membuat Anda lebih perkasa  sebab bisa meningkatkan aliran darah ke alat kelamin. Selain itu, penelitian di Amerika Serikat mengatakan buah kenari dapat menurunkan kolesterol  dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner

6. Ginseng

Kebanyakan para pria di Asia sudah biasa mengonsumsi ginseng agar bisa tahan lama berhubungan badan. Studi yang dilakukan oleh Southern Illinois University School of Medicine mengatakan bahwa ginseng dapat meningkatkan libido dan kemampuan seksual. Penelitian lain yang dirilis Journal of Urology mengatakan 60 persen dari 45 pria penderita disfungsi ereksi yang diberikan ginseng selama 16 minggu mengalami perbaikan perihal kemampuan ereksinya

7. Bawang putih

Bawang putih biasanya digunakan sebagai penyedap makanan. Akan tetapi, bawang putih juga dapat digunakan sebagai cara memperbanyak sperma laki-laki. Pada dasarnya, bawang putih memiliki kandungan allicin yang tinggi sehingga dapat menghasilkan jutaan sperma. Kualitas sperma pun membaik karena dapat berenang dengan cepat dan tepat sasaran. Bawang putih juga dapat meningkatkan aliran darah ke penis. Tapi, perhatikan waktu konsumsinya, karena bawang putih bisa menimbulkan bau mulut dan bau badan. (DV)

 

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita


]]>
Tue, 14 Aug 2018 11:37:50 +0700Kemandulan Pria
Tips Mengencangkan Payudara Kendur https://meetdoctor.com/article/cara-mengencangkan-pa https://meetdoctor.com/article/cara-mengencangkan-pa Bagaimana sih cara mengencangkan payudara yang benar? Wanita pasti menginginkan payudaranya memiliki bentuk yang bagus dan sempurna. Sayangnya, tidak semua wanita mempunyai bentuk payudara yang sempurna. Payudara kendur adalah proses alami yang terjadi di mana payudara kehilangan elastisitas dan kekenyalan. 

Kebanyakan wanita mengalami payudara kendur pada usia 40-an atau terjadi lebih awal. Perlu Anda ketahui, bahwa payudara tidak memiliki otot sebab payudara terbuat dari lemak, jaringan ikat, dan kelenjar penghasil susu. Ditambah faktor gravitasi maka payudara memang akan kendur seiring pertambahan usia.

Terlepas dari usia, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan payudara kendur. Di antaranya menyusui, kehamilan, menopause, penurunan berat badan yang drastis, olahraga berat, kekurangan gizi, dan memakai bra yang salah. Beberapa penyakit seperti kanker payudara dan penyakit pernafasan seperti tuberkolosis juga bisa menjadi salah satu penyebab payudara kendur. 

Oleh karena itu, Anda perlu merawat dan mengatasi bentuk payudara supaya tetap kencang. Nah, berbagai cara bisa dilakukan untuk mendapatkan payudara yang kencang.

Berikut ini beberapa cara mengencangkan payudara kendur secara alami yang bisa dicoba: 

1. Latihan

Cara mengencangkan payudara kendur bisa dilakukan dengan latihan yang fokus pada jaringan payudara dan otot di sekitar dada. Misalnya, push up dan chest press and pulls. Latihan chest press and pulls dilakukan dengan menarik kedua tangan ke belakang lalu gerakkan ke depan hingga menghimpit payudara.  Namun, jangan lupa menggunakan bra khusus berolahraga saat melakukan latihan ini. 

2. Minyak zaitun

Memijat payudara dengan menggunakan minyak zaitun adalah teknik yang baik sebagai cara mengencangkan payudara. Minyak zaitun kaya antioksidan dan asam lemak sehingga dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan radikal bebas dan mencegah payudara kendur. Caranya adalah menggosokkan minyak zaitun pada payudara hingga terasa hangat. Lakukan pijatan ke atas secara lembut selama 15 menit dan sebanyak 4 – 5 kali dalam seminggu. 

3. Putih telur 

Putih telur mengandung hidro-lipid yang dapat membantu mengangkat kulit kendur di sekitar payudara. Anda cukup mengocok 1 putih telur hingga berbusa dan oleskan pada payudara dan biarkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air dingin dan gunakan seminggu sekali. 

5. Lidah buaya

Lidah buaya dapat mengencangkan kulit sehingga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara agar payudara kencang. Lidah buaya juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat paparan radikal bebas sehingga mampu membantu memepertahankan kekencangan payduara. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya dengan memijat payudara dengan lembut dan melingkar selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan ulangi 4 – 5 kali dalam seminggu. 

Selain melakukan cara agar payudara kencang tadi, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan supaya payudara tidak kendur:

- Hindari diet secara ekstrem, pasalnya penurunan berat badan secara ekstrem dapat menyebabkan payudara kendur.

- Lakukan olahraga lari dan olahraga lain dengan menggunakan bra khusus olahraga atau sport bra.

- Konsumsi air putih secara cukup setiap harinya untuk menghindari kulit kering.

- Jangan membiarkan payudara terekspos di bawah matahari secara langsung tanpa tabir surya. Pasalnya, sinar matahari dapat menghilangkan elastisitas pada kulit.

- Berhenti merokok untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

- Gunakan bra yang pas dan tepat supaya payudara tertopang dengan baik. 

- Konsumsi makanan yang sehat dengan nutrisi dan gizi yang penting seperti protein, vitamin kalsium, mineral, karbohidrat dan lemak esensial yang diperlukan oleh payudara. (DV)

 

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita


]]>
Tue, 07 Aug 2018 17:22:28 +0700Kesehatan Wanita
8 Penyebab Siklus Menstruasi Tak Teratur https://meetdoctor.com/article/8-penyebab-siklus-menstruasi-tak-teratur https://meetdoctor.com/article/8-penyebab-siklus-menstruasi-tak-teratur Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan tubuh wanita yang terjadi sebagai bentuk persiapan tubuh terhadap kehamilan. Sekitar sebulan sekali, tumbuh lapisan baru (endometrium) pada rahim untuk dibuahi sel telur. 

Ketika tidak ada sel telur yang dibuahi, lapisan rahim tersebut akan luruh. Inilah yang disebut dengan menstruasi. Umumnya, siklus menstruasi terjadi dalam rentang waktu 28 hari, tapi ada juga orang yang mengalami rentang siklus menstruasi selama 21 hari.

Dalam setahun, biasanya menstruasi terjadi sekitar 11 – 13 kali. Bila Anda malah mengalami periode menstruasi lebih atau kurang daripada jumlah tersebut, berarti siklus menstruasi Anda tidak teratur. Siklus menstruasi yang tidak teratur juga menyebabkan menstruasi terlambat datang atau sama sekali tidak terjadi.

Berikut beberapa penyebab siklus menstruasi tidak teratur

1. Stres

Saat stres, tubuh akan menurunkan jumlah hormon gonadotropin-releasing hormone agonist (GnRH) yang bisa menyebabkan terlambat haid. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan solusi mengatasi stres agar menstruasi kembali teratur.

2. Sakit

Penyakit adalah penyebab terlambat haid. Anda tidak perlu khawatir karena hal ini biasanya bersifat sementara saja dan siklus menstruasi akan kembali normal saat Anda sembuh. Namun, jika menstruasi tetap tidak teratur padahal Anda sehat, segera hubungi dokter.

3. Perubahan jadwal

Perubahan jadwal kerja bisa menjadi penyebab terlambat haid. Misalnya, Anda biasanya bekerja pada pagi hari lalu berubah menjadi malam hari. Nah, perubahan jam kerja ini bisa membuat terlambat haid. 

4. Obat

Metode pengobatan atau obat tertentu juga bisa membuat terlambat haid. Biasanya, ini adalah efek samping dari pengobatan yang sedang Anda jalani tersebut. Nah, Anda bisa berbicara dengan dokter terkait perubahan dan efek samping tersebut. 

5. Kegemukan

Terlalu gemuk atau mengarah pada obesitas bisa menjadi salah satu faktor penyebab terlambat haid. Pasalnya, saat berat badan berlebihan, hormon secara otomatis akan menggeser siklus menstruasi Anda atau bahkan menghentikannya. 

6. Terlalu kurus

Kekurangan berat badan alias terlalu kurus juga bisa membuat siklus menstruasi tidak teratur hingga terlambat haid. Inilah yang dinamakan amenorrhea

7. Menopause

Menopause adalah masa di mana Anda tidak akan berovulasi sehingga tidak akan mengalami menstruasi lagi. Menopause pun bisa terjadi lebih cepat karena proses seperti kemoterapi

8. Kehamilan

Kehamilan adalah penyebab terlambat haid yang paling banyak dialami para wanita. Anda bisa memastikannya dengan melakukan tes kehamilan yang menggunakan urine. (DV)

 

Ditinjau oleh dr. T. Ari Wibowo


]]>
Fri, 03 Aug 2018 16:46:56 +0700Menstruasi
9 Sebab Gatal pada Payudara dan Puting https://meetdoctor.com/article/9-sebab-gatal-pada-payudara-dan-puting https://meetdoctor.com/article/9-sebab-gatal-pada-payudara-dan-puting Gatal pada payudara dan puting merupakan keluhan yang umum. Meski demikian, jika Anda sering merogoh blus untuk menggaruk payudara dan puting Anda, tentunya tidak nyaman dan mengganggu aktivitas Anda. 

Berikut ini penyebab gatal pada payudara dan puting, tanda-tanda yang harus diwaspadai, dan cara mengatasinya: 

1. Eksim, psoriasis atau kulit kering

Eksim adalah kelainan kulit dengan ciri peradangan atau bengkak, kemerahan, dan rasa gatal. Bagian kulit yang terkena eksim akan terasa gatal, kering, dan terjadi penebalan. Psoriasis menyebabkan timbulnya plak merah dan putih di kulit kepala, siku dan lutut. Namun, kondisi kulit yang membengkak juga bisa menyebabkan rasa gatal pada puting dan seluruh  payudara, kata Shari Lipner, MD, dokter kulit di New York-Presbyterian Hospital. 

Jika gatal disebabkan oleh salah satu kondisi kulit di atas, atau kulit Anda secara alami memang cenderung kering, Anda bisa mengatasinya dengan mandi menggunakan air dingin atau suam-suam kuku, karena air hangat bisa membuat kulit lebih kering. 

“Gunakan sabun yang sangat lembut dan tepuk-tepuk bagian tubuh yang basah dengan handuk,” saran Dr. Lipner. Lalu, lanjutkan dengan mengoleskan pelembap. Pilih krim atau salep karena bekerja lebih baik daripada losion. 

2. Reaksi terhadap deterjen atau sabun 

Bahan kimia yang ditambahkan ke dalam produk pembersih yang secara langsung menyentuh kulit Anda, bisa memicu iritasi. “Banyak orang akan mengalami ruam atau merah, keriput, kulit gatal jika terkena sabun atau deterjen dalam jumlah yang cukup banyak,” jelas Dr. Lipner. 

Jika produk pembersih adalah penyebab gatal, kemungkinan Anda akan merasa gatal pula pada bagian tubuh yang lain. Untuk mengetahui dengan pasti, beralihlah ke produk-produk yang bebas bahan-bahan kimia dan perhatikan apakah gatalnya hilang? Jika ya, pilihlah deterjen hypoallergenic dan sabun tanpa pewangi sehingga gatal tidak kembali. 

3. Puting menempel pada bra

Bukan hanya puting yang akan terasa gatal, bra olahraga Anda juga bisa membuat kulit payudara Anda gatal. Kata Lipner, pada kasus ini, kulit akan mengalami ruam yang terlihat lebih linier, bukan merah, bercak bersisik. 

Cobalah bra olahraga yang bisa mendukung payudara Anda dengan baik namun tidak terlalu ketat agar puting bisa bernapas. Atau coba oleskan krim atau pelembap ke area yang gatal sebelum berolahraga. 

4. Melewatkan mandi setelah berolahraga

Keringat mengandung banyak garam, yang akan membuat kulit Anda kering jika dibiarkan. Biasanya, setelah kulit menjadi kering, muncullah serangan gatal. Keringat yang tertinggal di kulit payudara bawah Anda juga dapat meningkatkan rasa gatal karena terdapat ragi atau jamur, kata Marie Jhin, MD, dermatologis yang berbasis di San Fransisco. 

Untuk menjaga agar kelembapan tidak mengumpul di bawah kulit, kenakan pakaian yang menyerap keringat dan bilas dengan sabun setelah sesi berolahraga yang berkeringat. 

5. Kehamilan

Ketika perempuan hamil, terjadi perubahan hormon dan penambahan berat badan yang mengakibatkan payudara dan puting membesar sehingga menimbulkan rasa gatal. 
 
Untuk menghentikan dorongan untuk menggaruk, cobalah oleskan losion hypoallergenic ke payudara setelah mandi. Kabar baiknya, rasa gatal pada payudara dan puting hanya bersifat sementara saja, dan akan hilang setelah melahirkan dan menyusui. 

6. Menyusui

Menyusui juga bisa memicu rasa gatal, terutama di sekitar puting. ASI yang tertinggal di payudara dan puting dapat menyebabkan iritasi. Ketika bayi mengisap atau menggigit payudara secara terus menerus, akan menimbulkan rasa gatal pada puting. 

Pastikan Anda memeriksakan diri ke dokter jika gatal disertai gejala lain, seperti nyeri, bengkak, atau pecahnya puting. Ini semua adalah tanda mastitis, masalah umum bagi ibu menyusui. Gejalanya juga bisa menandakan radang jamur dan ragi, kata Sejal Shah, MD, dermatologis berbasis di New York City. 

7. Menstruasi

Anda mungkin pernah memerhatikan bahwa payudara Anda terasa lebih lembut selama seminggu sebelum menstruasi dan/atau selama periode menstruasi itu sendiri. Seperti banyak masalah menstruasi lainnya, hal ini terjadi karena perubahan hormon. 

Menurut Dr. Greves, saat hormon berfluktuasi, payudara cenderung menjadi lebih sensitif. Itu berarti mereka mungkin lebih rentan terhadap iritasi dan gatal. Alasan lainnya adalah berkaitan dengan fakta bahwa payudara sedikit membesar pada saat PMS. Saat kulit payudara dan puting meregang, Anda merasakan dorongan untuk menggaruk. 

8. Penyakit Paget

Kanker payudara muncul berupa benjolan. Tapi banyak jenis kanker payudara yang beberapa di antaranya memengaruhi kulit dan tidak berupa benjolan atau daging tumbuh. Penyakit paget pada payudara adalah salah satunya. Ini adalah bentuk penyakit langka yang mempengaruhi lapisan atas kulit pada puting dan areola di sekitarnya. Tanda utamanya adalah gatal, kemerahan, dan atau kekakuan. Hal ini dapat terlihat mirip dengan eksim. Dan dalam kasus yang jarang dapat menyebabkan perdarahan dari puting. 

“Ini bukan penyebab umum payudara gatal, “ kata Dr. Lipner. “Dan penting untuk diketahui bahwa gejala ini biasanya terjadi secara asimetris, hanya pada satu payudara, dan khususnya di daerah puting susu.” Jika Anda memiliki gejala ini, dan rasa gatal tidak berkurang meski sudah diberi obat untuk eksim, konsultasikan pada dokter. 

9. Gejala kanker payudara 

Kanker payudara inflamasi adalah bentuk agresif dari penyakit yang terjadi saat sel kanker memasuki kulit dan pembuluh getah bening pada payudara. Tidak seperti kanker payudara yang biasanya terdeteksi oleh benjolan, kanker payudara inflamasi biasanya menghasilkan rasa gatal, ruam, atau gumpalan seperti gigitan pada payudara. 

Tanda atau ruam pada kulit payudara atau puting susu yang asimetris, tidak membaik seiring berjalannya waktu, atau terjadi perdarahan, harus diperiksa oleh dokter untuk memastikan itu bukan sesuatu yang berbau kanker, kata Dr. Lipner. Kabar baiknya adalah bahwa kanker payudara inflamasi jarang terjadi, terhitung 1-5% dari semua kasus kanker payudara. 

 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya 


]]>
Fri, 03 Aug 2018 17:00:10 +0700Kesehatan Wanita
Kista, Apakah Itu? https://meetdoctor.com/article/kista-apakah-itu https://meetdoctor.com/article/kista-apakah-itu Bakat munculnya kista sebenarnya sudah ada di dalam tubuh semua wanita. Tetapi yang membedakan adalah, bagaimana pola hidup yang Anda jalani. Pola hidup sangat berpengaruh pada kondisi kista. Pola hidup buruk dapat membuat kista berkembang lebih besar, sedangkan pola hidup sehat mampu membuat kista hilang dengan sendirinya.
 
Jika kista semakin membesar di dalam tubuh, biasanya harus dilakukan operasi untuk pengangkatan kista tersebut. Kista adalah tumor jinak yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik, berisi cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya. Penyakit kista adalah penyakit yang sering menyerang alat reproduksi wanita.

Jika kista tumbuh tidak sehat di dalam tubuh, biasanya, akan terasa nyeri di area perut yang kemudian menjalar ke bagian perut bagian bawah. Hal tersebut disebabkan, karena adanya peregangan pada jaringan akibat pembesaran kista. Jika kista terus membesar dapat berisiko terjadinya kemandulan.

Penyebab terjadinya kista dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti:

1. Tumor

2. Genetik

3. Infeksi

4. Adanya kesalahan dari dalam organ embrio yang berkembang

5. Terjadinya penyumbatan dalam tubuh

Penyakit kista juga baru dapat ditemukan setelah Anda melakukan USG, CT-Scan, MRI dan X-ray. Jenis penyakit kista pun beragam, namun yang paling banyak dialami dan ditakuti para wanita adalah kista ovarium dan kista payudara.

Kista ovarium terjadi akibat akumulasi cairan hormonal ovarium dan umumya terjadi pada saat masa-masa subur. Ovarium itu sendiri berperan dalam pembuatan sel telur, termasuk hormon estrogen yang menjadi pemicu terjadinya menstruasi.

Gejala yang Anda alami saat mengalami penyakit kista ovarium, diantaranya adalah:

1. Nyeri pada sekitar perut

2. Susah atau terlalu sering buang air kecil

3. Nyeri pada punggung bagian bawah

4. Nyeri saat melakukan hubungan seksual

5. Adanya rasa nyeri pada saat Anda mengalami menstruasi

6. Berat badan bertambah

7. Mual dan muntah

8.Tidak nafsu makan

Perlu diketahui, bahwa kista ovarium dapat hilang dengan sendirinya, tapi harus tetap diwaspadai. Untuk mengetahui adanya perubahan pada kista, Anda diharuskan melakukan pemeriksaan kembali setelah satu hingga tiga bulan berikutnya. Selain itu, jika kista mulai menimbulkan rasa nyeri, sebaiknya Anda melakukan tindakan lebih lanjut, misalnya pembedahan.

Selain kista ovarium, jenis kista lainnya yang juga banyak dialami wanita adalah kista payudara. Kista payudara terjadi pada saat adanya rongga berkantung yang terisi cairan di jaringan payudara. Kista jenis ini biasanya terjadi pada wanita yang berusia 35 tahun ke atas dan belum mengalami menopause.

Walaupun kista payudara dapat hilang dengan sendirinya, biasanya dokter akan mengeluarkan cairan kista dengan menggunakan suntikan dan jarum. Cairan tersebut berwarna cerah dan gelap. Setelah dilakukan penyedotan cairan, maka pada bekas kista akan terasa memar dan lebih lunak. Kebanyakan penyakit tersebut tidak berbahaya dan ada banyak cara pengobatan. Tapi, jenis pengobatannya pun berbeda, tergantung pada jenis, ukuran, usia dan gejalanya.

Oleh karena itu, sebelum kista semakin membesar sebaiknya Anda melakukan beberapa pencegahan dengan menjalankan pola hidup sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat, tidak merokok dan rutin melakukan olahraga. Semoga membantu! (PR)

 

Ditinjau oleh: dr. Tri Ari Wibowo


]]>
Thu, 16 Aug 2018 14:26:56 +0700Kesehatan Wanita
Obat Maag yang Alami https://meetdoctor.com/article/obat-maag-yang-alami https://meetdoctor.com/article/obat-maag-yang-alami Obat maag yang alami dapat berguna untuk mengatasi perut yang perih dan sakit tanpa menggunakan bahan kimia. Maag adalah penyakit yang terjadi saat lambung mengalami perubahan fungsi maupun peradangan. Istilah medis untuk menyebut maag adalah gastritis atau radang lambung yang umumnya disebabkan infeksi bakteri, virus, jamur, dan protozoa. Penyebab penyakit maag lainnya adalah faktor non-infeksi seperti zat asing yang masuk dalam tubuh melalui makanan atau minuman.

Maag bisa menyebabkan sakit perut. Oleh karena itu, penderita maag membutuhkan berbagai penyesuaian gaya hidup untuk mencegah sakit perut terulang kembali.

Nah, berikut ini adalah obat maag yang alami, terutama untuk mencegah sakit perut yang mendera:

1. Mengatur pola makan 

Mengatur pola makan adalah obat maag yang alami. Caranya, makan lebih teratur dan lebih sering dengan porsi yang dibatasi. Hal ini dapat membantu mencegah peningkatan asam dalam perut yang biasanya menyebabkan sakit perut.

Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda harus menghindari melewati jam makan dan jangan makan berlebihan. Hindari juga makanan berlemak, makanan pedas, minuman bersoda, kafein, dan alkohol. Selain itu, kunyah makanan secara pelan agar bisa dicerna lebih baik. 

2. Mengurangi stres 

Cara lain yang bisa digunakan sebagai obat maag yang alami adalah mengurangi stres. Oleh karena itu, memahami penyebab stres sangat penting supaya Anda bisa mengontrolnya. Jadi, bila Anda ingin sembuh dari maag, perbanyaklah waktu di mana Anda bisa rileks. Misalnya, melakukan hobi atau kegiatan yang menyenangkan. 

3. Berolahraga

Tidak banyak yang tahu bahwa sakit perut karena maag bisa diobati dengan memperbanyak aktivitas fisik seperti olahraga.

Mulailah dengan olahraga ringan lalu perlahan-lahan tingkatkan intensitasnya menjadi satu jam sehari dalam seminggu. Tunggu beberapa waktu setelah Anda setelah makan bila ingin berolahraga. 

Selain dari perubahan gaya hidup, obat alami untuk maag adalah obat-obatan herbal dan pengobatan alternatif seperti berikut ini: 

- Konsumsi suplemen herbal yang mengandung peppermint atau minyak jintan.

- Hipnosis dengan bantuan terapis di mana penderita maag diminta berkonsentrasi untuk meredakan gejala sakit perut.

- Teknik relaksasi untuk membuat tubuh lebih santai saat timbul gejala sakit perut. Misalnya, melakukan meditasi atau yoga.

Bila Anda memilih pengobatan alternatif untuk mengobati sakit perut akibat maag, Anda sebaiknya mengonsultasikan hal ini kepada dokter Anda terlebih dahulu. (PA)

Ditinjau oleh dr. Fransisca Alvionita


]]>
Mon, 06 Aug 2018 14:15:51 +0700Gastritis (Maag)
Obat Sakit Tenggorokan https://meetdoctor.com/article/obat-sakit-tenggorokan https://meetdoctor.com/article/obat-sakit-tenggorokan Sebelum membahas obat sakit tenggorokan, sebaiknya mengetahui tentang sakit tenggorokan itu sendiri. Sakit tenggorokan, seringkali muncul sebagai pertanda awal terserang flu. Tenggorokan akan terasa gatal dan sakit saat menelan. Selain itu, suara juga akan menjadi serak. Sakit tenggorokan seperti ini, biasanya disebabkan oleh virus. Namun, tak selamanya sakit tenggorokan terjadi karena flu atau virus, sakit tenggorokan bisa juga disebabkan oleh bakteri.

Pada tiga hari pertama, Anda bisa melakukan pengobatan berikut, untuk meringankan gejala:

1. Meminum obat anti radang

Obat ini juga dapat dengan mudah diperoleh di apotek dan berlabelkan NSAID atau non-steroidal anti-inflammatory drug. Jenis obat-obatan ini, dapat meredakan bengkak yang menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan membantu meredakan demam.

2. Kumur dengan air garam

Larutan air garam hangat yang digunakan untuk berkumur beberapa kali dalam sehari, dapat mengencerkan dahak dan meredakan bengkak di tenggorokan, sekaligus membilas bakteri. Larutkan setengah sendok teh garam di dalam secangkir air. Tambahkan madu jika rasa asinnya terasa mengganggu. Berkumur dan jangan telan airnya.

3. Permen pereda sakit tenggorokan atau semprotan

Menghisap permen pereda sakit tenggorokan, dapat menambah produksi air liur yang akan melembabkan tenggorokan. Pilih permen yang memiliki kandungan sejuk seperti mentol atau eukaliptus. Selain permen, penyemprot rongga mulut dengan bahan pendingin alami, juga dapat meredakan sakit tenggorokan selama beberapa saat, karena sifatnya yang merupakan antiseptik lokal. 

4. Sirup obat batuk

Meski tenggorokan baru terasa sakit dan batuk belum mulai muncul, mengonsumsi obat batuk dini dapat membantu meredakan rasa sakit. Sirup obat batuk, sanggup melapisi tenggorokan dan menghilangkan sakit tenggorokan selama beberapa saat. Pilihlah jenis obat batuk yang tidak menyebabkan kantuk, jika masih harus beraktivitas. 

5. Minum banyak cairan

Konsumsi banyak cairan sangatlah penting. Minumlah air secukupnya, hingga air seni berwarna jernih atau kuning muda. Dengan banyak minum air, jus buah cair dan makan makanan yang cair seperti sup ayam berkuah jernih, membran lendir akan tetap lembab dan lebih mampu mengatasi bakteri dan pemicu alergi, untuk melawan balik penyebab gejala flu.

6. Minum teh

Secangkir teh herbal hangat dapat meredakan sakit pada tenggorokan. Jenis teh lain seperti teh hitam, teh hijau maupun teh putih juga mengandung antioksidan yang sanggup memperkuat sistem imun tubuh dan melawan infeksi. Tambahkan madu pada teh Anda, untuk membantu kandungan pengobatan bekerja secara lebih efektif.

7. Konsumsi sup ayam

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sup ayam dapat juga melegakan sakit tenggorokan, berkat kandungan garam dalam kaldu ayam. Sup juga merupakan pilihan makanan yang tepat, di saat tenggorokan terasa sakit untuk menelan makanan padat. Mengonsumsi sup akan menggantikan nutrisi yang tubuh butuhkan dalam bentuk cair.

8. Banyak beristirahat

Ingin cepat sembuh dari sakit tenggorokan? Diperlukan istirahat penuh, agar virus flu dapat dilawan dan tubuh pun membaik.

9. Konsumsi antibiotik

Pada sakit tenggorokan yang memang umumnya diakibatkan oleh bakteri Streptococcus pyogenes, diperlukan konsumsi antibiotik untuk pengobatan yang ampuh. Sehingga, perlu dilakukan pemeriksaan dokter lebih dulu. Setelah kondisi membaik, tetaplah meminum antibiotik yang diresepkan dokter hingga tuntas untuk kesehatan Anda. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Tri Ari Wibowo


]]>
Fri, 03 Aug 2018 16:09:26 +0700Strep Throat
10 Tanda Depresi Yang Perlu Pertolongan Dokter https://meetdoctor.com/article/10-tanda-depresi-yang-perlu-pertolongan-dokter https://meetdoctor.com/article/10-tanda-depresi-yang-perlu-pertolongan-dokter Sesekalli merasa sedih bahkan terpuruk, jamak dirasakan oleh hampir semua manusia di dunia. Namun ketika ketika Anda mulai ditarik oleh perasaan sedih yang tak berkesudahan atau rasa putus asa yang juga membuat Anda sulit melakukan rutinitas sehari-hari, ini waktunya Anda perlu memberi perhatian lebih karena ini bisa menjadi pertanda resmi Anda tengah mengalami depresi klinis dan diperkirakan 7% orang dewasa akan mengalami ini, menurut National Institute of Mental Health. 

Meski banyak tanda yang diperlihatkan, sulit bagi orang yang mengalami depresi menyadari bahwa dirinya sedang depresi. "Nyaris sebagian tanda dari depresi dialami oleh setiap orang dalam satu waktu atau lainnya, jelas Jennifer Payne, MD, direktur dari Women's Mood Disorders Center at Johns Hopkins University, Baltimore. Jika Anda merasakan empat atau lebih tanda-tanda di bawah ini setiap hari selama 2 minggu, dan tanda-tanda itu memengaruhi keseharian Anda (misalnya Anda menjadi tidak bisa bekerja, tidak mampu menjadi orang tua yang bertanggung jawab, atau bahkan bertemu kawan), ini waktunya Anda menemui dokter. 

Berikut beberapa tanda bahaya dari depresi Anda:

1. Anda makan berlebih atau kurang dari biasanya

Depresi membuat Anda murung dan berpengaruh terhadap selera makan. “Jika otak Anda dipenuhi oleh pemikiran negatif, Anda akan lupa makan atau kehilangan minat untuk memasak dan mempersiapkan hidangan, papar Yvonne Thomas, PhD, seorang psikolog berbasis di Los Angeles yang spesialisasinya adalah dalam bidang depresi dan harga diri. Di sisi lain, penyakit ini menimbulkan hal yang berlawanan, membuat Anda sangat lapar dan menyebabkan Anda makan berlebihan. "Emosi yang campur aduk menyebabkan munculnya gejala-gejala lain yang umumnya menyertai depresi seperti kesedihan, pesimis terhadaP masa depan, rendahnya kepercayaan diri, dapat mendorong Anda mencoba menenangkan pikiran dengan makanan," ungkap Thomas.

2. Anda tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit

Beberapa orang yang mengalami depresi mendapati diri mereka mendengkur. Energi yang tidak selaras dan terkuras membuat Anda merasa lelah sepanjang waktu. Terlalu banyak tidur juga mengindikasikan hal yang sama. Orang yang depresi melarikan diri dari kesedihan mereka dengan tidur, ini menjadi cara Anda mencari perlindungan, tambahnya lagi. Sedangkan beberapa penderita depresi yang lain akan mengalami jam tidur yang kurang, sulit tidur, hingga insomnia. Mereka terobsesi memikirkan jam tidur yang harus 8 delapan jam per malam. Halnya adalah perubahan pola tidur bukan hanya bisa menjadi peringatan akan munculnya depresi tetapi juga membuat depresi Anda menjadi lebih buruk. Ketika Anda tidak mendapatkan cukup waktu untuk tidur, jam bagian dalam tubuh Anda menjadi tidak selaras, membuat Anda menjadi kelelahan dan tidak mampu fokus dan semakin tidak mampu mengatasi.

3. Hal-hal kecil mengganggu Anda

Ini adalah pertanda yang nyaris tak kentara yang dapat dikenali oleh beberapa orang depresi dapat terlihat dari kemarahan yang mudah memuncak, jelas Jennifer Wolkin PhD, clinical assistant professor di jurusan Ilmu Penyakit Jiwa dan Ilmu Pemakaian Obat Bius di New York University's Joan H. Tisch Center for Women's Health. Anda mungkin akan merasa cepat dan mudah marah untuk hal-hal kecil yang dalam kondisi normal tidak pernah mengusik Anda. Hal ini bisa saja terpicu oleh begitu banyaknya beban pikiran yang menguras emosi Anda. "Ketika seseorang mengalami sakit secara mental, mereka akan mudah terpicu untuk marah atau tersinggung.

4. Anda gagal fokus dan konsenstrasi

Lupa jadwal deadline? Lupa mengambil anak-anak yang sedang berlibur di rumah Kakek dan Neneknya? Merasa pikiran Anda tidak fokus dan seolah berkabut sehingga sulit mengambil keputusan? Itu tanda otak Anda mengalami depresi. Saat pikiran Anda dipenuhi dengan pikiran negatif, perasaan sedih, dan hampa dapat membuat Anda bagai terjerambab ke dalam lubang, memengaruhi pekerjaan, ingatan dan kemampuan Anda dalam mengambil keputusan, ujar Wolkin. Hasilnya, pikiran yang tidak fokus dapat menuntun Anda mengambil pilihan yang keliru atau kebiasaan yang berisiko dan tidak sehat.

5. Tidak bisa menikmati hal-hal yang biasanya membuat Anda bahagia. 

Biasanya Anda selalu menikmati momen-momen bersama sahabat di café favorit, namun beberapa minggu terakhir, Anda mengucilkan diri. Tidak lagi menikmati hal-hal yang biasanya membuat Anda bahagia karena kegiatan atau aktivitas itu tidak lagi memberi kesenangan itu berarti Anda sedang depresi. "Seseorang yang sekadar bete biasanya akan kembali melakukan hal-hal yang menyenangkan hatinya. Namun mereka yang sedang depresi akan menjadi apatis  terhadap hal-hal yang dulu dapat membuatnya senang dan mengisolir diri, papar Wolkin.

6. Anda merasa tidak berharga

Jika Anda terus menerus merasa murung atau tidak berarti, sesuatu telah terjadi. Pikiran buruk yang terus menerus diulang di benak Anda seperti, Saya tidak berharga atau Saya selalu gagal adalah pikiran yang berbahaya karena dapat menjadi bahan bakar atau pemicu kebiasaan menyakiti diri, ungkap Wolkin lagi. Saat Anda berpikir seperti itu, Anda cenderung menemukan cara untuk memverifikasi pikiran buruk itu. Hasilnya? Anda akan merasa semakin terpuruk.

7. Benak Anda dipenuhi dengan pikiran tentang kematian

Terus menerus memikirkan bagaimana teman-teman dan keluarga jika Anda mengakhiri hidup juga menjadi pertanda Anda membutuhkan bantuan dokter ahli jiwa. "Pemikiran negatif semacam ini adalah ancaman langsung terhadap keselamatan jiwa Anda jika Anda merasakannya setiap hari berturut-turut selama dua minggu, bahkan jika Anda belum mengalami tanda-tanda lainnya, jelas Wolkin.

8. Anda mudah panik dan cemas

Perasaan-perasaan takut yang berlebihan biasanya sebagai tanda ananxiety disorder. Dan karena hal itu benar adanya, maka dapat pula dijadikan pertanda terjadinya depresi. "Perasaan cemas seringkali serupa dengan depresi, dan beberapa orang yang mengalami depresi kerap mengalami serangan panik," jelas  Dr. Payne. Kecemasan lebih dari sekadar rasa prihatin yang normal yang biasa dirasakan oleh kebanyakan manusia normal ketika kita ditantang melakukan sesuatu. Ini adalah perasaan panic yang terus menerus dan pikiran obsesif yang seringkali muncul dalam bentuk tanda-tanda fisik seperti detak jantung yang amat cepat, keluarnya keringat dengan berlebih, dan problem tidur. Jika Anda merasakan kecemasan yang berlebihan dan tak kunjung hilang, segera temui dokter.

9. Anda selalu lelah dan kehabisan energi 

Depresi berhubungan dengan kelesuan, kemungkinan akibat seseorang yang sedang depresi biasanya kehilangan selera makan atau terlalu banyak tidur. Tetapi ini juga hasil dari perasaan sedih dan putus asa yang menyelinuti pikiran sepanjang waktu. Berurusan dengan masalah emosional kronis semacam ini adalah pengisap energi dan membuat Anda terlalu lelah untuk beraktivitas, melakukan tugas-tugas rutin setiap hari. "Anda merasa kewalahan karena aktivitas sehari-hari, bahkan turun dari ranjang dan mandi menjadi hal yang amat melelahkan. Ketika Anda selalu merasa kehabisan tenaga dan kelelahan merusak hidup Anda, maka ini saatnya Anda mencari bantuan, jelas Wolkin.

10. Berurusan dengan rasa sakit dan nyeri yang tak terjelaskan

"Sakit secara emosional akibat depresi yang tidak segera diatasi dapat merembet kemana-mana seperti menimbulkan sakit kepala, sakit perut, nyeri di punggung, leher, bahkan mual. Ini karena para penderita depresi menahan begitu banyak kesedihan di dalam hati dan pikiran, dan akhirnya tubuh mencari jalan keluarnya sendiri, ungkap Thomas. Memang tidak setiap kali Anda merasakan sakit di perut atau tusukan alias rasa nyeri di beberapa bagian tubuh pasti pertanda Anda depresi, namun jika Anda merasakan ketidaknyamanan (rasa sakit dan nyeri) kronis yang tidak kunjung hilang dan tidak jelas sumbernya, temuilah dokter, tetapi jangan pula menutup kemungkinan bahwa Anda tengah mengalami depresi. (LT)


Ditinjau oleh: dr. Deffy Laksani Anggar Sari


]]>
Fri, 03 Aug 2018 17:25:12 +0700Depresi
Cepat Tangani HMFD https://meetdoctor.com/article/cepat-tangani-hmfd https://meetdoctor.com/article/cepat-tangani-hmfd Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau flu Singapura merupakan penyakit yang amat mudah menular pada kalangan anak di bawah usia 10 tahun. HFMD ditandai dengan demam, pilek, sariawan yang  amat perih, serta ruam di telapak tangan, kaki, dan bokong.
 
Penjelasan yang lebih lengkap mengenai HFMD sendiri ada di sini.
 
HFMD sendiri sebenarnya termasuk dalam penyakit yang sembuh dengan sendirinya (self limitting  disease). Namun, penyakit ini juga dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius jika tidak tertangani dengan cepat dan tepat.
 
Gejala HFMD yang patut diwaspadai para orang tua terhadap anak-anaknya yakni:
 
Demam dalam suhu sedang (37 derajat Celcius) selama 2-3 hari
 
- Muncul sakit tenggorokan dan pilek
 
- Nafsu makan menurun
 
- Timbul vesikel (bentol berisi cairan) pada mulut yang jika pecahkan menjadi sariawan
 
- Terdapat ruam yang tak gatal pada telapak tangan, telapak kaki, atau bokong.
 
Jika gejala HFMD tampak pada anak, segeralah:
 
Cek ke dokter untuk memastikan gejala tersebut adalah HFMD
 
- Isolasikan anak dalam sebuah kamar khusus
 
- Minta anak untuk banyak beristirahat
 
- Cegah dehidrasi dengan banyak minum, terutama jus buah dengan es agar kebutuhan nutrisi tetap terjaga dan mengurangi rasa perih pada sariawan
 
- Berikan makanan penuh gizi yang dilembutkan
 
- Berikan obat-obatan simptomatik untuk mengurangi gejala demam dan nyeri mulut
 
- Pada anak yang sudah cukup besar juga dapat diberikan obat kumur antiseptik
 
- Jaga kebersihan tubuh dan ruang isolasi anak
 
Untuk menghindari penularan pada anak lainnya, jangan bawa anak ke tempat dan fasilitas umum seperti sekolah, pusat perbelanjaan, kolam renang, dan sebagainya hingga HMFD sembuh. Salah satu tanda bahwa HMFD telah sembuh yakni mengering dan menghilangnya ruam pada kulit penderita.
 
 

]]>
Tue, 14 Aug 2018 11:15:45 +0700Kesehatan Anak
Gejala Leukemia yang Tidak Boleh Diabaikan https://meetdoctor.com/article/gejala-leukemia-yang-tidak-boleh-diabaikan https://meetdoctor.com/article/gejala-leukemia-yang-tidak-boleh-diabaikan Dalam sebuah tayangan televisi, Denada tak kuasa menahan tangis kala menceritakan apa yang dialami putrinya, Shakira Aurum yang baru berusia 5 tahun. Shakira divonis mengidap penyakit kanker darah atau Leukemia dan harus menjalani pengobatan di salah satu rumah sakit di Singapura.

Leukemia merupakan penyakit yang menyerang sel darah dan juga sumsum tulang belakang. Leukemia berasal dari bahasa Yunani, leukos yang artinya putih dan aima yang berarti darah. Leukemia merupakan jenis kanker yang tidak membentuk massa tumor tetapi memenuhi pembuluh darah dan mengganggu fungsi sel darah normal. Leukemia banyak menyerang anak-anak. Bahkan sepertiga kematian anak di bawah 15 tahun disebabkan leukemia. Kebanyakan anak yang menderita leukemia baru diketahui setelah memasuki stadium lanjut.

Hingga kini, tidak diketahui secara pasti penyebab leukemia. Ada yang menyebutkan kebiasaan ibu saat hamil, seperti merokok, minum kopi dan paparan zat kimia meningkatkan risiko leukemia. Apa pun penyebabnya, mengetahu sejak dini gejala leukemia pada anak adalah yang utama karena bisa meningkatkan peluang kesembuhan anak.

Berikut gejala awal leukemia yang perlu Anda perhatikan:

1. Sering merasa lelah

Anak sering terlihat lelah meski aktivitas yang dilakukan terbilang ringan. Ini terjadi karena adanya peningkatan produksi sel-sel darah putih yang mengakibatkan penyerapan energi yang besar dari tubuh.

2. Berat badan merosot

Porsi makanan tidak berkurang, aktivitas standar, namun berat badannya terus berkurang dan pakaian anak semakin longgar. Berat badan yang berkurang terjadi karena peningkatan produksi sel darah putih menyerap banyak kalori tubuh anak.

3. Sakit kepala

Perhatikan frekuensi sakit kepala/pusing pada anak. Peningkatan produksi sel darah putih yang tidak normal kemungkinan meresap ke sistem syaraf pusat sehingga menyebabkan sakit kepala dan pusing.

4. Mimisan

Mimisan dan lebam-lebam adalah pertanda yang tidak boleh diabaikan karena merupakan gejala umum leukemia. Selain itu  muncul bintik-bintik merah pada bagian tubuh, yang merupakan gejala umum leukimia yang terkait dengan limpa dan pembengkakan hati.

5. Wajah pucat

Peningkatan produksi sel darah putih yang tidak normal mendesak sel darah merah, sehingga membuat wajah dan tubuh anak seperti  kurang darah.

6. Muncul benjolan

Periksalah kelenjar getah bening anak. Biasanya dokter akan melalukan pemeriksaan di bawah ketiak atau tenggorokan atas untuk merasakan benjolan atau semacam pembengkakan. Pembengkakan gejala getah bening merupakan gejala penyakit leukemia.

7. Infeksi tak kunjung sembuh

Apakah anak pernah mendapat  infeksi ringan namun tak kunjung sembuh? Walaupun tubuhnya terus memproduksi sel darah putih sebagai antibodi, namun sel-sel darah putih yang diproduksi dari tubuh seseorang yang terkena leukemia tidak sempurna dan tidak dapat melindungi tubuh anak

8. Benjolan di limpa

Periksalah limpa anak dengan dibaringkan di tempat tidur, letakkan telapak tangan Anda pada perut sebelah kiri, di bawah tulang rusuk. Rasakan apakah ada benjolan-benjolan kecil di sana. Hal ini termasuk gejala leukimia.

9. Sering berkeringat

Berkeringat di malam hari disertai nyeri pada tulang dan perut mual/kembung adalah gejala leukemia. Gejalanya memang mirip gejala tipus, namun jika tanda lain-lain ditemui, segera konsultasikan pada dokter.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Tue, 07 Aug 2018 15:36:14 +0700Leukemia
Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Keracunan Makanan https://meetdoctor.com/article/makanan-yang-sebaiknya-dikonsumsi-saat-keracunan-makanan https://meetdoctor.com/article/makanan-yang-sebaiknya-dikonsumsi-saat-keracunan-makanan Keracunan makanan adalah suatu kondisi kesehatan yang disebabkan sebagai akibat dari makan makanan yang terkontaminasi. Biasanya, bakteri atau parasit patogen yang mentransfer melalui makanan yang tidak sehat ke dalam sistem tubuh kita. Makanan mungkin telah terkontaminasi karena disajikan atau pengolahan yang tidak higienis, atau karena bahan makanan yang telah rusak.

Beberapa patogen umum yang menyebabkan kondisi ini adalah Salmonella dan E.coli. Apapun mungkin dapat menyebabkan keracunan, komplikasi yang disebabkan oleh kondisi keracunan ini bisa dapat menyebabkan hal fatal, memicu hilangnya nafsu makan, tubuh menjadi lemah.

Beberapa tanda-tanda keracunan makanan yaitu diare, sakit perut, muntah-muntah hebat, sakit kepala, demam, dan lemas. Untuk itu, makan makanan yang mengistirahatkan perut dan macam-macam makanan bernutrisi.

Berikut beberapa makanan yang dapat dikonsumsi saat keracunan:

1. Sayuran rebus

Mengganti pola makan dengan makan makanan sehat, seperti sayur-sayuran. Dengan cara ini, tubuh dapat memperoleh kembali nutrisi. Anda hanya perlu merebus beberapa sayuran dan menambahkan bumbu yang diperlukan, dan memakai minyak zaitun untuk memberi rasa pada makanan. Selain direbus, sayuran juga disajikan dengan cara dipanggang.

2. Minum air putih dan air kelapa hijau

Salah satu gejala utama keracunan makanan adalah dehidrasi yang biasanya diawali dengan muntah-muntah. Akibatnya karena tubuh cenderung kehilangan banyak air dan makanan karena muntah terlalu sering. Itulah sebabnya, penting untuk menenangkan perut dengan mengkonsumsi es buah yang dingin, dan jus  buah segar misalnya untuk membantu juga mencegah sisa rasa busuk yang berkembang di mulut. Rasa busuk ini yang membuat kesulitan untuk makan dan minum apa pun. Beralih ke minuman manis seperti air kelapa hijau, garam dan larutan gula dengan jus lemon untuk mengatasi dehidrasi patut untuk dicoba. Minum jus buah, dan mencoba untuk menghindari soda dan minuman seperti kopi yang mungkin menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.

3. Buah-buahan

Makanlah dalam porsi kecil buah-buahan seperti pisang, apel, pir, atau pepaya.

4. Sup ayam

Juga dianjurkan untuk memasukkan makanan ringan seperti roti panggang, semangkuk bubur atau sup ayam. Sup ayam kaya akan gizi dan memiliki sifat obat.

5. Yogurt

Yogurt juga baik untuk kesehatan, dan ringan untuk dikonsumsi. Terutama mereka yang menderita gangguan perut.

Pastikan untuk selalu menyajikan makanan yang akan Anda konsumsi dengan mengutamakan kebersihannya. Jangan sepelekan tanggal kadaluwarsa pada makanan yang akan dibeli dan dikonsumsi. Memasak sendiri, dan menghindari makan sembarangan adalah pencegahan yang bisa dilakukan.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Fri, 03 Aug 2018 13:38:23 +0700Kesehatan Saluran Pencernaan
Mata Berkunang-Kunang, Apa Sebabnya? https://meetdoctor.com/article/mata-berkunang-kunang-apa-sebabnya https://meetdoctor.com/article/mata-berkunang-kunang-apa-sebabnya Pandangan mata berkunang-kunang atau  lightheadedness adalah perasaan seperti akan terasa jatuh pingsan, yang membuat sensasi pusing berkunang-kunang. Kondisi ini mirip dengan vertigo, yaitu penglihatan kabur sesaat, pusing tiba-tiba dan sempoyongan.

Penyabab mata berkunang-kunang:

1. Tekanan Darah Rendah

Bila tekanan darah turun secara signifikan, kurangnya volume darah yang membawa oksigen ke otak tidak sampai ke otak.  Ini mempengaruhi fungsi normal otak, yang menyebabkan pusing dan berkunang-kunang. Selama ini diamati bahwa tekanan darah rendah merupakan efek samping hipertensi. Ketika tekanan darah turun, gejala lain seperti keringat dingin, mual, muntah, nyeri dada juga diamati.

2. Gula Darah Rendah

Kadang-kadang, kadar gula dalam darah turun tiba-tiba. Hal ini dikenal sebagai gula darah rendah atau hipoglikemia. Kurangnya ketersediaan glukosa dapat menyebabkan fungsi sementara otak tidak melakukan tugasnya secara maksimal, yang mengakibatkan terjadinya sensasi berkunang-kunang dan berkeringat. Hal ini juga harus dicatat bahwa gula darah rendah sangat jarang dalam kasus orang-orang yang non-diabetes.

3. Aritmia Jantung

Aritmia jantung adalah kontraksi otot jantung yang tidak normal, ada yang tidak beres dengan denyut jantung Anda. Jantung berdenyut sangat cepat atau sangat lambat. Ketika gejala sensasi berkunang-kunang terjadi dalam episode yang berulang, kemungkinan besar penyakit terkait dengan jantung. Kadang-kadang, sensasi lightheaded juga merupakan gejala yang mengindikasikan serangan jantung.

4. Anemia

Ketika seseorang memiliki sedikit hemoglobin dalam darah, ia dikatakan menderita anemia. Anemia juga terjadi ketika jumlah sel-sel darah merah (RBC) menurun. Karena hemoglobin membawa oksigen dalam darah, kurangnya hemoglobin mengurangi jumlah oksigen dalam darah yang dapat menyebabkan lightheaded.

5. Meminum alkohol

Alkohol adalah salah satu penyebab lightheaded, yang paling utama. Ketika seseorang mengonsumsi minuman beralkohol, kadar gula darahnya turun sangat rendah, yang dapat membuat mabuk, dengan gejalanya yang seperti pusing dan sakit kepala dan sempoyongan.

Jika mengalami lightheaded berturut-turut selama lebih dari 2 hari, dengan episode yang berulang, Anda harus segera mengunjungi dokter. Sebagaimana kondisi ini merupakan gejala penyakit  kronis, harus ditangani dan segera diobati.

Tekanan darah rendah dapat diobati dengan suplemen atau dengan mengubah pola makan. Gula darah rendah dapat stabil (di tingkat normal-nya) dengan segera mengatur kadar gula, glukosa, dan karbohidrat dekstrosa.

Demikian pula dengan anemia, dapat diobati dengan mengonsumsi suplemen vitamin dan makanan yang kaya akan zat besi. Di sisi lain, jika sudah parah, transfusi darah mungkin diperlukan. Lightheaded, jika dipicu penyakit jantung, obatnya hanyalah rawat inap.

Tentu ada tindakan pencegahan yang dapat membantu mencegah sensasi lightheaded. Dengan makan makanan teratur dan menghindari interval makan besar dapat mencegah hipoglikemia atau gula darah rendah. Demikian pula, konsumsi alkohol harus dihindari. Harus diingat bahwa kondisi lightheaded ini bisa menjadi peringatan dari serangan penyakit-penyakit berat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk mendiagnosa penyebab dan evaluasi gejala.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Fri, 03 Aug 2018 13:17:52 +0700Sakit Kepala
Mood Selalu Berubah, Apa yang Salah? https://meetdoctor.com/article/mood-selalu-berubah-apa-yang-salah https://meetdoctor.com/article/mood-selalu-berubah-apa-yang-salah Bagi sebagian wanita, mood itu seperti cuaca yang cepat sekali berubah. Jam ini cerah, bisa jadi beberapa jam kemudian berubah jadi mendung. Sering merasa mood tidak terkendali? Anda tidak sendiri, banyak wanita yang mengalaminya. 

Penyebab Mood Berubah

Banyak kodisi yang dapat menyebabkan perubahan mood wanita sukar diprediksi, di antaranya:

1. Premenstrual Syndrome (PMS)  

Selain perubahan mood, PMS dapat menyebabkan kelelahan, perubahan nafsu makan, depresi, kembung, dan banyak lagi. Tidak jelas mengapa periode pra-menstruasi ini menyebabkan gejala-gejala tersebut. Para peneliti menduga bahwa pergeseran hormon estrogen adalah yang mungkin jadi penyebabnya. Pada hari-hari dan minggu sebelum mens, tingkat estrogen seorang wanita naik dan turun secara dramatis. Pergeseran tersebut dapat mempengaruhi suasana hati dan perilaku.

2. Gangguan dysphoric pramenstruasi (PMDD)

Premenstrual dysphoric disorder (PMDD) adalah jenis PMS yang lebih berat dan jarang. PMDD mempengaruhi hingga 5 persen wanita usia subur. Gejala PMDD termasuk perubahan suasana hati yang ekstrem, depresi berat, iritabilitas ekstrim, dan banyak lagi.

3. Stres

Stress dan perasaan khawatir berdampak pada tubuh dan kesehatan Anda dalam berbagai cara yang tidak sehat. Salah satunya bisa memengaruhi mood. Frustrasi, khawatir, dan keadaan stress yang konstan dapat menyebabkan perubahan mood, bersamaan dengan masalah psikologis lainnya.

4. Gangguan psikologis

Gangguan psikologis dan kondisi perilaku dapat memengaruhi disposisi dan menyebabkan gejala seperti perubahan mood. Gangguan ini termasuk gangguan attention deficit hyperactivity (ADHD), depresi, gangguan bipolar, dan banyak lagi. Mengobati kondisi ini kemungkinan besar akan meredakan gejala mood swings dan gejala lain yang mungkin dialami.

5. Ketidakseimbangan hormon

Estrogen mungkin memainkan peran dalam perubahan mood terkait PMS, tetapi hormon lain juga dapat mempengaruhi mood Anda. Hypothyroidism, suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon, merupakan gangguan hormon yang umum. Itu dapat mempengaruhi suasana hati dan menyebabkan gejala lainnya.

6. Masa pubertas

Masa puber adalah masa perubahan emosional, fisik, dan psikologis dalam kehidupan seorang anak. Perubahan mood dan reaksi emosional yang tidak dapat dijelaskan dapat terjadi selama fase ini.

7. Kehamilan

Perubahan kadar hormon selama kehamilan dapat menyebabkan perubahan emosi dan suasana hati. Kemudian juga wanita hamil sering mengalami perubahan fisik dan stress emosional yang dapat membuat masalah seperti perubahan mood dan luapan emosi lebih parah.

8. Menopause

Peralihan besar lain dalam hidup seorang wanita, menopause, dikaitkan dengan periode perubahan mood dan pergeseran emosi yang cepat juga. Ketika kadar estrogen turun, banyak wanita mengalami berbagai gejala, termasuk perubahan mood, hot flashes, insomnia, dan berkurangnya dorongan seksual. Beberapa dokter akan memberikan perimenopause wanita dengan obat-obatan pengganti hormon untuk memudahkan menjalani fase estrogen yang rendah.

Cara Menjaga Mood

Agar mood lebih mudah terkendali cobalah untuk olahraga teratur. Ketika Anda berolahraga, tubuh menghasilkan hormon dan endorfin yang dapat membantu mengurangi stress dan meningkatkan mood lebih baik.

Selain itu, konsumsi suplemen kalsium. Studi menunjukkan, suplemen kalsium dapat membantu meringankan gejala depresi, kecemasan, dan fluktuasi emosi dari PMS.

Anda juga perlu menerapkan pola makan sehat. Makanlah dalam porsi kecil setiap hari untuk membantu menstabilkan gula darah untuk menjaga perubahan mood secara tiba-tiba.

Berlatih juga cara cara mengelola stres. Meditasi, pernapasan dalam, dan yoga sudah dikenal terbukti membantu mengelola stres. Terapi pijat atau terapi bicara juga sangat bermanfaat.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Fri, 03 Aug 2018 13:21:09 +0700Kesehatan Wanita
Fakta dan Khasiat Matcha https://meetdoctor.com/article/fakta-dan-khasiat-matcha https://meetdoctor.com/article/fakta-dan-khasiat-matcha Penggemar matcha? Anda perlu mengetahui fakta dan khasiat di balik matcha.

Matcha adalah jenis teh hijau bubuk yang digunakan dalam upacara minum teh Jepang. Baru-baru ini, matcha sering muncul sebagai varian minuman dan makanan penutup. Berbeda dengan teh hijau yang diminum setelah daun teh direndam, teh matcha digiling terlebih dulu menjadi bubuk, lalu diberi air panas sebelum dikonsumsi.

Seperti juga teh hijau, matcha memiliki banyak khasiat kesehatan. Studi menunjukkan bahwa teh hijau memberikan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Ada beberapa bukti bahwa teh hijau matcha memberikan dosis lebih terkonsentrasi.

Berikut ini fakta tentang matcha yang perlu Anda ketahui, antara lain:

- Matcha adalah bubuk teh hijau yang sering digunakan dalam upacara minum teh Jepang dan memiliki rasa  yang lembut.

- Diasumsikan lebih sehat daripada teh hijau dan memilki sumber antioksidan yang lebih baik. Perlu lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaatnya.

- Matcha dapat ditambahkan ke kue, makanan penutup, dan granola, atau untuk latte matcha.

- Matcha terbuat dari tanaman teh jenis khusus yaitu Camellia Sinensis. Tanaman ini  menghasilkan jenis teh yang dikenal sebagai tencha. Tencha menghabiskan sebagian waktu pertumbuhannya dengan tertutup. Teknik ini meningkatkan jumlah klorofil yang dikandungnya dan memberinya warna hijau cerah.

- Matcha dibuat dengan membuang batang dan urat dari tencha dan stonegrinding sisa daun untuk membuat bubuk. Ada nilai yang berbeda dari matcha. Seremonial-grade adalah kualitas tertinggi, digunakan dalam upacara minum teh. Matcha premium cocok untuk konsumsi sehari-hari.

- Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mungkin memiliki manfaat kesehatan. Karena matcha adalah bentuk terkonsentrasi teh hijau, diasumsikan bahwa manfaat teh hijau akan diperoleh dari matcha juga, dan kemungkinan khasiat matcha lebih kuat dibandingkan teh hijau. Sampai sekarang, ada sedikit bukti untuk mendukung klaim ini.

Konsentrasi dan kognisi

L-theanine adalah asam amino yang ditemukan dalam teh. Studi menunjukkan bahwa L-theanine kemungkinan memiliki manfaat kognitif dan antibakteri. L-theanine bisa  meningkatkan relaksasi, ketegangan, dan ketenangan. Bila ditambah dengan kafein dapat meningkatkan kinerja, perhatian, memori, fokus, dan kewaspadaan. Matcha mengandung lima kali lebih banyak L-theanine sebagai jenis teh, tetapi tampaknya tidak ada penelitian untuk mendukung hal ini.

Sifat anti-kanker

Teh hijau mengandung antioksidan yang dikenal sebagai catechin, terutama catechin epigallocatechin gallate (EGCg) yang memiliki sifat anti-tumor. Suatu studi menemukan bahwa teh hijau matcha mengandung setidaknya 3 kali lebih banyak EGCg dibandingkan dengan teh hijau lainnya yang diteliti. EGCg dapat membantu mencegah kanker dengan melindungi sel dari kerusakan DNA dan menghambat proliferasi sel tumor. Klorofil inilah yang memberi warna hijau pada tumbuhan. Studi telah menghubungkan konsumsi klorofil yang lebih tinggi dengan tingkat yang lebih rendah dari kanker hati terkait aflatoksin. Matcha berwarna hijau, karena kaya klorofil.

Matcha belum dipelajari secara ekstensif, sehingga masih belum jelas apa manfaat atau risikonya. Dalam sebuah penelitian, konsumsi teh hijau yang tinggi dikaitkan dengan masalah reproduksi pada lalat buah. Tidak jelas apakah ini bisa memiliki efek yang sama pada manusia.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 


]]>
Fri, 03 Aug 2018 13:54:33 +0700Kesehatan A-Z
Psikosomatik, Kecemasan Berlebihan yang Bikin Sakit Fisik https://meetdoctor.com/article/psikosomatik-kecemasan-berlebihan-yang-bikin-sakit-fisik https://meetdoctor.com/article/psikosomatik-kecemasan-berlebihan-yang-bikin-sakit-fisik Anda merasakan mual, jantung berdebar, namun setelah diperiksa oleh dokter, tidak ada masalah pada tubuh Anda. Pernah mengalami hal seperti ini? Bisa jadi apa yang Anda rasakan adalah gangguan psikosomatik.

Pikiran dapat berpengaruh pada tubuh Anda. Pikiran dapat menyebabkan gejala-gejala fisik seperti jantung berdebar-debar saat kita merasa takut. Gangguan psikosomatik merupakan kondisi jiwa yang berpengaruh terhadap fisik.

Sebagian besar gangguan psikosomatik ini melibatkan pikiran dan tubuh. Bagaimana kita bereaksi terhadap penyakit dan bagaimana kita mengatasi itu sangat bervariasi dari orang ke orang.  Misalnya, ruam psoriasis mungkin bagi kita tidak mengganggu namun bagi beberapa orang hal ini membuat mereka tertekan dan sangat mengganggu.

Faktor mental juga mempengaruhi beberapa titik di tubuh misalnya merasakan sesak dan sakit dada, namun secara fisik tidak ditemukan adanya indikasi gangguan di jantung atau paru-paru. Hal ini lebih disebabkan oleh stres.

Umumnya penderita psikosomatik berusia muda, dan didominasi wanita. Pemicunya adalah stres. Sebagai contoh, ketika merasa cemas dan stres, detak jantung menjadi cepat, berdebar, merasa sakit (mual), tremor, berkeringat, mulut kering, sakit dada, sakit kepala, sakit perut dan napas menjadi cepat. Ketika kita cemas, gejala fisik meningkat akibat meningkatnya aktivitas impuls saraf yang dikirim dari otak ke berbagai bagian tubuh, dan adanya pelepasan adrenalin ke dalam aliran darah. Otak mungkin dapat mempengaruhi sel-sel tertentu dari sistem kekebalan tubuh, yang menyebabkan penyakit.

Biasanya dokter juga akan mempertimbangkan faktor-faktor mental dan sosial yang mungkin mempengaruhi timbulnya penyakit. Oleh karena itu, dalam mengatasi masalah psikis, Anda perlu menjaga kondisi mental. Hindari stres, buat pikiran Anda tenang, atasi rasa cemas, hindari depresi dan selalu berpikiran positif.

Penyakit yang bersifat psikosomatik

Sampai batas tertentu, kebanyakan penyakit bersifat psikosomatik - yang melibatkan pikiran dan tubuh. Ada aspek mental untuk setiap penyakit fisik yang muncul. Bisa juga ada efek fisik dari penyakit mental. Misalnya, penyakit mental yang Anda alami menyebabkan Anda tidak nafsu makan, tidak merawat diri sendiri yang menimbulkan masalah fisik. Istilah gangguan psikosomatik terutama digunakan untuk "penyakit fisik yang diduga  dan disebabkan oleh faktor mental".

Beberapa penyakit dianggap sangat rentan diperburuk oleh faktor mental, di antaranya sakit maag, eksim, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Beberapa orang juga menggunakan istilah gangguan psikosomatik ketika faktor mental menyebabkan gejala fisik tetapi di mana tidak ada penyakit fisik. Misalnya, nyeri dada dapat disebabkan oleh stres dan tidak ada penyakit fisik yang dapat ditemukan.

Pikiran mempengaruhi fisik

Pikiran dapat menyebabkan gejala fisik. Misalnya, ketika kita takut atau cemas kita sering merasa:

- Denyut jantung cepat atau jantung berdebar-debar

- Merasa mual

- Gemetar (tremor).

- Berkeringat.

- Mulut kering.

- Sakit dada.

- Sakit kepala.

- Pernapasan susah diatur

Gejala-gejala fisik ini disebabkan oleh peningkatan aktivitas impuls saraf yang dikirim dari otak ke berbagai bagian tubuh dan pelepasan adrenalin (epinefrin) ke dalam aliran darah ketika kita merasa cemas/khawatir.

Perawatan untuk meredakan stres, kecemasan, depresi, dll, dapat membantu jika mereka dianggap berkontribusi terhadap penyakit fisik Anda. Meski gejala tertentu dengan pengaruhnya terhadap pikiran yang sebabkan penyakit fisik (ruam, tekanan darah, dll), mungkin ada hubungannya dengan impuls syaraf yang menuju ke tubuh, yang tidak sepenuhnya kita pahami. Ada juga beberapa bukti bahwa otak mungkin dapat mempengaruhi sel-sel tertentu dari sistem kekebalan tubuh, yang terlibat dalam berbagai penyakit yang muncul.

 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


]]>
Fri, 03 Aug 2018 15:22:39 +0700Kesehatan Mental
Rahasia Orang Jepang Rajin Bangun Pagi https://meetdoctor.com/article/rahasia-orang-jepang-rajin-bangun-pagi https://meetdoctor.com/article/rahasia-orang-jepang-rajin-bangun-pagi Bagi orang yang tidak terbiasa bangun pagi, menjadi ‘morning riser’ adalah tantangan berat. Bagi mereka. bangun lebih awal dengan senyum di wajah adalah  sesuatu yang berada di luar realitas. Kabar baik untuk orang yang sering bangun terlambat, dan ingin mengembangkan kebiasaan bangun lebih awal, orang Jepang memiliki trik untuk membalikkan keadaan tersebut, dan itu disebut Ikigai.

Pengucapan ick-eee-guy, Ikigai adalah teori kesehatan Jepang yang dapat membuat pagi Anda lebih baik dan indah. Dikembangkan oleh neuroscientist Ken Mogi dan penulis Hector Garcia dalam buku mereka tentang Ikigai, konsep ini berasal dari Okinawa, yang memiliki populasi centenarian terbesar di dunia. Sementara konsep Ikigai adalah alasan yang memungkinkan untuk memiliki umur panjang, kenaikan popularitas dapat dikaitkan dengan makna yang lebih dalam dibalik itu. Intinya, ikigai menekankan pada fakta bahwa orang harus terlebih dahulu mencari tujuan.

Konsep kunci dari Ikigai adalah mencari tujuan dalam segala hal yang Anda lakukan, seperti hobi Anda, kehidupan sosial Anda, pekerjaan dan perjalanan berlibur Anda. Ini terkait dengan gagasan identitas sosial. Ikigai adalah titik antara apa yang Anda kuasai, apa yang Anda sukai, apa yang dunia ini butuhkan dan apa yang bisa Anda dapatkan.

Ada orang yang sangat berhasrat untuk memiliki kekayaan materi dan kemudian ada orang-orang yang merasa tidak puas mengejar apa yang selalu ingin mereka capai. Bagi mereka, pencarian makna dalam hidup mereka tidak akan ada habisnya. Ikigai adalah salah satu praktik yang didasarkan pada premis untuk menemukan sesuatu yang cocok dengan semua kriteria ini.

Bagaimana mempraktikkanya?  Lakukan apa yang ingin Anda lakukan pertama kali di pagi hari

Mulailah hari Anda dengan apa yang ingin Anda lakukan, seperti berlari, menari atau hanya mendengarkan musik favorit. Ikigai menginginkan Anda untuk menyatukan gairah, cinta, dan misi pribadi dalam matriks kehidupan sehari-hari.

Pikirkan kebaikan manusia yang lebih besar dan sempurnakan tujuan hidup Anda dengan hal itu. Suasana hati, keadaan pikiran dan perspektif Anda dapat diubah dengan cara menumbuhkan sukacita dalam hidup Anda. Meskipun hanya bersifat sepele. "Sangat penting untuk menyadari bahwa suasana hati dapat diubah melalui sukacita ‘kecil’," kata Mogi. Dia mengatakan bahwa jika konteksnya berubah, otak Anda beradaptasi dengan konteks baru itu dan hanya dalam waktu singkat, suasana hati Anda dapat berubah secara substansial.

Setelah itu, merawat  rasa penasaran Anda seumur hidup, karena hidup ini penuh keajaiban yang harus segera ditemukan.

Kebanyakan orang sering tidak terlalu ingin tahu tentang kehidupan dan tidak menginginkan hal-hal baru terjadi saat mereka semakin tua. Dengan tetap “penasaran”, Anda akhirnya akan mengubah banyak hal dalam hidup Anda untuk selamanya. Lakukan apa yang membuat Anda selalu merasa ingin tahu. Jika Anda tidak tahu apa, terus bertanya dan jelajahi perasaan dengan tetap “penasaran” maka jawabannya akan datang. 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Thu, 09 Aug 2018 10:50:57 +0700Kesehatan A-Z
Ini Alasan Penting Imunisasi MR Tidak Boleh Diabaikan https://meetdoctor.com/article/ini-alasan-penting-imunisasi-mr-tidak-boleh-diabaikan https://meetdoctor.com/article/ini-alasan-penting-imunisasi-mr-tidak-boleh-diabaikan Setelah pada 2017 sukses menggelar imunisasi serentak, kini Kementerian Kesehatan kembali mengadakan imunisasi MR tahap dua yang berlangsung dari Agustus – September 2018.

Imunisasi MR yang akan menyasar 28 propinsi di luar Jawa ini ditujukan bagi bayi berusia 9 bulan hingga anak usia 15 tahun. Tujuan imunisasi serentak ini untuk mengurangi penyakit campak sekaligus mengendalikan penyakit rubella dan kecacatan bawaan rubella (Congenital Rubella Syndrome-CRS) pada 2010.

Meski sudah memasuki tahap dua, namun pro kontra soal imunisasi masih saja berembus. Pro kontra yang menyeruak salah satunya soal  halal haramnya imunisasi atau vaksin, lantaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) belum mengeluarkan sertifikasi halal untuk vaksin MR. Masyarakat yang ragu akan kehalalan vaksin memilih untuk menunggu.

Saat ini hanya ada dua produsen MR antara lain Cina dan India. Vaksin MR yang digunakan untuk tahap 1 dan 2 berasal dari India dan sudah digunakan di 140 negara termasuk negara-negara islam yang lebih dulu mencanangkan jadwal imunisasi MR.

Apa pun pilihan orangtua, tetap imunisasi atau menunggu sertifkat halal dari MUI, namun perlu digarisbawahi bahwa imunisasi memiliki manfaat sangat besar bagi kesehatan anak dan lingkungan di sekitarnya karena dapat mencegah kematian akibat komplikasi akibat penyakit campak.

Imunisasi berbeda dengan obat, yang diberikan pada anak yang tidak sehat supaya menjadi sehat. Imunisasi justru diberikan pada anak yang sehat. Manfaat imunisasi memang tidak terlihat secara instan, namun di kemudian hari. Tujuan imunisasi adalah anak tidak akan sakit campak atau berakhir dalam perawatan intensif dengan meningitis. Memutuskan untuk tidak memberi imunisasi akan menempatkan anak pada risiko terkena berbagai penyakit yang berpotensi serius bahkan fatal.

Dokter Piprim Basarah Yanuarso, dokter spesialis anak sekaligus pendiri Rumah Vaksin menjelaskan tentang pentingnya vaksin MR bagi anak. Ia menyebutkan, di Indonesia masih banyak bayi lahir dengan Sindrom Rubella Kongenital, yaitu bayi yang lahir buta, tuli, otak kecil, jantung bocor dan lainnya. Bayi tersebut jadi sakit berat karena si ibu tertular Rubella saat dia hamil muda. Hampir 90% ibu hamil muda yang tertular Rubella maka janinnya bisa cacat berat seperti itu. Nah, si virus Rubella ini hidup subur berkembang biak di anak-anak kelompok usia 9 bulan sampai 15 tahun. Jadi kalau kita ingin melindungi ibu hamil dari tertular Rubella maka virusnya harus dibasmi agar lenyap dengan cara vaksin serentak. Ia menambahkan, cakupan imunisasi harus lebih dari 90%. Kalau tidak tercapai karena banyak yang menolak, usaha membasmi Rubella bisa gagal total, demikian dr. Piprim menjelaskan.

Dengan penjelasan dr. Piprim ini tentunya Anda semakin paham tentang pentingnya vaksin MR untuk anak-anak. Yuk, jadwalkan membawa anak untuk vaksin MR di puskesmas dan klinik terdekat.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 


]]>
Tue, 07 Aug 2018 16:25:23 +0700Kesehatan Anak
Cara Mengatasi Cemas Berlebihan https://meetdoctor.com/article/cara-mengatasi-cemas-berlebihan https://meetdoctor.com/article/cara-mengatasi-cemas-berlebihan Sering merasa cemas? Cemas dianggap wajar bila ada sumber kecemasan dan bersifat sesaat, misalnya cemas karena harus presentasi penting di depan klien. Namun, bila Anda kerap merasa cemas, jangan dianggap sepele. Gangguan kecemasan bukan hal sepele. Di Amerika Serikat, gangguan kecemasan mempengaruhi lebih dari 18 persen orang dewasa setiap tahun, begitu menurut National Institute of Mental Health. Ini termasuk gangguan kecemasan umum, gangguan obsesif kompulsif, gangguan stress pasca-trauma, dan banyak lagi.

Dr. Jill Stoddard,  direktur pendiri Center for Stress & Anxiety Management, sebuah klinik rawat jalan di San Diego yang mengkhususkan diri dalam terapi perilaku kognitif (CBT) dan terapi penerimaan dan komitmen (ACT) untuk kecemasan dan masalah terkait, menyarakan cara ini untuk mengelola gangguan kecemasan.

Gunakan indra Anda

Kecemasan mempersempit fokus Anda ke ancaman yang dirasakan (yaitu, apa pun yang Anda rasakan takut atau khawatirkan saat ini) yang dapat mempengaruhi fokus dan memori Anda. Berlatihlah memperluas pandangan Anda dengan gunakan indera Anda - apa yang Anda lihat, dengar, cium, dll. - untuk meningkatkan perhatian dan pengalaman.

Bersyukur

Sering-seringlah bersyukur sebagai cara lain untuk memperluas fokus. Ada hal-hal yang Anda khawatirkan, dan ada juga hal-hal yang Anda syukuri.

Menerima

Kesulitan dengan ketidakpastian dan kurangnya kontrol yang dirasakan memperkuat kecemasan. Untuk "memperbaiki" ini, kita sering mencoba untuk mendapatkan lebih banyak kepastian dan lebih banyak kontrol - misalnya, dengan melakukan pencarian internet tentang gejala-gejala kesehatan. Hal ini sebenarnya dapat meningkatkan kecemasan dalam jangka panjang. Penawarnya adalah Anda dapat membaca buku atau menonton acara olahraga, tapi tidak sampai selesai. Jangan melihat sampai acara tersebut berakhir. Jangan lihat ‘ending’nya. Sebenarnya, ini adalah antisipasi yang menarik. Jadi cobalah membawa sikap keterbukaan ini untuk tidak tahu, dan lihat apa yang terjadi.

Hadapi ketakutan Anda

Penghindaran adalah apa pun yang Anda lakukan/tidak Anda lakukan, untuk merasa kurang cemas dan mencegah hasil yang menakutkan terjadi. Misalnya, menghindari situasi sosial, menggunakan narkoba atau alkohol, atau menunda-nunda adalah contoh penghindaran. Ketika menghindari apa yang menjadi Anda, sebenarnya hal tsb hanyalah bantuan jangka pendek. Namun, bantuan ini tidak pernah berakhir, dan sebelum Anda mengetahuinya, kecemasan itu kembali menghantui lagi, sering kali dengan perasaan sedih atau malu karena telah melakukan penghindaran. Dan seringkali, strategi penghindaran yang tepat Anda gunakan untuk merasa lebih baik dan mencegah hasil yang ditakuti (misalnya membaca catatan Anda selama pidato atau menghindari kontak mata) benar-benar menciptakan hasil yang Anda coba hindari (yaitu, tampak cemas atau tidak kompeten ). Pertimbangkan untuk mengambil langkah kecil untuk mulai hadapi ketakutan Anda. Apa satu hal yang mungkin Anda lakukan yang membawa Anda keluar dari zona nyaman Anda? Anda akan membangun penguasaan dan keyakinan, dan kecemasan Anda mungkin bahkan berkurang dalam prosesnya.

Tentukan nilai Anda

Anda ingin menjadi siapa? Apa yang Anda inginkan? Sifat apa yang ingin Anda wujudkan saat Anda terlibat dalam pekerjaan atau sekolah, atau berinteraksi dengan orang yang Anda sayangi? Jika pertemanan itu penting, bagaimana Anda bisa menciptakan ruang dalam hidup Anda untuk itu? Ketika Anda melakukannya, kualitas apa yang ingin Anda wujudkan ketika Anda menghabiskan waktu bersama teman-teman? Apakah Anda ingin menjadi otentik? Welas asih? Tegas?

Ini semua adalah nilai, dan membuat pilihan sesuai dengan nilai - bukan dalam strategi penghindaran. Mungkin tidak memengaruhi kecemasan Anda, tetapi pasti membuat anda kaya makna, meraih vitalitas dalam hidup.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf


]]>
Mon, 06 Aug 2018 10:40:41 +0700Kesehatan Mental
Cara Memulihkan Trauma Pasca Bencana https://meetdoctor.com/article/cara-memulihkan-trauma-pasca-bencana https://meetdoctor.com/article/cara-memulihkan-trauma-pasca-bencana Beberapa hari lalu gempa yang mengguncang Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mengakibatkan banyak kerusakan dan menelan korban puluhan orang. Mereka yang terdampak bencana gempa mengungsi ke tempat-tempat aman. Bagi yang terdampak kejadian ini tentunya menimbulkan trauma.  

Gangguan trauma pasca bencana adalah sebuah kondisi gangguan kesehatan mental akibat peristiwa mengerikan, seperti gempa bumi, tsunami dan lainnya. Kejadian trauma bisa dialami sendiri atau disaksikan secara langsung oleh seseorang. Korban bencana biasanya rentan terhadap stres.

Ada sejumlah langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu memulihkan konsisi psikologis Anda dari pengalaman traumatis. Salah satunya sebisa mungkin meminimalkan paparan media yang memberitakan tentang bencana tersebut.  

Ada beberapa orang yang dapat dengan mudah memperoleh kembali rasa kontrol dengan menonton liputan media atau dengan mengamati upaya pemulihan. Namun banyak juga yang malah teringat kembali jika menonton tayangan liputan tersebut, bahkan akan traumatis.

Eksposur yang berlebihan terhadap gambar peristiwa yang mengganggu —seperti berulang kali melihat klip video di media sosial atau situs berita — dapat menciptakan tekanan traumatis pada orang-orang yang tidak terpengaruh langsung. Oleh karena itu, batasi eksposur media Anda ke peristiwa-peristiwa traumatis. Jangan menonton berita atau mengecek media sosial sebelum tidur, dan jangan sering menonton cuplikan/tayangan yang kontennya dapat memunculkan trauma Anda. Cobalah untuk menghindari gambar dan klip video bencana alam. Hindari TV dan berita online dan hentikan mengecek media sosial selama beberapa hari atau beberapa minggu, sampai gejala stres traumatis Anda mereda dan dapat berkegiatan sehari-hari secara normal.

Ada sejumlah langkah yang dapat diambil untuk membantu memulihkan kesejahteraan emosional dan rasa kontrol setelah pengalaman traumatis, termasuk seperti:

- Ketahuilah bahwa  Anda mungkin mengalami berbagai emosi dan intensitasnya kemungkinan akan berkurang seiring waktu.

- Minta dukungan dari orang-orang yang peduli dengan Anda dan yang akan mendengarkan serta berempati pada situasi Anda.

- Ketika Anda merasa siap untuk berbagi cerita, temukan saluran yang tepat. Anda bisa berbagi dengan keluarga atau teman dekat, membuat catatan harian, atau bentuk-bentuk ekspresi diri lainnya yang bikin Anda nyaman. Bila perlu, cari tahu tentang kelompok dukungan lokal yang dipimpin oleh para profesional yang terlatih dan berpengalaman.

- Terlibat dalam perilaku yang sehat untuk meningkatkan kemampuan Anda mengatasi stres yang berlebihan. Cobalah membangun kembali rutinitas seperti makan di waktu yang teratur,  pergi ke kantor, dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Luangkan waktu dengan menjalankan hobi atau kegiatan yang menyenangkan lainnya. Jika memungkinkan, hindari keputusan besar dalam hidup, seperti berpindah pekerjaan karena kegiatan ini cenderung berisiko.

Bila trauma menimbulkan gangguan berkepanjangan, cobalah berkonsultasi pada psikolog atau profesional kesehatan mental yang terlatih dan berpengalaman. Beberapa jenis terapi yang diberikan adalah kognitif, perilaku, kognitif-perilaku, interpersonal, humanistik, psikodinamik atau kombinasi dari beberapa gaya terapi. Terapi bisa untuk individu, pasangan, keluarga atau kelompok lain. Beberapa psikolog dilatih untuk menggunakan hipnosis, yang menurut penelitian telah terbukti efektif untuk berbagai kondisi termasuk sakit, kecemasan dan gangguan suasana hati. Untuk beberapa kondisi, terapi dan pengobatan adalah kombinasi pengobatan yang paling berhasil.

 

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf

 


]]>
Tue, 07 Aug 2018 16:12:04 +0700Kesehatan Mental