Profile
All Topic

Pusat Informasi Aborsi

Tentang Aborsi

Aborsi adalah akhir dari kehamilan dengan menghilangkan atau memaksa keluar janin atau embriao dari rahim sebelum ia mampu bertahan hidup sendiri. Aborsi dapat terjadi secara spontan, dalam hal ini sering disebut keguguran . Hal ini juga dapat dilakukan dengan sengaja dalam hal ini dikenal sebagai aborsi induksi

Gejala

Beberapa gejala ketika melakukan aborsi ataupun keguguran, diantaranya :

- Perut terasa mulas dan sakit

- Timbul bercak darah yang keluar melalui vagina

- Pada aborsi yang dilakukan dengan obat tertentu dapat timbul gejala lain seperti mual, pusing, dsb tergantung pada jenis obat

Penyebab

Ada berbagai penyebab aborsi yang dilakukan dengan sengaja, diantaranya :

- Kondisi kehamilan yang membahayakan jiwa ibu secara medis, biasanya dikarenakan sang ibu memiliki jenis penyakit yang membahayakan ketika harus melahirkan

- Kondisi kehamilan yang secara medis tidak memungkinkan bagi janin atau calon bayi, diantaranya adalah posisi janin diluar rahim

- Kehendak dari ibu yang tidak menginginkan kelahiran sang bayi atau tidak menginginkan anak, hal ini di banyak negara adalah ilegal dan melanggar hukum

Faktor Resiko

Faktor resiko ketika melakukan aborsi :

- Infeksi yang terjadi terutama setelah pembedahan yang tidak steril

- Alergi pada obat aborsi yang dapat menimbulkan gejala seperti keracunan (bengkak, gatal-gatal , dll)

- Kehilangan nyawa, banyak kasus aborsi yang berujung pada meninggalnya sang ibu dan janin

Pencegahan

Untuk mencegah aborsi, sebaiknya dilakukan beberapa hal :

- Perencanaan kehamilan yang matang dan menggunakan alat kontrasepsi ketika berhubungan

- Pemeriksaan kesehatan calon ibu sebelum memutuskan untuk hamil

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Penggunaan Obat Aborsi

    Malam dok, Saya telat menstruasi selama 5 minggu. Saya ingin menunda kehamilan karna saya masih kuliah itupun dengan izin suami saya. Kemudian saya mengkonsumsi obat noprostol 3x 1 tablet selama 3 hari. Awal pemakaian obat tersebut setelah saya letakan 1 tablet dibawah lidah . Beberapa menit kemudian saya mengalami sakit perut hebat dan keluar darah seperti haid biasa cuma lebih sedikit seperti akhir2 periode haid. Selama 2 hari saya konsumsi tidak ada perkembagan tetap saja darah yg keluar seperti haid biasa bahkan lebih sedikit dam tidak ada perdarahan ataupun keluar gumpalan darah dsb. Apakah aborsi yang saya lakukan berhasil ?

    Detail Answer
  • Seputar Aborsi

    Slmat mlm donk. Saya ingin brtnya. Sblm nya skitr 2 ato 3bln yg lalu saya sudah pernh mlakukan Aborsi n aborsi nya brhasil kluar dri rahim saya. Stelah saya brhasil mlakukan aborsi slma 1bln saya kembali haid secara normal lg. Tpi di bln ke 2 knp saya bisa hamil lagi dok? mmg stelah saya brhasil melalukan aborsi n kembali haid lg saya prnh mlakukan hub sex lg. Tpi saya berhubungan sex di lakukan di luar. Apa hasil aborsi sblm nya blm tuntas sluruh nya ato gimana dok.? N apakah jika saya mlakukan aborsi utk ke 2x nya masik bisa di lakukan n tidak memiliki masalah di rahim saya? Mohon penjelasan nua dok

    Detail Answer
  • Belum Menginginkan Anak Ke Tiga

    Assalamualaikum dok,, saya menikah Bulan september 2014 dan saya sudah di karuniakan 2 anak,, baru baru ini saya melakukan hubungan dengan istri,, dan kami membicarakan anak ke 3 lalu istri saya belom menginginkan anak ke 3 karena biaya hidup yang sederhana dan anak anak kami masih terlalu kecil,, istri saya ingin mengugurkan kandungannya tapi dia tidak mau aborsi,, jadi harus dengan cara seperti apa ya dok? Mohon bantuannya dok

    Detail Answer
  • Sudah Minum Cytotec 3 Minggu Kok TP Msh Fositif ?

    Dok,saya terakhir haid bulan juni akhir,akhir agustus sya TP hasilnya positif,tapi berhubung kontrak kerja jadi diputuskan untuk dilunturkan perkiraan 3minggu masa hamil.setelah minum cytotec,tanggal 8 agustus keluar gumpalan darah sebesar hati ayam dan ada sedikit bagian putih seperti kulit ayam...dan sampai sekarang sy masih keluar darah kayak mens tapi ngga terlalu deras,nah saya coba cek TP tgl 27 agustus kok msh fositif ya dok? Bagaimana?

    Detail Answer
  • Waktu Tepat Melakukan Testpack Setelah Keguguran Dan Pendarahan Berlanjut

    dok. apa bisa dilakukan tes pack pada saat masih pendarahan pasca keguguran ? dan kenapa sudah 3 minggu pendarahannya masih blum berhenti pasca aborsi ?

    Detail Answer
  • Aborsi, Tpi Cuman 2 Hari Kuar Darah

    Dok...usia saya 30 tahun hari kamis minggu kemarin saya melakukan minum cytotec 10 butir karena telat datang bulan sekitar 8 hari. Setelah 3 jam saya minum keluar darah ganti softex 2 kali. Paginya ke toilet berasal seperti gumpalan hitam kecil keluar. Tpi krn di dalam toilet bercampur darah jadi saya gak bisa liat. Siangnya darah sudah mulai sedikit dan besoknya kering. Jadi cuman 1 setengah hari aja berdarah. Apa itu sudah keluar janinnya? Krn tadi pagi saya testpeck lgi masih positif. Apa saya harus minum cytotec lagi? Trima kasih dok.

    Detail Answer
  • Pemulihan Rahim Pasca Keguguran

    Belum lama ini saya mengalami keguguran di usia kehamilan 6 minggu. Saya sudah meminum obat dari dokter dan juga ACE MAXS agar rahim saya cepat pulih. Pendarahan sekitar 10 hari setelah itu muncul flek2 seperti keputihan. Pertanyaan saya, apakah keputihan itu menandakan rahim saya belum bersih? Apakah saya harus melakukan usg kembali untuk memastikan rahim saya sudah bersih? Apa ada jenis obat atau makanan yg sebaiknya saya konsumsi untuk mempercepat pemulihan rahim? Terima kasih

    Detail Answer
  • Paska Kuret

    Halo dokter, saya divonis oleh dokter saya untuk melakukan kuret, setelah melakukan kuret dan mengecek di usg. dokter mengatakan ada sisa di dalam ovarium saya. dokter memberikan saya metvell, tapi sampai sekarang belum ada pendarahan. yang ingin saya tanyakan adalah, berapa lama waktu yang dibutuhkan metvell untuk bekerja ? apakah ada kemungkinan lain ? Apakah ada kemungkinan kuret gagal?

    Detail Answer
  • Apakah Masih Hamil Pasca L 2minggu

    Siang dok,mf saya imgin curhat sdkit,dua minggu yg lalu tpatnya tgl 6 desember saya mlakukan aborsi dgn meminum obt kndungan saya brrusia 6minggu lalu saya pndarahan tp tdk keluar tanda2 janin,saya usg lalu kata dokter sdh kosong,selang satu minggu saya merasa sakit dibwah prrut hingga kepinggang seperti orng ingin melahirkan,esok paginya saya pipis keluar sesuatu yg bentuknya sepatruh ibu jari warna mrrah muda,saya tekan2 tdk hncur kenyal sperti daging,setelah itu saya tdk keluar darah lagi,tp saat ini saya merasa kunang2,sering buang air krcil,bahkan mual dikit donk,pertnyaan saya apakah khamilan saya masih brrlanjud pasca 2minggu aborsi,jika masih apa yg harus saya lakukan dok,saya takut akan trjadi sesuatu yg tdk diinginkan pada janin saya nanti,mohon jwban dan penjelasanya dok trims.

    Detail Answer
  • Menggugurkan Kandungan

    Dok, saya mau tanya kalo setelah menggugurkan kandungan apakah masih bisa hamil?

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Aborsi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Aborsi ?
Ask Doctor