Profile
All Topic

Pusat Informasi Alergi Susu

Tentang Alergi Susu

Alergi susu adalah sebuah respon sistem kekebalan tubuh terhadap susu ataupun produk-produk yang berbahan dasar susu. Menurut penelitian, sebagian besar susu yang menjadi alergen berasal dari susu sapi. Walau tidak menutup kemungkinan terjadinya reaksi serupa akibat susu domba maupun kambing, bahkan susu kedelai. Alergi susu biasanya terjadi pada anak di usia tiga tahun. Namun, biasanya gejala alergi terhadap susu ini akan berangsur menghilang seiring pertumbuhan.

Gejala

Rentang waktu timbulnya gejala-gejala alergi dari waktu meminum susu bervariasi. Gejala yang timbul sebab alergi susu pun berbeda-beda bagi masing-masing individu. Adapun gejala yang kerap terjadi, yaitu:

  • Gatal-gatal
  • Sulit bernapas
  • Muntah
  • Beberapa kasus diare pun kerap terjadi
  • Mata berair
  • Kram pada perut

 

Perlu ditelaah lebih jauh, kondisi alergi susu dan intoleransi laktosa. Kondisi intoleransi laktosa tidak melibatkan reaksi kekebalan tubuh melainkan menyangkut pada gangguan pencernaan. Selain gejala yang timbul berbeda, cara penanganannya pun berbeda. Gejala intoleransi laktosa antara lain:

 

  • Perut terasa kembung
  • Naiknya gas lambung
  • dan Diare

 

Terkadang ada beberapa kondisi alergi yang berujung pada anafilaksis. Anafilaksis adalah kondisi menyempitnya saluran pernapasan yang mengakibatkan terhambatnya sirkulasi udara pada tubuh, biasanya disertai dengan berubahnya warna wajah menjadi kemerahan dan menurunnya tekanan darah.

 

Penyebab

Alergi terjadi sebab kerusakan sistem kekebalan tubuh. Kondisi yang terjadi pada alergi susu adalah sistem kekebalan tubuh mengidentifikasi kandungan susu sebagai hal yang berbahaya sehingga memicu terproduksinya antibodi. Dua protein utama pada susu yang kerap disalah artikan sistem kekebalan tubuh adalah kasein dan whey.

Faktor Resiko

Adapun faktor yang kerap memicu terjadinya alergi susu, yaitu:
 

  • Memiliki alergi terhadap alergen lainnya
     
  • Dermatitis Atopik, anak yang mengalami gangguan kesehatan kulit lebih rentan mengalami alergi makanan
     
  • Faktor Keturunan
     
  • Faktor Usia, alergi susu lebih sering terjadi di usia kanak-kanak disebabkan belum sempurnanya perkembangan sistem pencernaan.
     

Komplikasi Akibat

Anak-anak yang mengalami alergi terhadap makanan tertentu biasanya lebih beresiko mengalami gangguan kesehatan lainnya di kemudian hari, karena kurangnya ragam panganan yang dikonsumsi di awal-awal masa pertumbuhan.

Diagnosa

Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ada baiknya dilakukan tes alergi pada permukaan kulit dan tes darah.

Pengobatan

Untuk mencegah timbulnya reaksi alergi, adalah dengan cara menghindari pengonsumsian susu dan produk-produk berbahan dasar susu.

Langkah medis yang bisa dilakukan bila reaksi alergi timbul adalah pemberian antihistamin. Pemberian immunotherapy juga dapat dilakukan untuk mengurangi pengaruh alergen.

Pencegahan

Tidak ada cara untuk mencegah alergi makanan, namun Anda dapat menghindari reaksi alergi dengan memilah jenis panganan yang dikonsumsi. Ada baiknya meneliti dengan mencermati daftar kandungan produk yang biasanya tertera pada label, atau tanyakan pada penyedia panganan secara langsung. Beberapa produk yang berbahan dasar susu, antara lain:

  • Mentega
  • Yoghurt
  • Es krim dan gelato
  • Keju
  • Coklat

 

Dalam beberapa penelitian, bayi-bayi yang mendapatkan ASI eksklusif hingga usia enam bulan lebih rendah kemungkinan terkena alergi susu, hal ini karena daya tahan tubuh menjadi lebih baik sebab kandungan yang terdapat dalam ASI.
 

 

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Pergantian Kemasan Susu S26 Dari Kaleng Ke Kardus

    Assalamualaikum dokter... Dokter saya puput... Anak saya bernama segaf dan sekarang usia 10 bulan.. Saya mau tanya dok dan juga minta solusinya... Skg ini anak saya sedang diare dok... Bab nya encer sekali dan ada lendir nya... Yang menyebabkan diare anak saya saat minum Susu S26 yang kardus.. Terus saya ganti morinaga yang NL yang khusus untuk diare... Selama hampir 2 minggu pake morinaga NL.. Dan itu sudah ga mencret lagi dok.. Tp disini mslhnya kan susu morinaga NL ga ada kandungan gisinya... Akhirnya Saya coba S26 yg kaleng... Setelah saya minumi S26 yg kaleng... Pup lagi dy.... Itu berbahaya ga dok.. Kalau itu berbahaya kira2 saya ganti susu itu yg merk apa dok... Krn saya pgn anak saya minum susu yg ada kandungan gisinya tp juga tidak BAB secara menerus... Terima kasih dok.. Saya tunggu jawabannya dokter..

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Alergi Susu

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Alergi Susu ?
Ask Doctor