Profile
All Topic

Pusat Informasi Alergi Susu

Tentang Alergi Susu

Alergi susu adalah sebuah respon sistem kekebalan tubuh terhadap susu ataupun produk-produk yang berbahan dasar susu. Menurut penelitian, sebagian besar susu yang menjadi alergen berasal dari susu sapi. Walau tidak menutup kemungkinan terjadinya reaksi serupa akibat susu domba maupun kambing, bahkan susu kedelai. Alergi susu biasanya terjadi pada anak di usia tiga tahun. Namun, biasanya gejala alergi terhadap susu ini akan berangsur menghilang seiring pertumbuhan.

Gejala

Rentang waktu timbulnya gejala-gejala alergi dari waktu meminum susu bervariasi. Gejala yang timbul sebab alergi susu pun berbeda-beda bagi masing-masing individu. Adapun gejala yang kerap terjadi, yaitu:

  • Gatal-gatal
  • Sulit bernapas
  • Muntah
  • Beberapa kasus diare pun kerap terjadi
  • Mata berair
  • Kram pada perut

 

Perlu ditelaah lebih jauh, kondisi alergi susu dan intoleransi laktosa. Kondisi intoleransi laktosa tidak melibatkan reaksi kekebalan tubuh melainkan menyangkut pada gangguan pencernaan. Selain gejala yang timbul berbeda, cara penanganannya pun berbeda. Gejala intoleransi laktosa antara lain:

 

  • Perut terasa kembung
  • Naiknya gas lambung
  • dan Diare

 

Terkadang ada beberapa kondisi alergi yang berujung pada anafilaksis. Anafilaksis adalah kondisi menyempitnya saluran pernapasan yang mengakibatkan terhambatnya sirkulasi udara pada tubuh, biasanya disertai dengan berubahnya warna wajah menjadi kemerahan dan menurunnya tekanan darah.

 

Penyebab

Alergi terjadi sebab kerusakan sistem kekebalan tubuh. Kondisi yang terjadi pada alergi susu adalah sistem kekebalan tubuh mengidentifikasi kandungan susu sebagai hal yang berbahaya sehingga memicu terproduksinya antibodi. Dua protein utama pada susu yang kerap disalah artikan sistem kekebalan tubuh adalah kasein dan whey.

Faktor Resiko

Adapun faktor yang kerap memicu terjadinya alergi susu, yaitu:
 

  • Memiliki alergi terhadap alergen lainnya
     
  • Dermatitis Atopik, anak yang mengalami gangguan kesehatan kulit lebih rentan mengalami alergi makanan
     
  • Faktor Keturunan
     
  • Faktor Usia, alergi susu lebih sering terjadi di usia kanak-kanak disebabkan belum sempurnanya perkembangan sistem pencernaan.
     

Komplikasi Akibat

Anak-anak yang mengalami alergi terhadap makanan tertentu biasanya lebih beresiko mengalami gangguan kesehatan lainnya di kemudian hari, karena kurangnya ragam panganan yang dikonsumsi di awal-awal masa pertumbuhan.

Diagnosa

Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ada baiknya dilakukan tes alergi pada permukaan kulit dan tes darah.

Pengobatan

Untuk mencegah timbulnya reaksi alergi, adalah dengan cara menghindari pengonsumsian susu dan produk-produk berbahan dasar susu.

Langkah medis yang bisa dilakukan bila reaksi alergi timbul adalah pemberian antihistamin. Pemberian immunotherapy juga dapat dilakukan untuk mengurangi pengaruh alergen.

Pencegahan

Tidak ada cara untuk mencegah alergi makanan, namun Anda dapat menghindari reaksi alergi dengan memilah jenis panganan yang dikonsumsi. Ada baiknya meneliti dengan mencermati daftar kandungan produk yang biasanya tertera pada label, atau tanyakan pada penyedia panganan secara langsung. Beberapa produk yang berbahan dasar susu, antara lain:

  • Mentega
  • Yoghurt
  • Es krim dan gelato
  • Keju
  • Coklat

 

Dalam beberapa penelitian, bayi-bayi yang mendapatkan ASI eksklusif hingga usia enam bulan lebih rendah kemungkinan terkena alergi susu, hal ini karena daya tahan tubuh menjadi lebih baik sebab kandungan yang terdapat dalam ASI.
 

 

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Pergantian Kemasan Susu S26 Dari Kaleng Ke Kardus

    Assalamualaikum dokter... Dokter saya puput... Anak saya bernama segaf dan sekarang usia 10 bulan.. Saya mau tanya dok dan juga minta solusinya... Skg ini anak saya sedang diare dok... Bab nya encer sekali dan ada lendir nya... Yang menyebabkan diare anak saya saat minum Susu S26 yang kardus.. Terus saya ganti morinaga yang NL yang khusus untuk diare... Selama hampir 2 minggu pake morinaga NL.. Dan itu sudah ga mencret lagi dok.. Tp disini mslhnya kan susu morinaga NL ga ada kandungan gisinya... Akhirnya Saya coba S26 yg kaleng... Setelah saya minumi S26 yg kaleng... Pup lagi dy.... Itu berbahaya ga dok.. Kalau itu berbahaya kira2 saya ganti susu itu yg merk apa dok... Krn saya pgn anak saya minum susu yg ada kandungan gisinya tp juga tidak BAB secara menerus... Terima kasih dok.. Saya tunggu jawabannya dokter..

    Detail Answer
  • Alergi Susu Sapi

    Selamat malam dok ... Anak saya umur 1bln lahir prematur dengan berat 1.7kg awal ny minum susu enfamil tp ga pup smpe smnggu akhir ny saya ganti susu sgm BBLR stlh minum susu sgm pup nya sehari 1x tp setiap pup ngedeny smpe merah mukay mngkn karna keras akhry saya ganti similac stlh minum similac pup ny jd mencret stlh itu nafas ny suka bunyi grok_grok kadang suka batuk dan susah nafas smpe keluar susu dr hidung pas saya periksain ke dktr anak kta ny anak saya alergi susu sapi dan di ksh resep untuk minum susu NAN ph pro 1 stlh minum susu NAN pup ny mencret dan bau sehari bisa pup smpe 4x menurut dktr anak saya hrz ganti susu lagi atau gmn ... terima kasih

    Detail Answer
  • Apakah Alternatif Pengganti Susu Sapi Pada Anak?

    Salam kenal Dokter(s), Saya mempunyai anak sebulan lagi menginjak usia 7th.. Sewaktu batita anak saya didiagnosa menderita alergi susu sapi, dengan akibat (jika meminum susu sapi) akan langsung pilek dan batuk.. Tapi anak saya amat sangat menyukai susu sapi (dulu sewaktu batita meminum susu khusus anak alergi susu sapi). Jika saya memberikan susu kedelai, anak saya tidak suka.. Saya dan keluarga masih beranggapan jika meminum susu sapi, maka akan bagus juga utk ke otak, sebaliknya jika susu kedelai tidak mendukung hal itu.. Apakah pemikiran kami ini salah, Dok? Dan apakah ada alternatif lain selain susu kedelai atau harus susu kedelai saja? Lalu sampai usia berapa alergi akan susu sapi ini hilang? Mohon info nya ya Dok. Thanks and Regards, Thata

    Detail Answer
  • Cara Agar Anak Mau Minum Soya

    Malam dokter, Anak saya usia 2th 8 bln. Sering sesak dan ruam merah d kulit. Sampai kemarin opname. Dokter menyarankan mengganti sufor dengan soya. Masalahnya anak saya tidak mau minum soya nya akibatnya dia dehidrasi sampai harus d infus. Dok bagaimana caranya agar anak saya màu minum soya? Sampai sekarang anak saya masih saya beri sufor karena takut dehidrasi lagi sebab tidak mau makan minum. Makasi dok.

    Detail Answer
  • Amankah Sale Desolex Untuk Ibu Hamil?

    Halo dok, saya mau tanya.saya hamil 6 bulan dan mengalami gatal dan kulit kasar pada area kulit kepala dan kulit sekitar telinga. Saya sudah ke dokter dan didiagnosis dermatitis serta diresepkan salep desolex. Apakah desolex aman untuk ibu hamil dok? Terimakasih

    Detail Answer
  • Apakah Anak Saya Alergi Susu

    Siang dok, Saya mw konsul. Sebelum ny anak saya pakai susu bebelac dr bayi sampai 2 thun,pas udh 2 thun saya mencoba untuk ganti susu ny dengan merak lactogrow 3 madu .. awal" tdak ada tanda sperti alergi,tpi kesini ny stelah 3 bulan anak aku sering gatal" kulit ny dan udh ke dokter anak cuma di bilang alergi udara saja .. tpi ko muka anak aku tambah lama,tambah banyak bintik merah dan gatel ny dok .. Apa anakku tdak cocok dgan susu lactogrow ??

    Detail Answer
  • Bayi Tidak Cocok Sufor

    Selamat siang. Bayi saya berumur 5bln 25 hari. Kmrn saya sudah memberikan susu lanjutan yg umurnya6+. Tp setelah minum sufor itu bab nya tidak seperti biasa. Warna nya kuning pucat n ada seratnyaa.sehabis minum sufor selalu pup n rewel karna demam juga. Apa itu termasuk alergi susu? Apa saya harus kembali ke sufor sebelumnya? Terimakasi

    Detail Answer
  • Anak Alergi Susu

    Anak mengalamibmuntah2 setelah minum susu sapi bubuk apakah itu alergi. Sebelumnya dia minum susu soya selalu. Baru kali ini kasih susu sapi.

    Detail Answer
  • Alergi Susu Sapi

    Dok jika anak alergi susu sapi maka perlu di ganti dengan susu soya ya dok? Apakah susu soya sama baiknya dengan susu sapi untuk tumbuh kembang bayi?

    Detail Answer
  • Alergi Bayi

    Malam dok, saya mau tanya anak saya alergi susu sapi , susu soya dll Saya di sarankan berikan susu yg trhidrolisa smpurna utk bayi saya, harga susu nya lumayan mahal lalu dokter anaknya mnyarankan coba dulu dalam sebulan, setelah sebulan di coba lagi susu yg PHP , Skrg udah sebulan dokter saya beri bayi saya susu nutramigen , lalu untuk susu PHP nya bagus susu merk apa ya dokter utk anak saya ? Trimakasih dokter

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Alergi Susu

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Alergi Susu ?
Ask Doctor