Profile
All Topic

Pusat Informasi Amandel (Tonsil)

Tentang Amandel (Tonsil)

Tonsil atau amandel adalah kumpulan jaringan limfa yang terdapat pada kiri dan kanan rongga mulut, sedangkan tonsilitis adalah proses pembengkakan atau infeksi pada amandel. Meski tidak terlihat keberadaannya, amandel sangat melindungi tubuh manusia dari infeksi. Amandel akan mengecil seiring bertambahnya usia seseorang. Pembengkakan amandel biasanya disebabkan oleh virus di udara pada umumnya, namun infeksi bakterilah yang dapat menyebabkan pembengkakan tersebut. Tonsilitis dapat terjadi pada 4-10 hari.

Gejala

Beberapa gejala amandel adalah :

  • Amandel/tonsil membengkak dan berwarna kemerahan
  • Sakit tenggorokan
  • Sulit dan sakit saat menelan
  • Kaku leher dan terjadi pembengkakan di leher
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Suara serak

Penyebab

Amandel disebabkan oleh virus Mononucleosis yang berkembang di udara yang juga menyebabkan sakit tenggorokan.  Amandel dapat menular jika disebabkan oleh virus. Namun jika seseorang memiliki kekebalan tubuh yang baik, maka orang tersebut tidak akan mudah tertular. Berbeda halnya dengan amandel yang disebabkan oleh alergi rhinitis atau sinusitis. Amandel ini tidak dapat menular.

 

Faktor Resiko

Anak kecil dan remaja lebih rentan mengalami amandel akibat terlalu sering berpaparan dengan virus dan bakteri penyebab tonsillitis.

Pengobatan

Pengobatan amandel dapat dilakukan dengan :

  • Beristirahat yang cukup
  • Mengonsumsi air garam
  • Mengonsumsi obat-obatan

Pencegahan

Melakukan hidup bersih yakni dengan mencuci tangan dengan baik dan benar, terutama sehabis menggunakan fasilitas umum dapat menjadi cara untuk mencegah amandel. Selain itu menghindari kebiasaan berbagi makanan dan minuman dalam satu wadah juga dapat dilakukan guna menghindari terciptanya amandel.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Hamil 20 Minggu

    Slamat sore dokter, Saya mau tanya apakah ibu hamil 5 bulan boleh minum obat F.G stroches? Kebetulan saya sekarang mengalami amandel afek radang tenggorokan.

    Detail Answer
  • Apakah Tonsilitis / Amandel Saya Bisa Sembuh ?

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Selamat siang Dok, Pertanyaan sy diatas mewakili penjelasan sy dibawah ini ya dok, karena text yg terbatas. Sekitar 2 minggu lalu sy mengalami sakit tenggorokan kemudian sy cek sendiri menggunakan senter di tenggorokan belakang, ternyata ada bercak putih di amandel dan disertai sakit saat menelan. Lalu sy sempatkan utk periksa ke Dokter di RS, Dokter tsb mengatakan kalau tenggorokan sy ini merupakan Gejala Tonsil yg bisa dibilang (tidak sepele, dan butuh perhatian). Kemudian sy diberikan resep obat yaitu antibiotik jenis Amoxicilin dan anti radang. 2 hari kemudian sy sudah merasa lebih baik alias sembuh dari rasa nyeri saat menelan dan bercak putih di amandel sudah berangsur hilang. Kemudian pada hari ini, sy merasakan gejala seperti awal namun saat menelan tidak se-sakit yg 2 minggu lalu. Sy cek menggunakan senter, ada muncul bercak putih namun masih sedikit (saya juga tidak tahu apakah besok atau lusa bercak putih brtambah atau tdk)

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Amandel (Tonsil)

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Amandel (Tonsil) ?
Ask Doctor