Profile
All Topic

Pusat Informasi Amenorrhea

Tentang Amenorrhea

Amenorrhea adalah kondisi absennya menstruasi, selama satu periode atau lebih. Mereka yang tidak mengalami menstruasi tiga kali berturut-turut termasuk dalam kategori amenorrhea. Begitu juga dengan perempuan di atas 16 tahun yang belum mendapatkan menstruasi. Meskipun penyebab paling umumnya adalah kehamilan, tapi masih ada faktor lainnya

Gejala

Gejala utama amenorrhea adalah absennya menstruasi. Selain itu, tanda-tanda lainnya yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Keluarnya cairan dari puting
     
  • Rambut rontok
     
  • Sakit kepala
     
  • Penglihatan bermasalah
     
  • Bulu di wajah bertambah

Penyebab

Sebagian besar amenorrhea disebabkan kehamilan, faktor menyusui, atau menopause. Namun, bisa juga disebabkan oleh penggunaan alat kontrasepsi, penggunaan obat-obatan tertentu, gaya hidup, ketidakseimbangan hormon, maupun masalah struktur organ reproduksi.

Penggunaan obat-obatan misalnya obat penurun tekanan darah, obat anti depresi, atau kemoterapi kanker. Sedangkan yang termasuk gaya hidup adalah faktor stres, berkurangnya berat badan atau berat badan di bawah rata-rata, serta berolahraga berlebihan.

Ketidakseimbangan hormon bisa disebabkan oleh polycystic ovary syndrome (POC), kelainan kelenjar tiroid, tumor pada kelenjar pituitari, atau menopause awal. Masalah struktur organ misalnya rahim pernah terluka, kelainan struktur vagina, atau tidak sempurnanya organ reproduksi 

Faktor Resiko

Faktor risiko amenorrhea yaitu riwayat amenorrhea di keluarga, berolahraga berlebihan, serta mengalami anorexia, bulimia, dan sejenisnya. 

Komplikasi Akibat

Amenorrheadapat memicu komplikasi, seperti ketidaksuburan ataupun osteoporosis. Jika masa ovulasi tidak kunjung datang, penderitanya tidak akan bisa hamil. Sementara, osteoporosis berkaitan dengan rendahnya hormon estrogen penderita. 

Diagnosa

Amenorrhea berkaitan dengan masalah hormon yang cukup kompleks, karenanya pemeriksaannya pun memakan waktu. Dokter akan memeriksa panggul, payudara dan organ reproduksi, serta melakukan tes darah.

Tes darah yang dilakukan termasuk tes kehamilan, tes kelainan fungsi tiroid, tes fungsi ovarium, serta tes hormon testosteron.

Dokter kemungkinan juga akan melakukan pemeriksaan dengan ultrasound, CT scan, atau MRI. Pemeriksaan lainnya mencakup histeroskopi. Ini adalah pemeriksaan rahim dengan menggunakan kamera kecil yang dimasukkan lewat vagina. 

Pengobatan

Penanganan amenorrhea bergantung pada penyebabnya. Pengobatannya bisa berupa pemberian pil KB, penggunaan obat-obat tertentu, ataupun operasi. Operasi hanya dilakukan jika penyebabnya adalah tumor atau kelainan pada struktur organ reproduksi. 

Pencegahan

Amenorrhea yang disebabkan oleh gaya hidup dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup. Jangan lupa beristirahat setelah bekerja keras. Jangan berolahraga berlebihan ataupun menahan nafsu makan. Jangan sampai terkena bulimia ataupun anorexia. Kontrol stres dengan cara yang sehat. Catat juga siklus menstruasi yang dialami. Perhatikan jika ada kelainan pada menstruasi. 

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Haid Terlambat

    Selamat sore dokter.. Saya berumur 22thn.. Selama 6-7 bulan ini siklus haid saya 28-29.. April lalu saya haid tgl 11.. Harusnya bulan ini saya haid tgl berapa ga dok? Krna awal bulan ini saya blm haid. Dn juga tgl 4 mei ini saya terakhir melakukan hubungan intim dg pacar saya. Saya sudah tespeck tgl 12 dan 13 dg merk yg berbeda dua nya hasilnya negatif. Bagaimana menurut dokter?

    Detail Answer
  • Tidak Menstruasi Kurang Lebih 1thn

    selamat siang dok, saya ingin bertanya saya tidak menstruasi kurang lebih 1thn itu kenapa ya dok? sebelumnya saya kb IUD lalu 2tahun saya lepas setelah saya lepas saya msh menstruasi normal dok dan saya beralih ke KB Pil, saya merasa gk cocok dengan kb pil, dan menstruasi saya gk beraturan akhirnya saya putuskan untuk berhenti.setelah saya berhenti pil saya tidak memakai kb apapun, dan beberapa bln kmdian saya tidak menstruasi saya berfikir mungkin saya hamil, saya testpack tp hasilnya negatif, saya berfikir mungkin hormon.tp sampai beberapa bulan msh sama saya tidak menstruasi sampai kurang lbh 1thn saya tdk menstruasi.lalu bbrp bulan kmrn saya ke bidan untuk konsultasi dan usg,pada saat usg rahim saya tdk ada apa2 tdk bermasalah bahkan bagus.lalu akhirnya saya di beri obat (PRIMOLUT N) 20butir. pada saat saya minum itu saya menstruasi dok banyak kurang lbh seminggu. tp bulan berikutnya saya tidak minum obat primolut N itu lg krna sudah habis,dan saya tidak menstruasi lg smpai hr ni

    Detail Answer
  • Tidak Haid Bulan Kedua Pasca Kuret

    Selamat sore dok , saya mau bertanya . Setelah menjalani kuret pada bulan maret tgl 13 , saya blm haid lagi di bulan mei ini dok , sudah telat seminggu ditespek pun negatif , padahal pada bulan april saya haid di tgl 13 juga . Apakah itu bahaya dok ? Atau masih wajar ?

    Detail Answer
  • Setelah Berhubungan Sperma Selalu Keluar

    Dok...mau nanya kenapa kalau saya berhubungan badan sama suami saya spermanya selalu keluar apa penyebabnya.Terimakasih Dok..

    Detail Answer
  • Telat Menstruasi 1bulan Lebih, Tp D Tespack Hsil Ny Negatif

    sore dok.. saya wktu trakhir mens tgl 28juni-5juli. dn smpe hari ini sya blum mens lagi. tapi d testpack hasil ny negatif. itu kenpa yah? apa kah saya mempunyai penyakit yng belum d ketahui atau kenapa??

    Detail Answer
  • Petting Dengan Pacar Dan Pacar Tak Kunjung Haid

    Dok, seminggu yang lalu saya dan pacar saya melakukan 2 kali petting. Kami berdua berpakaian lengkap, saya memakai baju, cd, celana jeans dan pacar saya memakai baju, dalaman, celana basket. Waktu petting yang kedua saya berejakulasi di dalam celana dan kami langsung berhenti. Celana saya basah oleh setelah 5 menitan. Dia pun sama mengeluarkan cairan tapi tidak sampai tembus membasahi celananya. Pertanyaannya : 1. Mungkinkah pacar saya hamil karena petting yang kami lakukan? Karena pacar saya tidak kunjung haid padahal sudah lewat dari tanggal biasanya 2. Bagaimana cara agar pacar saya bisa haid dalam waktu dekat? *catatan : Pacar saya belum haid dari akhir bulan lalu, padahal seharusnya awal bulan ini sekitar tanggal 5-7 april dia haid. Dan sekarang dia sering tidak enak badan dan banyak pikiran karena tidak kunjung haid takut hamil. Mohon jawabannya. Terimakasih sebelumnya.

    Detail Answer
  • KB Suntik 1 Bulan Tetapi 4 Bulan Tidak Haid

    Salam dokter Saya Tika 30 tahun, anak saya sekarang usia 3 tahun 9 bulan, dari pertama saya ikut KB sudah menggunakan KB suntik. Awalnya saya menggunakan KB suntik 3 bulan karena menyusui, dan memang KB suntik 3 bulan tidak haid. Setelah berhenti menyusui sekitar 1 tahun usia anak, saya pindah KB suntik 1 bulan supaya haid saya normal kembali. Awal-awal KB suntik 1 bulan haid saya teratur, tetapi akhir-akhir ini saya tidak dapat haid. Pernah 3 bulan tidak haid, kemudian haid tapi hanya flek dan sedikit. Sekarang saya tidak haid sudah 4 bulan, terakhir saya haid bulan februari 2016. Bulan juni ini saya tidak suntik KB, berharap haid saya kembali normal. Mohon kiranya dokter memberi penjelasan apa yg harus saya lakukan. Apakah hal yg saya alami ini normal? Dan saat ini saya sedang keputihan kurang lebih sudah 1 minggu. Keputihannya seperti susu kental. Ini normal tidak dokter? Atau keputihan yg abnormal? Terima kasih banyak penjelasannya.

    Detail Answer
  • Sering Masturbasi, Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur?

    Dokter saya mau bertanya.sejak SMA siklus menstruasi saya tidak normal. Saya bisa menstruasi setahun 2-4x, tapi tahun ini menstruasi terakhir saya pada bulan januari. Saya pernah memeriksakannya, seingat saya diberikan obat hormon oleh dokternya, dan hasilnya berat badan saya meningkat jadi saya memutuskan untuk tidak mengonsumsinya lagi. Pada tahun setelahnya saya periksa lagi ke dokter yang berbeda dan beliau melakukan USG pada rahim saya, dan hasilnya normal tidak ada kelainan. pernah juga saya pijat pada orang pintar dan beliau bilang saya memiliki bakat kista.sebenarnya saya terkadang melakukan masturbasi, saya takut apakah karena saya masturbasi itu siklus saya menjadi tidak normal, saya jugs khawatir sekali jika ini akan mempengaruhi normal atau tidaknya saya sebagai wanita mengingat saya masih usia muda, apakah ini berpengaruh dok?

    Detail Answer
  • Nyeri Perut Bagian Bawah Diatas Kemaluan Namun Kandang-kadang

    selamat pagi dokter, saya feni usia saya 22 tahun saya ingin bertanya kenapa tulang diatas kemaluan dibawah perut saya suka nyeri tiba-tiba ya dok namun tidak sering sekali palingan sebulan sekali, juga saya bulan ini terlambat hai, biasanya tanggal 17 setiap bulan , nah skrng sampai tanggal 9 september jadi full slama bln agustus saya tidak haid dok mohon dijawab ya dokter terimakasih salam, feni.

    Detail Answer
  • Umur 24 Tahun Belum Pernah Haid

    Dok , saya wanita umur 24th . Selama hidupku belum pernah mengalami haid sama sekali . Dulu waktu saya SMP , saya sering mengalami sakit pada bagian perut saya . Kira-kira sekitar 3~4 bulan sekali . Rasanya sakit banget sampai tidak bisa buat jalan . Tapi setelah dilakukan pengurutan pada bagian perut bawah , rasanya agak mendingan , tidak terlalu sakit . Setelah 1 mingguan keadaan baru normal kembali . Setelah umur saya 20th , rasa sakit itu sudah tidak pernah kambuh lagi . Langkah pengobatan apa yang harus saya tempuh agar saya bisa haid dok ? Karena saya pernah tidak direstui sama calon mertua saya gara-gara saya belum pernah haid sama sekali . Mereka takut saya tidak bisa mempunyai keturunan . Dok , pada bagian perut bawah sebelah kiri saya juga ada benjolan kira-kira sebesar telur puyuh . Tidak ada keluhan sakit atau apapun . Kira-kira itu apa ya dok ? Mohon bantuan jawabanya dok . Sekian & terimakasih .

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Amenorrhea

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Amenorrhea ?
Ask Doctor