Profile
All Topic

Pusat Informasi Anemia

Tentang Anemia

Anemia adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin, yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah yang diperlukan tubuh.

Gejala

Gejala-gejala yang disebabkan oleh kekurangan pasokan oksigen dalam darah ini bervariasi. Anemia bisa menyebabkan kelelahan, kelemahan, kurang tenaga dan kepala terasa melayang. Jika anemia bertambah parah, bisa menyebabkan stroke bahkan serangan jantung.

Penyebab

Penyebab umum dari anemia, antara lain:

  • Kekurangan zat besi
     
  • Kekurangan vitamin B12
     
  • Kekurangan asam folat
     
  • Adanya gangguan mekanik pada sel darah merah
     
  • Efek samping dari gangguan pembuluh darah seperti, penyakit hemoglobin

Diagnosa

Pemeriksaan darah sederhana bisa menentukan adanya kelainan darah,  anemia. Persentase rel darah merah dalam volume darah total (hematokrit) dan jumlah hemoglobin dalam suatu contoh darah bisa ditentukan. Pemeriksaan tersebut merupakan bagian dari hitung jenis darah komplit

Pengobatan

Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat besi, seperti bayam, suplemen penambah darah pun dianjurkan untuk mengembalikan stabilitas kerja darah.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Diagnosa Thalasemia

    Malam dok, apa artinya jika nilai MCH, MCV, MCHC, Hb dan Feritin dibawah normal. Apa itu badan inklusi Hbh ? Dah Badan Inklusi Hbh dinyatakan positif. Di hasil lab dinyatakan Anemia defisiensi Fe dan Pembawa Thalasemia Alfa , karena bahan inklusi Hbh positif. Mohon penjelasannya dok.

    Detail Answer
  • Anemia & Trombositosis Pada Anak Usia 5thn 6 Bln

    mat pg dok,sy mau konsultasi sdkt mengenai anak sya...usiax 5,6thn..kurang lebih 1 minggu belakangan ini dy mengalami demam,tapi hanya di malam hari..sy kasi minum obat syrup penurun panas biasa....tapi krna melihat kondisi anak yg semakin lemas sy lakukan pemeriksaan laboratorium pemeriksaan Darah Lengkap,malaria,Dengue,widal test...sy dapati hasil DL dgn Hb 6,2 dan trombosit meningkat 802rb,,lekosit 6100,,widal test O:1/320 H:1/320 paratiphy A:neg B:neg..... minta tolong dok bantu kasi sy solusi terbaik biar anak sy sgra sembuh...mksh

    Detail Answer
  • Anemia Zat Besi

    Dok anak sya umur 6 bln anak saya di diagnosa anemia zat besi, sebenarnya penyebabnya apa ya dok? Bagaimana penanganannya? Apakah bisa sembuh? Apakah bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak? Terimakasih dok

    Detail Answer
  • Lemas Pada Saat Haid

    Halo dok, saya remaja 17 tahun. Sering sekali mengeluh sakit perut pada saat menstruasi dan sangat lemas rasanya. Tapi saat minum tablet tambah darah lemas nya sudah mulai reda dan masih terasa sakit perut. Terkadang sakit perut ini sampai mual mual. Solusinya gimana ya?

    Detail Answer
  • Dokter Pakar Kanak Kanak

    Hi dokter...

    Detail Answer
  • Susah Gemuk

    Haii dok.. saya Pria usia 21.. Timggi saya 172 cm dan bb 52 kg. saya heran dok kenapa saya susah gemuk ya? pdhal makan saya sudah termasuk banyak dok.. saya juga sering olahraga dok.. solusinya dong dok biar cepet naik bb??

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Anemia

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Anemia ?
Ask Doctor