Profile
All Topic

Pusat Informasi Anemia

Tentang Anemia

Anemia adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin, yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah yang diperlukan tubuh.

Gejala

Gejala-gejala yang disebabkan oleh kekurangan pasokan oksigen dalam darah ini bervariasi. Anemia bisa menyebabkan kelelahan, kelemahan, kurang tenaga dan kepala terasa melayang. Jika anemia bertambah parah, bisa menyebabkan stroke bahkan serangan jantung.

Penyebab

Penyebab umum dari anemia, antara lain:

  • Kekurangan zat besi
     
  • Kekurangan vitamin B12
     
  • Kekurangan asam folat
     
  • Adanya gangguan mekanik pada sel darah merah
     
  • Efek samping dari gangguan pembuluh darah seperti, penyakit hemoglobin

Diagnosa

Pemeriksaan darah sederhana bisa menentukan adanya kelainan darah,  anemia. Persentase rel darah merah dalam volume darah total (hematokrit) dan jumlah hemoglobin dalam suatu contoh darah bisa ditentukan. Pemeriksaan tersebut merupakan bagian dari hitung jenis darah komplit

Pengobatan

Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat besi, seperti bayam, suplemen penambah darah pun dianjurkan untuk mengembalikan stabilitas kerja darah.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Anemia

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Anemia ?
Ask Doctor