Profile
All Topic

Pusat Informasi Ankilosis Spondilitis

Tentang Ankilosis Spondilitis

Ankylosing Spondylitis adalah peradangan tulang punggung akibat tulang punggung yang membesar atau menyatu, dampaknya adalah tulang punggung menjadi kaku dan bungkuk. Ankylosing spondylitis parah dapat menyebabkan penderitanya kesulitan melihat kedepan atau mendongakan kepala. Peradangan tulang punggung juga dapat mengenai bagian tubuh lainnya, seperti mata dan usus. Bagian tubuh yang biasanya terkena Ankylosing spondylitis adalah : sendi diantara tulang punggung dan panggul, tulang belakang, tempat dimana tendon dan ligamen melekat pada tulang, (terkadang) tumit, tulang rawan diantara tulang dada dan iga, sendi punggung atau pinggul.

Gejala

Gejala dari ankylosing spondylitis adalah : Nyeri dari bagian leher sampai ke bagian pinggul, terutama saat bangun tidur dipagi hari atau setelah lama tidak beraktivitas.

Penyebab

Diduga, Ankylosing spondylitis adalah penyakit turunan, seseorang yang memiliki gen yang disebut dengan HLA-B27, beresiko lebih tinggi terkena penyakit ini.

Faktor Resiko

Faktor yang memicu meningkatnya Ankylosing spondylitis adalah : Gender (lebih sering menyerang laki-laki), usia (dewasa awal) dan faktor keturunan (genetis).

Komplikasi Akibat

Beberapa komplikasi yang dapat disebabkan oleh ankylosing spondylitis

  • Peradangan mata (uveitis). Menimbulkan nyeri pada mata, sensitiv terhadap cahaya dan pandangan menjadi kabur.
  • Compression fractures. Tulang menjadi mengecil, tulang belakang yang lemah menjadi rentan ‘hancur’, punggung bungkuk, patahnya tulang belakang dapat merusak saraf tulang belakang dan saraf yang melewati tulang belakang.
  • Kesulitan bernapas. Tulang iga yang menyatu menjadi sulit bergerak ketika bernapas, sehingga paru-paru tidak dapat mengembang sepenuhnya.
  • Masalah jantung. Aorta membesar (arteri terbesar dalam tubuh).

Diagnosa

Diagnosis Ankylosing spondylitis adalah :

  • Imaging tests : X-rays Computerized tomography (CT) dan Magnetic resonance imaging (MRI).
  • Lab tests : Tes darah.

Pengobatan

Tujuan perawatan Ankylosing spondylitis adalah untuk menghilangkan kaku, nyeri dan mencegah terjadinya komplikasi. Misalnya dengan :

  • Obat-obatan. Misalnya Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) (contoh: naproxen : Aleve, Naprosyn atau indomethacin : indocin). Efek samping dari obat-obatan ini adalah kemungkinan terjadi pendarahan pada pencernaan.
  • Jika NSAIDs tidak membantu, dokter akan menyarankan penggunaan tumor necrosis factor (TNF) blockers contoh: Adalimumab : Humira, Etanercept : Enbrel, Infliximab : Remicade, Golimumab : Simponi.
  • Terapi fisik.
  • Pembedahan.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Ankilosis Spondilitis

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Ankilosis Spondilitis ?
Ask Doctor