Profile
All Topic

Pusat Informasi Artroplasti

Tentang Artroplasti

Adalah pembedahan yang dilakukan untuk merekonstruksi atau penggantian sendi yang bermasalah (sakit) dengan sendi tiruan dari bahan dasar metal, karet silikon atau plastik. Artroplasti memang belum tentu menyembuhkan 100% namun dapat membantu memperbaiki fungsi sendi, biasanya dilakukan pada pinggul atau lutut, keduanya adalah tulang yang menopang sebagian besar berat tubuh. Terkadang, dilakukan pada sendi di tangan untuk menyembuhkan artritis. Artroplasti sebaiknya dilakukan jika, gejala tidak membaik setelah penggunaan obat-obatan, injeksi sendi dan terapi fisik. Nyeri bertambah parah.

Indikasi Artroplasti

Tujuan Artroplasti

Tujuan dari arthroplasty adalah untuk mengembalikan fungsi sendi sinovial kaku dan menghilangkan rasa sakit. Sebagai prosedur pembedahan, biasanya dilakukan ketika perawatan medis belum membaik fungsi dalam sendi yang terkena. 

Faktor Resiko

 Ada dua jenis operasi arthroplastic
 1. Joint recection : melibatkan menghapus sebagian tulang dari sendi kaku, meningkatkan ruang antara tulang untuk meningkatkan jangkauan gerak.
 2 Interpositional reconstruction : operasi untuk membentuk kembali bersama dan menambahkan disk palsu antara dua tulang yang membentuk sendi.

Operasi arthroplasty tidak mudah sehingga harus dilakukan dokter ahli bedah ortopedi yang telah mengikuti pendidikan khusus arthroplasty. Dokter menggunakan mesin gergaji khusus guna meratakan dan membentuk tulang secara akurat sebagai tempat dudukan permukaan sendi buatan sehingga prothese dapat stabil.

Efek Samping Artroplasti

Beberapa efek samping dari artroplasti adalah :

  • Infeksi
  • Pembekuan darah
  • Sendi menjadi longgar

Artroplasti dilakukan pada orang yang menderita sakit parah seperti mengalami kelumpuhan dan kekakuan sendi. Tes diagnostik biasanya akan mencakup:

  • X ray dari sendi yang terkena (dan sendi lain juga) untuk menentukan hilangnya ruang sendi dan untuk membedakan antara OA dan RA. tomography (Cat scan), magnetic resonance (MRI), dan densitometri tulang untuk menilai kehilangan tulang atau infeksi tulang.

Semua tindakan ini sudah dapat dikerjakan di Indonesia dengan hasil yang baik, walaupun baru di beberapa rumah sakit karena terbatasnya tenaga orthopaedi yang dididik untuk tindakan arthroplasty ini tidak ada sendi yang lebih baik dari sendi asli, jadi peliharalah sendi kita sebaik mungkin dengan menjaga  berat badan olah raga teratur, cukup asupan gizi dan bila mengalami cedera sendi yang berat segeralah barobat ke dokter.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Artroplasti

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Artroplasti ?
Ask Doctor