Profile
All Topic

Pusat Informasi Artroskopi

Tentang Artroskopi

Artroskopi adalah prosedur untuk mendiagnosa dan perawaatan pada gangguan sendi (terutama artritis). Selama proses berlangsung, akan dimasukan sebuah tabung halus ke daerah sendi yang bermasalah, dengan artroskopi, torehan yang dibuat juga tidak terlalu besar dan waktu pemulihan relativ lebih cepat daripada melakukan operasi. Biasanya dilakukan pada lutut, pundah, siku, engkel, pinggul dan pergelangan tangan. Artroskopi dapat digunakan untuk mengobati fragmen tulang yang longgar, kartilago (tulang rawan) yang rusak, peradangan lapisan sendi, infeksi sendi dan jaringan yang tumbuh berlebih pada sekitar sendi.

Gejala

Adapun efek samping yang bisa terjadi setelah proses artroskopi, yaitu :

  • Kerusakan jaringan. Dapat pula merusak struktur sendi, pembuluh darah dan saraf.
  • Proses yang dilakukan lebih dari dua jam dapat meningkatkan resiko terjadinya pembekuan darah
  • Infeksi
  • Kaku nyeri dan nyeri yang berkepanjangan

Kemungkinan Anda harus melakukan tes darah dan urin terlebih dulu sebelum melakukan artroskopi:

  • Pendarahan
  • Penumpukan tekanan dalam otot (sindrom kompartemen)

 Penting untuk memahami risiko dan efek samping dari pemeriksaan Artroskopi. Mintalah dokter Anda untuk menjelaskan risiko, manfaat, dan kekurangan dari tes, dan jangan malu untuk menyelidiki lebih lanjut sampai Anda merasa puas oleh tanggapan dokter.

Dokter juga perlu tahu tahu jika Anda sedang hamil, memiliki kondisi medis atau telah memiliki sejarah luka pada sendi. Sebelum pemeriksaan, Anda dianjurkan tidak makan dan minum selama 8 jam. Tes ini dilakukan di rumah sakit atau klinik oleh dokter spesialis bedah. Anda akan menerima anestesi umum, regional, maupun lokal Tergantung pada bagian sendi yang diperiksa. Prosedur ini biasanya memakan waktu antara 30 menit sampai 2 jam.

Pemasangan arthroscope dilakukan oleh dokter bedah. Pada alat tersebut terpasang kamera yang berfungsi menampilkan bagian dalam sendi di layar. Dokter juga membuat sayatan tambahan ke dalam kulit untuk memungkinkan masuknya alat-alat bedah yang diperlukan untuk memperbaiki kerusakan.Setelah pemeriksaan, dokter akan memberikan antibiotik untuk mencegah infeksi dan obat penghilang rasa sakit. Anda harus menjaga perban yang menutupi luka untuk tetap kering selama beberapa minggu agar luka cepat sembuh.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Artroskopi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Artroskopi ?
Ask Doctor