Profile
All Topic

Pusat Informasi Asam Urat

Tentang Asam Urat

Gangguan metabolisme ialah keadaan tidak stabilnya produksi energi dalam tubuh. Kebanyakan penyakit metabolik adalah kondisi yang diwariskan berdasarkan pola keturunan, sebagian di antaranya dipicu oleh faktor lingkungan semisal pola makan, polusi, infeksi, dan sebagainya.

Metabolisme

Metabolisme secara harfiah berarti “perubahan” yang menyangkut segala transformasi kimiawi serta energi yang terjadi didalam tubuh, Metabolisme dibagi menjadi:

1. Katabolisme: proses reaksi kimiawi yang memecah substansi komplek menjadi yang lebih sederhana, umumnya menghasilkan energi.

Contoh: pembakaran gula di dalam sel tubuh

2.   Anabolisme proses reaksi kimia yang dengan komsumsi tenaga membangun substansi komplek dari substansi yang sederhana.( proses pembentukan senyawa ) tidak menghasilkan energi tapi mengambil energi.

Contoh: sintese protein komplek dari asam amino.   

 

Gangguan Metabolisme

Gangguan metabolisme tubuh akan memberi dampak berupa gangguan fungsi organ memicu berbagai penyakit seperti obesitas,  stroke, diabetes, hiperthroid, hypothyroid, hipertensi, hiperkolesterol/ trigliserid, penyakit jantung. Gangguan metabolisme tubuh bisa saja dialami oleh setiap orang bahkan bayi yang baru saja lahir bisa mengalami gangguan metabolisme.

Ada kurang-lebih 180 jenis Gangguan  metabolism yang herediter, dari jenis yang tidak berbahaya sampai jenis yang serius mengganggu, dan bahkan bisa menimbulkan kematian bayi baru lahir  handicap fisik dan mental.

Faktor Resiko

 

 

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Asam Urat

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Asam Urat ?
Ask Doctor