Profile
All Topic

Pusat Informasi Asma

Tentang Asma

Asma merupakan kondisi saat terjadinya pembengkakan dan peradangan pada saluran udara yang mengarah ke paru-paru Anda. Ketika asma kambuh, saluran udara mengencang dan menjadi sempit. Hal ini membuat udara tidak dapat lewat dengan mudah dan membuat pasien sulit untuk bernapas. Saat hal tersebut terjadi, inilah yang disebut serangan asma atau eksaserbasi. Asma menyerang orang dengan cara yang berbeda-beda. Sebagian orang hanya menderita asma pada musim-musim alergi atau ketika bernapas pada udara dingin, atau ketika mereka sedang berolahraga. Jika Anda memiliki beberapa serangan asma, Anda masih perlu untuk mengobati asma Anda. Pembengkakan dan peradangan pada saluran napas dapat menyebabkan perubahan permanen dalam saluran udara paru-paru dan membahayakan Anda. Meski asma tergolong penyakit sumur hidup, banyak orang berhasil hidup aktif dan bahagia melalui pengobatan. Banyak orang dengan asma hidup aktif, hidup penuh. Meskipun asma adalah penyakit seumur hidup, pengobatan dapat mengendalikan dan menjaga Anda tetap sehat.

Gejala

Gejala asma bervariasi pada setiap orang, dapat ringan bahkan parah. Suatu waktu Anda dapat terserang asma, dan dilain waktu Anda memiliki gejala asma seperti nafas yang berat bahkan dapat terjadi keduanya. Namun gejala yang biasanya terjadi adalah :

  • Terjadi suara, keras atau lembut, saat bernapas
  • Batuk secara berlebihan
  • Terasa penyempitan pada rongga dada
  • Napas cenderung pendek
  • Mudah lelah setelah berolahraga
  • Mengalami kesulitan tidur akibat batuk atau kesulitan bernapas.
     

Gejala asma akan terasa makin parah terutama saat malam hari. Serangan asma yang berat dapat membahayakan hidup seseorang dan membutuhkan perawatan darurat.

Penyebab

Para peneliti belum mengetahui secara pasti alasan mengapa asma dapat terjadi, namun beberapa hal ini dianggap menjadi penyebab asma adalah :

  • Asma merupakan penyakit keturunan
  • Asma cenderung terjadi pada orang-orang yang memiliki alergi, meskipun tak seluruh penderita alergi menderita asma, dan tidak selamanya penderita asma memiliki alergi.
  • Polusi dapat menyebabkan asma dan membuatnya semakin buruk

 

 

Faktor Resiko

Beberapa faktor yang mungkin meningkatkan risiko terserang asma antara lain :

  • Sejarah keluarga dengan asma
  • Sering mengalami infeksi saluran pernapasan ketika kecil
  • Terkena asap rokok
  • Tinggal di lingkungan perkotaan, khususnya jika terdapat polusi udara
  • Terkena pemicu saat bekerja, seperti pengunaan zat kimia pada pertanian, bekerja sebagai penata rambut atau bekerja di pabrik
  • Berat badan yang rendah saat lahir
  • Kegemukan

Pengobatan

Beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk pengobatan asma, diantaranya :

  • Lakukan pengecekan asma dalam jangka panjang dengan dokter. Gunakan obat yang melalui proses pengawasan yang baik dari dokter. Dengan berkonsultasi pada dokter, anda akan mengetahui cara yang benar dalam menggunakan alat semprot mulut sehingga Anda dapat bernapas dengan lebih baik.
  • Segera lakukan pengobatan saat serangan asma terjadi. Menggunakan obat ‘reaksi cepat’ seperti albuterol dapat membantu saluran nafas Anda melebar sehingga mempermudah proses pernafasan.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Sesak Nafas Berkepanjangan, Penyakit Pernafasan Apakah Yang Saya Alami Ini?

    Dok saya berumur 20 thn saya sering sekali mengalami sesak nafas dan nyeri dada ketika malam hari kondisi saat tidur dan itu sangat mengganggu. Gak tau ini penyakit asma atau alergi pokoknya kalau aktifitas saya padet dan kelelahan pada malam hari saya selalu mengalami sesak nafas dan berbunyi ,dada saya sakit sekali. Penyakit ini sudah lama sejak saya kecil pun kalau udah kecapean pasti malemnya batuk disertai sesek nafas. Ini membuat saya sangat frustasi pernah sewaktu2 saya mengalami sesek nafas luar biasa dada sakit 3 hari . Rasanya mau mati nafas tidak beraturan keringat dingin.

    Detail Answer
  • Pernafasan

    Assalamualaikum dok ,saya mau tanya saya belum pernah periksa k dokter . Tapi saya sering cari tahu di internet ,kalo saya kecapean saya sering sesak dan nafas berbunyi ,,saya menganggap itu asma. Tapi kalo sedang kmbuh terus saya batuk .kenapa suka sakit dada ya dok ?

    Detail Answer
  • Sesak Napas

    Maaf dok saya ingin bertanya, malem ini saya sesak napas dan berbunyi ngik, diselingi batuk. Sebelumnya saya sore harinya abis bersih2 perobatan yang berdebu. Cara untuk menghilangkannya gimana ya dok, dan obat yang cocok apa ya dok? Terimakasih

    Detail Answer
  • Saya Sering Sekali Sesak Nafas.. Tapi Bukan Asma

    Selamat malam.. Ibu/Bpk YTH Selamat malam.. Ibu/Bpk perkenalkan saya Daffi usia 20thn dari jakarta.. Kemarin malam saya mengalami sesak nafas parah.. Sehingga membuat saya panik dan gelisah biasanya saya jarang mengalami sesak nafas ketika sesak nafas ituu kambuh dengan meminum air putih akan reda.. Namun kemarin malam itu sangat berbeda sekali benar benar membuat saya takut dan panik apakah ini Angina atau bukan.. Karna yang saya rasakan -Sesak Nafas -Berkeringat -Badan saya terasa lemas Apakah ini ciri-ciri angina atau penyakit sesak nafas lainnya ? Saya akui memang saya suka bergadang karna saya berkerja di Perusahan Ritel 24jam dan juga saya merokok,mohon penjelasannya para Ibu/Bpk Dokter yang saya Hormati Terima kasih.

    Detail Answer
  • Ramuan Tradisional Untuk Sesak Napas Dan Batuk Setiap Malam?

    Dok saya sering sesak napas dan batuk tiap malam hari. saya sudah minum obat tapi masih tetap, ingiinnya ramuan herbal jangan obat modern. Tapi Bagaiama dan ramuan apa yang efektif untuk mengobatinya. Terima kasih dok.

    Detail Answer
  • Orang Tua Susah Makan

    Selamat pagi dokter, orang tua sy sering susah makan jadi kesehatannya terganggu, ayah saya juga pernafasannya sering terganggu jika berarktifitas terlalu banyak, kemudian ayah juga sering sakit deman dan kepala sakit disertai pusing sy sudah sering ajak ayah sy ke dokter tp beliau tidak mau karena ayah sy phobia trhdp jarum suntik. sy ingin bertanya dok,kira" obat/vitamin apa yg bisa sy berikan ke ayah sy agar kesehatannya tetap terjaga ya dok???

    Detail Answer
  • Bayi Sering Menarik Nafas Panjang Dan Terengah Engah

    Malam dok.. anak saya usia 5 bulan kalau mau nyusu kepala nya keatas mata ke atas dan narik nafas panjang terengah2 sambil berteriak.. itu kenapa ya dok?

    Detail Answer
  • Bingung Waswa Dan Pengen Tau Apa Yang Di Derita

    Maaf dok saya mau bertanya dan brcerita sdikit tntang riwayat sya... Dlu ktika sya kecil kira kira saat itu msih SD sya d tetapkn mngidap bronchitis stelah rutin mnum obat yg d ksih sya d nyatakn smbuh.. Tpi trkadang msih mrasakn sesk nafas tpi itu jrang sekali dan sring hlang dgn sndirinya.. Stlah dwsa pda saat sya keadaan hamil saya d nyatakn bronchitis dan sya brobat stelah sya melahirkn,, sya cek dgn fto rongsen dan tes darah dan kta dkter sya bronchitis dan msti brobat chekup slama 6 blan sya d beri obat rimfapicin tibigon dn inadoxin dn d nytkan smbuh. Dri prtma brobat smpai akhir rongsen 3x paru d nytakn bgus. Dan sya mrsakn sesak nfas tiap tngah mlm stlah d priksa dn membritau pngbatn sblumnya mlh d bilang TBC kn jdi bingung. Yg sya rsakn sesak nafas klo tngah mlm lgi tdr tibatiba sesak, kringetan dan pnggung dngin btuk dan kluar smacam lndir dan mdah cpe d blang asma krna paru nya msih brbunyi ktika nafas ngikngik dan sya d bri obt diskus dan asma dan radang kn smkin bingung

    Detail Answer
  • Asma Kembali Kambuh?

    Doj tetangga saya asmanya sering kambuh.. Kok bisa ya dok

    Detail Answer
  • Asma

    Dokter.. Anak saya umur 2 bulan sesak nafas, nafasnya sedijit berbunyi.. Apakakah asma dokter? Setahu saya keluarga kami tidak ada yang asma

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Asma

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Asma ?
Ask Doctor