Profile
All Topic

Pusat Informasi Batu Ginjal

Tentang Batu Ginjal

Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Ginjal melakukan aktifitas penyaringan darah, sekaligus mengeluarkan sampah-sampah dan cairan kotor dalam tubuh dalam rupa urin. Sedangkan sistem organ dalam tubuh yang memproduksi, menyimpan, dan mengalirkan urin adalah sistem urin. Disaat ginjal dan saluran urin tidak bekerja dengan baik, maka proses pengeluaran kotoran pada tubuh Anda akan terhambat dan membuat Anda sakit.

Ginjal

Ginjal kanan sedikit lebih rendah dan kiri, karena hati menduduki ruang banyak di sebelah kanan. Setiap ginjal panjangnya 6 – 7,5 cm, dan tebal 1,5 – 2,5 cm. Pada orang dewasa beratnya kira-kira 140 gr. Bentuk ginjal seperti biji kacang dan sisi dalamnya atau hilum menghadap ke tulang punggung, sisi luarnya cembung. Ginjal kanan lebih pendek dan lebih tebal dari yang kiri. Ginjal dapat dibedakan menjadi bagian korteks yakni lapisan sebelah luar warnanya coklat agak terang dan medulla yaitu lapisan sebelah dalam warnanya agak gelap.

Cara Kerja Ginjal

  • Mempertahankan keseimbangan H2O dalam tubuh
  • Memelihara volume plasma yang sesuai sehingga sangat berperan dalam pengaturan jangka panjang tekanan darah arteri
  • Membantu memelihara keseimbangan asam basa pada tubuh
  • Mengekskresikan produk-produk sisa metabolisme tubuh
  • Mengekskresikan senyawa asing seperti obat-obatan
  • Mengubah vitamin D kebentuk aktifnya

Faktor Resiko

Ginjal memainkan peranan penting dalam fungsi tubuh, tidak hanya dengan menyaring darah dan mengeluarkan produk-produk sisa, namun juga dengan menyeimbangkan tingkat-tingkat elektrolit dalam tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menstimulasi produksi dari sel-sel darah merah. Ginjal mempunyai kemampuan untuk memonitor jumlah cairan tubuh, konsentrasi dari elektrolit-elektrolit seperti sodium dan potassium, dan keseimbangan asam-basa dari tubuh. Ginjal menyaring produk-produk sisa dari metabolisme tubuh, seperti urea dari metabolisme protein dan asam urat dari uraian DNA. Dua produk sisa dalam darah yang dapat diukur adalah Blood Urea Nitrogen (BUN) ureum (Ur) dan kreatinin (Cr). Ketika darah mengalir ke ginjal, sensor-sensor dalam ginjal memutuskan berapa banyak air dikeluarkan sebagai urin, bersama dengan konsentrasi apa dari elektrolit-elektrolit.

Contohnya, jika seseorang mengalami dehidrasi dari latihan olahraga atau dari suatu penyakit, ginjal akan menahan sebanyak mungkin air dan urin menjadi sangat terkonsentrasi. Ketika kecukupan air dalam tubuh, urin adalah jauh lebih encer, dan urin menjadi bening. Sistem ini dikontrol oleh renin, suatu hormon yang diproduksi dalam ginjal yang merupakan sebagian daripada sistem regulasi cairan dan tekanan darah tubuh.

Terdapat 3 Proses Penting Yang Berhubungan Dengan Proses Pembentukan Urine

1) Proses filtrasi (ultrafiltrasi)

Pembentukan urine dimulai dengan filtrasi sejumlah besar cairan yang bebas protein dari kapiler glomerolus ke kapsula bowman.

2) Proses absorpsi 

Proses absorpsi adalah terjadinya penyerapan kembali sebagian besar glukosa,  natrium, klorida, fosfat, dan ion bikarbonat.

3) Proses sekresi 

Sel tubuh membentuk amoniak yang bersenyawa dengan asam kemudian disekresi sebagai amonium supaya pH darah dan cairan tubuh tetap alkalis.

Metode Pemeriksaan Laboratorium

Beberapa metode pemeriksaan laboratorium dapat digunakan untuk mengevaluasi fungsi ginjal. Metode pemeriksaan yang dilakukan dengan mengukur zat sisa metabolisme tubuh yang diekskresikan melalui ginjal seperti ureum dan kreatinin.

1.Pemeriksaan Kadar Ureum

Pengukuran ureum serum dapat dipergunakan untuk mengevaluasi fungsi ginjal dan sangat membantu menegakkan diagnosis gagal ginjal akut.

2.Pemeriksaan Kadar Kreatinin

Kadar kreatinin berhubungan dengan massa otot, menggambarkan perubahan kreatinin dan fungsi ginjal. Penurunan fungsi ginjal yang progresif dan irreversibel  umumnya berakhir dengan gagal ginjal. Faktor risiko Gadal ginjal yaitu pasien dengan DM atau hipertensi, obesitas atau perokok, berumur lebih dari 50 tahun, dan dengan riwayat penyakit DM, hipertensi, dan penyakit ginjal dalam keluarga.

Pengobatan

 

 

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Sakit Pinggang Kiri Sampai Testis Sebelah Kiri

    Dok saya mau tanya kalau sakit pinggang sebelah kiri gak tertahan pinggul ,lutut, hingga testis itu knapa ya dok? Apakah benar batu ginjal? Mohon jawabanya

    Detail Answer
  • Bagaimana Menangani Kista Ginjal & Batu Ginjal?

    Dok, Ayah saya berusia 57 thn, mengidap batu ginjal dan kista ginjal, telah melalui pengobatan dan batu ginjalnya telah keluar dan juga kondisinya membaik. Namun, tidak lama ia sakit kembali. Bila diperhatikan, makananya menjadi sembarangan setelah merasa baikkan. Sekiranya langkah apa yang tepat dilakukan, kemudian adakah saran diet yang tepat? Karena, terakhir ke dokter, kami tidak mendapatkan saran tt diet yang cukup spesifik.

    Detail Answer
  • Apakah CT Scan Selalu Akurat?

    Siang Dokter .. saya mengalami ganjalan pada perut kanan saya, kemudian saya melakukan USG abdomen, dan hasilnya ada batu sebesar 4 mm pada sisi kanan saya, kemudian saya dirujuk untuk melakukan CT Scan perut dan hasilnya semua bersih juga tidak ada batu di empedu maupun ginjal, juga tidak ada pembengkakan di manapun, semua normal. Tetapi anehnya saya tetap masih merasakan ganjalan di perut kanan saya. Apakah hasil sitisken selalu akurat? Apa yang sebaiknya saya lakukan? Dokter mana yang seharusnya saya datangi kembali? Terima kasih dok...

    Detail Answer
  • Selaput Dara Sobek Atau Tidak?

    Hallo dok , saya wanita berusia 20thn dan belum menikah . saya mengalami masalah infeksi saluran kemih . dan pas saya pipis saya mengeluarkan batu besar sekali dok saya sampai nangis karna benar benar sakit sekali tapi saya sudah mengunjungi dokter . yang ingin saya tanyakan apakah dalam proses batu itu keluar dia menyobek selaput dara? karna banyak darah yg keluar dok .

    Detail Answer
  • Bisul

    Bagaimana cara mengatasi bisul?

    Detail Answer
  • Hematuria

    Dok saya mau bertanya. Tapi sebelumnya tolong jangan sarankan saya utk membawa hasil ini ke dokter. Saya mau tau hasil analisis dokter terhadap hasil cek ginjal & urine sbg berikut: BUN: 15.3 eGFR 73. Kreatinin 1.17.... Asam urat 6.5..... leukosit,nitrit,protein,glukosa, keton,uribilinogen,bilirubin semuanya negatif. Namun di dapatkan eritrosit sebanyak 10/μL dalam urine nya. Lalu jumlah total eritrositnya sebanyak 4.57 juta. Itu hasil milik ayah saya 53 tahun. Saya ingin bertanya, 10 eritrosit tiap lapang pandang dalam urine itu apakah banyak? Lalu, fungsi ginjal nya kan juga masih baik (GFR 73). Kira2 kenapa ya dok? Kalau ginjalnya yang salah kan brrti GFR bakalan turun dan ada protein di urine nya. Tp ini kan tidak ada. Ayah saya juga tidak ada keluhan apapun. Kencing tidak sakit. Tidak demam

    Detail Answer
  • Batu Ginjal ?!

    Selamat malam dok. Dok bantu ginjal itu benar bisa karena kebanyakan makan jengkol ya dok? Saya baru dengar dok?

    Detail Answer
  • Susah Kencing

    Saya merasakan perih di ujung penis, dan kencing tidak lancar, tapi saya tidak merasakan anyang anyangen

    Detail Answer
  • Batu

    Selamat pagi dokter. Ingin bertanya. Apakah sama batu ginjal dan batu kandung kemih? Mhon balasannya

    Detail Answer
  • Hasil Lab Urin Blood

    Selamat pagi dokter saya barusan test lab urin dan hasil nya blood +2 dan yang lain normal kira" ada masalah apa ya dokter

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Batu Ginjal

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Batu Ginjal ?
Ask Doctor