Profile
All Topic

Pusat Informasi Batu Ginjal

Tentang Batu Ginjal

Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Ginjal melakukan aktifitas penyaringan darah, sekaligus mengeluarkan sampah-sampah dan cairan kotor dalam tubuh dalam rupa urin. Sedangkan sistem organ dalam tubuh yang memproduksi, menyimpan, dan mengalirkan urin adalah sistem urin. Disaat ginjal dan saluran urin tidak bekerja dengan baik, maka proses pengeluaran kotoran pada tubuh Anda akan terhambat dan membuat Anda sakit.

Ginjal

Ginjal kanan sedikit lebih rendah dan kiri, karena hati menduduki ruang banyak di sebelah kanan. Setiap ginjal panjangnya 6 – 7,5 cm, dan tebal 1,5 – 2,5 cm. Pada orang dewasa beratnya kira-kira 140 gr. Bentuk ginjal seperti biji kacang dan sisi dalamnya atau hilum menghadap ke tulang punggung, sisi luarnya cembung. Ginjal kanan lebih pendek dan lebih tebal dari yang kiri. Ginjal dapat dibedakan menjadi bagian korteks yakni lapisan sebelah luar warnanya coklat agak terang dan medulla yaitu lapisan sebelah dalam warnanya agak gelap.

Cara Kerja Ginjal

  • Mempertahankan keseimbangan H2O dalam tubuh
  • Memelihara volume plasma yang sesuai sehingga sangat berperan dalam pengaturan jangka panjang tekanan darah arteri
  • Membantu memelihara keseimbangan asam basa pada tubuh
  • Mengekskresikan produk-produk sisa metabolisme tubuh
  • Mengekskresikan senyawa asing seperti obat-obatan
  • Mengubah vitamin D kebentuk aktifnya

Faktor Resiko

Ginjal memainkan peranan penting dalam fungsi tubuh, tidak hanya dengan menyaring darah dan mengeluarkan produk-produk sisa, namun juga dengan menyeimbangkan tingkat-tingkat elektrolit dalam tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menstimulasi produksi dari sel-sel darah merah. Ginjal mempunyai kemampuan untuk memonitor jumlah cairan tubuh, konsentrasi dari elektrolit-elektrolit seperti sodium dan potassium, dan keseimbangan asam-basa dari tubuh. Ginjal menyaring produk-produk sisa dari metabolisme tubuh, seperti urea dari metabolisme protein dan asam urat dari uraian DNA. Dua produk sisa dalam darah yang dapat diukur adalah Blood Urea Nitrogen (BUN) ureum (Ur) dan kreatinin (Cr). Ketika darah mengalir ke ginjal, sensor-sensor dalam ginjal memutuskan berapa banyak air dikeluarkan sebagai urin, bersama dengan konsentrasi apa dari elektrolit-elektrolit.

Contohnya, jika seseorang mengalami dehidrasi dari latihan olahraga atau dari suatu penyakit, ginjal akan menahan sebanyak mungkin air dan urin menjadi sangat terkonsentrasi. Ketika kecukupan air dalam tubuh, urin adalah jauh lebih encer, dan urin menjadi bening. Sistem ini dikontrol oleh renin, suatu hormon yang diproduksi dalam ginjal yang merupakan sebagian daripada sistem regulasi cairan dan tekanan darah tubuh.

Terdapat 3 Proses Penting Yang Berhubungan Dengan Proses Pembentukan Urine

1) Proses filtrasi (ultrafiltrasi)

Pembentukan urine dimulai dengan filtrasi sejumlah besar cairan yang bebas protein dari kapiler glomerolus ke kapsula bowman.

2) Proses absorpsi 

Proses absorpsi adalah terjadinya penyerapan kembali sebagian besar glukosa,  natrium, klorida, fosfat, dan ion bikarbonat.

3) Proses sekresi 

Sel tubuh membentuk amoniak yang bersenyawa dengan asam kemudian disekresi sebagai amonium supaya pH darah dan cairan tubuh tetap alkalis.

Metode Pemeriksaan Laboratorium

Beberapa metode pemeriksaan laboratorium dapat digunakan untuk mengevaluasi fungsi ginjal. Metode pemeriksaan yang dilakukan dengan mengukur zat sisa metabolisme tubuh yang diekskresikan melalui ginjal seperti ureum dan kreatinin.

1.Pemeriksaan Kadar Ureum

Pengukuran ureum serum dapat dipergunakan untuk mengevaluasi fungsi ginjal dan sangat membantu menegakkan diagnosis gagal ginjal akut.

2.Pemeriksaan Kadar Kreatinin

Kadar kreatinin berhubungan dengan massa otot, menggambarkan perubahan kreatinin dan fungsi ginjal. Penurunan fungsi ginjal yang progresif dan irreversibel  umumnya berakhir dengan gagal ginjal. Faktor risiko Gadal ginjal yaitu pasien dengan DM atau hipertensi, obesitas atau perokok, berumur lebih dari 50 tahun, dan dengan riwayat penyakit DM, hipertensi, dan penyakit ginjal dalam keluarga.

Pengobatan

 

 

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Pinggang Sebelah Kiri Sakit

    Selamat sore dok, Saya mau tanya, pinggang sebelah kiri saya terasa nyeri saat duduk dan buang air kencing Penyakit apa ya dok kira2??

    Detail Answer
  • Obat Batu Empedu

    Dok saya mau tanya, obat batu empedu untuk lansia yang bagus apa ya dok?

    Detail Answer
  • Sakit Perut Kiri Bagian Bawah

    saya mau tanya kenapa perut saya bagian kiri bawah sakit? apa solusinya?

    Detail Answer
  • BAB Berdarah

    dok mau tanya lagi kalo bab teman saya berdarah kenapa yah?

    Detail Answer
  • Batu Ginjal

    selamat siang dok, saya mau nanya. beberapa hari ini ayah saya mengeluh katanya waktu buang air kecil pinggang bagian bawahnya sakit sampai ke perut. apa mungkin itu ciri-ciri batu ginjal ya dok?

    Detail Answer
  • Nyeri Saat Pipis

    Selamat siang dok, saya Pria usia 33 thn, bulan Februari 2016 ketika pipis warnanya agak merah, kemudian saya cek lab ternyata ada batu hiperden ukuran 3.2x3.5x4.1, setinggi L3 proyeksi proximal ureter kiri, setelah itu diberi obat harnal D 0.2 mg diminum selama 5 hari, namun selama 5 hari itu tdk terasa ada batu yg keluar saat pipis tapi pipisnya sdh normal, jd tdk saya cek ke dokter lagi, akhir Juli 2016 gejala pipisnya merah berulang lagi, tp disertai dengan "anyang-anyangan" dan sensasi geli ngilu di bagian dalam penis, apakah masih ada kaitannya dengan batu ginjal sebelumnya atau merupakan penyakit baru, mohon infonya, terima kasih

    Detail Answer
  • Batu Ginjal, Hati Atau Gangguan Ginjal ?

    Apa diagnosa yang tepat untuk keluhan sakit pinggang yg amat sangat yang tiba2 di kanan bawah sekitar panggul di atas bokong ?. keluhan di mulai tgl 12. Hingga kini baru 2 x keluhan itu mncul. keluhan mnyusul, tidak ada keinginan BAB dan tdak ada keinginan utk buang angin. keluhan hilang stlh di beri obat pencahar. berganti rasa tidak enak di perut, serasa penuh dan keras walaupun sudah BAB. 2 dokter umum berbeda diagnosa, dokter prtama : batu ginjal dokter ke dua : Abdomen akut 1 dokter internis : Gangguan ginjal krn sumbatan batu Pemeriksaan penunjang medis yg sudah dilakukan : - Rontgen : suspect hepatomegali - USG : Ginjal membesar dan ada sumbatan batu - Laboratorium : Kreatinin : 1.9 mg/dl Ureum darah : 54 mg/dl Kenyataan : pipis lancar, tdk tersendat,

    Detail Answer
  • Sakit Sekitar Pinggang

    Siang Sok, mau tanya setiap bangun tidur belakangan ini sering nyerii sekitar pinggang belakang seperti daerah ginjal kira2 gejala apa ya Dok. Makasih

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Batu Ginjal

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Batu Ginjal ?
Ask Doctor