Profile
All Topic

Pusat Informasi Bipolar Disorder

Tentang Bipolar Disorder

Bipolar disorder (Gangguan bipolar) atau biasa disebut depresi manic, adalah suatu kondisi disorientasi yang menyebabkan pergeseran ekstrim dalam suasana hati. Seperti naik roller coaster gerak lambat, pasien dapat menghabiskan minggu merasa seperti mereka berada di puncak dunia sebelum terjun ke dalam depresi tanpa henti. Dalam setiap tahun tertentu, gangguan bipolar mempengaruhi lebih dari 2% orang dewasa Amerika.

Gejala

Beberapa gejala bipolar disorder adalah :

  • Sedih 
  • Cemas
  • Kehilangan energi 
  • Putus asa
  • Sulit berkonsentrasi
  • Kehilangan minat dalam kegiatan yang dulunya menyenangkan
  • Kehilangan berat badan
  • Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit
  • Adanya rasa ingin bunuh diri.

Penyebab

Dokter tidak yakin apa penyebab gangguan bipolar. Sebuah teori terkemuka mengatakan bahwa bahan kimia otak yang berfluktuasi normal. Ketika kadar bahan kimia tertentu menjadi terlalu tinggi, pasien mengembangkan gejala ini. Ketika tingkat drop terlalu rendah, depresi dapat terjadi.

Faktor Resiko

Gangguan bipolar mempengaruhi pria dan wanita sama. Dalam kebanyakan kasus, timbulnya gejala pada saat seseorang berusia antara 15 dan 30 tahun. Orang-orang berada pada risiko tinggi jika ada anggota keluarga telah didiagnosis, terutama jika itu adalah kerabat tingkat pertama, tetapi dokter tidak berpikir gangguan ini terjadi berdasarkan genetika saja. Sebuah peristiwa stres, penyalahgunaan narkoba, atau faktor lain yang tidak diketahui dapat memicu siklus pasang surut.

Diagnosa

Sebuah langkah penting dalam mendiagnosis gangguan bipolar adalah untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain dari perubahan suasana hati yang ekstrim. Hal ini mungkin termasuk infeksi otak atau gangguan neurologis lainnya, penyalahgunaan zat, masalah tiroid, HIV, ADHD, efek samping obat tertentu, atau gangguan kejiwaan lainnya. Tidak ada tes laboratorium untuk gangguan bipolar. Seorang psikiater biasanya membuat diagnosis berdasarkan sejarah yang cermat dan evaluasi mood pasien dan gejala lainnya.

Pengobatan

Pengobatan dapat dilakukan dengan cara :

  • Meminum obat-obatan. Kunjungi dokter untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  • Terapi bicara
  • Electroconvulsive Therapy (ECT), merupakan cara terbaik jika seseorang tidak dapat sembuh melalui obat-obatan atau psikoterapi.

Pencegahan

Membentuk rutinitas hidup dapat membantu mengelola gangguan bipolar. Rutinitas harus mencakup tidur yang cukup, makan teratur, dan olahraga. Karena alkohol dan narkoba dapat memperburuk gejala-gejala, kedua hal ini harus dihindari. Pasien juga harus belajar untuk mengidentifikasi tanda-tanda pribadi depresi secara dini. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk mendapatkan bantuan sebelum berada di luar kendali.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Bipolar

    Dear doctor Selamat malam dok, Saya ingin bertanya mudah gelisah, susah tidur dan kalau pun bisa tidur selalu mimpi buruk dan serasa saya belum tidur padahal bila dihitung tidurnya cukup sekitar 6 atau 7 jam, sulit berkonsentrasi, mood sering berubah -ubah kadang senang tp dlm sekejap bisa sedih atau murung. Selalu merasa bersalah, tidak berguna, terlalu banyak bicara tapi seringnya tidak sesuai apa yang kita bicarakan dengan yg yg ditangkap oleh orang lain. Dengan kata lain bila mengobrol dengan orang lain kadang tidak nyambung. Apakah ciri - ciri diatas termasuk ciri-ciri bipolar? Sedangkan di kelurga saya ada yg mengidap ─Ćepresi yg cukup akut. Bahkan sampai di rawat di RS. Mungkinkah saya mengidap bipolar? Jika benar, langkah apa yg harus saya lakukan selanjutnya? Terima kasih

    Detail Answer
  • Apakah Saya Bipolar

    Dok saya mau tanya, saya seorang pelajar, di lingkungan saya, saya selalu tertekan karena selalu dibully secara fisik ataupun verbal serta keluarga saya yang sering bertengkar, namun setelah saya lulus SMA saya merasakan emosi saya berubah dengan cepat. Kadang saya berbicara banyak kepada teman saya bahkan memberitahu latar belakang saya dan memboroskan uang. Di saat itu juga saya berpikiran jijik,dan mengambil tindakan beresiko seprti lompat lompat kegirangan tanpa sebab, namun terkadang saya ingin sendiri,menangis, bahkan saya sudah mencoba bunuh diri sebanyak 3 kali dengan mencekik diri saya dengan tali. Sempat terpikirkan untuk gantung diri namun saya menahan diri. Apa saya bipolar dok say benar benar tidak tahu arah hidup saya, saya merasa depresi tetapi juga senang tolong beri sran ya dok trims.

    Detail Answer
  • Bipolar

    Dok saya seorang penderita bipolar tipe I, lama tidak kontrol ke psikolog karena saya tidak ingin ketergantungan obat. Saya tidak nyaman dengan durasi pengobatan yg sangat lama dan malu apa bila teman teman dan keluarga tahu bahwa saya seorang penderita bipolar. beberapa waktu lalu saya mengalami depresi berat dan melukai diri saya atas dasar kepuasan diri sendiri apakah bipolar saya semakin memburuk ?

    Detail Answer
  • Bipolar Akibat Depresi Berkepanjangan?

    malam dok, saya ingin bertanya. saya menderita depresi hampir setahun lamanya, seiring waktu, saya merasa ada yang aneh dengan perilaku saya, saya jadi merasa suka tiba tba berbicara yang tidak tidak tentang diri saya kepada orang lain hingga orang tersebut merasa terganggu, lalu ada periode dimana saya tidak berbicara pada orang lain namun berakhir menyakiti diri sendiri karena berhalusinasi bahwa orang orang yang saya ajak mengobrol tentang masalah saya sudah bosan/menganggap saya aneh/tidak peduli lagi dengan saya, hal tersebut terulang terus menerus hingga membuat saya mengisolasi diri, apakah saya terkena bipolar?

    Detail Answer
  • Curiga-an

    Dok.. saya seorang remaja labil. Saya sering stres sama emosi saya yg suka meledak-ledak tak terkendali. Saya ni paling benci sm orang-orang yg sok peduliin masalah saya pdhl sy tau mereka itu nikam dr belakang. Suka bikin jleb gitu loh. Itu bikin saya jadi veryvery privasiin apa aja masalah saya dr siapapun manusia yg pernah melihat wujud saya dan pernah kenal karakter saya. Misal, kalo saya cerita gini-gini tentang kakak saya ke temen saya, saya takut dia jadi bisa memandang saya dengan tridi, karena saya benci banget sm orang2 yg (sekali lagi) tau gmn dalem2nya saya. Soalnya juga saya paling nggak suka ngomongin perasaan, karena itu jadi bikin saya bertanya-tanya sendiri, apa benar begitu?? Apalagi pas saya lagi mumet, saya bisa tarik siapa aja yg ada di dekat saya utk dibanjiri curcol, trus dikemudianhari dia jd orang kesekian yg sy benci krn sy anggap terlalu mencampuri urusan saya..emangnya dia tau apaa??? gitu pikir saya.

    Detail Answer
  • Bipolar

    dok saya mengidap bipolar disorder tipe 2,saya merasa menjadi beban bagi orang2 terdekat sata,bagaimana caramenghadapi sikap saya yg sering tbtb menangis gatentu arah dan cukup lama

    Detail Answer
  • Obat Bipolar

    Dok saya ingin tanya, pasien bipolar tingkat berapa yang harus pakai obat dan berapa lama dia harus konsumsi obat itu?

    Detail Answer
  • Bipolar

    malam dok, dok saya mau bertanya tp sebelumnya saya ingin bercerita tentang masalah kejiwaan pasangan saya. dia termasuk org yg sangat sulit ditebak bahkan oleh saya sekalipun, sangat tertutup dan itu menjadikan dia org yg egois dan tidak mau mengalah karena merasa dirinya benar sendiri dia juga org yg sangat menyebalkan dalam ucapan sering membully secara verbal terkesan merendahkan org lain, kurang dalam penghargaan terhadap org disekitarnya, dia sangat sulit mengakui kesalahannya walaupun itu sudah jelas fatal apalagi meminta maaf, mudah sekali emosi bahkan karena hal kecil, tidak mau merubah dirinya karena merasa dia lah yg paling benar. selalu menyangkal setiap masukan org lain dgn cara memberikan argumentasi sesuai keyakinannya. ketika dgn saya, dia bisa sangat emosi sampai memaki dan besoknya dia bertingkah seolah tidak terjadi apa-apa. apakah dia bipolar dok? atau kelainan jiwa lainnya dan bagaimana menghadapi atau mengobatinya? terima kasih dok

    Detail Answer
  • Kecenderungan Bipolar Atau Hanya Depresi Biasa?

    sy perempuan, 20th, sy tdk pakai depresan sy mudah depresi dn tertekan jk mendapat bbrp masalah sekaligus. jk sy sdg depresi, hny sy pendam. sbnrny sy sgt pendiam, tp kdg jika teringat suatu hal, jantung sy berdebar kencang dn sy tertawa sndri. kdg tnp mengingat kejadian apapun, dada sy terasa sakit dn sy merasa ingin menangis. emosi sy berubah2 ketika sy sndrian/sdg berkendara menyetir sndri. jka d dpn org lain, sy lbih bnyak diam dn jrng berekspresi. ad kalanya ketika masalah yg sy alami terlalu banyak, sy merasa ingin berteriak, ketika kesal terhadap hal spele sy bs meledak-ledak. tapi kdg suatu hal yg seharusnya membuat sy marah, sy justru tidak marah. sy sudah mengalami hal ini semenjak semester 1, dan skrg sy mau naik ke semester 6 (2017) sy terpikirkan dgn penyakit bipolar, tp sy rasa tingkat intensitas labilnya emosi sy tdk sebnyak bipolar. sy brtanya untk memastikan apa kondisi sy skrg ini bisa dkategorikan sbg penyakit mental yg mengharuskan sy untk ke psikolog/psikiater?

    Detail Answer
  • Gangguan Mental Aneh

    Dok, bagaimana pengalaman doktor tentang penggunaan veet untuk bulu kemaluan? Apa dibolehkan.

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Bipolar Disorder

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Bipolar Disorder ?
Ask Doctor