Profile
All Topic

Pusat Informasi Bipolar Disorder

Tentang Bipolar Disorder

Bipolar disorder (Gangguan bipolar) atau biasa disebut depresi manic, adalah suatu kondisi disorientasi yang menyebabkan pergeseran ekstrim dalam suasana hati. Seperti naik roller coaster gerak lambat, pasien dapat menghabiskan minggu merasa seperti mereka berada di puncak dunia sebelum terjun ke dalam depresi tanpa henti. Dalam setiap tahun tertentu, gangguan bipolar mempengaruhi lebih dari 2% orang dewasa Amerika.

Gejala

Beberapa gejala bipolar disorder adalah :

  • Sedih 
  • Cemas
  • Kehilangan energi 
  • Putus asa
  • Sulit berkonsentrasi
  • Kehilangan minat dalam kegiatan yang dulunya menyenangkan
  • Kehilangan berat badan
  • Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit
  • Adanya rasa ingin bunuh diri.

Penyebab

Dokter tidak yakin apa penyebab gangguan bipolar. Sebuah teori terkemuka mengatakan bahwa bahan kimia otak yang berfluktuasi normal. Ketika kadar bahan kimia tertentu menjadi terlalu tinggi, pasien mengembangkan gejala ini. Ketika tingkat drop terlalu rendah, depresi dapat terjadi.

Faktor Resiko

Gangguan bipolar mempengaruhi pria dan wanita sama. Dalam kebanyakan kasus, timbulnya gejala pada saat seseorang berusia antara 15 dan 30 tahun. Orang-orang berada pada risiko tinggi jika ada anggota keluarga telah didiagnosis, terutama jika itu adalah kerabat tingkat pertama, tetapi dokter tidak berpikir gangguan ini terjadi berdasarkan genetika saja. Sebuah peristiwa stres, penyalahgunaan narkoba, atau faktor lain yang tidak diketahui dapat memicu siklus pasang surut.

Diagnosa

Sebuah langkah penting dalam mendiagnosis gangguan bipolar adalah untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain dari perubahan suasana hati yang ekstrim. Hal ini mungkin termasuk infeksi otak atau gangguan neurologis lainnya, penyalahgunaan zat, masalah tiroid, HIV, ADHD, efek samping obat tertentu, atau gangguan kejiwaan lainnya. Tidak ada tes laboratorium untuk gangguan bipolar. Seorang psikiater biasanya membuat diagnosis berdasarkan sejarah yang cermat dan evaluasi mood pasien dan gejala lainnya.

Pengobatan

Pengobatan dapat dilakukan dengan cara :

  • Meminum obat-obatan. Kunjungi dokter untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  • Terapi bicara
  • Electroconvulsive Therapy (ECT), merupakan cara terbaik jika seseorang tidak dapat sembuh melalui obat-obatan atau psikoterapi.

Pencegahan

Membentuk rutinitas hidup dapat membantu mengelola gangguan bipolar. Rutinitas harus mencakup tidur yang cukup, makan teratur, dan olahraga. Karena alkohol dan narkoba dapat memperburuk gejala-gejala, kedua hal ini harus dihindari. Pasien juga harus belajar untuk mengidentifikasi tanda-tanda pribadi depresi secara dini. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk mendapatkan bantuan sebelum berada di luar kendali.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Kebingungan Pada Diri Saya (Female, 26 Years Old)

    Halo Dok, Selamat malam. Saya Nicky pernah didiagnos Bipolar disorder.. Saya sendiri kurang paham apa itu yang dimaksud dengan Bipolar disorder Yang saya rasakan saat ini saya merasa sangat terganggu dengan ketidakmampuan diri saya Saya sulit mengekspresikan diri saya seperti yang saya inginkan Jika orang-orang menghina meledek atau menjadikan saya bahan olok-olok, saya seolah tidak bisa bereaksi yang lain, saya hanya bisa tertawa. Kadang saya menghibur diri saya mengatakan bahwa saya kuat dengan tidak tampil tersinggung, tetapi saya tahu bahwa saya menghindari atau takut untuk marah pada mereka, karena biasanya kalau saya marah orang lain selalu pandai untuk membalikkan kesalahannya kepada saya sehingga sayalah yang malah jadi meminta maaf, tetapi setelah saya meminta maaf, saya merasa seperti sampah. Tapi saya tidak tahu apa yang harus dikatakan untuk membela diri saya, mereka terlalu pandai bersilat lidah dan membuat lelucon. Saya jadi sgt takut thdp orang dan selalu mau sempurna

    Detail Answer
  • Apakah Ada Kesalahan?

    Salam. Saya perempuan usia 22 tahun. Belum lama ini saya mengalami hal tidak enak. Pemicu sederhana, yaitu tetangga melakukan renovasi rumah hingga malam hari dan saya bertanya sopan mengenai pengerjaan sampai jam berapa karena waktu itu kebetulan saya menderita vertigo berat. Kemudian tetangga muncul di depan rumah lalu menyatakan dia tersinggung dgn cara berteriak dan menunjuk kearah saya hingga melakukan tindakan kekerasan memukul dgn gulungan kardus, serta melayangkan fitnah yg tdk masuk akal bagi saya. Kebetulan saya di perantauan hidup sendiri yang apabila libur selalu pulang ke kampung halaman. Sehingga tdk memiliki kesempatan ikut dlm acara warga dan gosip tentang saya berbagai macam, saya tau tapi tdk ambil pusing selama ini. Tapi sejak hari itu saya merasa jantung saya berdegup kencang, semakin tdk mau bersosialisasi, mencurigai semua orang, dan ingatan-ingatan masa lalu yg tdk enak bagi saya kembali keluar. Apakah hal ini merupakan gangguan mental? Terimakasih.

    Detail Answer
  • Kulit Terasa Ada Binatang Yang Berjalan

    Doc saya mau tanya , saya kan takut tuh sama namanya kecoa karena jijik sama geli nah sekitar 3bulan yg lalu kulit saya setiap bergesek sama pakaian eh bukan bergesek aja tapi kadang gak ngapa ngapain terasa ada yg jalan dikulit tapi tidak ada gatal , merah , bentol dan lain lain cuma terasa gitu aja. Apa itu penyakit ya? Saya sendiri kadang takut klo yg jalan kecoa tapi pas diraba tidak ada Terima kasih

    Detail Answer
  • Apakah Saya Bipolar Dan Bagaimana Mengontrol Diri?

    Assalammualaikum Dok. Saya perempuan berumur 18 thn. Saya kuliah tingkat satu, jauh dari keluarga karena merantau. Saya juga aktif diberbagai organisasi kampus. Akademik saya juga tidak terlalu parah. selama 2 bulan enah kenapa saya seperti berubah mood terus menerus. memikirkan banyak hal masalah kampus dan juga masalah pribadi. Terkadang semangat lalu tiba-tiba putus asa. kadang menangis tanpa sebab saat sendiri. Belum lagi emosi yang tidak kontrol. Saya sempat mencari tahu dan bertanya pada rekan saya yg sedang kuliah mengambil jurusan psiklog. Sempat ikut tes online bipolar. Hasilnya memang terkena bipolar. Saya lelah dengan keadaan seperti ini dok. bagaimana caranya agar saya bisa hidup tenang? tidak berubah mood seperti ini. Trima kaih dok.

    Detail Answer
  • Korban Pembullyan

    Dok saya ini anak laki laki tapi karena saya salah pencet sy masuk Female.Dok saya mau tanya sy dulu ini anak bekas pembullyan dan pelecehan seksual sesama jenis tingkat rendah ketika SD namun setelah sy dibully saya selalu ingin melempar semua barang dan mencakar dan mengambar lingkaran pada kertas. Ketika SMP sy mengalami problem perfeksionis karena prestasi sy meningkat dan dulu sy siswa rangking rendah.Sy kesal jika tidak mendapatkan rangking 1 sehingga saya melakukan hal yang sm setelah sy dibully. Belakangan ini sy mulai memikirkan beberapa kejadian ketika saya dibully dan saya selalu menjambak rambut saya dan ketakutan. Saya juga semakin agresif ktk marah setelah msk SMP. Belakangan ini sy mulai mengalami kelambatan berpikir dan terkadang sy bisa tertawa terbahak bahak jika sedang berpikir serius dan sy selalu ketakutan jika bertemu dengan teman sy. Maaf ya dok jika pertanyaan saya terlalu panjang karena ini sudah saya pendam selama beberapa tahun tolong beri saran trims.

    Detail Answer
  • Penanganan Pertama Pada Bipolar/ Depresi Disorder

    Halo dok, saya ingin berkonsultasi tentang keadaan saya saat ini. saya selalu menyadari bahwa saya memiliki masalah pada depresi atau ciri-ciri bipolar disorder, namun saya tidak pernah melakukan terapi karena setelah membaca berbagai artikel, saya merasa bahwa level bipolar disorder saya masih memiliki fase ‘normal’ dari fase mania & depresi. namun setelah saya pindah ke singapore (pindah menetap), krn saya hidup sendirian, disinilah tanda bipolar bertambah buruk. sebagai informasi tambahan, saya memiliki riwayat alergi ‘kafein’ dimana semua makanan yang mengandung kafein dapat menumbangkan saya dalam sesaat (jantung berdebar kencang, lemas, uluhati sakit, gemetar, hingga pingsan). kemudian saya sering sekali mengalami sakit kepala hebat di bagian kiri dan belakang kepala, hingga harus meminum panadol setiap hari 2x sehari. apakah ada penanganan pertama yang bisa dilakukan saat fase mania/depresi kambuh? dan obat bebas yang bisa mengatasi mood swing yang makin parah levelnya? trims

    Detail Answer
  • Apa Bisa Lepas Obat Pada Gangguan Bipolar?

    Selamat Malam Dokter.. Saya tahun 2011 mengalami gangguan jiwa dan didiagnosa gangguan bipolar. Sampai sekarang maih minum obat mood stabilizer. Apa bisa saya putus obat/tdk tergantung sama obat lg? Kebetulan permintaan dari calon istri begitu, dy ingin saya lepas obat dan tetap sehat tanpa obat lagi.

    Detail Answer
  • Bipolar

    Dok, apakah Bipolar Disorder adalah sebuah penyakit? Atau kelainan kejiwaan? Karena yg saya alami saat ini adalah stress dan depresi, terkadang mood saya tinggi dan rendah, saya mudah lupa ingatan, panik, cemas, mudah emosi dan saya tidak bisa tisur setiap malamnya, pagi pukul 3 baru bisa tidur, seakan akan saya seperti mendengarkan suara-suara dan seperti ada yg memperhatikan saya itu yg menyebabkan saya kesulitan tidur. Terima Kasih.

    Detail Answer
  • Gangguan Karna Pikiran

    Jadii gini dok, saya ituu akhir akhir ini memikirkan masalah terus menerus, sampai sampai saya frustasi Dan saya jadii tidak bisa menikmati kehidupan. Dan saya jadi seperti tidak bisa berfikir bener. Contoh misalnya saya menaruh korek api yang nyala di lantai yang jauh dari barang barang, dan saya berfikir aduh bagai mana jika kebakaran, bagai mana jika itu terjadi. Tapi itu tidak akan terjadi. Jadi suka berfikir berlebihan dan kadang yang mustahil tidak akan terjadi malah suka berfikir itu akan terjadi dan akhirnya jadi kepikiran dan ketakutan, glisah, cemas, pokoknya saya jadi down dan tidak mau meneruskan hidup , tolong kasih saya solusi, buat saya tenang, kalo bisa boleh kah chat secara pribadi ? Orang baik pasti menolong.

    Detail Answer
  • Apakah Saya Mengalami Gangguan Kejiwaan Atau Hanya Trauma Biasa?

    Selamat siang dokter, saya Raditya Ghani. Sekitar 9 bulan yang lalu saya putus dengan pacar saya (sebut saja rani), dan hal tersebut membuat saya down sampai sekarang. Saya sempat berpacaran dengan orang yg mirip dengan mantan saya rani karena kemiripannya namun tidak bertahan lama. Dan selama saya putus dengan rani saya takut mendengar namanya dan hal yg berkaitan dengan dia. Karena merasa dihantui, akhirnya saya mencoba untuk mengasingkan diri dari sosial saya dan mencari teman baru dan memalsukan identitas saya termasuk nama menjadi Raditya Ghani. Namun ketika pikiran saya terhubung ke rani, terkadang saya galau lagi dan terkadang saya terinspirasi menjadi sosok rani (secara kejiwaan). Bahkan saya merencanakan setiap langkah dalam sosial saya yg baru (sebagai Ghani) sampai akhir dimana nanti mereka akan kecewa dengan saya karena identitas palsu saya selama ini. Dan itu semua hanya untuk kesenangan pribadi saya saja. Apakah saya trauma atau gangguan jiwa? terima kasih

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Bipolar Disorder

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Bipolar Disorder ?
Ask Doctor