Profile
All Topic

Pusat Informasi Bipolar Disorder

Tentang Bipolar Disorder

Bipolar disorder (Gangguan bipolar) atau biasa disebut depresi manic, adalah suatu kondisi disorientasi yang menyebabkan pergeseran ekstrim dalam suasana hati. Seperti naik roller coaster gerak lambat, pasien dapat menghabiskan minggu merasa seperti mereka berada di puncak dunia sebelum terjun ke dalam depresi tanpa henti. Dalam setiap tahun tertentu, gangguan bipolar mempengaruhi lebih dari 2% orang dewasa Amerika.

Gejala

Beberapa gejala bipolar disorder adalah :

  • Sedih 
  • Cemas
  • Kehilangan energi 
  • Putus asa
  • Sulit berkonsentrasi
  • Kehilangan minat dalam kegiatan yang dulunya menyenangkan
  • Kehilangan berat badan
  • Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit
  • Adanya rasa ingin bunuh diri.

Penyebab

Dokter tidak yakin apa penyebab gangguan bipolar. Sebuah teori terkemuka mengatakan bahwa bahan kimia otak yang berfluktuasi normal. Ketika kadar bahan kimia tertentu menjadi terlalu tinggi, pasien mengembangkan gejala ini. Ketika tingkat drop terlalu rendah, depresi dapat terjadi.

Faktor Resiko

Gangguan bipolar mempengaruhi pria dan wanita sama. Dalam kebanyakan kasus, timbulnya gejala pada saat seseorang berusia antara 15 dan 30 tahun. Orang-orang berada pada risiko tinggi jika ada anggota keluarga telah didiagnosis, terutama jika itu adalah kerabat tingkat pertama, tetapi dokter tidak berpikir gangguan ini terjadi berdasarkan genetika saja. Sebuah peristiwa stres, penyalahgunaan narkoba, atau faktor lain yang tidak diketahui dapat memicu siklus pasang surut.

Diagnosa

Sebuah langkah penting dalam mendiagnosis gangguan bipolar adalah untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain dari perubahan suasana hati yang ekstrim. Hal ini mungkin termasuk infeksi otak atau gangguan neurologis lainnya, penyalahgunaan zat, masalah tiroid, HIV, ADHD, efek samping obat tertentu, atau gangguan kejiwaan lainnya. Tidak ada tes laboratorium untuk gangguan bipolar. Seorang psikiater biasanya membuat diagnosis berdasarkan sejarah yang cermat dan evaluasi mood pasien dan gejala lainnya.

Pengobatan

Pengobatan dapat dilakukan dengan cara :

  • Meminum obat-obatan. Kunjungi dokter untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  • Terapi bicara
  • Electroconvulsive Therapy (ECT), merupakan cara terbaik jika seseorang tidak dapat sembuh melalui obat-obatan atau psikoterapi.

Pencegahan

Membentuk rutinitas hidup dapat membantu mengelola gangguan bipolar. Rutinitas harus mencakup tidur yang cukup, makan teratur, dan olahraga. Karena alkohol dan narkoba dapat memperburuk gejala-gejala, kedua hal ini harus dihindari. Pasien juga harus belajar untuk mengidentifikasi tanda-tanda pribadi depresi secara dini. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk mendapatkan bantuan sebelum berada di luar kendali.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • SKIZOFRENIA

    Dok apakah penderita skizofrenia sadar atau tahu jika dia mengalami gangguan mental skizofrenia?? Atau apakah mereka justru tidak sadar jika mereka menderita gangguan mental itu??

    Detail Answer
  • Masturbasi

    Dok saya mau nanya, teman saya perempuan dan dia menanyakan gmn caranya agar masturbasi nikmat?

    Detail Answer
  • Sering Berkhayal Dan Berbicara Sendiri

    Dokter, saya saat ini ber usia 23 tahun. Saya memiliki kebiasaan berbicara dengan diri sendiri sejak saya kecil. Kebiasaan tersebut masih ada hingga saat ini. Sekarang, saya shampir setiap hari berbicara dengan diri sendiri didepan cermin. Selain berbicara sendir saya pun berkhayal tentang sesuatu hal. Dokter apakah hal tersebut normal ? terimakasih

    Detail Answer
  • Bipolar

    dok saya mengidap bipolar disorder tipe 2,saya merasa menjadi beban bagi orang2 terdekat sata,bagaimana caramenghadapi sikap saya yg sering tbtb menangis gatentu arah dan cukup lama

    Detail Answer
  • Gangguan Apa Yg Saya Alami Dan Apa Solusinya

    Dok, saya sering mengalami hal yang aneh. Saya sering berbicara sendiri seolah-olah ada lawan bicara saya. Topik yg dibicarakan pun bisa langsung nyambung begitu saja tanpa dibuat-buat. Dan tokoh yg menjadi lawan bicara saya itupun tidak lain adalah orang-orang yg juga nyata dalam kehidupan saya. Yg membuat saya tidak nyaman, kenapa hal ini sering terjadi secara berulang dan paling sering terjadi jika saya sdg dlm keadaan sendiri. Saya merasa capek dan terganggu kalau hal seperti ini terus terjadi. Saya juga takut ada kelainan dalam diri saya yg mengganggu kejiwaan. Tapi sejauh ini saya sadari itu hanya saja sedikit sulit untuk menahan interaksi tsb. Dalam 2 hari ini saya sudah coba untuk melawan interaksi itu dan lumayan berhasil tp seperti ada gejolak dalam diri saya dan terkadang dalam hati saya yg berbicara. Bagaimana, dok?

    Detail Answer
  • Kebingungan Pada Diri Saya (Female, 26 Years Old)

    Halo Dok, Selamat malam. Saya Nicky pernah didiagnos Bipolar disorder.. Saya sendiri kurang paham apa itu yang dimaksud dengan Bipolar disorder Yang saya rasakan saat ini saya merasa sangat terganggu dengan ketidakmampuan diri saya Saya sulit mengekspresikan diri saya seperti yang saya inginkan Jika orang-orang menghina meledek atau menjadikan saya bahan olok-olok, saya seolah tidak bisa bereaksi yang lain, saya hanya bisa tertawa. Kadang saya menghibur diri saya mengatakan bahwa saya kuat dengan tidak tampil tersinggung, tetapi saya tahu bahwa saya menghindari atau takut untuk marah pada mereka, karena biasanya kalau saya marah orang lain selalu pandai untuk membalikkan kesalahannya kepada saya sehingga sayalah yang malah jadi meminta maaf, tetapi setelah saya meminta maaf, saya merasa seperti sampah. Tapi saya tidak tahu apa yang harus dikatakan untuk membela diri saya, mereka terlalu pandai bersilat lidah dan membuat lelucon. Saya jadi sgt takut thdp orang dan selalu mau sempurna

    Detail Answer
  • Apakah Saya Mengidap Bipolar?

    Dok saya ingin bertanya? Apakah seorang yang mengidap bipolar mempunyai suasana hati yang tidak stabil Saya sering mengalami mood yg naik turun bahkan saya marah marah tidak jelas dan beberapa menit kemudian suasa hati saya merasa gembira dan kadang saat saya bertengkar saya menangis dan berkata kata tidak jelas lalu pada saat yang sama saya meminta maaf keorang itu walau bukan kesalahan saya, dan saya sering melamun memikirkan hal yg indah dan saya mempunyai banyak ide dan kdg maaf sex saya jg scara tiba2 meningkat dan kalau mood saya lg baik saya makan sebanyak mungkin karena nafsu makan saya meningkat lalu pada beberapa hari kemudian mood saya turun dan nafsu makan saya berkurang lalu naik lg bahkan yg lebih parah saya pernah ingin mencekik diri saya dan saya juga sering berbicara cepat dan bijak walau setelah nya saya tidak tau apa yg saya bicarakan dan saya ingin selalu melakukan bnyk hal seperti saya haus pengetahuan

    Detail Answer
  • Psikiater Atau Psikolog?

    Hi dok Saya mau tanya saya tidak ingin bunuh diri atau melukai diri saya. Tapi ide bunuh diri atau menyakiti diri sendiri selalu muncul padahal saya sadar bahwa saya tidak mau. Hal ini sudah berlangsung bertahun-tahun. Saya cukup lelah untuk mengendalikannya lagi. Sebaiknya saya bertemu psikolog atau psikiater? Terima kasih.

    Detail Answer
  • Mau Beli Obat Postiner Dimnah Yaa

    Postinor

    Detail Answer
  • Apakah Saya Memiliki Bipolar Disorder

    saya seperti memiliki dua kepribadian saat diluar rumah saya pribadi yang periang cenderung berbuat hal konyol sosialis dan lain lain , tapi saat dirumah saya adalah orang yang mudah pemarah , memilih sendiri , gejala saya masuk terhadap bipolar disorder , kalo memang iya apa penebabnya dan ada ditingkat apa saya?

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Bipolar Disorder

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Bipolar Disorder ?
Ask Doctor