Profile
All Topic

Pusat Informasi Bipolar Disorder

Tentang Bipolar Disorder

Bipolar disorder (Gangguan bipolar) atau biasa disebut depresi manic, adalah suatu kondisi disorientasi yang menyebabkan pergeseran ekstrim dalam suasana hati. Seperti naik roller coaster gerak lambat, pasien dapat menghabiskan minggu merasa seperti mereka berada di puncak dunia sebelum terjun ke dalam depresi tanpa henti. Dalam setiap tahun tertentu, gangguan bipolar mempengaruhi lebih dari 2% orang dewasa Amerika.

Gejala

Beberapa gejala bipolar disorder adalah :

  • Sedih 
  • Cemas
  • Kehilangan energi 
  • Putus asa
  • Sulit berkonsentrasi
  • Kehilangan minat dalam kegiatan yang dulunya menyenangkan
  • Kehilangan berat badan
  • Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit
  • Adanya rasa ingin bunuh diri.

Penyebab

Dokter tidak yakin apa penyebab gangguan bipolar. Sebuah teori terkemuka mengatakan bahwa bahan kimia otak yang berfluktuasi normal. Ketika kadar bahan kimia tertentu menjadi terlalu tinggi, pasien mengembangkan gejala ini. Ketika tingkat drop terlalu rendah, depresi dapat terjadi.

Faktor Resiko

Gangguan bipolar mempengaruhi pria dan wanita sama. Dalam kebanyakan kasus, timbulnya gejala pada saat seseorang berusia antara 15 dan 30 tahun. Orang-orang berada pada risiko tinggi jika ada anggota keluarga telah didiagnosis, terutama jika itu adalah kerabat tingkat pertama, tetapi dokter tidak berpikir gangguan ini terjadi berdasarkan genetika saja. Sebuah peristiwa stres, penyalahgunaan narkoba, atau faktor lain yang tidak diketahui dapat memicu siklus pasang surut.

Diagnosa

Sebuah langkah penting dalam mendiagnosis gangguan bipolar adalah untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain dari perubahan suasana hati yang ekstrim. Hal ini mungkin termasuk infeksi otak atau gangguan neurologis lainnya, penyalahgunaan zat, masalah tiroid, HIV, ADHD, efek samping obat tertentu, atau gangguan kejiwaan lainnya. Tidak ada tes laboratorium untuk gangguan bipolar. Seorang psikiater biasanya membuat diagnosis berdasarkan sejarah yang cermat dan evaluasi mood pasien dan gejala lainnya.

Pengobatan

Pengobatan dapat dilakukan dengan cara :

  • Meminum obat-obatan. Kunjungi dokter untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  • Terapi bicara
  • Electroconvulsive Therapy (ECT), merupakan cara terbaik jika seseorang tidak dapat sembuh melalui obat-obatan atau psikoterapi.

Pencegahan

Membentuk rutinitas hidup dapat membantu mengelola gangguan bipolar. Rutinitas harus mencakup tidur yang cukup, makan teratur, dan olahraga. Karena alkohol dan narkoba dapat memperburuk gejala-gejala, kedua hal ini harus dihindari. Pasien juga harus belajar untuk mengidentifikasi tanda-tanda pribadi depresi secara dini. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk mendapatkan bantuan sebelum berada di luar kendali.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Bipolar Disorder

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Bipolar Disorder ?
Ask Doctor