Profile
All Topic

Pusat Informasi Bipolar Disorder

Tentang Bipolar Disorder

Bipolar disorder (Gangguan bipolar) atau biasa disebut depresi manic, adalah suatu kondisi disorientasi yang menyebabkan pergeseran ekstrim dalam suasana hati. Seperti naik roller coaster gerak lambat, pasien dapat menghabiskan minggu merasa seperti mereka berada di puncak dunia sebelum terjun ke dalam depresi tanpa henti. Dalam setiap tahun tertentu, gangguan bipolar mempengaruhi lebih dari 2% orang dewasa Amerika.

Gejala

Beberapa gejala bipolar disorder adalah :

  • Sedih 
  • Cemas
  • Kehilangan energi 
  • Putus asa
  • Sulit berkonsentrasi
  • Kehilangan minat dalam kegiatan yang dulunya menyenangkan
  • Kehilangan berat badan
  • Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit
  • Adanya rasa ingin bunuh diri.

Penyebab

Dokter tidak yakin apa penyebab gangguan bipolar. Sebuah teori terkemuka mengatakan bahwa bahan kimia otak yang berfluktuasi normal. Ketika kadar bahan kimia tertentu menjadi terlalu tinggi, pasien mengembangkan gejala ini. Ketika tingkat drop terlalu rendah, depresi dapat terjadi.

Faktor Resiko

Gangguan bipolar mempengaruhi pria dan wanita sama. Dalam kebanyakan kasus, timbulnya gejala pada saat seseorang berusia antara 15 dan 30 tahun. Orang-orang berada pada risiko tinggi jika ada anggota keluarga telah didiagnosis, terutama jika itu adalah kerabat tingkat pertama, tetapi dokter tidak berpikir gangguan ini terjadi berdasarkan genetika saja. Sebuah peristiwa stres, penyalahgunaan narkoba, atau faktor lain yang tidak diketahui dapat memicu siklus pasang surut.

Diagnosa

Sebuah langkah penting dalam mendiagnosis gangguan bipolar adalah untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lain dari perubahan suasana hati yang ekstrim. Hal ini mungkin termasuk infeksi otak atau gangguan neurologis lainnya, penyalahgunaan zat, masalah tiroid, HIV, ADHD, efek samping obat tertentu, atau gangguan kejiwaan lainnya. Tidak ada tes laboratorium untuk gangguan bipolar. Seorang psikiater biasanya membuat diagnosis berdasarkan sejarah yang cermat dan evaluasi mood pasien dan gejala lainnya.

Pengobatan

Pengobatan dapat dilakukan dengan cara :

  • Meminum obat-obatan. Kunjungi dokter untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  • Terapi bicara
  • Electroconvulsive Therapy (ECT), merupakan cara terbaik jika seseorang tidak dapat sembuh melalui obat-obatan atau psikoterapi.

Pencegahan

Membentuk rutinitas hidup dapat membantu mengelola gangguan bipolar. Rutinitas harus mencakup tidur yang cukup, makan teratur, dan olahraga. Karena alkohol dan narkoba dapat memperburuk gejala-gejala, kedua hal ini harus dihindari. Pasien juga harus belajar untuk mengidentifikasi tanda-tanda pribadi depresi secara dini. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk mendapatkan bantuan sebelum berada di luar kendali.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Masturbasi

    Dok saya mau nanya, teman saya perempuan dan dia menanyakan gmn caranya agar masturbasi nikmat?

    Detail Answer
  • Apakah Saya Bipolar Dan Bagaimana Mengontrol Diri?

    Assalammualaikum Dok. Saya perempuan berumur 18 thn. Saya kuliah tingkat satu, jauh dari keluarga karena merantau. Saya juga aktif diberbagai organisasi kampus. Akademik saya juga tidak terlalu parah. selama 2 bulan enah kenapa saya seperti berubah mood terus menerus. memikirkan banyak hal masalah kampus dan juga masalah pribadi. Terkadang semangat lalu tiba-tiba putus asa. kadang menangis tanpa sebab saat sendiri. Belum lagi emosi yang tidak kontrol. Saya sempat mencari tahu dan bertanya pada rekan saya yg sedang kuliah mengambil jurusan psiklog. Sempat ikut tes online bipolar. Hasilnya memang terkena bipolar. Saya lelah dengan keadaan seperti ini dok. bagaimana caranya agar saya bisa hidup tenang? tidak berubah mood seperti ini. Trima kaih dok.

    Detail Answer
  • Korban Pembullyan

    Dok saya ini anak laki laki tapi karena saya salah pencet sy masuk Female.Dok saya mau tanya sy dulu ini anak bekas pembullyan dan pelecehan seksual sesama jenis tingkat rendah ketika SD namun setelah sy dibully saya selalu ingin melempar semua barang dan mencakar dan mengambar lingkaran pada kertas. Ketika SMP sy mengalami problem perfeksionis karena prestasi sy meningkat dan dulu sy siswa rangking rendah.Sy kesal jika tidak mendapatkan rangking 1 sehingga saya melakukan hal yang sm setelah sy dibully. Belakangan ini sy mulai memikirkan beberapa kejadian ketika saya dibully dan saya selalu menjambak rambut saya dan ketakutan. Saya juga semakin agresif ktk marah setelah msk SMP. Belakangan ini sy mulai mengalami kelambatan berpikir dan terkadang sy bisa tertawa terbahak bahak jika sedang berpikir serius dan sy selalu ketakutan jika bertemu dengan teman sy. Maaf ya dok jika pertanyaan saya terlalu panjang karena ini sudah saya pendam selama beberapa tahun tolong beri saran trims.

    Detail Answer
  • Bipolar

    Dok, apakah Bipolar Disorder adalah sebuah penyakit? Atau kelainan kejiwaan? Karena yg saya alami saat ini adalah stress dan depresi, terkadang mood saya tinggi dan rendah, saya mudah lupa ingatan, panik, cemas, mudah emosi dan saya tidak bisa tisur setiap malamnya, pagi pukul 3 baru bisa tidur, seakan akan saya seperti mendengarkan suara-suara dan seperti ada yg memperhatikan saya itu yg menyebabkan saya kesulitan tidur. Terima Kasih.

    Detail Answer
  • Apakah Saya Mengalami Gangguan Kejiwaan Atau Hanya Trauma Biasa?

    Selamat siang dokter, saya Raditya Ghani. Sekitar 9 bulan yang lalu saya putus dengan pacar saya (sebut saja rani), dan hal tersebut membuat saya down sampai sekarang. Saya sempat berpacaran dengan orang yg mirip dengan mantan saya rani karena kemiripannya namun tidak bertahan lama. Dan selama saya putus dengan rani saya takut mendengar namanya dan hal yg berkaitan dengan dia. Karena merasa dihantui, akhirnya saya mencoba untuk mengasingkan diri dari sosial saya dan mencari teman baru dan memalsukan identitas saya termasuk nama menjadi Raditya Ghani. Namun ketika pikiran saya terhubung ke rani, terkadang saya galau lagi dan terkadang saya terinspirasi menjadi sosok rani (secara kejiwaan). Bahkan saya merencanakan setiap langkah dalam sosial saya yg baru (sebagai Ghani) sampai akhir dimana nanti mereka akan kecewa dengan saya karena identitas palsu saya selama ini. Dan itu semua hanya untuk kesenangan pribadi saya saja. Apakah saya trauma atau gangguan jiwa? terima kasih

    Detail Answer
  • Sering Merasa Gelisah Dan Cemas

    sudah beberapa hari ini saya sering merasa gelisah yg luar biasa saya sering merasa cemas juga dan perasaan gaenak seperti akan ada sesuatu yg buruk terjadi, terutama malam dan kalau lg sendirian. Sampe sampe dada saya sakit sekali saking degdegan dan cemasnya, bahkan kalau malam hari saya sering gabisa tidur sampai keringetan. Apakah itu normal?saya harus gimana dok? Mohon bantuannya karna ini samgat mengganggu diri saya, trimakasih

    Detail Answer
  • Katakutan Yang Terjadi Karena Mimpi Dan Kejadian Yang Berimbas Pada Akademik

    1. dulu saya prnh brmimpi,brjalan di tmpat yg gelap dan diujung tmpat saya brjalan ada setitik cahaya putih.sejak saya mimpi itu saya sangat takut dgn gelap,contohnya: jika saat saya tidur tiba2 lampu mati saya langsung spontan trbangun dan sgt takut,ktakutan saya bisa hilang/saya bisa tidur lagi jika sudh ada sedikit cahaya walaupun itu hanya cahaya lilin,layar hp,sentr. 2. waktu SD ktika ambil nilai renang,saya prnah tnggelam,tapi tidak ada satupun yg menolong saya,akhirnya saya bisa keprmukaan dengan usaha kras sndiri.tapi karna kjadian itu stiap di SMP+SMA ktika ambil nilai/praktk rnang saya sangat takut,mndengar ambil nilai/praktk rnang saja saya langsung terbayang kejadian saat tenggelam.tapi saya tetep pergi ke kolam,tapi ketika tiba di gerbang karcis kolam+mencium aroma air kolam dari jauh saja saya serasa sangat takut,kaki saya tidak bertenaga, bahkan saking takutnya saya ingin kabur dan marah2 ke guru rnang. apakah ketakutan saya sudah melampaui batas? tolong saran+tips

    Detail Answer
  • Bipolar

    Dear doctor Selamat malam dok, Saya ingin bertanya mudah gelisah, susah tidur dan kalau pun bisa tidur selalu mimpi buruk dan serasa saya belum tidur padahal bila dihitung tidurnya cukup sekitar 6 atau 7 jam, sulit berkonsentrasi, mood sering berubah -ubah kadang senang tp dlm sekejap bisa sedih atau murung. Selalu merasa bersalah, tidak berguna, terlalu banyak bicara tapi seringnya tidak sesuai apa yang kita bicarakan dengan yg yg ditangkap oleh orang lain. Dengan kata lain bila mengobrol dengan orang lain kadang tidak nyambung. Apakah ciri - ciri diatas termasuk ciri-ciri bipolar? Sedangkan di kelurga saya ada yg mengidap ─Ćepresi yg cukup akut. Bahkan sampai di rawat di RS. Mungkinkah saya mengidap bipolar? Jika benar, langkah apa yg harus saya lakukan selanjutnya? Terima kasih

    Detail Answer
  • Penanganan Halusinasi Dan Sifat Negatif Bipolar

    Dari SMA sekitar 4 tahun yanglalu saya sudah merasa memiliki gangguan penyakit Bipolar hanya saja baru sekarang saya beranikan diri untuk periksa ke dokter psikiater dan benar saya terkena Bipolar Disorder. Halusinasi dan emosi yang tidak stabil adalah masalah terberat saya selama ini . Saya bingung untuk mencegah hal2x ini karena sulit sekali ditahan sehingga sifat tersebut keluar dengan sendirinya. Bagaimana tips untuk mengobatinya dok ? Apakah ada pasien Bipolar atau kalau bisa yg mungkin dokter kenal bisa sembuh atau membaik ? . Saya diberikan obat dokter untuk penyakit bipolar(ada 4 obat: neug****,kalx****,Depa****,& olan***. Apakah ada efek samping dari obat2x ini sprti mengantuk atau depresi, dll ?

    Detail Answer
  • Bipolar

    Dok saya mau tanya dulu saya pernah konsultasi kejiwaan secara online. Di sana saya mengeluarkan semua hal yang saya pendam dan amarah saya dan dokter itu menyatakan bahwa saya mungkin kena bipolar. Setelah saya konsultasi online dan membaca hasilnya dan mencari informasi entah mengapa saya merasa tekanan mental yang saya alami semakin besar lebih dari sebelum saya tahu hasil konsultasi itu. Kira kira apa itu hal yang normal? Tolong beri saran yang lengkap ya dok trims

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Bipolar Disorder

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Bipolar Disorder ?
Ask Doctor