Profile
All Topic

Pusat Informasi Cedera, Luka, Trauma

Tentang Cedera, Luka, Trauma

Cedera atau luka pasti pernah dialami oleh setiap orang. Biasanya terjadi akibat adanya kecelakaan, baik yang bersifat ringan maupun fatal.

Berdasarkan Sifat Dari Kejadian, Luka Dibagi Menjadi Dua

Cedera atau luka pasti pernah dialami oleh setiap orang. Biasanya terjadi akibat adanya kecelakaan, baik yang bersifat ringan maupun fatal. Berdasarkan sifat kejadian, luka dibagi menjadi dua yaitu:

  • Luka disengaja

Luka disengaja misalnya luka terkena radiasi atau bedah, sedangkan luka tidak disengaja contohnya adalah luka terkena trauma.

  • Luka tidak disengaja.

Luka yang tidak disengaja (trauma) juga dapat dibagi menjadi luka tertutup dan luka terbuka. Disebut luka tertutup jika tidak ada robekan, sedangkan luka terbuka jika terjadi robekan dan keliatan seperti luka abrasio (luka akibat gesekan), luka puncture (luka akibat tusukan), dan hautration (luka akibat alat perawatan luka)

Beberapa Macam Luka

1. Luka insisi (Incised wounds), terjadi karena teriris oleh instrumen yang tajam. Misal yang terjadi akibat pembedahan. Luka bersih (aseptik) biasanya tertutup oleh sutura seterah seluruh pembuluh darah yang luka diikat (Ligasi)

2. Luka memar (Contusion Wound), terjadi akibat benturan oleh suatu tekanan dan dikarakteristikkan oleh cedera pada jaringan lunak, perdarahan dan bengkak.

3. Luka lecet (Abraded Wound), terjadi akibat kulit bergesekan dengan benda lain yang biasanya dengan benda yang tidak tajam.

4. Luka tusuk (Punctured Wound), terjadi akibat adanya benda, seperti peluru atau pisau yang masuk kedalam kulit dengan diameter yang kecil.

5. Luka gores (Lacerated Wound), terjadi akibat benda yang tajam seperti oleh kaca atau oleh kawat.

6. Luka tembus (Penetrating wound), luka yang menembus organ tubuh biasanya pada awal bagian luka masuk diameternya kecil tetapi pada bagian ujung biasanya lukanya akan melebar

7. Luka bakar (combutio), tujuan utama penyembuhan luka agar jaringan dapat kembali kebentuk semula dan berfungsi secara normal. Tubuh yang sehat mempunyai kemampuan alami untuk melindungi dan mamulihkan dirinya. Peningkatan aliran darah kedaerah yang rusak,membersihkan sel dan benda asing serta perkembangan awal seluluer bagian dari proses penyembuhan luka. Proses penyembuhan terjadi secara normal tanpa bantuan, walaupun beberapa bahan perawatan dapat membantu untuk mendukung proses penyembuhan.

Lama penyembuhan luka berdasarkan fase penyembuhan luka adalah fase inflamasi (berlangsung sampai hari ke-3 atau hari ke-4), fase proliferasi (berlangsung 3-24 hari), fase maturasi dimulai pada minggu ke-3 setelah perlukaan dan memerlukan waktu lebih dari 1 tahun.

Faktor Resiko

1.     Infeksi

Invasi bakteri pada luka dapat terjadi pada saat trauma, selama pembedahan atau setelah pembedahan. Gejala dari infeksi sering muncul dalam 2 – 7 hari setelah pembedahan. Gejalanya berupa nyeri, kemerahan dan bengkak di sekeliling luka, peningkatan suhu, dan peningkatan jumlah sel darah putih.

2.     Perdarahan

Perdarahan dapat menunjukkan suatu pelepasan jahitan, sulit membeku pada garis jahitan, infeksi, atau erosi dari pembuluh darah oleh benda asing, Sehingga balutan (dan luka di bawah balutan) jika mungkin harus sering dilihat selama 48 jam pertama setelah pembedahan dan tiap 8 jam setelah itu.Jika perdarahan berlebihan terjadi, penambahan tekanan balutan luka steril mungkin diperlukan. 

Faktor Yang Mempercepat Penyembuhan Luka Terdiri Dari

1. USIA

Anak dan orang dewasa lebih cepat penyembuhan luka daripada orang tua.

2. Infeksi

Ada tidaknya infeksi pada luka merupakan penentu dalam percepatan penyembuhan luka.  Sumber utama infeksi adalah bakteri. Dengan adanya infeksi maka fase-fase dalam penyembuhan luka akan terhambat.

3. Sirkulasi dan Oksigenasi

Sejumlah kondisi fisik dapat mempengaruhi penyembuhan luka. Saat kondisi fisik lemah atau letih maka oksigenasi dan sirkulasi jaringan sel tidak berjalan lancar. Adanya sejumlah besar lemak subkutan dan jaringan lemak yang memiliki sedikit pembuluh darah berpengaruh terhadap kelancaran sirkulasi dan oksigenisasi jaringan sel.

Pada orang gemuk penyembuhan luka lambat karena jaringan lemak lebih sulit menyatu, lebih mudah Infeksi dan lama untuk sembuh. Aliran darah dapat terganggu pada orang dewasa yang mederita gangguan pembuluh darah prifer, hipertensi atau DM. Oksigenasi jaringan menurun pada orang yang menderita anemia atau gangguan pernafasan kronik pada perokok.

4. Keadaan luka

Kedaan kusus dari luka mempengaruhi kecepatan dan efektifitas penyembuhan luka. Beberapa luka dapat gagal untuk menyatu dengan cepat. Misalnya luka kotor akan lambat penyembuhannya dibanding dengan  luka bersih.

5. Obat

Obat anti inflamasi (seperti aspirin dan steroid), mempengaruhi penyembuhan luka. Penggunaan antibiotik yang lama dapat membuat tubuh seseorang rentan terhadap Infeksi luka. Dengan demikian pengobatan luka akan berjalan lambat dan membutuhkan waktu yang lebih lama. 

Perawatan luka yang tepat dapat mencegah terjadinya infeksi  dan dapat mempercepat proses penyembuhan luka, dengan demikian perawatan luka akan lebih pendek. Dalam perawatan luka, frekuensi perawatan luka perlu diperhatikan untuk meminimalkan kejadian infeksi, kasa penutup luka harus diganti lebih awal jika basah, karena kasa basah meningkatkan kemungkinan kontaminasi bakteri pada luka atau luka operasi.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Lutut Kiri Berbunyi Kriek Saat Naik Atau Turun Tan

    Dokter, beberapa bulan terakhir ini lutut kiri saya berbunyi kriek-kriek saat naik atau turun tangga. Tidak ada rasa nyeri. Jika lutut di gerakkan tanpa beban, tidak ada bunyi. Beberapa tahun yang lalu lutut kiri saya pernah terkilir. Bunyi kriek-kriek itu rasanya berasal dari bagian depan di bawah tempurung lutut. Apakah bunyi kriek-kriek itu dari ligamen / otot yang pernah cedera? Berbahayakan untuk jangka panjang? Saat ini saya mencoba untuk minum suplemen yang mengandung glukosamin. Apakah bermanfaat? Saya menyukai olah raga bersepeda ringan. Bolehkan saya melanjutkan olah raga ini? Berat badan saya 65 KG, tinggi badan 166 CM. Terima kasih.

    Detail Answer
  • Cidera Lutut Lateral Kolateral Ligamen

    Selamat pagi dokter saya doni 24 thn. saya mengalami cidera pada lutut saya. dan setelah saya menjalani serangkaian test seperti x-ray dll. saya di Diagnosa mengalami cidera Lateral Collateral Ligament (tingkat ke 2) pengobatan yang dilakukan tanpa oprasi/surgery karena bisa dibilang cidera saya ringan. saya hanya di beri obat dan melakukan terapi ( fisio terapi 2 kali dalam seminggu) dan setelah 2 bulan menjalani serangkaian pengobatan. keadaan saya sudah sangat membaik. dan saya sudah bisa bekerja dan bahkan olahraga. pertanyaan saya apakah cidera saya ini ada kemungkinan untuk sembuh total? dan apakah bisa kambuh lagi. Dokter yang memriksa saya sekarang sudah meninggal dan saya tidak sempat menanyakan hal itu. Saya hanya takut apabila terjadi sesuatu kembali terhapap lutut saya sehingga saya harus membatasi aktifitas saya. garis besarnya atau gampangnya adalah kira kira apa prognosa dari diagnosa yang diberikan oleh dokter saya tersebut ( Lateral Collateral Ligament tingkat 2)

    Detail Answer
  • Memar Di Selakangan

    Saya habis jatuh 3hari lalu dari sepeda gowes,selakangan memar dan dokter telah memberikan salep trombopop,agak kempis tapi memar melebar,bolehkah saya kompres menggunakan air hangat?

    Detail Answer
  • Cedera Kepala

    Selamat malam dok, dok saya ingin bertanya apakah tindakan head up pada stroke nonhemoragik itu memiliki efek tertentu? Apakah head up hanya digunakan untuk perdarahan pada otak saja? Terimakasih dok

    Detail Answer
  • Sleep Apnea

    Selamat siang dok, dok saya ingin tanya tentang sleep apnea. Adakah hubungan sleep apnea dengan penurunan kesadaran?

    Detail Answer
  • Cedera Dan Luka

    Dok teman saya kmrn kecelakaan motor trs kepala nya trbntur stang motor benjol lumayan besar tp skrg sudah kempes dan kakinya keseleo.. Prtnyaannya utk kepalanya itu sebaiknya dibawa kedokter aja atau lgsg rontgen ya dok ? Sdh kmpes tp msh agak pusing, lalu luka keseleonya sdh diurut tp jg msh sakit..apa lbh baik dia kedokter aja ya spy diberi obat pereda nyeri dok? Terima kasih

    Detail Answer
  • Cedera Kepala

    pagi dok. sya mau tnya. jdi gini, 2 mnggu lalu sya mengalami kecelakaan yg mengakibatkan kepala saya luka dan hrus dijahit 5 jahitan. pada saat kcelakaan, sya mengalami pingsan, kejang dan mengeluarkan busa dri mulut. stlah pingsan, saya pusing dan muntah. namun semua gejala itu hnya drasakan pda hri pertama. 4 hri berikutnya saya di ct scan, dan alhamdulillah hasilnya normal. tapi hri ini (tepat 2 mnggu stlah kclakaan), sya merasa pusing pda saat berubah posisi ktika tdur. pusingnya itu sprti berputar. yg mau sya tnyakan apakah msh ada yg salah dgn kepala sya mengingat hsil ct scan sya normal?

    Detail Answer
  • Kaki Terkilir Karena Accident

    Dok minggu kmarin saya main basket t dan kaki saya cedera Hingga mengalami bengkak dan sakit dipergelangan kaki, tapi sekarang bengkaknya ssudah redah,tapi rasa sakitnya masih terasa dok , apakah berbahaya dok ? Dan apa yg harus saya lakukan dok. Terimakasih

    Detail Answer
  • Memar Di Selakangan

    4hari lalu saya terjatuh dari sepeda,Memar di selakangan saya bertambah lebar padahal sudah saya oles salep trombophop,tetapi kaki sudah tidak kaku lagi,apakah memarnya berbahaya?

    Detail Answer
  • Cedera

    Dok cederea ankle gara main basket kmrin yg membuat kaki saya bngkak dan sakit , skrng bengkaknya udah hilng tetapi ketika kaki disentuh masih kerasa sakit , apa yg harus saya lakukan dok ?

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Cedera, Luka, Trauma

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Cedera, Luka, Trauma ?
Ask Doctor