Profile
All Topic

Pusat Informasi Demam Berdarah Dengue

Tentang Demam Berdarah Dengue

Demam berdarah dengue (DBD), merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus oleh nyamuk Aedes aegypti. Infeksi ini ditandai dengan demam tinggi, timbulnya bercak kemerahan pada kulit, serta nyeri pada sendi. DBD biasa terjadi di negara-negara beriklim tropis Asia, Afrika, Timur Tengah dan Pasifik, namun sangat jarang terjadi di Amerika. Pencegahan berupa penggunaan lotion anti nyamuk serta penyemprotan insektisida masih dianggap yang paling ampuh mencegah terjangkitnya DBD.

Gejala

Masa inkubasi virus dapat mencapai 5-8 hari sebelum munculnya gejala pada penderita. Adapun gejala yang biasanya timbul antara lain berupa :

  • Demam tinggi hingga 40 C. Biasanya demam akan datang dan pergi selama seminggu
  • Tekanan darah rendah
  • Mata memerah
  • Sakit kepala
  • Nyeri pada persendian dan otot
  • Hilangnya nafsu makan yang disertai mual dan muntah
  • Terdapat bintik merah pada kulit

Sedangkan pada kasus DBD yang sudah cukup serius, biasanya akan terjadi gejala berikut :

  • Pendarahan
    Pendarahan dapat terjadi pada mulut, hidung dan gusi. Darah membeku dan kotoran yang dikeluarkan berwarna pekat
  • Nyeri sendi yang parah

Kasus DBD yang disepelekan dapat menyebabkan kematian. Segera lakukan pemeriksaan kepada dokter terdekat, guna mencegah hal yang tidak diinginkan saat Anda merasakan gejala tersebut di atas.

Penyebab

DBD disebabkan oleh virus yang dibawa melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Virus ini memang tidak menyebar dari kontak antar manusia, namun jika nyamuk Aedes telah menggigit seseorang yang telah terinfeksi, dan menggigit orang lain, maka orang tersebut dapat menerima virus serupa.

Faktor Resiko

Tinggal di daerah beriklim tropis atau pernah melakukan perjalanan ke daerah yang sedang mewabah virus dengue fever dapat memperbesar resiko terjadinya DBD. Seseorang yang pernah mengalami DBD juga berisiko lebih besar untuk terkena DBD kembali, namun hal tersebut biasa terjadi pada anak-anak.

Komplikasi Akibat

DBD yang sudah tergolong parah dapat menyerang paru-paru, hati dan jantung. Tekanan darah dapat menurun sehingga dapat menyebabkan syok bahkan kematian.

Diagnosa

Tidak ada perawatan khusus yang diperuntukkan bagi penderita DBD. Dokter biasanya akan memberikan obat guna menghilangkan rasa sakit serta mengharuskan penderita mengonsumsi banyak cairan. DBD yang semakin parah diharuskan mendapatkan penanganan rumah sakit.

Pengobatan

DBD dapat dicegah melalui beberapa hal :

  • Gunakan lotion anti nyamuk atau spray penghalau nyamuk, terutama pada siang dan sore hari
  • Gunakan pakaian yang menutupi seluruh badan
  • Lakukan penyemprotan insektisida di lingkungan sekitar tempat tinggal
  • Lakukan pemberantasan genangan air serta menutup tempat-tempat yang mudah dijadikan tempat bersarangnya nyamuk
  • Ajak anak Anda untuk bermain di dalam rumah pada siang hari guna menghindari gigitan nyamuk Aedes.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Demam Pd Anak Disertai Hidung Berdrah

    Dok ap penyebab mimisan, apa krn demam atau karena sariawan

    Detail Answer
  • Demam Dan Sakit Kepala

    Maaf dok,saya ingin bertanya,saya selama 2 hari ini menderita demam yang disertai sakit kepala bagian kiri serta rasa sakit pada bola mata kiri, dan juga rasa sakit di bagian perut

    Detail Answer
  • Badan Sakit Semua, Badan Panas Dingin, Pusing

    Malam dok.. Sy mw tanya dok.. Istri sy mengalami sakit.. Badan nya sakit semua.. Dan panas dingin.. Lemas.. Badan dingin tp keringatan.. Kepala pusing.. Kira itu sakit apa y dok..? Dan obat ap yg hrs sy berikan ke istri sy.. Istri sy usia 24thn.. Salam dr sy dok.. Terima kasih..

    Detail Answer
  • Demam Pasca Di Kuret

    Halo, mau bertanya Anak sy d kuret selasa 24 okt, dr hr rabu-kms dia demam tp hny d jm 4 sore smpe jm 7 , ini karena infeksi kuret atau sakit yg lain kah? Thanks

    Detail Answer
  • Penggunaan Cairan Asering Drip Neurobion 5000

    assalamualaikum dok mau nanya apakah boleh anak usia 3thn BB 11kg MRS dpt cairan asering drip neurobion 5000 1 ampul???

    Detail Answer
  • Demam Pada Anak Telapak Tangan Dan Kaki Dingin

    Selamat pagi dok,,,dok saya mau tanya anak saya umur 2thn8bln.demamnya sampai 39,1C kaki dan telapak tangan dingin disertai batuk. Muntah juga,,itu gejala apa y dok dan cara pertolongan pertamanya gmn???? saya uda berikan sanmol dan juga kompres pakai byebyefever. Terimakasih dok

    Detail Answer
  • Menstruasi

    Dok saya mau tanya, Apakah demam berdarah bisa menyebabkan pendarahan pada vagina jga? Saya belum tau apakah saya db atau tidak soalnya suhu tubuh saya naik 36 - 37 dan turun 37 - 36 trus seperti itu dok, dan sekarang saya sedang menstruasi dok dan tepat pada waktunya saya mens,tpi saya baca di internet katanya db jga bisa menyebabkan pendarah di vagina jdi sekarang saya sedang menstrusi atau tidak dok?

    Detail Answer
  • Demam Pada Anak Disertai Linu Kaki Dan Tangan

    Dok,anak saya laki2 umur 4,5 thn dari malam rabu lalu demam ,,demam nya memang naik turun&sempat; sampai 40,2 ' ,dihari ke 3 saya bawa ke dokter&dicek; darah namun hasilnya negative (bukan DB/typus) ,tapi di hari ke 4 dan 5 demamnya masih naik turun disertai pegal2 di kaki dan tangan ,obat yg duberikan dokter hanya obat demam&antivirus; saja. Yang saya ingin tanyakan,apakah memang demam anak saya berasal dari virus?!,berapa lama biasanya anak bisa sampai pulih?! ,makanan atau obat apa yg bisa membuat anak saya cepet pulih?! Terimakasih sebelumnya .

    Detail Answer
  • DEMAM & DIARE SETELAH IMUNISASI DPT HIB + POLIO

    Dok jika demam dan diare apa harus berobat ke rs

    Detail Answer
  • Demam

    Demam berdarah pada orang dewasa apa dok bahayanya..?!

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Demam Berdarah Dengue

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Demam Berdarah Dengue ?
Ask Doctor