Profile
All Topic

Pusat Informasi Depresi

Tentang Depresi

Depresi merupakan gangguan medis yang menyerang tubuh, pikiran serta berpengaruh pada kelakuan sehari-hari seseorang. Gangguan yang terjadi dapat menyebabkan variasi emosional dan terkadang menyebabkjan permasalahan fisik. Gangguan ini biasa disebut Major Depression, atau Major Depressive dan Clinical Depression. Depresi merupakan penyakit kronis yang sulit untuk dihilangkan. Penderita depresi biasanya membutuhkan pengobatan dan terapi jangka panjang layaknya penyakit diabetes atau hipertensi.

Gejala

Gejala-gejala depresi antara lain :

  • Mudah sedih
  • Mudah marah dan frustasi pada permasalahan sepele/hal kecil
  • Sulit atau terlalu banyak tidur
  • Merubah selera makan dan mempengaruhi berat badan
  • Mudah gelisah
  • Lambar berbicara, berpikir dan bergerak
  • Konsentrasi berkurang, tidak tegas dan tidak fokus
  • Sering menangis tanpa alasan yang jelas
  • Sering memikirkan kematian dan penderitaan
  • Sering merasa sakit kepala atau punggung
  • Mudah lelah dan enggan berhubungan intim


 

Penyebab

Hingga kini penyebab depresi masih menjadi misteri, namun beberapa hal berikut dapat menjadi faktor munculnya depresi, diantaranya :

  • Perbedaan biologis. Orang dengan depresi akan muncul perubahan aktifitas pada otak.
     
  • Neurotransmitter. Secara alami muncul hubungan secara kimiawi pada suasana hati yang memiliki peran pada depresi.
     
  • Hormon. Berubahnya keseimbangan hormon tubuh menjadi pemicu depresi. Perubahan hormon dapat dihasilkan pada tiroid yang bermasalah, menopause dan beberapa kondisi lain.
     
  • Garis keturunan. Depresi muncul pada orang yang memiliki anggota keluarga yang juga mengalami kondisi tersebut. Ilmuan sedang mencoba untuk menemukan gen apa yang mungkin terlibat dalam menyebabkan depresi.
     
  • Kejadian hidup. Kejadian seperti kematian atau kehilangan orang yang dicintai, masalah keuangan dan stress tinggi dapat memicu depresi pada beberapa orang.|
     
  • Trauma masa kecil. Kejadian traumatis pada saat anak-anak, bisa dapat menyebabkan perubahan permanent pada otak yang membuat anda lebih rentan depresi.

   

 

Faktor Resiko

Beberapa faktor tertentu yang meningkatkan risiko berkembangnya atau memicu munculnya depresi, antara lain :

  • Memiliki hubungan biologis dengan orang yang memiliki depresi
  • Wanita
  • Memiliki kejadian traumatis saat anak-anak
  • Memiliki hubungan biologis dengan catatan pecandu alkohol
  • Memiliki pengalaman hidup yang memberikan tekanan, seperti kematian orang yang dicintai
  • Memiliki banyak teman atau hubungan personal
  • Memiliki penyakit serius, seperti kanker, serangan jantung, Alzheimer’s atau HIV/AIDS
  • Memiliki sifat tertentu, seperti tidak percaya diri dan ketergantungan yang berlebih, mengkritik diri sendiri atau pesimistis
  • Penggunaan alkohol, nikotin atau obat-obatan terlarang

 

Pengobatan

Pengobatan depresi biasanya dilakukan menurut jenis depresi yang diderita. Meminum obat dan terapi medis dapat menjadi obat yang efektif. 

Pencegahan

Tidak ada cara pasti yang dapat dilakukan untuk mencegah depresi. Mengendalikan emosi, stress, meningkatkan ketahanan tubuh dan meningkatkan kepercayaan diri melalui hal-hal positif dapat membantu seseorang terhindar dari depresi. Persahabatan dan dukungan dari orang terdekat pada saat mengalami suatu masalah berat dapat menjadi obat ampuh untuk mencegah depresi.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Dok, Saya Minum Obat Gastrul Tidak Ada Reaksi Apa

    Salam dok, saya ada masalah untuk niat menggugurkan kandungan saya, saya sudah coba minum jamu tradisional, dan minum buah yg di larang untuk ibu yg sedang mengandung, dan tidak ada reaksi apa apa, setelah itu saya cari tau obat untuk keluarkan janin, saya dapet obat gastrul dari pembelian lewat online, dan saya pesan 3 biji obat gastrul, awalnya saya takut untuk meminumnya, dan saya keadaan setres berat tidak ada pilihan lain, akhirnya pada pukul 23:00 mlm saya minum obatnya 1 biji obat gastrul, dan tidak ada reaksi apa apa dok. Dan setelah itu paginya saya terbangun tidur jam 08:00 pagi saya nekad langsung meminumnya obat gastrul 2 biji langsung dok. Dan ini sudah ada reaksi seperti pusing, lemas, telapak tangan gatal, mual, nyeri di bawah perut, seperti mau buang air kecil terus, tapi dari pagi sampe sekarang, tidak ada reaksi janin itu keluar dok. Pertanyaan saya, jikalau janin ini tidak bisa keluar juga, bagaimana keadaan/kondisi janin saya dok?

    Detail Answer
  • Masalah Iud

    Malam dok, saya berusia 30_+ Sy mau tanya dok, saya sudah 2 thn lebih hampir 3 tahun pasang kb spiral, tp dlm bulan ini sy ngrasa sering pusing, kaki sering keram sampai panas dingin, rasa linu pun sering saya rasakan di daerah perut kanan, Apakah itu gejala penwbalan pd peranakan ya dok???

    Detail Answer
  • Mengapa Cepat Lemas?

    Halo dokter, saya pria berusia 32 tahun. Saya ingin bertanya mengapa penis saya setelah dimasukkan ke dalam vagina pasangan saya langsung lemas. Tolong tips untuk mengatasinya. Trims

    Detail Answer
  • Mengigau Saat Tidur Dan Sampai Seperti Halusinasi

    Permisi dok, saya ingin bertanya? Saya memiliki adik laki laki berumur 13 tahun, waktu hari selasa atau rabu kemarin.. adik saya demam tinggi saat dia sekolah dan dibawa ke uks dan diberi obat, terus dibawa ke puskesmas terdekat, ntah berapa derajat panasnya.. setelah 2 hari tidak ada perubahan dri obt. adik mengigau sampai dia mendengar suara aneh dan seperti itulah dok, dan dia pengen keluar saat bangun tidur jam 11 malam untuk menjemput temannya, tetapi adik saya terpegok oleh ortu saya kenapa keluar malam dan alasannya diatas, dan ortu saya mengantarkan adik saya dan namun temannya tidak ada... adik saya diberikan 2 macam obat, ntah obat apa dari puskesmas namun, obat itu tidak memberikan perubahan.. akhirnya dibawa ke dokter umum dan diberi 5 macam obat.. namun batuk dan tengorokkannya masih sakit, akhirnya diberi obat oleh ortu saya yaitu obat woods dan obat satu lagi saya tidak tahu.. untuk menghilangkan rasa sakit di tenggorokan.. smpe skrng msh mengigau adik saya dok?

    Detail Answer
  • Apakah Saya Kecapek An, Atau Ada Penyakit Lain

    Dok sy mau tanya. Jdi saya nikah muda krn masih tradisi kampung sy. Skrg umur sy 18 th dan sy nikah dari umur 16 th. Sejak nikah saya hb hanya dg suami sy dan tidak terjadi keanehan apa . Sampe pd tanggal 19 mei 2017, saya hb menggunakan kondom, selang 2 hari saya mengeluarkan flek coklat spt darah salama 10 hari kemudian terhenti selama 5 hari. Keluar lagi. Kemudian sy hb kembali di tanggal 15 juni dan sampai hari ini(19 juni) perasaan saya vagina sy selalu spt berlendir ketika saya lap itu spt darah. Jadwal mens saya tidak pernah teratur juga dok. Tapi saya juga saat ini baru mulai bkerja yg sangat membuat sy kelelahan, dan apakah flek trsbt ada hubungan nya dg kondisi saya yg kelelahan, atau kah ada penyakit lain dok?? Krn dulu sblum sy kerja ktika hb itu tidk pernah keluar spt flek. Namun ketika hb tidak terasa sakit sama sekali bahkan biasa saja. Mohon bantuan nya dok, sy mau cek ke dktr blm ada uang. Terima kasih.

    Detail Answer
  • Keinginan Untuk Bunuh Diri

    Dok saya kan punya teman, Menurut saya Dia punya gangguan kejiwaan. Setiap Dia punya masalah pikirannya pengen bunuh diri, pengen buat perjanjian Sama Iblis, Dan sejenisnya lah. Saya pikir Dia cuman becanda, karena Dia Cerita Sama senyum2. Ini Bukan pertama Kali sih pertama Kali Dia sma kls 1. Dia pacaran Sama temen sekelasnya Tapi Enggak diakui Pacarnya (Sekolah) di rumah Dia juga sering ribut Sama mamanya ( yang jadi pertanyaan saya Dia kok ingat terus kata2 mamanya Dia yang bilangin Dia Bukan anaknya anak ketukar Katanya) nanti itu Dia ngiris tangannya sendiri.Saya mau Tanya apa Dia bisa Di sembuhkan Dari sifatnya itu Dok?

    Detail Answer
  • Bagaimana Mengatasi Depresi?

    Saya berumur 29 tahun dan baru saja menikah 8 bulan yang lalu. Sepanjang masa pernikahan saya. Saya merasa saya tidak bahagia dan tidak menemukan momen momen yang membuatkan saya bahagia. Karena memikirkan pernikahan masih terlalu dini dan suami saya adalah pilihan saya sendiri maka saya tetap bersamanya walaupun hati saya sudah tidak ada lagi padanya. Semua ini mengakibatkan saya menjadi down. Todak semangat dengan aktivitas harian. Lebih senang tidur dan selalu makan berlebihan sehingga berat badan saya mendadak naik. Saya merasa semua orang membenci saya dengan alasan yang saya tidak pasti. Saya merasa sekekeliking saya selalu mempergunjingkan saya. Dan saya merasa tidak ada seorang pun yang menyukai suami saya dan membuatkan saya lebih membencinya. Saya gampang sekali marah. Dan sangat sensitive. Dan selalu berfikir bagaiman rasanya mati dan sebagainya. Apakah yang saya alami adalah depresi? Perlukan saya menemui dokter? Kalau tidak apakah yang harus saya lakukan? Mohon bantuan.

    Detail Answer
  • Timbul Urat Menonjol Pada Leher Penis

    Dok ada kah obat buat keluhan yg saya alami karna timbulnya urat lurus berbentuk separuh melingkar sebelah kiri penis saya... Itu sangat mengganggu dok pada saat ereksi saya jd cepat turun..dan kenapa itu bs terjadi dok sebelumnya tdk pernah apa ada herbal yg harus saya konsumsi dan apa yg harus saya hindari karna bila disentuh saat keras penis saya terasa nyeri tp bila kencing tdk berpengaruh atau pun saat sperma klr saat saya bersenggama tdk da mslh cm ckp mengganggu krna sering nyeri

    Detail Answer
  • Hamil, Saya Bahagia Tapi Kok Murung Dan Stress

    Saya wanita usia 25thn, saya sedang hamil 3 bulan dan saya nggak tau kenapa saya stress dan gak bahagia selama kehamilan. saya Ibu rumah tangga jauh dari keluarga karena ikut suami bekerja di Bali. adakah solusi buat saya supaya saya gak stress dan bisa dikatakan depresi entah karena saya blm siap dengan kehamilan karena saya berfikir saya tidak bisa senang seperti waktu single. atau hal lain yg saya sendiri juga gak tau.

    Detail Answer
  • Flek Sedikit

    Sore dok bagaimana jika keluar flek setelah berhubungan?

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Depresi

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Depresi ?
Ask Doctor