Profile
All Topic

Pusat Informasi Fibrocystic Breast

Tentang Fibrocystic Breast

Fibrocystic Breast adalah adanya benjolan atau gumpalan pada payudara. Kondisi ini membuat payudara terasa agak bengkak, dan terkadang nyeri. Fibrocystic Breast tidak berbahaya dan merupakan kondisi normal. Namun, saat menjelang menstruasi kemungkinan nyerinya akan bertambah. Setiap perempuan biasanya akan mengalami fibrocystic breast pada suatu waktu.

Gejala

Penderita Fibrocystic Breast akan mengalami gejala berikut :

  • Benjolan di payudara, atau ada bagian payudara yang menebal.
  • Payudara terasa nyeri atau terasa melunak.
  • Payudara membesar.
  • Keluar cairan berwarna hijau atau coklat tua dari puting.
  • Kedua payudara terasa berubah.
  • Payudara bertambah nyeri atau semakin melunak menjelang menstruasi.

Fibrocystic Breast lebih sering terjadi pada perempuan berumur 20-50 tahun. Perempuan yang sudah menopause sangat jarang mengalaminya. Kecuali yang sedang melakukan terapi hormon.

Walaupun Fibrocystic Breast ini sangat normal, tapi tetap perlu waspada. Perhatikan apakah benjolan tetap ada setelah menstruasi lewat. Perhatikan juga kalau-kalau ukurannya membesar atau berubah. Jika kedua hal itu terjadi, segera hubungi dokter.

Penyebab

Penyebab pasti Fibrocystic Breast belum dapat diketahui, namun kemungkinan besar diakibatkan oleh perubahan hormon estrogen.

Komplikasi Akibat

Fibrocystic Breast tidak akan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara (breast cancer) . Kecuali, jika Fibrocystic Breast tersebut berkaitan dengan atypical hyperplasia (atypia). Atypia adalah kelainan bentuk dan pertumbuhan sel pelapis lobula payudara dan saluran susu.

Mereka yang memiliki atypia memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan biopsi (pengambilan sampel jaringan) payudara atau pemeriksaan lainnya.

Diagnosa

Pemeriksaan untuk mendiagnosis Fibrocystic Breast mencakup :

  • Pemeriksaan payudara dan pemeriksaan fisik.
  • Mammography.
  • Ultrasound.
  • Biopsi payudara.

Pengobatan

Fibrocystic Breast yang sedang dan ringan tidak memerlukan perawatan. Sementara, untuk yang kasusnya lebih parah penanganannya dapat berupa mengeluarkan cairan kista dari payudara dan operasi.

Dokter akan menggunakan jarum kecil untuk mengeluarkan cairan kista sehingga kista kempes. Jika tidak berhasil, dokter akan merekomendasikan operasi pengangkatan kista.

Sedangkan, untuk mengatasi nyeri payudara penderitanya dapat menggunakan obat-obatan. Obat-obatan sejenis acetaminophen atau ibuprofen untuk pereda nyeri. Pil KB untuk menurunkan hormon yang berkaitan dengan Fibrocystic Breast. Dokter juga dapat meresepkan obat yang menyerupai hormon testosteron untuk meredakan nyeri payudara.

Untuk membantu meredakan gejala Fibrocystic Breast, ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan sendiri. Gunakan bra yang tepat, gunakan sports bra saat berolahraga dan tidur, batasi konsumsi kafein, dan batasi konsumsi lemak.

Menambah konsumsi asam linoleat juga dapat membantu meredakan nyeri dan membuat jaringan payudara lebih kebal terhadap perubahan hormon. Asam linoleat dapat didapatkan dari suplemen evening primrose oil yang marak di pasaran.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Saat Payudara Dihisap Ada Perbedaanrasa Kanan Kiri

    Siang dok, saya putri saya berusia 17 tahun. Saya sudah menikah. Saat ini saya belum hamil. Tapi saat suami saya menghisap payudara saya dia bilang ada rasa yang berbeda dari kanan dan kiri. yang kiri awal nya terasa seperti ada darah dan yang kanan tidak ada rasa apa apa. Kemudian di hari berikut nya suami saya menghisap payudara saya lagi dan ada per bahan lagi. Yang kiri terasa asam dan yang kanan terasa seperti darah. Mohon solusi nya dok terima kasih.

    Detail Answer
  • Kanker Payudara

    Saya ibu menyusui. Saya mau tany baru beberapa hari ini payudara sebelah kanan saya sakit. Ternyata ada benjolan di bagian bawah, tapi bukan di payudara saya, di luar lingkar payudara bawah. Tidak bisa di geser, apabila di tekan itu sakit. Saya coba dengan SADARI. Keluar air di puting saya. Tapi itu air asi saya. Kalau gtu kanker bukan ya dok

    Detail Answer
  • Apakah Ini Normal Ya Dok?

    halo dokter, saya usia 17 tahun. payudara saya tbtb mengendor seperti salah pakai bra dan puting saya tiba tiba juga sedikit menonjol keluar. jika saya sering meremas dan menarik puting saya, apakah itu bisa membuat puting menonjol keluar ya dok?

    Detail Answer
  • Apakah Bisa Membuat Lebih Menonjol?

    halo dokter usia saya 17 tahun, saya masih bingung ni dok, apakah benar jika menarik dan memainkan puting itu bisa membuat puting lebih menonjol ya dok? lalu bagaimana cara mengatasi nya dok?

    Detail Answer
  • Bedanya Gimana Ya Dok?

    halo dokter, mau tanya bedanya payudara orang hamil dan payudara tidak hamil itu gimana si dok?

    Detail Answer
  • Tentang Payudara

    Dok saya mau tanya, kemarin hari kamis tgl 5 juli 2018 saya ada acara kampus yaitu kunjungan industri ke pabrik selama hampir seharian dan baru sampai rumah sekitar jam 8 malam, ketika saya ingin membuka baju dan bra saya lihat ada luka kecil seperti lecet tepatnya ada di bawah puting kira2 5cm tepatnya dari puting dan saya pikir cuma karna terlalu lama pakai bra dan posisi nya disitu saya keringatan. Tapi besok pagi nya luka itu ada nanah nya dan berdarah lalu saya bersihkan, setelah di bersihkan hari itu keesokan harinya seperti itu lagi itu kira2 kenapa ya dok? Atau bra nya terlalu sempit sehingga menyebabkan lecet, dan atau karena ada penyakit lain? Terima Kasih sebelumnya dok

    Detail Answer
  • Sakit Payudara

    Dok akhir 1bln lebih ini saya sakit payudara trus smnjak pkai bra berkawat dan bra ketat.. dan saya raba2 sepertinya tdk ada benjolan.. dan stlh prgi k dokter sya d beri obat peradngn tetapi ttp aja tdk ada perubahan / msih skit smpe skrng.. itu prtnda apa y dok..

    Detail Answer
  • Benjolan Pada Payudara Sebelab Kiri Saat Menyusui

    Pagi dok, sy mau tanya perihal tentang benjolan di sebelah kiri saya, dibagian ats dan bawah puting tepatnya, nie ada benjolan terAsa sakit tpi kadang jg td, Yg saya mau tanyakan : 1.msh bolehkah saya menyusui anak saya 2.ini termasuk benjolan apa ya dok? 3. Kalaupun sy kedokter alangkah baiknya sy pergi ke dokter sp. Kandungan atau sp. Penyakit dalam? Mohon dibantu ya dok Trima kasih

    Detail Answer
  • Tentang Benjolan Payudara

    Dok saya wanita 25 tahun belum pernahmenikah, akhir2 ini sering merasakan nyeri pada bagian payudara kanan disertai kesemutan pada lengan kanan dan kaki kanan, apakah itu FAM? Bagaimana dok solusi nya, dan apa yg harus saya lakukan terlebih dahulu, saat ini saya selalu melakukan sadari namun saya bingung ini benjolan atau apa, berapa lama saya harus observasi lalu pergi ke dokter? Terimakasih

    Detail Answer
  • Benjolan Di Dekat Puting

    Saya ada benjolan di dekat puting, kecil dan sakit, seperti bisul ada matanya, kemudian setelah dua hari mengecil tapi mengeluarkan nanah sedikit disertai darah, apakah berbahaya ? Jika ingin periksa lebih lanjut sebaiknya kedokter apa ? Payudara saya tidak mengalami perubahan bentuk dan hanya sakit di bagian benjolannya. Terima kasih

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Fibrocystic Breast

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor