Profile
All Topic

Pusat Informasi Fibrocystic Breast

Tentang Fibrocystic Breast

Fibrocystic Breast adalah adanya benjolan atau gumpalan pada payudara. Kondisi ini membuat payudara terasa agak bengkak, dan terkadang nyeri. Fibrocystic Breast tidak berbahaya dan merupakan kondisi normal. Namun, saat menjelang menstruasi kemungkinan nyerinya akan bertambah. Setiap perempuan biasanya akan mengalami fibrocystic breast pada suatu waktu.

Gejala

Penderita Fibrocystic Breast akan mengalami gejala berikut :

  • Benjolan di payudara, atau ada bagian payudara yang menebal.
  • Payudara terasa nyeri atau terasa melunak.
  • Payudara membesar.
  • Keluar cairan berwarna hijau atau coklat tua dari puting.
  • Kedua payudara terasa berubah.
  • Payudara bertambah nyeri atau semakin melunak menjelang menstruasi.

Fibrocystic Breast lebih sering terjadi pada perempuan berumur 20-50 tahun. Perempuan yang sudah menopause sangat jarang mengalaminya. Kecuali yang sedang melakukan terapi hormon.

Walaupun Fibrocystic Breast ini sangat normal, tapi tetap perlu waspada. Perhatikan apakah benjolan tetap ada setelah menstruasi lewat. Perhatikan juga kalau-kalau ukurannya membesar atau berubah. Jika kedua hal itu terjadi, segera hubungi dokter.

Penyebab

Penyebab pasti Fibrocystic Breast belum dapat diketahui, namun kemungkinan besar diakibatkan oleh perubahan hormon estrogen.

Komplikasi Akibat

Fibrocystic Breast tidak akan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara (breast cancer) . Kecuali, jika Fibrocystic Breast tersebut berkaitan dengan atypical hyperplasia (atypia). Atypia adalah kelainan bentuk dan pertumbuhan sel pelapis lobula payudara dan saluran susu.

Mereka yang memiliki atypia memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan biopsi (pengambilan sampel jaringan) payudara atau pemeriksaan lainnya.

Diagnosa

Pemeriksaan untuk mendiagnosis Fibrocystic Breast mencakup :

  • Pemeriksaan payudara dan pemeriksaan fisik.
  • Mammography.
  • Ultrasound.
  • Biopsi payudara.

Pengobatan

Fibrocystic Breast yang sedang dan ringan tidak memerlukan perawatan. Sementara, untuk yang kasusnya lebih parah penanganannya dapat berupa mengeluarkan cairan kista dari payudara dan operasi.

Dokter akan menggunakan jarum kecil untuk mengeluarkan cairan kista sehingga kista kempes. Jika tidak berhasil, dokter akan merekomendasikan operasi pengangkatan kista.

Sedangkan, untuk mengatasi nyeri payudara penderitanya dapat menggunakan obat-obatan. Obat-obatan sejenis acetaminophen atau ibuprofen untuk pereda nyeri. Pil KB untuk menurunkan hormon yang berkaitan dengan Fibrocystic Breast. Dokter juga dapat meresepkan obat yang menyerupai hormon testosteron untuk meredakan nyeri payudara.

Untuk membantu meredakan gejala Fibrocystic Breast, ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan sendiri. Gunakan bra yang tepat, gunakan sports bra saat berolahraga dan tidur, batasi konsumsi kafein, dan batasi konsumsi lemak.

Menambah konsumsi asam linoleat juga dapat membantu meredakan nyeri dan membuat jaringan payudara lebih kebal terhadap perubahan hormon. Asam linoleat dapat didapatkan dari suplemen evening primrose oil yang marak di pasaran.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Luka Di Payudara Yang Sulit Sembuh

    Selamat malam dok, saya mempunyai keluhan luka (maaf) di payudara sebelah kiri saya yang sudah 1 bulan ini sulit sembuh. Saya adalah ibu yang masih menyusui, usia anak saya 22 bulan. Luka saya ini juga berawal dari ketika saya menyusui anak saya, tanpa sengaja dia menggigitnya hingga terluka. Sudah saya beri obat, ketika lukanya kering. Saya berikan lagi ke anak saya, tapi setelah itu lukanya terbuka kembali. Begitu seterusnya. Saya juga sudah lakukan pemeriksaan sadari sendiri, tapi saya juga tidak merasakan ada benjolan dok. Mohon solusinya bagaimana. Terima kasih

    Detail Answer
  • Payudara Kecil

    usia saya 20 tahun dok, badan saya kurus dan ukuran payudara saya tdk berkembang sejak umur 10 tahun. apakah normal dok karena badan saya yg kurus? apakah jika nanti saya gemuk, payudara sy bisa berkembang?

    Detail Answer
  • Payudara Kencang Dan Padat

    Dok aku siska umur 21 tahun aku skrng ini merasa payudara aku agak membesar kencang dan padat pinggirannya tapi tidak sakit ,, aku haid sudah beberapa bulan ini beda tanggal trus awalnya tgl 15 lalu tgl 13 dan yg kmrn tgl 10 dok , itu gejala apa ya dok ? Aku haid juga tidak terlalu sakit perutnya pas awal dan sesudah haid sakit perut aku nya ,, aku haid selama 1-5 harian dan volume darah sampe hari ke 3 banyak hari ke 4 sisa flek dok dan hari ke 5 bersih ,, apa haid saya lancar dok ? Dan kenapa payudara terasa seperti yg saya bahas diatas ? Makasih dok

    Detail Answer
  • Payudara Sakit Lebih Awal Dari Sebelumya 9 Hari

    dok saya agus 24 thn saya mau tanyak istri saya 10 hari sebeum haid dia sakit payudara yang gk bisa di sentuh biasanya sakit payudara 6 hari sebelum haid datang sekarang sakitnya lebih cepat tapi pada tanggal 21 desember saya berhubungan intim dengannya tapi ada keluar sedikit darah pada tanggal 2 januari dia sakit payudara dan pada tanggal 29 desember dia makan mie tengah malam tiba2 muntah tanpa ada lemas sakit perut dan sakit kepala dan tidak pusing. hari ini sudah ada 21 hari setelah berhubungan intim tapi tidak ada gejala hamil lain 5 hari lagi datang bulan pada tanggal 15 di hitung dari sekrang tinggal lima hari lagi tapi tidak ada keluar darah sebelum ini apa itu hamil atau tidak dok mohon penjelasanya

    Detail Answer
  • Payudara Terasa Keras Dan Padat

    Maaf dok saya mau tanya saya sedang menyusui payudara saya bengkak sudah 3 bulan tpi sekarang saya merasakan sakit ngilu pada payudara sebelumnya payudara ketika bengkak saya kompres pake air hangat tapi tetep saja tidak ada perubahan air asi yg keluar seperti nanah knpa ya dok?

    Detail Answer
  • Keluhan Pasca Lepas Kb Suntik

    Selamat sore dok,, saya menggunakan suntik kb 3buln selama 4th,stelh itu saya beralih suntik kb 1 bulan,, baru 3hari suntik kb 1 bulan payudara saya terasa pegal dan membesar, karena payudara terasa kencang, pegal dan membesar saya hentikan kb nya,, tp sampei skrang payudara saya masih terasa kencang, pegal dan membesar,, tp saya tes (-) dok,,apkah mungkin efek kb yg lama dok?? Mohon penjelasanya Terimakasih

    Detail Answer
  • Duktus Laktiferus

    Dok saya ingin bertanya, jika ada dilatasi duktus laktiferus itu apakah termasuk fibrokistik atau kista? Dan bagaimana cara penyumbuhan dilatasu duktus laktiferus tersebut. Mohon penjelasannya, terima kasih dokter.

    Detail Answer
  • Puting Payudara Merah Dan Coklat

    Dok, saya ingun bertanya mengenai warna pada puting payudara saya. Warna puting payudara saya keduanya berwarna coklat, namun di tengahnya berwarna sedikit kemerahan. Apakah itu normal? Terimakasih

    Detail Answer
  • Payudara Berdenyut

    Pagi dok. Mau brtnya, Payudara saya sering terasa berdenyut sudah 2 mnggu terkhir ini. Kira kira itu Apa ya dok ?

    Detail Answer
  • Panatangan Makanan Penderita Tumor Jinak Payudara

    Dok, apakah penderita tumor jinak payudara (fam) yg belum di operasi masih boleh konsumsi mie instan dan ayam boiler? * dgn intensitas tdk sering. Selain msg dan bahan pengawet, makanan apa saja yg harus saya kurangi? Terimakasih

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Fibrocystic Breast

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor