Profile
All Topic

Pusat Informasi Fibrocystic Breast

Tentang Fibrocystic Breast

Fibrocystic Breast adalah adanya benjolan atau gumpalan pada payudara. Kondisi ini membuat payudara terasa agak bengkak, dan terkadang nyeri. Fibrocystic Breast tidak berbahaya dan merupakan kondisi normal. Namun, saat menjelang menstruasi kemungkinan nyerinya akan bertambah. Setiap perempuan biasanya akan mengalami fibrocystic breast pada suatu waktu.

Gejala

Penderita Fibrocystic Breast akan mengalami gejala berikut :

  • Benjolan di payudara, atau ada bagian payudara yang menebal.
  • Payudara terasa nyeri atau terasa melunak.
  • Payudara membesar.
  • Keluar cairan berwarna hijau atau coklat tua dari puting.
  • Kedua payudara terasa berubah.
  • Payudara bertambah nyeri atau semakin melunak menjelang menstruasi.

Fibrocystic Breast lebih sering terjadi pada perempuan berumur 20-50 tahun. Perempuan yang sudah menopause sangat jarang mengalaminya. Kecuali yang sedang melakukan terapi hormon.

Walaupun Fibrocystic Breast ini sangat normal, tapi tetap perlu waspada. Perhatikan apakah benjolan tetap ada setelah menstruasi lewat. Perhatikan juga kalau-kalau ukurannya membesar atau berubah. Jika kedua hal itu terjadi, segera hubungi dokter.

Penyebab

Penyebab pasti Fibrocystic Breast belum dapat diketahui, namun kemungkinan besar diakibatkan oleh perubahan hormon estrogen.

Komplikasi Akibat

Fibrocystic Breast tidak akan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara (breast cancer) . Kecuali, jika Fibrocystic Breast tersebut berkaitan dengan atypical hyperplasia (atypia). Atypia adalah kelainan bentuk dan pertumbuhan sel pelapis lobula payudara dan saluran susu.

Mereka yang memiliki atypia memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan biopsi (pengambilan sampel jaringan) payudara atau pemeriksaan lainnya.

Diagnosa

Pemeriksaan untuk mendiagnosis Fibrocystic Breast mencakup :

  • Pemeriksaan payudara dan pemeriksaan fisik.
  • Mammography.
  • Ultrasound.
  • Biopsi payudara.

Pengobatan

Fibrocystic Breast yang sedang dan ringan tidak memerlukan perawatan. Sementara, untuk yang kasusnya lebih parah penanganannya dapat berupa mengeluarkan cairan kista dari payudara dan operasi.

Dokter akan menggunakan jarum kecil untuk mengeluarkan cairan kista sehingga kista kempes. Jika tidak berhasil, dokter akan merekomendasikan operasi pengangkatan kista.

Sedangkan, untuk mengatasi nyeri payudara penderitanya dapat menggunakan obat-obatan. Obat-obatan sejenis acetaminophen atau ibuprofen untuk pereda nyeri. Pil KB untuk menurunkan hormon yang berkaitan dengan Fibrocystic Breast. Dokter juga dapat meresepkan obat yang menyerupai hormon testosteron untuk meredakan nyeri payudara.

Untuk membantu meredakan gejala Fibrocystic Breast, ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan sendiri. Gunakan bra yang tepat, gunakan sports bra saat berolahraga dan tidur, batasi konsumsi kafein, dan batasi konsumsi lemak.

Menambah konsumsi asam linoleat juga dapat membantu meredakan nyeri dan membuat jaringan payudara lebih kebal terhadap perubahan hormon. Asam linoleat dapat didapatkan dari suplemen evening primrose oil yang marak di pasaran.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Sakit Pda Payudara Saat Di Sntuh

    Kenapa yah payudara saya sakit saat di sntuh padahal saya tdk haid

    Detail Answer
  • Mengenai Payudara

    Hallo dok,saya mau tanya kenapa ya payudara saya setiap bulan selalu nyeri di bagian kiri , payudara saya sebelah kiri lebih besar dari kanan ,dari semenjak anak saya yg pertama. Apakah dia termasuk kanker payudara ?

    Detail Answer
  • Usg Mammae

    selamat malam Dok, saya ingin menanyakan arti hasil USG istri saya: Mammae kanan : Jaringan kutis dan subkutis masih baik. Struktur jaringan fibroglandular terlihat normal. Tampak lesi padat berbentuk tubuler tepi ireguler kemungkinan suatu lesi padat intraductal berukuran 2,5x1x0,8cm di retro-peri areola; arah jam 8. Tampak lesi padat berbentuk ireguler batas relatif tegas berukuran 0,9x0,5x0,8cm diarah jam 11-12m;4cm dari paila mammae Tampak kelenjar limfe aksila dengan korteks yang sedikit menebal berukuran 1,6x0,9x1,5cm. Mammae kiri : Tak tampak kalsifikasi Kesan: Lesi padat tubuler kemungkinan terletak intraductal di kuadran infero lateral mammae kanan dan kiri, sesuai birads 4A. Lesi padat berbentuk ireguler di kuadran supero lateral mammae kanan, sesuai birads 4A. KGB multiple dengan korteks yang menebal dikedua aksila, dd/Reactive lymphadenitis. mohon pengertian arti kalimat tersebut ya Dok. Terima Kasih

    Detail Answer
  • Petil Payudara

    Ass dok aq mau nanya selama aq berenti menyusui kok pentil aq gatal dan klo aq pencet petilku ad keluar ky air susu kering n berbau

    Detail Answer
  • Tumor FAM

    Selamat pgi, Dok sya ingin bertanya,istri saya umur 35,di payudara sblh kanan bawah ada benjolan kecil,tpi pas benjolan itu dipencet-pencet terasa sakit,tpi benjolan ini sdah bbrpa bulan dan tidak bertambah besar,jga ketika dipencet sering pindah tempat,apakh ini bahaya ya dok,Terima kasih

    Detail Answer
  • Keluhan Payudara

    Siang dok saya mau tny, Sy periksa sadari dan saya ada benjolan di kedua payudara saya sejak lama ,kurang lebih 7tahun tetapi sy diamkan karena tidak ad keluhan tetapi belakangan ini saya merasa nyeri dan terkadang salah satu puting saya mengkerut tapi tidak tertarik ke dalam dan bentuk payudara saya terlihat salah satu lebih besar tp ini sy rasakan perbedaan nya sudah lama dr dulu memang sebelah kiri saya lebih besar. Dan yang saya khawatirkan rasa nyeri itu muncul akibat parno atau memang betulan nyeri karena sy terkadang susah tidur karna mikirin hal itu. apakah itu berbahaya ya dok dan kalau untuk periksa lebih baik ke dokter spesialis apa ya dok? Terima kasih

    Detail Answer
  • Benjolan Sebelah Kanan

    Maaf dok mau tnya? Saat ini d payudara saya ada benjolan d sebelah kanan bawah. Baru keraba 2 minggu yg lalu awal keraba tidak sakit pas ada mungkin seminggu kerasa mulailah menimbulkn rasa nyeri nyampe meriang demam tinggi badan sakit semua awalnyah bnjolannyah sebesar ibu jari kaki swkarang bnjolannyah sebesar telor di sertai sakit .. kemungkinan itu apa ya dok sudah dua kali ke dokter dan mereka bilang sih bisul kira2 apa ya dok ..

    Detail Answer
  • Benjolan Di Payudara Kanan Dekat Puting

    Pagi dok saya berusia 19thn dulu waktu saya duduk dikelas 1 smp berarti umur saya kurang lebih 13thn,waktu itu ada bencolan di sebelah puting seperti bisul atau jerawat,saya kira jerawat terus saya pencet selang berapa lama lalu ada benjolan,dan benjolan itu mudah digerakan,ditubuh saya sudah 7thn kurang lebih,itu apa ya dok dan bahaya atau tidak?

    Detail Answer
  • Gatal Pada Payudara Bagian Dalam

    Dear Dokter, Saya mengalami keluhan gatal pada payudara sebelah kiri. Setelah saya membaca artikel di meetdoctor ttg beberapa penyakit payudara, tidak ada yg cocok dengan keluhan saya. Payudara saya terlihat seperti biasa, tidak ada tanda2 khusus dibagian luar payudara. Hanya saja terkadang terasa gatal. Pada saat saya mencoba menggaruknya, tidak ada bagian luar yg terasa gatal namun terasa gatal di bagian dalam payudara sehingga sulit dihilangkan rasa gatalnya. Terkadang juga gatal terjadi di puting payudara saya, setelah saya cek, tidak ada yg aneh dari segi bentuk krn msh sm dgn yg sebelah kanan. Kenapa begitu ya dok? Apakah ini hal serius yg harus ditangani dokter? Atau saya bisa mengatasi sendiri dengan saran dari meetdoctor? Mohon pencerahannya. Terima kasih. Kind regards, Nuri

    Detail Answer
  • Benjolan Di Areola Dan Puting Luka

    Siang dok , Saya seorang ibu dengan anak 1 , dan anak saya masih berusia 7 bulan . Sudah hampir 2bulanan puting saya luka seperti terbelek dibagian atasnyaa dan terkadang keluar cairan putih/nanah bahkan berdarah . Dan baru kali ini ada benjolan di areola saya dan itu terasa sakit sekali apabila tersentuh . Sudah saya kompres bagian areola dgn air hangat tapi masih terasa sakit . Penyakit apakah ini dok ? Mohon solusi mengobatinyaa dok . Terima kasih

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Fibrocystic Breast

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor