Profile
All Topic

Pusat Informasi Fibrocystic Breast

Tentang Fibrocystic Breast

Fibrocystic Breast adalah adanya benjolan atau gumpalan pada payudara. Kondisi ini membuat payudara terasa agak bengkak, dan terkadang nyeri. Fibrocystic Breast tidak berbahaya dan merupakan kondisi normal. Namun, saat menjelang menstruasi kemungkinan nyerinya akan bertambah. Setiap perempuan biasanya akan mengalami fibrocystic breast pada suatu waktu.

Gejala

Penderita Fibrocystic Breast akan mengalami gejala berikut :

  • Benjolan di payudara, atau ada bagian payudara yang menebal.
  • Payudara terasa nyeri atau terasa melunak.
  • Payudara membesar.
  • Keluar cairan berwarna hijau atau coklat tua dari puting.
  • Kedua payudara terasa berubah.
  • Payudara bertambah nyeri atau semakin melunak menjelang menstruasi.

Fibrocystic Breast lebih sering terjadi pada perempuan berumur 20-50 tahun. Perempuan yang sudah menopause sangat jarang mengalaminya. Kecuali yang sedang melakukan terapi hormon.

Walaupun Fibrocystic Breast ini sangat normal, tapi tetap perlu waspada. Perhatikan apakah benjolan tetap ada setelah menstruasi lewat. Perhatikan juga kalau-kalau ukurannya membesar atau berubah. Jika kedua hal itu terjadi, segera hubungi dokter.

Penyebab

Penyebab pasti Fibrocystic Breast belum dapat diketahui, namun kemungkinan besar diakibatkan oleh perubahan hormon estrogen.

Komplikasi Akibat

Fibrocystic Breast tidak akan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara (breast cancer) . Kecuali, jika Fibrocystic Breast tersebut berkaitan dengan atypical hyperplasia (atypia). Atypia adalah kelainan bentuk dan pertumbuhan sel pelapis lobula payudara dan saluran susu.

Mereka yang memiliki atypia memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan biopsi (pengambilan sampel jaringan) payudara atau pemeriksaan lainnya.

Diagnosa

Pemeriksaan untuk mendiagnosis Fibrocystic Breast mencakup :

  • Pemeriksaan payudara dan pemeriksaan fisik.
  • Mammography.
  • Ultrasound.
  • Biopsi payudara.

Pengobatan

Fibrocystic Breast yang sedang dan ringan tidak memerlukan perawatan. Sementara, untuk yang kasusnya lebih parah penanganannya dapat berupa mengeluarkan cairan kista dari payudara dan operasi.

Dokter akan menggunakan jarum kecil untuk mengeluarkan cairan kista sehingga kista kempes. Jika tidak berhasil, dokter akan merekomendasikan operasi pengangkatan kista.

Sedangkan, untuk mengatasi nyeri payudara penderitanya dapat menggunakan obat-obatan. Obat-obatan sejenis acetaminophen atau ibuprofen untuk pereda nyeri. Pil KB untuk menurunkan hormon yang berkaitan dengan Fibrocystic Breast. Dokter juga dapat meresepkan obat yang menyerupai hormon testosteron untuk meredakan nyeri payudara.

Untuk membantu meredakan gejala Fibrocystic Breast, ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan sendiri. Gunakan bra yang tepat, gunakan sports bra saat berolahraga dan tidur, batasi konsumsi kafein, dan batasi konsumsi lemak.

Menambah konsumsi asam linoleat juga dapat membantu meredakan nyeri dan membuat jaringan payudara lebih kebal terhadap perubahan hormon. Asam linoleat dapat didapatkan dari suplemen evening primrose oil yang marak di pasaran.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Payudara Terasa Keras Padan Padat

    Siang dok say mau nanya ni ..say usia 26thn say lagi nyusuin ..knpa ea kadang2 payudra trsa sakit dan mengras ? Jika dah kumat sakit nya luar biasa trus kras bgt d bagian bawah ne dah hampir 2 buln dok .. ank nyusu y juga doyan ko ..maksih mohon d jawab dok

    Detail Answer
  • Mengenai Payudara

    Asalammualaikum dok,,dok pgn tnya,,sya umur 25 sdh menikah blom pnya ank.. .knp d bgian payudara sy ada garis2 merah dulu klau lgi haid gatal...skrng gk dok,,,tolong kasih tau dok bhya tdk...

    Detail Answer
  • Cairan Minyak Pada Payudara

    Dok saya wanita berusia 28th..punya 2 ank..sudah 4bulanmenyapih anak trakhir ..tadi sya iseng pencet payudara trnyata kluar cairan seperti minyak..payudara sebelh kanan.agak lengket.. itu knpa ya dok??pengobatan n penyebabx apa?? trimakasih dok.

    Detail Answer
  • Payudara Rasa Dicucuk Belah Kanan

    Salam doc, kebelakangan ini sy sering rasa ada benjolan di payudara kanan ketika mandi dan saat ini benjolan masih tidak hilang dan ditambah pula terasa dicucuk dan nyeri di payudara belah kanan. Mengapa ya doc? Ada penjelasan ?

    Detail Answer
  • Perbuhan Warna

    Dok, saya mau nanya, teman saya minta tolong kesaya buat nyari info tentang puting payudara, pertanyaan teman saya, Apakah puting perempuan yang masih perawan jika di hisap 1 atau 2 kali saja akan berubah warna? Jika berubah apakah warnanya bisa kembali seperti semula? Dan dalam jangka waktu brapakah perubahan warna puting sebelum di hisap dan sudah di hisap menjadi berubah warna?, dan juga dalam jangka waktu brapakah warna puting kembali we warna aslinya? Tolong di jawab doc

    Detail Answer
  • Payudara Sakit Saat Bernapas

    Dok, beberapa hari ini saya sering merasakan sakit payudara jika bernapas .. Bagian yg terasa sakit payudara bagian kiri bawah .. Tp saya coba ujian tidak ada benjolan .. Tp sakitnya itu kadang timbul kadang tidak .. Kira2 itu gejala apa yaa dok? Apa yg harus saya lakukan? Usia saya skrg 22 thn .. Terimakasih ..

    Detail Answer
  • Benjoalan Payudara

    Umur saya 18 tahun .Saya mau tanya dok,payudara kanan dan kiri saya terasa nyeri padahal sudah 10 hari selesai haid .ada benjolan bulat kecil di bawah payudara kanan bila ditekan dapat bergerak.apa itu berbahaya dok? Di payudara kanan dan kiri ada benjolan bentuk pipih panjang bila ditekan sakit dan dapat bergerak?mohon penjelasan nya dok

    Detail Answer
  • Payudara Sakit Ketika Bernapas

    Dok, beberapa hari ini saya sering merasakan sakit payudara jika bernapas.. Bagian yg terasa nyeri payudara bagian kiri bawah.. Tp saya coba periksa tidak ada benjolan.. Tp sakitnya itu kadang timbul kadang tidak.. Kira2 itu gejala apa yaa dok? Apa yg harus saya lakukan? Usia saya skrg 22 thn.. Terimakasih..

    Detail Answer
  • Payudara Terasa Gatal

    Cara mengatasi atau mengobati rasa gatal pada area skitar puting payudara yang berbulan-bulan, smpai menimbulkan dikulit menjdi menebal apa ya dok

    Detail Answer
  • Keluar Cairan Dari Payudara

    Selamat sore, dok. Saya mau tanya. Saya berusia 17tahun, sekitar 1 bulan yang lalu saya menjalani operasi FAM di payudara bagian kiri. Sebelumnya sama mempunya riwayat penyakit TB Kelenjar namun beberapa bulan yang lalu dinyatakan sudah bersih. Beberapa hari setelah operasi FAM keluar cairan seperti nanah dibagian jahitannya. Setelah 2 minggu, nanahnya sudah hilang, jahitan pun di lepas. Tapi setelah jahitan dilepas sekitar 1 minggu, luka bekas operasinya mengalami pembengkakan seperti ada cairan didalamnya. Hari ini bagian yang bengkak tersebut pecah, terdapat 2 bagian yang mengeluarkan cairan, yang pertama mengeluarkan nanah bercampur darah dan yang satu lagi mengeluarkan cairan bening tapi licin seperti minyak. Apa penyebab cairan tersebut keluar? Apakah masih berhubungan dengan TB Kelenjar yang pernah saya derita? Ataukah disebabkan infeksi yang lain? Kemungkinan apa saja yang dapat terjadi? Terima kasih, dok. Saya tunggu jawabannya segera.

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Fibrocystic Breast

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor