Profile
All Topic

Pusat Informasi Fibrocystic Breast

Tentang Fibrocystic Breast

Fibrocystic Breast adalah adanya benjolan atau gumpalan pada payudara. Kondisi ini membuat payudara terasa agak bengkak, dan terkadang nyeri. Fibrocystic Breast tidak berbahaya dan merupakan kondisi normal. Namun, saat menjelang menstruasi kemungkinan nyerinya akan bertambah. Setiap perempuan biasanya akan mengalami fibrocystic breast pada suatu waktu.

Gejala

Penderita Fibrocystic Breast akan mengalami gejala berikut :

  • Benjolan di payudara, atau ada bagian payudara yang menebal.
  • Payudara terasa nyeri atau terasa melunak.
  • Payudara membesar.
  • Keluar cairan berwarna hijau atau coklat tua dari puting.
  • Kedua payudara terasa berubah.
  • Payudara bertambah nyeri atau semakin melunak menjelang menstruasi.

Fibrocystic Breast lebih sering terjadi pada perempuan berumur 20-50 tahun. Perempuan yang sudah menopause sangat jarang mengalaminya. Kecuali yang sedang melakukan terapi hormon.

Walaupun Fibrocystic Breast ini sangat normal, tapi tetap perlu waspada. Perhatikan apakah benjolan tetap ada setelah menstruasi lewat. Perhatikan juga kalau-kalau ukurannya membesar atau berubah. Jika kedua hal itu terjadi, segera hubungi dokter.

Penyebab

Penyebab pasti Fibrocystic Breast belum dapat diketahui, namun kemungkinan besar diakibatkan oleh perubahan hormon estrogen.

Komplikasi Akibat

Fibrocystic Breast tidak akan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara (breast cancer) . Kecuali, jika Fibrocystic Breast tersebut berkaitan dengan atypical hyperplasia (atypia). Atypia adalah kelainan bentuk dan pertumbuhan sel pelapis lobula payudara dan saluran susu.

Mereka yang memiliki atypia memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan biopsi (pengambilan sampel jaringan) payudara atau pemeriksaan lainnya.

Diagnosa

Pemeriksaan untuk mendiagnosis Fibrocystic Breast mencakup :

  • Pemeriksaan payudara dan pemeriksaan fisik.
  • Mammography.
  • Ultrasound.
  • Biopsi payudara.

Pengobatan

Fibrocystic Breast yang sedang dan ringan tidak memerlukan perawatan. Sementara, untuk yang kasusnya lebih parah penanganannya dapat berupa mengeluarkan cairan kista dari payudara dan operasi.

Dokter akan menggunakan jarum kecil untuk mengeluarkan cairan kista sehingga kista kempes. Jika tidak berhasil, dokter akan merekomendasikan operasi pengangkatan kista.

Sedangkan, untuk mengatasi nyeri payudara penderitanya dapat menggunakan obat-obatan. Obat-obatan sejenis acetaminophen atau ibuprofen untuk pereda nyeri. Pil KB untuk menurunkan hormon yang berkaitan dengan Fibrocystic Breast. Dokter juga dapat meresepkan obat yang menyerupai hormon testosteron untuk meredakan nyeri payudara.

Untuk membantu meredakan gejala Fibrocystic Breast, ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan sendiri. Gunakan bra yang tepat, gunakan sports bra saat berolahraga dan tidur, batasi konsumsi kafein, dan batasi konsumsi lemak.

Menambah konsumsi asam linoleat juga dapat membantu meredakan nyeri dan membuat jaringan payudara lebih kebal terhadap perubahan hormon. Asam linoleat dapat didapatkan dari suplemen evening primrose oil yang marak di pasaran.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Benjolan Payudaraa

    Selmat Malam dokter. Dok mau tanya, apakah harus di lakuan operasi unt benjolan seukuran kacang polong dgn ciri: agak keras, sedikit kenyal namun tidak nyeri dan tdk sakit. Saya blm menikah dok dan baru terasa sebulan ini.Apakah benar itu ciri dari tumor FAM. Mhon jawabny dok, makasih dokterÔś║

    Detail Answer
  • Dok Apakah Memang Benar Jika Pasangan Meremas Payudara Maka Akan Membesar?

    Dok apakah memang benar jika pasangan meremas dan memainkan puting payudara maka payudara saya akan membesar? apakah ada penjelasannya?

    Detail Answer
  • Gatal Di Puting Payudara

    Dok sy mau tanya. Sy ada keluhan gatal di puting susu. Kmudian gatal dn iritasi . saat 1 bulan sy biarkan sj tpi kmudian pas ke 2 bulann sy cek up di dokter kulit dan kelamin dn dikasih obat untuk 5 hari + salep kmudan sy rasakan sdh lumayan sembuh tapi smpe skrng gtal masih kambuh dan msih ad iritasi2 kecil di puting. Kira2 sy kena penyakit pa yah dok?apa berbahaya? Tp Insya Allah tdk ad benjolannya dok

    Detail Answer
  • Pertumbuhan Payudara Terhambat Setelah Operasi FAM

    Siang Dok, saya mau tanya apakah operasi tumor jinak pada payudara dapat menghambat pertumbuhan payudara? usia saya sekarang 18 tahun, pernah operasi FAM saat usia 9 tahun di payudara kiri, kemudian sekarang pertumbuhan payudara sebelah kiri seperti terhambat dan memiliki perbedaan ukuran yang sangat jauh dengan yang sebelah kanan. Pertanyaannya apakah itu berbahaya atau menunjukan indikasi penyakit? Kemudian bagaimana untuk mengatasinya? Apakah bisa normal? Terimakasih sebelumnya, mohon jawabannya.

    Detail Answer
  • Benjolan Di Payudara Kanan Atas.

    Dok.sy ada jendolan di pyudara kanan atas,sdh 3thn 5 bln,dl bulat,skrg seperti memanjang dan boleh di geser geser,dan mau terasa nyeri. Sy dianjurkan ke dokter bedah,tp takut,bila di suruh biopsi.ada teman sy ada yg biopsi malah jd bengkak jendolannya.bgmn solusinya dok?dan apa sebenarnya jendolan ini?

    Detail Answer
  • Payudara Kiri Saya Bagian Atas Bengkak Dan Bernanah

    Apa penyebabnya ya dok ? Dan bagaimana cara mengatasinya ? Apa obatnya dok ?

    Detail Answer
  • Dok, Apakah Tidak Masalah Ukuran Payudara Lebih Besar Sebelah ?

    Kadang payudara terasa sakit nyeri dan linu, kata orang itu berarti akan datang bulan tapi ko bisa sesering itu dok, bahkan rasa sakitnya kadang saya gak bisa nahan , apa ada penyakit atau gejala lain dok ?

    Detail Answer
  • Benjolan Di Payudara Kiri

    Dear dokter, Saya wanita umur 20 tahun, setiap mandi saya tidak terlalu memeriksa payudara saya,, namun dua hari kemarin saat meraba bagian payudara kiri bagian sisi luar seperti ada benjolan didalam mungkin sebesar biji kedelai.. Tidak merasakan sakit atau perubahan lainya pada payudara saya.. dok apakan saya perlu memeriksakan ini? takut2 ini tumor (jangan sampai) atau yang lainya.. Mohon penjelan terhadap ini dan mohon saran, tidakan apa yang harus segera saya lakukan.. kalaupun harus periksa ke dokter bagian apakah? Terimakasih

    Detail Answer
  • Benjolan Dibelakang Puting Payudara Pria

    Sealmat Sore Dok, Nama saya Muhammad Yunus, Usia 23 Tahun Pria, ada hal yang ingin saya konsultasikan, yaitu ada semacam benjolan (agak ofal) didalam payudara saya teparnya dibelakang puting saya sebelah kiri, bila dilihat dari luar, tidak kelihatan seperti ada benjolan, karena benjolan itu adanya di dalam, dan bila dipegang rasanya sakit, tahun lalu (2015) ketika saya raba, benjolan itu terasa kecil tp memang sakit bila ditekan, dan skrng benjolannya terasa lebih besar dari sebelummnya, saya berharap ini bkn tanda" kangker pada payudara pria, karena saya tidak mengalami pembengkakan diarea payudara ataupun ketiak, tidak ada juga keluarnya lendir dari puting, dan tidak ada perubahan fisik dari payudara saya, saya meminta saran pada dokter apa yg mesti saya lakukan, dan termasuk jenis penyakit apa yang saya alami ini, Terimakasih Dok.

    Detail Answer
  • Benjolan Pada Payudara Kiri Samping

    Dok, Saya Putri umur 21 tahun belum menikah Uda sekitar 3 bulan ini kok ada benjolan pada payudara sebelah samping, kadang terasa nyeri kadang tidak, jika ditekan bisa bergerak2, tidak ada gejala lain sleian nyeri saja. Kira kira itu kenapa ya dok? Terima Kasih

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Fibrocystic Breast

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor