Profile
All Topic

Pusat Informasi Fibrocystic Breast

Tentang Fibrocystic Breast

Fibrocystic Breast adalah adanya benjolan atau gumpalan pada payudara. Kondisi ini membuat payudara terasa agak bengkak, dan terkadang nyeri. Fibrocystic Breast tidak berbahaya dan merupakan kondisi normal. Namun, saat menjelang menstruasi kemungkinan nyerinya akan bertambah. Setiap perempuan biasanya akan mengalami fibrocystic breast pada suatu waktu.

Gejala

Penderita Fibrocystic Breast akan mengalami gejala berikut :

  • Benjolan di payudara, atau ada bagian payudara yang menebal.
  • Payudara terasa nyeri atau terasa melunak.
  • Payudara membesar.
  • Keluar cairan berwarna hijau atau coklat tua dari puting.
  • Kedua payudara terasa berubah.
  • Payudara bertambah nyeri atau semakin melunak menjelang menstruasi.

Fibrocystic Breast lebih sering terjadi pada perempuan berumur 20-50 tahun. Perempuan yang sudah menopause sangat jarang mengalaminya. Kecuali yang sedang melakukan terapi hormon.

Walaupun Fibrocystic Breast ini sangat normal, tapi tetap perlu waspada. Perhatikan apakah benjolan tetap ada setelah menstruasi lewat. Perhatikan juga kalau-kalau ukurannya membesar atau berubah. Jika kedua hal itu terjadi, segera hubungi dokter.

Penyebab

Penyebab pasti Fibrocystic Breast belum dapat diketahui, namun kemungkinan besar diakibatkan oleh perubahan hormon estrogen.

Komplikasi Akibat

Fibrocystic Breast tidak akan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara (breast cancer) . Kecuali, jika Fibrocystic Breast tersebut berkaitan dengan atypical hyperplasia (atypia). Atypia adalah kelainan bentuk dan pertumbuhan sel pelapis lobula payudara dan saluran susu.

Mereka yang memiliki atypia memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan biopsi (pengambilan sampel jaringan) payudara atau pemeriksaan lainnya.

Diagnosa

Pemeriksaan untuk mendiagnosis Fibrocystic Breast mencakup :

  • Pemeriksaan payudara dan pemeriksaan fisik.
  • Mammography.
  • Ultrasound.
  • Biopsi payudara.

Pengobatan

Fibrocystic Breast yang sedang dan ringan tidak memerlukan perawatan. Sementara, untuk yang kasusnya lebih parah penanganannya dapat berupa mengeluarkan cairan kista dari payudara dan operasi.

Dokter akan menggunakan jarum kecil untuk mengeluarkan cairan kista sehingga kista kempes. Jika tidak berhasil, dokter akan merekomendasikan operasi pengangkatan kista.

Sedangkan, untuk mengatasi nyeri payudara penderitanya dapat menggunakan obat-obatan. Obat-obatan sejenis acetaminophen atau ibuprofen untuk pereda nyeri. Pil KB untuk menurunkan hormon yang berkaitan dengan Fibrocystic Breast. Dokter juga dapat meresepkan obat yang menyerupai hormon testosteron untuk meredakan nyeri payudara.

Untuk membantu meredakan gejala Fibrocystic Breast, ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan sendiri. Gunakan bra yang tepat, gunakan sports bra saat berolahraga dan tidur, batasi konsumsi kafein, dan batasi konsumsi lemak.

Menambah konsumsi asam linoleat juga dapat membantu meredakan nyeri dan membuat jaringan payudara lebih kebal terhadap perubahan hormon. Asam linoleat dapat didapatkan dari suplemen evening primrose oil yang marak di pasaran.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Benjolan Di Payudara Kiri

    Selamat sore dok,, Dok saya mau tanya saya pernah operasi payudara sebelah kanan,, setelah beberapa bulan muncul lagi benjolan sebelah kiri,, kenapa yah dok?? Kira klo saya operasi bakal muncul lagi ga?? Apa penyebabnya dok?? Makasih

    Detail Answer
  • Demam Pasca Operasi Tumor Payudara

    Dok. .. adek ipar saya 4 hari yg lalu melakukan operasi pengangkatan benjolan dipayudaranya. Sblm operasi benjolan tsb pecah dan mengeluarkan nanah. Alhamdulillah kondisi mulai membaik. Mual sudah berkurang, sudah mau makan walaupun sedikit. Tapi dok, kenapa setiap malam dia diserang demam tinggi dan kepalanya sakit sekali dok. Mhn penjelasannya kira2 apa penyebabnya dan bagaimana kami menanggulanginya

    Detail Answer
  • Payudara Besar Sebelah

    sore doc.? sya mau tanya. istri sya skrg baru ngelahirin 2 minggu yg lalu.( sedang menyusui) tiba2 istri sya ngeluh karna payudaranya besar sebelah kiri dan terasa sakit kalo kena sntuhan. itu penyebab nya apa ya doc.? trimakasih

    Detail Answer
  • Benjolan Dan Puting Payudara Gatal

    Permisi dok mau tanya.. di bawah ketiak sebelah kiri teraba benjolan kecil seperti kerikil sudah kurg lebih 2 th tidak terasa sakit sebelum haid dan sesudah haid sama . Kemudian sekarang sering terasa gatal pada pada puting payu dara sebelah kiri kadang smpi lecet karna d garuk. Dan payudara sebelah kiri terasa sakit dan kencang2 2 minggu menjelang haid tpi yg sebelah kanan normal2 saja dok. Terimakasih

    Detail Answer
  • Benjolan Payudara

    Dok saya mau tanya, di payudara saya ada benjolan seperti jerawat gtu dok, itu tanda tanda apa ya dok?

    Detail Answer
  • Diet Utk Pasien Pasca Operasi Tumor Payudara

    Pagi dok.... bagaimana diet pasien pasca operasi tumor payudara

    Detail Answer
  • Suka Nyeri Pada Bagian Puting Kanan Kenapa Ya Dok?

    Met mlm dok saya mau tanya kalau suka nyeri di bagian puting kanan dan kiri apa itu tanda2 dari tumor atau kangker?padahal engk ada benjolan nya dok tolong share cara pengobatan ny makasih

    Detail Answer
  • Payudara

    Dok mau tanya dong.. Sayaa wanita usia kisaran 25th , sudah punya anak satu , Kenapa payudara saya itu kok kaya anak SD gtu yah tdk berkembang .. Sempat berkembang pas menyusui .. Skrg anak saya sdh 3th dan payudara saya kembali ke semula mengecil ukuranya . Cara nya bagaimana yah dok supaya ukuran nya sesuai dgn umur saya .. Trimakasih

    Detail Answer
  • Rasa Nyeri Sekitar Payudara

    Assalamualikum dok, Saya mau tanya sudah beberapa hari ini area payudara saya ko sering terasa nyeri yaa , tapi saya raba raba tidak ada benjolan apa pun , itu kenapa yaa? Dan pertanyaan yg keduai di payudara saya kaya ada strechmark gtu , berbahaya gaa sih ? Mohon jawabannya yah dok, terima kasih

    Detail Answer
  • Mammae Siniatra

    Sore dok saya mau bertanya , Apa artinya hasil usg payudara saya jika seperti ini. 1. Ketebalan jaringan kulit dan subkutus baik, retromammary fat tissue baik 2. Tampak samar lesi hipoechoic kecil, batas tidak tegas , bentuk oval, tepi regular, dinding tipis pada arah jam 11-12 quadran upper inner dengan jarak 8cm dari nipple .ukuran 1.22X0.9X1.44 cm 3. Tak tampak kalsifikasi di dalamnya. 4. Tak tampak retraksi papilla mammae, retripapiller densitas normal 5. Ductus lactiferus tidak di latasi tak tampak lesi patologik didalamnya 6. Tak tampak pymphadenopathy axiller

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Fibrocystic Breast

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor