Profile
All Topic

Pusat Informasi Fibrocystic Breast

Tentang Fibrocystic Breast

Fibrocystic Breast adalah adanya benjolan atau gumpalan pada payudara. Kondisi ini membuat payudara terasa agak bengkak, dan terkadang nyeri. Fibrocystic Breast tidak berbahaya dan merupakan kondisi normal. Namun, saat menjelang menstruasi kemungkinan nyerinya akan bertambah. Setiap perempuan biasanya akan mengalami fibrocystic breast pada suatu waktu.

Gejala

Penderita Fibrocystic Breast akan mengalami gejala berikut :

  • Benjolan di payudara, atau ada bagian payudara yang menebal.
  • Payudara terasa nyeri atau terasa melunak.
  • Payudara membesar.
  • Keluar cairan berwarna hijau atau coklat tua dari puting.
  • Kedua payudara terasa berubah.
  • Payudara bertambah nyeri atau semakin melunak menjelang menstruasi.

Fibrocystic Breast lebih sering terjadi pada perempuan berumur 20-50 tahun. Perempuan yang sudah menopause sangat jarang mengalaminya. Kecuali yang sedang melakukan terapi hormon.

Walaupun Fibrocystic Breast ini sangat normal, tapi tetap perlu waspada. Perhatikan apakah benjolan tetap ada setelah menstruasi lewat. Perhatikan juga kalau-kalau ukurannya membesar atau berubah. Jika kedua hal itu terjadi, segera hubungi dokter.

Penyebab

Penyebab pasti Fibrocystic Breast belum dapat diketahui, namun kemungkinan besar diakibatkan oleh perubahan hormon estrogen.

Komplikasi Akibat

Fibrocystic Breast tidak akan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara (breast cancer) . Kecuali, jika Fibrocystic Breast tersebut berkaitan dengan atypical hyperplasia (atypia). Atypia adalah kelainan bentuk dan pertumbuhan sel pelapis lobula payudara dan saluran susu.

Mereka yang memiliki atypia memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan biopsi (pengambilan sampel jaringan) payudara atau pemeriksaan lainnya.

Diagnosa

Pemeriksaan untuk mendiagnosis Fibrocystic Breast mencakup :

  • Pemeriksaan payudara dan pemeriksaan fisik.
  • Mammography.
  • Ultrasound.
  • Biopsi payudara.

Pengobatan

Fibrocystic Breast yang sedang dan ringan tidak memerlukan perawatan. Sementara, untuk yang kasusnya lebih parah penanganannya dapat berupa mengeluarkan cairan kista dari payudara dan operasi.

Dokter akan menggunakan jarum kecil untuk mengeluarkan cairan kista sehingga kista kempes. Jika tidak berhasil, dokter akan merekomendasikan operasi pengangkatan kista.

Sedangkan, untuk mengatasi nyeri payudara penderitanya dapat menggunakan obat-obatan. Obat-obatan sejenis acetaminophen atau ibuprofen untuk pereda nyeri. Pil KB untuk menurunkan hormon yang berkaitan dengan Fibrocystic Breast. Dokter juga dapat meresepkan obat yang menyerupai hormon testosteron untuk meredakan nyeri payudara.

Untuk membantu meredakan gejala Fibrocystic Breast, ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan sendiri. Gunakan bra yang tepat, gunakan sports bra saat berolahraga dan tidur, batasi konsumsi kafein, dan batasi konsumsi lemak.

Menambah konsumsi asam linoleat juga dapat membantu meredakan nyeri dan membuat jaringan payudara lebih kebal terhadap perubahan hormon. Asam linoleat dapat didapatkan dari suplemen evening primrose oil yang marak di pasaran.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Infeksi Pada Puting Payudara

    maaf, mau tanya dok.. Saya punya keluhan gatal2 pada bagian puting payudara. ini sudah sejak lama sekali, sekitar 5 tahun yang lalu. ciri2nya seperti herpes basah, dikedua bagian payudara saya.. Saya sudah pernah periksa ke dokter spesialis kandungan, katanya itu hanya infeksi pada puting payudara yang biasa terjadi pada seorang ibu menyusui karena sering digigit bayinya, masalahnya saya belum pernah menyusui, nikahpun belum. Oleh dokter diberi salep agar cepat kering dan disarankan memakai bra yang mudah menyerap keringat.. Tapi dokter tersebut memeriksa dengan hanya melihat saja, sehingga saya masih ragu.. Selain itu sampai sekarang gatal2 basah itu masih saya alami,,, padahal saya periksa sudah beberapa tahun yang lalu. saya jadi khawatir dok.. Kira2 gatal2 apa yang saya alami?? Bagaimana pengobatannya?? Apa kanker payudara inflamasi ? Apa Penyakit paget pada payudara? Mohon penjelasan serta diagnosanya dok.. Terimakasih..

    Detail Answer
  • Kanker Payudara

    Dok.. Saya umur 25 tahun. Terdapat benjolan sebelah kiri payudra saya, kadang benjolan tersebut hilang dok. Ini kali kedua yang saya rasakan. Dulu dok...sudah lama tidak ada benjolan tersebut. Tapi berapa hari ini benjolan tersebut ada kembali...dan nyeri. Tapi kalau di pijat tidak nyeri lama lama dok dan biasa lagi. Apakah itu gejala kanker payudara atau tidak dok? Saya mohon bantuan dok...agar saya tau kenapa dengan tubuh saya. Terima kasih😉

    Detail Answer
  • Payudara Nyeri

    Selamat malam dok, kenapa habis masa subur payudara daerah puting terasa nyeri ya dok? Apakah normal?

    Detail Answer
  • Benjolan Keras Di Payudara Sebelah Kiri

    Selamat sore dok,saya mau bertanya payudara istri saya yang sebelah kiri terdapat benjolan,tapi tidak tahu dari kapan benjolan itu bermula dan tidak terlihat ukuran nya membesar secara signifikan,ketika benjolan nya di sentuh terasa sedikit sakit,istri saya berumur 24 thn,apa itu termasuk cidera payudara atau tanda kanker?

    Detail Answer
  • Benjolan Di Payudara, Apakah Berbahaya?

    Selamat malam dokter. Saya mau tanya. di puting payudara kanan saya ada benjolan, warnanya sama dngan warna puting. ini seperti daging numbuh. ini udah sekitar 10 tahun lebih dan nggak pernah sakit, dan kalau ditekan pun ngga sakit. Ukurannya juga tidak membesar cuma kalau putingnya numbuh ikut numbuh. ukurannya juga lebih kecil. Tapi akhir2 ini agak nyeri dan cuma di daerah itu aja. Ini tumor atau bukan dok? Terimakasi

    Detail Answer
  • Benjolan Di Payudara Kiri Samping

    Dok umur saya 20 tahun, ada benjolan sekitar 1cm dipayudara sebelah kiri saya, tidak ada efek seperti nyeri atau apapun, sudah sekitar 3 bulan, apa membahayakan ?

    Detail Answer
  • Payudarah Gatel

    Sudah 5 hari gatel, trus ga hilang jugak, tidak ada apa apa maupun kemerahan normal seperti biasa nya tapi gatel nya ga ilang dok

    Detail Answer
  • Areola Gatal Dan Lecet

    Selamat pagi dok. Saya umur 18 tahun, sudah 2 tahun ini kulit payudara saya di(areola) sering lecet bulan kemarin setelah kontrol dari dokter kulit itu sudah sembuh terus sekarang lecetnya kambuh lagi. Tiap hari selalu pakai salep yg diberikan dokter tapi kalau berhenti 2 hari saja lecetnya muncul kembali dok. sampai kapan biasanya kulit saya bisa sembuh total. Gimana caranya supaya tidak sering kambuh

    Detail Answer
  • Payudara

    dok payudara saya yang kiri putingnya mmg menonjol dari dulu cuman semalam saya rasa puting saya sakit seperti biasanya pas mau mens,jadi krn saya penasaran jd saya cb pegang dan saya garuk2 sbntr krn jd gatel. ternyata pas saya liat,puting saya muncul bintik putih kayak jerawat. itu apa ya dok? dan pas saya pegang,dia hanya sakit di bintik putih itu,selain bintik putih itu ga sakit sm sekali. apakah itu mmg efek mau mens atau gmn ya dok?

    Detail Answer
  • Miss V Dan Payudara

    Mau tanya dok kenapa kalo di payudara ada benjolan benngkak dan terus benjolannya itu kadang sakit apalagi kalo makan pedas ... Kalo miss v mau tess perawanan atau nggak bayar berapa dok?

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Fibrocystic Breast

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor