Profile
All Topic

Pusat Informasi Fibrocystic Breast

Tentang Fibrocystic Breast

Fibrocystic Breast adalah adanya benjolan atau gumpalan pada payudara. Kondisi ini membuat payudara terasa agak bengkak, dan terkadang nyeri. Fibrocystic Breast tidak berbahaya dan merupakan kondisi normal. Namun, saat menjelang menstruasi kemungkinan nyerinya akan bertambah. Setiap perempuan biasanya akan mengalami fibrocystic breast pada suatu waktu.

Gejala

Penderita Fibrocystic Breast akan mengalami gejala berikut :

  • Benjolan di payudara, atau ada bagian payudara yang menebal.
  • Payudara terasa nyeri atau terasa melunak.
  • Payudara membesar.
  • Keluar cairan berwarna hijau atau coklat tua dari puting.
  • Kedua payudara terasa berubah.
  • Payudara bertambah nyeri atau semakin melunak menjelang menstruasi.

Fibrocystic Breast lebih sering terjadi pada perempuan berumur 20-50 tahun. Perempuan yang sudah menopause sangat jarang mengalaminya. Kecuali yang sedang melakukan terapi hormon.

Walaupun Fibrocystic Breast ini sangat normal, tapi tetap perlu waspada. Perhatikan apakah benjolan tetap ada setelah menstruasi lewat. Perhatikan juga kalau-kalau ukurannya membesar atau berubah. Jika kedua hal itu terjadi, segera hubungi dokter.

Penyebab

Penyebab pasti Fibrocystic Breast belum dapat diketahui, namun kemungkinan besar diakibatkan oleh perubahan hormon estrogen.

Komplikasi Akibat

Fibrocystic Breast tidak akan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara (breast cancer) . Kecuali, jika Fibrocystic Breast tersebut berkaitan dengan atypical hyperplasia (atypia). Atypia adalah kelainan bentuk dan pertumbuhan sel pelapis lobula payudara dan saluran susu.

Mereka yang memiliki atypia memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan biopsi (pengambilan sampel jaringan) payudara atau pemeriksaan lainnya.

Diagnosa

Pemeriksaan untuk mendiagnosis Fibrocystic Breast mencakup :

  • Pemeriksaan payudara dan pemeriksaan fisik.
  • Mammography.
  • Ultrasound.
  • Biopsi payudara.

Pengobatan

Fibrocystic Breast yang sedang dan ringan tidak memerlukan perawatan. Sementara, untuk yang kasusnya lebih parah penanganannya dapat berupa mengeluarkan cairan kista dari payudara dan operasi.

Dokter akan menggunakan jarum kecil untuk mengeluarkan cairan kista sehingga kista kempes. Jika tidak berhasil, dokter akan merekomendasikan operasi pengangkatan kista.

Sedangkan, untuk mengatasi nyeri payudara penderitanya dapat menggunakan obat-obatan. Obat-obatan sejenis acetaminophen atau ibuprofen untuk pereda nyeri. Pil KB untuk menurunkan hormon yang berkaitan dengan Fibrocystic Breast. Dokter juga dapat meresepkan obat yang menyerupai hormon testosteron untuk meredakan nyeri payudara.

Untuk membantu meredakan gejala Fibrocystic Breast, ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan sendiri. Gunakan bra yang tepat, gunakan sports bra saat berolahraga dan tidur, batasi konsumsi kafein, dan batasi konsumsi lemak.

Menambah konsumsi asam linoleat juga dapat membantu meredakan nyeri dan membuat jaringan payudara lebih kebal terhadap perubahan hormon. Asam linoleat dapat didapatkan dari suplemen evening primrose oil yang marak di pasaran.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Payudara Terasa Keras Dan Padat

    Dokter dulu aku waktu SMP mengkonsumsi obat diet sama jamu pelangsing aku juga selalu pakai korset sama centing dan itu sampai menutup payudara selama kurang lebih 2 tahun karena aku merasa berat badanku dulu SMP 70 kilo dan payudaraku besar banget sampai malu di depan teman-teman jadi aku akalin pakai korset smpe aku Clash dua SMA Terus sekarang aku nyesel payudaraku agak kendur dan juga gak Padat kayak dulu gimana ya Dok caranya biar bentuk payudara foto kembali seperti semula... Nyesel bget... Apa ada obat pembesar payudara soalnya dulu tuh pernah pakai cream krim pembesar payudara tapi gak ngefek sama sekali ­čś░

    Detail Answer
  • Gatal Di Payudara

    Dear dok, saya mau nanya. Saya wanita 19thn. Yg ingin sy tanyakan, puting payudara saya entah mengapa tiba┬▓ terasa gatal, awalny sy biarkan lalu krn tdk tahan akhirnya saya garuk. Lalu stlh digaruk tiba┬▓ putingnya menjadi mengeras dan perih disekitarnya. Lalu ada juga seperti kerak┬▓ kecil yg mengelupas dari puting saya tsb. Dan jika terkena air akan terasa perih seperti luka yg dibasahi. Apa yg terjadi di saya ini dok? Apakah berbahaya?

    Detail Answer
  • Nyeri Pada Payudara Sebelah Kiri

    Siang dok, Saya Retha (19 tahun). Akhir akhir ini saya selalu merasa nyeri pada bagian payudara sebelah kiri. Rasa nyeri nya terkadang muncul tiba tiba dan munculnya bukan ketika pada periode sesudah dan setelah haid. Penyebab nya apa ya dok? Lalu untuk melakukan pemeriksaan sebaiknya ke dokter bagian mana ya dok? dokter umum dahulu atau langsung dokter bedah ya dok? Terima kasih.

    Detail Answer
  • Gatal Pada Payudara

    Dok saya umur 18 tahun, saya sudah ampir 3 bulan selalu gatal pada payudara namun bukan putingnya, saya garuk terus jadi berbekas dan kalau malam suka gatal gatal, tapi saya seminggu kemarin datang ke dokter spesialis kulit dia hanya memberi obat termicil salep saja, namun tetap saja gatalnya tidak hilang, dan apakah bekas garukannya bisa hilang atau tidak soalnya saya jadi gapede :(

    Detail Answer
  • Obat Dan Benjoalan

    Slmat Siang dokter, Salam Sejahtera. Dokter maaf ya dok jika pertnyannya pnjg. Saya ada bnjolan pydra sejak Febuari lalu. Dgn ciri bnjolan keras,kenyal,tidak nyeri, membesar ketika haid, dan bila brhnti kmbali sprti simula yakni seukuran kacng. Tgl 2 Juni saya berobat ke dr. bedah onklg diberi obat lanfik cefixime 200 mg. Dan sdh USG tapi bnjolan gk terbaca. Lalu kontrol ulang di tgl 9 Juni diberi obat inbasef cefixime 200 mg dan tamofen. Trus Senin tgl 19 Juni kmrn jg kontrol yg ke tiga. Dr.bedah msh mberi obat lanfik cefixime 200 mg dan jadwal kontrol di bln Agusts. Dan di suruh kontrol ulang kmbali bln Agustus smntra saya msh mrsakan bnjolan kecil tsb dan waktu priksa sadari kmren jg msh mgeluarkan cairan bening kluar dari (maaf) puting pydra dokter Dr bedah hnya bilang klw bnjolan tsb aman dan biasanya kelenjar. Saya heran dok knpa dr.bedah nya msh memberi obat dan jadwal kontrol lagi di bln agus. Sya blm mnikah dok

    Detail Answer
  • Nyeri Pada Payudara Sebelah Kiri

    Selamat malam dok, saya ingin bertanya usia saya 23tahun saya mengalami nyeri di payudara sebelah kiri nyerinya seperti di tusuk tusuk didalam dan hilang timbul lalu setelah saya raba2 diikuti dengan denyut nadi. Saya menekan2 payudara saya yang sebelah kanan untuk mencari perbedaannya tetapi tidak ada yang beda kecuali nyeri di payudara sebelah kiri saya. Kira2 ini kenapa ya dok? Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih

    Detail Answer
  • Payudara Terasa Sakit

    Selamat siang dok, saya wanita sdh menikah umur saya 23 th. Saya mau nanya dok, saya haid tanggal 4 juni dan berhenti tgl 10 juni biasanya haid saya banyak. Tp bulan ini tdk terlalu banyak seperti biasa. Dan biasa sebelum haid payudara saya sakit sampai menjelang haid. Tp bulan ini payudara saya tdk sakit. Pertanyaan saya apa karna saya minum obat dr dokter karna saya punya radang tenggorokan. Dan sekitar tanggal 15 payudara mulai terasa sakit seperti membesar dr biasanya. Saya berhubungan dengan suami setelah selesai haid. Kenapa ya dok? Makasih dok sebelum nya

    Detail Answer
  • Payudara Sering Sakit

    Assalamualaikum dok sya ibu 2 anak sebelum anak ke2 pda saat usia 3 tahun lepas asi payudara sya pernah injeks payudara dan d saat anak ke2 asi deras dan lancar tp krna anak sya yg ke2 hanya asi selama 6bln sampai skrg usia anak sdh 27bln asi sya masih ada,tp benjolan pasca injeks tiba nyeri dan ada bbrpa d payudara saya,sdh sya cba usg tdk terdeteksi dan segera akan sya cb utk mamografi krn alat mamografi sndri tdk tersedia d kota sya,dok apa yg harus sya lakukan atas kecerobohan yg sya lakukan apakah sya harus operasi utk membuang barang asing td/sya periksakan lebih lanjut,karna penyesalan sll dtg d belakang dok sya bingung harus bgmna,trmksh atas ruang yg sangat penting utk sya ini.

    Detail Answer
  • Payudara Terasa Gatal Dan Pecah Pecah

    Dok saya mau tanya untuk daerah payudara saya gatal dan kalo dipegang sakit sekali.. dipinggir pinggir (putting nya) itu pecah pecah kering karna sering saya garuk.. gimana solusi nya ya dok? Mohon di share Ôś║ trims

    Detail Answer
  • Tentang Payudara

    Dokter saya sudah berumur 19 tahun, tapi payudara saya tidak berkembang. Saya harus gimana ya? Apa saya harus suntik hormon estrogen?

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Fibrocystic Breast

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor