Profile
All Topic

Pusat Informasi Fibrocystic Breast

Tentang Fibrocystic Breast

Fibrocystic Breast adalah adanya benjolan atau gumpalan pada payudara. Kondisi ini membuat payudara terasa agak bengkak, dan terkadang nyeri. Fibrocystic Breast tidak berbahaya dan merupakan kondisi normal. Namun, saat menjelang menstruasi kemungkinan nyerinya akan bertambah. Setiap perempuan biasanya akan mengalami fibrocystic breast pada suatu waktu.

Gejala

Penderita Fibrocystic Breast akan mengalami gejala berikut :

  • Benjolan di payudara, atau ada bagian payudara yang menebal.
  • Payudara terasa nyeri atau terasa melunak.
  • Payudara membesar.
  • Keluar cairan berwarna hijau atau coklat tua dari puting.
  • Kedua payudara terasa berubah.
  • Payudara bertambah nyeri atau semakin melunak menjelang menstruasi.

Fibrocystic Breast lebih sering terjadi pada perempuan berumur 20-50 tahun. Perempuan yang sudah menopause sangat jarang mengalaminya. Kecuali yang sedang melakukan terapi hormon.

Walaupun Fibrocystic Breast ini sangat normal, tapi tetap perlu waspada. Perhatikan apakah benjolan tetap ada setelah menstruasi lewat. Perhatikan juga kalau-kalau ukurannya membesar atau berubah. Jika kedua hal itu terjadi, segera hubungi dokter.

Penyebab

Penyebab pasti Fibrocystic Breast belum dapat diketahui, namun kemungkinan besar diakibatkan oleh perubahan hormon estrogen.

Komplikasi Akibat

Fibrocystic Breast tidak akan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara (breast cancer) . Kecuali, jika Fibrocystic Breast tersebut berkaitan dengan atypical hyperplasia (atypia). Atypia adalah kelainan bentuk dan pertumbuhan sel pelapis lobula payudara dan saluran susu.

Mereka yang memiliki atypia memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan biopsi (pengambilan sampel jaringan) payudara atau pemeriksaan lainnya.

Diagnosa

Pemeriksaan untuk mendiagnosis Fibrocystic Breast mencakup :

  • Pemeriksaan payudara dan pemeriksaan fisik.
  • Mammography.
  • Ultrasound.
  • Biopsi payudara.

Pengobatan

Fibrocystic Breast yang sedang dan ringan tidak memerlukan perawatan. Sementara, untuk yang kasusnya lebih parah penanganannya dapat berupa mengeluarkan cairan kista dari payudara dan operasi.

Dokter akan menggunakan jarum kecil untuk mengeluarkan cairan kista sehingga kista kempes. Jika tidak berhasil, dokter akan merekomendasikan operasi pengangkatan kista.

Sedangkan, untuk mengatasi nyeri payudara penderitanya dapat menggunakan obat-obatan. Obat-obatan sejenis acetaminophen atau ibuprofen untuk pereda nyeri. Pil KB untuk menurunkan hormon yang berkaitan dengan Fibrocystic Breast. Dokter juga dapat meresepkan obat yang menyerupai hormon testosteron untuk meredakan nyeri payudara.

Untuk membantu meredakan gejala Fibrocystic Breast, ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan sendiri. Gunakan bra yang tepat, gunakan sports bra saat berolahraga dan tidur, batasi konsumsi kafein, dan batasi konsumsi lemak.

Menambah konsumsi asam linoleat juga dapat membantu meredakan nyeri dan membuat jaringan payudara lebih kebal terhadap perubahan hormon. Asam linoleat dapat didapatkan dari suplemen evening primrose oil yang marak di pasaran.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Luka Payudara

    Dok, nama saya zakiya umur saya 22 tahun, saya sudah berrumah tangga, saya mau tanya apakah luka di sekitar payudara karena tusukan benda tajam akan menjadi mestitis dan tolong beritahu mengatasi luka di payudara karena tusukan benda tajam Tlng jawabannya segera

    Detail Answer
  • Hasil USG Mammae

    dok saya usia 24 tahun, satu bulan yang lalu saya UDG payudara hasilnya - tampak multiple kista 0,9 dan 1,2 cm - tampak pula lesi solid hyphoecoic sebagian batas kabur ukuran 1,4 × 1,2 × 1,6 cm pada posisi jam 6-7 berjarak 3 cm dari papilla - pada CDFI vaskularisasi normal - tak tampak microkaldifikasi - tak tampak retrakdi jaringan / penebalan kulit - tak tampak pembedaran kelenjar getah bening axilla / mammaria interne kesimpulannya suspeci FAM dextra dan miltiple cyst mammae bilatera. akan tetapi payudara saya sedikit nyeri, apakah hal tersebut berbahaya? terima kasih atas jawabnnya

    Detail Answer
  • Payudara

    Dokter saya berumur 19 tahun baru saja malam tdi saya dapati benjolan di payudara bagian kanan... Apa penyebab nyaa itu dokter saya takut...

    Detail Answer
  • Benjolan Payudara

    Selamat malam dok. Dok sy mau bertnya sy 2 hri yg lalu demam. Tb2 ad benjolan besar di payudara kanan sy ukuran ny lumyan besar dan sakit sekali. Ketika mengangkat tngan sja terasa sakit nyaaa. Hingga ke lengan kanan terasa pegal. Sy ibu menyusui. Anak sy smpe skrg mash aktf nyusu di payudara kanan sy. Apkah benjolan itu berbhya dok?

    Detail Answer
  • Bikin Payudara Besar

    Slmt siang dok. Sy seorang ibu tp gak pede dg payudara yg kecil dan kendor selepas menyusui. Bagaimanakah bikin payudara besar dg cepat dam aman. Mksh dok

    Detail Answer
  • Berhenti Menyusui

    Assalamualaikum dok... Saya umur 21th dengan 1 anak Setelah saya berhenti menyusui (menyapih) Kurang lebih selama 3 bln Saya coba pencet2 puting , kok keluar cairan bening ya dokk ? Apa ada yg perlu d khawatirkan dengan hal itu...? Terimakasih

    Detail Answer
  • Benjolan Dibawah Payudara Berbahayakah?

    Malam dok , umur saya 19 tahun dan saya belum menikah saya mempunyai benjolan di bagian payudara kiri bagian bawah, tidak pernah sakit atau pun bernanah namun benjolan ini dapat bergesar dan agak padat karna dekat tulangbagian ulu hati, dan saya baru tersadar ada benjolan itu pagi tadi dan tadi jam 9 malam saya raba lagi tempatnya berpindah dan ukuran nya pun agak membesar dan saya agak merasa sesak bila beraktifitas, apakah ini disebabkan kelelahan atau kanker? tolong konfirmasinya ya dok , terima kasih

    Detail Answer
  • Gatal Payudara Sebelah Kiri

    Saya wanita umur 20 tahun, setahun yang lalu saya memiliki benjolan di payudara sebelah kiri, saya bertanya kepada orgtua katanya itu kelenjar nanti juga ilang. Tapi semakin hari semakin besar dan sakit,akhirnya saya konsultasi ke dokter dan itu katanya kanker tapi ga bahaya, 5 bulan berlalu saya rutin minum obat,dan akhirnya benjolan ilang, tetapi sampai sekarang setiap kali mau menstruasi rasa gatal dan sakit subhanallah ga ilang ilang,bahkan sampai setiap hari rasa gatal ga kunjung ilang,tetapi benjolannya emang sudah tidak ada,tetapi rasa gatal tetap diikuti dengan rasa sakit,saya sampai menangis kalau gak sanggup menahan rasa gatal dan sakitnya. Tolong dok obat apalagi yang bisa ngilangin rasa gatel di payudara sebelah kiri saya. Makasihh

    Detail Answer
  • Konsultasi

    Mf dokter,saya mau tanya.di sebelah kiri payudara kiri saya nyeri saat ditekan.tapi tidak ada benjolan.apakah ini penyakit kanker payudara?mohon penjelasannya dokter.trima ksh sebelumnya

    Detail Answer
  • Nyeri Payudara Sebelah Kiri

    dok saya wanita usia 24tahun, belum menikah. saya memiliki keluhan payudara sebelah kiri saya terasa nyeri. saya sudah coba usg payudara (mammae) dan hasilnya tidak ada benjolan di keduanya, namun duktus intrapapilla sedikit melebar di sebelah kiri dibanding kanan. kanan 0,076 dan kiri 0,198 cm . begitu penjelasan di hasilnya. namun saya hanya di kasih obat pereda nyeri. apakah ada solusi terbaik dok? adakah obat/cara yang dapat saya lakukan agar saluran yang membesar ersebut kembali normal? apakah itu berbahaya? saya sangat khawatir. terima kasih banyak dok.

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Fibrocystic Breast

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Fibrocystic Breast ?
Ask Doctor