Profile
All Topic

Pusat Informasi Flu Burung (Avian Influenza)

Tentang Flu Burung (Avian Influenza)

Flu burung atau Avian influenza adalah infeksi yang disebabkan oleh jenis tertentu virus flu burung. Meskipun terdapat banyak jenis flu burung, jenis yang kini menjadi perhatian petugas kesehatan adalah virus flu burung H5N1. Virus ini ditemukan pada burung liar. Sebagian besar waktu, burung-burung liar tidak sakit dari virus, namun burung liar dapat dengan mudah menularkan virus ke burung yang dibesarkan sebagai makanan manusia, seperti ayam, itik, dan kalkun. Virus dapat menyebabkan mereka menjadi sangat sakit. Biasanya virus flu burung tidak ditularkan dari unggas ke manusia. Tapi sejak tahun 1997, beberapa orang telah menjadi sakit dan bahkan mati akibat virus ini. Sebagian besar infeksi ini terjadi di negara-negara Asia antara orang-orang yang pernah kontak dekat dengan burung dan berurusan dengan bidang pertanian. Para ahli percaya bahwa virus tersebut akhirnya dapat menyebar ke seluruh bagian dunia, namun sejauh ini, tidak ada kasus flu burung H5N1 pada manusia ditemukan di Kanada atau Amerika Serikat.

Gejala

Pada awalnya, gejala flu burung memiliki gejala yang menyerupai gejala flu biasa, seperti :

  • Deman
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri otot
  • Flu burung juga dapat menyebabkan infeksi mata (konjungtivitis)
     

Flu burung cepat dapat berkembang menjadi pneumonia dan sindrom gangguan pernapasan akut, serta masalah paru-paru serius yang dapat mematikan. Bagi orang-orang yang meninggal akibat flu burung, panjang rata-rata waktu dari awal gejala sampai kematian adalah 9 sampai 10 hari. Hubungi dokter segera jika Anda bepergian ke suatu tempat atau tinggal di daerah mana ada flu burung dan Anda mengalami demam dan kesulitan bernapas.

Penyebab

Flu burung disebabkan oleh virus. Setelah burung liar menginfeksi peternakan, virus dapat dengan mudah dan cepat tersebar di antara ratusan atau ribuan burung. Unggas yang sakit kemudian harus dibunuh untuk menghentikan penyebaran virus.

Orang yang memiliki kontak langsung dengan ayam sakit, bebek, atau kalkun lebih mungkin untuk mendapatkan virus ini. Virus flu burung dapat ditularkan melalui kotoran burung dan air liur pada permukaan seperti kandang, traktor, dan peralatan pertanian lainnya. Kebanyakan orang tidak perlu khawatir tentang mendapatkan sakit dengan virus flu burung. Anda tidak bisa mendapatkan flu burung karena makan ayam yang dimasak sepenuhnya, kalkun, atau bebek, karena panas membunuh virus.

Pengobatan

Bagaimana flu burung diperlakukan tergantung pada apa yang virus lakukan dalam tubuh Anda. Dalam beberapa kasus, obat antivirus dapat membantu Anda merasa lebih baik. Namun para ahli khawatir bahwa obat-obatan antivirus tertentu mungkin tidak bekerja melawan flu burung. Virus menjadi tahan ketika mereka berubah dari waktu ke waktu, dan kemudian obat-obatan yang bekerja di masa lalu tidak lagi bekerja dengan baik.

Jika Anda memiliki flu burung, Anda akan tinggal di ruang isolasi untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus kepada orang lain. Ketika dokter Anda dan perawat yang merawat anda, mereka akan memakai sarung tangan dan baju. Beberapa orang yang tertular flu burung memerluka mesin yang disebut ventilator untuk membantu mereka bernafas lebih baik. Orang lain mungkin perlu mesin untuk membantu ginjal bekerja lebih baik (dialisis). Lebih dari setengah waktu, flu burung menyebabkan kematian.

Pencegahan

Jika Anda tinggal di daerah dengan flu burung, atau jika Anda bepergian ke negara di mana ada flu burung :

  • Hindari peternakan unggas, unggas-pabrik pengolahan atau tanaman, dan kontak dekat dengan ayam, kalkun, atau bebek.
     
  • Tinggal jauh dari pasar terbuka di mana unggas hidup yang dijual. Jika Anda bepergian ke negara di mana ada flu burung, Anda juga dapat melakukan hal berikut :
    • Tanyakan kepada dokter Anda tentang mendapatkan vaksinasi flu biasa. untuk hasil terbaik, lakukan hal ini minimal 2 minggu sebelum Anda pergi. Vaksin memang tidak akan mencegah flu burung, tetapi dapat membantu Anda menghindari mendapatkan flu biasa.
       
    • Cuci bersih tangan Anda sesering mungkin dengan sabun dan air hangat atau menggunakan gel tangan yang membunuh kuman. Jika Anda menggunakan gel tangan, pastikan untuk membeli gel hanya dibuat dengan alkohol. Mereka melakukan pekerjaan terbaik membersihkan tangan Anda.
       
    • Hindari makan telur mentah atau unggas yang kurang matang. Anda dapat dengan aman makan telur dan ayam, bebek, dan kalkun, jika telah dimasak dengan keadaan matang karena panas membunuh virus.
       

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Flu Burung (Avian Influenza)

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Flu Burung (Avian Influenza) ?
Ask Doctor