Profile
All Topic

Pusat Informasi Gastritis (Maag)

Tentang Gastritis (Maag)

Gastritis merupakan suatu iritasi yang terjadi pada lapisan lambung manusia. Lapisan lambung manusia mampu memproduksi asam dan enzim yang membantu proses pencernaan. Saat pembengkakan terjadi, maka lambung akan lebih sedikit mengonsumsi asam dan enzim tersebut. Pembengkakan atau iritasi terjadi akibat mengonsumsi alkohol, stress, penggunaan obat-obat tertentu seperti aspirin, dan infeksi akibat bakteri Helicobacter pylori. Pada beberapa kasus, maag dapat memperbesar resiko terjadinya kanker lambung.

Gejala

Beberapa gejala umum yang biasa terjadi adalah :

  • Mual dan muntah
  • Nyeri pada bagian perut (biasanya di perut bagian atas)
  • Perut bagian atas seringkali terasa kembung setelah menyantap makanan
  • Cegukan
  • Hilangnya nafsu makan
  • Muntah darah
  • Kotoran berwarna pekat

Penyebab

Gastritis dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  • Bakteri Helicobacter pylori yang juga menjadi penyebab kebanyakan penyakit perut lainnya
  • Anemia pernisiosa atau gangguan autoimun
  • Refluks empedu atau arus balik dari empedu ke dalam lambung
  • Stres
  • Infeksi virus

Faktor Resiko

Beberapa faktor berikut dapat memperbesar resiko terjadinya gastritis :

  • Terinfeksi bakteri Helicobacter pylori
  • Penggunaan obat penghilang rasa sakit yang berkepanjangan seperti aspirin, ibuprofen, dan lain-lain.
  • Usia. Semakin tua seseorang, maka lapisan lambung akan semakin menipis. Selain itu orang dewasa semakin rentan terkena infeksi virus serta gangguan autoimun
  • Stress.
  • Terkena penyakit lainnya seperti HIV/AIDS atau Crohn's disease

Komplikasi Akibat

Gastritis yang tergolong parah dapat menyebabkan pendarahan pada lambung, sekaligus menyebabkan kanker lambung. Namun kanker lambung biasanya terjadi akibat terjadinya penipisan lambung yang telah menyebar dan mengalami perubahan sel-sel pada lapisan tersebut.

Diagnosa

Gastritis biasanya dapat didiagnosa berdasarkan beberapa cara, walau umunya diagnosa dapat dibuat berdasar anamnesa (keluhan) gejala yang dialami pasien. Dapat dilakukan juga pemeriksaan darah yang mengindikasikan terjadinya anemia (kurang darah) karena anemia adalah salah satu gejala terjadinya pendarahan kronis pada perut. Selain itu pemeriksaan dengan sinar infra merah guna menemukan keanehan pada lapisan lambung. Adapula pemeriksaan endoskopi yang menyertakan kamera kecil guna melihat kondisi lambung.

Pengobatan

Pada kondisi yang ringan, pengobatan seperti antasida dapat membantu meringankan gejala. Jika antasida kurang membantu, maka biasa dokter akan menganjurkan konsumsi obat golongan ranitidine atau bahkan omeprazole yang bersifat menghambat keluarnya asam lambung.

Pengobatan yang diterima penderita gastritis biasanya akan berbeda-beda. Dokter bisa juga memberikan obat guna mengobati infeksi akibat Helicobacter pylori.

Pemberian vitamin B12 biasa dilakukan pada pasien yang mengalami gastritis akibat Anemia pernisiosa. Selain itu penting untuk menghindari aneka makanan yang asam dan pedas, hindari kopi, alkohol dan rokok, untuk mengurangi iritasi pada dinding lambung.

 

Pencegahan

Meski belum jelas cara penyebaran bakteri Helicobacter pylori, namun dipercaya bahwa bakteri tersebut dapat menyebar melalui makanan dan minuman. Anda dapat menghindari penggunaan alat makan/minum yang bersamaan dengan orang lain. Selain itu, memasak makanan dengan baik serta mencuci tangan dengan sabun setelah beraktifitas dianggap dapat mengurangi penyebaran bakteri.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Maag Dan Asam Lambung

    Assalamualaikum Dok..Saya sudah 5 hari uluhati terasa sakit sampe tembus dada dan terasa begah dikarenakan saya tidak bisa BAB.menurut Dokter obat apa yang harus saya konsumsi...Terima kasih

    Detail Answer
  • Gastritis

    doctor saya penderita gastritis yg sdh cukup lama sampai saat ini hampir tiga tahun berlalu,sementara yg saya konsumsu obat dr dokter racikan:valisanbe,librax,renoxin di minum 1x sehari kalau awal sakit 3x sehari.namun setelah saya coba berhennti dr obat trsbt karna yg saya rasa sudah cukup lama konsumsi obat kira2 dua tahun malah beberapa rasa sakit mulai terasa lagi, keringat dingin,lambung trs lapar meski sdh makan,kepala pusing vertigo,lemas,lambung terasa cekit cekit,daya tahan tubuh drastis menurun.takut keramaian,susah tidur.mudah capek.hasil dr indhoscopy lambung tiga tahun yg lalu radang lambung bintik merah pada dinding lambung,saya harus bagaimana dok??

    Detail Answer
  • Iskemia

    hallo dok saya sering alami sesak nafas sudah menaun ,waktu periksa ke dokter suruh di EKG ternyata iskemia abnormal,stelah sy konsumsi obat2 herbal spt klorofil dan minyak ikan sesak nafas lama lama mereda,setelah lama sembuh saya terasa lagi lalu sy kembali d periksa kata dokter sesak nya karena asam lambung hrs jaga pola makan,ternyata pola makan sy yg kurang baik hingga sekarang sy selalu sesak dan kondisi sy skrg sedang hamil 5 bulan anak ke 4 umur 31 bgaimana solusinya dok?

    Detail Answer
  • Tubuh Gemetar Dan Berkeringat Dingin Saat Lapar

    Selamat sore dok... Saya pemuda brusia 24thn, sy sering gemetar disertai keringat dingin, terasa pusing seperti anemia dan berdebar dijantung saat lapar dan kadang 30menit sesudah makan terasa laper lagi.. kira2 gejala sakit apa ya dok?

    Detail Answer
  • Cara Mengatasi Pusing Kepala Beserta Mual Dan Obat Nya

    Siang dok..dok tdi pagi pas saya bangun tidur tiba2 aja kpala saya pusing srasa muter dok sama mual muntah2 lalu saya minum obat maagh karna pas sahur saya ga minum obat maagh..pas diisi mkan ga bisa masuk karna stiap kali diisi langsung pengen muntah lagi..dok apa lambung saya udah kronis? Gmna cara mengatasinya dok agar pusingnya segera hilang dan lambungnya cepat pulih kembali?

    Detail Answer
  • Minum Gastrul Dan Cytotec Tapi Gx Ada Hasil Ya.

    Dok sy mau tanya,, saya wktu hamil kurang lbih 2blan, saya minum cytotec tapi hanya pendarahan sdikit dan khamilan pun berlanjt,, dan skarang saya hamil sdah 3blan lebih saya coba lagi minum gastrul, tapi hasil ya mengecewakan dok, darah cma 1 gumpalan saja dan lendir sedikit , Apa itu artinya sy ttp hamil dok,, sy konsultasi lgi sm si penjual gastrul ya,, dia hanya mnjwn hindari pantangan sj, stiap x jebn y itu trus... Sy jdi bingung dok dn saya skrng pusing di kpala berat bgt dok apa itu efek dri obt ya,, mhon jebn ya dok. Mksih...

    Detail Answer
  • Sakit Pada Dada

    sudah sekitar 2 hari saudara saya mengalami sakit didada bawah,kadang sampai ulu hati dan perut. tapi saat membungkukkan badan tidak terasa sakit. apakah ini gejala sakit jantung atau maag?

    Detail Answer
  • Gerd

    Dok apakah neciblok bsa untuk asam lambung? Dan apakah bs dibeli tanpa resep dokter?

    Detail Answer
  • Masuk Angin, Magh, Atau Hamil

    Dok saya mau bertanya perbedaan mual dan sakit perut saat masuk angin, magh, dan hamil itu seperti apa ya?

    Detail Answer
  • Masa Penyembuhan Asam Lambung Berapa Lama ?

    Halo Dok, saya kemarin sakit Tifus , setelah tifus sudah sembuh sekarang lambung saya bermasalah sering sendawa, dada nyeri . Sudah sekitar 2 Minggu saya merasakan, untuk masa penyembuhan yang saya rasakan saat ini pusing, terkadang nyeri di dada tapi untuk aktivitas sudah bisa saya lakukan sedikit2 dan kalau kecapean sedikit berasa pegel dan linu kadang pusing. Untuk makan saya juga sudah merasakan enak, saya juga masih menghindari makanan yang menyebabkan naik asam lambung. Kira2 masa pemulihan benar2 100 persen itu butuh berapa lama ya Dok?

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Gastritis (Maag)

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Gastritis (Maag) ?
Ask Doctor