Profile
All Topic

Pusat Informasi Gastritis (Maag)

Tentang Gastritis (Maag)

Gastritis merupakan suatu iritasi yang terjadi pada lapisan lambung manusia. Lapisan lambung manusia mampu memproduksi asam dan enzim yang membantu proses pencernaan. Saat pembengkakan terjadi, maka lambung akan lebih sedikit mengonsumsi asam dan enzim tersebut. Pembengkakan atau iritasi terjadi akibat mengonsumsi alkohol, stress, penggunaan obat-obat tertentu seperti aspirin, dan infeksi akibat bakteri Helicobacter pylori. Pada beberapa kasus, maag dapat memperbesar resiko terjadinya kanker lambung.

Gejala

Beberapa gejala umum yang biasa terjadi adalah :

  • Mual dan muntah
  • Nyeri pada bagian perut (biasanya di perut bagian atas)
  • Perut bagian atas seringkali terasa kembung setelah menyantap makanan
  • Cegukan
  • Hilangnya nafsu makan
  • Muntah darah
  • Kotoran berwarna pekat

Penyebab

Gastritis dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  • Bakteri Helicobacter pylori yang juga menjadi penyebab kebanyakan penyakit perut lainnya
  • Anemia pernisiosa atau gangguan autoimun
  • Refluks empedu atau arus balik dari empedu ke dalam lambung
  • Stres
  • Infeksi virus

Faktor Resiko

Beberapa faktor berikut dapat memperbesar resiko terjadinya gastritis :

  • Terinfeksi bakteri Helicobacter pylori
  • Penggunaan obat penghilang rasa sakit yang berkepanjangan seperti aspirin, ibuprofen, dan lain-lain.
  • Usia. Semakin tua seseorang, maka lapisan lambung akan semakin menipis. Selain itu orang dewasa semakin rentan terkena infeksi virus serta gangguan autoimun
  • Stress.
  • Terkena penyakit lainnya seperti HIV/AIDS atau Crohn's disease

Komplikasi Akibat

Gastritis yang tergolong parah dapat menyebabkan pendarahan pada lambung, sekaligus menyebabkan kanker lambung. Namun kanker lambung biasanya terjadi akibat terjadinya penipisan lambung yang telah menyebar dan mengalami perubahan sel-sel pada lapisan tersebut.

Diagnosa

Gastritis biasanya dapat didiagnosa berdasarkan beberapa cara, walau umunya diagnosa dapat dibuat berdasar anamnesa (keluhan) gejala yang dialami pasien. Dapat dilakukan juga pemeriksaan darah yang mengindikasikan terjadinya anemia (kurang darah) karena anemia adalah salah satu gejala terjadinya pendarahan kronis pada perut. Selain itu pemeriksaan dengan sinar infra merah guna menemukan keanehan pada lapisan lambung. Adapula pemeriksaan endoskopi yang menyertakan kamera kecil guna melihat kondisi lambung.

Pengobatan

Pada kondisi yang ringan, pengobatan seperti antasida dapat membantu meringankan gejala. Jika antasida kurang membantu, maka biasa dokter akan menganjurkan konsumsi obat golongan ranitidine atau bahkan omeprazole yang bersifat menghambat keluarnya asam lambung.

Pengobatan yang diterima penderita gastritis biasanya akan berbeda-beda. Dokter bisa juga memberikan obat guna mengobati infeksi akibat Helicobacter pylori.

Pemberian vitamin B12 biasa dilakukan pada pasien yang mengalami gastritis akibat Anemia pernisiosa. Selain itu penting untuk menghindari aneka makanan yang asam dan pedas, hindari kopi, alkohol dan rokok, untuk mengurangi iritasi pada dinding lambung.

 

Pencegahan

Meski belum jelas cara penyebaran bakteri Helicobacter pylori, namun dipercaya bahwa bakteri tersebut dapat menyebar melalui makanan dan minuman. Anda dapat menghindari penggunaan alat makan/minum yang bersamaan dengan orang lain. Selain itu, memasak makanan dengan baik serta mencuci tangan dengan sabun setelah beraktifitas dianggap dapat mengurangi penyebaran bakteri.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Sakit Perut Berulang

    saya mau bertanya, dalam 5 bulan ini saya sudah 3 kali mengalami sakit perut.sakit perut yang saya rasakan itu seperti nyeri dan diawali dengan rasa mulas. setelah mulas lama kelamaan nyeri mulai ada. sakit perut yang pertama itu sekitar bulan may. saya sempat dirawat dan menurut dokter dispepsia dan ketika tes darah leukosit saya tinggi yang kedua sekitar bulan juni, saya kerumah sakit dan hanya disuntik obat nyeri setelah itu rawat jalan. tidak sampai 2 hari sakit perut ini sembuh dan yang ketiga september, diagnosanya sama seperti yang pertama tapi dengan leukosit yang normal. tetapi crp saya disini tinggi sekitar 113. setelah diberi antibiotik dan dirawat crp turun menjadi 3. saya suka makan makanan yang pedas dan biasanya hanya makan 2 kali sehari. tetapi ketika muncul sakit perut tersebut saya mulai mengurangi makan pedas dan mulai makan teratur. apakah penyakit ini bisa disembuhkan ?

    Detail Answer
  • Badan Panas Dan Dingin

    Halo dokk.. Kenapa kalo mau menjelang waktu magrib badan terasa dingin sampai menggigil.. Dan habis lewat waktu magrib badan terasa panas terlebih bagian pinggang...

    Detail Answer
  • Kepala Keliyengan

    Dok, saya mau tanya beberapa hari ini saya mengalami keliyengan terus menerus sampai merasa mual tetapi kepala tidak pusing malah saya keluar keringat dingin. Buang air kecil & besar normal. Saya sudah kedokter minum obat sampai habis tetapi tetap sama, itu kenapa ya dok?

    Detail Answer
  • Sakit Perut

    Malam dok, saya perempuan usia 17th. Sejak 2 hari yang lalu perut saya sakit, rasanya panas dan perih, saya kira maag, jadi saya beli obat maag yang biasa dijual di warung, soalnya dulu saya juga pernah kena penyakit maag. Tapi sehari setelah minum obat, yang awalnya sakit di ulu hati berpindah ke bawah pusar. Ketika batuk perut saya terasa sakit. Tidur terlentang juga sakit, kira kira saya kenapa ya dok? Apa ini efek samping dari obat maag tersebut?

    Detail Answer
  • Maag Dan Begah

    Sudah 2 hari ini saya diare.. Disertai begah dan maag.. Apa yg harus saya lakukan..? Karena gas boleh kluar dgn bersendawa.. Tp jk saya tidur, gas tak dpt kluar dan membuat kembung perut yg sangat mengganggu.. Diare pun blm berhenti juga.. Padahal saya sudah minum obat diare dan obat maag..

    Detail Answer
  • Cara Mengobati Mual, Degdegan, Bab Berr Air

    Awalnya saya minum kopi dok, selang 4 jam saya minum yakult, setelah itu perut seperti di tarik, dan ketika pagi saya sarapan, saya muntah dan bab berair, pas diurut saya degdegan

    Detail Answer
  • Perih Perut Dan Lapar

    Dok, knpa ya saya merasakan perut perih dan lapar saat subuh, pdahal sblm tidur saya makan? Dan ini tidak biasanya

    Detail Answer
  • Sakit Ulu Hati

    Selamat siang dok ,sudah hampir 4 hari ayah saya sakit ulu hati dan menyebar ke bagian kanan rasanya perih dan sudahh diperiksa ke dokter katanya itu lambung dan diberii obat penahan rasa sakit , tapi sekarang tidak ada perubahan nya dulu pernah kena liver tapi batu empedunya cuman berukuran 0 kecil , Apa liver bisa kambuh lagi dan apa tanda tanda liver kambuh , atau itu cuman sakit lambung saja.

    Detail Answer
  • Deodorant

    Halo dok , saya menyusui dan anak saya sudah 8 bulan ,, boleh kah menggunakan deodoran ???

    Detail Answer
  • Sakit Maag 2 Hari Tidak Sembuh-sembuh

    Pagi dok. Bolehkan saya tanya satu hal yang ingin saya tanyakan.anak saya berumur 12 tahun sedang mengalami sakit Maag nah padahal udah saya minum mi obat teratur tetapi ko tidak kunjung sembuh dok. Gimana cara Untuk mengatasi hal tersebut? Sekian Dok Terima Kasih

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Gastritis (Maag)

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Gastritis (Maag) ?
Ask Doctor