Profile
All Topic

Pusat Informasi Gigi & Kesehatan Mulut

Tentang Gigi & Kesehatan Mulut

Jangan anggap enteng perihal kebersihan dan kesehatan gigi pun rongga mulut. Selain dapat mempengaruhi sistem pencernaan, ternyata terdapat banyak saraf di rongga mulut yang dapat mempengaruhi sistem saraf pada otak. Memelihara kebiasaan baik menyikat gigi sehari dua kali dan rutin periksa ke dokter gigi enam bulan sekali merupakan awal menuju kebaikan. Bukankah semua hal baik bermula dari rongga mulut.

Gejala

Berikut beberapa gejala yang dapat timbul apabila Anda tidak memperhatikan atau menjaga kesehatan gigi dan mulut :

  • Bau mulut
  • Ginggivitis (Radang gusi atau gusi bengkak)
  • Abses Gusi (Gusi bernanah)
  • Stomatitis (Sariawan)
  • Karies gigi (Gigi berlubang)

Penyebab

Makanan yang manis bila tidak segera menyikat gigi atau berkumur setelah mengkonsumsinya, akan tertinggal dan menyebabkan kerusakan gigi. Begitu konsumsi minuman seperti teh, kopi, minuman bersoda serta merokok dapat menimbulkan lapisan tipis di gigi yang disebut stain sehingga warna gigi menjadi kusam, kecolat-coklatan. Lapisan stain yang kasar itu mudah ditempeli sisa-sia makanan dan kuman, yang akhirnya membentuk plak. Jika tidak dibersihkan akan mengeras menjadi karang gigi dan bisa merambat ke akar gigi. Akibatnya gigi gampang goyang, dan mudah tanggal. Juga bisa terjadi abses atau gusi bengkak pada gigi tersebut.

Faktor Resiko

Tidak rutin membersihkan gigi merupakan faktor resiko utama timbulnya masalah pada gigi dan mulut. Faktor lainnya adalah,kebiasan merokok, kurang asupan vitamin di dalam tubuh, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi karbohidrat, serta konsumsi makanan atau minuman yang panas atau dingin.

Komplikasi Akibat

Masalah kesehatan mulut juga bisa menyebabkan banyak penyakit lainnya, seperti penyakit periodontal, endokarditis, masalah kehamilan hingga kanker.

Diagnosa

Diagnosa masalah pada gigi dan mulut ditegakkan berdasarkan wawancara medis, pemeriksaan langsung untuk melihat kelainan pada gigi dan mulut dan pemeriksan penunjang bila diperlukan.

Pengobatan

Bila mengalami masalah dengan gigi dan mulut sebaiknya melakukan pemeriksaan kedokter gigi dan menghindari hal-hal yang memperburuk atau memicu timbulnya keluhan.

Pencegahan

Agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan gigi dan mulut, berikut beberapa tips yang mudah Anda yaitu:

  • Bersihkan gigi secara teratur
  • Menghindari konsumsi makanan dan minuman yang manis dan lengket
  • Hindari rokok
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang berserat dan berair yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi
  • Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingi
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Gigi & Kesehatan Mulut

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Gigi & Kesehatan Mulut ?
Ask Doctor