Profile
All Topic

Pusat Informasi Hairloss

Tentang Hairloss

Rambut rontok lebih dikenal dengan istilah medis alopecia. Meskipun setiap orang mengalami kehilangan beberapa helai rambut setiap hari, namun jika Anda mengalami kerontokan lebih dari 100 helai rambut, maka hal itu tergolong tidak normal. Hal tersebut dapat terjadi jika keluarga Anda memiliki gen rambut rontok. Faktor-faktor lain, seperti penyakit dan obat-obatan, juga dapat menyebabkan Anda kehilangan rambut lebih dari biasanya. Rambut rontok terjadi di usia 50 tahun pada kebanyakan orang.

Gejala

Berikut gejala yang dialami oleh para penderita rambut rontok :

  • Rambut menipis dari waktu ke waktu
  • Jika menyisir atau menarik rambut terdapat gumpalan rambut
  • Hilangnya rambut di seluruh kulit kepala (rontok umum), atau hanya di satu tempat (rontok fokus)
  • Pada pria terdapat bintik-bintik botak di sekitar dahi atau atas kepala
  • Pada wanita terjadi penipisan kulit pada sisi atau atas kepala

Penyebab

Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya kerontokan rambut secara umum :

  • Keturunan
    Dalam kebanyakan kasus, rambut rontok adalah warisan, yang berarti itu diturunkan dari satu atau kedua orang tua Anda
  • Stres
    Termasuk stres fisik dari operasi, sakit, atau demam tinggi
     
  • Kemoterapi
    Obat penghancur sel kanker ini dapat menyebabkan kerontokan pada rambut
     
  • Penataan rambut
    Kerusakan pada rambut dapat terjadi akibat menarik rambut terlalu erat, memakai kepang ketat atau ekor kuda, atau menggunakan pengeriting rambut atau pewarna
  • Usia
    Rambut akan semakin tipis dan mudah pecah seiring bertambah tuanya seseorang
     
  • Pola makan buruk
    Tidak mendapatkan cukup protein atau zat besi dapat menyebabkan kerontokan rambut    
  • Penyakit tiroid
    Hipotiroidisme dan hipertiroidisme dapat menyebabkan rambut rontok
  • Kurap kulit kepala
    Biasanya terjadi pada anak-anak.

Diagnosa

Diagnosis akan diperoleh dengan menyimpulkan ciri-ciri yang dialami penderita, seperti jumlah rambut yang rontok, serta adanya gen rambut rontok dalam keluarga. Biasanya dokter akan melihat kulit kepala & pola rambut dalam tampilan sangat dekat. Rambut akan ditarik secara lembut guna melihat. Jika belum ditemukan penyebab kerontokan rambut, dokter akan melakukan tes darah dan melihat kulit kepala dengan mikroskop.

Pengobatan

Bila Anda memiliki gen rambut rontok, maka rambut tidak akan tumbuh kembali secara alami. Pengobatan hanya mampu membantu beberapa helai rambut kembali, bukan keseluruhan. Namun saat obat-obatan, stres, atau kerusakan rambut yang menyebabkan kerontokan, rambut akan kembali tumbuh setelah Anda mengetahui penyebabnya. Jika ini tidak membantu, Anda mungkin perlu pengobatan lainnya.

Rambut rontok yang berasal dari gen dapat diobati dengan obat-obatan atau dengan operasi, seperti operasi transplantasi rambut. Beberapa orang memilih untuk memakai hairpieces, seperti wig atau toupees.  Menemukan cara yang berbeda untuk menata rambut Anda, seperti pencelupan atau menyisir, juga dapat membantu.

Jika kerontokan rambut disebabkan oleh sesuatu yang dapat Anda kontrol, seperti stres atau obat-obatan, Anda dapat mengobati dengan menyingkirkan penyebabnya dan berlaku hidup sehat.

Pencegahan

Rambut rontok yang disebabkan oleh obat-obatan, stres, kekurangan protein atau besi, atau perawatan rambut dapat dicegah. Menghindari obat-obatan tertentu, mengurangi stres, mendapatkan cukup protein dan zat besi dalam diet Anda, dan menggunakan gaya rambut yang tidak merusak rambut Anda dapat mengurangi atau mencegah kerontokan rambut.
Sedangkan rambut rontok bawaan (alopesia androgenetic) tidak dapat dicegah.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Apakah Harus Caesar Atau Masih Bisa Menunggu?

    Dok usia kehamilan saya sudah jalan 41 minggu tapi masih belum pas dan sudah lewat HPL 5 hari, pas kmaren saya USG di klinik terdekat ternyata air ketubannya sudah ada sedikit pengapuran tapi masih cukup dan sampai saat ini saya masih belum merasa mules dok apakah saya harus ke Dokter aja atau gimana ?

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Hairloss

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Hairloss ?
Ask Doctor