Profile
All Topic

Pusat Informasi Hamil Anggur

Tentang Hamil Anggur

Hamil anggur, kedokteran menyebut kehamilan abnormal berupa tumor jinak yang terjadi akibat kegagalan pembentukan janin, “bakal janin” ini dengan istilah Mola Hidatidosa. Bentuknya memang mirip gerombolan buah anggur, sehingga orang menyebutnya hamil anggur. Tumor jinak mirip anggur tersebut asalnya dari trofoblas, yakni sel bagian tepi ovum atau sel telur, yang telah dibuahi, yang nantinya melekat di dinding rahim dan menjadi plasenta (tembuni) serta membran yang memberi makan hasil pembuahan.

Gejala

Gejala dari hamil anggur ini ditunjukan sebagaimana orang hamil pada normalnya, tanda awal persis kehamilan biasa, misalnya terlambat haid, keluhan mual, muntah. Hanya saja keluhan tersebut terjadi lebih hebat. Jika diperiksa tes kehamilan, hasilnya positif juga.

Selain gejala umum di atas, tanda-tanda lain diantaranya:

  • Tidak ada tanda-tanda gerakan janin
     
  • Rahim nampak lebih besar dari umur kehamilan, misalnya terlambat 2 bulan, rahim nampak seperti hamil 4 bulan
     
  • Keluar gelembung cairan mirip buah anggur bersamaan dengan perdarahan.

Penyebab

Hamil anggur atau Mola hidatidosa dapat terjadi karena:

  • Tidak ada buah kehamilan (agenesis) atau ada perubahan (degenerasi) sistem aliran darah terhadap buah kehamilan, pada usia kehamilan minggu ketiga sampai minggu keempat
     
  • Aliran (sirkulasi) darah yang terus berlangsung tanpa bakal janin, akibatnya terjadi peningkatan produksi cairan sel trofoblas (bagian tepi sel telur yang telah dibuahi)
     
  • Kelainan substansi kromosom (kromatin) seks. Penyebab hamil anggur belum diketahui secara pasti , tetapi diduga pencetusnya antara lain kekurangan gizi dan gangguan peredaran darah rahim.

Pengobatan

Bagi perempuan yang masih ingin punya anak, pengobatan dilakukan dengan membersihkan rahim (kuret) secara berulang-ulang sampai benar-benar bersih. Jika tidak lagi merencanakan mempunyai anak, maka dapat dilakukan pengangkatan rahim.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Obat Penggugur

    Buln Juli kemarin sy hamil 2buln.tp ketika d USG.dokter bilang BO.lalu sy minum obat Cytotec,selama 1minggu sy keluar darah setelah itu tidak keluar lagi. Lalu sy minum pil tuntas dan obat dumex. Kemarin sy USG ternyata janin sy sudah berumur 23w. Apakah resiko cacat pada janin sy ada karena obat yg sy minum dok?

    Detail Answer
  • Telat Datang Bulan

    Saya bulan kemarin haid tanggal 15 sampai 18 dan berhubungan tanggal 19 dan keluar didalem sedikit, bulan ini saya belum halangan pas tanggal 19 saya tespek tapi hasilnya negatif saya melakukan pada sore hari

    Detail Answer
  • Masalah Kram Perut

    Dok saya mau tanya, jika kram perut ringan berkepanjangan selama masa subur sampai mendekati masa haid itu tanda apa ya?

    Detail Answer
  • Pill Postinor

    dok kalau pill postinor di minum 2 sekaligus 24 jam setelah berhubungan gimana ya???

    Detail Answer
  • Apakah Benar?

    dok saya berhubungan tgl 19 sore saat istri saya hari terakhir haid tapi saya suruh istri saya minum postinor tgl 20 sore 2 butir sekaligus, apakah itu efektif dok??

    Detail Answer
  • β Hcg

    Maaf dok saya mau tanya, sebelumnya saya pernah hamil dan hamil pertama saya mengalami hamil anggur jenis mola hidatidosa,dan katanya saya harus menunda 1 tahun utk punya anak. selama 8 bulan saya selalu rutin cek β hcg setiap sebulan sekali, terakhir kali saya periksa ternyata hasilnya 3.31 mIU/mL. Yg ingin saya tanyakan apakah kadar β hcg saya sudah normal untuk wanita tidak hamil? Dan apakah saya sudah mulai bisa program anak walaupun belum ada waktu satu tahun utk menundanya?? Terimakasih

    Detail Answer
  • Apakah Itu Menstruasi Atau Efek Samping Pill?

    Dok setelah mengonsumsi morning after pill, 4 hari kemudian saya mengalami menstruasi. Tapi saya tidak tau apakah itu memang darah menstruasi atau pendarahan yang disebabkan oleh efek samping dari morning after pill. Masih adakah kemungkinan untuk hamil?

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Hamil Anggur

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Hamil Anggur ?
Ask Doctor