Profile
All Topic

Pusat Informasi Hemangioma

Tentang Hemangioma

Istilah lainnya strawberry hemangioma, adalah bercak tanda lahir berwarna merah terang, yang terlihat saat bayi baru lahir atau pada beberapa minggu awal kelahiran. Bercak ini kemudian membesar membentuk benjolan yang berisi kumpulan pembuluh darah yang tidak normal. Hemangioma biasanya ada pada wajah, kulit kepala, leher atau punggung, tidak berbahaya dan tidak terasa sakit.

Penyebab

Penyebab dari hemangioma belum diketahui secara pasti, diduga, hemangioma berkaitan dengan protein yang diproduksi oleh plasenta selama masa kehamilan.

Faktor Resiko

Faktor pemicunya adalah :

  • Bayi prematur.
  • Ras tertentu. Yang berkulit putih.

Komplikasi Akibat

Komplikasi yang bisa saja terjadi, yaitu benjolan robek dan berdarah. Selain menimbulkan nyeri, luka tersebut bisa terinfeksi. Jika terletak pada bagian tubuh tertentu, luka dapat mengakibatkan gangguan pada penglihatan atau pendengaran.

Pengobatan

Sebagian dokter berpendapat bahwa hemangioma tidak perlu ditindak, tetapi jika benjolan semakin parah dan mengganggu, dapat dilakukan tindakan seperti :

  • Bedah laser.
    Adapun efek sampingnya yaitu nyeri, infeksi dan terdapat bekas luka.
  • Kortikosteroid.
    Pengobatan ini dapat menghentikan pertumbuhan hemangioma. Dampak negatifnya adalah gula darah tinggi, tekanan darah tinggi dan katarak.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

Get the Newsletter! all about Hemangioma

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Hemangioma ?
Ask Doctor