Profile
All Topic

Pusat Informasi Hematospermia

Tentang Hematospermia

Atau darah di dalam semen, pastinya membuat ketakutan penderitanya, untungnya, hal ini tidak selamanya mengindikasikan adanya penyakit yang berbahaya. Jika tidak ada gejala lainnya, bagi mereka yang berusia dibawah empat puluh tahun, hematospermia tidak membutuhkan perawatan. Namun jika terjadi pada mereka yang berusia diatas empat puluh tahun dan mengalami gejala lain, mungkin dibutuhkan perawatan.

Gejala

Hematospermia membutuhkan perawatan, jika :

  • Darah keluar lebih dari sekali.
  • Darah juga keluar saat buang air kecil dan saat ejakulasi.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Nyeri saat mencapai ejakulasi.
  • Pembengkakan pada organ reproduksi.

Penyebab

Penyebab hematospermia, adalah :

  • Infeksi dan peradangan dari bagian tubuh lainnya atau penyakit menular seksual.
  • Dampak pengobatan. Misalnya, setelah melakukan biopsi prostat.
  • Cedera. Misalnya pada testikel, tulang pinggul, terlalu sering melakukan hubungan seksual atau masturbasi.
  • Gangguan pada alat reproduksi.
  • Tumor.
  • Polip.
  • Gangguan pada pembuluh darah.
  • Menderita penyakit, seperti tekanan darah tinggi, HIV, gangguan pada hati dan leukemia.
  • Demam.

Faktor Resiko

Beberapa keadaan yang beresiko terjadinya hematospermia antara lain adalah masturbasi atau aktivitas seksual yang berlebihan, herpes pada alat kelamin, hemofilia (suatu kondisi yang menyebabkan tubuh tidak mampu membekukan darah), coitus interruptus (penis dikeluarkan dari vagina sebelum ejakulasi), tidak melakukan aktivitas seksual dalam jangka waktu yang panjang, pembengkakan pada kelenjar prostat, atau vasektomi.

Komplikasi Akibat

Komplikasi yang dapat terjadi bergantung pada penyakit yang mendasari timbulnya gejala hematospermia. Dalam kebanyakan kasus, darah di cairan sperma (atau dalam bahasa medisnya disebut hematospermia atau hemospermia) bukanlah hal yang terlalu merisaukan dan biasanya menghilang sendiri. Hematospermia jarang berhubungan dengan patologi berbahaya pada pria muda. Bila keluhan telah berlangsung lama, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Diagnosa

Jika hematospermia berlangsung lebih 2 bulan, perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan penyebabnya. Faktor yang menentukan tingkat pemeriksaan meliputi usia pasien, durasi masalah dan kehadiran hematuria (darah di urin). Diagnosis dimulai dengan riwayat medis dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan lebih lanjut dapat dilakukan dengan tes urin untuk mengetahui kehadiran infeksi dan foto rontgen untuk melihat struktur uretra.

Pengobatan

Perawatan dapat dilakukan dengan :

  • Obat-obatan anti peradangan.
  • Antibiotik.

 

Pencegahan

Infeksi uretra dan uretra striktur sebagai salah satu penyebab hematospermia disebabkan karena penyakit menular seksual. Satu-satunya metode untuk mencegah risiko hematospermia adalah untuk mempraktekkan seks aman atau untuk menghindarinya. Darah dalam air mani tidak menular. Tapi jika itu terjadi sebagai akibat dari penyakit menular seksual , infeksi dapat menular. Ini adalah satu-satunya cara yang lain dapat mengembangkan risiko hematospermia. Jika air mani berwarna merah, pink dan warna abnormal lainnya karena masturbasi yang berlebihan atau seks yang terlalu sering, perlu bagi laki-laki untuk memberikan perhatian yang cukup untuk ini. Singkatnya, salah satu efek jangka panjang dari masturbasi yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan saluran kelamin, akhirnya menyebabkan hematospermia. Untuk itu perlu bagi pria untuk mengakhiri masturbasi berlebihan. Selain itu, pasien yang berusia di atas 40 tahun, telah mengalami gejala hematospermia yang disertai dengan adanya darah pada urin, dan yang berisiko terkena penyakit serius seperti penyakit pada sistem peredaran darah atau kanker, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli urologi.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Penggumpalan Darah Di Tangan

    Dok, saya mau tanya. Di jari saya ada merah merah gitu. Kaya darah berhenti gitu di jari tengah saya. Itu tandanya apa ya? Kenapa bisa seperti itu?

    Detail Answer
  • Stress..

    Dokter, bagaimana cara kelola stress dgn baik?

    Detail Answer
  • Sleeplessness Tiredness Fatigue

    Primalx Sleeplessness tiredness fatigue high blood pressure, diabetes, joint pains, respiratory disorders, incapability to address pressure and debility is affecting many old and young men. these day's more youthful men make sure lifestyle alternatives which strengthen the hazard of poor health, low stamina and erection issues.

    Detail Answer
  • Mengatasi Luka Lecet Di Bibir Lubang Pantat

    Dear dokter, Sekitar 2 minggu lalu saya mulai memiliki gejala cacing kremi seperti diare, berat badan turun, serta akhirnya gatal di anus. Meski sudah minum obat pembasmi cacing, tetapi cacing kremi di anus sangat sulit untuk di singkirkan. Hingga akhirnya bibir anus lecet dan terluka parah karna terlalu keras menggaruk dan pemakaian minyak kayu putih yg saya pikir bisa untuk meredakan gatal yg saya alami. Setelah luka karna pemakaian minyak kayu putih di anus, saya mengalami rasa sakit yg luar biasa saat BAB di anus dan lebih kesulitan untuk menyingkirkan cacing di anus karna luka di bibir tsb. Apa ada obat atau cara lebih baik untuk pemulihan bibir anus saya dok? Karna selain semakin sulit untuk menyingkirkan cacing, saya juga malah kesulitan untuk BAB. Mohon pertolongan dan saran nya dok . Thanks

    Detail Answer
  • Muncuk Bintik Seperti Bengkak Disekitar Bekas Operasi

    Dok mau tanya orang tua saya habis jatuh dan dioperasi untuk dipasangi pen pada kakinya, setelah 4 bulan muncul bintik seperti bengkak dan mengeluarkan kotoran campur darah, orang tua saya umur 63 tahun. itu kenapa ya dok? Terima kasih

    Detail Answer
  • Setelah Kb Suntik 1 Bulan Asi Saya Ko Brkurang

    Selamat mlm dok,,saya vivit usia 22 thn,saya bru pnya ank 1,usia 5 bulan,dulu saya paska melahirkan memakai kb IUD,dan baru kmarin saya ganti kb,krna saya merasa kurang nyaman,dan saya skrng memakai kb suntik 1 bulan,tp knpa setelah saya suntik kb 1 bulan asi saya berkurang,padahal lalu saya sblm kb suntik asi saya subur,pertanyaan saya apakah asi saya bisa subur kembali setelah saya menghentikan kb suntik itu dok,mohon jawabanya,krna saya kshn sama ank saya,terimakasi

    Detail Answer
  • Virus Dalam Darah

    Dok saya mau bertanya virus dalam darah itu penyakit apa saja gejalanya demam hingga 40 * dan kadang turun kadang kumat dan sekarang saya bingung

    Detail Answer
  • Hidung Berdarah

    Mengapa hidung saya berdarah dari jam 10 pagi sampe jam 04 sore tdk henti ?

    Detail Answer
  • Dahak Berdarah Tanpa Batuk

    Dok mau tanya, mama saya udah dua hari ini keluar dahak darah tapi beliau tidak batuk. Gejalanya itu tenggorokan panas, ulu hati panas, perut panas, dahak keluar terus menerus. trus yg mama saya rasain kepalanya sakit sebelah kanan trus kepala kerasa panas. Kira kira mama saya sakit apa ya dok?

    Detail Answer
  • Sepsis

    Halo dokter... Bulan Agustus lalu saya melakukan test lab . dan dinyatakan bahwa didalam darah saya terdapat bakteri ecoly dan ada spora juga.. apakah berarti saya akan terkena sepsis?

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Hematospermia

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Hematospermia ?
Ask Doctor