Profile
All Topic

Pusat Informasi Hematospermia

Tentang Hematospermia

Atau darah di dalam semen, pastinya membuat ketakutan penderitanya, untungnya, hal ini tidak selamanya mengindikasikan adanya penyakit yang berbahaya. Jika tidak ada gejala lainnya, bagi mereka yang berusia dibawah empat puluh tahun, hematospermia tidak membutuhkan perawatan. Namun jika terjadi pada mereka yang berusia diatas empat puluh tahun dan mengalami gejala lain, mungkin dibutuhkan perawatan.

Gejala

Hematospermia membutuhkan perawatan, jika :

  • Darah keluar lebih dari sekali.
  • Darah juga keluar saat buang air kecil dan saat ejakulasi.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Nyeri saat mencapai ejakulasi.
  • Pembengkakan pada organ reproduksi.

Penyebab

Penyebab hematospermia, adalah :

  • Infeksi dan peradangan dari bagian tubuh lainnya atau penyakit menular seksual.
  • Dampak pengobatan. Misalnya, setelah melakukan biopsi prostat.
  • Cedera. Misalnya pada testikel, tulang pinggul, terlalu sering melakukan hubungan seksual atau masturbasi.
  • Gangguan pada alat reproduksi.
  • Tumor.
  • Polip.
  • Gangguan pada pembuluh darah.
  • Menderita penyakit, seperti tekanan darah tinggi, HIV, gangguan pada hati dan leukemia.
  • Demam.

Faktor Resiko

Beberapa keadaan yang beresiko terjadinya hematospermia antara lain adalah masturbasi atau aktivitas seksual yang berlebihan, herpes pada alat kelamin, hemofilia (suatu kondisi yang menyebabkan tubuh tidak mampu membekukan darah), coitus interruptus (penis dikeluarkan dari vagina sebelum ejakulasi), tidak melakukan aktivitas seksual dalam jangka waktu yang panjang, pembengkakan pada kelenjar prostat, atau vasektomi.

Komplikasi Akibat

Komplikasi yang dapat terjadi bergantung pada penyakit yang mendasari timbulnya gejala hematospermia. Dalam kebanyakan kasus, darah di cairan sperma (atau dalam bahasa medisnya disebut hematospermia atau hemospermia) bukanlah hal yang terlalu merisaukan dan biasanya menghilang sendiri. Hematospermia jarang berhubungan dengan patologi berbahaya pada pria muda. Bila keluhan telah berlangsung lama, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Diagnosa

Jika hematospermia berlangsung lebih 2 bulan, perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan penyebabnya. Faktor yang menentukan tingkat pemeriksaan meliputi usia pasien, durasi masalah dan kehadiran hematuria (darah di urin). Diagnosis dimulai dengan riwayat medis dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan lebih lanjut dapat dilakukan dengan tes urin untuk mengetahui kehadiran infeksi dan foto rontgen untuk melihat struktur uretra.

Pengobatan

Perawatan dapat dilakukan dengan :

  • Obat-obatan anti peradangan.
  • Antibiotik.

 

Pencegahan

Infeksi uretra dan uretra striktur sebagai salah satu penyebab hematospermia disebabkan karena penyakit menular seksual. Satu-satunya metode untuk mencegah risiko hematospermia adalah untuk mempraktekkan seks aman atau untuk menghindarinya. Darah dalam air mani tidak menular. Tapi jika itu terjadi sebagai akibat dari penyakit menular seksual , infeksi dapat menular. Ini adalah satu-satunya cara yang lain dapat mengembangkan risiko hematospermia. Jika air mani berwarna merah, pink dan warna abnormal lainnya karena masturbasi yang berlebihan atau seks yang terlalu sering, perlu bagi laki-laki untuk memberikan perhatian yang cukup untuk ini. Singkatnya, salah satu efek jangka panjang dari masturbasi yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan saluran kelamin, akhirnya menyebabkan hematospermia. Untuk itu perlu bagi pria untuk mengakhiri masturbasi berlebihan. Selain itu, pasien yang berusia di atas 40 tahun, telah mengalami gejala hematospermia yang disertai dengan adanya darah pada urin, dan yang berisiko terkena penyakit serius seperti penyakit pada sistem peredaran darah atau kanker, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli urologi.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Sange Keluar Darah

    Kenapa lagi sange keluar darah? saya udah berhubungan sm suami dalam semalem 4x dimasukin. lah pas saya sange barusan grgr digesek tangan keluar darah itu knpa ya dok tp engga amis

    Detail Answer
  • Mengapa Berdarah Ketika Berhubungan Suami Istr

    Dok mengapa terjadi pendarahan sesaat seperti haid ketika Sedang berhubungan suami istri. Sedangkan saya 13 Hari yang lalu baru selesai haid, darah yg Keluar hanya 1 Hari saja sete Sesudah Hari itu Tidak keluar darah lg.. 1.Kira-kira mengapa Ini terjadi.. 2. darah Apa itu dok... 3.apakah berbahaya Hal tersebut,dikarenakan Sy Belum hamil Selama 8 bulan Selama menikah.. Tolong dijawab dok

    Detail Answer
  • Peredarah Darah

    Hai dok Saya ingin bertanyaa . Di kaki saya tepatnya di bagian paha atau betis saya selalu memar dan ketika di pegang itu sakit , tetapi saya tidak terbentur benda apapun . Setelqh sembuh memarnya lalu timbul lg memar yg baru . Itu kenapa yaa dok ?

    Detail Answer
  • Keluar Darah Dari Penis

    Dok saya mau tanya, saat sy buang air besar, biasanya semua orang akan menekan supaya cepat keluar, di saat itu dri mr. P sy keluar darah segar, kadang seperti sperma kental tp merah pekat darah. Jd sy mengidap penyakit apa ya dok?

    Detail Answer
  • Darah Perawan

    Selamat pagi, Begini, beberapa hari lagi saya akan menikah dan saya masih perawan kemudian saya juga tidak pernah mengerti bagaimana melakukan kontak fisik dengan laki-laki. Dan yang saya ingin tanyakan, kalau pada saat melakukan hubungan suami istri pertama kalinya apakah akan ada efek samping seperti infeksi atau nyeri yang berlebihan dibagian kemaluan sih wanita.? Kemudian apakah darah saat membuka perawan itu banyak seperti darah mens atau bagaimana.? Terimakasih

    Detail Answer
  • Golongan Darah

    Dok apakah orang darah AB bisa melahirkan golongan darah O ??????

    Detail Answer
  • Hubungan Intim Setelah 7 Hari Haid

    Siang dok. Saya seorang istri , usia pernikahan baru 1 bulan.. Saya telah haid selama 7, sewaktu itu sudah keluar cairan putih yg biasanya saya anggap sebagai tanda berakhirnya masa haid, lalu saya melakukan mandi wajib dan kemudian melakukan hubungan intim dengan suami saya, tidak berapa lama , darah pekat keluar banyak, lalu kegiatan kami hentikan dan mmbersihkan daerah vagina takut berbakteri, saya ragu apakah itu masih darah haid ? Lalu saya perhatikah 6 jam dan 12 jam setelah itu, tidak ada darah setitik pun keluar , hanya cairan putih dan bening terkadang cairan kuning.. itu membuat kami ragu dan cemas.. Maka 2 hri setelah itu kami melakukan hubungan intim kembali, tidak lama setelah itu berdarah lagi tpi tidak sebanyak yang sebelumnya, karna cemas kami berhenti dan 1 jam setelah itu saya melihat keluar warn kecoklatan dari vagina. Pertanyaaan saya, apakah hal ini berbahaya? Dan apa solusi nya dok? Apa boleh kami tetap melakukan hubungan intim tampa menghiraukan darah tersebut?

    Detail Answer
  • Pusar

    dok aku mau tanya,istriku setiap datang bulan/haid pusarnya saki.sekarang bukan cuman sakit tapi juga keluar darah dari pusatnya,apa obatnya dok,?

    Detail Answer
  • Dakrio

    Adik sya d diagnosa dakriosistitis. Ktanya sakit bgian saluran air mata. Sbnrnya itu apa dok ?

    Detail Answer
  • Darah Pink

    dok saya mau menanyakan soal darah yg keluar dari miss v saya yg warna pink, pada tgl 15 kemarin saya berhubunga dgn suami saya tapi lusa nya kok ada keluar darah warna pink. cuma sedikit n tidak setelah nya hanya bercak2 seperti keputihan tp ada warna pink agak colkat, saya waktu berhub tidak merasakan keluhan apa2,, saya juga menggunakan kb implan.. kira2 yg saya alami ini normal atau tidak ya dok.

    Detail Answer

Get the Newsletter! all about Hematospermia

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Hematospermia ?
Ask Doctor