Profile
All Topic

Pusat Informasi Hematospermia

Tentang Hematospermia

Atau darah di dalam semen, pastinya membuat ketakutan penderitanya, untungnya, hal ini tidak selamanya mengindikasikan adanya penyakit yang berbahaya. Jika tidak ada gejala lainnya, bagi mereka yang berusia dibawah empat puluh tahun, hematospermia tidak membutuhkan perawatan. Namun jika terjadi pada mereka yang berusia diatas empat puluh tahun dan mengalami gejala lain, mungkin dibutuhkan perawatan.

Gejala

Hematospermia membutuhkan perawatan, jika :

  • Darah keluar lebih dari sekali.
  • Darah juga keluar saat buang air kecil dan saat ejakulasi.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Nyeri saat mencapai ejakulasi.
  • Pembengkakan pada organ reproduksi.

Penyebab

Penyebab hematospermia, adalah :

  • Infeksi dan peradangan dari bagian tubuh lainnya atau penyakit menular seksual.
  • Dampak pengobatan. Misalnya, setelah melakukan biopsi prostat.
  • Cedera. Misalnya pada testikel, tulang pinggul, terlalu sering melakukan hubungan seksual atau masturbasi.
  • Gangguan pada alat reproduksi.
  • Tumor.
  • Polip.
  • Gangguan pada pembuluh darah.
  • Menderita penyakit, seperti tekanan darah tinggi, HIV, gangguan pada hati dan leukemia.
  • Demam.

Faktor Resiko

Beberapa keadaan yang beresiko terjadinya hematospermia antara lain adalah masturbasi atau aktivitas seksual yang berlebihan, herpes pada alat kelamin, hemofilia (suatu kondisi yang menyebabkan tubuh tidak mampu membekukan darah), coitus interruptus (penis dikeluarkan dari vagina sebelum ejakulasi), tidak melakukan aktivitas seksual dalam jangka waktu yang panjang, pembengkakan pada kelenjar prostat, atau vasektomi.

Komplikasi Akibat

Komplikasi yang dapat terjadi bergantung pada penyakit yang mendasari timbulnya gejala hematospermia. Dalam kebanyakan kasus, darah di cairan sperma (atau dalam bahasa medisnya disebut hematospermia atau hemospermia) bukanlah hal yang terlalu merisaukan dan biasanya menghilang sendiri. Hematospermia jarang berhubungan dengan patologi berbahaya pada pria muda. Bila keluhan telah berlangsung lama, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Diagnosa

Jika hematospermia berlangsung lebih 2 bulan, perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan penyebabnya. Faktor yang menentukan tingkat pemeriksaan meliputi usia pasien, durasi masalah dan kehadiran hematuria (darah di urin). Diagnosis dimulai dengan riwayat medis dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan lebih lanjut dapat dilakukan dengan tes urin untuk mengetahui kehadiran infeksi dan foto rontgen untuk melihat struktur uretra.

Pengobatan

Perawatan dapat dilakukan dengan :

  • Obat-obatan anti peradangan.
  • Antibiotik.

 

Pencegahan

Infeksi uretra dan uretra striktur sebagai salah satu penyebab hematospermia disebabkan karena penyakit menular seksual. Satu-satunya metode untuk mencegah risiko hematospermia adalah untuk mempraktekkan seks aman atau untuk menghindarinya. Darah dalam air mani tidak menular. Tapi jika itu terjadi sebagai akibat dari penyakit menular seksual , infeksi dapat menular. Ini adalah satu-satunya cara yang lain dapat mengembangkan risiko hematospermia. Jika air mani berwarna merah, pink dan warna abnormal lainnya karena masturbasi yang berlebihan atau seks yang terlalu sering, perlu bagi laki-laki untuk memberikan perhatian yang cukup untuk ini. Singkatnya, salah satu efek jangka panjang dari masturbasi yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan saluran kelamin, akhirnya menyebabkan hematospermia. Untuk itu perlu bagi pria untuk mengakhiri masturbasi berlebihan. Selain itu, pasien yang berusia di atas 40 tahun, telah mengalami gejala hematospermia yang disertai dengan adanya darah pada urin, dan yang berisiko terkena penyakit serius seperti penyakit pada sistem peredaran darah atau kanker, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli urologi.

Artikel Terkait

Pertanyaan Terkait

  • Darah Yang Keluar Setelah Keguguran?

    Dikter saya mau tnya kemarin harusnya sayya haid tgl 20/8/17 tp sblum tnggal itu saya TP hsl postif sy mmsukkan gastrul k liang vagina dg alasan pkrjaan dok, jd usai mmsukkan gastrul keluar drh prtma dkit doang, ya mmg dikit doang si dr awal jg, eh selng 1 jam keluar darah merah pekat dikit doang tp, dn skrg saya masukkan lg tak pikir tkt masih ada tapi engga ada keluar darah lagi apa udh habis jaringannya ya dok ? Mhn jelasnya

    Detail Answer
  • Virus Dalam Darah

    Dok saya mau bertanya virus dalam darah itu penyakit apa saja gejalanya demam hingga 40 * dan kadang turun kadang kumat dan sekarang saya bingung

    Detail Answer
  • Sepsis

    Halo dokter... Bulan Agustus lalu saya melakukan test lab . dan dinyatakan bahwa didalam darah saya terdapat bakteri ecoly dan ada spora juga.. apakah berarti saya akan terkena sepsis?

    Detail Answer
  • Benjolan Kepala Lembek Pada Anak 7 Tahun

    Selamat pagi dok...salam hormat... Sy punya anak usia 7th.. Awalnya di tarik rambutnya sama adeknya kemudian Ada benjolan kepala di kanan lembek seperti air lumayan besar.. Sudah pernah sy periksakan ke dokter dan bahkan dokter menyaarankan untuk di radiologi.. Tapi setelah di lihat hasilnya ngak apa apa.. Cuma saya khawatir kok nggak sembuh2... Mohon info dan solusinya dok... Sebelumnya saya ucapin terima kasih..

    Detail Answer
  • Dahak Berdarah Tanpa Batuk

    Dok mau tanya, mama saya udah dua hari ini keluar dahak darah tapi beliau tidak batuk. Gejalanya itu tenggorokan panas, ulu hati panas, perut panas, dahak keluar terus menerus. trus yg mama saya rasain kepalanya sakit sebelah kanan trus kepala kerasa panas. Kira kira mama saya sakit apa ya dok?

    Detail Answer
  • Memulihkan Darah Yang Kental

    Dok, saya mau tanya. Suami saya baru baru ini mengalami darah yg kental sehingga susah berdiri,sering kesemutan,dan sering lelah. Apa penyebab darah menjadi kental? Bagaimana bisa memulihkan kembali darah nya? Trims

    Detail Answer
  • Darah

    sya mau tanya, ini tentang penyakit kakek saya, gejala nya keluar darah dari jari kaki, termasuk sakit apakah ini ?

    Detail Answer
  • Penyakit Merah-merah Pada Kulit Dan Gatal Seperti Apakah Ini?

    Selamat pagi dokter. Saya ingin konsultasi beberapa hal. Sudah 2bulan seluruh badan saya gatal. Gejalanya merah-merah dan bentolan-bentolan yang menyebabkan kegatalan itu. Tetapi penyakit ini sedikit aneh. Ketika saya memakai baju dan celana panjang menutupi seluruh badan, lalu tidak terkena suhu/udara dingin, penyakit itu tidak kambuh. Namun setelah terkena angin/ suhu dingin, langsung kambuh gejalanya penyakitnya. Saya sudah ke beberapa dokter untuk pengobatan, bahkan di suntik, tapi tidak kunjung sembuh. Ketika konsultasi dengan dokter tersebut, ada yang mengatakan alergi makanan, ada yang mengatakan terkena suhu dingin, dan ada yang mengatakan pori-pori dalam darah sudah terlalu dingin. Mohon bantuannya dok dalam konsultasi online ini. Saya sangat berterima kasih.

    Detail Answer
  • Golongan Darah

    Ayah bergolingan AB dan ibu O maka berapa persen memiliki keturunan bergolongan A?

    Detail Answer
  • Penggumpalan Darah Di Tangan

    Dok, saya mau tanya. Di jari saya ada merah merah gitu. Kaya darah berhenti gitu di jari tengah saya. Itu tandanya apa ya? Kenapa bisa seperti itu?

    Detail Answer

Community

Get the Newsletter! all about Hematospermia

Our free healthy living newsletter delivers useful news, inspiring stories, and delicious recipes to your in-box every day.

Anda punya pertanyaan seputar Hematospermia ?
Ask Doctor